P. 1
Pengscalaan Pada Autocad

Pengscalaan Pada Autocad

|Views: 239|Likes:
Published by Bowo Sudarminto

More info:

Published by: Bowo Sudarminto on Jul 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2015

pdf

text

original

KOMPUTER GRAFIS 1

0 1 2 3 4 5 6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

METODE DASAR 1. Penskalaan dan Mencetak gambar Untuk Pencetakan gambar, pada Auto Cad release 2000 ke atas, lebih praktis dibanding versi sebelumnya, karena untuk mencetak suatu gambar, diberikan media layar tersendiri, yang disebut layout. Untuk proses pencetakan gambar, tahapnya sebagai berikut : 1. Untuk mengubah layar dari “model” ke “layout”, klik tulisan layout di samping tulisan model di sebelah bawah kanan layar. 2. Selanjutnya di dalam layar layout yang pertama kali dibuka, maka akan diminta untuk memilih jenis kertas, satuan ukuran (inchi atau mm), skala (buat 1:1). Dan custom (buat 1) – drawing units (buat 1) 3. Selanjutnya windows page setup ditutup, dan kembali ke layar layout , Di dalam layout akan terlihat kertas putih dan untuk pertama kali biasanya juga akan muncul bentuk segi empat di dalam layar . 4. Segi empat itu adalah berupa layar model, yang kita bisa aktifkan apabila pada command line di tulis “mspace”. Dan akan kembali lagi ke layar layout apabila kita tulis “pspace” pada command line. Segi empat model tersebut bisa diatur apabila kita ingin membuatnya menjadi bagian dari bentuk format kertas. Dan bisa dibuat sendiri dengan menggunakan perintah mview. Caranya : ketik mview pada command line, lalu klik pada posisi kiri atas lalu drag ke kanan bawah hingga membentuk segi empat, lalu klik kembali. 5. Untuk mengatur skala gambar, atur dulu posisi objek dengan mengaktifkan dulu mspace, hingga segi empat itu menjadi layar model. Kemudian setelah posisi objek terlihat, maka skalakan objek tersebut dengan menggunakan perintah zoom. Rumusannya sebagai berikut : Skala 1: 500 = 0.02xp Skala 1: 200 = 0.05xp Skala 1: 100 = 0.1xp Skala 1: 50 Skala 1:20 Skala 1:10 Skala 1: 5 = 0.2xp = 0.5xp = 1 xp = 2 xp

‘12

41

Komputer Grafis I M. Arief Syarifuddin

Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana

Misalnya ukuran objek 30 x 30 cm. 1 cm. namun ini tidak efektif terlebih pada skala gambar yang bukan kelipatan 10 seperti 1:25.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 SKALA PLOT / PRINT PADA TAB MODEL Banyak dari mereka yang menggunakan autoCAD masih bingung bagaimana mencetak atau memplot gambar yang sudah selesai dikerjakan pada kertas gambar ukuran A4. Hal ini disebabkan gambar yang dicetak harus memiliki skala tertentu khususnya untuk gambar-gambar teknik. atau ukuran kertas yang lain. Garis yang panjangnya 1 unit (dibaca: yunit) bisa dianggap 1 meter. Artinya di sini kita harus konsisten dalam menggunakan satuan ukuran karena autoCAD pada dasarnya tidak berpatokan pada satuan tertentu. A3. pada waktu pertama kali menggambar pasti diberitahukan bahwa menggambar di AutoCAD sebaiknya menggunakan ukuran yang sebenarnya / yang asli. tergantung dari konteks gambar secara keseluruhan dimana ukuran garis ‘12 42 Komputer Grafis I M. dan sebagainya. Ini dimaksudkan agar kita lebih mudah dan lebih cepat dalam menggambar dibandingkan cara manual. maka tidak perlu menyesuaikan skala gambar. atau bahkan 1 km oleh penggambar. Bisa saja kita menggambar di AutoCAD dengan cara memasukkan ukuran yang dihitung skalanya seperti cara manual. Nanti pada saat akan mencetak gambar. maka pada AutoCAD digambar juga dengan ukuran 30 x 30. ukuran panjang ruang 3 meter maka digambar harus dijadikan satuan centimeter yaitu 300 cm. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . barulah ditentukan perbandingan skala yang sesuai dengan kertas dan kebutuhan tampilan gambar. 1:75. Bagi mereka yang pernah kursus ataupun belajar sendiri. Beda jika gambar itu hanya untuk presentasi atau untuk melihat hasil sementara saja.

Adapun langkah-langkah untuk mencetak gambar pada autoCAD langsung dari tab model adalah sebagai berikut: 1. 4. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . apakah berdiri (potrait) atau rebah (landscape). aturlah gambar dalam batas kertas dan sesuaikan ukuran teks. Dan jangan lupa sesuaikan posisi kertas. serta skala arsiran. dll). Contoh kertas A3 digambar dengan ukuran 0.297 m. 3. 5. Caranya dengan memutar kotak kertas 90° dengan perintah rotate . 1:50. atau 1:200. untuk mencetak gambar bisa dimulai dengan perintah plot . 3. Permasalahannya kita tidak mungkin mencetak gambar yang ukurannya 1 meter di kertas A3 yang ukurannya hanya 0. Jika ada kesempatan. 2. Sekedar mengingatkan bahwa skala 1: 100 artinya 1 cm di kertas mewakili 100 cm atau 1 meter ukuran objek yang sebenarnya. jika anda akan mencetak gambar menggunakan skala 1:100 maka perbesarlah kotak kertas (ukuran asal) dengan perintah scale sebesar 100 kali. Untuk itu gambar harus dicetak dengan perbandingan atau skala tertentu yang standar seperti 1:100.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 yang lain juga dihitung dalam satuan yang sama berdasarkan ukuran objek yang sebenarnya. Jika skala 1 : 50 perbesarlah 50 kali. dll) berupa kotak (sebagai batas kertas) dengan perintah rectangle dengan ukuran sesuai dengan satuan yang digunakan pada gambar. Untuk keperluan cetak-mencetak ini AutoCAD sudah menyediakan jendela atau tab khususnya yaitu tab Layout yaitu dengan mengklik di samping tab Model. Misalnya Anda menggunakan meter maka gambarlah kertas dengan satuan meter. pada postingan berikutnya nanti akan saya bahas lebih lanjut bagaimana mencetak gambar dari tab layout.42 x 0. Jika gambar tidak muat dalam batas kertas berarti Anda harus mencari skala yang sesuai dan ulangi langkah no.297 dalam satuan meter atau sesuaikan dengan ukuran kertas yang anda pakai (A1 / A4 / F4. demikian seterusnya. Buatlah ukuran kertas (A3 / A4 / F4. Namun pada postingan kali ini saya hanya akan membahas bagaimana cara mencetak gambar langsung pada tab model saja. tentukan skala gambar yang akan digunakan.42 m x 0. Ingat jangan sampai gambar melewati batas kertas. dimensinya. dimana skala yang dipilih harus bisa menampilkan seluruh gambar yang dipilih pada kertas. Kemudian akan tampil kotak dialog seperti gambar di bawah ini: ‘12 43 Komputer Grafis I M.

Pada bagian printer/plotter pilihlah jenis printer yang anda pakai dan sudah dihidupkan. Jadi skala pada pengaturan di kotak dialog tidak mengikuti perbandingan skala yang tertulis pada judul gambar tapi harus menyesuaikan dengan satuan ukuran gambar yang kita pakai. AutoCAD menggunakan satuan mm atau inchi untuk ukuran kertas. ‘12 44 Komputer Grafis I M. 7. dalam kotak dialog di atas sebelum kita memplot ada beberapa hal yang perlu disetting. Pada plot scale di sini saya mengambil contoh skala 1 : 100 artinya 1 cm atau 10 mm mewakili 1 unit atau 1 meter (jika meter dijadikan satuan gambar pada tab model). Oh iya. Pada plot area (what to plot) pilihlah window dan klik ujung kiri atas dan ujung kanan bawah batas kertas pada tab model.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 6. kita bisa juga melakukan pengaturan seperti gambar kotak dialog di atas melalui perintah pagesetup. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . Agar pengaturan ini bisa dipakai lagi untuk mencetak gambar yang lain klik kotak centang save changes to layout pada plot option. berikutnya adalah memilih portrait atau landscape pada drawing orientation. contoh area kertas gambar ukuran A3 NB: kotak warna merah merupakan batas tepi kertas dan tidak akan terlihat pada hasil cetakan karena kotak ini bisa kita taruh pada layer tersendiri yang sudah diatur agar tidak tercetak. Pada paper size carilah ukuran kertas yang dipakai.

(bila setelah di klik ok. AutoCAD menyediakan beberapa tipe arsiran yang dapat Anda pergunakan secara langsung pada objek yang ingin ditempatkan arsiran.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 MENGEDIT OBJEK V 1. Klik icon preview untuk mengecek hasil arsiran. Perintah Hatch Perintah BHATCH dipergunakan untuk membuat arsiran pada objek tertutup. Dalam membuat arsiran menggunakan perintah BHATCH ini Anda akan dibantu oleh kotak dialog Boundary Hatch seperti Gambar di bawah ini. lalu klik daerah tertutup dilokasi arsiran yang ingin dibuat. Ketik H. Dalam membuat arsiran pada objek AutoCAD terdapat dua cara pembuatan. Klik arsiran tersebut lalu klik kanan. Tahap 3. pilih tulisan hatch edit) ‘12 45 Komputer Grafis I M. ternyata ada perubahan yang diinginkan. lalu Pilih tipe arsiran pada. klik icon kotak di sebelah kanan baris tulisan pattern Tahap 2. yaitu pembuatan arsiran pada rangkaian objek-objek membentuk sebuah objek tertutup dan pembuatan arsiran disela yang tertutup dari tubrukan beberapa objek. yaitu dengan mengklik tombol ellipsis pada kotak dialog Boundary Hatch. Kotak dialog Hatch Pattern Palette adalah kotak dialog dipergunakan untuk memilih tipe arsiran. Klik icon pick point. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . klik icon ok. Setelah dilihat klik kanan kembali untuk membuka window bhatch. Toolbar Simbol Group Draw Baris Menu Menu Bar Draw/ Hatch Perintah baris Command line Bhatch Keterangan Untuk membuat arsiran Tahap 1. Setelah dipastikan hasil arsiran sesuai yang diinginkan. Atur sudut kemiringan arsiran (bila perlu) serta besar skala arsiran yang diinginkan Tahap 4. Tahap 5.

vertikal. baseline. Dalam menggunakan Perintah QDIM untuk membuat garis dimensi dilakukan dengan jalan mengklik objek yang ingin dibuat garis dimensi. misalnya untuk menjelaskan nama material suatu objek. cukup di klik 2 titik diantara jarak dimensi suatu garis . diameter. dan seterusnya hanya menggunakan satu Perintah QDIM. lalu arahkan cursor keposisi yang diinginkan. Menggunakan Perintah QDIM akan dapat meningkatkan efisiensi dan mempercepat pembuatan dimensi. lalu tekan enter. sedangkan apabila objek lingkaran atau busur yang diklik. lalu klik pada posisi lain untuk membuat pangkal panah. selanjutnya muncul windows mtext yang digunakan untuk membuat tulisan. Khusus untuk leader. Perintah Dimensi Perintah QDIM dipergunakan untuk membuat berbagai macam jenis garis dimensi secara cepat dan otomatis. lalu diklik. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . Anda dapat membuat dimensi horizontal. klik daerah objek yang diinginkan yang akhirnya menciptakan ujung panah leader. jika objek garis yang diklik maka garis dimensi horizontal atau vertikal yang dibuat.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 2. radius. Beberapa Menu icon pada toolbar dimension : Linear Dimension : Digunakan untuk membuat dimensi yang bersifat linear (arah horizontal atau Vertikal) Aligned Dimension: Digunakan untuk membuat dimensi arah yang bebas (linear atau non linear) Radius Dimension: Untuk membuat ukuran radius lingkaran Diameter Dimension: Untuk membuat ukuran diameter lingkaran Angular Dimension : Untuk membuat besaran sudut Leader : Untuk membuat keterangan pada suatu objek. Untuk menggunakan perintah dimensi ini. maka garis dimensi radius atau diameter yang dibuat. ‘12 46 Komputer Grafis I M. Dimension Style : Untuk mengatur jenis/ style dimensi.

KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 contoh leader : Bata Plester Pada dimension style. Tampilan utamanya adalah seperti di bawah ini. Berisi jenis-jenis dimensi yang telah dibuat Icon untuk membuat style dimensi baru Untuk mengaktifkan jenis style yang akan digunakan Icon untuk memodifikasi style ‘12 47 Komputer Grafis I M. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana .

KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Selanjutnya pada modify style. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . 1. Line and Arrows 2. Text ‘12 48 Komputer Grafis I M. terdapat beberapa window seperti di bawah ini : Ctt : Masing-masing detail penjelasannya akan dibahas pada perkuliahan.

KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 3. Primary Units ‘12 49 Komputer Grafis I M. Fit 1. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana .

klik OK Lalu klik set current. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . Kemudian close Selanjutnya pada toolbar dimension.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Bila semua setting sudah dilakukan.klik icon linear dimension ‘12 50 Komputer Grafis I M.

Anotasi diberikan untuk memberikan penjelasan dan penegasan gambar anda. Lalu drag ke atas. rectangle itu dapat berarti apa saja. kemudian di klik lagi. Bahkan ukurannya juga anda tidak tahu.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Lalu klik di titik as ini. yaitu single line text dan multiline text. dan klik ditempat yg diingnkan 2. Anotasi adalah elemen pelengkap gambar selain geometri yang menunjukkan objek yang anda desain/gambar. tidak ada penjelasan skala. Tanpa anotasi. apalagi ukuran. dan paling sederhana. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . jenis objek dan sebagainya sampai ke text dan dimension. bagian yang terpotong. Mulai dari arsiran (hatch) yang digunakan untuk menjelaskan material. Anotasi bisa dikatakan salah satu elemen terpenting dalam desain. Anda dapat membuat satu rectangle. Jika anda memberikan text atau simbol yang menunjukkan itu objek apa. AutoCAD memiliki 2 jenis text. Single line text dapat anda gunakan ‘12 51 Komputer Grafis I M. PERINTAH TEXT Di bagian ini kita mulai mengenal anotasi. artinya akan jauh berbeda. Menggunakan Text Text adalah anotasi yang banyak digunakan.

anda dapat mengetikkan text yang anda inginkan.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 untuk teks-teks sederhana yang hanya membutuhkan satu baris saja. Perhatikan bahwa saat multi line text aktif. Atau dengan mengetikkan DT [enter] pada command line. Seperti paragraf. Menggunakan multi line text sama saja dengan menggunakan aplikasi word processor yang populer. anda dapat melihat toolbar untuk formatting text. Untuk multiline text. ini adalah single line text. maka teks akan berpindah ke baris berikutnya. dan berbagai atribut text lainnya.5000>: Specify rotation angle of text <0>: Setelah menetapkan parameter-parameter tersebut. bullet.5000 Annotative: No Specify start point of text or [Justify/Style]: Specify height <2. Setiap baris adalah entity yang berbeda. ‘12 52 Komputer Grafis I M. lengkap dengan multi kolom. Anda dapat mengganti style. bold. font. Command: DT TEXT Current text style: “Standard” Text height: 2. Sementara multilinetext dapat anda gunakan untuk teks yang lebih kompleks. Single line text dapat anda aktifkan dengan mengklik menu Draw>Text>Single Line Text . Jika anda ingin menyelesaikan text tersebut. Berikut adalah input yang harus anda berikan. tekan [enter] lagi tanpa mengisikan text. symbol. italic. dapat anda aktifkan dengan mengetikkan MT atau mengakses menu Draw>Text>Multi Line Text. font size. dan numbering. Ingat. Jika anda menekan [enter]. Sederhana saja. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana .

Mengenal Text Style Text style adalah defenisi bagaimana text akan ditampilkan. Apa font yang akan digunakan. anda dapat mengoverride setting ini dengan mudah. Jika anda menggunakan multi line text. tentu tidak akan menemukan kesulitan berarti di sini. Anda dapat mengakses text style melalui menu format>text style… ‘12 53 Komputer Grafis I M. Gunakan multi line text jika anda harus mengetik dalam bentuk paragraf. Namun jika anda menggunakan single line text. anda harus mendefenisikannya melalui style. berapa ukurannya. meski tidak dianjurkan. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . gunakan single line text. Untuk keterangan hanya satu baris saja.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Jika anda telah terbiasa menggunakan word processor. dsb.

Pengaturan di sini meliputi pemilihan jenis huruf. Adapun perintah text bisa diambil dari menu Draw kemudian dipilih text. tinggi teks. Di bagian selanjutnya kita akan mambahas mengenai dimensi. Text adalah anotasi yang sangat sederhana. 200. asumsi kita selama ini kita menggambar dengan mm. Di image di atas. Sementara jika anda isi 0. AutoCAD tidak akan menanyakan lagi berapa tinggi huruf yang anda inginkan. penyisipan simbol-simbol maupun efek-efek penulisan yang lain. di mana di dalam Multi Line Text ini disediakan kotak dialog Multiline Text Editor yang berfungsi untuk pengaturan dan pengeditan teks yang ditulis. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . garis bawah serta cetak miring. sedangkn Multi Line Text berfungsi untuk menuliskan teks dalam bentuk paragrap. height diisikan 0. setiap kali anda menggunakannya. arah atau sudut teks maupun style dari teks. Jika anda mencetak dengan skala 1:100. dan anda ingin text anda tercetak dengan tinggi 2. Tentu saja. ukuran. Tinggi huruf didefenisikan sesuai dengan skala. untuk itu AutoCAD menyediakan beberapa efek khusus untuk membuat karakter yang tidak terdapat pada keyboard sebagai berikut : ¨ %%o : untuk membuat teks bergaris atas ‘12 54 Komputer Grafis I M. PENULISAN KARAKTER KHUSUS TEKS Karakter khusus yang terdapat dalam proses penggambaran kadang sangat diperlukan. Text adalah perintah untuk menuliskan huruf atau teks. dst) maka saat anda menggunakan single line text. yaitu Single Line Text serta Multi Line Text.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Anda dapat memiliki banyak bentuk font dengan mendefenisikan style yang berbeda. Cobalah berlatih menggunakannya beberapa kali. penebalan.5 mm. Di dalam penulisan text ini AutoCAD menyediakan dua jenis system penulisan. AutoCAD akan meminta konfirmasi berapa tinggi text yang ingin anda gunakan. Apa artinya? Jika anda mengisikan height selain 0 (100. Di dalam perintah ini bisa ditentukan beberapa karakteristik teks seperti lokasi penyisipan teks. maka anda mendefenisikan tinggi huruf dengan 250. Single Line Text berfungsi untuk menuliskan teks satu baris.

lalu di drag dan di klik lagi. lalu pilih tulisan mtext edit. A Cara menggunakannya. dapat diatur jenis-jenis dan pola tulisan yang diingnkan.setelah itu klik ok. Maka akan muncul windows seperti di bawah ini Dari window tersebut. Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . maka akan muncul window pengaturan itu kembali. klik tulisan tersebut lalu klik kanan.KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 ¨ %%u : untuk membuat teks bergaris bawah ¨ %%d : untuk menuliskan derajat (o) ¨ % %p : untuk menuliskan karakter plus minus (±) ¨ % % c : untuk menuliskan karakter diameter (Ø) ¨ %%% : untuk menuliskan karakter persen (%) Mtext digunakan untuk membuat tulisan-tulisan keterangan pada suatu objek gambar. Lalu klik daerah yang ingin dibuat tulisan. ‘12 55 Komputer Grafis I M. pada toolbar draw. Klik icon mtext seperti gambar diatas. Apabila tulisan yang ingin dibuat ternyata ada kesalahan pengaturan dan ingin dirubah kembali.

Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana .KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 ‘12 56 Komputer Grafis I M.

Arief Syarifuddin Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana .KOMPUTER GRAFIS 1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 ‘12 57 Komputer Grafis I M.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->