Di buat oleh

:

Nama : kadek Bagus Mulya Dharma Kelas : 9C No absen : 13

minuman keras dan mabuk karena keberanian . keturunan/kebangsawaan. kekayaan. keremajaan. Apakah sapta timira itu? “ sapta timira itu adalah tujuh macam kegelapan atau kemabukan yaitu gelap atau mabuk rupa tampan/cantik. kepandaian.

Surupa  Dana  Guna  Kulina  Yowana  Sura  Kasuran  : rupa yang tampan / cantik : harta benda / kekayaan : kepandaian / kepintaran : keturunan / kebangsawanan : keremajaan / keyowanan : minuman keras / kegelapan : keberanian / kemenangan .

 Contoh : seseorang yang merasa dirinya rupawan menjadi angkuh. Bila adiknya mendekatinya maka ia akan marah dan mengusirnya karena wajah adiknya buruk. wataknya kasar dan tidak sedikitpun sayang dengan adiknya. Cara menghindarinya : Selalu mendekatkan diri kepada sang hyang widhi wasa Bersyukur di anugrahi kelebihan wajah Bisa menerima kekurangan orang lain maupun diri sendiri     .

. Contoh : mardul adalah orang kaya di kampung itu.     cara menghindarinya : Menerima apa adanya Mendekatkan diri dengan ajaran2 agama Mensyukuri apa yang telah di berikan oleh tuhan. tidak mau menolong orang-orang yang melarat dan tidak pernah melakukan upacara yadnya. Ia tidak pernah memberi sedekah.

tetapi kepintaran itu dipakai untuk hal yang salah yaitu korupsi. Cara menghindarinya : Bersyukur kepada sang hyang widhi Mendekatkan diri kepada sang hyang widhi Berbagi ilmu dengan semua orang     . Contoh : gayus tambunan adalah orang yang memiliki kepintaran.

   Cara menghindarinya : Selalu bersyukur kepada tuhan Tidak membedakan satu sama lain . Contoh : mira adalah seorang anak keturunan bangsawan. Dan dia hanya mau berteman dengan orang yang sama seperti dia. Ia sombong dan tidak mau bergaul dengan teman – temannya.

Tetapi sayang teman – temannya adalah anak – anak nakal. Contoh : adi seorang remaja yang mempunyai banyak teman. Adi pun jadi ikut menjadi anak nakal dan suatu hari adi dan teman – temannya yang nakal di bawa ke kantor polisi. Karena mencuri uang orang. Cara menghindarinya : Bisa membedakan mana teman yang baik mana yang buruk Sembahyang    .

 Contoh : haryo yang pergi ke club malam. Saat pulang ia membawa motor dengan keadaan mabuk dan akhirnya ia menabrak pembatas jalan. Dia meninggal akibat mengendari motor dalam keadaan mabuk. Cara menghindarinya : Sembahyang Jangan mudah tergoda dengan omongan orang lain    . Ia minum minuman keras sampai tidak sadarkan diri.

Suatu hari ia di ajak untuk mengeroyok darma. Akhirnya wati temannya darma yang melihat darma dikeroyok segera lari ke sekolah dan melapor kepada bapak guru dan akhirnya dursana di hukum. Contoh : dursana seorang anak yang pemberani.    . Cara menghindarinya : Cari teman yang baik Gunakan lah keberanian untuk yang positif bukan untuk mencari masalah.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful