RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Topik Sub Topik Alokasi Waktu : : : : : : SMP

Negeri 1 Wonogiri Ilmu Pengetahuan Alam VII / 1 Objek IPA dan Pengamatannya Pengamatan dalam IPA 3 x 40 menit (1 kali pertemuan)

A. KOMPETENSI DASAR 1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. 2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 2.3. Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktiftas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam memilih kegunaan bahan kimia untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan. 2.4. Menunjukkan penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari. 3.1. Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran 4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan baku. B. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Mengembangkan perilaku tanggung jawab,ketekunan, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok. 2. Mengembangkan rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok. 3. Siswa dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA. 4. Siswa dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA. 5. Siswa dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil. 6. Siswa terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar. 7. Siswa dapat menjelaskan tiga komponen ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi. C. INDIKATOR 1. Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok 2. Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melakukan praktikum pengukuran besaran pokok. 3. Menyebut kan objek yang dipelajari dalam IPA.

4. 5. 6. 7.

Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA. Menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil. Terampil dalam melakukan suatu kegiatan dalam proses belajar mengajar. Menjelaskan 3 komponen ketrampilan proses meliputi: pengamatan, inferensi dan komunikasi.

D. MATERI 1. Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya. 2. Kegunaan belajar IPA, agar kita dapat meningkatkan kwalitas hidup, memahami berbagai hal di sekitar kita, menyelesaikan masalah, berfikir logis dan sistematis. 3. Pengamatan : melibatkan panca indra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi. ukur

4. Inferensi : merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan- hubungan antar aspek yang diamati serta membuat prediksi. 5. Komunikasi : mengkomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan dan gambar yang relefan. E. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN 1. Pendekatan : Scientific 2. Metode : Observasi dan diskusi 3. Model : Problem Based Learning F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN 1. Media : Alam sekiter kita 2. Alat dan bahan : Alat indra dan lingkungan 3. Sumber Belajar : Buku Siswa IPA Kelas VII, Puskurbuk 2013 Buku Guru G. KEGIATAN PEMBELAJARAN Tahapan Kegiatan Pembelajaran Pembelajaran Orientasi siswa • Siswa menyimak masalah yang disampaikan guru pada masalah tentang pengamatan dalam pembelajaran IPA. • Siswa diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap masalah tersebut. • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan cara pambelajaran yang akan dilaksanakan mengorganisasi • Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan siswa dalam belajar guru. • Siswa menerima LKS untuk pengamatan . Membimbing • Siswa melakukan pengamatan sesuai petunjuk LKS pengamatan siswa dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait secara mandiri dengan masalah yang telah diidentifikasi.

Alokasi Waktu 20 menit

20 menit

40 menit

maupun kelompok

• • • • • •

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok, belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan. Siswa menjawab pertanyaan pada LKSdan menyajikan dalam laporan tertulis. Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan, penarikan kesimpulan didepan kelas Siswa dibimbing guru melakukan analisis terhadap pemecahan-pemecahan masalah yang telah ditemukan siswa. Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi penghargaan. Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa.

20 menit

20 menit

H. PENILAIAN 1. Metode dan Bentuk instrumen Metode 1. Sikap 2. Unjuk kerja 2. Alat Penilaian a). Penilaian Sikap Lembar Pengamatannya : Mata pelajaran Kelompok : IPA :

Bentuk intrumen Lembar pengamatan sikap Tes penilaian kinerja dalam pengamatan

Semester Kelas

: 1 ( satu ) : 7/A/B/C/D/E

NO

NAMA SISWA

ASPEK YANG DINILAI DAN SKORNYA
Komitmen tugas Kerja sama ketelitian minat Jumlah skor Nilai

1 2 3 4 SKOR NILAI = 0 - 100

b). Penilaian Unjuk Kerja Lembar Pengamatannya : Mata Pelajaran : IPA Kelompok :
NO NAMA SISWA

Kelas : 7/A/B/C/D/E Smt :1
ASPEK KINERJA YANG DINILAI DAN SKORNYA

(1)

(2)

(3)

(4)

Jumlah skor

Nilai

1 2 3 4 Aspek Kinerja yang dinilai : (1) Menyiapkan alat dan bahan pengamatan (2) Menggunakan alat sesuai fungsinya (3) Melakuan pengamatan dengan teliti (4) Menyusun data dengan teliti Rubrik Pengamatan Kinerja Kinerja Teramati seluruhnya dan lengkap Teramati seluruhnya Teramati sebagian Tidak teramati

Skor 3 2 1 0

LEMBAR KERJA SISWA 1 Kelompok .... Anggota : 1. ......................... No. .... 2. ......................... No. .... 3. ......................... No. .... 4. ......................... No. .... 5. ......................... No. .... CIRI-CIRI FISIK A. TUJUAN : Mengamati ciri teman satu kelompok B. ALAT DAN BAHAN : 1. Siswa 2. buku 3. alat tulis C. PETUNJUK KERJA: 1. Amati ciri fisik teman sekolompok dengan teliti! 2. Tulis hasil pengamatan dalam tabel!

D. TABEL PENGAMATAN:
CIRI YANG DIAMATI

No.

Nama

Bentuk rambut

Bentuk hidung

Bentuk mata

Warna kulir

bentuk wajah

E. PERTANYAAN 1. Bandingkan hasil pengamatanmu dengan temanmu 2. Apa kesimpulan dari hasil pengamatan

LEMBAR KERJA SISWA 2 Kelompok .... Anggota : 6. ......................... No. .... 7. ......................... No. .... 8. ......................... No. .... 9. ......................... No. .... 10. ......................... No. .... KETELITIAN DALAM PENGAMATAN A. TUJUAN : Memprediksi hasil Mengamati B. ALAT DAN BAHAN : 1. Kertas tisu 2. Sepidol 3. Baker glass 4. Air 5. Penggaris C. CARA KERJA : 1. Potong kertas tisu dengan ukuran 4 x 12 cm 2. Beri garis denga sepidol hitam 2 cm dari pinggir kertas 3. Ambil baker glass isi dengan air setinggi 1 cm 4. Buat prediksi apa yang akan terjadi pada garis hitam tersebut, setelah kertas dicelupkan beberapa saat ke dalam air 5. Celupkan kertas tisu di air, dengan posisi garis berada sedikit dimatas permukaan air

D. DATA HASIL PENGAMATAN Keadaan garis pada kertas tisu Sebelum dicelupkan Sesudah dicelupkan

DISKUSI : Jika prediksimu bebeda dengan kenyataannya apakah akan diubah sesuai dengan hasil pengamatanmu? Mengapa?

Wonogiri, 30 Juli 2013 Mengetahui/Mengesahkan Kepala sekolah Guru Mapel

Drs. H. KUSMAN, M.Pd NIP. 19560812 198703 1 006 001

Drs. M. IRIANTO MEWAL, M.Pd NIP. 19630530 199512 1

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful