P. 1
RISET KEPERAWATAN PERTEMUA KE I

RISET KEPERAWATAN PERTEMUA KE I

|Views: 5,912|Likes:

More info:

Published by: andan firmansyah s.kep., Ns., M.Kes. on May 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/08/2013

pdf

text

original

RISET KEPERAWATAN

Andan Firmansyah

MK. RISET KEPERAWATAN
 DESKRIPSI

MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas mengenai metodologi ilmiah, proses penelitian dan penerapan teknis ilmiah sehingga diharapkan pada akhir program, mahasiswa mampu melaksanakan penelitian ( skripsi ) sebagai tugas akhir menyelesaikan program pendidikan di tingkat akademik. (non profesi)

Tujuan Pembelajaran
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar metodologi penelitian.  Menguraikan proses pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian keperawatan  Menganalisis berbagai desain penelitian  Memahami berbagai desain penelitian  Memahami tahapan dan elemen penelitian  Memahami populasi dan sampel  Dapat membuat instrumen penelitian  Memahami penyusunan laporan penelitian.

EVALIASI DAN REFERENSI

Evaluasi UTS : 25 % UAS : 30 % Tugas/praktek : 25 % Quiz : 10 % Sikap&kehadiran : 10 %

SUMBER PUSTAKA 9. Arikunto, 2002. Prosedur Penelitian, Jakarta:Rineka cipta 10. Dempsey, 2002. Riset Keperawatan, Jakarta:EGC 11. Nursalam, 2001. Metodologi Riset Keperawatan, Jakarta:Sagung Seto 12. Nursalam, 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika 13. Notoatmodjo, 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta:Rineka Cipta 14. Polit, 2003. Nursing Research. Philadelphia:Lippincot Williams & Wilkins

 Apakah

Penelitian Ilmiah (Riset) Keperawatan Itu?

KONSEP DASAR METODOLOGI PENELITIAN KEPERAWATAN (NURSING RESEARCH)
ü Research is systematic inquiry that uses disciplines method to answer question or solve problems (polit & becker) ü Penelitian ilmiah adalah penemuan secara sistematik yang digunakan pada disiplin keilmuan tertentu untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah tertentu.

Fungsi Penelitian
Di perguruan tinggi penelitian berfungsi sebagai salah satu dharma dari tridaharma perguruan tinggi. Fungsi lainnya adalah pendidik dan pengabdian masyarakat.  Fungsi penelitian pada umumnya adalah: 3. Mengidentifikasi 4. Mendeskripsi 5. Memprediksi 6. Mengekplorasi 7. Mengontrol

Pendekatan Deduksi, Indiksi dan Berfikir Reflektif
 Berfikir

Deduksi adalah cara berfikir dari yang sifatnya umum menuju yang sifatnya khusus.  Berfikir Induksi adalah cara berfikir dari yang sifatnya khusus menuju ke umum.  Berfikir Reflektif Cara berfikir ilmiah, mulai dari awal sampai akhir mengkuti cara-cara yang telah ditentukan yang disebut prinsip memperoleh ilmu pengetahuan.

Urutan berfikir reflektif (Azas metode ilmiah = penelitian kuantitatif)

1. Adanya kebutuhan nyata (felt needs) karena adanya masalah. 2. Membatasi dan merumuskan masalah sehingga masalahnya jelas. 3. Menetapkan hipotesis sebagai titik tolak untuk memecahkan masalah 4. Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis 5. Mengambil kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data 6. Mengambil keputusan (generalisasi) & implikasinya untuk masa depan.

Langkah-langkah pokok penelitian ilmiah
 Dapat

disingkat menjadi 3 langkah penelitian: 2. Membuat rancangan penelitian 3. Melaksanakan penelitian 4. Menyusun laporan penelitian.

LANGKAH PENELITIAN (Arikunto, 2002)
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. Memilih masalah Studi pendahuluan Merumuskan masalah Merumuskan anggapan dasar Menyususn hipotesis Memilih pendekatan (kuantitatif/kualitatif) Menentukan variabel Menentkan sumber data Menentukan dan menyususn instrumen pengumpulan data Pengumpulan data Analisis data Menarik kesimpulan Menyusun laporan

Jenis Karya Ilmiah
 Naskah

Berkala  Laporan Praktikum  Buku Teks  Tulisan Ilmiah Populer  Skripsi  Tesis  Disertasi

Syarat penulisan Karya Ilmiah
      

Menguasai Ilmu pengetahuan yang relevan dengan masalah yang dibahas. Mampu membedakan antara kenyataan dan harapan. Mebas mengemukaan pendapat. Menguasai tata bahasa yang tulis dan perbendaharaan kata yang baik Menghargai kesimpulan-kesimpulan penulis terdahulu. Mampu mengumpulkan data secara lengkap dan akurat Mampu mengemukakan hasil pemikiran dan hasil analisa sesuai keadaan sesungguhnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->