P. 1
Komponen Aktif Dan Pasif

Komponen Aktif Dan Pasif

|Views: 78|Likes:
Published by Satria Al-Haq
Mengenal macam-macam komponen aktif dan pasif dalam elektronika dasar
Mengenal macam-macam komponen aktif dan pasif dalam elektronika dasar

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Satria Al-Haq on Aug 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

Komponen Aktif dan Pasif

Rizki Prasetyo 2 comments Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Elektronika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu peralatan elektronik. Elektronika ini sendiri merupakan cabang dari ilmu fisika. Sedangkan bentuk desain dari pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari Teknik Elektro,Teknik Komputer, dan Ilmu Elektronika dan Instrumentasi.

Apa itu komponen aktif dan pasif? Perlu diketahui bahwa komponen elektronika terbagi menjadi dua bagian yaitu komponen aktif dan komponen pasif. Komponen Pasif merupakan komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak membutuhkan sumber tegangan dan arus tersendiri,

sedangkan Komponen Aktif merupakan komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya perlu sumber arus dan tegangannya sendiri.

Komponen pasif itu seperti dijelaskan diatas bahwa dia tidak memerlukan sumber arus dan tegangan tersendiri saat pengoperasiannya. Contoh – contoh dari komponen pasif ini antara lain : 1. resistor 2. kapasitor 3. diode 4. relay Komponen – komponen itu tidak membutuhkan sumber arus dan sumber tegangannya sendiri saat pengoperasian. Mereka cukup mengambil arus dan tegangan dari lingkungan kerjanya, tentu saja lingkungan disini bukan berarti komponen tersebut mengambilnya dari sembarang tempat. komponen pasif yang dapat menyimpan energi juga diklasifikasikan menjadi dua yaitu komponen atau elemen yang menyerap energi dalam bentuk medan magnet dalam hal ini induktor atau sering juga disebut sebagai lilitan, belitan atau kumparan dengan simbol L, dan komponen pasif yang menyerap energi dalam bentuk medan magnet dalam hal ini adalah kapasitor atau sering juga dikatakan dengan kondensator dengan simbol C.

tranducer 4. transistor 2. IC (integrated circuit) . sensor 5. Contoh – contoh komponen elektronika yang termasuk ke golongan komponen aktif misalnya : 1.Di atas sudah dijelaskan mengenai komponen aktif bahwa komponen aktif itu harus memiliki sumber arus dan tegangannya sendiri untuk bisa beroperasi. thrystor 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->