1

Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet

DISKUSI KURIKULUM 2013
Mungkin kurikulum baru masih belum disosialisasikan oleh karena itu banyak menimbulkan penafsiran berbeda di antara kalangan guru. Para pakar teknologi (pendidikan) di dalam Kementerian terkait atau dari pemerhati masalah pendidikan harus pandai menjelaskan kurikulum 2013 ini agar tidak membuat guru secara keseluruhan ―panik‖ atau ―gusar‖ sebelum mengamati, menganalisa, melihat banyak sisi. Saya hanya ingin mengupas bagian TIK mengenai kekhawatiran guru TIK bahwa ―TIK dihapus dari kurukulum‖ lalu bagaimana nasib guru TIK dengan latar belakang pendidikan bervariasi; ada yang khusus menghabiskan waktunya di bangku kuliah untuk mendapatkan spesialisasi di bidang teknologi pendidikan, ada pula yang tadinya guru biasa mengambil macam-macam ujian, pelatihan untuk melek teknologi dengan pengalamannya dan akhirnya menjadi guru TIK. Apakah pemerintah dengan menyusun kurikulum baru 2013 tidak memikirkan segala sisi sebelum membuatnya atau merancangnya? Tentu saja kementerian banyak dikelilingi teknisi yang ahli di bidangnya dan tidak akan sembrono merancang kurikulum yang boleh dianggap menyangkut kepentingan orang banyak termasuk mereka sendiri, para pendidik, peserta didik dan sampai ke orangtua. Selama ini TIK sepertinya tidak berkesinambungan (embedded) dengan mata pelajaran yang lain atau sama sekali dianggap terpisah oleh banyak kalangan. TIK dipandang hanya belajar komputer, bagaimana cara menggunakan perangkat lunak maupun perangkat keras. Pemikiran semacam ini hanya bagian kecil dari TIK itu sendiri karena bukan semua orang yang ingin menjadi programmer ataupun mahir mengetik karena ingin menjadi juru ketik dan lain sebagainya. TIK bisa lebih dari itu sebagai alat (tool) yang bisa membantu kita dan meringankan pekerjaan kita. Lalu apa yang bisa kita (guru TIK) pikirkan atau sesuaikan dengan kurikulum baru ini? Walaupun sampai saat ini Kementrian Pendidikan mengusulkan kurikulum 2013 ini untuk didiskusikan dan dikritik oleh kita semua hampir pasti akan diterapkan. Kita tidak bisa berharap dan menunggu pemerintah dan diknas saja untuk melatih guru dengan begitu luasnya wilayah Indonesia mulai Sabang sampai Merauke dengan beribu-ribu pulau. Adil rasanya kalau sekolah mengadakan pencerahan melalui lokakarya, seminar, pelatihan guru untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada dan mendapatkan penjelasan dari para pakar atau ahli dan mempraktekkan dan menyebarluaskan ilmu yang mereka dapat selama kegiatan tersebut.

Collected by: Agus Saefudin, S.Pd. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara

2

Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet

Sekolah seharusnya mempunyai rencana atau rancangan pelatihan guru (teacher professional development) untuk meningkatkan kemampuan guru. Sebetulnya kurikulum yang baru ini TIK bisa diterapkan atau diintegrasikan (embedded) di hampir mapel tersebut untuk benar-benar menjadi alat (tool) mempraktekkan apa yang diajarkan di mapel yang lain. Misalnya di jenjang pendidikan SD, apa yang orang IT bisa lakukan adalah dengan mengadakan workshop/pelatihan guru2 untuk melek teknologi agar dapat diintegrasikan di mapel lain. Misalnya, belajar tentang energi, bagaimana anak2 bisa membuat film pendek hasil wawancara anak2 dengan ortu/kepala sekolah, guru2 tentang penghematan energi listrik di rumah atau di lingkungan sekolah jadi anak2 bisa membawakannya di mapel TIK untuk dibuatkan movie sederhana dengan memakai windows movie maker. Hasilnya bisa di-‖burn‖ ke DVD atau CD dan dibagi ke ortu dan archive sekolah. Sederhana bukan? Untuk itu guru TIK tidak udah khawatir karena itu untuk kemajuan pendidikan.. Selamat tahun baru 2013 dan tetap semangat. Penulis: Rakotoarison Louis Frederick, IT Consultant, Web Master.

(Sumber: http://gurukreatif.wordpress.com/2013/01/03/diskusi-kurikulum-2013/ diunduh Jum’at, 4 Januari 2013)

Collected by: Agus Saefudin, S.Pd. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara

3

Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet

KURIKULUM 2013 PERLU BANYAK PELATIHAN GURU YANG BERMAKNA
Kurikulum 2013 hampir pasti akan diterapkan. Mengharapkan pemerintah dan diknas saja untuk melatih guru sepertinya tidak adil mengingat begitu luasnya jangkauan area wilayah Indonesia. Ada baiknya sekolah melakukan sendiri pelatihan yang berorientasi pada perubahan paradigma guru yang berlanjut pada penyebaran praktek terbaik di sekolah. Untuk itu penting kiranya jadikan sekolah sebagai komunitas. Untuk itu jadi tidaknya diterapkan kurikulum 2013 tidak jadi soal yang terpenting sekolah jadi sadar artinya pelatihan guru yang berkesinambungan. Buat saya pelatihan guru yang baik dan bermakna mempunyai syarat sebagai berikut,serta 1. Bernuansa workshop jika pesertanya kurang dari 60 orang (8 jam) 2. Bernuansa seminar jika pesertanya lebih dari 60 orang (3 jam) 3. Definisi workshop adalah guru berperan aktif dan suasana pelatihan bersifat partisipatif. Ada seorang fasilitator yang 4. Definisi seminar adalah hadirnya seorang narasumber yang sifatnya membuka wawasan dan cakrawala berpikir guru yang hadir.

Collected by: Agus Saefudin, S.Pd. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara

4

Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet

KURIKULUM 2013 SAATNYA SEKOLAH DAN GURU BERUBAH

Perhatikan jam pelajaran mana yang berubah dan jam pelajarannya ! Dalam kurikulum 2013 di sekolah dasar sebenarnya pelajaran IPA dan IPS tetap ada, hanya saja kompetensi dasar kedua mata pelajaran tersebut masuk ke dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pada awal pemberitaan mengenai dibuatnya kurikulum 2013 beberapa waktu yang lalu, pers mem‘blow up’ bahwa pemerintah menghilangkan pelajaran sains pada sekolah dasar, padahal ungkapan yang tepat seharusnya adalah mengintegrasikan. Kurikulum 2013 benar-benar merupakan penafsiran Diknas terhadap perubahan dunia ke masa depan. Tugas pemerintah memang memberikan arahan lewat kompetensi dasar yang ada di kurikulum 2013, sedangkan tugas guru adalah mengajarkan dengan cara yang kreatif. Ingatlah kembali dulu saat KTSP pertama kali diterapkan, semua guru terbelalak oleh istilah-istilah yang ruwet, semoga hal itu tidak terjadi di kurikulum 2013. Kini saatnya sekolah-sekolah di Indonesia untuk berproses. Sekolah-sekolah yang

Collected by: Agus Saefudin, S.Pd. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara

S. Perubahan yang paling mendasar sebenarnya adalah bagaimana cara melatih guru-guru mengaplikasikan kurikulum 2013. Tiap perubahan pasti membawa guncangan. Kurikulum 2013 terbuka untuk disiasati. Collected by: Agus Saefudin. Guru perlu belajar mengembangkan kurikulum 2013 dengan cara mengembangkan indikator-indikator yang ada menjadi kegiatan yang bermakna. kini saatnya sekolah-sekolah menolong guru-gurunya mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan baik. akan meminta guru-gurunya untuk mengkaji kurikulum 2013 sekaligus meminta mereka bersikap fleksibel.5 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet punya budaya ‗Komunitas belajar‘ akan mampu menghadapi kurikulum 2013 dengan kepala tegak. Bagi guru yang gemar menjadikan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar.Pd. Hampir pasti bisa ditebak. Tips dan trik serta strategi cara menggunakan kurikulum 2013 adalah yang lebih diperlukan oleh guru. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . maka baginya kurikulum 2013 akan terasa sama maknanya dengan kurikulumkurikulum sebelumnya. Sekolah sebagai komunitas belajar. kegiatan pertama ditahun ajaran di sekolah-sekolah adalah mereview standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di kurikulum 2013.

Jika konten kurikulum terlalu banyak dan menghimpit. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . dan fasilitas.6 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Kompetensi guru professional adalah gabungan dari empat aspek. yaitu. Tugas guru ajarkan siswa sesuai target kurikulum. sambil mempersiapkan mereka dengan ketrampilan hidup. strategi belajar.Pd. komunikator. sumber belajar. Murid stres bukan karena beban kurikulum. S. semoga pada kurikulum 2013 hal itu tidak terjadi lagi. Maka guru harus menganggap kurikulum 2013 itu sebagai Collected by: Agus Saefudin. tapi juga hubungan antar manusianya. memberikan keleluasaan waktu bagi gurunya bersama-sama untuk membedah dan menelaah kurikulum 2013. dan assessment yang jitu. guru cenderung kembali ke pola lama. kurikulum. Kurikulum 2013 berguna sebagai peta. ia stres karena cara komunikasi dan interaksi gurunya. Sekolah yang efektif. kreativitas guru adalah energy untuk menapakinya. Mengajar sesuai dengan kurikulum memang penting. Kelas yang baik bukan cuma dilhat dari urusan kurikulum. apalagi jika ditambah dengan guru yang mau melakukan eksplorasi terhadap kurikulum 2013. Kurikulum yang padat membuat guru merasa berharga tapi setelah itu kebingungan sendiri. yaitu chalk and talk.

7 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet kompas. tapi siswa tidak enjoy yang pada akhirnya guru juga akan merasa kosong. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Padahal tidak ada kurikulum yang berat.wordpress.Pd. Buat apa target kurikulum tercapai. terlalu bagus malah.com/2012/12/02/kurikulum-2013/ Artikel ini dikutip dari kumpulan tweet @gurukreatif Collected by: Agus Saefudin. tapi bagaimana memprosesnya ketika di kelas itu yang menjadi masalah. Pada kurikulum 2013 diperlukan guru dan sekolah yang mempunyai keahlian meracik kurikulum secara terpimpin dan bertanggung jawab. S. Para guru sebaiknya mengatur dan mengelola waktunya dengan efektif. ia memberikan arah apa yang mesti siswa kuasai. Kurikulum di Indonesia sudah bagus. Pada kurikulum 2013 diperlukan guru yang terbiasa berkolaborasi dan bekerja sama. Sebenarnya kurikulum ya itu-itu saja. yang ada adalah guru yang kurang terampil mengelola waktu. http://wrogz. tinggal bagaimana cara guru berusaha agar siswanya paham itulah yang jauh lebih penting. Guru sering melewatkan banyak moment yang berharga dari siswanya saat mengajar hanya karena mengejar target kurikulum. Jangan sedikit-sedikit beralasan target kurikulum. bahkan saat menentukan bahan ajar. sebab siswa juga perlu tahu kenapa mereka mesti belajar hal yang guru ajarkan. daripada mengeluh tentang kurikulum yang gonta-ganti.

dan juga dapat memberikan arahan yang tepat kepada anak didik.uk/ea/EastAyrshireCfEUpdate/tag/internet-safety/ Di era teknologi yang semakin canggih sudah semestinya diterapkan di dunia pendidikan. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . tetapi patut diwaspadai juga bahaya dan pengaruh negatifnya ke anak didik. S. Oleh karena itu pendidik harus mengerti dan memahami betul penggunaan teknologi tersebut.Pd. Berikut ini adalah perbincangan mengenai ”Internet Safety dan Digital Citizenship” dengan narasumber @Gurukreatif. Collected by: Agus Saefudin.glowscotland.org.8 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet YUK MENJAGA KESELAMATAN MURID KITA DI INTERNET https://blogs.

Siapa yang mesti dijadikan mitra dalam menjaga siswa kita terhadap perkembangan teknologi? Sekolah mesti punya surat perjanjian untuk siswa berisi kesanggupan untuk gunakan komputer dan internet untuk tujuan yang baik. Guru bisa mulai dari hal paling simpel. bagaikan minta mrk berenang di lautan penuh hiu. tugas guru memang jadi luar biasa karena mesti pandai mengajar tatap muka sambil jadi contoh di dunia virtual. Saat guru temukan pengalaman tidak enak di internet. Adakah guru di sini yang sekolahnya pernah adakan penyuluhan internet sehat bagi ortu dan guru? Banyak ortu yang sibuk urusan cari nafkah.facebook. 3. Apa yang dimaksud dengan „Internet Safety dan Digital Citizenship‟? internet safety. Konsistensi adalah kunci. contoh bagi murid. Apa bahayanya jika pendidik lalai? seorang guru yang lalai nilai-nilai dlm dunia online akan sulit jadi contoh bagi siswanya.9 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet 1.com/guraru/notes ikuti perbincangan #gurarutalk tiap senin jam 17. yang bahaya jika guru masa bodoh atas apa yang muridnya lakukan di internet. S. banyak dilupakan orang dewasa. komentar di dunia maya dan cara gunakan internet sebagai sarana belajar. himbau murid2 untuk gunakan bahasa yang baik saat ‗texting’ dan update status. 2. Bagaimana cara mengajarkan siswa mengenai „Internet Safety dan Digital Citizenship‟ dengan benar? Dunia online dan dunia nyata sesungguhnya sama saja mesti teguh pada karakter2 yang baik. cara guru update status. komentar-komentar di media online yang berbau SARA. saatnya sekolah bantu dan edukasi mereka untuk internet sehat Tulisan ini ada juga di https://www. karena selalu berpikir bahwa dunia internet dunia mainmain.00 WIB Collected by: Agus Saefudin.Pd. Di sekitar sekolah anda banyak warnet? yuk lakukan pendekatan persuasif internet sehat. ada yang dengan beri kepercayaan. 4. Sekali2 guru ambil nilai siswa saat ia berkomentar di media online mengenai berita2 yang lagi hangat. apa saja hal yang tidak boleh dilakukan di dunia nyata juga tidak boleh dilakukan di dunia maya. internet safety. Sikap guru dlm hal internet safety terbagi dua. guru yang lalai ajak anak waspada saat di internet. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara .00 sampai jam 19. terjadi karena kurangnya rasa tanggung jawab sebagai warga dunia online. bagi kisahnya pd murid agar mereka belajar. Digital citizenship: rasa tanggung jawab sebagai warga dunia digital yang baik. ada yang senangnya curiga lalu razia. Lalai bisa berarti belum sadar. prosedur agar aman di dunia maya.

10 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet GURU DALAM KESEHARIAN Collected by: Agus Saefudin. S.Pd. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara .

pembukaan. 10. guru santai dan rileks. sibuk sekaligus menyenangkan ini caranya. 4. tanpa refleksi kegiatan pembelajaran hanya akan jadi kegiatan yang tanpa makna. guru ceramah sebentar saja kemudian aktivitas. 6. kegiatan inti dan refleksi. kita merasa berhasil memberikan yang terbaik. cari koleksi strategi yang bisa digunakan. Collected by: Agus Saefudin. Untuk bisa jadikan kelas yang guru ajar menjadi aktif. Ia adalah sosok yang mesti pandai mengatur skenario di kelasnya.Sebuah kegiatan pembelajaran bukan merupakan proses yang hasilnya pasti bagus. S. pikirkan tujuan singkat di awal (misalnya anak bisa menguasai konsep pembilangan atau anak bisa membedakan antara peribahasa dan ungkapan). coret-coret ide anda pada RPP atau peta konsep sebagai sarana untuk merencanakan pembelajaran. bisa edmodo dengan laptop mereka masing-masing atau gunakan hand phone untuk mencari bahan di internet. hentikan kelas untuk kemudian lakukan instruksi ulang. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . pikirkan bagaimana cara menilai dan apa yang dinilai dari siswa selama kegiatan berlangsung. Menjadi guru berarti menjadi sutradara.11 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet INGIN PEMBELAJARAN YANG SIBUK DAN FOKUS DI KELAS? INI CARANYA Kegiatan yang membuat anak bekerja sama sangat bagus sekali diterapkan di kelas. Semuanya proses yang memerlukan kesabaran dan upaya untuk mau mencoba. bagi waktu pembelajaran anda menjadi 3 hal. buat kesepakatan di awal untuk memberi tahu siswa kapan berhenti bekerja dan kapan mesti mendengarkan dll. 9. strateginya upayakan yang bernuansa cooperative learning atau belajar dengan bekerja sama. jika dalam aktivitas siswa menemui jalan buntu.Pd. biarkan kejutan terjadi di pembelajaran. gunakan TIK. 7. Semuanya demi siswa agar mereka fokus belajar dan sebagai guru. 5. Usahakan sabar pada siswa yang mencari perhatian. 2. 3. 8. 1.

Guru seperti itulah yang diperlukan untuk merubah bangsa.12 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet DARI GURU LASKAR PELANGI MENJADI GURU YANG MELEK TEKNOLOGI “Bu Muslimah tokoh yang ada dalam Laskar Pelangi adalah guru yang berusaha menjadikan kelas yang diajar atau yang menjadi tanggung jawabnya adalah gambaran dari empatinya yang besar terhadap siswanya.” Istilah guru ―Laskar Pelangi‖ mengacu pada guru-guru yang ikhlas dan berusaha berjuang di tengah keterbatasan dalam mendidik murid-muridnya.Pd. Beliau tidak sibuk menyalahkan pihak lain atas keterbatasan yang ia alami tapi malah menggerakkan dirinya untuk mengambil manfaat dan mangoptimalkan semua yang ada. Namun mereka memiliki semangat yang tinggi untuk mengabdi kepada negeri guna meningkatkan kualitas pendidikan generasi masa depan bangsa. Istilah tersebut mengacu pada guru –guru yang ada di film Laskar Pelangi yang diangkat dari kisah nyata Indonesia di awal orde baru. Keterbatasan yang guru-guru sekarang alami pun sekarang tidak jauh beda dengan profil ibu guru Muslimah yang ada di Laskar Pelangi. Profil guru yang ada dalam kisah dan film tersebut berusaha sekuat tenaga dan dengan segala cara dan strategi di tengah keterbatasan untuk membuat siswa yang berasal dari keluarga yang berbeda latar belakang dan kehidupannya untuk mau berusaha dengan gigih di tengah kesulitan hidup yang menghimpit. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . orang yang punya pengetahuan sampai lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Terutama jika ia seorang guru senior dan ia adalah sosok yang mau mencoba hal baru. Seperti di daerah-daerah terpencil di desa-desa yang jaraknya jauh dari perkotaan namun banyak guru yang mau belajar teknologi mereka mau belajar dan mau berubah. Di jaman sekarang masih banyak guru yang bekerja dan mengajar dalam keterbatasan. walaupun sudah berumur masih mau mengetik pelan-pelan dan mencoba hal baru dengan lap top yang mungkin dimilikinya dengan cara mencicil. dengan demikian guru akan mengatur kelas sesuai kebutuhan siswa dan yang terpenting sabar jika ada siswa yang berbuat kesalahan saat belajar. Di era Teknologi seperti sekarang ini istilah guru Pahlawan tanpa tanda jasa masih tetap berlaku. Caranya adalah menempatkan diri sebagai siswa. S. Dengan atau tidak adanya fasilitas tidak membuat surut semangatnya untuk menhadirkan yang terbaik bagi siswa. Mereka alami kesulitan dalam bahan sumber pengajaran. Dalam film itu digambarkan profil guru yang mengajar dengan hati sekaligus memotivasi agar siswanya menjadi insan yang punya harapan dan impian untuk dikejar dalam kehidupannya. Baik itu sumber pembelajaran. Bertahun berlalu dari masa di mana cerita laskar pelangi berlangsung. Guru seperti beliau mencoba mensyukuri apa yang ia punya dan miliki di sekolah dan kelasnya. Sementara itu banyak sekali guru-guru yunior yang senang berbagi ilmu yang ia ketahui dalam bidang IT pada guru senior atau Collected by: Agus Saefudin. Di jaman teknologi seperti sekarang ini kemauan belajar seorang guru patutlah dihargai. Semboyan tersebut dapat kita sematkan pada guru-guru yang memiliki semangat juang dan semangat belajar yang tinggi. dukungan masyarakat yang kurang serta campur tangan pemerintah yang minim untuk membantu mensukseskan tujuan pendidikan di tempat mereka mengajar.

Majulah guru Indonesia majulah pendidikan di Nusantara. Sosok guru yang seperti ini lah yang pastinya memerlukan dukungan penuh dari kita semua. S. Semangat kepahlawanan dan pengorbanan selalu berkorban dalam diri mereka karena mereka yakin bahwa apapun yang mereka lakukan sekecil apapun tentu akan memberikan kontribusi pada peningkatan harkat dan martabat bangsa.13 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet orang lain lewat internet. blog atau akun social media yang dimilikinya.Pd. Mereka sadar betul jika guru sadar teknologi maka akan menjadi contoh bagi penggunaaan teknologi yang sehat bagi muridnya. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Indonesia sangat bangga dengan guru-guru yang selalu belajar dan belajar demi meningkatkan profesionalitas dan kompetensinya demi satu tujuan generasi Indonesia yang lebih baik dimasa datang. Collected by: Agus Saefudin.

com . komentar paling banyak berasal dari para guru." kata Nuh dalam diskusi internal di Gedung Kompas. Seperti diketahui. Jumat (21/12/2012).Hanya dalam hitungan hari.Pd." ujar Nuh. Dari jumlah tersebut. para guru ini juga aktif berkomentar dan memberi masukan agar kurikulum baru pada 2013 mendatang dapat mencapai tujuannya. Selebihnya.14 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Uji Publik Kurikulum 2013 Published on Sunday. Jakarta. Palmerah. S. Berdasarkan data yang dikumpulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga tanggal 19 Desember. mengatakan bahwa pengunjung terbanyak situs uji publik tersebut adalah para guru.unmuhjember. Tidak hanya sekadar berkunjung. sebanyak 10. sebanyak 5. uji publik pengembangan kurikulum 2013 akan segera berakhir.com. Ada juga yang tidak setuju tapi umumnya memberi masukan. "Dari data yang kami himpun. Editor : Caroline Damanik (Sumber: http://www.729 orang berkomentar terkait kurikulum baru. KOMPAS.ac. 23 December 2012 04:46 Paling Banyak Beri Masukan tentang Persiapan Guru Penulis : Riana Afifah JAKARTA.id/index. "Mayoritas mendukung kurikulum baru ini.php/berita-nasional/117-uji-publik-kurikulum-2013 diunduh Jum‘at. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.655 orang tercatat mengunjungi laman uji publik kurikulum 2013 yang juga dapat diakses melalui Kompas. hasil dari uji publik tersebut sebagian besar memberi masukan terkait persiapan guru dalam rangka menjalankan kurikulum baru ini. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . usulan yang masuk mengenai struktur kurikulum termasuk meleburnya IPA dan IPS ke mata pelajaran lain khusus untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Mohammad Nuh. Puluhan ribu masyarakat tercatat mengunjungi situs milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memaparkan isi konsep kurikulum baru tersebut.

15 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet RAMAI-RAMAI UJI PUBLIK KURIKULUM BARU BeritaKaget.‖ kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh belum lama ini.id.‖ Menurut dia. kurikulum 2013 tengah memasuki fase uji publik selama tiga minggu di lima kota besar dan 33 kabupaten/kota di Indonesia.go. Masyarakat yang ingin memberian pendapat bisa mengakses situs http://kurikulum2013. Mana yang harus diperbaiki. mulai memasuki uji publik. Semua lapisan masyarakat bisa memberikan masukan dan pendapat untuk menyempurnakan kurikulum yang bakal menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berlaku saat ini. pro dan kontra. tim inti. kepala dinas pendidikan. praktisi pendidikan. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . anggota DPRD. Uji publik juga akan dilakukan lewat kunjungan atau roadshow ke lima kota besar dan 33 kabupaten/kota di Indonesia. uji publik ini menggunakan beberapa pendekatan.kemdikbu d. Jangan dibatalkan. pendapat masyarakat luas sangat dibutuhkan agar dapat mengoreksi kekurangan yang ada pada kurikulum yang akan diluncurkan pada pertengahan 2013 mendatang itu. yaitu secara langsung dan secara online yang dapat diakses oleh semua masyarakat. Kami terima masukannya. Collected by: Agus Saefudin. serta unsur Kemendikbud unsur Kemenag. tetapi harus juga mencantumkan alasan kenapa tidak setuju dan sebaiknya bagaimana. Berbagai fase harus dilewati oleh kurikulum baru ini untuk memperoleh kesempurnaan saat diterapkan pada Juni 2013 nanti. ―Bagi yang tidak setuju bisa menyampaikannya di situ. ―Silakan berpendapat. Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Kemdikbud. Khairil Anwar Notodiputro. pengamat pendidikan. tim nara sumber wapres. anggota DPR. menyebutkan. S. Masukan tersebut akan digunakan untuk menyempurnakan formula kurikulum 2013. Saat ini. Dari situs ini pula mereka bisa memperoleh draf kurikulum baru dan alternatif yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait teknis pelaksanaannya. pihak yang dilibatkan adalah guru.com // Ilham Mahesa Sinaga // 3 Dec 2012 Rencana Kurikulum 2013 yang sempat menimbulkan polemik. mana yang kurang. ahli pendidikan.Pd. Dalam pendekatan secara langsung.

sebelum memberi masukan. Pada uji publik langsung. berbeda dengan masamasa sebelumnya. struktur kurikulum. Selanjutnya.html diunduh Jum‘at.‖ katanya. Buku-buku pelajaran akan diberikan secara gratis kepada guru dan siswa. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. (Sumber: http://www. para peserta uji publik yang terdiri atas banyak pihak ini mendengarkan paparan dan penjelasan terkait draf kurikulum baru tersebut. katanya. masing-masing kelompok diberi waktu untuk melaporkan hasil kerjanya dan rumusan hasil rekomendasi untuk kurikulum 2013. standar proses.‖ ujar Khairil.beritakaget. Hasil rekomendasi tersebut disusun dan ditelaah untuk kemudian dikombinasikan menjadi rumusan hasil uji publik yang nantinya dijadikan penyempurnaan kurikulum 2013. ―Jadi.Pd. dan penilaian. panduan pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran. dokumen kurikulum 2013 yang disempurnakan nantinya berdasarkan dari uji publik yang dilakukan saat ini. konsep pengembangan kurikulum pada tingkat nasional dilakukan dengan menyusun kurikulum. Juga pola pengadaan buku pelajaran untuk siswa. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara .16 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet ―Semuanya diajak di sini untuk memberi masukan. tapi instrumennya terkait Standar Kompetensi Lulusan. Kali ini pemerintah menyiapkan buku teks pelajaran untuk siswa dan buku pegangan guru untuk setiap mata pelajaran yang didistribusikan ke sekolah-sekolah. kurikulum tahun depan akan mengarahkan para siswa pada observasi dan pembuatan laporan dalam setiap mata pelajaran. Dalam buku akan diberikan tuntunan untuk proses pembelajaran seperti itu. Setelah diberi waktu lebih dari 120 menit untuk berdiskusi. serta model teks buku pelajaran.‖ ujarnya. Ada sekitar 383 orang yang akan ikut uji publik di Jakarta yang berlangsung tiga hari sejak 29 November 2012. Khairil menyebutkan. S.com/berita/4043/ramai-ramai-uji-publik-kurikulum-baru. Menurut dia. ―Fokus diskusinya seputar paparan tersebut. para peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi terkait paparan tersebut.

Sebelum disahkan dan diaplikasikan. dan lebih mengarah pada pendidikan karakter. Musliar mengatakan perubahan kurikulum tersebut merupakan program besar Kemdikbud yang dimulai sejak 2010. Menurut dia.‖ katanya. di Jakarta. Musliar Kasim. pelajaran terkait pendidikan karakter berkurang. Collected by: Agus Saefudin. pendidikan karakter akan lebih banyak dipelajari siswa di tingkat sekolah dasar dimulai sejak dini.Pd.‖ katanya dalam pertemuan pers bersama Wamendikbud bidang kebudayaan Wiendu Nuryanti. Sementara itu. dan diganti dengan pelajaran keilmuan. nantinya akan memangkas jumlah mata pelajaran menjadi lebih sedikit. ―Pembangunan karakter sebagai sentral dari pendidikan nasional akan disinergikan dengan kebudayaan untuk menyebarkan virus pembangunan karakter dan targetnya bukan hanya peserta didik tetapi juga guru dan masyarakat luas yang diwakili oleh komunitas-komunitas seperti seniman dan budayawan dan sebagainya.com // Ilham Mahesa Sinaga // 28 Sep 2012 Kurikulum baru pendidikan nasional yang sedang dipersiapkan pemerintah bersama tim penyusun. Semakin tinggi jenjangnya. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . ―Jumlah mata pelajaran yang banyak membebani siswa. Wamendikbud bidang kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan kurikulum yang sedang dalam penyusunan tersebut diharapkan akan memberikan perubahan pada model pembelajaran yang memberikan ruang gerak bagi siswa untuk berekspresi seluas-luasnya. serta lainnya. Penyusunan kurikulum pendidikan nasional yang baru diharapkan rampung pada Februari 2013.17 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet KURIKULUM BARU PANGKAS JUMLAH MATA PELAJARAN BeritaKaget. akan ditekankan pada model pembelajaran tematik. S. Prof Juwono Sudarsono. terkait Gerakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. dan menyebabkan siswa menjadi bosan. sehingga meringankan peserta didik. Ia mengatakan kurikulum mendatang yang sedang disusun oleh tim yang terdiri para pakar dan tokoh pendidikan seperti Franz Magnis Suseno. Demikian dikatakan Wamendikbud bidang Pendidikan. pemerintah akan melakukan uji publik terhadap rancangan kurikulum itu untuk memperoleh kritik dan masukan dari masyarakat. Kamis (27/9/2012) petang.

html diunduh Jum‘at. Adapun tim kedua bertugas menyusun kurikulum pendidikan tinggi.18 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Kemdikbud saat ini telah membentuk dua tim. Setu Babakan. Tim penyusun juga mengevaluasi kurikulum yang berlaku saat ini. Jawa Barat.com/berita/2888/kurikulum-baru-pangkas-jumlah-mata-pelajaran. S. gerakan pembangunan karakter juga akan dilaksanakan kepada masyarakat luas melalui Gerakan Bersih Desa Budaya yang difokuskan pada desa-desa yang dengan tradisinya masih menjalankan dan menopang karifan lokal. jam sekolah.‖ katanya. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . NTB dan Maluku. ―Selain menyasar sekolah. serta berbagai persoalan lain. yakni tim pertama bertugas menyusun kurikulum pendidikan dasar dan menengah. (Sumber: http://www. Sasirangan. Lasem . Gerakan Pembangunan Karakter Wamendikbud Wiendu Nuryanti menjelaskan rencana pemerintah untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Pembangunan Karakater Bangsa melalui program penanaman nilai budaya di lingkungan sekolah yang dilaksanakan di 10 propinsi. yakni Laweyan. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. antara lain DKI Jkaarta. Aceh. seperti budaya gotong royong. hingga mencari penyebab mengapa sering terjadi tawuran siswa.beritakaget. Pandesikek dan Cuci Nagari Maluku. seperti soal banyaknya mata pelajaran yang harus dipelajari siswa. Banten. Program Gerakan Bersih desa pada tahap awal sebagai pilot project dilaksanakan di enam daerah.Pd. rendahnya kemampuan siswa berbahasa asing.

19 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet JEMPUT BOLA KURIKULUM 2013. Pro-kontra masih terus mengemuka atas kurikulum tersebut. Guru ditantang untuk memiliki otoritas dan mengembangkan model pembelajaran yang dilakukan masing-masing. apapun pilihan dari alternatif tersebut kualitas dan mental pendidik dalam hal ini guru adalah ujung tombak dari setiap berlakunya kurikulum baru di negeri ini. akan berlangsung sosialisasi kurikulum pendidikan paling gress di negeri ini. S. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Diskusi yang menghadirkan Isa Ansori. Maria Mumpuni Purboningrum dari NGO Benih Matahari dan mengundang beberapa guru sekolah dasar ini dimoderatori oleh Jairi Irawan dari WYDII. Collected by: Agus Saefudin. Hingga tulisan ini dibuat. namun juga peran para pihak yang terkait di dalamnya. salah satu kesimpulan penting dalam diskusi terbatas beberapa waktu lalu yang diselenggarakan Women and Youth Development Institute of Indonesia (WYDII) di sekretariatnya. maria mumpuni ―Kurikulum 2004 yang kita kenal dengan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi. red) adalah konsep manajemen berbasis sekolah. dalam hal ini pemerintah. termasuk guru. pengamat pendidikan di sejumlah media-maupun di pelbagai kesempatan. pemerintah masih menunggu masukan utamanya dari praktisi pendidikan dalam kesempatan uji publik dari dua alternatif yang disediakan. Demikian. Ketua Dewan Pendidikan Surabaya. Seberapa dalam efektivitas sosialisasi itu di samping bergantung pada pihak yang paling berwenang. Meski demikian. MENTAL GURU HARUS BERUBAH SELAMA enam bulan ke depan. red). Jl Gubeng Kertajaya 9a no 21a Surabaya. kemudian 2006 kita kenal dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Pd. oleh masyarakat.

―Namun demikian. menjadi mati. ―Buat saya ini nanti dikembalikan pada bagaimana materi buku panduan. Penuh atau tidak. Bukan hanya itu saja. pada saat guru sudah mampu mengelola. baik Kurikulum KTSP maupun kurikulum 2013 sudah ada peluang guru untuk mengembangkan. setelah meraih sekolah Adi Wiyata. guru kita nantinya tergantung teks book. kurikulum itu yang rasanya benda mati.‖ imbuh Maria. Atau sudah ada guru yang aktif tapi dari pengawasnya. Kesannya.‖ ungkapnya. guru memang berperan bagaimana guru mampu mengelola materi itu. Dan aspek lainnya. guru bisa membuat materi sendiri.Pd. kurikulum sebelumnya dengan proyeksi dari mata pelajaran ke tema. kalau guru bisa mengembangkan. menjadi tantangannya. Bahkan Maria Mumpuni dari Benih Matahari menegaskan tidak ada perbedaan mencolok antara Kurikulum KBK. ―Ini konsep yang salah kaprah. peran guru-kepala sekolah dan manajemen perubahan. adalah managemen perubahan. Kurikulum 2013 membutuhkan integrasi.‖ tandas Maria.‖ katanya. Dan Guru bingung bagaimana mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran. ―Jadi pendekatan sekolah secara menyeluruh itu penting. model. pertanyaannya kepala sekolah paham apa tidak dengan kerangka pembelajaran yang lebih aktif. Lantas berkait dengan peran guru. Soal materi. masyarakat pun harus cukup punya wacana. Dampaknya. yang artnya tergantung penerbit yang menerjemahkan dan kemudian menjadi buku panduan itu. Sehingga kepala sekolah pun berperan memberi ruang sehingga guru aktif. Padahal menurut Maria sekolah harus siap berubah. menurut Maria. Collected by: Agus Saefudin. KTSP dan 2013. Ini serupa dengan arti kata dari bahasa Isa Ansori—guru mencari cara nyaman. sementara pada kurikulum 2013 dari tema lalu ke mata pelajaran. Dengan kata lain. materi.‖ terang Isa Ansori. apalagi sekarang ada sekolah Adi Wiyata Mandiri. saya melihat ada tiga aspek yang menjadi ruh setiap kurikulum. Padahal kalau dilihat inti dari KTSP. Kepala Sekolah. Harus kerja sama. egoisme guru selama ini bahwa mata pelajaran satu lebih penting dari yang lain. Materi KTSP maupun kurikulum 2013—katanya adalah penyederhanaan dari KTSP. dari pengamatan Maria. Materi. Sehingga tidak terjadi sekolah diprotes oleh orangtua. lebih lanjut dikatakan.‖ tandas Maria. pembelajaran sekolah di lokal. Karena pada saat materi itu penuh guru akhirnya akan mengajar satu arah lagi. Tidak beda dengan mencari cara yang nyaman. Lalu. dinasnya tak memiliki orientasi. butuh team work.20 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Persoalannya ‗kebebasan‘ yang diberikan kurikulum tidak mampu ditangkap oleh guru. Maria pun menyayangkan. ―Atmosphire. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . sudah mapan dan tak perlu lagi ada perubahan. Walaupun perbedaannya. S. ditekankannya bahwa menurut dia. Saya kira guru SMA paling berat team worknya. Dinas juga harus pro aktif.

menurut saya. S. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . guru lebih nyaman mengajarkan sesuatu yang sifatnya pilih yang paling gampang. ―Saya pikir inilah yang menjadi kekawatiran guru. ada tiga hal yang menjadi pijakannya dalam melihat kurikulum ini sesungguhnya untuk siapa. dia membayangkan saat itulah tepat untuk kembali pada pada kompetensi yang dimiliki guru dan sekolah dengan mengembangkan kecerdasan majemuk. proses belajar sekarang tidak boleh ada yang merasa lebih tahu. Lebih lanjut menurut pandangannya. yang ketiga. menurut Isa Ansori. Yaitu siswa didorong punya ketrampilan lebih dalam. Berikutnya. ―Lalu kurikulum 2006. saya kira tidak ada pengurangan.‖ tandas Isa. Dan 2013. justru jam guru lebih banyak dan guru tidak punya kesempatan untuk bermain-main dalam proses pembelajaran. tidak dilakukan oleh kawankawan guru. dalam proses pendampingan yang dilakukan sejak tingkat SD-SMA. lalu membuat indikatornya dan kemudian membuat evaluasinya. materi pembelajarannya. 2008. Yang pertama.Pd. ―Dan ini sebetulnya menjadi ruh dari KBK yang selama ini tidak berjalan. Ini yang saya pikir di kurikulum 2013. guru lebih nyaman dengan konsep pembelajaran yang satu arah. seolah -olah guru dianggap kemampuannya sama dengan siswa dan ini menjadi persoalan sendiri bagi guru.21 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Sikap Apatis Guru Pada kenyataannya. lanjut Isa Ansori. sehingga guru punya hak untuk menjadikan hitam-putihnya anak. tentu dikembalikan. Collected by: Agus Saefudin. ketika kurikulum 2004 dicanangkan. Dikatakannya. menurut pengalaman dan pengamatan Isa. Sebenarnya.‖ terang Isa yang pada kesempatan itu juga menceritakan pengalamannya dipecat dari sebuah sekolah lantaran metode pengajarannya yang dianggap nyleneh. 2013 ini bagian dari dekonstruksi otoritas guru. Ini yang harus dikembangkan oleh sekolah karena inilah inti dari kurikulum 2004 dan 2013. Tetapi semua tahu. sebetulnya kurikulum ini persoalan siapa? Inilah pertanyaan yang menurut Isa Ansori tidak kalah pentingnya. Karena berdasarkan kurikulum 2013 yang saya tangkap guru harus mengembangkan seluruh potensi dasar yang dimiliki oleh anak dan jam belajar dari 32 sekarang 38.‖ paparnya. Karena menurutnya kurikulum 2004 adalah wilayah otoritas guru. dari struktur kurikulum ini dirinya melihat ada potensi positifnya. Bahkan ada kekawatiran pendidik bahwa kurikulum 2004-2006. hanya berbeda satu sama lain. Kemudian yang kedua.

yang betul-betul memikirkan kurikulum dengan mencari informasi. Collected by: Agus Saefudin. Salah seorang peserta diskusi.Pd. Setiap ada perubahan kurikulum. kuncinya guru tersebut mampu ataukah tidak mencerna perubahan. ditegaskan Wahyu. kenyataan di lapangan. Kalau kita baca. Tinggal menyempurnakan. Surabaya membenarkan masalah rendahnya SDM guru. SDM-nya sulit menerima. Wahyu Subagyo SDN Airlangga I. ―Saya guru dan pada 1996 saya dipecat dari sebuah sekolah karena memberikan model pembelajaran yang berbeda dengan apa yang kebanyakan disampaikan kebanyakan guru waktu ini. CBSA. masuk KTSK juga masuk.‖ tandasnya. S. tahun 1999 dokumentasi itujadi sebuah panduan dan dibiayai ADB (Asian Development Bank. Semua kurikulum. ada paradigma yang berkembang saat itu. guru itu sulit menemui hal baru. Setidaknya. kurikulum 2013 ini KBK masuk. Intinya. dirinya pada 1997-1998 malah berkampanye dengan merekam dalam sebentuk dokumentasi tentang apa yang pernah dilakukannya. Padahal kalau kita telaah. Alhasil. Tetapi oleh kepala sekolah justru ditanya Pak Ansori ini mengajar apa mainan? Begitu kira-kira. Intinya. kita menutupi kurikulum-kurikulum sebelumnya.000 guru dan 1500 kepala sekolah se jatim.‖ Justru bermula dari pengalaman pahit itu. dari sebelumnya. ―Kenyataannya. KBK. Wahyu mengaku sudah mengalami 3 perubahan kurikulum. hal itu dari pengamatan selama 20 tahun mengajar di SD. Wahyu sendiri mempertanyakan objektivitas. Intinya bagaimana prosesnya lebih bagus. red) untuk melatih 28. inti dari yang saya tawarkan sebetulnya yakni bagaimana sekolah atau guru itu punya otoritas dalam kontek pembelajaran yang dilakukannya. sebagus apapun kurikulum.22 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet isa ansori ―Pengalaman saya dan teman. berapa prosen yang interest.‖ tutur Isa. KTSK.‖ ungkap Wahyu. ―Nah. masih menurut penuturan Isa. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Saya pikir saya harus beda. CBSA.

Tentu akan lebih baik lagi. jika pemerintah atau LSM dalam masa sosialisasi ke depan mengambil sampel beberapa orang guru. tergantung SDMnya. ―Sebetulnya di satu sisi guru ingin mengembangkan sikap siswa. Collected by: Agus Saefudin. nanti kan tahu sendiri. seperti saya bisa cari di internet.‖ katanya. lalu diantara tim itu harus ditentukan kompetensi dasarnya siapa yang penting?‖ Sebagaimana kurikulum sebelumnya.23 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet untuk ke sana sangat kecil. Ini Apatis.‖ katanya. Termasuk dengan menghadiri pertemuan-pertemuan ini. ―Bagi guru muda sadar IT. Di sisi lain ujian akhir ini beban dan kendala kita. sikap guru sebagian besar akan apatis. ―Mulanya. ―Problemnya tentu saja adalah apakah mereka mau duduk bareng untuk itu?‖ Sebab bila tidak demikian. juga menjadi dilema bagi guru dan pihak sekolah terkait penyelenggaraan Ujian Nasional (UN).‖ Lebih lanjut. Terlebih. Hanya bagaimana tanggapan kita di lapangan. cari tema yang sama. hal ini mengingat tidak semua guru merasa memiliki kepentingan terhadap informasi itu. ketika semua guru terbebani oleh 18 karakter untuk siswa sehingga semuanya mengajarkan hal itu. peserta lainnya. Ngagel Madya Surabaya. ―Alah. ―Mestinya. akan banyak sekali hal yang sia-sia seperti pengalaman proses pengajaran selama ini.Pd. Kurikulum 2013 ini selain masalah SDM. lanjut Wahyu. tantangannya adalah dalam bahasanya– team teaching-nya.‖ Demikian pula menurut Maria. ―Paling tidak seperti itu. dan enam bulan bukanlah waktu yang lama. berpendapat. informasinya juga lebih afdol. Kan bisa dibagi? Selama ini terjadi pengulangan yang buang-buang waktu. Tapi tidak semua guru punya kepedulian seperti ini. di lapangan kemungkinan besar guru sulit meninggalkan pandangan lama. Masalah Ujian Nasional Tantangan utama dari Kurikulum 2013 ini menurut Isa adalah pada kualitas komunitas guru atau guru KKG—guru serumpun dalam menentukan tema bersama untuk proses pengajaran. Wahyu meminta kurikulum terbarunya disosialisasikan secepat dan sebaik mungkin. S. Anatasia Lestari R dari SD Santa Clara. Dugaan Wahyu.‖ tandasnya. kepada pemerintah. Masih bercokol dalam benak mereka bahwa behaviorisme dalam pengajaran masih kuat. ―Tentu perubahan itu tantangan besar.‖ ungkap Anatasia Lestari. lalu silakan dikembangkan KKG masing-masing. Sementara itu. bagaimanapun perubahan kurikulum ini menuju lebih baik. Kami pun tidak hanya cari dari situs-situs. tapi juga menggali informasi. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara .

terintegrasi. Dua-duanya harus jalan.html diunduh Jum’at. Karakter itu wilayah sekolah. Apalagi kenyataannya. perubahan selalu dianggap menakutkan.‖ tandas Isa Ansori. Isa Ansori menjelaskan memang negara punya tanggungjawab karena mengeluarkan dana. ini perubahan luar biasa. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. jikapun ada kurikulum yang berubah 6 bulan sekali.com/2013/01/03/jemput-bola-kurikulum-2013-mental-guru-harus-berubah--516101. persoalannya lebih pada SDM. Dan sekolah punya otoritas juga. Sekolah boleh tidak meluluskan. sebetulnya itu langkah maju daripada Kurikulum 2013 yang bertahap dan dievaluasi setelah 3 tahun tersebut. Dan Kurikulum 2013 tidak butuh biaya tinggi. ―Tidak harus 3 tahun evaluasi. menurut Isa Ansori. Cukup sehari saja bisa cari dan dalami dari internet. [S. Dianggapnya UN seolah penentu. S. masyarakat harus membayar mahal. soal apapun tidak ada persoalan. Dengan pola pikir guru yang luar biasa seperti ini. Dengan kata lain. Pola guru yang siap berubah seperti itu. Masalahnya sekolah tidak mau repot. perubahan kurikulum tidaklah krusial karena kurikulum itu benda mati. padahal tidak. guru malah tidak bicarakan?‖ ungkap Isa. ―Pendampingan banyak dari pemerintah karena problemnya kalau di luar birokrasi agak itu sulit. memang sekolah terbebani prosentase kelulusan. Kita butuh guru yang setiap minggu bisa menawarkan perubahan. Hanya saja. menghadapi kurikulum 2013 ini. Seolaholah pemerintah itu segala-galanya. Pemprov Jatim yang lalu-lalu sudah melakukan pendampingan guru di sekolah.‖ jawabnya. guru senantiasa siap. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Mental guru seperti ini harus diubah. tidak perlu waktu 6 bulan sosialisasi. Tapi kreativitas guru sebagai tantangan. bagi yang tinggal dikota kota. Ditegaskannya. menurut Ansori. ―Kalau ada guru seperti itu.Pd. Bahkan. Seperti cari info kurikulum.24 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Terhadap hal ini. menjawab harapan Wahyu adanya guru-guru sampel yang perlu dilatih khusus. sehingga UN adalah wilayah Jakarta. setelah pelatihan. ―Saya kira itu tantangannya. kinerja guru juga kembali pada kemampuan seperti sebelumnya. apalagi guru muda pun bisa tertular virus guru tua yang suka kemapanan. dan sebulan cukup untuk memberi masukan uji publik.‖ tandas Isa. Yang kita butuhkan adalah guru yang ‗berani‖ melakukan yang terbaik untuk siswa. Melalui standar komisi. Guru yang bisa mengembangkan nalar.kompasiana. Tetapi masalahnya adalah dari beberapa uji publik ini. Jai] (Sumber: http://edukasi.

| SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . kurang fokus pada tema dan guna memenuhi ketuntasan kompetensi. tetapi sebetulnya sama. kegiatan pembelajaran dan penilaian. S. memegang peranan yang sangat penting.Pd. sebuah sistematika agar siswa tidak menerima materi yang meloncat-loncat. Dalam kerangka implementasi kurikulum 2013 di uji publik. temannya. dapat dicermati sebagai berikut: Pembagian alokasi waktu yang ―glondongan‖ disetiap minggu 35 menit x 30 jam pelajaran. 2013 Banyak kalangan pendidikan menyatakan ―Permasalahan mendasar kegagalan implementasi kurikulum ada pada proses pembelajaran di kelas‖. hanya objek dari materinya saja yang berlainan. seperti pada kompetensi dasar PPKn tertulis ―Menyajikan kebersamaan … dst‖ dengan indikator yang dipilih ada 3 dan sama semua. silabus akan disiapkan Kemendikbud dengan menyusun buku panduan guru. Kerunutan penyampaian kompetensi tersebut. Silabus sebagai pengej awantahan kurikulum agar guru melakukan proses pembelajaran di kelas. seperti ―Di dalam kelompok siswa menyebutkan alasan pentingnya mandi. Melihat contoh silabus yang diberikan di uji publik. walau pikirannya kemana-mana dan tidak bisa mengungkapkan lagi apa yang dibicarakan?! Ketidak sesuaian indikator dan kompetensi dasar. Guru mesti merancang pembelajaran yang runut untuk menyampaikan kompetensi disetiap harinya. Silabus yang disiapkan akan disusun berdasarkan tema dan berisikan kompetensi dasar. indikator. potong kuku dan gosok gigi karena aturan (paksaan eksternal) bukan tumbuh dari kesadaran kebutuhan kesehatan dirinya. tanpa dia mengenal terlebih dahulu elemen pembentuk karakteristik fisik dirinya. berpotensi membingungkan para guru. Itu berarti siswa bisa menjaga ketenangan dan duduk dengan baik pun akan dinilai baik. perlu dikhawatirkan. Indikator untuk setiap kompetensi dasar.25 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet 10 ALASAN KURIKULUM 2013 SULIT DIIMPLEMENTASIKAN By Holil On January 3. para siswa akan melakukan mandi. Collected by: Agus Saefudin. yang diuku r ―Bagaimana siswa bersikap dan mengambil sikap duduk dalam mendengarkan‖. Indonesia). Kalau memang kegiatan ini merupakan perwujudan dari kompetensi dasar PPKn ―Mengetahui tata tertib … dst‖. Indikator yang dibuat tertulis miskin variasi. Setiap kompetensi dasar belum secara holistik diukur pada domain sikap. keluarganya dan sebagainya. potong kuku dan gosok gigi‖ walaupun tidak ada kompetensi dasar yang dapat dikaitkan dengan kegiatan tersebut. alokasi waktu dan sumber belajar. Bagaimana mungkin siswa bisa membedakan karakteristik fisiknya dengan karakteristik orang-orang disekitarnya. yaitu ―Menyebutkan sikap kebersamaan … dst‖ Kegiatan pembelajaran dan penilaian yang tiba-tiba muncul. kebanyakan masih dalam satu ranah pembelajaran saja. ketrampilan dan pengetahuan. Terlihat jumlah indikatornya saja yang banyak. Misalnya: Kompetensi mendengarkan (B.

(Sumber: http://republikbelajar. 4 Januari 2013 pukul 13. bisa saja guru menetapkan bermacam-macam elemen penilaian. Dan lain sebagainya. Dengan demikian. dikhawatirkan implementasi kurikulum baru akan berakhir seperti kurikulum sebelumnya yang lebih mementingkan angka dari penilaian test. Kemendikbud perlu kerja keras untuk menuntaskan perubahan kurikulum ini.26 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Sebenarnya Kemendikbud sudah memiliki identifikasi dan melatih banyak guru tentang model-model pembelajaran. tak satupun model pembelajaran digunakan.Pd. Apabila elemen penilaian ini diserahkan kepada guru untuk merancangnya. Misalnya: Model belajar dengan Sing a Song yang kegiatan belajarnya siswa bernyanyi ―dua mata saya‖ disetai menunjukkan anggota badan yang sesuai. atau siswa berdoa mesti terharu dan sambil mengeluarkan air mata. Mari kiranya kita dukung bersama. Belum ada identifikasi tentang siapa yang menilai hasil belajar siswa. agar para guru sebagai garda terdepan implementasi kurikulum 2013. Di bagian ini bisa ditulis model-model pembelajaran dan kegiatannya di kelas. misalnya: Saat berdoa siswa tidak bicara dengan temannya. kegiatan setelah uji publik adalah sosialisasi dan pelatihan implementasi kepada para guru. Apalagi di kurikulum ini yang akan dinilai banyak berkaitan dengan sikap. S. Padahal bagian ini bisa digunakan sekolah untuk mengarahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas yang menyenangkan. elemen penilaian untuk mengetahui seberapa baik siswa sudah memiliki sikap khusuk dalam berdoa. benar-benar bisa merubah pelaksanaan pembelajarannya di kelas dengan lebih menyenangkan. semua pemangku kepentingan bisa terlibat dalam penilaian. Kegiatan pembelajaran belum mengidentifikasikan siswa bisa belajar dengan menyenangkan.10 WIB) Collected by: Agus Saefudin. tetapi dalam contoh silabus di uji publik. Apakah belajar itu hanya ada di sekolah? Tentunya tidak! Mengingat banyaknya ketidak-konsistensian dalam silabus yang ditawarkan. Contohnya. Mengapa? Dikhawatirkan pelatihan guru dan kurikulum ini tidak nyambung dan akhirnya guru sendirilah yang harus menyambungkan. mengingat sudah banyaknya pelatihan yang diberikan namun manfaatnya tetap seperti yang kita rasakan bersama. Terakhir doa disertai harapan kepada Tuhan YME. tidak mesti guru yang menilai. Menurut jadwal. karena perubahan kurikulum merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan dalam mengikuti perkembangan zaman. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Bagaimana mungkin ―Siswa terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar‖ hanya di nilai di sekolah saja. Padalah dalam penilaian otentik. Belum adanya elemen penilaian dari setiap kompetensi dasar. Mungkin dari pengalaman yang lalu perlu ada pembahuruan cara. tidak senyumsenyum sendiri. Terimakasih. Ada puluhan model pembelajaran.org/?p=541 diunduh hari Jum’at. Model belajar permainan Angin Bertiup dengan kegiatan belajarnya siswa berpindah bila karakteristik individu yang disebutkan guru ada pada dirinya.

Hasilnya. semangat dan lain sebagainya. Penyebutan ranah pembelajarannya pun selalu dimulai dari sikap. Kita adalah bagian dari sistem dan masyarakat seperti itu. bisa jadi momentum untuk memperbaiki sikap. industri dan masyarakat). menyajikan dan kata sejenisnya di depan kata karakter tersebut (lihat kompetensi dasar baru yang diciptakan). usahanya mesti amanah karena di dalamnya penuh dengan kebaikan. Jadi tidaklah mengherankan hampir semua komponen sistem yang ada di Indonesia. keberhasilan siswa selalu diukur dari benar tidaknya dalam mengerjakan soal. sebenarnya sudah memberikan peluang untuk guru memasukkan indikator ranah afektif (sikap). Pertama. tetapi sikap kita semua sebagai pengampu kepentingan pendidikan itu sendiri. dengan rancangan kurikulum baru ini. selalu diawali dari perbaikan sudut pandang pada diri kita masing-masing. sikap menjadi perhatian penting selain ketrampilan dan pengetahuan. sekarang kita bisa lihat dan baca diberbagai media. bukan hanya sikapnya siswa saja. membiasakan. Filosofinya berarti. sekolah. Kita jugalah yang mendorong anak-anak yang baik itu ke dalam permainan model seperti sekarang. Tentu dalam perbaikan sikap. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Kurikulum KTSP 2006. depdikbud. Pergantian kurikulum ini. sehingga para siswa (anak yang baik) pun fokusnya ke bagaimana menyelesaikan soal-soal tersebut.Pd. Oleh karenanya. pemerintah. Banyak sekali muatan sikap (untuk kualitas SDM terbaik Indonesia) ekplisit dijadikan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa SD/SMP/SMA. 2012 · Saya termasuk yang sangat senang. Perubahan yang selalu menghabiskan daya dan upaya yang keras dan berat. menunjukkan. tetapi tetap saja yang diberikan ke siswa lebih menonjol pengetahuannya. sikap yang salah bisa menjadi tidak jelas salah atau benar. percaya diri. Nilai angka yang tinggi membuat semuanya bangga. Saya yakin.27 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet KURIKULUM 2013. SYARAT DENGAN SIKAP By Republik Belajar On December 9. Yang lebih parah lagi. ―pergantian‖ memberikan pandangan perubahan. guru. Kenapa? Karena saat ini. terjangkit sikap-sikap yang jauh dari baik. Apalagi yang dimaksud sikap di sini bukan hanya istilah jujur. tetapi ada ―e mbel-embel‖ berprilaku. ketrampilan dan pengetahuan. Berikut sudut pandang awal sebagai fokus untuk pelaksanaan kurikulum baru secara maksimal. S. Ironis dan jangan salahkan siapa-siap. mereka juga rela terjerumus ke ―segala cara yang tidak halal‖ dalam upayanya mendapat nilai tinggi. dan yang benar justru dibuat jadi salah dan tersingkirkan. para insan pendidikan tidaklah mungkin tidak menyukai Collected by: Agus Saefudin. perubahan kearah yang lebih baik. orang tua. Mereka bersedia mendapatkan tekanan tinggi dan beban berat demi memenuhi keinginan pengampu kepentingan (dirinya.

Pada akhirnya saya hanya bisa berkata ―Wow…‖. sekolah. Pintar menjawab soal. S. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. melakukan dan merasakan situasinya. membuat prediksi. Kedua. Tentu Anak Indonesia bukan untuk dicetak menjadi ―generasi komentator‖. Kenapa tidak! Karena Indonesia sudah berani membuat langkah besar. bila memang kurikulum ini diberlakukan. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . tanpa mereka tahu bagaimana bersikap. yang akan terus mengembangkan siswa (anak kita semua) dari hari kehari menjadi lebih baik. Bahwa ini memberikan pandangan. kalau para pemilik proses pembelajaran (guru. (Sumber: http://republikbelajar. Bangkit mensejajarkan dengan negara maju. bicara teori. tanpa bersinergi untuk misi menjadikan siswanya lebih sukses darinya.org/?p=497 diunduh Jum’at. dan pintar dalam mencari-cari alasan. Arah dan cara belum tentu dituju dan dilakukan.28 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet perubahan. masukan yang begitu banyak diberikan masyarakat dalam pergantian kurikulum ini. Ketiga. Mereka adalah agen perubahan garda terdepan. depdikbud dan masyarakat/orang tua) masih menonjokan kepentingan masing-masing. Menyelamatkan generasi muda dari ―penjejalan‖ pengetahuan dengan seabrek hafalan. ―kurikulum‖ jelas hanyalah sebuah dokumen yang memberi kepastian ar ah dan cara bagaimana meluluskan siswa seefisien dan seproduktif mungkin.Pd. Menunjukkan begitu rindunya masyarakat terhadap peradaban budaya yang dilandasi sikap-sikap yang baik dan jauh dari kemunafikan. sebaik-baiknya kurikulum belum tentu berhasil dalam implementasinya.

Bayangkan bila mereka belajarnya dengan menderita. (Sumber: http://republikbelajar. diperparah dengan mayoritas guru dan orang tua menetapkan target keberhasilan belajar Anak yang sempit. minat dan bakat lain yang dimiliki Anak. Tanpa memperdulikan potensi. Karakter seorang Anak yang berbeda menjadi masalah bagi pihak sekolah dan Anak. dalam menemukan kecerdasannya. S. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . memicu potensi bakatnya.29 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet STOP! Belajar Dengan Menderita By Republik Belajar On November 9. seorang Anak harus dibantu oleh lingkungannya. pengkondisian agar seorang Anak merasa senang belajar. Tempat dimana seorang Anak merasa senang beraktifitas belajar. Pengambil kebijakan di sekolah masih cenderung untuk menyamaratakan standar kecerdasan Anak. karena ketertarikan dan keefektifitasan belajar Anak sangat dipengaruhi oleh kemasan pengajaran fasilitator yang fokus pada aktifitas Anak. Penyamarataan ini. Bahkan Howard Gardner mengemukakan “kecerdasan seseorang selalu berkembang (dinamis) yang menitik beratkan pada proses untuk mencapai kondisi akhir terbaik” Pernyataan ini mengajarkan untuk terus mempromosikan kemampuan atau kelebihan seorang Anak dan mengubur ketidak mampuan atau kelemahannya. 4 Januari 2013) Belajar Mengakui Kesalahan *) Collected by: Agus Saefudin. 2012 · Add Comment Bukankah seseorang harus belajar sepanjang hayat.Pd. Pada dasarnya setiap Anak memiliki kecerdasan yang tinggi. Salah satu upaya dengan adanya Zona Belajar Menyenangkan. Yaitu aktifitas untuk pembiasaan Anak menyelesaikan masalahnya sendiri (problem solving) dan menciptakan produk baru yang punya nilai budaya (creativity). Hal ini mutlak. Sangat banyak yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan faktor lingkungan guna meningkatkan kecerdasan seorang Anak. dan Anak bukan hanya tahu apa? tetapi juga bisa apa? Di Zona ini. yaitu aspek kognitif saja. dilakukan dengan menyamakan gaya mengajar fasilitator dan gaya belajar Anak. Menderita? ya! banyak Anak secara tidak disadari ―dicekam‖ berbagai beban orang dewasa yang berada dilingkungannya. Tentu.org/?p=170 diunduh hari Jum‘at.

‖ Sebagai orangtua. selain komunikasi yang asertif. Gilbert. Dari berbagai literatur diketahui bahwa di negara-negara demokratis. anak saya pulang ke rumah dengan muka terluka. Jawaban itu akhirnya saya peroleh dari Denis Waitley (1986) yang menulis ―Psychology of Winning‖ hasil studi Kassam. Begitu bertemu ibunya. Saya juga jadi mengerti. ―It‘s OK mommy. dan Wilson (Psychological Science. pada anak-anak selalu ditanamkan sikap-sikap pemenang. ia menangis sambil memeluk. April 2011). saya tentu kesulitan menjawab. Guru Besar FEUI.30 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Lima belas tahun yang lalu saat masih bersekolah di Amerika Serikat.org/?page_id=369 diunduh Jum‘at. *) Rhenald Kasali.‖ Saat kembali ke Indonesia ia suka protes. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . melainkan yang menjaga kehormatannya. it was my mistake. Seperti yang ditulis di Kompas. saya berpikir. Pendiri Rumah Perubahan. sementara di sini semakin banyak orang yang mengatakan ―bukan salah saya‖. I was wrong. mengapa anak-anak di dunia barat lebih sering mengatakan ―saya yang salah‖. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. S. Akan tetapi. anak-anak belajar dari orangtua dan orangtua belajar dari para pecundang yang tidak siap menerima kekalahan. Morewedge. ―Mengapa teman-teman aku suka tak mengakui kesalahan? Merekapun selalu mengulanginya. (Sumber: http://republikbelajar.Pd. Saya jadi mengerti mengapa Presiden Amerika Serikat yang kalah dengan gagah berani mengucap selamat kepada pemenang hanya sesaat setelah hasil polling mengumumkan kekalahannya. Seorang pemenang bukan otomatis memenangi persaingan.

melainkan karena menghormati kemenangan. S. (Sumber: http://republikbelajar. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. tetapi ragu-ragu bertindak. Sementara orang yang mengabaikan kehormatannya selalu merendahkan keberhasilan orang lain dan merasa lebih hebat dari siapa pun juga. Apa jadinya kalau generasi muda tidak dipersiapkan untuk menjadi pemenang? Bangsa yang kalah akan selalu curiga dan memusuhi bangsa-bangsa yang lebih hebat dan beranggapan bahwa ada peran faktor keberuntungan. Berbeda dengan pemenang yang argumentasinya kuat. Bangsa yang kalah mudah tersulut emosi. *) Rhenald Kasali. guru selalu mengingatkan bahwa pada akhirnya orang yang kalah bukanlah yang terpenjarakan atau tergusur dari kursinya. di sekolah anak saya dulu. Seorang pemenang selalu menghormati orang-orang yang lebih hebat dan mau belajar. tetapi disampaikan dengan lembut dan santun.Pd. Guru Besar FEUI. orang-orang yang kalah ―sibuk mencari alasan‖. menjaga kehormatan.org/?page_id=371 diunduh Jum‘at. Tak banyak pemimpin yang menyadari bahwa mereka menjadi ―bagian dari masalah‖ dan bukan solusi. Wajar bila mereka gemar mencegah agar orang berhasil. Padahal.31 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Orang Kalah *) Seingat saya. Seperti yang ditulis di Kompas. Ia dihormati bukan karena menang atau dicurangi. Pendiri Rumah Perubahan. Ketika seorang pemenang mencari cara ―bagaimana menyelesaikan‖ masalahnya. melainkan orang yang melempar kesalahannya kepada pihak lain. pemenang melihat keberuntungan sebagai buah dari kerja keras dan disiplin. Mereka menggunakan argumentasi omong kosong dengan nada keras.

Topik yang diangkat cukup hangat dan menarik. Kebijakan semacam ini jelas layak diapresiasi. Kemdiknas melakukan uji publik dengan melibatkan banyak kalangan. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . 5 December 2012 (02:12) | Pendidikan | 3.Pd. sehingga implemetasinya bisa lebih jelas. Akan tetapi. Melalui uji publik. terarah. khususnya para pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan. seingat saya dalam sejarah penyusunan draft kurikulum. @guraruID kembali mendaulat saya untuk menjadi narasumber dalam diskusi #GuraruTalk. yakni mencermati Draft Uji Publik Kurikulum 2013 yang telah dipublikasikan Kemdiknas melalui laman Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013. sehingga produk kurikulum yang dihasilkan bisa lebih representatif dan mengakomodasi harapan semua pihak. 3 Desember 2012. Untuk pertama kalinya.32 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Mencermati Draft Uji Publik Kurikulum 2013 Wednesday. Jadi.710 pembaca | 64 komentar | Print this Article Oleh: Sawali Tuhusetya S enin sore. Collected by: Agus Saefudin. dan aplikatif. setidaknya bisa menyentuh harapan arus bawah secara bottom-up. S. saran dan masukan dari berbagai kalangan diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mencapai tahap finalisasi. draft kurikulum tak hanya dirumuskan dari belakang meja secara top-down yang kemudian dipaksakan pelaksanaannya oleh para pelaku dan praktisi pendidikan.

Rencana penghilangan mapel TIK di SMP yang kemudian harus digunakan sebagai media dalam setiap mapel pada satu sisi memang menunjukkan sebuah terobosan yang menarik. Akibatnya. Rencana dihilangkannya TIK sebagai mata pelajaran tersendiri di SMP juga memancing banyak respon.Ketiga. capaian kompetensi peserta didik makin tak jelas dan terarah. Kedua.dihilangkannya TIK sebagai mata pelajaran di SMP dan digunakan sebagai media dalam setiap mata pelajaran. kebiasaan bongkar-pasang kurikulum yang dilakukan pemerintah. baik Dokumen I maupun Dokumen II (Silabus dan RPP). tetapi juga harus mampu menjawab tantangan. ―Perubahan kurikulum menunjukkan bahwa dunia pendidikan itu dinamis‖. munculnya kekhawatiran dan pesimisme ketidaksiapan guru dalam menyongsong sebuah perubahan. menjadi ―budaya‖ baru yang menggejala di kalangan guru dan kepala sekolah. saya termasuk orang yang setuju dengan perubahan kurikulum. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Jika Kurikulum 2006 terus dipaksakan pelaksanaannya. melainkan juga berbagai komentar yang muncul di laman Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013. Ketika Kurikulum 2006 sudah memasuki usia ke-7. Sudahkah semua guru disiapkan untuk mampu menggunakan Collected by: Agus Saefudin. Jika dunia pendidikan tidak ingin terjebak dalam stagnasi. Dengan diserahkannya penyusunan dan pengembangan kurikulum kepada satuan pendidikan. Jujur saja. semangat perubahan perlu terus dihembuskan. Beragamnya kompetensi guru di berbagai daerah dan wilayah. Standar Isi yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). kita tak tahu pasti bagaimana mutu pendidikan dan kualitas out-put-nya. membuat implementasi Kurikulum 2006 menjadi sangat rentan terhadap multitafsir. out-come-nya juga makin diragukan lantaran para lulusan yang lahir dari ―rahim‖ dunia pendidikan ―miskin‖ kompetensi dan gagap budaya. Imbas yang pasti muncul. memang sudah saatnya diubah dan dan direvisi agar selaras dengan semangat dan tantangan zaman.33 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Dari diskusi lewat akun twitter yang dimoderasi oleh @guraruID itu. perubahan kurikulum tak hanya perampingan materi ajar semata. Rekan-rekan sejawat dari ranah TIK tak sedikit yang mempertanyakan nasib mereka jika Kurikulum 2013 nanti benar-benar dilaksanakan. 23. 22. potensi genius lokal yang seharusnya muncul seiring dengan diterapkannya Kurikulum 2006 justru ―mati suri‖ karena menggunakan kurikulum sekolah atau daerah lain tanpa melalui proses adaptasi. Kita berharap. kopi-paste kurikulum. Tak hanya dalam diskusi #GuraruTalk. sehingga mutu kompetensi peserta didik sulit terstandarisasi. setidaknya ada tiga butir penting yang mencuat ke permukaan.Pd. begitulah tweet pertama yang saya munculkan untuk memantik ―aura‖ diskusi. Pertama. tetapi pada sisi yang lain juga menimbulkan pesimisme. dan 24. S. Sejak diluncurkan tahun 2006 melalui Permendiknas No.

Elemen Perubahan Deskripsi Struktur Kurikulum (Mata pelajaran dan alokasi waktu) (ISI) SD Holistik dan integratif berfokus kepada alam.Pd.34 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet TIK pada setiap mata pelajaran yang diampunya? Kalau guru tidak siap. Mereka harus paham benar tentang substansi kurikulum dan bagaimana mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran. Jika pengalaman pahit itu terulang. Sebagai gambaran. berikut saya kutipkan beberapa perubahan yang tampak mencolok dalam draft Kurikulum 2013. sikap abai terhadap upaya pemberdayaan guru berdampak serius terhadap kemajuan dunia pendidikan. semua guru yang tersebar di seluruh penjuru nusantara mesti benar-benar diberdayakan. Jauh sebelum Kurikulum 2013 ―diketok palu‖ untuk dilaksanakan. sosial dan budaya Pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan sains Jumlah matapelajaran dari 10 menjadi 6 Jumlah jam bertambah 4 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran SMP TIK menjadi media semua matapelajaran Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler Jumlah matapelajaran dari 12 menjadi 10 Jumlah jam bertambah 6 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran SMA Perubahan sistem: ada matapelajaran wajib dan ada matapelajaran pilihan Terjadi pengurangan matapelajaran yang harus diikuti siswa Jumlah jam bertambah 2 JP/minggu akibat perubahan pendekatan pembelajaran SMK Penyesuaian jenis keahlian berdasarkan spektrum kebutuhan saat ini Penyeragaman mata pelajaran dasar umum Produktif disesuaikan dengan tren perkembangan Industri Pengelompokan mata pelajarann produktif sehingga tidak terlau rinci pembagiannya Dasar Pemikiran Perancangan Struktur Kurikulum SD Collected by: Agus Saefudin. sebagai ―aktor‖ utama dalam implementasi kurikulum memang harus benar-benar disiapkan. jangan-jangan hanya akan memutar lagu lama yang membuat implementasi kurikulum jadi tersaruksaruk. bukan tidak mungkin Kurikulum 2013 akan mengalami stagnasi untuk kemudian terpuruk di tengah dinamika peradaban dunia. S. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Pengalaman membuktikan. Guru.

berjalan sendiri melampaui kemampuan berbahasa peserta didiknya seperti yang terjadi saat ini. Matematika. dll . mencoba. Olahraga dan Kesehatan . mencipta] semua mata pelajaran Menggunakan IPA dan IPS sebagai materi pembahasan pada semua mata pelajaran Meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 10 dapat dikurangai menjadi 6 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran: . S.IPS menjadi materi pembahasan pelajaran PPKn. kesulitan bagi bahasa Indonesia untuk mencari materi pembahasan yang kontekstual.Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran Menempatkan IPA dan IPS pada posisi sewajarnya bagi anak SD yaitu bukan sebagai disiplin ilmu melainkan sebagai sumber kompetensi untuk membentuk sikap ilmuwan dan kepedulian dalam berinteraksi sosial dan dengan alam secara bertanggung jawab. dll . Perbedaan antara IPA/IPS dipisah atau diintegrasikan hanyalah pada apakah buku teksnya terpisah atau jadi satu. mengolah.Pd. menanya. Bahasa Indonesia. Tetapi bila dipisah dapat berakibat beratnya beban guru.IPA menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia. dll Menambah 4 jam pelajaran per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian 3 4 5 6 7 8 Usulan Rancangan Struktur Kurikulum SMP No Komponen Rancangan Collected by: Agus Saefudin.35 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet No 1 2 Komponen Rancangan Berbasis tematik-integratif sampai kelas VI Menggunakan kompetensi lulusan untuk merumuskan kompetensi inti pada tiap kelas Menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran [mengamati. menyajikan. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara .Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani. menyimpulkan.

Mata pelajaran Pengembangan Diri diintegrasikan ke semua mata pelajaran IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies.TIK menjadi sarana pembelajaran pada semua mata pelajaran.Kesulitan dalam penyetaraan ijazah . mencoba. rasa ingin tahu. menyajikan. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . menyimpulkan. akan disusun berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki peserta didik SMP dalam ranah sikap. bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. menalar. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif. Bahasa Inggris diajarkan untuk membentuk keterampilan berbahasa Menambah 6 jam pelajaran per minggu sebagai akibat dari perubahan pendekatan proses pembelajaran dan proses penilaian 2 3 5 6 7 8 Isu Terkait Rancangan Struktur Kurikulum SMA No 1 Komponen Rancangan Apakah masih perlu penjurusan di SMA mengingat: . mengolah. tidak berdiri sendiri . sehingga diperlukan mata pelajaran pilihan dan mata pelajaran wajib 2 Collected by: Agus Saefudin.Dapat melanjutkan ke semua jurusan di perguruan tinggi Tanpa penjurusan akan menyebabkan mata pelajaran menjadi terlalu banyak seperti pada SMA Kelas X saat ini.Pd. keterampilan.36 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet 1 Sama dengan SD. menanya. dan pembangunan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam. mencipta] semua mata pelajaran Meminimumkan jumlah mata pelajaran dengan hasil dari 12 dapat dikurangai menjadi 10 melalui pengintegrasian beberapa mata pelajaran: . kemampuan belajar. pengembangan kemampuan berpikir. dan pengetahuan Menggunakan mata pelajaran sebagai sumber kompetensi dan substansi pelajaran Menggunakan pendekatan sains dalam proses pembelajaran [mengamati.Sudah tidak ada lagi negara yang menganut sistem penjurusan di SMA .Muatan lokal menjadi materi pembahasan Seni Budaya dan Prakarya . S.

terutama menulis dan membaca dengan cepat dan paham Perlunya meningkatkan tingkat abstraksi mata pelajaran Perlunya membentuk kultur sekolah yang kondusif 5 6 7 8 9 Isu Terkait Rancangan Struktur Kurikulum SMA No.37 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet 3 Perlunya memberi kesempatan bagi mereka yang memiliki kecerdasan di atas ratarata untuk menyelesaikan lebih cepat atau belajar lebih banyak melalui mata pelajaran pilihan Perlunya ujian nasional yang lebih fleksibel [dapat diambil di kelas XI] Perlunya integrasi vertikal dengan perguruan tinggi Perlunya memperkuat pelajaran bahasa Indonesia. S. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . 1 Alternatif Penjurusan Mulai Kelas X Kelebihan Ada pengurangan pelajaran di Kelas X yang dianggap memberatkan Implementasi mudah karena tidak banyak berbeda dengan yang ada Peserta didik dapat berkonsentrasi penuh mempelajari bidang tertentu Kekurangan Peminatan ditetapkan berdasarkan hasil belajar sebelumnya (Rapor/UN SMP. Tes Penempatan/Tes Bakat) Menimbulkan stigma jurusan tertentu lebih unggul Masih ada Penjurusan yang sudah tidak ada padanannya di dunia Perlunya membedakan mata pelajaran untuk persiapan ke perguruan tnggi dan untuk memenuhi rasa ingin tahu saja Memerlukan administrasi akademik yang baik Proses bimbingan harus 2 Berdasarkan Minat pada Pendidikan Lanjutan Pemilihan mata pelajaran berdasarkan minat ke pendidikan lanjutan Memungkinkan untuk memilih mata pelajaran pada bidang yang berbeda Tidak harus mengambil mata pelajaran yang tidak disukai Collected by: Agus Saefudin.Pd. termasuk sastra.

Pembagian keahlian yang terlalu rinci sehingga mempersulit pelaksanaannya di lapangan 2 3 4 5 6 7 8 Dari sisi konsep. tetapi juga cerdas emosi. Kesimbangan hard skill/competence dan soft skill/competence Perlunya membentuk kultur sekolah yang kondusif. sosial.38 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet efektif. Hal itu tampak dengan terintegrasikannya nilai-nilai karakter ke dalam Collected by: Agus Saefudin.Pd. draft Kurikulum 2013 cukup ideal untuk mampu melahirkan generasi masa depan yang tidak hanya cerdas otaknya. dan spiritualnya. S. Sistem UN harus diubah 3 Non penjurusan (SKS) Siswa belajar mata pelajaran yang sesuai dengan minatnya Tersedia pilihan mata pelajaran untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau untuk sekedar ingin tahu Idem diatas [tetapi lebih kompleks lagi] Isu Terkait Kurikulum SMK No 1 Isu Ujian nasional sebaiknya tahun ke XI sehingga tahun ke XII konsentrasi ke ujian sertifikasi keahlian Bidang keahlian yang belum sesuai lagi dengan kebutuhan global Penambahan life and career skills [bukan sebagai mata pelajaran] Perlunya melibatkan pengguna [industri terkait] dalam penyusunan kurikulum Pembelajaran SMK berbasis proyek dan sekolah terbuka bagi siswa untuk waktu yang lebih lama dari jam pelajaran. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara .

dan masyarakat juga akan mampu mendekatkan peserta didik pada kultur masyarakat dan bangsanya. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. Nah. S.Pd. khususnya guru. hingga tindak lanjutnya. mulai dari penyusunan rencana pembelajaran. Akibatnya. draft yang bagus hanya akan berada pada tataran konsep apabila tidak diimbangi dengan pemberdayaan para pemangku kepentingan pendidikan. Hanya dengan memberdayakan pemangku kepentingan utama implementasi kurikulum dapat berlangsung seperti yang diharapkan. mutu pendidikan tidak bisa terstandarkan. Saya pribadi berharap. Meskipun demikian. dari aras konsep. Berkaca dari pengalaman itu. analisis. Kita sudah memiliki pengalaman yang cukup pahit ketika KBK diterapkan. lingkungan sekolah.info/2012/12/05/mencermati-draft-uji-publik-kurikulum2013/ diunduh Jum‘at. bukan lagi menjadi sebuah tempelan seperti dalam Kurikulum 2006.39 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet proses pembelajaran. draft Kurikulum 2013 sangat tepat diterapkan ketika dunia pendidikan kita tengah mengalami ―gagap budaya‖. Guru yang selama ini diabaikan benar-benar tak berdaya ketika harus menafsirkan standar isi ke dalam rencana pembelajaran untuk kemudian diimplementasikan ke dalam pembelajaran. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . selamat menyongsong perubahan! *** (Sumber: http://sawali. idealnya guru harus dijadikan sebagai ―aktor utama‖ dalam implementasi Kurikulum 2013. pelaksanaan pembelajaran. Sekali lagi. Mereka harus benar-benar disiapkan secara matang. draf Kurikulum 2013 yang cukup ideal ini bisa melalui uji publik yang representatif sehingga mampu mengakomodasi kehendak dan harapan banyak pihak. Model kopi-paste pun menjadi budaya baru di kalangan guru akibat ketidaksiapan mereka dalam menerapkan standar isi. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan mengajak siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan baru berdasarkan pengalaman belajar yang mereka dapatkan dari kelas. penilaian.

Ustad Umar memang sengaja melatih santri-santri nya agar terampil berbicara di depan umum. tentunya kami membahas satu topik yang sedang hangat-hangatnya diberitakan di media massa. Yaitu mengenai ―Bedah Kurikulum Tahun 2013. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Sekolah Menengah Pertama. Jika biasanya yang menjadi moderator adalah Ustad Umar Abdullah (direktur Pesantren Media). salah satu santri Pesantren Media tingkat 1 SMA. psikomotorik melalui penilaian berbasis test dan portofolio saling melengkapi. Namun Pesantren Media tidak terlalu pusing dengan perubahan kurikulum ini. Sekolah Menengah Atas. dan yang menjadi notulen adalah Ahmad Khoirul Anam. 5 Desember 2012 Pesantren Media kembali mengadakan dikusi aktual. Pesantren Media mengambil topik tersebut karena dinilai sedang aktual dan dianggap sangat penting terutama bagi para siswa yang akan mengalaminya. selain melatih keberanian juga dapat melatih rasa percaya diri. Mencetak da‘i di bidang media.‖ Seperti yang diberitakan (ANTARA News) – Pemerintah akan mengubah kurikulum Sekolah Dasar. Sudah kedua kalinya diskusi aktual ini dipimpin oleh salah atu santri. Collected by: Agus Saefudin. Sama seperti minggu-minggu sebelumnya. REPORTASE Liputan Khusus Diskusi Aktual Pesantren Media Rabu. Diskusi aktual kali ini sedikit berbeda dengan biasanya. serta Sekolah Menengah Kejuruan dengan menekankan aspek kognitif. 7 DESEMBER 2012 IN PERNIK. 5 Desember 2012 Rabu. Itulah Pesantren Media. S. diskusi aktual ini diadakan di lantai dasar Pesantren Media dengan diikuti seluruh santri Pesantren Media.Pd.40 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet ―Bedah Kurikulum Tahun 2013″ BY ADMIN ON JUMAT. afektif. Pada diskusi kali ini. maka kali ini yang menjadi modertor nya adalah Hawari. karena Pesantren Media sudah lebih dulu menggunakan kurikulum tersebut.

‖ Jika biasanya Ustad Umar selalu memberikan pendahuluan atau kalimat pengantar sebelum memulai Diskusi. dan apa tujuan mengganti kurikulum ini?‖ Dua pertanyan ini berasal dari Novia. ―Alhamdulillah kita bisa kembali ketemu dalam acara Diskusi Aktual tanggal 5 Desember 2012. ―mengapa bisa terjadi pembedahan kurikulum ini?‖ Ini adalah pertanyaan dari Wigati. Ternyata hanya dua orang yang terlihat mengangkat tangannya. ia tidak tahu harus mendahulukan dengan apa. ―Angkat tangannya ikhwan yang mau bertanya!‖ Perintah sang moderator. ―Apa pengaruhnya jika kurikulum ini tidak diganti?‖ Seluruh pertanyaan dari santri akhwat sudah selesai dibacakan. ―Pelajaran IPA dan IPS di SD kan rencananya akan dihilangkan. ―Silahkan angkat tangannya yang mau bertanya!‖ Perintah Hawari. Jenjang 1 SMA. Dimulai dari santri akhwat. S. santri asal Bogor jenjang 1 SMA.Pd. Tak tahu berapa persisnya. Diskusi pun langsung dimulai dengan sesi pertanyaan. Kemudian Diskusi Aktual pun dilanjutkan dengan sesi Collected by: Agus Saefudin. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dari Neng Ilham. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Hawari tidak memberikan pengantar apapun.41 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Diskusi pun akhirnya dimulai. Kalimantan Barat. sang moderator. yang merupakan santri jenjang 2 SMA. ―Apa yang salah dengan pelajaran IPA?‖ Ini adalah pertanyaan dari Ira. Maklumlah. ―Bagaimana pemerintah memndang hal ini?‖ Semua pertanyaan pun sudah dibacakan. santri asal Siak. Kemudian pertanyaan pun dibacakan dimulai dari pertanyaanku sendiri. yang juga merupakan salah satu santri jenjang 2 SMA. ―Apakah perubahan kurikulum ini ada hubungannya dengan Islam. Kemudian pertanyaan pun dibacakan satu per satu. Namun keberanian dan kepercayaan dirinya menjadi seorang moderator patut dihargai. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan Yusuf santri asal Sukabumi jenjang 1 SMP. baru pertama jadi moderator. dan kali ini kita akan membahas tema tentang ‗Bedah Kurikulum Tahun 2013‘. Aku adalah santri yang berasal dari Sanggau. ―Apa saja perubahan kurikulum yang terjadi pada tahun 2013 nanti?‖ Itulah pertanyaanku. terus nanti di SMA jurusannya apa. apakah akan diganti juga atau bagaimana?‖ Pertanyaan yang bagus dari Mayla. Terlihat beberapa santri mengangkatkan tanganya. yaitu Yusuf dan aku sendiri (Ahmad Khoirul Anam). Hawari membuka diskusi ini dengan membaca Hamdalah. Terhitung ada 7 pertanyaan yang harus dijawab dan didiskusikan. namun sepertinya tidak terlalu banyak. Diskusi pun dilanjutkan dengan membacakan pertanyaan dari santri ikhwan.

Pd. bahasa dan lain-lainnya. yaitu pertanyaan dari Mayla. karena nantinya akan lebih kearah penalaran dibanding hafalan. atau tidak ada yang mau menjawab.‖ Ujar Hawari sang moderator yang merasa kesulitan menjawab. seharusnya mereka juga mempersiapkan rencana selanjutnya kepada SMA yang mungkin seperti yang dijelaskan oleh Ustadzah Lathifah Musa bahwa yang SMA pelajarannya lebih ke arah pendalaman. seperti pelajaran kerangka. misalnya buku-buku paket. Dan memang tidak ditemui banyak manfaatnya jika anak SD diajari pelajaran IPA yang terlalu berat. atau sesi diskusi. namun jelasnya jurusannya seperti apa saya sendiri belum tahu. Sehingga diskusi pun dilanjutkan kembali dengan mendiskusikan pertanyaan selanjutnya. Oleh karena itu. seperti yang pernah dijelaskan oleh Ustadzah Lathifah Musa saat pelajaran Membaca Fakta. jadi apa yang telah diajarkan di SD dan di SMP lebih didalami di SMA. karena saya bukan yang merancang. memangnya mau jadi dokter tulang. mengenai penghapusan mata pelajran IPA dan IPS yang berhubunagn dengan jurusan SMA nanti. Ustad Oleh yang juga mengikuti diskusi ini pun terlihat mengangkat tangannya. sementara akhlaq nya belum diperbaiki. ―ada yang mau menambahkan. S. ―Kalau menurut saya. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . pertanda ia mau menambahkan. Karena perubahan itu terkait banyak hal nantinya. bahwa kurikulum ini nantinya tidak akan membebani masyarakat dan juga gurunya. Tidak ada yang mengangkat tangannya. misalnya pada pelajaran PKn. ―Siapa yang mau jawab. Matematika. Ustad Oleh menambahkan. meskipun nantinya buku-buku ini akan disediakan oleh pemerintah. bahwa menurut pengamtannya dan juga yang beredar di beberapa media massa. Dan pertanyaan yang pertama dijawab adalah pertanyaan dari Ira. Karena tidak ada yang terlihat mengangkat tangannya.‖ Itulah pendapat yang disampaikan Hawari. ―Apa yang salah dengan pelajaran IPA?‖ ―Ada yang bisa jawab.‖ Tambah Hawari. Dan untuk jurusan di SMA nya Ustad Oleh mengaku bahwa Collected by: Agus Saefudin. Masak anak SD disuruh belajar tulang-tulang. pelajaran IPA di SD itu seperti tidak ada manfaatnya. karena saya bukan ahli pendidikan jadi saya tidak tahu harus ngomong apa. pemerintah ingin lebih memfokuskan pada pelajaran budi pekerti. yang dipelajari terlalu banyak. angkat tangannya!‖ Hawari bertanya terlebih dahulu sebelum langsung dijawab olehnya. karena secara otomatis jika mereka merencanakan penghapusan pelajaran IPA dan IPS pada SD dan SMP. tulang-tulang. untuk mengubah secara maksimal kurikulum ini.42 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet menjawab pertanyaan. jadi kalau mau tahu lebih lanjut silahkan tanya kepada perancangnya. tidak cukup hanya dalam satu tahun. Beliau juga menambahkan bahwa pelajaran IPA dan IPS memang akan dihilangkan. Dan menurutnya. akhirnya Hawari sebagai Moderator berusaha menjawab menurut apa yang ia ketahui. sepertinya tidak ada yang mau menambahkan atau bertanya. tapi substansinya tetap ada pada pelajaran lain. Mendengar jawaban dari Hawari. Dengan bingung Hawari menjawab. ―Yang jelas saya bukan perancangnya ya.‖ Itulah sedikit penjalasan dari moderator.

―Sebenarnya rencana kurikulum 2013 sudah bagus.‖ Itulah jawaban dari Hawari mengenai hubungan Islam dengan Kurikulum. ―Ada yang bisa jawab? angkat tangannya!‖ Tidak ada yang terlihat mengangkat tangannya. walaupun bisa SMS. menuntu ilmu itu wajib. menulis. Selanjutnya menjawab pertanyaan dari Novia. sehingga yang ditekankan nantinya adalah CALISTUNG. maka kurikulum itu harus diganti. Ternyata Ustad Umar juga menambahkan sedikit. Jadi. Beberapa menit kemudian. Collected by: Agus Saefudin. lihat aja di facebook. Dan dari segi itu lah. menghitung. yaitu mengenai pendalaman pelajaran pada SMA nanti. yaitu mengenai tujuan digantinya kurikulum. Sehingga saat kurikulum itu salah. Kemungkinan besar tidak ada penjurusan. dan baru di Universitas nanti mereka bisa memilih apa yang akan didalami. S. Moderator langsung menjawab pertanyaan dari Novia tersebut. akhirnya tulisannya kayak anak-anak alay. Sehingga IPA dan IPS akan digabungkan ke pelajaran lainnay seperti Bahasa dan PKn. Ia hanya membenarkan seperti yang dikatakan Hawari tadi. yaitu karena ada beberapa penyebab seperti yang sudah disebutkan tadi. yaitu mengenai hubungannya dengan Islam. dan apa tujuan digantinya kurikulum ini.Pd. sekarang ia menjawab sebagai peserta. nanti SMA itu benar-benar akan lebih mendalami IPA dan IPS itu. membaca. Apabila pendidikan yang diberikan kepada anak-anaknya itu salah. ―Tadi sepertinya sudah dijawab kan. Dan mengenai jurusan di SMA tadi. membaca menulis dan menghitung. Dan Matematika juga kebanyakan hanya hafalin rumus. ―Kalau hubungannya dengan Islam pasti ada ya. karena sang moderator perlu ke kamar mandi. Nah jadi jelas sekali bahwa ini ada hubungannya dengan Islam. tidak tahu gunanya apa. Tanpa menawarkan pertanyaan itu kepada kami. diskusi pun kembali dilanjutkan. dan sudah menjadi tanggung jawab orang dewasa untuk mendidik anak-anaknya. Karena sekarang ini kan banyak anak-anak yang tidak bisa menulis. yaitu anak-anak SD dikembalikan pada keterampilan CALISTUNG.43 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet dirinya juga tidak terlalu tahu mengenai hal itu. maka kurikulum 2013 itu bisa dikatakan bagus. Kemudian diskusi pun berhenti sejenak. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Lalu dilanjutkan pertanyaan yang kedua dari Novia. Ada yang mau menambahkan?‖ Tanya moderator kepada peserta lainnya.‖ Itulah jawaban sekaligus tambahan dari Ustad umar. Kalau biasanya ia menjawab sebagai moderator. Dan Pramuka juga nantinya akan dijadikan pelajaran wajib. maka itu tentunya akan menjadi sesuatu yang harus dipertanggung jawabkan di hadapan Allah. dan banyak juga hadits-hadits dari Rasulullah yang menyruruh kita untuk menuntut ilmu. begitu juga dengan pelajaran bahasa akan lebih ditekankan. karena Islam itu memerintahkan agar umatnya berpendidikan. karena Islam memrintahkan kita untuk menuntut ilmu. Bahkan di dalam Islam.

‖ Hawari menjawab dengan singkat. tapi disatukan ke pelajaran lainnya. Ya. Masih tersisa dua pertanyaan lagi yang belum terjawab. maka diskusi dilanjutkan ke pertanyaan selanjutnya. mengenai kenapa bisa terjadi pembedahan kurikulum. Ada yang mau menambahkan?‖ Ternyata tidak ada yang mau menambahkan. Ustad Oleh menambahkan sedikit mengenai diskusi kali ini. Hawari sebagai moderator langsung menjawab. jadi setiap anak akan mendapatkan soal-soal yang berbeda. karena tidak ada yang mau menambahkan. ―Mata pelajaran yang diganti diantaranya IPA dan IPS. akhirnya semua pertanyaan pun telah berhasil terjawab. dan dianggap terlalu berat.‖ Karena pertanyaan Wigati juga sudah terjawab di depan tadi. S. Ya. mengapa mempertimbangkan untuk perubahan kurikulum 2013?‖ Kemudian Hawari juga menambahkan. sehingga ketika pulang kita punya jawaban kenapa membahas masalah ini? jadi karena Collected by: Agus Saefudin. Diskusi dilanjutkan dengan pertanyaan dari Neng Ilham. Diskusi pun dilanjutkan dengan pertanyaan dari aku sendiri. ―jadi saya berharap dengan diskusi itu.‖ singkat sekali jawaban dari Hawari. Memandang hal apa? Kan yang buat kan pemerintah sendiri. itu kan membuktikan bahwa pendidikan di Indonesia perlu dibenahi. Ya. seperti yang sering terjadi sekarang bahwa masih sering terjadi tawuran-tawuran. maka tidak dijawab kembali. tak terasa sudah 6 pertanyaan yang terjawab. yatiu pengaruh jika kurikulum tidak diganti. karena pada satu ruangan itu terdapat 20 paket. Mungkin pertanyaannya adalah. ―Saya memiliki jawaban dari pertanyaan Yusuf. ditambah lagi karena materi pelajaran yang banyak. katanya sih nanti ujian akan dilakukan tanpa pengawas.44 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet Jadi karen pertanyaan ini sudah dijawab di depan tadi. yaitu pertanyaan dari Wigati. ―Saya rasa jika tidak diganti. didapatkan jalan keluar dari pembahasan. ―Tadi sudah dijawab kan. terutama budi pekertinya. dan juga masalah ujian. terutama pelajaran IPA dianggap tidak sesuai untuk anak SD. pendidikan Indonesia akan terus menerus dalam keterpurukan. Namun sebelum sang moderator menutup diskusi ini.Pd. jadi pertanyaan ini langsung dilewat saja dan sudah dianggap terjawab. tinggal satu pertanyaan lagi dari yusuf. yaitu mengenai apa saja perubahan kurikulum yang terjadi pada 2013 nanti. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . ―bagaimana pemerintah memandang hal ini?‖ Ustad Oleh pun berkomentar. saya pemerintah memandang ini baik-baik saja. yaitu pertanyaan dariku dan dari Yusuf. Saya rasa begitulah. Yaitu karena kurikulum sekarang. dan sebenarnya tidak dihapuskan. ―jadi pertanyaannya ini belum jelas.

[Ahmad Khairul Anam. itulah kurikulum. termasuk Ustad Oleh dan Ustad Umar. pendidikan di Pesantren Media itu patut di contoh ya. Jadi kurikulum itu adalah rangkaian pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik untuk membentuk target pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. 4 Januari 2013) Collected by: Agus Saefudin. nggak boleh orang Islam itu nggak bisa baca.com/2012/12/bedah-kurikulum-tahun-2013/ diunduh Jum‘at. Billahitaufik walhidayah.‖ Dan saya sebagai notulen juga mohon maaf jika ada penulisan dan informasi yang salah. tawanan-tawanan Perang Badar itu diwajibkan mengajarkan minimal 10 orang anak atau orang yang belum bisa baca sebagai tebusannya. (Sumber: http://mediaislamnet. Wassalamualikum warah matullahi wabarakatuh.‖ Lanjut Hawari dengan candanya.45 Kurikulum 2013_Diskusi dari Internet ini memang penting bagi kita. ternyata pemerintah itu meniru Pesantren Media ya. kesimpulan akhir saya. Kemudian sebelum ditutup ternyata Ustad Umar juga mau menambahkan sedikit. kemudian pengetahuan-pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh seseorang dalam kehidupannya. santri kelas pertama SMA di Pesantren Media] Catatan: tulisan ini adalah sebagai tugas menjadi notulen pada diskusi. ―Jadi menurut pemerintah. kurang lebihnya saya mohon maaf sebesarbesarnya. ‖Sekian dari saya. keimanannya kuat dan memiliki keilmuan. S. dengan permohonan maaf dan salam. Akhirnya Diskusi pun kali ini berakhir. ― Itu adalah sedikit tambahan dari Ustad Umar. karena membaca adalah hal yang paling dasar. seperti membaca al-Qur‘an dan sholat. Jadi solusinya itu kembali kepada Islam.‖ Ujar Hawari dengan penuh canda. dan Islam yang akan di tawarkan kepada masyarakat dari diskusi ini. ―tadi ada yang bertanya nggak mengenai apa itu kurikulum. Jadi kurikulum yang ada di dalam Islam itu dikuatkan pada Akidah Islam.Pd. pada zaman Nabi Muhammad. Hawari pun mengakhiri Diskusi ini. bahwa sejak dulu Islam sebenarnya sudah memiliki kurikulum yang jelas tentang pendidikan. Wassalamualaikum warah matullahi wabarakaatuh. dan kurikulum tersebut bertujuan untuk mengantarkan masyarakat yang akhlaqnya bagus. Jadi secara dasar rencana kurikulum 2013 itu sebenarnya sudah dilaksanakan oleh Pesantren Media sejak 2 tahun yang lalu. Bahkan dulu. Dan kita patut apresiasi bahwa pemerintah telah menyadari kesalahannya. agar bisa menjadi bagus. ―Baik. dan menulis. kemudian berhitung. | SMK Negeri 2 Bawang Banjarnegara . Jadi. Semua peserta pun tertawa mendengar ucapan Hawari barusan. karena kita memiliki kejelasan mengenai Islam.‖ Itulah sedikit tambahan dari Ustad Oleh.