Cara Mencangkok Bunga Anggrek

- Mencangkok adalah menguliti hingga bersih dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm. - Tumbuhan dikotil yang dicangkok akan memiliki akar serabut,bukan akar tunggang. - Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Akan tetapi, tumbuhan hasil cangkokan mudah roboh, karena sistem perakarannya adalah serabut, dan umurnya lebih pendek dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji. Bahan bahannya : 1. Adenium 2. Pisau tajam. 3. Kantong plastik / serabut kelapa 4. Tanah gembur 5. Air Cara mencangkok: 1. Pilih cabang atau ranting yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. 2. Kuliti hingga bersih cabang atau ranting tersebut sepanjang 5-10 cm. 3. Kerat kambiumnya hingga bersih, dan angin-anginkan. 4. Tutup dengan tanah, kemudian dibungkus dengan

ukuran diameter 2-3 cm v -Tali plastik(rafia) v -Sabut kelapa/Plastik (cari mana yang paling mudah diperoleh disekitar anda) v -Tanah atau Media tanam lainnya (Contoh penggunaan media: 2 kg serbuk kelapa kering dicampur dengan 1liter air yang sudah dicampur dengan 1-3 tetes hormon pertumbuhan. Cara Mencangkok tanaman hias Cara mencangkok bisa dilakukan pada semua tanaman berkayu. 5. 6. dan tanamlah di dalam tanah. Ikat pada kedua ujungnya seperti membungkus permen. Setelah banyak akar yang tumbuh. jika pada tanaman hias seperti adenium dan sri rejeki(aglonema). Jaga kelembaban tanah dengan cara menyiramnya setiap hari. potong cabang atau ranting tersebut. Bila menggunakan plastik. lubangi plastiknya terlebih dahulu. Siapkan bahan-bahannya: v -Tanaman yang sudah dewasa. alkohol juga bisa . kemudian diratakan hingga diperoleh campuran yang basah) v -Kapas v -Disinfektan.plastik atau sabut kelapa.

oleh karena itu berhati-hatilah ketika menanamnya dan umurnya lebih pendek dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji. 2 minggu kemudian lihat apakah sudah muncul akar atau belum. Mencangkokan dilakukan untuk mendapatkan keturunan yang sama dengan tanaman yang kita cangkok.v -Tambahkan hormon pertumbuhan atau vitamin. contoh Liquinox Start Vitamin B-1 yang banyak dijual di toko pertanian dengan dosis 2 cc untuk 1 liter air. tentunya kita mencangkok tanaman yang berkualitas. tumbuhan hasil cangkokan mudah roboh. Kalau kesulitan mencari hormon tumbuh dapat menggunakan pupuk Urea yang dicairkan dengan kadar 1 % atau 1 gr/1 lt air. Akan tetapi. lukai batang secara melingkar kira-kira 2-3 cm-an sampai kelihatan kayunya(jika berkayu) dan bersihkan kambiumnya.. Basahi kapas dengan desinfektan tumbuhan agar dahan tersebut tidak terinfeksi oleh bakteri maupun virus 4.Atau mudahnya 1 sendok makan = 1 tutup kemasan = 10 cc = 10 ml. yang memiliki rasa yang manis. jika sudah potong di bawah cangkokan dan tanam terpisah. Kalo menggunakan plastik lubangi plastiknya dengan lidi supaya air bisa masuk 9. 7. contohnya: sawo. Cara mencangkok Tanaman Mencangkok adalah menguliti hingga bersih dan menghilangkan kambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm. karena sistem perakarannya adalah serabut. Ikat di atas dan bawahnya–>nanti jadinya seperti permen. Setelah itu. tutup dengan tanah 6.Tumbuhan dikotil yang dicangkok akan memiliki akar serabut. basahi kapas dengan air bersih dan bersihkan bagian dahan yang dikuliti tadi 3. kemudian bungkus dengan plastik atau sabut kelapa tanah tanah tersebut.Kelebihan . Adapun Keuntungan Dan Kekurangan Dalam Mencangkok Tanaman 1. dan buahnya super. sehingga kita tidak kecewa dalam penyangkokan. bukan akar tunggang. 8. Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji dan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Olesi dengan hormon pertumbuhan 5. tujuan mencangkok untuk mengembangbiakkan tanaman. sebaiknya kita mencangkok tanaman yang pernah kita makan buahnya. 2.mangga. Langkah pencangkokan:          1.

lubangi plastiknya terlebih dahulu. sehingga lebih mudah tumbang/roboh dibandingkan tanaman yang berasal dari biji *umur tanaman lebih pendek dibandingkan tumbuhan yang di tanam dari biji.Pilih cabang atau ranting yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. Sediakan Alat dan bahan yang digunakan dalam mencangkok -Tali pengikat atau memakai tali rafia. 5. 6.*Tanaman lebih cepat berproduksi *Hasil produksi cangkokan sam dengan indukn *Tanaman hasil cangkokan hanya memiliki akar serabut. 3. Ikat pada kedua ujungnya seperti membungkus permen. -Pisau yang tajam -Serabut kelapa atau plastik. kemudian dibungkus dengan plastik atau sabut kelapa. Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana cara untuk mencangkok tanaman. dan angin-anginkan.langkah berikut : 1. kemudian taruhlah pada pot.Jaga kelembaban tanah dengan cara menyiramnya setiap hari. 2. . 4.Kekurangan *Tanaman hasil cangkokan hanya memiliki akar serabut.Kuliti hingga bersih cabang atau ranting tersebut sepanjang 5-10 cm.Setelah banyak akar yang tumbuh.Tutup dengan tanah. potong cabang atau ranting tersebut. ikutilah langkah . -gunting -tanah yang subur -cabang/ranting yang akan kita cangkok Setelah itu. Bila menggunakan plastik. sehingga lebih 2. setelah terlihat baik tanamlah di tanah.Kerat kambiumnya hingga bersih.

sehingga tanaman dapat langsung menyerap unsur hara dari tanah. Pertamakali harus dipilih batang yang sudah cukup tua. bukan hijau. sehingga cara ini jarang dipakai. ditandai dengan batang yang berwarna coklat. akar akan tumbuh lebih dulu baru ditanam. cangkok Adenium Mencangkok dilakukan untuk mengurangi kegagalan yang biasa terjadi dengan cara stek. . Hal ini terjadi karena batangnya yang masih lunak dan sulit dicari letak kambiumnya sehingga pengupasan kulit bisa tanpa sengaja terlalu dalam. Namun diperlukan tenaga ekstra untuk melakukan pencangkokan.gambar cangkokan Beberapa hal yang perlu diperhatikan : *Pembuluh tapis pada tumbuhan jika rusak akan menyebabkan kegagalan pencangkokan *Jaringan disekitar bawah kulit tumbuhan sangat lemah dan rentan akan infeksi bakteri maupun virus * Pilihlah dahan yang kira-kira memiliki diameter antara 5 cm hingga 7 cm *Untuk penyiraman tidak membutuhkan air banyak dan hanya perlu disirami sekali dalam sehari untuk menghindari pembusukan. Dengan mencangkok. Dipilih batang yang tua karena batang yang muda sangat rentan patah dan sukar untuk dikupas kulitnya secara benar.

kambium tersebut lalu dihilangkan dengan cara dikerok sampai kambiumnya tidak bersisa. Media tersebut harus selalu lembab untuk memastikan akar akan tumbuh. Setelah 2 bulan maka akan tumbuh akar yang cukup sehingga cangkokan siap dipindah menjadi tanaman tersendiri. . Kulit dikupas melingkar batang sampai terlihat kambiumnya.Cara mencangkok seperti mencangkok tanaman berkambium pada umumnya. Kemudian bekas kupasan itu ditutup dengan media tanam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful