Gambaran Umum Akuntansi

GAMBARAN UMUM

AKUNTANSI
Nugraheni Retno S. Bina Sarana Informatika, 19 Sept 2012

Tujuan & Fungsi Akuntansi 4. Definisi Akuntansi 3.GAMBARAN UMUM AKUNTANSI 1. Pemakai Informasi Akuntansi 5. Sejarah Akuntansi 2. Konsep Dasar Akuntansi . Bidang-bidang Akuntansi 6. Jenis Perusahaan 7.

• Salah satu pengetahuan matematika yang dibahas dalam buku Summa dan masih ada sampai saat ini adalah sistem pencatatan buku perpasangan.Sejarah Akuntansi • Akuntansi terdokumentasi di salah satu bab di buku karangan Luca Pacioli seorang ahli matematika yang terbit pada tahun 1494 dengan judul “Summa de Arithmetica. Proportioni et Proportionalita “. Geometria. sehingga memungkinkan praktek akuntansi telah ada ratusan tahun sebelum terdokumentasi dalam buku summa tersebut. . • Summa berisi kumpulan pengetahuan matematika pada masa itu.

mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.A) : Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan.A.Definisi Akuntansi • Definisi Akuntansi (menurut A. 2. . Definisi ini mengandung dua pengertian : 1. Bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi. Informasi akuntansi yang dihasilkan diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.

Dari sudut pandang pemakai . yaitu : 1. 2005: Definisi akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang. .• Menurut Haryono Yusuf. Akuntasi didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi.

Akuntansi diselenggarakan oleh organisasi untuk menghasilkan informasi tentang organisasi tersebut.Membuat perencanaan yang efektif. Informasi ini digunakan dalam pengambilan keputusan intern & ekstern organisasi. Informasi akuntansi sangat penting dalam penyelenggaraan perusahaan. kreditur. Kesimpulannya : . badan pemerintah dan sebagainya. pengawasan dan pengambilan keputusan oleh manajemen dan. . .Informasi yang dihasilkan akuntansi diperlukan untuk : .Pertanggung jawaban organisasi kepada investor.

.2. penggolongan. - Mengubah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Dari sudut pandang proses kegiatan . Memproses/menganalisa data yang relevan. Kesimpulannya : Pada dasarnya akuntansi merupakan kegiatan : Mengindentifikasikan data mana yang berkaitan/relevan dengan keputusan yang akan diambil. Akuntansi didefinisikan sebagai proses pencatatan. peringkasan. pelaporan dan penganalisisan data keuangan suatu organisasi.

Tujuan & Fungsi Menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. .

Pemerintah 7. Karyawan 3. Kreditur 6. Federasi buruh . Pemilik perusahaan 2. Analis dan konsultan keuangan 8. Asosiasi dagang 5. Manajemen 4.Pemakai Informasi Akuntansi 1.

Akunt.Sistem Akuntansi . Manajemen 5. Akuntansi Keuangan 2. Akuntansi Sosial 10. Akuntansi Pendidikan 11. Pajak 6. Biaya 4. Akunt. Akunt. Auditing 3. Akuntansi Anggaran 7. Akuntansi Internasional 9. Akunt Lembaga Nonprofit 8.Bidang-bidang Akuntansi 1.

Perusahaan Jasa (Service Firm) b. Perusahaan Dagang (Merchandising Firm) c.Jenis-jenis Perusahaan a. Perusahaan Industri (Manufacturing Firm) .

Adanya pemisahan perusahaan dari pemilik.Konsep Dasar Akuntansi ( Accounting Concept) • Kesatuan Akuntansi ( Business Entity Concept ) Adanya pemisahan perusahaan dari pemilik. . • Berkesinambungan ( Going Concern) Adalah suatu kesatuan ekonomi diasumsikan akan terus melanjutkan usahanya dan tidak akan dibubarkan kecuali bila ada bukti dan sebaliknya.

• Pengukuran dalam nilai uang (Money as unit of Measurement) Akuntansi keuangan menggunakan uang sebagai nilai nominal dalam pengukuran aktiva. . Perlunya informasi akuntansi secar periodik untuk perencanaan perusahaan.• Periode Akuntansi ( Periodicity) Maksudnya bahwa perlunya pembagian kegiatan dalam periode sehingga perkembangan perusahaan dapat dicatat secara periodik. utang dan perubahannya.

• Harga Pertukaran (Historical cost) Akuntansi mengasumsikan bahwa harga yang disetujui pada saat terjadinya suatu transaksi ditentukan secara obyektive oleh pihak-pihak bersangkutan didukung oleh bukti yang dapat diperiksa kelayakannya oleh pihak bebas (netral) dan karenanya merupakan dasar paling tepat untuk akuntansi. pencatatan .

Penentuan laba periodik pada dasarnya menyangkut 2 masalah yaitu : pengakuan pendapatan selama periode dan penentuan beban yang terjadi sehubungan dengan usaha untuk menghasilkan pendapatan tersebut.• Penetapan beban dan pendapatan (Matching Cost Againts Revenue) Laba ditentukan berdasarkan metode akrual yakni dikaitkan dengan pengukuran aktiva dan kewajiban serta perubahannya pada saat terjadinya. .

SEKIAN & TERIMA KASIH SAMPAI JUMPA PADA PERTEMUAN BERIKUTNYA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful