1

PENULISAN TINJAUAN PUSTAKA / LITERATURE REVIEW
FE SIAGIAN '... a literature review uses as its database reports of primary or original scholarship, and does not report new primary scholarship itself.” Cooper Pendahuluan Tinjauan dengan terhadap yang kepustakaan akan dibahas yang atau relevan diteliti materi

merupakan keharusan dalam upaya menuliskan suatu tinjauan kepustakaan. Dasar penulisan bisa berupa data empiris, teoritis, telaah kritis/analitis atau metodologis. Penulisan tinjauan pustaka adalah untuk menjelaskan, menyimpulkan, mengevaluasi atau bahkan mengklarifikasi sesuatu hal/masalah dengan atau tanpa terintegrasi dengan bahan pustaka dasar yang menjadi acuannya. Tinjauan pustaka yang ditulis dengan baik dan dilakukan dengan telaah mendalam menjadi terhadap acuannya dalam hasil adalah dan keseluruhan Tinjauan suatu sebagai penelitian bahan pustakan yang

jelas memiliki mutu ilmiah yang tinggi. pustaka menjadi bagian penting laporan mendukung yang proposal karena latar maupun tujuan penulisan utama yang akan

penulisannya

belakang mengenai

menjelaskan

permasalahan

dihadapi.

Text specimen belongs to dr FE Siagian

Tinjauan pustaka dibidang kedokteran / biomedis telah berkembang luar sangat maju. Menurut Hart (1998).2 Tulisan dibawah ini akan mengulas mengenai prinsip dan kaidah penulisan ideal suatu tinjauan pustaka. Makalah tinjauan Text specimen belongs to dr FE Siagian . Prinsip Penulisan Tinjauan teks yang pengetahuan Kebanyakan pustaka terkini topik merupakan untuk dalam rangkaian / topik berupa tulisan / bertujuan mengulas suatu pustaka membahas tertentu. Microbiology and Molecular and Biology Review mengkhususkan diri dalam penerbitan malakah-makalah tinjauan pustaka yang bermutu. Beberapa jurnal kedokteran negeri (contoh Clinical Microbiology review. diketahui penulisan penelitian ide. prinsip penulisan tinjauan pustaka adalah terletak pada seleksi terhadap seluruh data / dokumen yang tersedia ( sudah ataupun belum dipublikasi ) mengenai suatu topik yang mengandung informasi. yang yang tersebut guna dituliskan dalam bentuk / format tertentu untuk memenuhi kriteria telah ada ditetapkan / telah menjelaskan mengenai sesuatu hal/masalah serta bagaimana / sejauh mana dilakukan masalah tersebut. data atau Hasil bukti seleksi yang layak untuk pembaca. serorang pakar metodologi penulisan tinjauan pustaka. tulisan tinjauan berorientasi ilmiah seperti tesis atau menjadi bagian suatu proposal penelitian atau laporan hasil penelitian.

Menurut Bourner (1995) terdapat sejumlah alasan mengapa penulisan tinjauan pustaka menjadi begitu penting. penulisan tinjauan pustaka proposal sehingga pustaka menjadi maupun pada bagaian laporan suatu bagian penting hasil. menghemat waktu dan menghindari terulangnya kesalahan yang sama) melanjutkan dari titik dimana pernah dicapai / dikerjakan sebelumnya oleh orang lain (dengan melakukan tinjauan kepustakaan memungkinkan seseorang untuk membangun kerangka cara berpikir terhadap pengetahuan / ide yang sudah ada / terbentuk) 4. mengidentifikasi kepustakaan mencegah terulangnya kesalahan yang sama (sebab penelusuran kepustakaan yang baik yang dilakukan sebelum melakukan suatu penelitian akan 3. Dalam suatu tahap penelitian. diantaranya: 1.3 pustaka yang dimuat dalam jurnal tersebut srringkali ditulis dengan menggunakan puluhan bahkan ratusan judul makalah ilmiah bermutu dari berbagai sumber sebagai bahan acuan/referensi. 2. mengidentifikasi orang lain yang mungkin juga sedang menegerjakan hal-hal lain pada bidang kesenjangan / gap dalam Text specimen belongs to dr FE Siagian . bab dari penulisan pentingnya tinjauan menunjukkan Begitu pemotongan mengenai penelitian berkurangnya elemen utama dalam penelitian tersebut.

tinjauan pustaka Methods. 6. 9. bagian ada metodologi selama dapat ditekankan. sama (jejaring/network wawasan dalam antar peneliti yang merupakan sumber yang berharga) memperdalam sedang diteliti mengetahui penelitian awal yang menjadi dasar apa yang sedang dikerjakan menyusun sedang konteks intelektual sehingga pada apa yang dikerjakan memungkinkan dikerjakan bidang untuk meletakkan apa yang sedang lain pada bidang yang sama 8. saja dalam terlalu tidak Result pustaka yang Discussion. tinjauan bagian juga mengikuti and kaidah IMRAD: Hanya Introduction. mengidentifikasi metode yang mungkin relevan dengan apa yang sedang dikerjakan Seperti umumnya kaidah penulisan ilmiah. 7. Sedangkan kesimpulan juga bukan menjadi harus tidak dilakukan dengan penelitian sendiri.4 yang 5. dalam konteks relatif terhadap pekerjaan orang mengidentifikasi sudut pandang / pendapat yang berbeda terhadap apa yang sedang dikerjakan menempatkan apa yang sedang dikerjakan dalam perspektif ilmiah 10. Kesimpulan diganti Text specimen belongs to dr FE Siagian . menunjukkan kepada pembaca menegenai dasar pustaka yang menjadi acuan dalam penulisan 11. mengidentifikasi ide dan informasi yang relevan terhadap apa yang sedang dikerjakan 12.

5 penutup yang isinya hanya menguatkan apa yang telah dipaparkan dalam bagian pembahasan dan disampaikan secara ringkas. mencari dan mengumpulkan bahan tulisan sebagai sumber informasi 4. 2. Tinjauan pustaka yang baik memiliki ciri sebagai berikut: 1. penggunaan terminologi yang baik. terdapat beberapa tahap yang harus dilalui. yaitu: 1. gaya pencuplikan/penyitiran yang seimbang (bukan haya sekedar copy-paste). alur dan kerangka berpikir yang logis. menempatkan topik dalam konteks tulisan artinya membuat semacam kerangka untuk membatasi agar tulisannya tidak terlalu luas 3. Tahap dalam Penulisan Tinjauan Pustaka Meski tidak terdapat acuan baku dalam penulisan suatu tinjauan pustaka. 4. serta 5. memilih topik utama 2. menggunakan sumber informasi yang didapat untuk mulai menulis Text specimen belongs to dr FE Siagian . 3. pembahasan mengenai penelitian – penelitian lain dengan topik yang sama yang pernah dilakukan sebelumnya. daftar pustaka sebagai acuan/referensi yang relevan dan konsisten dengan alur berpikir. namun dalam upaya penulisan tinjauan pustaka.

struktur menjawab dalam proposal pustaka penelitian. pembaca harus mendapat jawaban terhadap pertanyaan penelitian Topik yang lebih sempit Text specimen belongs to dr FE Siagian . mengembangkan topik/ide berpikir 7. mulai menulis sampai selesai struktur penulisan suatu tinjauan pustaka biasanya dimulai dari topik yang umum atau lebih luas terlebih dahulu Biaanya penulisan baru mengarah hal ke topik yang lebih sempit. mengorganisasi 6. dapat yang sumber informasi yang dimiliki menjadi alur sesuai kerangka tulisan yang telah dibuat kerangka dan tulisan sejalan relevan dengan tinjauan harus permasalahan penelitian.6 5. Topik yang umum/lebih luas Detail penulisan Dibagian akhir tinjauan pustaka.

5. situs internet mengutip informasi dari suatu bahan: menulis pada dan mengapa (mencakup info menegenai sesuatu yang belum dijawab penelitian sebelumnya. lain 1. Struktur suatu tinjauan pustaka yang menyerupai piramida terbalik Sumber acuan/referenasi ilmiah. kapan apakah seberapa bahan tersebut infotainment diulas/di edit tentu saja (contohnya suatu makalah ilmiah yang diterbitkan majalah/tabloid lebih rendah mutunya (serta dibanding apakah dengan terdapat valid pernah makalah ilmiah yang diterbitkan di jurnal ilmiah) dipublikasikan kesimpulan akurat/objektif perubahan sejak publikasi) penelitiannya uji yang (berdasarkan hasil penelitian) dilakukan/data yang dianalisa keseluruhan sepenting pertanyaan diatas penting yang untuk sedang membentuk opini mengenai – sebaik atau seperlu atau apakah tinjauan pustaka Text specimen belongs to dr FE Siagian . buku. bagaimana hasil sebelumnya diperoleh dan lain sebagainya) 2. 4. siapa berhasil yang yang bisa Yang dapat berasal penting menjadi dari harus bahan dan jurnal/majalah diingat dalam ditulis makalah konferensi. dimana sumber referensinya dipublikasi serta bagaimana dalam akan 3.7 gambar 1. sebagainya.

8 dibuat serta adalah perbedaan dengan tinjauan pustaka dengn topik yang sama yang telah ada sebelumnya. adalah sangat Prinsip dengan serta yang kepada mengelompokkan memperbandingkan topik tertentu. Penulisan bahan atau acuan/referensi penelitian berasal dari penulis /peneliti yang berbeda berdasarkan tinjauan pustakan seharusnya tidak hanya berisi deskripsi mengenai rangkaian ulasan satu sumber bahan acuan / referensi yang muncul berurutan melainkan pendapat bisa bukan maka / merupakan hasil atau upaya perbandingan yang berbeda beberapa mengenai telah pustaka sendiri. akhir karena tinjauan dilaukan dibuat merupakan dibagian kesimpulan melainkan hanya penutup. penelitian tidak topik yang sama berdasarkan teori / metodologi yang sama Seperti yang perlu yang diungkapkan sebelumnya. Keseluruhan tergantung struktur penulisan struktur topik tinjauan data opini tinjauan yang akan pustaka hasil pustaka diulas. Beberapa panduan evaluasi terhadap penulisan tinjauan pustaka: kritis Terhadap Tinjauan Pustaka Yang Text specimen belongs to dr FE Siagian . Evaluasi dibuat Sebelum mengajukan tinjauan pustaka yang ditulis kepada suatu jurnal/majalah kriteria yang sangat dapat penting dipakai untuk sebagai terlebih dahulu mengevaluasi tulisan tersebut. penelitian berbeda.

apakah materi yang dituliskan sudah disusun berdasarkan topik. Penutup Penulisan dalam bidang tinjauan ilmu pustaka merupakan Penulisannya bagian harus penting dalam upaya menginformasikan suatu kemajuan pengetahuan. apakah hasil-hasil yang bertentangan telah diduga sebelumnya dan telah dibahas alasannya. 2. merupakan tulisan suatu dan syarat mutlak kualitas mencegah terjadinya Text specimen belongs to dr FE Siagian . apakah topik mengenai desain dan metodologi telah cukup diulas. apakah detail informasi yang disampaikan penting dan saling berhubungan. apakah setiap referensi yang digunakan sudah relevan dengan topik. 4. apakah susunan topik dalam penulisan sudah logis dan sesuai alur/kerangka berpikir. 5.9 1. Apakah bagian pembahasan pada tinjauan pustaka yang dibuat memberikan kontribusi terhadap pehaman pembaca mengenai topik / permasalahan yang sedang diulas. 7. Jadi. jelaslah membaca suatu naskah tinjauan untuk pustaka beberapa kali sebelum menyerahkannya untuk di[puiblikasi menjga kesalahan. 6. 3. memenuhi kaidah penulisan ilmiah serta bukan hanya sekedar deskripsi dari penelitian/ tulisan orang lain.

10 Text specimen belongs to dr FE Siagian .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful