KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya yang dilimpahkan kepada penulis sehingga laporan pengalaman kerja lapanganyang sederhana ini dapat penulis selesaikan tepat pada waktunya. Penulis sangat menyadari bahwa di dalam penyusunan laporan ini penulis banyak mendapatkan bimbingan dari pihak guru di sekolah maupun dari pihak industri (Inna Sindhu Beach). Pada kesempatan ini sudah sepantasnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada : 1. Yth. Ibu Kepala Sekolah SMKN 3 Denpasar (Dra. Ni Luh Yuli Astini, B.A, M.Pd) atas walctu yang diberikan kepada penulis dalam melaksanakan

Pengalaman Kerja Lapangan. Yth. Bapak/ Ibu pembimbing di sekolah atas saran-saran serta pengarahan yang telah diberikan kepada penulis di sekolah. Yth. General Manager (I Ketut Wira Negara) yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan on the job training. Yth. Executif Secretary (Ida Ayu Sukerti). Yth. Marketing Manager (I Nengah Mustika, SE.SS). Yth. Ibu Personalia (Ida Ay.u Candrawati). Yth. F&B Service Manager (I Made Adnyana). Yth. Restaurant and Bar Manager (I Ketut Suranada). Yth. Staff Inna Sindhu Beach terutama kepada seluruh staff F&B Service dan F&B Product yang telah banyak memberikan bimbingan dan bantuan selama

penulis melaksanakan trainee disana. Penulis puas telah mendapatkan wawasan dan masukan dari pihak Industri (Inna Sindhu Beach). Adapun yang diberikan adalah sebagai berikut : teknik-teknik memasak, cara pembuatannya, melayani makan dan minum tamu, dan yang lainnya.

4. 5. 6. 7. 8. 9.

Dalam penyusunan laporan ini yang masih sangat sederhana banyak terdapat kesalaharVkekeliruan, untuk itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca demi kesempurnaan laporan ini. Mudah-mudahan apeyangpenulis buat dan sajikan dalam laporan ini ada manfaatnya bagi kita semua.

Denpasar, rO ."0*"it"tll,l

Etrclctl]a frt (IWayanYffie;ftq) I rrec{e Tnnry tulah onclyaJ

ll

maka akan sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesional agar pariwisata di Bali dapat meningkat dan dapat bersaing di tingkat Internasional. kondisi perekonomian yang semakin menurun serta jumlah kunjungan wisatawan yang semakin mengurang. karena dengan adanya pelatihan ketrampilan tersebut. Pelaksanaan Praktek kerja Industri merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui lembaga-lembaga pelatihan.BAB I PENDA}I{JLUAN 1 1 LATARBELAKANG Dilihat dari perkembangan pariwisata di Bali. . Selain itu pelaksanaan Prakiek Kerja Industri ini merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan oleh setiap siswa dan siswi SMKN 3 Denpasar dengan konsekuen dan penuh tanggung jawab. sudah mengalami peningkatan yang cukup membanggakan bagi seluruh masyarakat yang ada di Bali walaupun belum secara maksimal. Dengan adanya faktor pendorong kemerosotan ekonomi yang ada saat ini seperti persaingan dunia kerja yang semakin ketat. penulis dapat secara langsung menerapkan semua ilmu-ilmu yang diajarkan disekolah agar wawasan penulis dapat lebih luas. pemerintah telah melakukan upaya seperti menggunakan potensi yang ada dengan jalan meningkatkan kemampuan dan keahlian sumber daya manusia yang ada sebagai bidang penggerak di bidang industri pariwisata seperti pada bidang jasa boga. Untuk dapat lebih menunjang pariwisata kedepannya terutama sebagai devisa Negara.

3. wawasarl pengalaman kerja. 8. 4.A}I PRAKERIN Adapun tujuan yang penulis harapkan dari adanya Praktek kerja Industri adalah sebagai berikut. Untuk menguji ataupun mengetahui sejauh mana batas kemempuan kita.Untukmelatihkemampuankerjapenulissehinggapenulisdapatmenerapkanilmu pengetahuan yang dapat di sekolah baik teori maupun praktek dengan kenyataan atau sesungguhnya yang ada di industri. 6. Untuk mengetahui situasi kerja sesungguhnya di industri. 5. disiplin waktu. Untuk memperoleh pengetahuan.i.2 1 TT]JUAN PELAKSA}IA.Agar dapat mengembangkan kemampuan berbahasa terutama bahasa inggris dalam berkomunikasi. bertanggung jawab dan mampu bekerja cepat. 2. 1. Agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang profesional. A Bagi Siswa. Agar penulis dapat mengetahui tugas masing-masing dari setiap section F&B . kreatif dan siap untuk terjun langsung dalam dunia industri. 7.2 TUJUAN KEGIATAN I. Agar penulis dapat meningkatkan disiplin kerja. dan pengembangan kemampuan diri di bidang pariwisata khususnya Food and Beverage.

Service maupun F&B Product. B. Bagi Perusahaan: L Dapat membantu pekerjaan staff kitchen dan service di Inna Sindhu Beach agar pekerjaannya menjadi lebih ringan dan cepat selesai. 2 .

2 2 TUJUAN PENYT]SI]NAN LAPORAN Adapun yang menjadi tujuan laporan ini adalah untuk mengetahui kualitas makanan yang di hidangkan pada salah satu menu A'la carte dan Set Menu di Inna Sindhu Beach.Sebagai penerapan teori-teori yang di dapat di bangku sekolah untuk menambah wawasan terhadap apa saja yang dikerjakan di Inna Sindhu Beach. Selain itu juga melengkapi syarat ketuntasan nilai bagi penulis. adalah sebagai berikut ini : A. C. . Bagi Hotel Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan berhubungan dengan pokok permasalahan yang di bahas.1. Selain itu ada beberapa lagi tujuan penyusunan laporan. Bagi Siswa Untuk mengenal dan mengetahui tugas dan tanggung jawab cook dan waitress di Inna Sindhu Beach. B. Bagi Sekolah Dengan adanya laporan ini akan menambah keanekaragaman referensi yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan untuk menambah pengetahuan yang dapat diterapkan dalam pemberian teori dalam membina siswa untuk memajukan bersama di masa yang akan dxang.

C. yang nantinya dapat digunakan untuk menyusun laporan. 4 . Metode Observasi Yaitu metode pengumpulan data dengan cara pengamatan secara langsung kegiatan di Inna Sindhu Beach. D. materi dari buku-buku yang berkaitan dengan bahan laporan. B..2 MtrTODE PENULISAN ' Beberapa metode yang digunakan dalam proses menyusun laporan ini antara lain. Metode Kajian Pustaka Yaitu penulis mengumpulkan data dengan cara membaca. mengutip . membandingkan.1. Metode Interview I wawancara Yaitu metode pengumpulan data dengan wawancara atau menanyakan langsung kepada pemilik dan juga staffkaryawan. sebagai berikut . Metode Praktikum Yaitu penulis mempraktekkan secara langsung tugas-tugasnya di industri. A.

Inggris.BAB II PE. Menurut Rumekso. .2).340/MPPT-86 adalah sebagai berikut : Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan. Hata hotel sendiri merupakan perkembangan dari bahasa Perancis. SE (2005) dalam bukunya yang berjudul "Housekeeping HotelFloor Section" menjelaskan kata hotel mulai digunakan sejak abad 18 di London. berasal dari kata Latin: hospes.I LANDASAN TtrORI 2. Saat itu yang disebut hotel adalah garni. tee7.1.LAKSANA{{ PRAKTtrK KERJA INDTJSTRI DI INNA SINDHIJ BEACH 2. sebuah rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap/tinggal untuk penyewaan secara harian.T PENGERTIAN HOTEL Menurut Agus Sulastiyono (2007) dalam bukunya menyebutkan pengertian hotel menurut Surat Keputusan Mentri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No. makan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial. dan mulai diperkenalkan kepada masyarakat umum pada tahun 1797 (Oka yoeti. mingguan. atau bulanan. hostel. KM37/PW.

Menteri Perhubungan No. 2005). 5 .Beberapa definisi hotel adalah : o Hotel adalah bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu. Pm.77). makanan. disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan berikut makan dan minum (SK. serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan. dan minuman. t0/Pw.30L/phb. dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan (Rumekso. o Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial.

Hotel menengah. kolam renang. 4. 3. Hotel memiliki fasilitas akomodasi (kamar). makan. memiliki kamar di bawah 25buah kamar. 34 / NK T03 I . Hotel besar. Km. Hotel adalah suatu usaha komersial. makan. Hotel menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada selama tamu tinggal di hotel. Hotel sedang. dan lain-lain. minum. *nt'*t) Dari pengertian hotel tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa: 1. Menteri Perhubungan No. memiliki 100 sampai 300 kamar. memiliki lebih dri 300 kamar. Hotel diperuntukkan bagi umum. 241 ltI I 1970). Hotel kecil. Menparpostel No. memiliki 25 sampai 100 kamar. Hotel mempunyai sistem pelayanan. ia tentu memerlukan berbagai fasilitas seperti telepon. mencucikan pakaian. 5. 2. dan minum. TV.o Hotel adalah perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya di dalam hotel untuk umum yang memenuhi syarat comfort dan bertujuan komersial dalam jasa tersebut (SK. . Berdasarkan jumlah kamarnya. 2. serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial (SK. o Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan/penginapan. hotel dibagi menjadi: l. 4. 3.

yaitu kamar sudah termasuk American Breakfast 2' Continental Plan (CP). c.Berdasarkan tarif kamar. yaitu sewa kamar tidak termasuk harga makan dan minum. yaitu hargakamar sudah termasuk Continental Breakfast. terdiri dari : a' Full American Plan (FAP) : harga kamar sudah termasuk makan tiga kali. 1' American Plan Hotel. lunch.Bermuda Plan.apat dikatakan sebagai suatu usaha akomodasi yang dikomersialkan dengan menyediakan fasilitas sebagai berikut . 3' European Plan (EP). 2002 . yaitu breakfast. di mana harga kamar sudah termasuk harga makanan yang telah ditentukan. hotel dibedakan menjadi. yaitu harga kamar sudah termasuk makan dua kali. Type of plan. Pelayanan penunjang lain : o Tempat rekreasi o Sarana olah raga. b' Modified American Plan (MAP).3). Hotel merupakan bagian yang integral dan usaha pariwisata yang d. dinner. dobi (laundry) Hotel atau usaha akomodasi merupakan usaha jasa pelayanan yang rumit pengelolaannya (multicomplex) dan seluruh fasilitasnya kemungkinan disediakan untuk . (Rumekso. yaitu breakfast dna lunch atau breakfast dan dinner. Makanan dan minuman 3. Jadi hanya sewa kamar saja. Kamar tidur (kamar tamu) 2. 1. Room Rate Only.

Hotel atau usaha akomodasi tersebut adalah untuk menunjang kegiatan wisatawan dalam mengunjungi daerah-daerah wisata. .umum selama 24 jam. Dewasa ini di Indonesia hotel-hotel tumbuh pesat dengan berbagai tipe dan kelas.

di hotel tentang standar fasilitas yang dimiliki oleh masing-masing jenis dan tipe hotel. Melihat arus wisatawan baik domestik atau manca negara yang mengunjungi daerah tujuan wisata cenderung terus meningkat setiap tahunnya. Tingkat pendidikan karyawasan. Dengan peraturan tersebut maka terdapat klasifikasi hotel berbintang (hotel bintang 1 s/d bintang 5) dan hotef tidak berbintang (disebut hotel melati). .2. Besar kecilnya hotel atau banyak / sedikitnya jumlah kamar tamu. . maka secara kuantitas dan kualitas perlu kiranya usaha perhotelan terus ditingkatkan. dsb.2 KLASIFIKASI HOTEL Untuk dapat memberikan informasi kepada para wisatawanJtamu yang akan menginap . maka Departemen Pariwisata melalui Direktorat Jendral Pajak Pariwisata mengeluarkan suatu peraturan tentang usaha dan klasifikasi hotel yang didasarkan pada: . . Lokasi hotel dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki o Peralatan yang dimiliki.1.

Lantai dibuat dari bahan yang kedap air dan tidak licin. 4.2. 2. . 3. Dapur dan makanan adalah sarana promosi untuk memperkenalkan budaya bangsa melalui seni kuliner khas daerah/bangsa ke internasional. 5.1. 2. mudah untuk dibersihkan dari lantai sampai plafon. Dari pengertian dapur di atas disimpulkan bahwa fungsi kitchenldapur adalah .3 PENGERTIAN DAN FUNGSI KITCHEN Menurut Drs. Tembok dapur dilapisi dengan bahan kedap air. Plafon dibuat datar dengan warna cerah. 1. Tempat mengolah makanan mulai dari bahan dasar sampai makanan siap untuk dihidangkan. Bagus Putu Sudiara. Memiliki penerangan yang cukup dan mampu menerangi ke segala arah. Ruangan dapur terpisah dari ruangan lainnya. BA dalam buku pedoman Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata Dhyana Pura (2001) disebutkan pengertian dapur sebagai berik'ut : "Kitchen is a room or other spxces (as a wall area of special building) with facilities for cooking" dengan singkat dikatakan bahwa sebuah dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan dengan ciri-ciri sebagai berikut : 1.

Selama proses memasak dimana panas dikenakan pada tnakanan. aman untuk dimakan dan merubah serta meningkatkan makanan tersebut. . memasak adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan mengolah bahan makanan melalui proses penerapan panas dengan tujuan tertentu- Menurut Buku Pedoman Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Nusa Dua Bali yang berjudul "Metode dan Prinsip Dasar Pengolahan Makanan". maka panas yang diterima oleh makanan itu akan menghancurkan dna melembutkan jaringan:laringan pada makanan itu. menurut Drs. BA (2001). more palatable. dengan demikian penghancuran jaringan ini maka makanan itu akan lebih mudah dihancurkan atau dicerna dalam perut. Pengertian memasak : Disebutkan bahwa "cooking is the application of heat to foodfor the purpuse of making it more digestable.2. safer to eat.4 PENGERTIAN MEMASAK Dalam buku Pedoman Pusat Pendidikan danlatihan Pariwisata Dhyana Pura.1 . Bagus Putu Sudiara. Tujuan memasak : o Membuat makanan itu lebih mudah dicerna di dalam perut. and to change its appearance" Yang artinya : Menerapkan panas atau api pada bahan makanan dengan tujuan membuat makanan itu lebih mudah dicerna.

dalam arlian tidak mengandung zat-zat racun dan bebas dari bibit penyakit yang mungkin menyebabkan keracunan pada perut. sakit perut dan lain sebagainya. ro .o Membuat makanan itu aman untuk dimakan Pengertian aman untuk di makan.

. o Boilling o Simmering o Blonching c poaching o Braisshing o Stewing o Steaming * Boilling Memasak dalam air mendidih yang jumlah airnya lebih banyak dari volume makanan sehingga makanan yang dimasak dapat terendam seluruhnya. 1. "Coohng by Moish Heat" (panas basah) Yaitu '. metode memasak dimana mempergunakan air. Metoda panas basah (cooking by moist heat) terdiri dari . dan sauce dalam proses memasak. kaldu. Pembakaran ini dapat merubah rasa dan aroma yang lebih sedap dan merangsang selera makan. Merubah rupa atau warna makanan yang dimasak /r'-\ / qY yang diberikan pada bahan makanan selama proses memasak juga dapat merubah warna atau rupa makanan tadi. . Meningkatkan rasa dan keenakan makanan yang dimasak Dalam proses memasak. api yang disentuh pada bahan makanan yang tidak saja menghancurkan jaringan-jaringan yang terdapat pada bahan makanan tadi. Perubahan ini mungkin menyebabkan warna makanan itu merosot lebih jelek atau menjadi lebih baik Metode memasak terdiri dari 2 metoda yaitu . .

* Simmering Memasak makanan dalam air dimana volume air lebih sedikit dibandingkan volume bahan yang direbus. . kemudian diangkat lagl * Poaching Memasak makanan dalam air mendidih dimana volume air lebih banyak dari volume bahan. * Blanching Memasak bahan makanan dengan cara mencelupkan kedalam air mendidih beberapa menit tak sampai bahan makanan itu matang.

} Deep Frying Memasak bahan makanan dengan cara menggoreng bahan makanan itu sendiri dengan . . Metode panas kering (cooking by dry heat) terdiri dari . * Roasting Memasak bahan makanan dengan panas yang tinggi dari segala arah yang biasanya dilakukan di dalam oven dan disiram dengan sauce dan minyak. c Grilling c Roasting .:.* Braisshing Memasak makanan dengan sauce atau stock dimana volume bahan keduanya sama. 2. Sleaming Memasak bahan makanan dengan menggunakan uap air. Deep Frying . Shallow Frying o Saute o Bahng * Grilling Memasak bahan makanan dengan panas radiasi tinggi yang biasanya dilakukan diatas bara api."Coohng by Dry Heat" (panas kering) Yaitu metode memasak dimana mempergunakan minyak dan non minyak dalam proses memasak. * Stewing Merebus makanan dalam air yang jumlahnya hampir sama dengan bahan yang direbus. .

* Saute Memasak bahan makanan dengan menggunakan sedikit minyak atau sering disebut dengan istilah menumis. l'L . * Shallow Frying Memasak bahan makanan dengan menggunakan minyak dimana volume minyak sama dengan volume bahan.minyak yang banyak dimana bahan makanan dapat seluruhnya tenggelam di dalam minyak tersebut.

Knife .Meja .Stockpot . Perlengkapan (Equipment) Adalah merupakan perlengkapan dapur atau peralatan besar yang membuat ruangan tersebut berfungsi sebagai dapur untuk mengolah makanan..Frying pan .dll 2.:.Ref igerator .Cutting boord .Sink (bakcucr) .Grill .Sauce pan .Oven . Adapun contoh perlengkap an (equipment) y aitu'. . Adapun contoh peralatan (utensil) yaitu : .Deep prayer . Bahng Memasak bahan makanan di dalam oven tanpa disiram dengan minyak panas dalam proses memasak Adapun peralatan yang digunakan di dalam proses memasak yang dibagi menjadi 2 yaitu : 1.Kompor . Peralatan (Utensil Adalah peralatan kecil yang dipergunakan untuk mengolah makanan.

Tray .Bowl .dll l5 ..

2. Menu merupakan bagian terpenting dr restauranl selain berguna bagi tamu di reslmtrantl. Product knowledge menu adalah pengetahuan tentang jenis-jenis hidangan.5 PENGERTIAN MENU Dalam Buku Pedoman Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata Dhyana Pura menurut Drs. Pada dasarnya menu itu hanya untuk menjual makanan dan minuman. Menu adalah daftar makanan yang disediakan untuk para tamu di restaurant atau room sentice. Seorang waiter atau waitress memerlukan menu menerangkan jenis-jenis hidangan apa yang akan disajikan. meeting room atau sesuatu yang istimewa. Mahdi Iskandar (1995) dalam bukunya yang berjudul "Teori Pengolahan Makanan Untuk Sekolah Menengah Industri Pariwisata". BA (2001) menu adalah daftar makanan dan minuman yng dihidangkan kpada tamr yang disertai dengan masing-masing harganya.1. room service. rner\\) juga berguna bagr pegawai restoran dan bagian dapur. harga hidangan. namun kadang-kadang menu juga dipergunakan untuk menawarkan fasilitas-fasilitas di hotel. catering service. dan resep hidangan. Menurut H. Fungsi Menu : Dalam usaha jasa boga atau restaurant sebuah menu mempunyai peranan sangat penting. misalnya untuk menjual banquet. Product knowledge menu ini perlu diketahui oleh seorang waiter atauwaitress. . Bagus Putu Sudiara.

baik jenisnya. 1. t4 .karena pada menu dapat diketahui berbagai jenis makanan yang mampu diproduksi oleh perusahaan tersebut. Dari segi pengolahan makanan (kitchen) menu berfungsi untuk . kualitasnya. Fungsi atau perunan menu dapat ditinjau dari tiga segi yaitu . maupun banyaknya. Sumber informasi tentang bahan makanan yang diperlukan pembelian bahan makananyang harus disesuaikan dengan bahan makanan yang diperlukan oleh menu.

termasuk linen. Dari bagian penyajian (restoran) menu berfungsi untuk . Dari segi pelanggan (costttmer) menu berfungsi sebagai sumber informasi tentang makanan yang dapat dipesan pada restoran tersebut. Menu dipergunakan juga untuk membuat pembagian tugas dan menyusun struktur organisasi pada kitchen. atau dijual kepada pelanggan. cutleries. Table d'hote Menu Adalah daftar makanan yang terdiri dari satu set atau paket yang mempunyai r5 . napkin. 2. Tamu dapat mengetahui jenis makanan beserta hrga masing-masing makanan yang tersedia sehingga tamu dapat menyesuaikan dana (uang) yang dimiliki dengan kebutuhan makan mereka Berdasarkan penawarannya menu dapat dibedakan menjadi 2. & glassw'are. Menu memberi informasi kepada pramusaji tentang produk yang akan ditawarkan. Seorang pramusaji harus mampu menjelaskan menu yang dijual di restoran. 2. A'la Carte Menu Adalah daftar makanan dan minuman yang mempunyai masing-masing harga tersendiri. l. plate. Pada A'la Carte biasanya dijelaskan pula dengan ingredient yang digunakan. Sumber informasi untuk penyiapan peralatan saji yang diperlukan. 3.Menu memberi informasi tentang peralatan yang diperlukan pembelian peralatan kitchenjuga harus menunjang atau berguna untuk mengolah makanan dalam menu. yaitu .

Sindhu Beach Hotel. bar. termasuk Catering Juanda di Surabaya dan Catering Adi Sucipto di Yogyakarta. Natour yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). disamping itu kebetulan di Bali diadakan Workshop Pata Conference yang mengambil tempat di Bali Beach Hotel-Sanur. Dan setelah terjalin hubungan diplomatic antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Belanda.2 GAMBAIL{NI UMUM TENTANG PRAKERIN 2 2.2. Hotel Bath Tretes di Jawa Timur. sesuai dengan Ketetapan Menteri Kehakiman R[. maka hotel ini bersama Bali Hotel yang berlokasi di Denpasar dijual kepada Pemerintah Indonesia pada tanggal22 Agustus 1956 dengan harga sebesar 9 juta rupiah. Hotel Garuda di Yogyakarta. hotel ini direnovasi dan ditambahkan kamarnya serta dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti restaurant. Nomor : 519713. dikelola oleh PT.1 SEJARAH HOTEL Pada awlanya hotel ini dimiliki oleh perusahaan Belanda yaitu: Konin Kolijke Peketvaar Maatsoha (KPM) yang dibangun pada saat negara kita masih dijajah oleh Belanda. Bali Hotel. Pada tahun 1974. . Dan tanggal 22 Agustus 1956 merupakan tonggak berdirinya hotel ini. Kuta Beach Hotel. dan Hotel Muara di Padang. maka semua aset/harta milik orang Belanda yang tidak bergerak (tidak bisa dibawa ke negeri Belanda) ditinggalkan. dan swimming pool untuk memenuhi keinginan pelanggan mancanegara dan domestik. dan hotel ini diberi nama Sindhu Beach Hotel. Semua hotel-hotel bekas milik Belanda yang ada di Bali seperti. dan di luar Bali antara lain: Hotel Simpang di Surabaya. Setelah negara kita merdeka tanggal 17 Agustus 1945. Hotel dibya Puri di Semarang. Hotel Darma Deli di Sumatera Utar4 Hotel Parapat di Danau Toba.

tg .Dan selanjutnya pada tahun 1991 semua hotel-hotel tersebut di atas diberikan identitas yang sama sebagai hotel-hotel di bawah bendera Natouq yaitu dengan mempergunakan nama identitas perusahaan Natour.

Amerika ({JSA). Hotel Putri Bali). Inggris. Natour dengan PT.7 Pada tanggal 19 Maret 2001 Pemerintah melakukan penggabungan PT. perancis. Australia. Canada. Setelah tragedi Kuta Oktobet 20O2 (Bom Bali) dan sampai dengan mei 2004 occupancy rata-rata hotel ini mencapai 65Yo yang umumnya terdiri atas tamu-tamu domestik (dalam rangka melakukan meeting dan liburan) dan mancanegara terutama dari Belanda. r9 . dan sumber daya manusia. operasional. Hotel Indonesia Natour (PT HIN) atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Inna Hotel Group dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan dan sekaligus melakukan efesiensi di bidang pemasaran. Afrika Selatan. dan Jepang. Hotel ini berbintang 3 dan menempati area seluas 13.700 meter persegi. menjadi perusahaan baru dengan nama PT. Hotel Indonesia International (PT HII) yang juga merupakan Badan Usaha Milik Negara (BtlMN) Dan mengelola hotel-hotel besar yang berbintang 5 dan 4 (antara lain The Grand Bali Beach. keuangan.

a.2 2 FASILITAS-FASILITAS HOTEL INNA Sindhu Beach dengan jumlah kamar dan fasilitas yang tersedia adalah sebagai berikut: 1. Meeting Room: o Paruman Agung o BatukaruI&II o Saraswati o Batur f. Purnama Bar d. Fasilitas lainnya: a. 61 kamar yang terdiri atas: .2. Restaurant Tetaring c. Kamar 107-112 danKamar 207-2I2 d. Swimming Pool: o Dewasa o Anak-anak 3. Sindhu Wing 1: Kamar 213-218 b. Jumlah kamar. Taxi Service . Mertasari Wing. PoolBar e. Matahari Beach Restaurant b.Kamar 101-106 dan Kamar 20I-206 c. Sindhu Wing 2'. a. Fasilitas yang tersedia. Batu Jimbar Wing: Kamar 131-139 2.

Water Sport o Diving o Snorckling o Fishing $ Art Shop a. Tour and Travel Agant c. Wartel e. Wood Carving e .b. Money Changer d. Silver b. Salon c.

Markrting Manager. I Nyoman Dana 8. I Ketut Suranada 7. General Manager: I Ketut Wirya Negara 2. Front Office Manager. I Nengah Mustika. Food & Beverage Manager.2 STJSLINAN ORGANISASI HOTEL 1.2.2. Executif Secretary: Ida Ayu Sukerti 20 . Chief Accountant: I Gusti Agung Sugiarta. I Made Adnyana 6. Manpower Manager.. Housekeeper. Resident Engineer: I Gusti Putu Muliarta 10. I Made Mahariyadi 9. Ida Ayu Candrawati 3.SS 4.SE.SE 5. Restauran & Bar Manager.

saudara melakukan pelanggaran sebagai berikut : a. c. d. jam per minggu. setiap hari pada waklu sebelum dan sesudah training. Tidak menggunakan name tag dan pakaian seragam pada waktu tugas. b. Terlambat tiba di tempat kerja dan atau meninggalkan tempat kerja lebih awal tanpa alasan danizin dari atasan. Berada di wilayah yang bukan merupakan tanggung jawab pekerjaan atau bermalas-malasan selama j am kerja. jadwal waktu kerja dan istirahat. Absen tanpa berita atau keterangan.2 2.6 TATA TERTIB HOTEL Inna Sindhu Beach memiliki beberapa tata tertib yang harus di taati oleh para Training dan Daily Work ( DW ). name tag. e.diantaranya sebagai berikut . Merokok selama bekerja dan atau di ruangan/tempat yang "DILARANG MEROKOK". .

f. Bermain telepon genggam pada jam kerja. g. Menggunakan kamar mandi tamu/fasilitas untuk tamu. h. Menunjukkan sifat yang tidak sopan atau bebuat asusila di areal hotel. i. Mencuri barang-barangbaik milik hotel, tamu ataupun karyawan. j Menghina/mengancam karyawanlatasan beserta keluarganya atautamu. k. Menerima tamu luar selama jam kerja l. Laporan kerja yang kotor danjenggot yang kotor. m. Sengaja atau tidak sengaja meminta uang tip kepada tamu.

x$

JOB DESCruPTTON YANG DILAKUKAN PADA

WAKTU TRAINTNG

2 Lq JOBDESCRIPTION Date / Tanggal

iI,)un

F&B PRODUCT

Activify / Kegiatan Makes strawberry spring rool, french pastry, pastry crearn and fruit satay. Makes pastry cream, pancake, fried banana, fruit ice, crab

and frenclpastry.

Makes pastry cream, pancake, waffel, apple pay, french pastry and fruit satay. Makes french pastry, tatlet, fried banana and cleaning the kitchen. Makes fried banana, apple pay, french pastry, apple tart and crab. Makes fried banana, fried pineapple and fried jackfruit,

sus, lemon pay. Day off Makes chocolate pralin, pastry cream, fruit cocktail and crab, cleaning the kitchen area. Makes pastry cream, star fruit serbet, sus, tatlet and kolek. Make pastry crearn, french pastry, tatlet, apple pay and kolek, set up dinner. Cleaning the kitchen area, makes french pastry, cream pastry, tatlet and kolek. Makes pastry cream, kolek, french pastry, and sus. Cleaning the kjtchen area. Cleaning the kitchen area. Makes sus, banana spring rool

and chocolate rool.

apple pay and kolek. fruit cocktail and crab. sus. Makes tatlet. white sponge. sus. fruit satay. Day off Makes chocolate pralin. Makes pastry cream. make tatlet. and lemon pay. tatlet and kolek. Cleaning the kitchen area. sus. . waffel and tatlet. prepare breakfast tomorrow. tatlet and chocolate spring rool.Day off Makes pastry cream. Makes french pastry. apple pay. for for Cleaning the kitchen area. Makes pastry cream. tatlet. Clear up lunch. Makes pastry cream. Makes pancake and waffel. pastry crearn. french pastry. cream pastry. Set up dinner. Makes pancake. prepare breakfast tomorrow. tatlet and kolek. star fruit serbet. fruit ice and sus.

cone. Make any kind of sandwich. Makes tuna sandwich. and guakamole. milkshake.Makes pastry cream. Frist day. chicken breast sandwich. french pastry. Make any kind of salad and sandwich and tar_ tar sauce. Cleaning the kitchen area. Cleaning the kitchen area. kolek. Cleaning the kitchen area. salad and dessert. and sus. Day off Makes dough cone. A . ham and cheese sandwich.

Makes green salad special. spaghetti . meat baritos. Makes. Makes any kind of salad. and margarita pizza. beef capasio. guakamole. makes chocolate cake and milkshake. fried rice. nuget. Makes beef burger. Makes chicken satay.carbonara and tuna sandwich. guakamole. Makes nuget. make cone and makes meat boritos. garlic bread and nacos. nacos. Day off Make viennese style. Makes caesar dressing. make . Make four cheese pizza. balinees sunrice ice cream.Makes fruit plater. and garlic bread. Makes chicken burger. nacos. Cleaning the kitchen area. Day off Makes viennese style and cup ice cream. fried noodle. Makes anykind ofpizza. fruit satay and chocolate cake. and make strawberry wipping cream. guakamole.and makes green salad and tuna sandwich. and vegetable sandwich. veef burger. and rock melon parmaham.

Make cone. Make any kind sandwich and salad. 25 .nacos and meat baritos. beef burger. matgarita pizza. sup onion. milkshake and tiramasu. Makes spaghetti seafood. Makes spaghetti carbonara. makes salmon sandwich and tuna sandwich. and meat boritos. nacos and salmon sandwich. and garlic bread. Make guakamole.

30 Agustus 2010 31 Agustus 2010 I September 2010 2 September 2010 3 September 2010 4 September 2010 5 September 20i0 6 September 2010 7 September 2010 8 September 2010 9 September 2010 10 September 2010 11 September 2010 i2 September 2010 13 September 2010 .

makes guakamole and nacos. Makes guakamole. and garlic bread. Day off Make any kind of sandwich. make cone. mix vegetable and crab meat salad. milkshake and any kind of sandwich and salad. sandwich and peta cheese salad. To make guakamole.14 September 2010 15 September 2010 16 September 2010 Makes any kind of salad. peta cheese and caesar salad. Make any kind of salad and sandwich. guakamole. pita greek. Day off To make any kind of sandwich. makes cone. cone. and cleaning the kitchen area. Make any kind of salad and sandwich. Make any kind of salad and sandwich. Makes chicken brass sandwich and tuna sandwich. and salad makes guakamole and garlic bread. Makes guakamole. make cup rasing salad. . fried rice. Cleaning the kitchen area.

and dessert and make margarita pizza. cone and spaghetti carbonara.Make fruit plates. and viennese style oce cream and cone. Makes tuna sandwich. makes balinees sunrice. Day off Ijin Ijin 2v . salad. To makes any kind sandwich. milkshake.

17 September 2010 18 September 2010 19 September 2010 20 September 2010 21 September 2010 22 September 2010 23 September 2010 24 September 2010 25 September 2010 : 26 September 2010 27 September 2010 28 September 2010 29 September 2010 30 September 2010 I Oktober 2010 2 Oktober 2010 .

Make any kind of sandwich. make club house sandwich. To clean the kitchen area. Make guakamole. make club house sandwich. andpizza. make any kind of sandwich and any kind of salad. chicken breast sandwich" ham and cheese sandwich. and pizza seafood. Make any kinf of sandwich and salad to makes guakamole and nacos. Make any kind of sandwich and salad. make any kind of sandwich and salad. make any kind of sandwich and salad. pizza. Day off Makes tuna sandwich. and salad. Make cleaning the kitchen area. .3 Oktober 2010 4 Oktober 2010 5 Oktober 2010 6 Oktober 2010 7 Oktober 2010 To clean the kitchen area. make onion sup.

Making omelette. Day off Prepare vegetable for omelette and lunch alacarte. Prepare garnish and plate for order. Prepare milk for breakfast and taking order for lunch. fried egg and scramble. Set up for breakfast tomorrow and set up for Indonesia buffet. fried egg and scramble. 27 . Making omelette. Prepare milk for breakfast and give some food and beverage for lunch.Day off Prepare garnish and plate for order. Prepare vegetable for omelette and lunch alacarte. Excuse (Mengurus Administrasi ke sekolah).

8 Oktober 2010 9 Oktober 2010 10 Oktober 2010 11 Oktober 2010 12 Oktober 2010 i3 Oktober 2010 14 Okober 2010 15 Oktober 2010 16 Oktober 2010 17 Oktober 2010 18 Oktober 2010 l9 Oktober 2010 20 Oktober 2010 21 Oktober 2010 22 Oktober 2010 23 Oktober 2010 24 Oktober 2010 25 Oktober 2010 26 Oktober 2010 .

Set up table for breakfast tomorrow and greeting the guest for some too buffet Bali nigh. . Set up table for breakfast tomorrow and give the guest afternoon tea. Make chicken burger and beef burger. Room service for breakfast and clear up in the room. Day off Set up table for breakfast tomorrow and set up for cocktail party. Greeting the guest for lunch and taking order. Prepare milk for breakfast and give the guest welcome drink. Day off Set up table for breakfast tomorrow and upcelling in the beach and pool.27 Oktober 2010 28 Oktober 2010 29 Oktober 2010 : 30 Oktober 2010 : Make chicken burger and beef burger.

Greeting the guest for come too breakfast and taking order for lunch.Make chicken burger and beef burger. DC (Sakit) DC (Sakit) Day off Set up table for breakfast tomorrow and set up for cocktail party and barbeque buffet. Day off LB . Make chicken'burger and beef burger. Prepare milk and clear up. Upcelling in the beach and pool. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin. Make chicken burger and beef burger.

1 Nopember 2010 2 Nopember 2010 3 Nopember 2010 4 Nopember 2010 5 Nopember 2010 6 Nopember 20i0 7 Nopember 2010 8 Nopember 2010 9 Nopember 20i0 10 Nopember 2010 11 Nopember 2010 12 Nopember 2010 13 Nopember 2010 14 Nopember 2010 15 Nopember 2010 16 Nopember 2010 17 Nopember 2010 18 Nopember 2010 19 Nopember 20i0 20 Nopember 2010 11 Nopember 2010 22 Nopember 2010 .

Greeting the guest for come too breakfast. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin. Day off . Upcelling and taking order for dinner.23 Nopember 2010 24 Nopember 2010 25 Nopember 2010 26 Nopember 2010 Make chicken burger and beef burger. Prepare milk for breakfast and clear up. Prepare the milk for breakfast and clear up. Make chicken burger and beef burger. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin. Set up table for breakfast tomorrow and set up for pasta night. Excuse (Upacara Agama). Make chicken burger and beef burger. Day off Set up for breakfast tomorrow and upcelling in the beach and pool.

Day off Set up table for breakfast tomorrow upcelling on the beach. Prepare milk for breakfast and taking order for lunch. Prepare milk for breakfast and clear up. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin. Set up table for breakfast tomorrow and set up for Indonesia buffet. . Prepare milk for breakfast and polishing equipment.Making boil potatoes for avocado with potatoes skin. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin. Greeting the guest for come too breakfast and give the guest some drink. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin.

27 Nopember 2010 28 Nopember 2010 29 Nopember 2010 30 Nopember 20i0 1 Desember 2010 2 Desember 2010 3 Desember 2010 4 Desember 2010 5 Desember 2010 6 Desember 2010 7 Desember 2010 8 Desember 2010 9 Desember 2010 10 Desember 2010 11 Desember 2010 12 Desember 2010 13 Desember 2010 .

Taking order for lunch and clear up. Prepare milk for breakfast and set up afternoon tea. Day off Set up table for breakfast and greeting the guest for come too barbeque buffet. Greeting the guest for come too breakfast and taking order for lunch. Cutting and serving vegetable for breakfast and making order. Day off Set up table for breakfast and give the guest cocktail party. Prepare milk for breakfast and clear up. Making boil potatoes for Avocado with potatoes skin 24. Upcelling in the beach and give the guest welcome drink. Day off Set up for breakfast tomorrow and give the guest cocktail party. Give some bread for guest and upcelling in the beach and pool. Give the guest coffee or tea and taking order for lunch. Making boil potatoes for avocado with potatoes skin 26. .Clear up and polishing. Set up table for breakfast and give the guest aftemoon tea.

50 .Prepare milk for breakfast and clear up in the restaurant.

saya telah banyak mendapatkan manfaatnya dan semoga dapat menambah SDM yang profesional dan berkualitas yang nantinya akan menjadi penerus bangsa agar dapatbersaing dalam dunia industri demi mengembangkan Pulau Bali terutama pada sektor pariwisata.1 KESIMPIJLAN Setelah lima bulan saya melakukan Praktek kerja Industri di Inna Sindhu Beach saya mengucapkan terima kasih kepada semua staffyang telah membantu saya. menu-menu yang baru. Selama mengikuti Praktek Kerja Industri di Inna Sindhu Beach banyak pengetahuan yang saya dapatkan seperti . terhitung mulai tanggal l4 Juli sampai dengan 14 Desember. 2.BAB III PENTITTJP 3. 1. maka dapat ditarik suatu kesimpulan yaitu . Semoga apa yang telah saya dapatkan kelak akan berguna di suatu hari nanti. Berdasarkan pembahasan tentang Praktek Kerja Industri yang penulis lakukan di Inna Sindhu Beach. Dengan diadakannya praktek kerja industri ini. peralatan masak yang canggih. cara memasak yang profesional dan yang terpenting adalah saya dapat mengetahui dan . Praktek Kerja Industri sangat penting dilakukan oleh para siswa karena melalui Prakiek Kerja Industri secara langsung dapat mempraktekan teori yang didapatkan di sekolah dengan keadaan yang sebenarnya di industri.

menjalankan bagaimana tugas dan tanggung jawab seorang cook dnn Waitress di Inna Sindhu Beach t+ .

keterampilan dan cara bekerj a agar bisa mendapatkan SDM yang lebih berkualitas lagi.Adapun pengalaman-pengal am an y ang dapat penuli s simpulkan. o Teori yang kita dapatkan disekolah tidak jauh berbeda dengan teori yang kita dapatkan di tempat industri. waktu maupun yang lainnya. . o Dapat meningkatkan wawasan. o Kita dapat lebih menigkatkan kedisiplinan kita. baik kedisiplinan kerja. adalah sebagai berikut : o Dengan melaksanakan praktek kerja industri ini kita dapat belajar bekerja dengan terjun langsung ke dunia Industri. Hotel maupun restoran dapat menjadi lapangan kerja yang menciptakan SDM yang mampu bersaing dalam dunia industri 31.

o Mematuhi tata tertib yang sudah ada di hotel maupun restoran yang bersangkutan. adapun saran-sarannya adalah sebagai berikut.ma baik sekolah di tempat training. Jika ada masalah yang tidak dapat di selesaikan hendaknya diselesaikan dengan pihak kekeluargaan melalui pihak sekolah maupun pihak hotel. o Selalu menjaga na.3 2SARAN Pada kesempatan ini saya ingin memberikan saran-saran kepada cara pembaca terutama teman-teman yang akan melaksanakan on the job training. 3g . o Selalu menjaga hubungan baik dengan senior. sesama trainee dan stafflain yang ada di hotel maupun restoran yang bersangkutan. . o Selalu bertanggung jawab atas segala perbuatan yang telah dilakukan dan disiplin dalam melaksanakan setiap kegiatan yang diperrntahkan. o Hendaknya memberitahukan atau mengirim surat jika berhalangan datang ke hotel atau restoran. o Selalu bertanya dan berusaha belajar jika menemui kesulitan. o Selalu mempunyai keberanian dalam melakukan pekerjaan yang di ambil atau diperintahkan oleh atasan.

2Ol0. Laporan Training PPLP Dhyana Pura 34 . 2009. 2009.DAFTAR PI]STAKA Vina Sumantini. Laporan Training SMK Negeri 3 Denpasar I Made Sumarjaya. Laporan Training SMK Negeri 3 Denpasar Mery Agustina.

Celupkan roti tawar satu persatu pada adonan agr-agar. diditrkan 2 sdt tepungmuzen4 cairkan dengan sedikit aircara Membuat : Cairkan coklat bubuk dengan sedikit susu dahulu. idihkan.Taburkan potongan nanas. angkat dari api. potong-potong 1 bungkus agar-agff bubuk 750 cc susu 150 gr coklat bubuk 1 kaleng kecil nanas kalengan. gula dan bumbu spekuk (lapis legit). kentalkan dengan campuran tepung maizen4 aduk rata . lakukan hal yang sama sampai bahan habis.LAMPIRAN. Setelah agak beku. lalu campurkan dengan sisa susu. tiriskan.ag ar-agw. Saus susu : didihkan susu kental manis dan air.LAMPIRAN Resep Agar Agar Roti Bumbu Spekuk Bahan: 8 potong roti tanpa kulit. siram dengan adonan agar-agar. potong dadu 1 cm 1 sdt bumbu lapis legit (spekuk)Saus Susu Kental Manis : 200 cc air 200 cc susu kental manis. susun satu lapis pada cetakan puding.

3t . 6. lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Tuang adonan ke dalam pirex/ pinggan tahan pffiff. 3.Puding cokelat mocca saus moccacino Bahan-bahah: 1 btrngkus agar-agff swallow (warnabening) 1 kaleng susu kental manis cokelat 5 gelas belimbing air putih (pake kaleng susunya aja nakernya) Sirup mocca sesuai selera Cara membuat: 1. 2.. Setelah jadi puding. 5. dan masukkan 1 kaleng susu kental manis cokelat kedalam adonan agar. 7.. Masukkan kembali ke dalam lemari pendingin. 10. 9. Berikan sirup mocca. Hidangkan. keluarkan dari lemari pendingin. Tuangkan saus moccacino di atas puding yang sudah jadi. 8. Panaskan di atas api sedang hingga mendidih sambil terus aduk. Setelah mendidih. Buat saus moccacino dari moccacino instant (yg biasa buat diminum) & air panas. Aduk terus hingga merata. 4. Campur I burgkus aga:agff swallow dengan air 5 gelas/ kaleng susu kental manis. angkat.

Resep Cake Mocca Lezat Bahan: l5 butir telur ( 400cc. digunakan loyang 2g cm Ayak terigu dengan baking powder. buang sisa putih telur) 200 gr terigu 250 gr mentega cair ( bisa dimix dengan butter) 350 gr gula pasir halus 2 sdm kopi instant dicairkan dengan I sdm air panas. Campurkan terigu berseling dengan campuran mentega kedalam telor kocok sambil dimixer pelan2 sampai campur. Tuang pada cetakan yang sudah diolesi margarine dan ditaburi tepung. atau sampai matang \t . Oven selama 45 . Campurkan mocca pasta dengan mentega cair. dinginkan 1 sdm susububuk I sdt baking powder 1/2 sdm emulsifier I sdm mocca pasta Cara membuat : panaskan oven suhu 350'F atau 1g0'c. kocok sampai kaku. susu bubuk sebanyak 3 kari. Kocok telur dengan gula sampai gula larut masukkan emulsifier.60 menit.

daun lemon/nipis. 2. Atur campuran salad di dalam pinggan saji. Hidangkan segera. potong dadu 100 g paprika. Sesaat sebelum di yoghurt manis atau yoghurt tawar. Dinginkan. paprik4 timun.Salad Buah Saus Yoghurt Selada Buah Saus Yoghurt Bahan: 200 g udang. Campur udang. nanas. rebus 100 g nanas. potong dadu 100 g timun. siram dengan 9e . potong dadu 50 g bawang Bombay. bersihkan. potong membulat 100 ml Yoghurt tawar/manis 5 lembar daun selada. selada dan airjeruk sajikan. potong-potong 1 sdm air jeruk lemon/nipis Cara Membuat: 1. aduk rata. bawang Bombay.

iris tipis * mayones secukupnya * saus tomat secukupnya Cara membuat Sarapan Pagi Sandwichlsi Komplit * Oles kedua sisi roti tawar dengan margarin hingga rata. buat telur ceplok * 2 lembar keju slice * 100 gr selada * I buah tomat. * Tumpuk kembali dengan satu lembar roti. dan tomat.Bahan Pembuat Sarapan Pagi Sandwich Isi Komplit * 4 lembar roti tawar * 1 sendok makan margarin untuk olesan * 2 lembar daging asap * 2 butir telur. daging asap. Sajikan 29 . * Tumis daging asap hingga kecokelatan. Panaskan grill pan. * Ambil selembar roti. telur. Susun selada. keju slice. angkat. angkat. oles dengan mayones dan saus tomat. panggang roti hingga kecokelatan.

Kukus kurang lebih 10 menit sampai adonan habis. haluskan Merica halus : 1/4 sendok teh Telurayam:2butir Daun pisang : secukupnya Cara Membuat Campur tempe. lapisi sarangan dengan daun pisang. letakkan adonan. bawang putih dan telur ayam menjadi adonan. Bentuk adonan sesuai selera (bulat. daging. kotak. Panaskan dandang.oval). tepung tapioka. jangan ditumpuk.Tempe kukus : 200 gram (dihaluskan) Daging giling : 50 gram (siap beli) Bawang putih : 2 siung. Sajikan bersama tomat dan mentimun .

. perusahaan akan mengambil tindakan yang sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku selama minimum tiga bulan.n. Mengambil/memakan makanan yang disiapkan/disediakan bagi tamu.

disobek-sobek kasar I buah apel hijau. rebus 1 buah lotus.i€ 53 ffi Salad Campur Bahan-Bahan: 250 gram atau 10 buah chicken nugget Dressing 10 1 I I buah wortel. potong kotak . rebus 5 buah buncis. potong menyerupai korek api. potong 3 cm.

Campur semua bahan dressing. aduk rata. Membuat salad campur : 1. Goreng chicken nugget. 2. angkat lalu dinginkan. cincang halus Cara Mengolah : Membuat Dressing: 1.minyak untuk menggoreng : sendok makan saus mayonais sendok makan saus cabai sendok teh peterseli. Tata sayuran dan buah dalam wadah lalu siramkan dressing saat akan disajikan 40 .

lidah asin 200 gr.potong dadu . to. potong dadu . merica 112 sdt o gula pasir 3 sdt r gar&m ll2 sdt . potong dadu . wortel 250 gr.at pasta 2 sdm o pala. bawang bombay ll2 cincang . bakso sapi 5 butir. au 500nil . bawang putih 6 siung. memarkan . potong dadu . sosis sapi 5 buah. bawang goreng 3 sdm .Resep Bahan: Sup Me . diparut I/2buah o tomat 5 buah . ayam 200 gr . kacang polong kaleng Bumbu : .

sus kering atw roti kering (pake nasi aja ah) Cara: 1. masukkan ayam lalu tuang ke dalam panci saringan tomat yg sudah didihkan masukkan semua bahan dan bumbu rebus hirgga tercampur rata dan bumbu meresap kentalkan dg bawang goreng yg diremas-remas 4t . J. 4. blender. Rebus tomat hingga lunak. 2. saring tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. 5.Pelengkap: .

. 2 sdm air jeruk nipis. I sdt garam (atau secukupnya) .* f 7Y j' Resep Masakan .Udang Asam Pedas Udang Asam Pedas.g j::' qr* 't'" F r "i nitE €flp iEi. 5 bawang merah .F. I buah tomat iris kasar . 100 gr cabe merah . minyak goreng . Bahan Udang Asam Pedas : o t/z kg udang ukuran besar .

keluarkan kotorannya. tiriskan. ratakan sampai semua udang terbalut dengan bumbu. angkat. angkat 44 . buang kepalanya. 4.Cara membuat Udang Asam Pedas : 1. masukkan udang goreng. lalu gurat punggungnya. Bubuhi air jeruk. Goreng udang dengan banyak minyak sampai matang. bubuhi irisan tomat lalu tumis sampai harum baunya. Bumbu digerus kasar-kasar. 3. Udang dicuci bersih. 2. ratakan.