PENGANTAR Kalau dulu. Namun hasilnya sama saja: para webmaster makin sulit membedakan antara blog dan website.com . saya rasa bukan saat kita membahas perbedaan kedua istilah itu. membuat website tidak harus memiliki skil itu. Perbedaan antara website dan blog pun kini sudah makin sulit dicari. Dalam ebook sederhana ini saya hanya sedikit berbagi ilmu tentang cara atau tutorial pembuatan website (selanjutnya disebut blog :D ). Saya sudah coba mencari beberapa referensi tentang perbedaan antara website dan blog. barangkali karena computer kita belum terkoneksi internet dan kita ingin belajar membuat blog. Mohon maaf. Lebih tepatnya sih disebut ‘latihan’ saja. Oke. PHP. Syahuri. Kini sudah banyak software atau peralatan yang dapat kita manfaatkan untuk mempermudah pembuatan website. Januari 2008 Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. Banda Aceh. Jujur saja.syahuri. sebenarnya saya lebih asik menyebutnya sebagai blog daripada website. Istilah website seakan terdengar lebih akrab di telinga masyarakat daripada istilah blog. bisa saja! Selamat Membaca. membuat website hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memang memiliki ilmu pemograman web seperti HTML. bahkan ada tutorialnya. Sebab penulisan ebook ini saya khususkan bagi teman-teman yang ingin membuat website secara offline. dan sebagainya. Kini. saya menggunakan istilah website disini.

com .syahuri.Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.

nat32. Ini dia: 1) CMS WordPress.wordpress. Drupal. maka XAMPP merupakan solusi kita.com/xampp. Masing-masing CMS punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun pada tutorial ini kita akan tetap menggunakan XAMPP.wordpress.). Namun fitur yang ditawarkan tidaklah sepowerfull CMS Wordpress yang akan kita pelajari dalam ebook ini. Alternatif lain selain XAMPP adalah MSAS (Mambo Stand Alone Server).syahuri. CMS (Content Management System) Wordpress merupakan bahan utama kita dalam membuat blog. itu hanyalah blog biasa yang pembuatannya pun tergolong mudah. Cukup registrasi saja maka blog anda akan siap pakai seketika itu juga. 2) XAMPP.com . Sebenarnya banyak CMS lain selain wordpress yang bisa kita gunakan. maka kita bisa menggunakan webhosting yang pada umumnya berbayar. CMS Wordpress tersebut dapat anda download di http://www. seperti Joomla. Sehingga kita bisa membuat blog dengan berbasis Wordpress. Jika Anda sudah terdaftar dan membuat blog di www. Kalo computer yang sudah terkoneksi internet dan ingin membuat weblog (wordpress). Namun bagi kita-kita computer yang yang ingin tidak belajar/latihan membuat website dengan terkoneksi dengan internet. dan lain sebagainya.org/download. Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.PERSIAPAN Sebelum Anda membuat blog.com. barangkali Anda ingin mengenal dulu beberapa bahan (kayak mau masak aja nih) untuk pembuat/pengelolaan blog. Namun hingga sampai saya menulis tulisan ini. Wordpress tetap yang terpopuler. . Tapi itu semua tergantung kebutuhan kita juga sih. Xampp merupakan software yang kita gunakan untuk ‘menyulap’ komputer kita menjadi layaknya computer server. atau bahkan terbaik diantara CMS blog lainnya. Silakan download XAMPP http://www.

Karena jika Anda hanya membacanya saja tanpa langsung praktek. wordpress dengan mengubah/menyesuaikan Note: tutorial ini akan terasa LEBIH NIKMAT jika Anda membacanya dengan seksama SEKALIGUS mempraktekkannya.com . pembuatan database. maka kita akan segera belajar membuat blog berbasis wordpress di computer kita tanpa harus terkoneksi internet. Persiapkan bahan: xampp. Teks editor sederhana seperti Notepad atau WordPad yang ada di Ms. XP saya rasa sudah cukup.syahuri. peralatan: cms instalasi xampp. Jika semua bahan sudah anda persiapkan. browser (pastinya . wordpress cms. Persiapkan persiapan database. Kira-kira tahapan pembuatannya begini: 1. maka Anda akan beranggapan bahwa hal ini sangatlah sulit dan sungguh sangat tidak mengasikkan. membosankan! Hilangkan segela rasa pesimis! Mari semangat! Karena saya membuat tutorial ini juga dengan perasaan semangat! Saya berusaha memberikan yang terbaik dan mudah anda pahami! Apakah ada lagi alasan anda untuk tidak bersemangat?! Plis deh… he he he… Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.3) Text Editor. Namun jika ingin lebih istimewa Anda bisa menggunakan software Notepad++. text editor.) ) 2.

exe. upload folder wordpress (yang sebelumnya berbentuk *. Cara membuat database sangatlah mudah. Langkah kedua.syahuri.Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline Wordpress + XAMPP Langkah pertama. Cara instalasi XAMPP ini sama mudahnya seperti instalasi aplikasi lainnya. klik next-next dst kemudian finish. Untuk mengetahui XAMPP anda sudah aktif atau belum. buka XAMPP Control Panel yang berada di C:\xampp\xampp-control. yaitu: Pastikan Apache dan MySql anda dalam keadaan aktif.zip sudah anda ekstrak terlebih dahulu) Anda ke direkori berikut: C:\xampp\htdocs\ Sehingga lokasi folder wordpress Anda berada di: C:\xampp\htdocs\wordpress Langkah ketiga. Cukup eksekusi file exe-nya XAMPP. misalnya di C:\xampp.com . buatkan database untuk wordpress Anda. Dengan phpmyAdmin. Untuk pembuatan blog wordpress baru ini. upload folder wordpress Anda ke direktori XAMPP. kita bisa membuat dan mengolah database blog wordpress kita. Apache dan MySql sudah aktif Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. kita membutuhkan database. Salah satu fitur dari XAMPP adalah tersedianya phpmyAdmin. Setelah XAMPP anda install. install aplikasi XAMPP di computer Anda.

- Kalo Apache dan MySql sudah aktif. ketik dbwordpressku. Setelah anda mengerti tentang database ini. Contohnya bisa dilihat gambar berikut: - Jika sudah klik tombol Create. Misalkan Internet Explorer atau Mozilla Firefox. silakan anda buat nama databasenya terserah anda. Maka kita akan melihat database yang barusaja kita buat sudah termasuk dalam database lainnya: Database yang barusan kita buat bernama dbwordpressku Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. Tekan Tombol F5 pada keyboard Anda (untuk me-refresh halaman web) sehingga kita kembali ke halaman utama phpmyadmin. Rekomendasi: Mozilla Firefox.com . - Ketik di addressbar: http://localhost/phpmyadmin/ Pada field Creat new database. maka semestinya database kita sudah terbentuk. klik tombol Create. Ini hanya contoh saja. Setelah itu.syahuri. buka browser Anda.

kini sebelum kita antara database blog buat. buka file tersebut dengan text editor.php (hilangin sample nya saja). Dalam folder C:\xampp\htdocs\wordpress. Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. wordpress ada yang akan 0 kita tuh. Setelah merubah nama file tersebut. coba cari file dengan nama wp-config-sample. sudah di sudah untuk Namun kita blog belum install. database username. dan database password sesuai dengan database yang sudah kita buat tadi. sudah database tercipta.syahuri. misalnya Notepad. C:\xampp\htdocs\wordpress.com . sudah buat Jika kita isinya.Oke. masih XAMPP taruh pun folder wordpress dan direktori kita kita.php Rename file tersebut menjadi wp-config. ubahlah: • • • database name.php >> Open With >> Notepad Setelah file tersebut terbuka. mari menciptakan folder wordpress kita hubungkan wordpress kita dengan database yang barusan kita buat tadi. Caranya: klik kanan pada file wp-config.

silakan buka browser anda dan tuju alamat http://localhost/phpmyadmin dan klik Privileges. Mudahnya. Karena yang terpenting ya itu 3: database name. So.com . database username. Nah. Sedangkan password dikosongkan saja. kalo sudah di ubah. seperti yang di atas. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui username dan passwordnya? Secara default .php tadi. anda bisa memasukkannya ke file wp-config. Maka Anda akan melihat data privileges Anda disitu. Yaitu dengan username root dan tanpa password. lihat gambar berikut: Sementara yang lain biarkan saja begitu. Untuk membuktikannya. Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.Dalam tutorial ini. SAVE saja file wp-config.php ini. kita hanya membuat databasenya saja (yang bernama dbwordpressku tadi). dan password databasenya. XAMPP telah membuat ‘privileges’ untuk database kita. ubah nama MySql (database) dengan dbwordpressku dan username root.php tersebut. Jika di phpmyadmin anda sudah menambah user baru untuk privilagenya dengan username dan password sendiri.syahuri. dalam file wp-config.

Lanjuuuttt….Sudah menyimpannya? Maka TAHAP PERSIAPAN sudah kita lakukan semua.com .!! Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.syahuri. Kini saatnya kita memulai untuk membuat blog berbasis wordpress di local computer: membuat weblog tanpa harus terkoneksi internet.

php -mengubah nama.com . Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. langsung saja klik Install Wordpress. Buka browser anda. Rekomendasi: Mozilla Firefox. Isi blog title dengan judul blog Anda. silakan: 1.php menjadi wp-config.INSTALASI WORDPRESS Setelah Anda melakukan persiapan: -menginstall xampp -membuat database (dengan nama dbwordpressku) -menaruh folder wordpress ke c:\xampp\htdoc\wordpress -mengubah nama file wp-config-sample. Ketik di address bar: http://localhost/wordpress Maka akan keluar halaman wordpress installation yang pertama yang mengharuskan kita mengisi blog title dan email kita.com Kotak checklist Allow my blog to appear in search engines like Google and Technorati merupakan pilihan yang dapat anda pilih: apakah sudi blog anda tampil di mesin pencari seperti google dan technorati? Jika blog title dan kolom email sudah anda isi.syahuri. username dan password database yang ada di wpconfig. Untuk memulai membuat blog berbasis wordpress di computer Anda. Contoh: syahuri@yahoo. 2.php Maka itu artinya segala persiapan kita sudah READY. Misalnya: Blognya si Syahuri Isi di kolom Your E-mail dengan email Anda.

hal ini juga yang menandakan bahwa blog kita yang berbasis cms wordpress TELAH TERCIPTA! Alamat blog Anda di computer ini adalah: http://localhost/wordpress dan alamat admin (dashboard – administrasi untuk pengaturan blog anda) adalah: http://localhost/wordpress/wp-admin/ Jika ini memang pertama kalinya anda masuk ke halaman admin. Maka kita akan tiba di halaman dashboard wordpress kita untuk pertama kalinya.Setelah itu. silakan klik tombol Log In.syahuri. silakan nikmati saja dulu. Yang harus anda lakukan adalah: MENYIMPAN atau MENGINGAT username dan password tersebut! Username dan password disini berbeda dengan username dan password database tadi! Kalo tadi fungsinya hanya untuk database. atau disebut juga Dashboard. Masuk ke blog Anda dengan username dan password tadi. Data tersebutlah yang akan kita gunakan untuk mengelola blog wordpress kita. kita akan dihadapkan pada kotak pengisian data username dan password. Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. sedangkan yang ini akan kita gunakan terus menerus selama kita ingin log in ke blog kita ini. Oke. jika sudah menyimpan atau mengingat username dan password blog anda. Klik Log In.com .

Terdiri dari 3 kolom.com . Misalnya widget recent comment ingin anda ganti dengan update terbaru dari detik. • Widget Quick Press merupakan widget yang bisa kita gunakan untuk menulis dan mempublikasikan artikel secara praktis dan simple. • Widget WordPress Development Blog akan menampilkan berita terbaru seputar perubahan yang terjadi pada wordpress. dan sebagainya. • Widget Incoming Links akan menampilkan linkback terbaru dari blog lain ke blog kita. plugin terbaru. Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.7.Gambar di atas adalah tampilan dashboard atau halaman admin wordpress versi terbaru saat saya mengetik tulisan ini: Wordpress versi 2. Secara Default wordpress telah meletakkannya sebagai berikut: • Widget Right Now yang menampilkan statistika administrasi kita. Sedangkan 2 kolom dikanannya merupakan content utama halaman admin yang dapat kita pindah sesuai kebutuhan kita. • Widget Recent Draft yang berfungsi menampilkan tulisan kita di blog ini yang masih belum terpublikasikan. Sidebar sebagai navigasi halaman admin berada di sebelah kiri. dan plugin yang baru saja diperbarui (update). Tampilan ini didasarkan pada hasil pencarian dari Google Blog Search. jumlah komentar. misalnya jumlah postingan. • Widget Recent Comment yang berada dibawah widget Right Now berfungsi untuk menampilkan komentar/trackback terbaru untuk artikel yang ada di blog kita.syahuri.com atau portal berita lainnya juga bisa. alias draft. Widget-widget tersebut bisa anda pindah-pindah ataupun bisa anda edit konfigurasinya. • Widget Other WordPress News menampilkan berita-berita tentang wordpress atau yang terkait dengan wordpress. • Widget Plugin akan menampilkan plugin yang terpopuler.

Cara merubah password admin. maka Anda tidak akan bisa Log in ke wordpress Anda. Cari di halaman bagian bawah untuk mengubah password Anda.Nah. agar tidak kelupaan atau kehilangan password anda. Jika Anda lupa password ini.syahuri. lebih baik anda mengubahnya dulu ke password yang lebih mudah anda ingat. Tentunya anda juga punya password yang berbeda. Contohnya saja password yang saya dapati adalah: a1vM^d1^wbV@. Lakukan perubahan seperlunya. yang harus anda lakukan pertama kali adalah mengubah password admin Anda. saran saya. Isikan password baru Anda ke kotak pengisian New Password. Lihat gambar: Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. setelah berkenalan dengan widget-widget itu. klik User >> Your Profile (lihat gambar): Anda akan dihadapkan pada halaman edit profile. Kenapa? Karena saya kira password yang di generate oleh mesin wordpress tadi sangatlah rumit. Oleh karena itu.com . Namun yang terpenting untuk saat ini adalah mengubah password.

syahuri.com . cobalah menulis dan mempublikasikan tulisan pertama anda di blog offline ini. silakan masuk lagi ke halaman administrasi yang beralamat di: http://localhost/wordpress/wp-admin/ ===== Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.). atau bila perlu tentukan tanggal terbitnya. Jika sudah. tentukan kategorinya. klik saja tombol Publish. Namun pertimbangkan juga kekuatan password anda. Ketik judul artikel anda. Jangan malu untuk mencoba. kita akan lebih lega dan tidak perlu khawatir kelupaan atau kehilangan password. ketik opini. Jika artikel pertama anda sudah jadi. diari. bijaklah sebijak yang anda mampu . silakan menuju halaman blog offline anda: http://localhost/wordpress/ Jika ada yang ingin anda konfigurasi lagi. Kalo udah mengubah password.Sesuaikan password anda dengan password yang mudah anda ingat. Silakan jelajahi sepuasnya fitur-fitur dari wordpress. Bahkan anda bisa mengatur status tulisan tersebut: untuk public atau hanya untuk pribadi (artikel perpassword). Tambahkan tags untuk artikel anda. Untuk melihat artikel anda. Wordpress telah menyediakan indikator kekuatan suatu password. atau apapun yang ingin anda publish pada kolom isi. So.php. bisa melalui Quick Press yang ada di dashboard atau melalui menu khusus untuk posting yang ada di http://localhost/wordpress/wp-admin/post-new. klik tombol Update Profile. Untuk percobaan.

barulah kita meng-uploadnya ke web hosting dan memberikannya nama domain dan siap untuk dinikmati publik. atau mengubah settingan maupun layoutnya terlebih dahulu secara offline. maka kita bisa mensetting dan mengatur layoutnya tanpa harus terkoneksi internet. dan berbagai tetek bengek wordpress lainnya bisa Anda dapatkan saat anda menjelajahinya sendiri. ada baiknya Anda mempelajari fitur-fiturnya. seperti merubah layout (theme). yaitu meng-uploadnya ke internet agar bisa dinikmati para netter. atau bisa juga Anda pelajari dari blogger-blogger yang senantiasa membagikan ilmunya.syahuri. ===== Terima kasih Anda telah membaca dan mempraktekkan isi ebook ini. atau bahkan dalam bentuk text book. Tutorial yang saya buat ini hanya untuk instalasi wordpress secara offline di komputer yang tidak terkoneksi di internet. menambah fitur (plugin). Tujuannya adalah: sebelum blog wordpress Anda go public. Sementara tutorial untuk mengelola blog wordpress ini.com . Baik berupa blog maupun ebook seperti ini. Dan ketika kita merasa yakin dan matang akan blog dan kemampuan kita. tentu akan lebih memakan biaya: akses internet.Dengan ini artinya Anda sudah siap untuk mengelola blog wordpress Anda. Tutorial yang sedang Anda baca ini hanyalah tutorial instalasi saja. jika Anda bisa menangkap konsep dan mindset dari tutorial ini. Kenapa? Karena jika langsung online. Saya yakin. Sementara jika kita mengelolanya di komputer secara offline terlebih dahulu. Andapun pasti akan bisa mengaplikasikan tutorial ini langsung online dengan domain dan hosting. domain dan hosting. Salam sukses! Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.

syahuri. Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www. Sampai sekarangpun masih dalam tahap mempelajarinya. jadinya nyasar ke Ekonomi deh . tapi jangan mengopy paste isinya. namun dengan berbagai alasan dan pertimbangan. css.com/) yang telah memperkenalkan saya dengan yang namanya Wordpress. Namun saya tidak sanggup bila tidak berterima kasih kepada mas Robi Ardiyan (pemilik http://www. Lahir pada tahun 1989 di Aceh Simeulue.Org dan XAMPP. js.com ya… Saya sangat menghargai bila anda turut mempublikasikan ebook ini. agar tidak ketinggalan info. insya Allah saya akan membuat ebook-ebook lainnya yang saya harap bisa bermanfaat bagi kita semua. Setelah membuat ebook ini. Dari inspirasi yang beriberikan mas Robi inilah saya terus tertarik dan senang dengan wordpress dan sering menguta-atik wordpress.syahuri. Kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Jurusan Ekonomi Manajemen S1 angkatan 2007. Jadi.TENTANG PENULIS Ebook ini dibuat secara independen oleh Syahuri. Daridulu pengen kuliah di bidang komputer. Saya sangat tertarik dengan dunia blogging. Lengkapnya Muhammad Syahuri. Publikasikanlah ebook ini secara penuh tanpa menambah atau mengurangi isinya.yoogya. php dan sejenisnya. silakan sering-sering mampir di www. Referensi ebook ini adalah pengalaman pribadi. Membuat ebook ini dengan harapan teman-teman yang masih belum bisa membuat blog berbasis wordpress bisa menguasai blog wordpress walau hanya bermodal komputer tanpa terkoneksi internet.com . html.

com http://www. termasuk saya yang telah diberi kesempatan untuk menulis ebook ini.syahuri.com . Terima kasih.com/syahuri Ebook Gratis Latihan Membuat Website Gratis Secara Offline oleh Syahuri http://www.friendster. cukuplah dengan berterima kasih kepada Allah SWT yang telah memperkanankan kita semua untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Muhammad Syahuri +62852 6008 1815 syahuri@yahoo.syahuri.com http://www.Jika Anda merasa terbantu dengan ebook ini dan hendak berterima kasih kepada saya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful