P. 1
ILMU KEALAMAN DASAR.ppt

ILMU KEALAMAN DASAR.ppt

|Views: 488|Likes:
Published by Mia Yukimura

More info:

Published by: Mia Yukimura on Aug 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/06/2014

pdf

text

original

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT KELOMPOK I (TEKNIK KIMIA) ALAM PIKIRAN DAN PERKEMBANGANNYA

Nama anggota: Adityo Pramono Choir Muizliana M.Hamsan Setiawan Noor Alifa Rahmah Norhayani Rachmad Darmawan

ILMU KEALAMAN DASAR

H1D109010 H1D109021 H1D109001 H1D109042 H1D109005 H1D109052

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA: 1. Hakikat Manusia dan Sifat Keingintahuan 2. Perkembangan Fisik Tubuh Manusia 3. Perkembangan Sifat dan Pikiran manusia 4. Sejarah Pengetahuan yang Diperoleh Manusia 5. Kesimpulan

HAKIKAT MANUSIA DAN SIFAT KEINGINTAHUAN
Manusia adalah makhluk yang lemah dibandingkan mahluk lain,namun dengan akal budinya yang sangat kuat maka manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi

HAKIKAT MANUSIA DAN SIFAT KEINGINTAHUAN
Ciri-ciri manusia:
1. Organ
tubuhnya kompleks dan sangat khusus, terutama otaknya. 2. Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat. 3. Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar. 4. Memiiliki potensi untuk berkembang biak. 5. Tumbuh dan bergerak. 6. Berinteraksi dengan lingkungannya. 7. Sampai pada saatnya mengalami kematian. MENU

PERKEMBANGAN FISIK TUBUH MANUSIA
Tubuh manusia berubah mulai sejak berupa sel sederhana yang selanjutnya secara bertahap menjadi manusia yang sempurna. Perkembangan tercepat terjadi pada saat kelahiran sampai remaja. Perubahan fisik yang sangat nyata terjadi pada saat puberitas yang ditandai diantaranya dengan tanda kedewasaan. Bimbingan yang baik oleh orang tua dan lingkungan akan membawa dampak yang baik pula pada anak. Pada usia 2-7 tahun rasa ingin tahu makin besar dan pada masa remaja merupakan masa pertentangan dengan dirinya maupun dengan orang dewasa.

Apakah kita menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi pada kita merupakan hasil dari buah pikir kita.

Mengapa……?

Karena tubuh kita ini hanyalah menjalankan perintah dari pikiran yang kemudian akan direspon oleh alam semesta dengan feedback yang sama. Dapat diibaratkan hidup itu seperti sebuah gema.

MENU

PERKEMBANGAN SIFAT DAN PIKIRAN MANUSIA

Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman,tetapi sering upaya itu tidak terjawab secara memuaskan,hingga muncul mitos-mitos dan kepercayaan.

Oh,gitu ya prof,Tapi seperti apa sih contoh konkretnya,misalnya dalam kehidupan sehari –hari,Jhon bingung?

Timbul pertanyaan….

Begini,misal ada seorang ibu yang sangat menyangi anaknya. Karena kekhawatiran yang berlebihan,maka sang ibu menasehati anaknya,”Nak,kalau udah senja jangan keluar rumah ya,karena banyak roh halus yang berkeliaran,nanti kamu diculik lo” Sang anak yang masih lugu pun tunduk akan nasihat ibunya,sehingga kelak dia menginjak dewasa,anak itu tumbuh menjadi seoarang yang penakut & pengecut.

Mengapa bisa begitu prof?
Hukum pikiran bersifat universal dan berlaku untuk siapa saja, baik
anak-anak atau orang dewasa, yakni you are what you think, Anda adalah apa yang Anda pikirkan! Maka, apa yang kita pikirkan, itulah yang akan terjadi. You are what you believe, Anda adalah apa yang Anda percayai! Karena itu, kalau yang kita tanamkan ke dalam pikiran kita setiap hari adalah hal-hal yang negatif, dampaknya akan destruktif atau merusak. Sebaliknya, kalau baik dan positif sifatnya, tentu dampak dalam kehidupan kita akan menjadi positif dan konstruktif

Bagaimana jika mengembangkan perkembangan otak bayi agar kelak mereka mempunyai daya intelegensi yang kuat nantinya:
 Lingkungan yang aman dan
nyaman, adalah lingkungan yang sangat dibutuhkan dalam proses perkembangan otaknya dan berilah respon saat bayi sedang menangis maupun sedang mengoceh;

 Pengalaman positif, adalah

pengalaman yang diterima setiap hari sangat membantu perkembangan otak anak, antara lain, pengalaman kegiatan bersama anak, kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengajak anak ke pasar atau ke toko sangat penting untuk pembentukan jaringan perkembangan sel otak.. MENU

SEJARAH PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH MANUSIA

Perkembangan lebih lanjut dari rasa ingin tahu manusia ialah untuk memenuhi kebutuhan non fisik atau kebutuhan alam pikirannya, untuk itu manusia mereka-reka sendiri jawabannya.

Sejarah Pengetahuan yang Diperoleh Manusia

A. Comte menyatakan bahwa ada tiga tahap sejarah perkembangan manusia, yaitu tahap teologi (tahap metafisika), tahap filsafat dan tahap positif (tahap ilmu). Mitos termasuk tahap teologi atau tahap metafisika. Mitologi ialah pengetahuan tentang mitos yang merupakan kumpulan cerita-cerita mitos. Cerita mitos sendiri ditularkan lewat tari-tarian, nyanyian, wayang dan lainlain.

Ada beberapa tokoh Yunani yang memberikan sumbangan perubahan pemikiran pada waktu itu.

Siapa saja mereka?

Anaximander, langit yang kita lihat adalah setengah saja, langit dan isinya beredar mengelilingi bumi ia juga mengajarkan membuat jam dengan tongkat. Anaximenes, (560-520) mengatakan unsur-unsur pembentukan semua benda adalah air, seperti pendapat Thales. Air merupakan salah satu bentuk benda bila merenggang menjadi api dan bila memadat menjadi tanah. Herakleitos, (560-470) pengkoreksi pendapat Anaximenes, justru apilah yang menyebabkan transmutasi, tanpa ada api benda-benda akan seperti apa adanya.

Pythagoras (500 SM) mengatakan unsur semua benda adalah empat : yaitu tanah, api, udara dan air. Ia juga mengungkapkan dalil Pythagoras C2 = A2 + B2, sehubungan dengan alam semesta ia mengatakan bahwa bumi adalah bulat dan seolah-olah benda lain mengitari bumi termasuk matahari.

Demokritos (460-370) bila benda dibagi terus, maka pada suatu saat akan sampai pada bagian terkecil yang disebut Atomos atau atom, istilah atom tetap dipakai sampai saat ini namun ada perubahan konsep.
Empedokles (480-430 SM) menyempurnakan pendapat Pythagoras, ia memperkenalkan tentang tenaga penyekat atau daya tarik-menarik dan data tolak-menolak. Kedua tenaga ini dapat mempersatukan atau memisahkan unsur-unsur. Plato (427-345) yang mempunyai pemikiran yang berbeda dengan orang sebelumnya, ia mengatakan bahwa keanekaragaman yang tampak ini sebenarnya hanya suatu duplikat saja dari semua yang kekal dan immatrial. Seperti serangga yang beranekaragam itu merupakan duplikat yang tidak sempurna, yang benar adalah idea serangga.

Ini bagan pikiran Manusia menurut Joseph Murphy.

MANUSIA

PIKIRAN PIKIRAN SADAR
PIKIRAN TAK SADAR

MENU

Apakah yang perlu dihindari jika kita ingin menjadi orang sukses:
• MENYALAHKAN ORANG LAIN. • MENYALAHKAN DIRI SENDIRI. • TIDAK PUNYA GOAL /CITA• • • •
CITA. MEMPUNYAI "GOAL", TAPI NGAWUR MENCAPAINYA. TERLALU CEPAT MENYERAH. BAYANG-BAYANG MASA LALU. MENGHIPNOTIS DIRI DENGAN KESUKSESAN SEMU
JALAN ORANG SUKSES MAJU MELESAT KE DEPAN.

• MENGAMBIL JALAN PINTAS
• •

(SHORTCUT). MENGAMBIL JALAN TERLALU PANJANG, TERLALU SANTAI. MENGABAIKAN HAL-HAL YANG KECIL.

MENU

Gimana caranya:
Jadi kalo Anda mempunyai impian, yakinlah bahwa impian Anda pasti bisa terwujud, cepat atau lambat. Kalau Anda membangun bisnis, yakinlah bahwa Anda pasti bisa mewujudkan bisnis seperti yang Anda inginkan. Jangan hiraukan logika Anda bahwa ini tidak mungkin itu tidak masuk akal dan sebagainya. Tetaplah fokus dan yakin, maka Tuhan dengan melalui system yang paling canggih di alam semesta ini akan membukakan jalan sesuai logika Anda dan mewujudkan keinginan Anda.

MENU

Ada beberapa orang yang sukses mewujutkan impiannya,walaupun sebelumnya itu mustahil,seperti: • Wright bersaudara yang

sukses mewujudkan impian mereka untuk membuat pesawat terbang, padahal keyakinan umum orang waktu itu tidak mungkin ada benda yang lebih berat dari burung bisa terbang. • Thomas Alva Edison yang walaupun ratusan kali gagal, namun karena dia tetap yakin bahwa dia bisa menemukan lampu pijar akhirnya betulbetul bisa menemukan lampu pijar.

• Kolonel Sander yang

yakin ayam gorengnya akan laku keras meskipun ditolak ribuan kali, tetapi karena dia sangat yakin akhirnya terwujudlah Restoran Cepat Saji KFC yang sekarang tersebar di seluruh dunia. Etc.
MENU

KATA-KATA MUTIARA:
• Ketakutan hanya ada di pikiran kita,
gunakan pikiranmu untuk hal-hal yang baik, maka engkau akan membuat segalanya menjadi baik, indah, dan membahagiakan.

MENU

DEMIKIAN PERSENTASI DARI KAMI
ATAS SEGALA KEKURANGAN MOHON MAAF…

SAMPAI JUMPA DILAIN KESEMPATAN……
WASSALAM……..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->