P. 1
FUNGSI LOOKUP

FUNGSI LOOKUP

2.0

|Views: 3,161|Likes:
Published by dedeanjar

More info:

Published by: dedeanjar on May 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2012

pdf

text

original

FUNGSI LOOKUP

A. VLOOKUP Fungsi Rumus Contoh Soal: Ketik soal seperti pada gambar beserta tabelnya: : Untuk mencari data tertentu dari suatu tabel secara vertikal : =VLOOKUP(Nilai_Kunci;Range_Tabel;Offset_Kolom;Range_Lookup)

Penyelesaian: Rumus yang Anda gunakan pada cell D8: =VLOOKUP(C8;$C$19:$F$23;2;FALSE)

Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 100.000 yang diambil kolom ke-2 dari tabel dengan nilai kunci golongan. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data GAJI lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell E8: =VLOOKUP(C8;$C$19:$F$23;3;FALSE) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 1.500 yang diambil kolom ke-3 dari tabel dengan nilai kunci golongan. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data UANG MAKAN lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell F8: =VLOOKUP(C8;$C$19:$F$23;4;FALSE) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 10.000 yang diambil kolom ke-4 dari tabel dengan nilai kunci golongan. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data TUNJANGAN lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell G8: =SUM($D8;$F8) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 111.500 yang diambil penjumlahan antara Gaji, Uang Makan dan Tunjangan. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data TOTAL GAJI lainnya.

LATIHAN        Nama Barang diambil dari tabel 1 berdasarkan kode Bonus diambil dari tabel 2 berdasarkan kode Harga Satuan daimbil dari tabel 1 berdasarkan kode Total Harga merupakan hasil perkalian Jumlah barang dengan Harga Satuan Diskon diambil dari tabel 2 berdasarkan Kode kemudian dikalikan Tota Harga Total Bayar = Total Harga – Diskon Total Maximun, Minimum dan Rata-rata cukup jelas (gunakan fungsi masing-masing)

B. HLOOKUP Fungsi Rumus : Untuk mencari data tertentu dari suatu tabel secara horizontal : =HLOOKUP(Nilai_Kunci;Range_Tabel;Offset_Baris;Range_Lookup)

Contoh Soal: Ketik soal seperti pada gambar beserta tabelnya:

Penyelesaian: Rumus yang Anda gunakan pada cell D8: =HLOOKUP(C8;$C$18:$G$21;2;FALSE) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 65.000 yang diambil baris ke-2 dari tabel dengan nilai kunci golongan sebagai kolom. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data GAJI lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell E8: =HLOOKUP(C8;$C$18:$G$21;3;FALSE) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 1.500 yang diambil baris ke-3 dari tabel dengan nilai kunci golongan sebagai kolom. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data UANG MAKAN lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell F8: =HLOOKUP(C8;$C$18:$G$21;4;FALSE) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 10.000 yang diambil baris ke-4 dari tabel dengan nilai kunci golongan sebagai kolom. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data TUNJANGAN lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell G8: = SUM($D8:$F8) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 76.500 yang diambil penjumlahan antara Gaji, Uang Makan dan Tunjangan. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data TOTAL GAJI lainnya.

LATIHAN   Tanggal Laporan diperoleh dengan fungsi tanggal hari ini Gaji Pokok diambil dari tabel berdasarkan Gol

     

Masa Kerja =(Tanggal Laporan – Tanggal Masuk) dibagi 360 Masa kerja > 3 tahun dan agama = "Islam" maka Ket = "THR" selain itu Ket "-" Jika Ket = "THR" maka jumlah THR = 1,5 dikali Gaji Pokok selain itu jumlah THR = 0 Jumlah = Gaji Pokok + Jumlah THR Jika jumlah > 1000000 maka pajaknya = 9 % x jumlah, selain dari itu pajaknya 8 % x jumlah Diterima = Jumlah - Pajak

C. CHOOSE Fungsi Rumus Contoh Soal: : Untuk mencari data secara berurut dari tabel : =CHOOSE (Kriteria;Pilihan 1;Pilihan 2;…)

Penyelesaian: Rumus yang Anda gunakan pada cell D8: =CHOOSE(C8;$C$19;$D$19;$E$19;$F$19;$G$19) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 65.000 yang diambil baris ke-2 dari tabel dengan nilai kunci golongan sebagai pilihan pada kolomnya. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data GAJI lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell E8: =CHOOSE(C8;$C$20;$D$20;$E$20;$F$20;$G$20) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 1.500 yang diambil baris ke-3 dari tabel dengan nilai kunci golongan sebagai pilihan pada kolomnya. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data UANG MAKAN lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell F8: =CHOOSE(C8;$C$21;$D$21;$E$21;$F$21;$G$21)

Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 10.000 yang diambil baris ke-4 dari tabel dengan nilai kunci golongan sebagai pilihan pada kolomnya. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data TUNJANGAN lainnya. Rumus yang Anda gunakan pada cell G8:

=SUM($D8:$F8) Jika benar maka Anda akan mendapatkan hasil 76.500 yang diambil penjumlahan antara Gaji, Uang Makan dan Tunjangan. Selanjutnya copy ke bawah untuk mengisi data TOTAL GAJI lainnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->