HALAMAN PERSETUJUAN

Kepada YTH. Direktur PGTKI Nurul Ilmi diTenggarong

Assalamu‟alaikum wr.wb. Setelah kami teliti serta mengadakan perbaikan terhadap isi karya ilmiah saudari: Nama NIM Judul : Sriyani : 01010000036 : Memompa kecerdasan anak

Maka dengan ini kami setuju diajukan agar dapat diuji pada ujian karya ilmiah PGTKI Nurul Ilmi Tenggarong Wassalamu‟alaikum wr.wb. Tenggarong………………………… Pembimbing,

Sunarno, S.Pd.,M.Pd

MEMOMPA KECERDASAN ANAK

Oleh: Sriyani NIM. 01010000036

Telah dipertahankan didepan Tim Penguji dan dinyatakan diterima sebagai salah satu persyaratan untuk menyelesaikan Program Pendidikan Guru Taman Kanakkanak Islam Nurul Ilmi.

Tanggal, …………………….

Tim Penguji 1. …………………………….. 2. …………………………….. 3. ……………………………..

Mengetahui dan mengesahkan Direktur PGTKI Nurul Ilmi

Djuliana, S.Pd.I

2.KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam yang telah memberikan nikmat sehat. S. Akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas karya ilmiah ini. . maka saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan ini saya ucapkan terima kasih kepada: 1.Pd. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW..Pd. Kepada keluarganya dan kepada sahabat-sahabat beliau. Dengan adanya dukungan serta doa dari berbagai pihak. Selaku pembimbing yang telah berkenan membimbing dan memberikan pengarahan serta masukan demi kelancaran penulisan karya ilmiah ini. Serta semua pihak yang telah membantu saya sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini. Bapak Sunarno. 3.M. Direktur Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam (PGTKI) Nurul Ilmi Tenggarong.

pradigma semacam inilah sejatinya diubah oleh pihak orang tua dalam proses pendidikan anak usia dini. Pengekangan pengarahan menurut orang tua tidak baik untuk memompa kecerdasan anak. bahkan malah berakibat sebaliknya yakni anak-anak akan kehilangan dunianya sehingga kecerdasan anak dipasung dan dipaksa masuk dunia orang tua. dan masa remaja) pribadi dan sikap seseorang dibentuk. anak adalah dunia bermain. akibatnya bisa fatal. . Begitu juga dengan kebanyakan orang tua tidak memberikan kebebasan untuk berekspresi. bila pada masa penting itu seorang anak salah bentuk.BAB I PENDAHULUAN A. guruatau orang dewasa karena mereka mengetahui pengetahuan umum mengenai perkembangan anak. Latar Belakang Masa kanak-kanak masa yang sangat penting karena dalam rentang lima masa kanak-kanak (prenatal masa bayi dan tatih. Hal ini kerap dilakukan orang tua. masa kanak pertama. ini memang tujuannya untuk kebaikan anak. Keluarga yang selama ini masih cendrung kaku dalam mendidik anaknya pada usia kecil sejatinya diubah pola yang bebas. Bermain dan bertingkah laku sesuai dengan imajinasi banyak orang tua yang terjebak pada perbuatan peraturan yang ketat. anak sudah mempunyai dunia tersendiri yang beda dengan orang dewasa. masa kanak-kanak kedua.

B. Tujuan Memompa kecerdasan anak ialah untuk membangun dasar bagi pembelajaran masa depan anak .

Keluarga dalam hal ini adalah aktor yang sangat menentukan terhadap masa depan perkembangan anak. Bahasa Anak usia 3-5 tahun: ia dapat berbicara dengan baik. Dasar Pengertian Kecerdasan Anak 1. Dengan demikian pihak keluarga sejatinya banyak mengetahui perkembangan-perkembangan anak. Pengertian Kecerdasan Anak Kecerdasan ialah kemampuan yang dimiliki anak menyerap segala informasi yang ada disekelilingnya kemampuan otak ini tidak terbentuk begitu saja. . Perkembangan Kecerdasan Anak a. 2. Dari pihak keluarga perkembangan pendidikan sudah dimulai semenjak masih dalam kandungan. Tetapi harus dirangsang sejak awal pertumbuhan. mampu melaksanakan tiga perintah lisan berurutan dengan benar. Terutama kaum ibu. Berbagai aktivitas yang dilakukan dimasa awal pertumbuhan berperan besar dalam pembentukan struktur dan kapasitas otak. Pada saat anak masih dalam kandungan pihak orang tua harus lebih memperbanyak perkataan. senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut dan mudah dipahami.BAB II PENGERTIAN MEMOMPA KECERDASAN ANAK A. Lingkungan keluargalah tempat dimana anak berintraksi sosial dengan orang tua yang paling lama. Anak yang belum lahirnya sebenarnya sudah bisa menangkap dan merespon apaapa yang dikerjakan oleh orang tuanya. tidak heran kemudian apabila anak yang dibesarkan dalam situasi dn kondisi yang kurang membaik semasa masih dalam kandungan berpengaruh terhadap kecerdasan anak ketika lahir. perbuatan dan tindakan-tindakan yang lebuih edukatif.

3. Berlari. seperti kue dan cacing. Meniru melipat kertas satu kali 6. 2. “karena”. mungkin mempunyai kosa kata yang terdiri dari 900 kata (3 tahun) 4. “mengapa”. Anak usia 3-5 tahun menunjukkan ketertarikan dengan perasaan dan memilih aktivitas 9yang lebih khusus (warna. Mengenal tulisan sederhana. berpakaian. 3. Dan mempunyai ciri yang: 1. kosa kata bisa mencapai 3000 kata (5 tahun) b. menyisir rambut. melompat. bentuk. Menggambar kepala dan wajah tanpa badan (3 tahun) 8. bau. dan keseimbangan. (umur 5 tahun/ berlari. Mungkin memiliki kosa kata sebanyak 1500 kata (4 tahun).Menyebut nama panggilan orang lain. Banyak bertanya. seperti “bagaimana adik dilahirkan?” Mengerti bentuk pertanyaan dengan menggunakan “apa”. ketenangan keterampilan gross motorik berkembang. mandi. Mneniru membuat garis tegak. “tetapi”. “bagaimana”. datar dan lingkaran 7. “kapan”. Belajar menggunting dan membuat buku cerita dengan gambar tempel 9. 4. mamanjat. Ia dapat mengoles mentega dan roti 2. dapat menggunakan kata sambung misalnya “dan”. Motorik Halus Ciri-ciri dari motorik halus yang dilakukan oleh seorang anak: 1. rasa. Dapat menyalin lingkaran dan bujur sangkar 10. dan berat) .mencuci dan melap tangan. 11. 5. Dapat mengurus dirinya sendiri. Dapat membentuk dengan berbagai bentuk dengan menggunakan tanah liat. melompat.

c. 13. Berani bermain kelompok anak dan cendrung berpusat sekitar atau kegiatan. mengerjakan aktivitas-aktivitas dengan baku). Ciri-ciri dari sifat emosi anak ialah: 1. Bila mempelajari sesuatu. mengobservasi. Memperlihatkan keprihatinan atas anak yang terluka (4 tahun) .12. 5. Mengenal sopan santun seperti beterima kasih. Aktivitas-aktivitas kebahasaan (membunyikan nama-nama huruf/bunyi menjiplak huruf-huruf belajar menulis. Mulai melatih kemandirannya dengan membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga 4. Mampu menahan tangis dan kekecewaan 2. anak tampak antusias. Mengharapkan persetujuan dari orang dewasa yang disayangi (3 tahun) 3. Menunjukkan rasa sayang saudara-saudaranya 3. Daya imajinasi tinggi 14. lebih aktif dalam menggunakan perencanaan. Sosial Ciri-ciri dari anak yang mempunyai jiwa sosial ialah: 1. Emosi Emosi seorang anak itu bukan berarti marah tetapi marah itu termasuk emosi. mencium tangan dll. lebih atau kurang dan lebih besar / lebih kecil). Pada umur 4 tahun tertarik aktivitas-aktivitas yang lebih memiliki tujuan dan hasil akhir secara langsung. Anak lebih mudah mengerti keinginan orang lain/lingkungannya dan atau dimengerti oleh lingkungannya. Memperlihatkan peningkatan minat terhadap akativitas-aktivitas dengan jumlah dan kuantitas sederhana (menghitung. sabar dalam menunggu giuliran. 2. kemudian bubar dab terbentuk kembali 4. mengukur. dan aktivitas mencocokkan mengkalasifikasikan yang lebih kompleks. d.

Bila terluka.400 gram ini merupakan pusat pengendali berbagai aktivitas dan fungsi otak. mulai dari fungsi motorik kasar dan halus. Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya memiliki otak yang sempurna demi kualitas hidup yang baik di kemudian hari. Jadi. fungsi bicara dan bahasa. Pada rata-rata anak usia 1 – 6 tahun. mekipun berat otak anak tak sampai 10 persen dari total berat tubuh tapi otaknya megonsumsi 40 persen total enegi yang masuk di dalam tubuhnya. Otak pun tetap aktif bekerja meskipun anak sedang beristirahat/tidur. Dari fakta-fakta ini. Plus di masa inilah otak anak berkembang pesat hingga lebih dari 70 persen. terlalu letih. hingga fungsi sosialisasi. Setelah energi untuk otak tercukupi. Itu mengapa golden year adalah momen terbaik untuk membentuk kecerdasan anak. Dan waktu terbaik untuk mengoptimalkan pembentukan otak adalah melalui asupan bergizi di masa golden year 9 usia 12 bulan hingga usia 3 tahun) setelah lewat dari golden year atau setelah memasuki usia 3 tahun. Ditambah lagi otak tidak memiliki otot seingga tidak bisa menyimpan energi dalam waktu lama. Asupan energi yang optimal pada otak anak di masa golden year akan mendukung sel-sel otak untuk berkembang pesat jadi. organ dengan berat 1. lengkapi perkembangan otak anak dengan rangsangan-rangsangan . sabab karbohidrat lah yang nantinya akan menghasilkan glokosa sabagai satu-satunya energi bagi otak anak. Fungsi kognitif atau kecerdasan. sakit atau takut akan berpaling kepada orang dewasa untuk meminta hiburan (4 tahun) e. bagaimana caranya untuk memaksimalkan asupan energi otak pada masa golden year anak ? kuncinya adalah apada otak pada jenis makanan dan minuman yang kita pilihkan untuk anak.5. pastikan otak anaktidak kekurangan glukosa atau energi bagi aktivitas sel-sel otak pada masa prosbelajarnya. proses perkembangan otaknya melambat. bahwa ternyata otak memiliki tingkat kebutuhan energi yang berbeda dari tubuh. Rahasia Kecerdasan Anak Otak memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup manusia. kita harus pintar-pintar memilih sumber karbohidrat untuk anak. bisa kita lihat.

duduk. Organ ini mengatur seluruh bagian-bagian dalam tubuh diantaranya gerakan motorik. berbicara. Baru setelah memasuki usia 3 tahun. yang penting di catat. bersalaman. pembentukkan sistem jalinanan saraf antara satu dengan lainnya (sinaptogenesenis) dan pembentukkan selubung saraf (meilinisasi). . jangan biarkan selsel otak anak melemah karena kurang energi. Biarkan otak anak asupan energi yang lebih tahan lama. memanggil nama. emosi dan berbagai macam kegiatan manusia. perubahan sel (diffrensiasi). Berbagai proses dalam otak itu yakni penambahan sel (poliferasi). apa saja yang dibutuhkan si kecil agar pertumbuhan otaknya menjadi optimal? Otak merupakan benda yang paling vital dalam tubuh. Memompa Kecerdasan Anak 1. menyikat gigi. Proses Pembentukan Nutrisi Untuk Memompa Kecerdasan Anak Orang tua mana yang tidak ingin anaknya cerdas. A. sudah siap membentuk anak cerdas sejak dini. menyebutkan nama teman-teman. pengaturan suhu tubuh. tambahkan rangsangan dengan menyebutkan warna. pertumbuhan dan perkembangan otak anak telah mencapai 90%. Hartono Gunadi. yang masih menjadi pertanyaan. dan bersosialisasi anak ikut terasah ingat. menyusun gambar. tangkrub. atau toillete training. sekresi hormone. sampai dengan bayi berusia 2 tahun. mewarnai. Tujuannya agar fungsi otak kecerdasan. dari RSUPN Cipto Mangunkusumo. pernafasan. B. Namun. memakai baju. berhitung. Jadi. Menurut dr. perpindahan sel (migrasi). serta menamai anggota tubuh. pengaturan tekanan darah. mengulang nama ayah dan ibu. organ ini tumbuh secara luar biasa pada masa anak-anak. bebahasa. Rangsangan ini bisa membuat “rantai” komunikasi pada otak menjadi lebih sensitive untuk mengelolah informasi selama beraktivitas. Sp. sampai pada usia 2 tahun berat otak akan mencapai 75 % otak dewasa.seperti bermain cilulba.

menjadi tabung saraf pada minggu ke empat dan mulai berbentuk otak besar. Dalam masa ini maka yang terjadi adalah pengorganisasian perkembangan dan hubungan antar jaringan (impius) otak. Nutrisi yang diyakini dapat meningkatkan kualitas otak adalah asam lemak DHA (Asam doko sah ek san oat ) . mulai dari dalam kandungan hingga remaja. organ atau individu. termasuk perubahan aspek sosial atau emosional akibat pengaruh lingkungan anak. Air susu ibu (ASI) adalah makanan terbaik melalui pemberian ASI eksklusif sejak hari pertamanya sampai usia 6 bulan. otak kecil dan medulla spinalis pada minggu kelima kehamilan. Bagi anda yang tak dapat menyusui anak karena sesuatu hal. anda harus mengetahui faktor dan aspek apa saja yang mempengaruhinya: a. ukuran. Setelah bayi lahir. Sedangkan perkembangan lebih menitik beratkan pada aspek perubahan bentuk atau fungsi pematangan organ ataupun individu. demi perkembangan kecerdasan-nya. Makna pertumbuhan berkaitan dengan perubahan dalam besar. jadi seorang ibu yang hamil harus memperhatikan asupan gizi. yakni proses tumbuh kembang. atau dimensi dalam tingkat sel. Tapi setelah proses menyusui terlampaui. yang harus diperhatikan adalah protein dan asam lemak esensial. anda perlu tau nutrisi seperti apa yang berperan dalam pembentukan otak sang buah hati. Masih ada lagi hal penting pada proses pertumbuhan seorang anak. maka usia yang paling penting dalam pertumbuhan otak adalah 0-2 tahun.Faktor yang paling penting untuk pembentukkan otak adalah faktor nutrisi untuk mendukung pembentukkan sel-se otak. jumlah. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab terhadap kehidupan anak. Dalam periode inilahj terjadi perkembangan saraf otak yang tercepat pada usia sebelumnya. batang otak. Peranan Nutrisi Cikal bakal otak mulai terbentuk pada minggu ketiga kehamilan berupa lempeng saraf. anda harus memikirkan nutrisi sang anak. Periode tersebut penting karena masa ini adalah periode emas. Faktor nutrisi berperan mulai dari kandungan. pemulihan nutrisi untuk bayi harus di pertimbangkan dengan matang. juga untuk sang janin. bukan hanya untuk dirinya.

Stimulasi ini penting sekali.dan AA ( Asam arak hi donat). Faktor Pendukung Setelah otak seorang anak terbentuk. Asam lemak ini merupakan asam lemak esensial. Teramat sayang bila anak muda sudah memiliki sel-sel otak berkualitas. agama dan kepribadian. 2. Faktor pendukung antara laian perhatian kasih sayang orang tua dan lingkungannya yang berpengaruh bagi aspek emosi. Stimulasi pada anak dapat di terima melalui sentuhan. juga akan mengaktifkan sel otak anak anda sehingga perkembangannya akan lebih terpacu. pendengaran. jaringan saraf otak akan hilang dengan sendirinya apabila jarang atau tidak pernah sama sekali mendapat stimulasi. Perlu diingat juga. misalnya proses pembelajaran. sebab. jangan selalu melarang anak melakukan aktifitas sepanjang tidak berbahaya. Pemrosesan informasi atau stimulasi dari luar tergantung dari takaran dan derajat stimulasi yang diterima serta kemampuan si anak memproses stimulasi tersebut. namun dibiarkan tanpa didukung perkembangannya. Faktor pendukung inilah yang dapat menjadi stimulasi bagi perkembangan otak anak. artinya tidak dapat di bentuk oleh tubuh sehingga harus di tambah dari luar. 1983 ) kini gagasan bahwa ada banyak cara untuk . Faktor yang tak kalah pentingnya yaitu kebutuhan mental. b. maka ada berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangannya. belaian dan nyanyian. Mulai dari kontak fisik. pengecapan dan kesemuanya sudah dapat di proses sejak bayi baru lahir. Usahakan memberi variasi permaianan dan sangat baik kalau orang tua melibatkan diri secaralalu me langsung dalam permaianan. Metode Memompa Kecerdasan Anak Berkat penelitian Howard Gardner ( Frames of mind : the theory of multiple intelligences. Kemudian permainan juga merupakan stimulasi yang sangat tepat bagi anak. sentuhan. penglihatan.

bagi kebanyakan orang kecerdasan musik diproses dibelahan kanan otak.menunjukkan kecerdasn atau kemampuan tingkat tinggi telah banyak diterima. kita perlu memfokuskan aktifitas-aktifitas pada semua area kecerdasan. Penelitian terkini memastikan bahwa kedelapan kecerdasan bukan hanya sangat saling berkaitan namun bersifat otonom dalam penggunaan daerah-daerah otak untuk pemrosesan fungsi kecerdasan seseorang. dan lain sebagainya. dan Naturalis (kecerdasan alam). orang-orang menganggap bahwa kecerdasan hanya diukur melalui kemampuan Linguistik dan kemampuan matematis. Jika meninjau kecerdasan dari perspektif Gardner. matematis logis (Kecerdasan logika) spasial (kecerdasan gambar). interpersonal (kecerdasan sosial). Sebagai tambahan. orang-orang yang cerdas secara Linguistik menyadari pola-pola dalam bahasa sedemikian rupa. matematis tubuh (kecerdasan tubuh). Mereka sangat kompeten dalam memahami bagaimana cara bekerja dengan orang-orang berdasarkan pengamatan mereka atas pola-pola perilaku. Gardner berpendapat bahwa ada banyak cara untuk mengekspresikan kecerdasan. kecerdasan linguistik diproses dilobus temporal kiri dan frontal otak. Kecerdasan spasial diproses didaerah-daerah posterior belahan kanan. Sebelum penelitian Gardner. Teknologi baru telah membantu dalam menentukan lokasi tepat dari masing-masing pemrosesan. telah diterima gagasan bahwa kecerdasan adalah kemampuan untuk menyadari adanya pola dan menarik hubungan dari pola-pola sebelumnya untuk pembelajaran masa depan. Serupa dengan itu. intrapersonal (kecerdasan pribadi). Secara umum. Ia telah mengendentifikasi dan memastikan adanya delapan jenis kecerdasan : Linguistik (kecerdasan bahasa). penelitian otak terbaru menunjukkan bahwa sepertinya kemampuan bawaan otak seseorang dan . musikal (kecerdasan musik). Sebagai contoh. Setiap individu memiliki kekhasan dalam mengekspresikan kecerdasan mereka dan semua jenis kecerdasan diperlukan bagi sebuah masyarakat yang fungsional. orang-orang yang cerdas secara interpersonal menyadari polapola dalam perilaku manusia. Mereka sangat kompeten dalam menyusun kata-kata dalam bentuk tertulis maupun lisan. Dr.

boneka.    Dorong anak-anak menulis buku harian. setelah mendengarkan cerita.pengalaman masa kecil berkomunikasi mengembangkan masing-masing bentuk kecerdasan hingga mencapai tingkat fungsioanal dasar dari pemecahan masalah. matematika. Cobalah permaianan berkhayal bersama anak. Memberikan   Ide Bagi Penggunaan Kecerdasan Untuk Membangun Kemampuan Otak Anak Ajak anak-anak menceritakan atau menulis cerita dari sudut pandang mereka. ketika tengah berbicara tentang warna. Sediakan pilihan sesering mungkin. Contohnya. pelajaran musik. Izinkan anak-anak merekam cerita-cerita dan pesan-pesan mereka dalam kaset. A. mereka suka berkelana dalam imajinasi mereka. drama. dan lain sebagainya semua aktifitas ini akan meningkatkan perkembangan kemampuan anak. perilaku. dan model untuk menunjukkan apa yang mereka ketahui atau apa yang mereka sukai. kelompok. . Hal ini bagus bagi perkembangan bahasa dan pengorganisasian kemampuan berbicara. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang membuat anak mereflisikan pengalaman-pengalaman mereka sendiri dan mengaitkan pengalamanpengalaman itu dengan informasi baru. apa yang terjadi ?? Seperti apa rasanya ?? atau. dan perasaan. Ajak anak-anak menggunakan patung. gerakan. seni.  Dorong anak untuk terlibat dalam aktifitas-aktifitas olahraga. anda bisa menanyai anak-anak apakah mereka ingat.    Dorong anak untuk mencarhi pola-pola dalam bahasa. pelajaran seni. Hal ini akan meningkatkan kemampuan anak untuk mengendalikamn situasi dan sangat baik bagi anak intrapersonal. Bimbinglah mereka. anda bisa menanyakan suasana hati apa yang ditmbulkan warnawarna berbeda mereka.

serta memicu mempertahankan motivasi anak. Perasaan-perasaan positif memicu pelepasan endorfin. Ia harus menghadapi konsekuensi dari pilihannya. Yang meningkatkan fungsi-fungsi sambungan otak. B. Bantu anak-anak memahami bahwa ada konsekuensi tak terhindarkan dari pilihan yang mereka buat. Ini amat penting bagi pembelajaran. Rasa gugup yang tinggi menyebabkan pelepasan hormon-hormon yang menghambat pembelajaran sedangkan rasa gugup yang rendah akan meningkatkan kemampuan belajar. Memberikan Pilihan Untuk Membangun Kemampuan Otak Anak Ketika and memberikan pilihan kepada anak-anak. anak diberi kesempatan memilih diantara sejumlah warna cat. Ide Bagi Kelompok Anak Sediakan banyak aktifitas sehingga anak-anak bisa memilih aktifitas sendiri. Belajar untuk menerima tanggung jawab atas pilihan kita merupakan bagian penting dari perkembangan sosial-emosianal. Pengalaman semacam ini membantu anak mempersiapkan diri menghadapi pilihan-pilihan dikemudian hari yangh akan jauh lebih sulit dn lebih penting. Pemecahan masalah memungkinkan anak melatih. Diizinkan mengalami konsekuensi pilihan kita adalah salah-satu cara tercepat untuk belajar mempertimbangkan pilihan-pilihan yang kita ambil. Jangan dibiarkan ia memilih warna lain begitu saja. C. Hal yang penting untuk diingat adalah biarkan ia mengalami konsekuesi itu. terutama tentang aktivitas beajar. Dorong anak untuk memecahkan sendiri masalah-masalah mereka. . Conthnya. mereka akan merasa akan merasa lebih merasa positif mengenai apa yang mereka kerjakan dan pada saat yang rasa gugup mereka berkurang. Pilihan memungkinkan anak untuk mencapai tujuan-tujuan yang ditentukan sendiri.

Olahraga Dan Otak Kita tahu bahwa olahraga teratut baik untuk tubuh. Ada banyak penelitian yang mendokumentasikan keuntungan menyeluruh dri olahraga. dan kertas kalkir dengan pola-pola serta spidol untuk menjiplak gambar. Orang-orang yang berolahraga secara teratur memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik dan menunjukkan waktu reaksi yang lebih cepat. dan sekarang kita tahu bahwa olahraga juga baik untuk otak. D. Cobalah lagu-lagu pengiring olahraga dan ingatnlah bahwa tarian juga merupakan bentuk olahraga. buku-buku bacaan.  Ide Bagi Penggunaan Olahraga Untuk Membangun Kemampuan Otak Anak. Keuntungan lainnya. Ajak anak-anak membantu memilih tempat untuk darmawisata. yang mirip dengan naik turunnya kadar adrenalin yang terjadi ketika kita menghadapi tantangan atau masalah. dan aktifiotas luar ruang. fokuskan pada efekefek olahraga baik kemampuan mental maupun fisik. Mereka juga menunjukkan tingkat kreatifitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak berolahraga. Mempercepar laju denyut jantung dn mempersiapkan tubuh kita bagi kondisi “Fight or flight” menghadapi masalah atau melarikan diri.Contohnya. . tawarkan berbagai puzzle. Atau jika anda ingin mengembangkan koordinasi tangan-mata. latihan fisik menyebabkan naik turunnya kadar radrenalin secara cepat. Adrenalin meningkatkan persepsi kita. Gunakan musik dn gerakan setiap hari. anda bisa menyediakan dua pilihan : Gunting dengan gambar-gambar majalah untuk digunting. Reaksireaksi kimiawi yang diperlukan dalam situasi-situasi menantang. bukan hanya satu. Ajari anak-anak mengenai kesehatan dan kebugaran. Namun keuntungan bagi otak jelas dan sederhana : olahraga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Kita harus memiliki semua pengetahuan yang diperlukan untuk memahami pilihan-pilihan dalam penerapan pengetahuan atau keahlian baru. kita takkan menjadi lebih baik. Kita harus mampu menganalisis hasil-hasil penerapan itu dan mengetahui variabel-variabel apa yang harus dimanipulasi untuk meningkatkan kinerja dimasa depan. betulkah ?? Bisa saja kita mengulang-ngulang suatu keahlian tanpa pernah mengalami peningktan. Menurut David Souse (1995). ada tiga kriteria kita yang harus terpenuhi : 1. Dorong anak-anak melakukan dua puluh lima jumping jack dan kemudian gunakan stetoskop untuk mendengarkan denyut jantung mereka untuk kedua kalinya. Latihan Dan Otak Allah bisa karena biasa. gerak jalan. Kita harus memahami langkah-langkah dalam proses penerapan pengetahuan itu untuk menangani situasi tertentu. Jika kita berlatih tanpa tahu apa yang kita perlukan agar kemampuan kita meningkat. - Ciptakan program olahraga dan jadwalkan waktu olahraga setiap harinya atau setidaknya beberapa kali seminggu. Agar latihan dapat mengubah kenerja kita. 3. 2. . - Dorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam pelajaran tari atau aktifitasaktifitas olahraga seperti bermain sepak bola atau berenang. - Contohkan kegiatan olahraga semisal berlari mengelilingi taman bermain.- Sediakan stetoskop dan ajak anak-anak mendengarkan jantung mereka berdenyut. pikirkan saja kenalan-kenalan anda yang tak pernah meninghkat keahlian walaupun telah mengemudi bertahuntahun. E. tak peduli seberapa sering kita berlatih. atau naik sepeda.

Banyak keahlian yang baru dikuasai setelah kegagalan beberapa kali dan percobaan ulang berkali-kali. kemudian meningkatlah ke pola-pola yang lebih kompleks dengan cara mempebanyak jeis dan arah pola. ketika belajar menciptakan pola-pola. Umpan balik yang spesifik dan mendukung akan membantu menyempurnakan . Minta abak-anak menjelaskan pemikiran mereka atau bagaimana mereka mencoba menyelesaikan suatu aktifitas.Latihan meningkatkan suatu keahlian atau membantu seseorang mempelajari suatu konsep hanya jika latihan itu diawasi dan diumpan balik. anak-anak berbicara dalam bahasa yang sama dan memiliki perspektif yang sama. kita hanya punya 10% kesempatan untuk mengingat hal itu bila kita melakukannya enam kali dalam tiga puluh hari kita mempunyai 90% kesempatan untuk mengingatnya. misalnya kancing dan krayon. Seiring meningkatnya kepercayaan diri anak. Seringkali anak-anak lebih mudah memberikan umpan balik yang jelas pada satu sama lain daripada orang dewasa. Tawarkan umpan balik dalam cara yang positif dan membantu. bila kita melakukan sesuatu sekali dalam tiga puluh hari. perkenalkan pola-pola horizontal menggunakan dua unsur. memberikan contoh yang bagus untuk mencoba dan mencoba lagi. Ajari nilai ketekunan dan keteguhan niat. Contohnya. aturlah agar anak-anak yang lebih tua berperan sebagai tutor: Memanfaatkan pembelajaran dari teman sebaya. Jenis latihan inio dalam waktu lama akan meningkatkan kemampuan meningkat. Hal ini akan memberikan wawasan untuk umpan balik. Menurut penelitian.  Ide Untuk Membangun Kemampuan Otak Melalui Latihan Berikan informasi dalam jumlah kecil dan tingkatkan jumlahnya jika anak-anak tampaknya telah memahaminya.

kinerja. Perkenalkan anak pada pengalaman-pengalaman dalam spectrum yang luas. Berikan dia melihat pada kegiatan yang bermakna dan memperolehkan ia terlibat didalamnya . Jangan paksa untuk belajar. Refleksi sangat penting bagi peningkatan keahlian. Pada bermain waktu bebas banyak yang dapat diperhatikan. jangan mengira bahwa ia tidak memilki perhatian karena belum menunjukkan adanya perhatian pada sesuatu. anda akan tahu apa yang mereka pahami. Jika ia berbuat sesuatu yang tepat ia tidak mengambil resiko untuk mengembangkan minatnya. Dorong tetapi jangan dipaksa 5. Jika anda meminta anak-anak menjelaskan apa yang mereka lakukan. terlalu banyak aktifitas takkan menyisakan waktu bagi refleksi. Izin anak untuk berbuat sesuatu kesalahan. Beri perhatian pada yang dipilihnya. 4. Berikan pengalaman-pengalaman sukses anda dengan jalan membawanya pada pekerjaan. sehingga anda juga akan tahu umpan balik seperti apa yang bersifat spesifik dan mendukung bagi mereka. Hal ini dapat mengungkapkan bakat tersembunyi. Jangan menyusun jadwal yang terlalu padat untuk anak-anak. Ceritakan pengalaman kerja anda. Biarkan anak menemukan minatnya. 2. Buatlah anak-anak merasa sangat senang atas kemajuan. Dalam memompa kecersasan anak ada beberapa stratei penerapan kercerdasan yang harus diberikan kepada anak : 1. kita semua perlu waktu bagi refleksi untuk mengevaluasi dan merenungkan pencapaian kita serta apa yang diperlukan untuk menjadi lebih baik dalam hal yang kita kerbjakan. 3. Kemajuan kecil yang pada akhirnya akan menghasilkan keberhasilan.

harusnya dirangsang sejak awal masa pertumbuhan. Masalah dalam memompa kecerdasan anak Tidak semua anak mempunyai karakter yang sama sehingga itu juga yang membuat sulit. Dengarkan anak. memukul alat music. Berikan anak ruangan khusus dirumah akarena untuk menjadi anak yang kreatif 11. Tahukah anda bahwa berbagai aktivitas yang dilakukan dimasa awal perumbuhan berperan besar dalam pembentukan struktur dan kapasitas otak? Kecerdasan anak ditentukan pula oleh kemampuan otaknya untuk menyerap segala informasi yang ada disekelilingnya. Sediakan bahan bacaan agar bisa mengenal dunia 8. Kemampuan otak ini tidak trbentuk begitu saja.Upayakan bahan-bahan yang cukup banyak untuk mendorong sarafnya banyak berstimulasi: jari menggambar. Hindari membandingkan anak dengan anak lainnya. Para peneliti menyatakan bahwa otak hanya belajar ketika berhadapan dengan suatu masalah (ditempatkan dalam suatu kebingungan). Berikan pujian terhadap kesuksesannya dalam menyelesaikan tugasnya 12. Dorong anak untuk membaca 15. Hal-hal yang ia peduli dapat menjadibertanda terhadap bakat khususnya 10. orang tua dalam memompa kecerdasan anak. Biarkan ia membandingkan dirinya dengan kegiatan masa lalunya 13. Hal ini disebut reflikasi kebiasaan dan menurut para peneliti hal itu menghambat pembelajaran baru.6. bermain boneka 7. Jangan menkritik/menghakimi anak 9. Sediakan lingkungan yang kaya dengan pengalaman indera. Setiap kreasi anak agar dapat dihargai 3. Ketika kita menemui situasi-situasi rutin. kita hanya mengulangi program-program yang tersimpan (pola-pola yang telaah dipelajari). Jadilah orang tua yang berwibawa 14. Adanya .

Para peneliti menyatakan bahwa ketika pembelajaran ditempat dalam suatu kondisi tegang. Tips untuk pemahaman masalah dalam memompa kecerdasan anak ialah: Pemeccahan masalah biasanya berarti menemukan gagasan-gagasan baru atau beda. bombing merek pada kesimpulan bahwa senter itu mungkin kehabisan baterai dan bukannya menjawab. Hal itu mendukung gagasan bahwa masalah dapat menciptakan kesempatan bagi pembelajaran baru. bagimana jika kuda bisa menuggangi orang. Sediakan kesempatan bagi anak-anak auntuk membandingkan dan menemukan perbedaan dari cerita-cerita. aktivitas-aktivitas. Bagaiman jika anakanak harus mengurus orang tua. ia dapat mengembangkan pemahaman isi yang lebih baik. permainan-permainan. Berhentilah setelah masalah berhasil dikenali dan ajak anak-anak untuk berdiskusi mengenai pemecahannya. Pastikan anda dan anak-anak mengalami banyak pengalaman berbeda Bacalah cerita-cerita yang menghadirkan permasalahan. Contoh ketika senter mati.masalah akan memaksa kita memikirkan ulang program-program dan pola kita dengan demikian kemungkinan pembelajaran baru pun muncul. Atau ajukan pertanyaan semisal. Biarkan anak-anak bereksperimen dengan beberapa cara membersihkannya Ketika anak-anak menyatakan pertanyaan “mengapa” dorong merek untuk memikirkan jawaban-jawaban yang mungkin. . barang kali senter itu perlu baterai baru. Bermainlah „asah otak‟dan ateka-teki. perkenalkanlah pada anak-anak Ketika terjadi „masalah anak‟. serta konsep-konsep missal membandingkan dua cerita misalnya “kelinci dan gajah” dengan “kancil dan harimau”. dan tidak pasti.pertanyaan „bagaimana jika‟. apa bedanya kancil dengan gajah? Ajukan pertanyaan. terkejut.

Biarkan otak anak asupan energy yang lebih tahan lama. Dengan demikian pihak keluarga sejatinya perkembangan-perkembangan banyak mengetahui anak. Maka lingkungan keluargalah tempat dimana anak berinteraksi social dengan orang tua yang paling lama. B. Keluarga dalam hal ini adalah actor yang sangat menentukan terhadap masa depan perkembangan anak. Kemampuan otak anak tidak terbentuk begitu saja tetapi harus dirangsang sejak awal pertumbuhan. Berbagai aktivitas yang dilakukan simasa awal pertumbuhan berperan besar dalam pembentukan struktur dan kapasitas otak. Jangan biarkan sel-sel otak anak melemah karena kekurangan energy. Keluarga yang selama ini masih cendrung kaku dalam mendidik anaknya pada masa kecil sejadinya diubah pada pola yang bebas. perbuatan dan tindakantindakan yang lebih edukatif. Kesimpulan Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya memiliki otak yang sempurna demi kualitas hidup yang baik dikemudian hari. Jadi sudah siap membentuk anak acerdas sejak dini. Anak adalah dunia bermain anak sudah mempunyai dunianya sendiri yang berbeda dengan orang dewasa.BAB III PENUTUP A. Pada saat anak masih dalam kandungan pihak orang tua harus lebih memperbanyak perkataan. . Saran Memompa kecerdasan anak merupakan tugas orang tua untuk memberi perhatian penuh.

DAFTAR PUSTAKA Star mart (memompa kecerdasan anak sejak dini) pam sechiller. erlang j Http: //id.html/ .dikipedia.org/wiki/kecerdasan Http: //edukasi.htm/ Http://ita-izumi.com/rahasia-kecerdasan-anak-memaksimalkanperkembangan-otak-16362.com/2012/11/9/perkembangan-kecerdasan-anak/ Http://www/belbuk.com/2012/04/pengembangan-kecerdasan-padaanak.blogspot.kompasiana.

Pendidikan selanjutnya di mts nahdatul wathan (nw) l-3 lulus pada tahun 2006/2007 dan pendidikan sma muhammadiyah tenggarong lulus pada tahun 2010/2011.BIOGRAFI PENULIS SRIYANI lahir di separi iv tenggarong seberang 01 januari 1993. . Mengawali pendidikan di sdn 024 separi lulus tahun 2003/2004. Aktivitas sekarang masih menempuh pendidikan guru taman kanak-kanak islam nurul ilmi tenggarong. ia adalah putrid kedelapan dari delapan bersaudara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful