Pendapat saya berdasar pengalaman aja sich. Untuk Avanza Xenia : 1.

Penggunaan dalam kota dg 2 penumpang, depan 28-30 dan belakang 32 psi. 2. Penggunaan dalam kota dg 4 penumpang, depan 30-32 dan belakang 32 psi. 3. Penggunaan luar kota dan atau dalam kota dg penumpang > 4 dan atau membawa bagasi ( koper dll ) sprti saat mudik, depan 32 dan belakang 35 psi. lebih dari setahun yang lalu Umumnya masa pakai ban adalah antara 55.000 - 75.000 Km, tergantung dari jenis compound dan perawatan ban itu sendiri. Agar maksimal, jaga tekanan angin pada kondisi ideal sesuai spesifikasi kendaraan anda serta periksa tekanan angin setiap 1 minggu sekali di pagi hari. Gunakan alat ukur tekanan Ban, jangan memperkirakan dengan penglihatan visual dari fisik bannya saja. kalo untuk velg Ring 17 dengan ukuran ban 215/45/R17 dengan ketebalan ban 45 baiknya ukuran angin berapa ? soalnya ban tipis itu ada yang kasih tips kalo sebaiknya lebih keras dari stdnya.. karena untuk melindungi velg.. maupun bibir velg.. mohon pencerahannya @Ari: Untuk informasi tips yang bapak dapatkan bahwa ban tipis harus dikasih / diberi tekanan lebih keras, itu cukup beresiko tinggi dan dapat menyebabkan ban pecah. Sebaiknya tekanan bannya harus sesuai dengan type ban tersebut (infonya dapat dilihat pada ban). Tekanan standar ban tipis biasanya berkisar antara 30-32 psi, atau boleh naik 2 angka menjadi 32-34 psi. Tujuannya agar tetap bisa meredam benturan sehingga velg tetap aman. klo pakai gas nitrogen, apakah tekanannya tetap sesuai dengan petunjuk yg di pintu ? avanza 1.5 S depan 31 psi, belakang 35 psi. kmarin baru ganti ke n2 malah diisi depan 28 psi & belakang 30 psi, katanya biasanya sgitu. Tq

SEMARANG TIRE GUARD® adalah sebuah formula yang didesain secara khusus untuk melindungi ban kendaraan agar tidak kempes jika tertusuk paku atau benda tajam lainnya pada saat ban sedang berputar. SPESIFIKASI PRODUK 2. PETUNJUK PEMAKAIAN 3. # Kemasan : ~ Kotak Kertas Ukuran 5 x 5 x 15 cm ~ Botol dengan volume 1 botol = 200 ml . dan dapat diaplikasikan baik pada ban dalam maupun ban tubeles.SUB MENU : 1. TROUBLE SHOOTING 5. SPESIFIKASI PRODUK Merk Dagang : TIRE GUARD ® Produk dari : PT. TIPS PEMAKAIAN 4. baik dalam kecepatan rendah maupun tinggi. FAQ (FREQUENTLY ASKED QUESTIONS) 1. kecuali ban tersebut sobek / meletus. PERSADA ABADI . TIRE GUARD® menjaga ban tidak kempis dalam waktu yang lama tanpa perlu menambal bagian yang tertusuk. TIRE GUARD® dengan aman melindungi ban walaupun tertusuk beberapa kali tanpa harus mengganti atau menambalnya.

Ketika roda kendaraan kita melindas sesuatu yang tajam hingga bocor. 15 dan 16 Section Width dan Sidewall Aspect Ratio : Maksimal 80% CARA KERJA TIRE GUARD® : Jika TIRE GUARD® sudah dimasukan ke dalam ban (tube/tubeless) melalui lubang pengisian angin (lubang pentil). 26 & 28. 20. Section Width dan Sidewall Aspect Ratio : Semua Ukuran 1 Ban Sepeda Motor : 1 botol (200 ml) Rim Sizes (inch) : 8. maka gaya centrifugal dari rotasi ban yang berputar akan mendorong cairan TIRE GUARD® ke bagian lubang hingga membentuk flokulan yang secara spontan menutup kebocoran tersebut. ditambah dengan tekanan angin dalam ban yang fluktuatif akibat roda berjalan di permukaan jalan yang tidak rata. # Kelebihan TIRE GUARD® dibanding produk lain : . 14. 12. 17. Flokulan yang terbentuk akan semakin kuat seiring dengan adanya gaya sentrifugal dan sentripetal. 12. 19. 10. Proses penutupan lubang kebocoran ini berlangsung dalam waktu cepat dan sangat sedikit angin yang terbuang dalam proses ini. 22. 18. 18. 14. 20 dan 21 Section Width dan Sidewall Aspect Ratio : Semua Ukuran 1 Ban Mobil 2 botol : (400 ml) Rim Sizes (inch) : 8. 13. 10. 21. 24. sebaiknya langsung dibilas dengan air dan sabun Cepat bereaksi membentuk flokulan menutup bagian ban yang berlubang # Ukuran Pemakaian :          1 Ban Sepeda : 1/2 botol (100 ml) Rim Sizes (inch) : 8. 19. 15. 13. 23. Dalam kondisi kendaraan berjalan.~ 1 Dus berisi 25 botol # Kelengkapan Isi (tiap kemasan 1 botol) : ~ 1 buah selang pengisian ~ 1 logam pembuka tutup pentil ~ 1 lembar petunjuk pemakaian # Karakteristik bahan TIRE GUARD® :        pH pada saat pengemasan 7-8 Tidak mudah terbakar Stabil pada segala temperatur di dalam ban Beracun jika masuk dalam saluran pencernaan Larut dalam air dan mudah terurai di alam Sekalipun tidak berbahaya jika terkena kulit. maka setelah dijalankan kira-kira 3-5 km. 13. 15. 14. 17. 12. akan melumasi bagian dalam ban dan membentuk lapisan yang melindungi ban dari dalam. lubang akan tertutup sempurna dalam waktu kurang dari 3 detik. 10.

Dapat langsung diisikan pada ban yang sudah terlanjur kempes terkena paku. tetapi cukup langsung diisi angin. dan 10-15 menit untuk setiap ban mobil. dimana saja & kapan saja.Dapat melindungi ban dari kebocoran tertusuk paku & benda tajam. (catatan : hal ini akan berhasil baik jika kebocoran bukan berasal dari pangkal pentil yang sobek atau ban yang pecah atau meletus) Kembali ke atas 2. . sehingga tidak mudah panas. . .Paku atau benda tajam yang tertancap pada ban dapat langsung dicabut dan lubang tertutup secara otomatis (Automatic Sealant) . # Kelengkapan Isi (tiap kemasan 1 botol) : ~ 1 buah selang pengisian ~ 1 logam pembuka tutup pentil ~ 1 lembar petunjuk pemakaian Maka yang perlu disiapkan hanya pompa angin/kompresor saja. dapat dilakukan oleh siapa saja. .        Made in Indonesia Dapat digunakan untuk jenis ban tubeless dan ban dalam Dapat digunakan untuk ban sepeda. .Dapat diisikan langsung ke ban yang sudah bocor di jalan (kempes) tanpa harus ditambal secara manual. sepeda motor dan mobil Cara penggunaannya mudah dan efisien Kualitas terbukti dan teruji Life time yang lama (seumur ban atau 1-2 tahun) Tidak mengandung resiko kerusakan atau efek negatif lainnya pada komponen roda kendaraan (ban dan velg) Harga terjangkau untuk masyarakat luas # Manfaat TIRE GUARD® : .Dapat menghemat pengeluaran untuk menambal ban atau pembelian ban baru. . Hanya mebutuhkan waktu 5 menit untuk setiap ban motor.Melindungi ban secara maksimal terhadap tebaran paku atau benda tajam di jalan raya. termasuk modus kejahatan “Tebar Paku”.Menjaga kelembaban ban. PETUNJUK PEMAKAIAN Sangat mudah. dan segera bisa langsung diisi angin tanpa harus menambal atau ganti ban.

TIPS PEMAKAIAN  Segera cabut paku atau benda tajam yang tertancap pada ban dan posisikan bagian yang terkena paku di bawah. .Kembali ke atas 3.

(catatan : hal ini akan berhasil baik jika kebocoran bukan berasal dari pangkal pentil yang sobek atau ban yang pecah (meletus)       Kembali ke atas 4. . sehingga flokulan yang terbentuk tidak sempurna. Namun demikian. jadi anda punya banyak waktu untuk mencari tempat pengisian angin. Jika masih ada kebocoran. Saat mencabut paku.Sebaiknya cabut paku saat akan melakukan perjalanan. dan posisikan ban yang terkena paku di bawah . dengan tekanan tinggi (minimal sama dengan tekanan standar yg dianjurkan pabrikan ban) 3. dapat menimbulkan efek kapilaritas. putar roda beberapa kali perlahan-lahan sambil sesekali lubang yang bocor dipukul atau diketuk dengan palu (pemukul). berikut tips cabut paku yang benar : . Sebaiknya cabut paku pada saat akan melakukan perjalanan. dapat kita cabut sendiri paku/benda tajam tsb. Setelah kita mengetahui ada paku/benda tajam yang menancap pada ban. goyangkan paku perlahan-lahan sambil ditarik. tetapi cukup langsung diisi angin. Pemakaian pada ban yang sebelumnya pernah ditambal namun kurang sempurna. setelah itu kendaraan dijalankan minimal 1-2 km. Jika tekanan angin berkurang (agak kempes) segera tambah angin.Segera cabut paku atau benda tajam yang tertancap pada ban. TIRE GUARD® tidak dapat berfungsi secara maksimal jika ban dalam kondisi sobek besar setelah terkena paku atau benda tajam. (proses ini dapat dilewati / skip) Posisikan lubang tsb di bagian bawah. dengan demikian proses penyumbatan berlangsung lebih sempurna.Saat mencabut paku. 2. untuk memberi kesempatan TIRE GUARD® "masuk" ke dalam lubang tsb. setelah itu kendaraan dijalankan minimal 12 km. sobek di bagian pentil atau bagian atas lainnya (sekitar velg). agar proses penyumbatan berlangsung lebih sempurna karena flokulan akan terbentuk semakin kuat seiring dengan adanya gaya sentrifugal dan sentripetal. Hal ini mungkin terjadi karena proses flokulasi belum terbentuk sempurna karena berbagai kondisi. goyangkan paku perlahan-lahan sambil ditarik dan jika masih ada kebocoran putar roda beberapa kali perlahan-lahan. ditambah dengan tekanan angin dalam ban yang fluktuatif dalam waktu tersebut. jangan khawatir karena kasus seperti ini jarang terjadi dan penurunan tekanan angin berlangsung aangat lambat. dan biarkan selama 2-3 menit. . Jika beberapa waktu (jam . segera lah tambah angin. Trouble Shooting Saat Ban Kena Paku atau Benda Tajam : 1. TIRE GUARD® tidak dapat berfungsi secara maksimal jika kebocoran berasal dari posisi samping atas.hari) terjadi penurunan tekanan angin pada ban. TIRE GUARD® dapat diisikan langsung ke ban yang sudah bocor di jalan (kempes) tanpa harus ditambal secara manual.

Kemudian berjalan 1-2 km lalu perhatikan apakah terjadi kebocoran ? . kalau tekanan angin berkurang segera tambah lagi angin sampai tekanan tinggi. 2. Hal-hal penting yang harus diperhatikan selama menggunakan TIRE GUARD® :       Selalu jaga tekanan angin ban dalam kondisi tekanan normal sesuai ketentuan pabrikan ban. 5. FAQ (FREQUENTLY ASKED QUESTIONS) Bagaimana Cara Menguji atau Demonstrasi Kualitas TIRE GUARD® ? TIRE GUARD® didesain bekerja menutup lubang pada saat kendaraan sedang berjalan. Semua proses ini berjalan secara bersamaan pada saat kendaraan berjalan. kita telah menciptakan kondisi yang baik dan benar untuk TIRE GUARD®bekerja menambal/menutup kebocoran dengan kuat. dimana ada gaya sentrifugal. karena ketika ban diam. Demo yang benar adalah : 1. Tancapkan paku di sebuah papan dengan bagian yg tajam mengarah ke atas. atau dengan perjalanan 10-20 Km. Tidak mengikuti petunjuk pemakaian yang ada dalam kemasan dengan benar. tekanan berulang dan beban.4. Saat proses 3 & 4 diatas. Jangan menusuk paku ke ban dengan sembarang posisi. Lalu lindas dengan ban kendaraan yang sudah terisi TIRE GUARD® . sobek di bagian pentil dan bagian atas sekitar velg. kita pantau apakah ada angin yg keluar atau tidak. kendaraan kita dijalankan selama 2-3 km (persis sama dengan langkah terakhir saat kita pertama mengisi TIRE GUARD®) 7. Ditambah dengan panas yang ditimbulkan karena gesekan dengan jalan/aspal. Kebocoran berasal dari posisi samping atas. Kembali ke atas 5. TIRE GUARD® kurang kurang berfungsi dengan maksimal jika : Ban bocor dengan sobek besar setelah terkena paku atau benda tajam lainnya. Putar-putar ban sebanyak 5-10 putaran. 4. Sudahkah simulasi dilakukan dengan tepat ? Sebelum melakukan demo. 3. selesai. Demonstrasi adalah kegiatan untuk meniru (simulasi) proses di atas. biarkan TIRE GUARD® berada di dalam ban selama 1-2 hari. 6. untuk memberi kesempatan TIRE GUARD® "masuk" secara merata ke dalam lubang tsb. tujuan nya memberi kesempatan TIRE GUARD® melapisi dengan sempurna ban bagian dalam. TIRE GUARD® secara gravitasi berada di posisi bawah. Kalau kempes (kurang angin). terlebih setelah berjalan 1-2 hari. yang pada akhirnya penambalan TIRE GUARD® bisa permanen. kinerja TIRE GUARD® kurang optimal.

maka relatif aman terhadap kulit. 2. selama itu pula proses penambalan berjalan sempurna. Hanya mungkin warna kuning yang menempel pada kulit agak sulit hilang dalam waktu cepat.Ket : Proses penambalan akan sempurna (permanen) selama waktu 1-2 hari atau dengan perjalanan yang jauh (10-20 Km) . Harap diperhatikan. Dapat langsung diisikan pada ban yang sudah terlanjur kempes terkena paku. jumlah ukuran TIRE GUARD® yang digunakan sama ? Secara umum ukuran pemakaian TIRE GUARD® pada setiap ban adalah untuk sepeda 100ml (1/2 botol). Paku atau benda tajam yang tertancap pada ban dapat langsung dicabut dan lubang tertutup secara otomatis (Automatic Sealant) 3. . bahwa sebaiknya pembukaan tutup botol hanya dilakukan sesaat sebelum TIRE GUARD® dimasukan dalam ban. Apa saja keuntungan yang didapat dari penggunaan TIRE GUARD® ? 1. Apakah TIRE GUARD® mengandung racun ? Ya. Mampu mengatasi berapa banyak kebocoran ? Kebocoran yang bisa diatasi lebih dari 10 lubang paku. tergantung dari kondisi di lapangan. kualitas ban dan frekuensi kasus kebocoran. antara lain intensitas pemakaian kendaraan. Khusus untuk Reseller/Agen : demo tidak selalu membuat orang tertarik membeli. Berapa lama ketahanan TIRE GUARD® dalam ban ? TIRE GUARD® masih bisa berfungsi dengan baik dalam waktu 1-2 tahun (rata-rata seumur ban). 2. Maka bijaksanalah dalam memilih waktu dan tempat demo. TIRE GUARD® selalu berfungsi dengan baik. Berapa lama ketahanan TIRE GUARD® dalam kemasan ? Selama segel tutup kemasan belum terbuka. maka TIRE GUARD® masih berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama. jika masuk ke dalam saluran pencernaan. kecuali hanya bikin kagum dan pujian saja. Karena terbuat dari bahan-bahan kimia yang tidak untuk dikonsumsi oleh manusia. Apakah TIRE GUARD® aman bagi kulit ? Pada saat pengemasan pH akhir terukur rata-rata diantara 7-8. Apakah untuk setiap ban. Karena orang tidak sadar kena paku (sampai orang tersebut menemukannya). jika kena paku secara alamiah. Fakta : 1. Bagaimana jika angin yang digunakan dalam ban adalah gas Nitrogen ? Tidak ada masalah sama sekali. dan segera bisa langsung diisi angin tanpa harus menambal atau ganti ban. sepeda motor 200ml (1 botol) dan mobil 400ml (2 botol). Dapat melindungi ban dari kebocoran tertusuk paku & benda tajam. TIRE GUARD® dapat digunakan untuk jenis ban apa saja ? Bisa dipakai untuk ban dalam (tube) maupun ban tubeless. Apakah TIRE GUARD® aman bagi anak-anak ? Sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. TIRE GUARD® tidak bereaksi dengan gas Nitrogen. TIRE GUARD® ada berapa jenis ukuran ? TIRE GUARD® untuk saat ini hanya kami produksi dengan kemasan 200 ml.

walaupun kecepatan diatas 100km/jam. maka TIRE GUARD® tidak dapat dijadikan faktor penyebab ketidaksetimbangan ban mobil tersebut. sebab akumulasi cairan berada pada telapak ban. 6. 5. Dapat diisikan langsung ke ban yang sudah bocor di jalan (kempes) tanpa harus ditambal secara manual. Bagaimana bila ban terkena paku dari samping ? Formula tidak bekerja maksimal juka kebocoran berasal dari samping. Melindungi ban secara maksimal terhadap tebaran paku atau benda tajam di jalan raya. Penyimpanan TIRE GUARD® di dalam kemasan dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi keoptimalan cara kerjanya atau tidak ? Tidak. (catatan : hal ini akan berhasil baik jika kebocoran bukan berasal dari pangkal pentil yang sobek atau ban yang pecah atau meletus) Apa efek samping menggunakan TIRE GUARD® ? Sampai saat ini belum ada laporan yang berkaitan dengan efek samping dari pemakaian TIRE GUARD® Dalam jangka waktu tertentu apakah TIRE GUARD® dapat merusak ban ? Tidak. Tidak bekerja maksimal artinya masih ada kemungkinan formula bisa mengatasi kebocoran tersebut. Saat menggunakan TIRE GUARD® apakah tidak mengganggu kestabilan ban ketika berjalan ? Kendaraan tetap stabil dalam kecepatan rendah dan tinggi. Menjaga kelembaban ban. karena life time TIRE GUARD® dalam kemasan dapat betahan hingga lebih dari 1 tahun. Dapat menghemat pengeluaran untuk menambal ban atau pembelian ban baru.4. Hal ini mungkin terjadi setelah kendaraan tidak digunakan dalam waktu lama. 7. Jika kemasan rusak apakah TIRE GUARD® masih dapat digunakan ? Masih. Cairan TIRE GUARD® bisa menutup lubang pentil atau tidak ? Tidak. Saat menggunakan TIRE GUARD® apakah tidak mengganggu kestabilan ban ketika berjalan terutama untuk mobil ? Khusus untuk mobil. justru menjaga umur pemakaian ban menjadi lebih lama. TIRE GUARD® dapat bekerja pada suhu berapa ? Pada semua suhu yang mungkin terjadi di dalam ban. Bagaimana jika ada penggantian ban luar ? Ban dalam masih bisa dipakai kembali. tetapi cukup langsung diisi angin. cukup ditambah angina saja dan ban diputar di tempat 1-2 kali putaran. Jika di dalam ban TIRE GUARD® akan berbentuk apa ? Formula tetap dalam kondisi cair sebagian dan sebagian lain membentuk lapisan di dalam ban. asal pada saat penggantian angin dikeluarkan secara perlahan-lahan (posisi pentil di atas) dan setelah pentil dipasang kembali agar formula tidak . termasuk modus kejahatan “Tebar Paku”. sebaiknya ban mobil sebelum diisi TIRE GUARD® dipastikan dahulu kesetimbangan (balancing) nya. karena kalau sebelumnya memang ban mobil sudah tidak setimbang. sebab sekalipun menutup tetap pada saat pengisian angin akan terbuka kembali dan flokulan hasil bentukan dari formula hanya berfungsi seperti katup dimana angin dari dalam tidak bisa keluar tetapi angin masih bisa masuk jika dipompakan. karena yang penting adalah formula "kuning" nya. sehingga tidak mudah panas. Perlukah penambahan TIRE GUARD® saat sewaktu-waktu ban kempes ? Tidak perlu.

keamanan dan kenyamanan. itulah kapilarisasi. Mengapa ada kemungkinan penutupan lubang tidak sempurna dan bocor halus ? Ya. Apakah akan terjadi penguapan di dalam ban ? Ya secara alamiah. ditambah adanya gaya sentrifugal maka akan mendorong cairan TIRE GUARD® ke bagian lubang sehingga membentuk flokulan yang secara spontan menutup kebocoran. bukankah dari pada membeli TIRE GUARD® lebih baik membeli ban dalam baru ? Sama sekali tidak.tumpah. Akibatnya ban kendaraan dalam periode waktu tertentu berkurang tekanan anginnya secara perlahan.. akibatnya mobilitas TIRE GUARD® akan berkurang dan tekanan untuk menutup lubang juga berkurang. dan. jaga selalu normal. kuliah. jemput anak atau janji bisnis) Keringat Bercucuran .. kemudian putar lagi dan tambahkan angin secukupnya. Dari segi harga. Kapilarisasi juga mungkin terbentuk pada ban yang pernah ditambal secara kanisir. ! Rusak Penampilan . Orang yang selalu berusaha mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi seperti : Terlambat ! (kerja. Pada akhirnya flokulan yang terbentuk tidak sempurna Bagaimana sebaiknya perlakuan/perawatan terhadap ban ? Selalu perhatikan tekanan angin ban. sekolah. Takut. ! lelah . tenaga dan ketenangan pikiran. Orang yang tidak ingin menambah masalah tak terduga. Setelah dipasang kembali. jangan sampai kempes atau tekanan dibawah normal. ! (mendorong motor atau dongkrak mobil dan bongkar pasang ban) Kesal. putar roda beberapa kali putaran dan sisi angin sebagian. tapi sedikit sekali. ... Mengerikan ! (ban bocor di tempat sepi di malam hari) dan masih banyak kemungkinan buruk lain termasuk modus kejahatan “Tebar Paku”. proses flokulasi tidak terbentuk secara sempurna sehingga terbentuk lubang kapiler yang tidak bisa tertutup lagi oleh formula. Pada saat terjadi kebocoran. proses yang harus terjadi di dalam ban adalah adanya perbedaan tekanan udara yang besar antara dalan dan luar ban. sekalipun itu kecil. sebelum diisi angin. seperti : waktu. karena formula memiliki kadar keasaman (pH 7-8) yang setara dengan air biasa. Jika hal ini terjadi. maka lakukanlah langkah sederhana yaitu tusuk kembali lubang dengan paku. efeknya penutupan kurang sempurna. dimana kalau tambalan tersebut terkelupas maka tidak ada efek angin yang menerobos secara tiba-tiba (perbedaan tekanan antara dalam dan luar kecil). kemudian cabut paku dengan posisi tusukan di bawah dan putar roda/ban beberapa kali. Sebab ada hal yang nilainya lebih dari harga TIRE GUARD®. Siapa sajakah yang perlu memakai TIRE GUARD® ? Orang yang ingin merasakan keamanan dan kenyamanan berkendara.. Apakah TIRE GUARD® akan mempengaruhi velg menjadi berkarat ? Tidak.. Tetapi dalam satu kemungkinan. dan kendarai 1-2 km.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful