P. 1
Laporan 7 Instalasi & Jaringan Komputer

Laporan 7 Instalasi & Jaringan Komputer

|Views: 134|Likes:
Published by nexa louren

More info:

Published by: nexa louren on May 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2011

pdf

text

original

LAPORAN PRATIKUM INSTALASI JARINGAN KOMPUTER “ PC ROUTER“

Oleh :
NE GS A LOUR EN ZE BUA 917 23 / 07 PE ND . T EK NI K I NFO RMA TI KA K OM PU TE R

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2009
1

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

LAPORAN
A.TUJUAN
1. Mahasiswa memahami konsep routing yang benar. 2. Mahasiswa memahami apa yang terjadi pada router(Perangkat Routing). 3. Melakukan installasi dan konfigurasi dari PC yang dijadikan router (PC router ).

B.ALAT DAN BAHAN
1. Komputer pribadi (PC ) untuk dijadikan server(PC Router). 2. Komputer pribadi (PC) untuk dijadikan klient 3. Kabel UTP yang sudah terpasang 4. 2 buah NIC (Network Interface Card) 5. SIstem Operasi (versi Windows Server 2003) 6. HUB / Switch

C.TEORI SINGKAT
Routing (Perutean) merupakan cara bagaimana suatu trafik atau lintas dalam jaringan dapat menentukan lokasi tujuan dan cara tercepat menuju ke tujuan tersebut sesuai dengan alamat IP yang diberikan.

Perutena secara static terbagi 2jenis : 1. Default Geteway untuk desain route sederhana. 2. Static Route untuk desain route yang komplek. Penggunaan Default geteway dan static route tersebut diatas dapat kita perhatiakan sesuai dengan kebutuhan kita pada saat mendesain suatu jaringan , apakah route yang dibuat agak kompleks atau sederhana.

Untuk desain route sederhana kemungkinan besar dapat digunakan dengan menggunakan default geteway. Tetapi seandainya kondisi

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

1

jaringsan sesudah begitu kompleks dapat kita menggunakan routing static atau route pada titik – titik tertentu.

Table routing terdiri atas entri – entri rute dan setiap entri rute terdiri dari IP Address, tanda ubtuk menunjukan ruuting langsung atau tidak langsung, alamat router dan nomor interface, lihat pada table routing berikut :

Konfigurasi dan Aplikasi PC router PC Router adalah personal Computer ( PC ) yang digunakan sebagai Router (routing) biasanya yagn digunakan adalah PC – Multihomed yaitu computer yang memiliki lebih dari 1 NIC (Network Interface Card ).

D.LANGKAH KERJA
1. Konfigurasi PC Router dengan Default Geteway Siapkan 2 buah computer ysng memiliki 2 buah NIC yang ada di dalamnya dan menggunakan System Operasi Windows 2000 atau 2003 server (PC multihomed) 2. Siapkan juga 3 buah computer sebagai kilen dari PC router dengna spesifikasi terserah anda (Windows 98, Me, 2000, atau XP ) 3. Komputer diset sedemikin rupa sesuai gambar, maka langkah selanjutnya pada PC Router konfigurasi IP Address seperti gambar dibawah ini.

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

1

lalukan pengisian alamat sesuai dengan IP Address yang disediakan. Danyang paling pentinga antara computer server dengan computer kliant

4. Kemudian jalankan servicerouting yang ada pada administration tool pada Windows 2000 server atau Windows 2003 server. Dengan langkah : a. Pada windows buka Start  program  Administrative Tools  Routing and Remote Access.

b. Kemudian pilih Custom Configuration.

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

1

c. Pilih LAN Router dan NEXT.

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

1

5. Buka windows Routing and remote Access.

6. Aktif Router dan Romote Access dengan cara mengklik kanan Server dan klik “ configure and Enable Routing and Remote Access”.

7. Setting IP Address hanya dengan 1 NIC untuk konfigurasi PC-Router. 8. Setelah konfigurasi PC-Router lakukan konfigurasi computer klient sesuai dengan IP Address yang sesuai prosedur.contoh sebagai berikut :

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

1

E.HASIL
Apabila langkah – langkah di jalan kan dengan benar maka, kita telah dapat melakukan komunikasi jaringan antara LAN dengan LAN ataupun antara LAN dengan WAN, tentu saja akan dapat terhubung dengan internet.

F. KESIMPULAN
Dari praktikum yang dilakukan, telah didapat hasil bahwa, untuk melakukan komunikasi antar jaringan local ataupun dalam cakupan luas, maka router dan PC router sangatlah membantu sebagai penghubung

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

1

yang baik. Apabila kerja router sesuai dengan prosedur dan baik maka komunikasi jaringan akan berjalan dengan baik. Teknik yang digunakan ada 2 cara, antara lain dengan Default getway dan Static Route.

*****

By : NEGSA LOUREN ZEBUA / 91716-2007/ PTI

1

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->