MODUL HUKUM AGAMA DAN MORAL KEDOKTERAN

Seorang Pria yang Sakit Dan Harus Menjalani Transplantasi

Kelompok 1

ANGGOTA KELOMPOK 1
Kadek Fabian Khamandanu Adelina Dwi Putri Ayu Ningtiyas Nugroho Fembriya Tenny Utami Indri Septiany Utami Malvin Christo Wijaya Maria Christiningrum Maulita Agustine Meikhel Alexander Wijaya Meilinda Vitta Sari Reynatta Audralia Namara Riana Rahmadhany Ricky Julianto Riza Ernaldy Riza Tafson 030.07.130 030.08.003 030.08.049 030.08.101 030.08.125 030.10.169 030.10.170 030.10.171 030.10.172 030.10.173 030.10.234 030.10.235 030.10.236 030.10.237 030.10.238

Jawa Tengah  Hobi : Olahraga dan minum jamu . Karim  Umur : 40 tahun  Jenis kelamin : Laki-laki  Pekerjaan : Pengusaha swasta  Tempat tinggal : Purwakarta.SKENARIO KASUS Identitas Pasien :  Nama : Tn.

Tn. Pasien menolak karena merasa sehat dan sakitnya hanyalah sapaan dan cobaan dari Tuhan Dokter mendiagnosa menderita GAGAL GINJAL yang cukup parah Dokter menyarankan melakukan TRANSPLANTASI GINJAL Tn. Kasim kembali pulih dan sehat . datanglah Pak Kasan menawarkan orang yang mau mendonorkan ginjalnya asal diberi imbalan Karena kondisi Tn. pasien menerima dilakukan transplantasi di Jakarta Setelah menunggu organ donor yang cocok selama 6 bulan. Kasim semakin memburuk.Kasim datang berobat ke dokter atas desakan istrinya Atas desakan keluarga. tawaran diterima dan transplantasi dilakukan Kemudian dilakukan pemeriksaan dengan cermat didukung pemeriksaan lab.

dan belum mendapat donor organ • Pak Kasan menawarkan seseorang yang mau mendonorkan ginjalnya asalkan menerima imbalan 6 .MASALAH : 1 • Tn. namun pasien menolak • Pasien merasa dirinya sehat dan sakitnya adalah sapaan dan cobaan dari Tuhan • Keluarga mendesak pasien untuk mau melakukan transplantasi ginjal 2 3 4 5 • Kondisi pasien semakin memburuk selama 6 bulan ke depan. Karim didiagnosis oleh dokter menderita penyakit gagal ginjal yang cukup parah • Dokter menyarankan untuk melakukan transplantasi ginjal.

SAKIT MENURUT WHO Suatu kondisi cacat atau kelainan yang disebabkan oleh gangguan penyakit. . intelektual dan sosial. emosional.

8:19-23) Agama Katolik : Katolik mempercayai bahwa segala Allah itu Maha Baik. (Q. melainkan dari kelalaian manusia sendiri dan konsekuensi bahwa manusia memiliki tubuh yang dapat terserang oleh penyakit akibat kelalaiannya sendiri .3.SAKIT MENURUT PANDANGAN AGAMA Agama Islam : Sakit sebagai salah satu ciptaan Allah SWT yang ditimpakan kepada manusia juga pasti ada maksudnya. Penyakit bukanlah berasal dari Allah. Demikian halnya dengan penyakit yang membawa penderitaan bagi manusia. (Kej. Salah satu hikmah Allah SWT kepada hamba-Nya adalah sebagai ujian dan cobaan untuk membuktikan siapa-siapa saja yang benar-benar beriman. Al Baqarah : 214) Agama Kristen : Penyebab utama sakit dalam agama Kristen Protestan adalah karena dosa. Rm. maka segala sesuatu yang tidak baik bukan berasal dari Allah. “Pemberontakan manusia (+iblis) terhadap Allah (dosa manusia pertama)”.S.

Agama Budha : Sakit. Bhuwana Agung atau Alam Raya maupun Bhuwana Alit atau Alam Kecil (Badan Manusia) terdiri dari unsur vata (angin).termasuk di kehidupan – kehidupan yang lalu. dan penderitaan adalah buah atau akibat dari perbuatan buruk yang dilakukan di masa lalu. cacad. Kalau unsur-unsur ini tidak seimbang baik dari dalam maupun dari luar maka akan menyebabkan penyakit.301-302) Agama Hindu : Menurut ajaran Hindu. pitta (api). . (VinayaI. kapha (air).

’’ Serta pada pasal 4. spiritual.SAKIT MENURUT PANDANGAN HUKUM Pandangan hukum di Indonesia pada pasal 1 ayat 1 UU no. baik secara fisik .” setiap orang berhak atas kesehatan” . dikatakan bahwa . maupun social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonomi. 36 tahun 2009 tentang kesehatan.mental. “ kesehatan adalah keadaan sehat.

bakteri. Tuhan bisa memakai penyakit sebagai ujian 2. dll) . Berasal dari lingkungan ( virus. jamur. Sebagai jalan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan 1. Merupakan kelalaian diri sendiri (tidak bisa menjaga kesehatan) 2. Dapat meningkatkan derajat keimanan manusia 3.PRO DAN KONTRA PENYAKIT MERUPAKAN SAPAAN DAN COBAAN DARI TUHAN Pro Kontra 1.

.TRANSPLANTASI ORGAN Definisi : Transplantasi organ adalah transplantasi atau pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain. Donor organ dapat merupakan orang yang masih hidup ataupun telah meninggal. atau dari suatu tempat ke tempat yang lain pada tubuh yang sama. Tujuan : Transplantasi ini ditujukan untuk menggantikan organ yang rusak atau tak befungsi pada penerima dengan organ lain yang masih berfungsi dari donor.

kelainan pemb. kelainan ginjal Donor Sudah Meninggal • Mati batang otak .SYARAT MENDONORKAN ORGAN Donor Masih Hidup • • • • • • Usia > 21 tahun Sehat mental dan fisik HLA sama atau mirip Golongan darah sama Tekanan darah normal Tidak ada penyakit penyerta.kanker. seperti DM.darah.

ASPEK HUKUM TRANSPLANTASI UU No. pasal 64 2. 36 tahun 2009 tentang kesehatan dicantumkan beberapa pasal tentang transplantasi yaitu: 1. pasal 65 3. pasal 192 .

Pasal 10 3. Pasal 2 2. Pasal 11 .ASPEK ETIK TRANSPLANTASI Berlandaskan dalam Kode Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI) yaitu: 1.

ASPEK AGAMA TRANSPLANTASI 1.Agama Islam : Donor Hidup • memiliki kepemilikan penuh atas miliknya • harus seseorang yang dewasa atau usianya mencapai dua puluh tahun • dilakukan atas keinginannya sendiri tanpa tekanan atau paksaan dari siapapun • Organ yang disumbangkan tidak boleh organ vital yang mana kesehatan dan kelangsungan hidup tergantung dari itu • Tidak diperbolehkan mencangkok organ kelamin Donor Meninggal • Dilakukan setelah memastikan bahwa si penyumbang ingin menyumbangkan organnya setelah dia meninggal • persetujuan bisa dilimpahkan kepada pihak keluarga penyumbang terdekat yang dalam posisi dapat membuat keputusan atas penyumbang • organ atau jaringan yang ditentukan dapat menyelamatkan atau mempertahankan kualitas hidup • dipastikan secara prosedur medis bahwa si penyumbang organ telah meninggal .

Agama Hindu • Transplantasi organ harus dilakukan atas prinsip yajna yaitu pengorbanan tulus iklas tanpa pamrih dan bukan dilakukan untuk maksud mendapatkan keuntungan material . Agama Katolik • Menurut pandangan agama Katolik sendiri transplantasi organ itu diperbolehkan sebagai amal dan tindakan cinta kepada seseorang yang membutuhkan 4. Agama Kristen • Transplantasi organ harus disesuaikan dengan tujuan dan esensinya menurut kehendak Allah 3.2. Agama Budha • Organ tubuh yang telah didonorkan pada kehidupan lampau tidak berhubungan dengan tubuh kehidupan sekarang 5.

PRO DAN KONTRA JUAL BELI ORGAN PRO Memudahkan transplantasi organ KONTRA Indonesia merupakan negara beragama Akses lebih mudah Meningkatkan kriminalitas Lebih cepat mendapatkan organ Melanggar hukum Materi/uang yang diterima sebagai imbalan Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) .

CARA MEMBERANTAS SINDIKAT JUAL BELI ORGAN 1 • Menumbuhkan partisipasi masyarakat bila melihat / mengetahui jual beli organ dan pelapor dilindungi • Pemerintah membangun badan lembaga khusus untuk organorgan transplantasi 2 3 • Sistem legal pendonoran organ dengan baik • Mempertegas sanksi hukum bila ditemukan kasus jual beli organ • Meningkatkan anggaran dana kesehatan negara • Meningkatkan promosi kesehatan 4 5 6 .

sebagai seorang dokter tetap harus memeriksa sesuai dengan prosedur. tidak adanya paksaan fisik atau tekanan psikologis. Namun tindakan yang dilakukan harus memenuhi persyaratan yang sudah ada tanpa melanggar norma hukum.KESIMPULAN Setiap orang memiliki persepsi berbeda tetang penyakit. Tindakan yang nanti akan dilakukan selanjutnya (transplantasi organ ginjal) harus berdasarkan persetujuan pasien karena setiap manusia memiliki kebebasan untuk menenukan dirinya sendiri tidak dibatasi. etika. Karim mengganggap sakit yang ia derita hanyalah suatu sapaan dan cobaan yang diberikan Tuhan. moral dan agama yang berlaku . Dalam kasus ini Tn. Tapi.

scribd. 84. Jakarta: Pustaka Dwipar. Available: http://www. Accessed on 10 January 2013 Sakit dalam pandangan islam. P. Available http://sagaislamicnet. Syamsu Z.scribd.html.com/2009/10/sakit-dalam-pandanganislam. Siswaja TD.com/doc/64089121/Definisi-SEHAT-DanSakit-Menurut-WHO. .30-2. Penuntun Kuliah Etika Profesi Medis. Accessed on: 11 January 2013 Definisi Sakit.blogspot. 2007.DAFTAR PUSTAKA      Transplantasi organ.com. Bioetik dan Hukum Kedokteran. Jakarta: Universitas Trisakti 2011 Sampurna B. Accessed on 10 January 2013 D. Wiradharma. Available http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful