 Rony Pranata Asnaeni Ansar   Susilawati Suardi  Marhumi  .

.

ia sangat haus ilmu pengetahuan sehingga menjadikan dirinya seorang siswi desa yang lulus dengan nilai terbaik. yakni Fisika pada 1903 dan Kimia pada 1911.Marie Skłodowska-Curie (7 November 1867 – 4 Juli 1934) dilahirkan dengan nama Maria Sklodowska di Warsawa. Bersama dengan suaminya. . Pierre Curie. Sebagai anak perempuan. Ia mendirikan Curie Institute. ia menemukan unsur radium. Polandia pada tanggal 7 November 1897 adalah perintis dalam bidang radiologi dan pemenang Hadiah Nobel dua kali.

• Penemuan Marie Sklodowska Curie Tentu banyak di antara kita yang sudah mendengar dan mengetahui peristiwa dijatuhkannya bom atom di Hiroshima pada Perang Dunia II yang menelan banyak korban jiwa. Korbankorban tersebut diberitakan terpapar radiasi radioaktif sisa ledakan bom atom. Berpuluh-puluh tahun setelah kejadian tersebut ternyata korban akibat dijatuhkannya bom atom tersebut masih banyak berjatuhan. .

Sebenarnya apakah itu radioaktif? apakah hubungannya dengan kimia? apakah radioaktif memiliki manfaat atau hanya menimbulkan bencana? .

. Henry Bequerel bersama Pierre dan Marie Curie memperoleh hadiah nobel. sedangkan unsur yang memancarkan radiasi disebut unsur radioaktif. Pierre Curie (1859 – 1906) berhasil menemukan dua unsure radioaktif yaitu Polonium (Po) dan Radium (Ra). Setahun kemudian Antoine Henre Becquerel (1852 – 1908) mengamati garam uranik sulfat (K2UO2(SO4)2) memancarkan sinar (radiasi) secara spontan.• Sejarah Penemuan Unsur Radioaktif Rontgen (1845 – 1923) bahwa beberapa unsur dapat memancarkan sinarsinar tertentu. Para ahli tertarik untuk mengadakan penelitian tentang unsur tersebut. Marie Sklodowska Curie (1867 – 1934) bersama suaminya. Pada tahun 1898. Karena jasa mereka di bidang keradioaktifan pada tahun 1903. Gejala ini dinamakan keradioaktifan.

Isotop-isotop yang berasal dari unsur radioaktif disebut Radioisotop. Akibat perkembangan cepat dalam bidang fisika dan kimia. Inti atom tersebut dinamakan nuklida radioaktif.Setelah ditemukan unsur Uranium. Polonium dan Radium merupakan isotop-isotop dari unsur uranium karena unsur-unsur tersebut merupakan hasil pemisahan dari bijih uranium. Marie Sklodowska dan Pierre Curie menemukan unsur radioaktif lainnya yaitu polonium (Po) dan Radium (Ra). Akhirnya. mereka bisa membuktikan bahwa inti atom dapat berubah secara spontan disertai dengan pelepasan radiasi. para ilmuwan mulai memperhatikan inti atom setelah sekian lama hanya terpusat pada elektron. .

Marie Curie adalah ahli kimia dan fisika Perancis kelahiran Polandia yang sampai sekarang merupakan satu-satunya orang yang pernah mendapatkan hadiah nobel di dua bidang yang berbeda. . yaitu fisika dan kimia.

Polonium dan radium adalah dua unsur radioaktif pertama yang ditemukan. Penemuannya dibidang radioaktif membuat Marie Curie masuk ke dalam daftar penemu yang berpengaruh kepada dunia. Marie Curie adalah wanita pertama pemenang nobel dan juga adalah wanita pertama yang menjadi professor di universitasnya. umumnya untuk menghilangkan penyakit kanker dengan menyinari sel-sel kanker dengan zat radioaktif tersebut. Walaupun berkewarganegaraan Perancis. Penemuan pertamanya pada elemen kimia yang ditemukan tahun 1898 diberi nama 'polonium' dan penemuan berikutnya adalah radium beberapa bulan kemudian. Radium adalah zat radioaktif yang banyak digunakan dalam bidang medis dan kedokteran.. Universities of Paris. Marie Curie tidak pernah kehilangan rasa kebanggaannya sebagai orang Polandia. .

Setahun kemudian Ernest Rutherford berhasil menemukan dua sinar radioaktif yang lain. 2. dapat menghitamkan pelat film. dapat menembus lempeng logam tipis. Pada tahun 1898 Paul Ulrich Villard menemukan sinar radioaktif yang tidak dipengaruhi oleh medan magnet yaitu sinar gamma. dalam medan magnet terurai menjadi tiga berkas sinar. .• Sinar Radioaktif Sinar yang dipancarkan oleh unsur radioaktif memiliki sifat-sifat: 1. 3. yaitu sinar alfa dan sinar beta (β).

Diudara hanya dapat menembus beberapa cm saja dan tidak dapat menembus kulit. .•Sinar Alfa Partikel sinar alfa sama dengan inti helium -4. Sinar alfa dipancarkan dari inti dengan kecepatan sekitar 1/10 kecepatan cahaya. Tabrakan itu mengakibatkan media yang dilaluinya mengalami ionisasi. Sinar alfa segera kehilangan energinya ketika bertabrakan dengan molekul media yang dilaluinya. Karena memiliki massa yang besar daya tembus sinar alfa paling lemah diantara diantara sinar-sinar radioaktif. Partikel alfa adalah partikel terberat yang dihasilkan oleh zat radioaktif. bermuatan +2e dan bermassa 4 sma. Akhirnya partikel alfa akan menangkap 2 elektron dan berubah menjadi atom H. Sinar alfa dapat dihentikan oleh selembar kertas biasa.

Karena sangat kecil. . Energi sinar beta sangat bervariasi.2. Sinar beta paling energetik dapat menempuh sampai 300 cm dalam udara kering dan dapat menembus kulit. Partikel beta yang bemuatan -1e dan bermassa 1/836 sma. partikel beta dianggap tidak bermassa sehingga dinyatakan dengan notasi eo 1. Sinar beta merupakan berkas elektron yang berasal dari inti atom. mempunyai daya tembus lebih besar dari sinar alfa tetapi daya pengionnya lebih lemah. Sinar Beta Sinar beta merupakan radiasi partikel bermuatan negatif.

Selain sinar alfa. Sinar gamma mempunyai daya tembus. tidak bermuatan dan tidak bermassa. . Sinar Gamma Sinar gamma adalah radiasi elektromagnetek berenergi tinggi. Sinar X adalah radiasi sinar elektromagnetik. Sinar γ dinyatakan dengan notasi gamma. gamma. beta.3. zat radioaktif buatan juga ada yang memancarkan sinar X dan sinar Positron.

antara lain: •memiliki daya tembus yang besar. •dapat mengionisasi media yang dilaluinya. yaitu radiasi sinar gamma. yaitu radiasi sinar alfa dan sinar beta.•Daya-Daya Tembus Sinar Radioaktif Sinar radioaktif memiliki banyak perbedaan dari sinar lainnya (seperti sinar matahari). Radiasi pengion yang dihasilkan oleh isotop radioaktif dapat berupa radiasi partikel. maupun berupa radiasi elektromagnetik berenergi tinggi. oleh karena itu disebut juga radiasi pengion. sehingga dapat menghitamkan plat foto yang terbungkus kertas hitam. .