PENCEGAHAN KECELAKAAN PADA ANAK DAN REMAJA

Usia: 0 sampai 2 bulan Risiko: Terjatuh, terutama dari tempat ganti popok dan alat gendong depan. Pencegahan: Jangan pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan pada permukaan yang tinggi. Pasang pengaman ketika anak digendong. Usia: 2 sampai 5 bulan Risiko: Dipukul dan mengalami sindroma mengguncang-guncang bayi Pencegahan: Pastikan siapapun yang mengurus si kecil tahu bahwa mengguncang-guncang bayi – meski ‘cuma sedikit saja’ – bisa menyebabkan cedera yang serius atau fatal. Usia: 6 sampai 8 bulan Risiko: Terjatuh dari perabotan rumah Pencegahan: Kini, bayi sudah bisa pintar berguling-guling dan merangkak. Makanya, awasi ranjang, sofa, atau permukaan tinggi lain. Usia: 8 sampai 11 bulan Risiko: Menelan benda-benda asing dan tersedak Pencegahan: Hindari anggur; potong makanan kecil-kecil, dan masak makanan sampai lunak. Jauhkan benda-benda kecil (uang logam, klip kertas, atau mainan anak lebih besar dengan bagian-bagian yang kecil) dari jangkauan anak.

Jadi. minta obat yang tutupnya tidak bisa dibuka anak (child-proof caps). Usia: 3 sampai 4 tahun Risiko: Kecelakaan mobil. Simpan obat-obatan jauh dari jangkauan anakanak. kolam kecil. baik di jalan maupun jalur masuk mobil di halaman rumah Pencegahan: Hati-hatilah di sekitar jalur masuk mobil di rumah: Jika mungkin. ‘bersihkan’ seluruh permukaan.Usia: 12 sampai 17 bulan Risiko: Terkena cairan panas dan tenggelam Pencegahan: Balita bisa menjatuhkan makanan panas dari meja rendah. . Awasi setiap kali ia berada di sekitar air: bak mandi. Usia: 11/2 sampai 3 tahun Risiko: Keracunan obat Pencegahan: Bila mungkin. ember. ada orang dewasa lain yang memastikan bahwa anak benarbenar jauh dari tempat Anda memasukkan atau mengeluarkan mobil. Periksa car seat si kecil dan pastikan terpasang dengan benar. begitu ia mulai merambat perabotan di ruang keluarga.

b. Melakukan latihan fisik yang sesuai sebelum melakukan olah raga. Perlu petunjuk dalam penggunaan kendaraan bermotor sebelumnya ada negosiasi antara orang tua dengan remaja. Menggunakan alat pengaman yang sesuai. . luka pada kepala à Kecelakaan karena olah raga.Remaja à Penggunaan kendaraan bermotor bila jatuh dapat : fraktur. Pencegahan a. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful