Rabu, 16 Maret 2011

LAPORAN KEGIATAN KOMITE KEPERAWATAN RS JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU
EVALUASI KINERJA KOMITE KEPERAWATAN RS. JIWA TAMPAN TAHUN 2009 – 2010 Komite Keperawatan Rumah Sakit Jiwa Tampan mulai di bentuk pada tahun 2008 bulan November. Pada saat itu Komite Keperawatan di Ketuai oleh Ns.Zaibah, S.Kep. Pada bulan Mei 2009 dengan dilantiknya Ns. Zaibah, S.Kep menjadi Kasie Keperawatan Jiwa, maka Ns. Rosdiar, S. Kep terpilih menjadi ketua yang baru. Ketua Komite Keperawatan Adalah : Jabatan Non Struktural di Rumah Sakit Jiwa Tampan yang dipilih dari staf fungsional keperawatan yang mempunyai tugas membantu direktur dalam meningkatkan mutu pelayanan keperawatan. Tugas pokok : Mengkoordinir anggota komite keperawatan dalam pelaksanaan tugasnya,melaporkan hasil kerja serta melaksanakan tugas-tugas lain dalam pembinaan dan pengembangan kualitas pelayanan keperawatan.      Kegiatan yang sudah dilakukan: Menyelenggarakan serta memimpin rapat komite keperawatan Mengkoordinir anggota komite keperawatan dalam melaksanakan program kerja Mengadakan rapat untuk pembentukan Tim Pengendalian Mutu Keperawatan Dan Kredensial Keperawatan Rumah Sakit Jiwa Tampan. Membuat usulan penetapan Tim Pengendalian Mutu Keperawatan dan Kredensial Keperawatan kepada Direktur dalam bentuk SK Menyampaikan aspirasi yang berkembang difungsional keperawatan kepada Bidang Keperawatan dan Direktur , antara lain dengan membuat surat permohonan pengakuan ijazah DIII Keperawatan dan Ners+ S1 Keperawatan untuk diakui dalam penghitungan jasa pelayanan dan membuat usulan tenaga keperawatan untuk mengikuti Konas Keperawatan Jiwa di Bali. Bekerjasama dengan Bidang Keperawatan untuk menyelesaikan masalah etik dan pelayanan keperawatan. Mengikuti rapat-rapat yang diadakan oleh Direktur, Bidang Keperawatan dan Bidang- bidang lain.

 

Komite Keperawatan mempunyai 3 Sub Komite: 1. Sub Komite Etik dan Disiplin Keperawatan. Yang diberi tugas dan wewenang membantu ketua komite dalam mengelola pengembangan keperawatan melalui peningkatan SDM, Etik dan dan disiplin

MPKP untuk diusulkan menjadi Katim Di Ruang MPKP Merpati RENCANA KERJA KOMITE KEPERAWATAN TAHUN 2011 1. 2009 Melakukan Evaluasi Kinerja Tenaga Perawat R. SAK Jiwa dan SAK Napza Rumah Sakit Jiwa Tampan.   Kegiatan yang sudah dilakukan : Melakukan seleksi untuk perawat yang akan ditempatkan di ruang MPKP Merpati Memberikan Rekomendasi untuk peningkatan jenjang karir perawat pelaksana yang sudah bekerja di R.  Membuat Buku Panduan Rekruitmen tenaga keperawatan  Membuat Buku Kode Etik Keperawatan Rumah Sakit Jiwa Tampan . Sub Komite Peningkatan Mutu dan Asuhan Keperawatan Merupakan Sub Komite yang diberi tugas dan tanggung jawab membantu ketua komite keperawatan dalam merencanakan program untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dengan pengelolaan SOP dan SAK serta melakukan Audit pelayanan Keperawatan. MPKP RS Jiwa Tampan 2010 3.      Kegiatan yang sudah dilakukan : Dengan Bidang Keperawatan Menyelesaikan konflik Internal Ruang Melati Melakukan Telaahan dan memberikan rekomendasi pada bidang keperawatan untuk penyelesaian kasus kelalaian yang terjadi di ruang rawat.    Kegiatan yang sudah dilakukan: Melakukan Audit Dokumentasi Keperawatan 2009 Ikut dalam Tim Pokja Akreditasi dengan membantu melengkapi pembuatan SOP. Sub Komite Kredensial Sub Komite yang diberi tugas dan tanggungjawab membantu ketua komite dalam proses kredensial terhadap perawat baru dan lama di Rumah Sakit Jiwa Tampan. Memberikan usulan untuk memperbanyak buku Kode Etik Keperawatan dan Buku tentang hukum dan malpraktik keperawatan. Membuat alur penyelesaian masalah etik Membuat Potap penanganan Etik Keperawatan 2.Tugas pokok: melakukan penelitian pembahasan dugaan pelanggaran disiplin keperawatan dan memberikan rekomendasi kepada ketua komite keperawatan tentang tindakan korektif yang diperlukan. Mendukung dan membantu kelancaran pelaksanaan Akreditasi Rumah Sakit Jiwa Tampan dengan :  Melengkapi SOP yang belum ada  Mengadakan Sosialisasi SOP secara berkala  Membuat Buku Petunjuk Pelaksanaan Indikator mutu Keperawatan  Mengadakan sosialisasi pelaksanaan indicator mutu.

 Melakukan Audit Dokumentasi per triwulan  Melakukan Evaluasi Kinerja Tenaga Keperawatan per 6 bulan 2. Mengusulkan kelengkapan format yang diperlukan untuk peningkatan mutu keperawatan. . Mengusulkan penyediaan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan kegiatan Komite keperawatan. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful