P. 1
SOP MESIN

SOP MESIN

|Views: 41|Likes:
Published by Hironimus Ronny Abi

More info:

Published by: Hironimus Ronny Abi on Aug 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2013

pdf

text

original

Centra Produksi Bata Merah Press Noemeto-Oeste Timor Kefamenanu-TTU-NTT

SOP (STANDAR OPERASIONAL PELAKSANAAN) OPERASI & PERAWATAN MESIN.
1. Mesin Cetak Bata Merah ini terdiri dari :  Genset 26 PK  Mesin utama,Gardan & Mixer  Meja potong dan Alat potong 2. Mesin harus dipasang pada lokasi yang tanahnya padat/keras, rata dan lurus. ( perhatikan gambar ). 3. Cara menghidupkan mesin :  Pertama tama tali kipas yang menghubungkan genset dengan gardan/mesin,harus dilonggarkan dengan memutar panel kontrol serta tombol gas genset diturunkan.  Tahap kedua adalah menghidupkan mesin dengan sistem memutar engkol genset yang sudah tersedia sambil sambil menekan tombol penghidup genset.  Setelah motor genset hidup, kemudian panel kontrol kipas mesin harus diputar untuk pengerasan tali kipas.  Kemudian tombol gas dinaikan disesuaikan dengan kebutuhan gerak mesin untuk mixer. 4. Cara mematikan mesin :  Tombol gas Genset di turunkan ke level normal.  Tali kipas dilonggarkan.  Kemudian Genset dimatikan.  Dalam kondisi non aktif, tali kipas harus dilonggarkan. 5. Cara Merawat mesin :  Setiap pagi sebelum mulai operasi/kerja, seluruh perangkat mesin harus diperiksa, khususnya, tangki solar,oli gardan,gemuk, air pendingin, tali kipas, mur- baut, dll.  Tangki genset tidak boleh kosong sama sekali dari BBM  Tempat air pendingin genset harus selalu diganti secara periodik  Bagian bagian mesin harus diberi pelumas secara periodik.  Meja pemotong dan alat pemotong, harus dibersihkan dari tanah setelah selesai mencetak dan memotong.

 Minimal setiap satu bulan, seluruh bahagian bahagian mesin harus diperiksa dan dibersihkan dari kotoran kotoran tanah, serta diberi pelumas pada bahagian yang telah ditentukan.  Apabila ada alat/spare part yang rusak/aus/tidak berfungsi harus segera melaporkan kepada management untuk segera menggantinya dengan yang baru.  Hanya petugas yang telah ditunjuk yang boleh menangani operasional mesin dan perawatannya.

Noemeto, 1 July 2013 Pimpinan,

RONNY ABI Direktur

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->