P. 1
Sahabat Pena 438 Tahun 2012 Kompres

Sahabat Pena 438 Tahun 2012 Kompres

|Views: 130|Likes:
Published by goencakep
Majalah Sahabat Pena 438
Majalah Sahabat Pena 438

More info:

Published by: goencakep on Aug 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2013

pdf

text

original

MAJALAH DWIBULANAN

EDISI 438 2012
Rp. 5.000

PESONA
GUNUNG GEDE PANGRANGO

INGIN HARUMKAN NAMA INDONESIA KE MANCANEGARA

Andriana

Bukan Artis Heboh Sesaat
36
Edisi 438 2012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Edisi 438 2012

1

2

Edisi 438 2012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Edisi 438 2012

35

ZODIAK

Editorial
Halo sobat pembaca!
DI balik masalah ada hikmah. Untuk itu kamu harus selalu optimis karena setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Studi : Buat catatan semenarik mungkin sehingga ada keinginan untuk terus dibaca. Persahabatan : Untuk memperluas persahabatan alangkah baiknya mengenal anggota keluarga teman lebih jauh lagi. Amor : Kalau sudah menjatuhkan pilihan, jangan mudah berpaling ke lain hati.

SETIAP orang pasti pernah lelah, tetapi cita-cita harus tetap terpelihara. Semangat membara.untuk meraih cita-cita tersebut. Studi : Teruskan dan tingkatkan kebiasaan belajar yang baik selama ini. Persahabatan : Keinginan yang baik dari teman harus kamu dukung, tetapi bila tidak baik, ingatkanlah dengan cara bijaksana. Amor : Cemburu itu perlu, tetapi jangan sampai membabi buta.

TIAP orang mempunyai jalan hidup masingmasing. Kamu tidak perlu iri dengan kesuksesan orang lain. Studi : Dalam memilih jurusan harus sesuai dengan bakat dan kemampuan. Persahabatan : Ketika membantu teman, tidak perlu mengungkit-ungkit kebaikan yang telah dilakukan atau diberikan. Amor : Saling pengertian, cara untuk membina hubungan yang baik.

KESEHATAN, modal untuk beraktivitas. Oleh karena itu jaga pola makan, olah raga teratur dan istirahat yang cukup. Studi : Jadikan cita-cita yang kamu miliki sebagai pendorong semangat belajar. Persahabatan : Semakin baik hubungan dengan teman, maka kehidupan kamu akan lebih ceria, berwarna dan penuh dinamika. Amor : Bila perkenalan sudah lama, maka si dia akan menunggu keputusanmu.

HARAPAN dan kenyataan ada kalanya tidak sesuai. Pada saat inilah kamu harus mengadakan introspeksi diri. Studi : Jangan malu mengemukakan pendapat pada saat pembelajaran di kelas. Persahabatan : Bersikaplah ramah dan sopan terhadap teman, walaupun kamu sedang menghadapi banyak masalah. Amor : Bila ada perbedaan pendapat, masingmasih perlu introspeksi diri.

JADILAH kamu orang yang baik. Orang yang baik suka mendapat rizki yang tidak disangkasangka sebelumnya. Studi : Awali ujian dengan niat yang baik sehingga tidak ada keinginan nyontek. Persahabatan : Tidak ada artinya membandingkan kelebihan dan kekurangan teman yang satu dengan yang lainnya. Amor : Jangan geer dulu sebelum si dia mengambil keputusan.

KEADAAN dan potensi yang dimiliki harus disyukuri. Kemudian, dikembangkan sehingga mencapai prestasi yang baik. Studi : Setelah liburan, kembangkan semangat belajar untuk meraih prestasi. Persahabatan : Apabila terjadi beda pendapat jangan saling menyalahkan, tetapi cari solusinya untuk kebaikan bersama. Amor : Lebih baik mengungkapkan perasaan, walaupun akhirnya ditolak..

KEBIASAAN baik merupakan jalan lurus menuju sukses. Hindari ucapan dan tindakan yang merugikan diri sendiri. Studi : Tak perlu malu bertanya kepada adik kelas yang mempunyai kemampuan. Persahabatan : Apabila membantu teman yang kesulitan harus dilandasi keikhlasan agar hatimu tambah tentram. Amor : Kamu perlu menjaga perasaan si dia ketika sedang menghadapi masalah.

Wah tidak terasa ya, sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2012. Akhir tahun merupakan saat yang pas bagi setiap orang untuk memutar kembali rentetan perisiwa dan kejadian yang telah dilaluinya. Di akhir tahun 2012 ini, kita harus melakukan penilaian terhadap target yang telah kita tetapkan sebelumnya, apakah sudah tercapai ataukah belum sama sekali? Satu hal yang pasti nih sob, bahwa dengan datangnya sebuah tahun yang baru, usia kita pun tentu akan bertambah. Dengan pertambahan usia tersebut, sudahkah sobat berbuat sesuatu yang memiliki arti untuk diri kita sendiri maupun orang-orang terdekat yang kita sayangi? Jika belum, maka sobat masih diberi kesempatan di tahun 2013 mendatang. Biasakanlah untuk membuat rencana jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang. Tentunya rencana-rencana tersebut harus dilakukan secara bertahap namun pasti. Untuk mencapai tujuan tersebut, sobat harus mempunyai tekad yang kuat. Jangan lupa lihat pula posisi serta kemampuan yang sobat miliki saat ini. Karena itu, tak ada salahnya jika sobat membuat suatu catatan khusus sebagai refleksi akhir tahun secara sederhana. Sebagai manusia tentunya kita hanya dapat berencana, setelah itu kita harus berusaha keras dan berdo’a untuk dapat mencapai apa yang telah kita rencanakan. Semoga segala sesuatu yang sobat cita-citakan selama ini dapat terkabul di tahun baru nanti ya. Pokoknya, terus berusaha dan tetap semangat sob! Nah, untuk semakin menambah semangat sobat semua, tim redaksi majalah Sahabat Pena pada edisi kali ini mencoba untuk menampilkan rubrik-rubrik yang sangat menarik lho, diantaranya rubrik Pertemuan dengan Boys band cilik asal Indonesia Coboy Junior, juga ada Info Sahabat yang menampilkan pendatang baru di dunia musik, Raisa Andriana. Disamping itu ada Mailbox yang membahas POSTV, Profesi Pramugari, AISITI, dan banyak lagi rubrik lainnya yang dijamin bakalan bikin Semangat ’45 deh..! hehe… Selamat membaca sob. Salam Redaksi

Sahabat Pena Edisi 438 Nov-Des 2012

Sampul : Raisa Andriana Foto : Andra Alodita Courtesy : Universal Music Indonesia

4 - 5 Pertemuan Coboy Junior Ingin Harumkan Nama Indonesia 6 - 7 Iptek Investasi 8 - 9 Mailbox
Pos TV Media Komunikasi Pos Indonesia Berbasis Televisi

HIDUP tidak akan lepas dari masalah. Masalah yang ada bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi dan diatasi. Studi : Temukan manfaat setiap mata pelajaran untuk menambah gairah belajar. Persahabatan : Dalam suasana bersama temanteman, kamu tak usah menonjolkan diri bahwa kamu merasa paling hebat. Amor : Si dia menaruh perhatian, belum tentu menjatuhkan pilihan..

RIZKI yang diperoleh dengan cara baik merupakan berkah dan mesti disyukuri agar kenikmatannya dapat bertambah. Studi : Lakukan variasi dalam belajar agar.materi pelajaran bisa dipahami. Persahabatan : Saling pengertian dan menghormati di antara teman merupakan kunci kelanggengan persahabatan. Amor : Curiga yang tidak beralasan dapat merusak hubungan yang telah terjalin.

Penerbit :

10 - 11 Tribun Olimpiade dari yang Kuno Sampai Modern 12 - 13 Info Sahabat Creative Writing di SMP Juara Bandung 14 - 15 Sahabat Kita Raisa Andriana Bukan Artis Heboh Sesaat ! 19. Resensi Mirror mirror 20 -21 Sosial Sekolah Alam Sensasi Belajar Sambil Berpetualang 22 - 23 Puisi 24 - 25 Profesi Pramugari Profesi yang menantang 26 - 27 Wisata
Pesona Gunung Gede Pangrango

28 - 29 Aisiti
Yuk, Mencari Penghasilan dari Internet
Dewan Penyunting/Tata Usaha: Gd. Wahana Bhakti Pos Lt. 7A Jl. Banda No. 30 Bandung 40115 Telp. (022) 4213640, Fax. (022) 4224542
Redaksi menerima sumbangan tulisan dan foto untuk majalah Sahabat Pena. Tulisan dan gambar/foto yang dimuat akan diberi imbalan sepantasnya yang dikirim melalui weselpos. Redaksi berhak mengubah atau menambah dengan tidak mengurangi isi naskah tersebut.
ISSN 0216 - 3373 STT : No. 025/SK/DitjenPPGI/STT/176 SIT : No. 44-6/KAMDA/JB/’74

KETENANGAN hidup bukan ada di luar, tetapi ada dalam hati kamu sendiri. Untuk itu peliharalah hati agar selalu bersih. Studi : Cari sumber belajar sebanyak mungkin untuk memperluas wawasan. Persahabatan : Buatlah rencana/acara bersama di akhir pekan untuk mempererat tali silaturahim dan persahabatan Amor : Perlu menjaga penampilan agar menarik perhatian si dia

SEBELUM kamu melangkah, persiapkan dengan baik karena persiapan yang matang merupakan setengah dari kesuksesan. Studi : Berdoalah sebelum belajar supaya selama belajar bisa berjalan dengan lancar. Persahabatan : Diperlukan kesabaran menghadapi teman yang emosional dan kamu tidak usah merasa tersinggung. Amor : Perlu suasana baru untuk menambah keceriaan bersama.

31. Ruang Kreasi 24. Komik Strip Si TOTO 33. Pendidikan Karakter
Tujuh Langkah, Menuju Kreatif

34. Zodiak
Edisi 438 2012

34

Edisi 438 2012
CTK. CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012

3

PERTEMUAN

n a k m u r a H Ingin a i s e n o d n I a Nam
dasar langkah Coboy Junior di industri hiburan Tanah Air. Sampai di situ? Ternyata tidak. Dalam setiap aksi panggung mereka, Coboy Junior juga memiliki ciri khas yang membuat mereka mudah dikenali. Aldi misalnya selalu tampil memakai kacamata bolong, Iqbaal berkemeja, Rizky memakai jaket, dan Bastian dengan kaus tanpa lengannya. Lagu-lagu mereka yang enak didengar, melengkapi pesona Coboy Junior. Sekarang, jadwal manggung dan latihan mereka yang padat, harus bisa dibagi dengan rutinitas sekolah. Sekolah bagi mereka tetap nomor satu. Meski dalam beberapa kesempatan, mereka mengaku banyak mendapat kemudahan atau dispensasi dari sekolah. Misalnya kalau harus manggung di pagi hari, mereka harus meminta ijin ke sekolah masing-masing. Untunglah sejauh ini, sekolah para personil Coboy Junior itu, sangat memahami kesibukan mereka, dan memberikan ijin. Untuk itu, pelajaran yang tertinggal, harus mereka kejar dengan les atau bertanya kepada guru dan teman-temannya. “Banyak cerita soal sekolah. Kalau dipikirpikir malu juga. Tapi kita tetap berusaha bisa menomor satukan sekolah. Acara-acara yang diterima biasanya setelah pulang sekolah. Terimakasih banyak buat guru-guru dan teman-teman yang sudah membantu,” tutur Aldi tulus. Untuk memuaskan penggemar mereka yang tersebar luas, Coboy Junior selalu berusaha tampil di daerah-daerah luar Jakarta. Mereka percaya, keberadaan mereka tidaklah berarti apa-apa jika tidak didukung oleh para penggemarnya. Selain itu, selepas manggung, pihak manajemennya

a r a g e n a c n a ke M

Siapa di antara kamu yang nggak kenal lagu Kamu atau Eeaaa milik Coboy Junior? Dijamin, pasti pada tahu semua. Ya, televisi dan radio memang tak pernah berhenti menyajikan sosok dan lagu-lagu boyband anakanak yang fenomenal itu. Ayo, kita ikuti kisah Coboy Junior dalam Sahabat Pena edisi ini.

Saat dibentuk pada 23 2 Juli 2011, Coboy Junior yang beranggotakan C b Iq I b l B ti Aldi Iqbaal, Bastian, Aldi, dan Rizky b bukanlah siapa-siapa. Usia para 2011 personilnya yang belum lagi 23 Juli genap 15 tahun, sekali lagi, menempatkan mereka pada posisi sulit untuk mencari penggemar. Tapi siapa mengira, semua berubah ketika mereka merilis lagu berjudul Kamu di tahun tersebut. Meski boyband dan girlband tengah marak di Tanah Air, kehadiran Coboy Junior tak urung mencuri perhatian semua pihak. Penggemar mereka pun meluas, dari anak-anak hingga orang dewasa. “Kita bersyukur, kehadiran Coboy Junior bisa diterima baik. Sebenarnya kita hanya ingin agar lagu-lagu anak-anak tetap ada. Tapi kalau pada akhirnya disukai semua orang, ya, Alhamdulillah,” kata Iqbaal, salah satu personil Coboy Junior saat ditemui Sahabat Pena di sela-sela latihan panjang mereka di sebuah studio di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, awal September. Hadir di tengah miskinnya penyanyi anakanak, digadang-gadang sebagai salah satu kunci sukses Coboy Junior. Namun yang pasti, Iqbaal dan rekan-rekannya itu memiliki nilai plus, terutama dalam memadukan kemampuan bernyanyi, menari dan akting. Tiga hal ini memang menjadi

Kreatif adalah keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas sebagai modal dasar untuk mencapai suatu kemajuan. Dengan kreativitas akan tercipta suatu produk, sarana atau alat yang dapat membantu dan menunjang kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan aktivitas seharihari. rang yang kreatif biasanya banyak ide atau gagasan, banyak akal, mempunyai keingintahuan yang besar dan kuat. Selain itu, setiap tantangan yang datang berusaha dijadikan sebagai peluang. Mempunyai semangat yang tinggi untuk menciptakan sesuatu yang baru. Singkatnya, orang kreatif mempunyai rasa percaya diri dan optimis dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Menjadi orang yang kreatif tidak datang dengan sendirinya. Akan tetapi harus diusahakan dan diperjuangkan dengan sungguh-sungguh dan dilakukan secara terus-menerus. Untuk menjadi orang yang kreatif, ada tujuh langkah yang dapat dilakukan. Antara langkah yang satu dengan langkah yang lainnya saling berhubungan dan mempengaruhi. Dengan kata lain, langkah yang satu akan memperkuat langkah yang lainnya, sehingga kreativitas akan terwujud. Adapun tujuh langkah menuju kreatif, yaitu :

Tujuh Langkah

PENDIDIKAN KARAKTER

Menuju

ilmu dengan tulisan. Kemudian, Apabila ada hal-hal yang belum dimengerti atau dipahami dari apa yang didengarkan, maka kita harus banyak bertanya kepada ahlinya atau narasumber yang berkompeten. Ingat, mendengarkan dan bertanya merupakan kunci ilmu. Ilmu yang kita miliki akan membuka peluang yang lebar untuk menjadi manusia yang kreatif. 2. Senantiasa berpikir Otak kita mempunyai kemampuan yang luar bisa untuk berpikir. Pikiran yang selalu diasah atau dipakai, maka akan semakin tajam. Melalui pikiran yang tajam, yang pada awalnya hanya merupakan impian, setelah melalui proses berpikir dan kemudian dilaksanakan pada akhirnya menjadi suatu kenyataan. Dangan kata lain, kita bisa membuat suatu produk yang baru. 3. Banyak membaca Membaca merupakan jendela dunia. Dalam arti kata, dengan membaca, kita bisa mengenal dunia. Begitu juga melalui membaca akan timbul ide atau gagasan untuk berbuat kreativitas. Kita bisa membaca yang tertulis dan membaca yang tidak tertulis. Membaca yang tertulis bisa berupa buku, koran, majalah dan sejenisnya. Sedangkan membaca yang tidak tertulis berupa alam beserta isinya sebagai ciptaan dan kebesaran Allah Swt. Kita bisa membaca setiap saat dan kesempatan. Semakin banyak membaca, maka akan semakin luas wawasan, sebagai modal untuk menciptakan sesuatu yang baru. Kita harus mempunyai motto: “Tiada hari tanpa membaca.” 4. Melakukan pengamatan Sesuatu tidak akan terwujud hanya dengan berpangku tangan. Untuk itu kita harus melakukan pengamatan, observasi atau penelitian kecil-kecilan. Dalam diri harus tertanam rasa penasaran atau ingin tahu yang kuat dan besar. Dari hasil pengamatan, maka akan terbetik dalam hati untuk melaksanakan sesuatu yang sebelumnya tidak terbayangkan. Semakin banyak yang

dilihat, maka akan semakin banyak yang diketahui dan ditemukan. 5. Berani mencoba. Sesuatu dianggap sulit karena belum dicoba. Setelah dicoba ternyata terasa mudah dan mengasyikkan. Pada akhirnya timbul keberanian untuk bertindak dalam menghadapi tantangan yang lebih besar dari sebelumnya. Dengan demikian mencoba merupakan pintu menuju kreativitas, sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Untuk itu kita jangan takut untuk mencoba. 6. Rajin berlatih Kreativitas akan timbul melalui seringnya berlatih. Di samping itu, dengan sering berlatih akan mengasah dan menambah keterampilan. Dalam berlatih harus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan serta tidak mengenal lelah. Berlatihlah dari mulai yang sederhana, kemudian meningkat kepada yang lebih rumit. Dalam pelaksanaannya bisa dilakukan sendiri atau melalui pendamping atau pelatih. 7. Tidak mengenal putus asa Kreativitas tidak timbul dengan sendirinya atau begitu saja. Akan tetapi kreativitas timbul melalui suatu proses dari waktu ke waktu. Apabila belum mendapatkan sesuatu yang baru yang menjadi harapan, jangan putus asa. Karena putus asa adalah dosa. Ingat ! Selama bernapas masih ada harapan. Dalam hal ini kita harus tetap berjuang dengan segala tantangan dan hambatan yang ada. Akhirnya, dengan menjadi orang yang kreatif akan memperoleh manfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bagi diri sendiri akan menumbuhkan rasa percara diri. Sedangkan bagi orang lain akan merasa terbantu dengan adanya berbagai kemudahan-kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari melalui berbagai sarana yang ada sebagai hasil kreativitas.*** Penulis : Drs. H. Sukmana Guru pembimbing dan Pembina Mading SMAN 10 Bandung

Kreatif

O

1. Mendengarkan dengan seksama dan banyak bertanya Melalui mendengarkan dan bertanya, kamu akan mendapatkan ilmu. Dengarkan “apa” yang dibicarakan orang lain, jangan melihat siapa yang berbicara. Selama mendengarkan, kita harus konsentrasi dan disimak dengan seksama, jangan malaweung (pikiran tidak fokus). Supaya tidak cepat lupa dan sebagai bahan belajar selanjutnya hendaknya dicatat. Ikatlah

4

Edisi 438 2012
CTK.1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 CTK. CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Edisi Ed dis isii 438 20 2012 1

3 33

selalu mengatur temu penggemar. Dengan cara ini, mereka bisa menyapa dan berdekatan secara langsung dengan para penggemarnya. “Kita juga mendapat tanggapan yang aktif di Facebook, twitter, dan surat. Wah, banyak sekali surat yang datang ke kantor manajemen Coboy Junior. Kalau sempat, kita semua menulis balasannya. Kalau tidak sempat, mohon dimaafkan,” jelas Aldi lagi. Lantas, apakah Coboy Junior merasa sudah meraih semua impian mereka? Menurut Bastian, sejak awal terbentuk, mereka berkomitmen untuk terus bersama hingga dewasa. Meski demikian, mereka tidak bisa menerkanerka apa yang bakal terjadi di kemudian hari. Bagi mereka, masa depan Coboy Junior masih teramat panjang. Dan suatu saat, mereka berharap bisa tampil dan dikenal hingga ke mancanegara. Ini yang menjadi cita-cita terbesar mereka. Pada 23 Juli 2012 yang baru lalu, Coboy Junior mendapat hadiah dari RCTI untuk merayakan ulang tahun pertama mereka di stasiun televisi tersebut. Bagi Iqbaal dan rekan-rekannya, hal ini sangat luar biasa. Lewat acara yang bertajuk Konser B’Day Coboy Junior itu, mereka tampil secara live membawakan sekitar 6 buah lagu. Kehadiran mereka sendiri didukung oleh penyanyi-penyanyi lain seperti Angels Pieters, girlband Lolipop dan para finalis Indonesian Idol. “Bayangkan, ulang tahun perdana Coboy Junior dirayakan di televisi. Kita nggak percaya, tapi nyata,” ujar Rizky sambil meminta persetujuan tiga rekannya yang lain. “Semua orang di seluruh Indonesia nonton Coboy Junior saat itu.”

Coboy Junior memang pantas berbangga. Usaha keras yang telah lama mereka pupuk, kini mulai membuahkan hasil. Semula, mereka dipertemukan dalam sebuah drama musikal Laskar Pelangi. Selanjutnya, mereka kembali beradu ke k akting dalam film a anak-anak berjudul a Lima Elang. Bakat L mereka yang komplit m antara bernyanyi, a akting dan menari, a akhirnya disatukan a menajemennya m dalam sebuah d boyband bernama b Coboy Junior. Nama C ini sendiri diambil dari nama boyband Coboy yang sudah lebih dulu ada. lle “Kita sama-sama satu manajemen . Kalau mereka Coboy senior, kita yang juniornya. Mereka juga dulunya model, pemain sinetron dan penyanyi,” terang Aldi. Uniknya, jika sebagian besar boyband dan girlband berkiblat ke Korea, Coboy Junior justru mengklaim konsep musikalitas dan penampilan mereka sangat dipengaruhi oleh boyband-boyband dari Barat. Beberapa nama di antaranya yang jadi idola mereka adalah Westlife, One Direction dan Backstreet Boys. Dan siapa mengira, para personil Coboy Junior tidak hanya pandai bernyanyi, menari dan berakting, mereka juga terampil bermain alat-alat musik. Sebastian misalnya, pandai bermain piano. Iqbaal menguasai gitar. Aldi bermain drum, dan Rizky menguasai hampir semua alat musik. “Yah, siap tahu nanti kalau sudah besar, kita pada ngeband semua,” ungkap Iqbaal tertawa lepas. (fif)

32

Edisi 438 2012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK.1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 CTK.

KOMIK STRIP

Itu impian aku dan teman-teman . Kita ingin Coboy Junior dikenal hingga ke luar negeri , agar Indonesia ikut dikenal luas kata Bastian berharap.

Data Personil Coboy Junior
Alvaro Maldini Siregar (Aldi) Lahir : 14 April 2000

Zodiak : Aries Sekolah : SD Perguruan Advent, Jakarta Pusat

Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (Iqbaal) Lahir : 28 Desember 1999

Zodiak : Capricorn Sekolah : SDIT Al-Muhajirin

Bastian Bintang Simbolon (Bastian) Lahir : 21 September 1999

Zodiak : Libra Sekolah : SD Advent,Bandung

Teuku Rizky Muhammad (Rizky) Lahir : 4 Januari 1998

Zodiak : Capricorn Sekolah : SMPN Negeri 4 Tangerang Selatan

Lagu
• • • •

Kamu (2011) Eeaaa (2012) Kenapa Mengapa (2012) Terhebat (2012)

Buat teman-teman yang ingin menulis surat kepada Coboy Junior, bisa dialamatkan ke : Manajemen Coboy Junior d/a Star Media Nusantara (SMN). Gd. HighEnd, Lantai 3, Kompleks MNC Tower, Jalan Raya Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
Edisi 438 2012

5

IPTEK
sampai pusing lihat kalian berdua bertengkar setiap hari”. Tetapi pernyataan mamanya itu hanya ditanggapi Lola dengan senyum kecil dan mata yang dikedip-kedip nakal. Lela adik Lola bukannya tidak tahu alasan kakanya menjadi rajin menjemputnya ke sekolah. Tetapi, Lola yang meminta hal ini dirahasiakan. Yang pasti semua ini gara-gara Mahendra. Cowok kelas tiga SMA yang selalu bubar sekolah bertepatan dengan bubarnya sekolah Lela yang masih duduk di bangku SMP. Gedung sekolah Lela memang terdiri dari SD, SMP, SMA di bawah satu yayasan yang sama. Perkenalan Lola dengan Mahendra terjadi tidak disengaja. Sewaktu Pak Sopir berhalangan menjemput Lela, Mamanya Lola menyuruh Lola menggantikan tugas Pak Sopir untuk satu hari saja. Dengan cemberut dan menggerutu, Lola terpaksa mengiyakan perintah Mamanya. Tetapi Lola tidak menduga kalau sampai bertemu dengan cowok ganteng macam Mahendra yang dengan ramah menawarkan diri, mengantar Lola mencari kelas Lela dan menemani Lola mengobrol sampai kelas Lela bubar. Begitu singkat pertemuan itu, tetapi hal itu membuat Lola tidak bisa memejamkan matanya disaat semua orang harus tidur. Lola juga jadi tidak dapat berkonsentrasi saat belajar di kelas. Maunya ingin segera pulang menjemput adiknya dan bertemu dengan Mahendra walau sekilas atau sekedar menyapa “Hai”. Itu sudah cukup bagi Lola. Hari itu Lola benar-benar mempersiapkan diri, agar pertemuannya dengan Mahendra tidak hanya sekedar sapaan “Hai”. Atau “Jemput Lela ya?” dan basa-basi lainnya. Lola benarbenar menginginkan pertemuan yang bermutu. Supaya Mahendra bisa lebih akrab lagi, lebih dekat lagi, lebih bisa kasih perhatian yang khusus buat Lola. Lola akan undang Mahendra ke ulang tahun Lola minggu depan sebagai tamu istimewa. Tapi sebenarnya Lola juga ingin mengajak Mahendra jalan, dengan alasan minta diantar beli baju baru untuk pesta ulang tahun nanti. Tampaknya sikap-sikap itu sudah cukup menunjukkan, bahwa Lola naksir Mahendra. Semoga saja Mahendra cukup peka menangkap tanda-tanda cinta. Kriiiiiiiiiing...”. Lola tersentak mendengar bel bubar sekolahnya berdering. Membuyarkan semua lamunan asyiknya. Buku tentang kiat-kiat menggaet cowok idaman yang digenggam Lola hampir saja terlempar karena kaget. Tetapi bunyi bel inilah yang dinanti Lola. Maka dengan sigap Lola membereskan alat tulisnya dan “Siuuuung.....” Lola cabut dengan kecepatan maksimal. Namun hari itu Lola harus kecewa, karena Lola tidak menemukan Mahendra di tempat yang biasanya dengan mudah Lola dapat menemuinya. dikatakan “jaga diri dan gengsi”. Kalau kenyataannya seperti ini. Lola telah menepis harga dirinya dengan mengubek-ngubek kelas Mahendra. Mengintip ruang OSIS, membuka pintu AULA, mencari di kantin, di mushola, dan di lapangan olah raga sambil menenteng-nenteng teh botol karena kehausan. Sementara Lela telah menunggu di dalam mobil selama satu jam dengan sabarnya. “Kak Lola, Lela minta maaf”. Lola melongo mendengar adiknya tibatiba meminta maaf sambil tersedu mendatanginya di halaman sekolah yang sudah sepi ini. “Ada apa sih kamu. Nggak ada angin nggak ada hujan kok tiba-tiba minta maaf. Bukannya bantuin kakak malah......” “Mahendra sudah tidak ada lagi di sini”. Potong lela. “Nggak ada lagi bagaimana maksudmu?” “Mahendra sudah pindah sekolah lima hari yang lalu kak. Maafkan Lela tidak memberitahu Kak Lola”. “Kenapa tidak memberitahu Kakak?”. “Selama ini Lela merasa senang karena Kak Lola selalu menjemput Lela. Teman-teman Lela selalu memuji Lela dan Kakak karena mereka mengira kita selalu rukun dan saling menyayangi. Mereka iri pada kita Kak. Guru wali kelas Lela telah menjadikan Kakak dan Lela sebagai adik kakak teladan. Lela bahagia sekali. Maafkan Lela Kak”. Lola segera memeluk adiknya, mengusap rambutnya dan menghapus air mata Lela. Sambil menyodorkan teh botol, Lola menggandeng adiknya menuju mobil. “Besok dan seterusnya, Kakak akan selalu jemput kamu Lel, jangan khawatir”.

Ayo BERINVESTASI S
SEJAK

DINI

Sobat punya kelebihan uang? Belanja doong pastinya. Tapi kalau barang yang mau kita beli tidak terlalu penting sih, mendingan uangnya kita investasikan saja. Hayoo Sobat ada yang tahu gak apa investasi itu sebenarnya?
6 6
Edisi E Ed isi 438 43 438 38 2012 2012 20 1 Edisi

obat, menurut teori ekonomi investasi adalah pembelian suatu aset baik riil maupun non-riil yang tidak dikonsumsi, tetapi digunakan untuk kegiatan lainnya di masa depan dengan mengharapkan keuntungan. Ada yang bilang juga kalau investasi itu adalah konsumsi yang ditunda. Intinya investasi itu bertujuan untuk keuntungan di masa depan. Investasi dibagi ke dua sektor yaitu sektor riil dan non-riil. Investasi Rendah Resiko Ada banyak jenis dari investasi di sektor keuangan. Pertama, kita berkenalan dengan tabungan. Tabungan adalah uang yang kita simpan di bank dan dapat kita ambil kapanpun kita mau. Yang kedua, sedikit mirip dengan tabungan, yaitu deposito. Deposito

Lola pun tidak dapat menemukannya di kerumunan-kerumunan anak SMA di seluruh pelosok kompleks sekolah Lela. Meskipun sudah lima belas menit yang lalu lela duduk di samping Lola. Lola belum mau beranjak juga, Lola masih berharap dapat bertemu Mahendra hari itu juga. Namun akhirnya Lola harus pergi dengan perasaan kecewa. Rupanya kekecewaan Lola harus berlanjut terus, karena selama tiga hari ini Lola tidak lagi mendapati Mahendra mendatangi mobilnya, menegurnya dari belakang atau melambaikan tangannya dari jauh. Mahendra benarbenar hilang. Sialnya, Lola belum tahu persis kelas Mahendra, Lola belum sempat menanyakannya, belum sempat juga menanyakan alamatnya, nomor teleponnya, apalagi warna kesukaannya, zodiaknya, hobbynya. Sungguh menyesal jadi cewek pasif yang hanya bicara seperlunya demi apa yang

CTK. CTK CTK TK TK. K. . 1.78/MMM-MR/2012 1.7 1 78/MM 8 MMM M-MR/201 M M-MR /2 2

CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Mahendra... Mahendra, dimana sih kamu?

Edisi 438 2012

31

RUANG KREASI

Perhatian Lola
S
udah satu minggu ini Lola jadi rajin menjemput adiknya Lela ke sekolahan. Meski sekolah Lola jaraknya agak jauh dengan sekolah Lela. Mobil Lola membuat semuanya menjadi mudah dan cepat. Setiap pagi Lola selalu berpesan pada Pak Sopirnya supaya tidak usah menjemput Lela karena dia yang akan menggantikan tugasnya. Kejadian ini membuat Mama Lola garuk-garuk kepala. “Tumben kamu Lola. Ada juga perhatian kamu sama adikmu, sampai mau gantiin tugasnya Pak Sopir segala, biasanya mama

menjamin seluruh hak yang dimiliki oleh si nasabah dengan ketentuan yang telah disepakati. Wuiihh.. asyik kan! Investasi Beresiko Tinggi Pertama, obligasi (bond), yaitu suatu pernyataan utang dari pihak yang menerbitkan obligasi kepada pemegang obligasi dan janji pembayaran pokok obligasi beserta kupon (coupon) nya pada saat jatuh tempo yang telah ditentukan. Kupon adalah keuntungan dari sebuah obligasi. Selain oleh perusahaan, obligasi juga biasanya diterbitkan oleh pemerintah untuk mencukupi biaya atau anggaran negara. Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia diantaranya SUN (Surat Utang Negara) dan ORI (Obligasi Ritel Indonesia). Yang kedua, saham (stock), yaitu pernyataan kepemilikan dari sebuah perusahaan yang menerbitkan saham terhadap para pemegang saham. Maksudnya, ketika seorang membeli saham sebuah perusahaan, maka ia akan menjadi pemilik dan memiliki hak untuk memberi pengaruh pada perusahaan tersebut. Semakin besar presentase saham yang dia miliki, semakin kuat hak dia dalam memberikan pengaruh di perusahaan tersebut. Keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham disebut dividen. Yang ketiga adalah reksadana (mutual funds). Reksadana biasanya dilakukan

oleh seseorang yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki cukup uang ataupun seseorang yang mempunyai pilihan untuk menghindari resiko yang lebih besar. Reksadana diwadahi oleh perusahaan reksadana melalui algojo nya yaitu seorang Manajer Investasi (MI). Ketiga instrumen investasi tersebut merajuk kepada satu hal yaitu peningkatan modal perusahaan. Yang membedakan ialah jika obligasi menjual surat utang sebagai bukti sedangkan saham menjual kepemilikan. Selain investasiinvestasi tersebut di atas, bersekolah juga termasuk investasi lho! Orang tua kita berinventasi ketika mereka mengeluarkan uangnya untuk membiayai sekolah kita. Dengan bekal pendidikan yang cukup kita bisa mencari penghasilan dan menghidupi keluarga di kemudian hari. Jadi, ayo semangat bersekolah! Bikin orang tua kita bangga dengan prestasi yang kita raih. Mereka pasti bakal senang kan kalau ‘investasi’ nya berhasil. Hehee…

Oleh: Teddy Tardiana

adalah tabungan yang hanya bisa diambil pada waktu jatuh tempo yang udah disepakati antara nasabah dan bank. Uang yang diinvestasikan dalam depostio biasanya lebih besar dibanding tabungan karena bunga yang ditawarkan juga lebih besar sob! (umumnya 4%-6% per tahun). Yang ketiga, asuransi. Yang dimaksud asuransi ini adalah persiapan perlindungan finansial untuk jiwa, kesehatan, properti, pendidikan dan lainnya. Maksudnya adalah penggantirugian (umumnya berupa uang) terhadap kejadian yang tidak diharapkan. Nasabah asuransi dikenakan biaya premi yaitu iuran rutin yang harus dibayarkan kepada lembaga asuransi. Ketika nasabah asuransi mengalami kejadian yang tidak diinginkan, maka lembaga asuransi akan

30

Edisi 438 2012
CTK.1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 CTK. CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR MR/2012

Edisi 438 2012

7

MAILBOX Mengiklankan Produk Orang Lain
Jika Sobat sudah memiliki situs web atau blog, sobat bisa mendapatkan penghasilan dari pemasang iklan. Carilah orang, badan, atau perusahaan yang akan memasang iklannya di web sobat. Jika kesulitan mencari pemasang iklan, sobat bisa mengikuti program google adsense. Google adsense adalah program yang disediakan oleh google untuk membantu memasarkan iklan mereka. Seperti sobat ketahui banyak sekali orang atau perusahaan yang beriklan melalui google. Sistem yang dipakai adalah pay per click artinya google akan memperoleh penghasilan dari iklan jika ada yang mengklik iklan tersebut. Nah dengan mendaftar google adsense, google akan menyimpan iklan yang sesuai dengan konten web sobat. Jika nanti iklan di web sobat ada yang mengklik maka google akan membayar sobat sesuai dengan jumlah klik kali bayaran per kliknya. Untuk memperoleh penghasilan dari iklan tentu saja web atau blog yang sobat punyai harus ramai pengunjung. Para pengiklan tentu saja ogah menempatkan iklannya di web yang sepi dan tidak populer. Demikian pula dengan program google adsene, semakin banyak pengunjung web dan blog kita, semakin besar kemungkinan mereka mengklik iklan yang ada.

Membuat Situs Lowongan Kerja
Yang harus sobat lakukan adalah membuat satu web khusus yang menjembatani antara para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan karyawan. Lalu dari mana sumber pendapatannya? Penghasilan bisa didapat pertama dari pembayaran perusahaan yang menempatkan iklan lowongan kerja di web, kedua dari keanggotaan para pencari kerja yang mendapat fasilitas khusus (premium), dan ketiga dari pemasang iklan.

Afiliasi Pemasaran
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh uang secara online. Pada dasarnya sobat menjual barang orang lain untuk komisi. Syaratnya tentu saja sobat harus mempunyai web atau blog sendiri. Sobat bisa bekerja sama dengan para pemilik toko online untuk memajang dagangan mereka di web atau blog sobat. Jika ada pengunjung yang tertarik untuk membeli produk tersebut pengunjung akan diarahkan ke toko online yang bersangkutan. Nah jika transaksinya sukses maka sobat akan memperoleh komisi dari toko online tersebut. Beberapa situs afliasi adalah ClickBank dan PayDotCom

POS INDONESIA berbasis TELEVISI
Eh Sobat ada kabar gembira nih, sekarang Pos Indonesia mempunyai TV sendiri! Gak percaya nih? Buktikan saja sendiri saja! Caranya? Yaa datang dong ke Kantorpos.
obat, sekarang kalau sobat mengantri untuk mengirim surat, paket, atau melakukan pembayaran apapun di Kantorpos bisa sambil nonton POSTV. Apa itu POSTV? POSTV adalah media komunikasinya Pos Indonesia berbasis televisi. POSTV diluncurkan secara resmi oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) pada tanggal 28 Agustus 2012 bertempat di Lantai 8 Gedung Wahana Bakti Pos. Peluncuran POSTV bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-266 Pos Indonesia. Tujuan diluncurkannya POSTV adalah sebagai media komunikasi yang dekat dan akrab dengan seluruh Sahabat Pos. Diharapkan dengan adanya POSTV ini akan memberi pemahaman kepada Sahabat Pos tentang berbagai kemajuan baik mengenai produk layanan, kemitraan dengan masyarakat, sarana dan prasarana yang dimiliki dan hal-hal lain tentang kedekatan Pos Indonesia dengan Sahabat Pos.

MEDIA KOMUNIKASI

Mengikuti Survey Berbayar
Nah yang harus sobat lakukan adalah mendaftar di situs yang menyediakan survey berbayar. Diantaranya adalah MySurvey.com, Surveyhead.com atau ValuedOpinions.com. Selanjutnya Sobat mengambil survey tentang produk dan jasa yang cocok dengan keadaan sobat. Soalnya tidak semua survey tersedia untuk wilayah Indonesia. Untuk mendapatkan bayaran, sobat hanya menjawab pertanyaan survey sampai tuntas. Upahnya biasanya sebesar $2 sampai $5 per survey. Upahnya dikirim melalui cek atau ditransfer melalui rekening paypal setelah upah mencapai $ 20 di akun survey sobat. Berhati-hatilah karena banyak situs survey yang melakukan penipuan. Hindari situs yang meminta biaya untuk pendaftaran, karena bisa jadi situs tersebut scam belaka!

Menjual Foto
Jika sobat menggemari fotografi dan dapat mengambil gambar yang menarik, ada banyak situs yang menampung foto sobat untuk ditawarkan pada pengunjung yang membutuhkan. Sobat akan memperoleh bayaran setiap kali foto sobat dibeli pengunjung. Sebetulnya ada banyak sumber penghasilan di internet lain yang bisa sobat pelajari untuk menambah penghasilan. Carilah yang sesuai dengan kemampuan dan minat sobat. Eitt tapi jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena internet adalah hutan belantara yang bisa menyesatkan semua orang. Oke sobat selamat mencba, semoga sukses! (NBK)
29

S

8

Edisi Edis Ed isii 438 438 2 2012 20 12 2
CTK. K. 1.78/MMM-MR 1.78/MMM-MR/2012 R/201 12 CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Edisi 438 2012

AISITI

Yuk, Mencari
Penghasilan dari

Internet

Tahukah sobat apa saja manfaat internet? Sebagian dari sobat pasti akan menjawab internet sebagai media berkomunikasi dan bersosialisasi. Sobat yang lain mungkin akan menjawab internet adalah gudang ilmu pengetahuan karena internet adalah perpustakaan terbesar di dunia. Ada berbagai manfaat internet lainnya yang bisa sobat rasakan, tetapi tahukah sobat bahwa sobat bisa juga mencari penghasilan melalui internet? Ya, melalui internet sobat bisa mendapatkan uang. Ada berbagai cara yang bisa sobat lakukan untuk mencari penghasilan di internet. Yuk kita intip cara apa sajakah itu!

Menjual Produk di Internet
Ini merupakan metode yang paling umum untuk memperoleh penghasilan di internet. Sama seperti di dunia nyata, sobat bisa juga berjualan barang di internet. Barangnya bisa merupakan hasil kreasi sobat sendiri atau barang titipan dari teman. Nah yang harus sobat lakukan adalah membuat toko online untuk menawarkan barang tersebut di internet. Mahalkah membuat toko online tersebut? Toko online tidaklah selalu harus web e-commerce khusus. Sobat bisa memanfaatkan akun facebook dan akun twitter sobat untuk berjualan. Bisa juga sobat berjualan dengan memanfaatkan situs-situs blog tidak berbayar seperti blogspot dan wordpress. Atau kalau sobat yang hobinya ikutan forum di internet, sobat bisa memanfaatkan forum tersebut untuk numpang jualan. Yang penting sobat harus rajin untuk berpromosi dan rajin mengupdate toko online yang sobat punyai. Barang apa saja yang bisa dijual di internet? Rasanya hampir semua barang bisa dijual melalui internet. Dari mulai pakaian, barang elektronik, kerajinan tangan, buku, sampai ke pernak pernik hobi yang unik. Walau semua barang bisa dijual di internet, pilihlah barangbarang yang memiliki nilai jual tinggi. Jangan lupa harganya harus bersaing dengan toko online yang sejenis dan pasar konvensional tentunya.

Menjadi Freelancer
Internet banyak menyediakan pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Tentu saja pekerjaan yang ditawarkan membutuhkan berbagai keahlian khusus. Jika sobat gape merancang grafis, piawai menulis artikel, membuat web, merancang aplikasi dan berbagai keahlian lainnya bisa mendaftar di situs yang menyediakan berbagai pekerjaan freelance. Salah satu situs penyedia pekerjaan freelance adalah elance.com. Elance
28
Edisi 438 2012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012

bekerja seperti pasar online, menyiapkan perancang dan programer komputer dengan perusahaan yang membutuhkan jasa mereka. Yang harus sobat lakukan adalah mendaftarkan diri sobat lengkap dengan pengalaman dan portofolio yang sobat miliki. Jangan lupa untuk mencantumkan upah yang sobat inginkan untuk setiap pekerjaan. Jika sobat mendapatkan proyek, sobat hanya membayar komisi untuk Elance sebesar 4 sampai 6 persen dari sobat peroleh.

Melalui POSTV maka pesan-pesan dari Pos Indonesia akan dengan efektif disampaikan kepada para konsumen maupun masyarakat yang berkunjung ke Kantorpos, karena memang penayangannya dilakukan selama jam buka Kantorpos. Berbeda dengan siaran televisi pada umumnya, POSTV hanya bisa ditonton dan dinikmati di Kantorpos. Sekarang kalau Sobat antri mengirim surat, paket ataupun melakukan pembayaran di kantor pos, bisa sambil menikmati tayangan acara POSTV. Jadinya walau mengantri hati tetap bisa hepi. Untuk permulaan POSTV akan ditayangkan di 300 ruang pelayanan Kantor pos yang berada di kota-kota besar. Secara bertahap POSTV nantinya akan bisa dinikmati di seluruh Kantorpos di Indonesia. Hingga nantinya 3800 lebih Kantorpos akan menayangkan POSTV di ruang pelayanan mereka. Jam tayang POSTV tentu saja sama dengan jam pelayanan Kantorpos.

Acara PosTV Acara yang ditayangkan POSTV apa saja sih? Tentu saja semua hal yang berkaitan dengan Pos Indonesia akan ditampilkan di POSTV diantaranya melalui Berita Pos dan program hiburan. Program tersebut akan memberikan informasi, pengetahuan dan hiburan tentang dunia Pos Indonesia bagi masyarakat di Indonesia. Berita Pos akan menampilkan berbagai liputan menarik dari Pos Indonesia, baik itu acara peresmian, penandatanganan kerjasama, penyerahan hadiah dan penghargaan, dan berbagai kegiatan lainnya di lingkungan Pos Indonesia. Selain liputan, POSTV juga menyajikan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah Pos, baik itu peristiwa, tokoh,dan tempat bersejarah. Ada pula tayangan “Mr. Post Man” yang akan menampilkan profil pegawai Pos yang berdedikasi tinggi dan menjadi panutan bagi pegawai lainnya. Melalui “Mr. Post Man” diharapkan semangat dan etos kerja pegawai teladan tersebut akan

bisa dicontoh oleh para Sahabat Pos. Oh ya Sobat, Berita Pos juga akan menampilkan berbagai aktivitas serta produk layanan Pos Indonesia. Untuk memberikan hiburan kepada Sahabat Pos , POSTV juga menyajikan berbagai acara hiburan. Melalui acara hiburan ini diharapkan para Sahabat Pos akan kembali segar dan bersemangat kembali beraktifitas. Eh Sobat selain hal-hal di atas, POSTV dapat juga dimanfaatkan oleh perorangan, perusahaan dan instansi Pemerintah untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. POSTV membuka diri kepada mitra kerja maupun perusahaan lain untuk mengiklankan produk maupun jasa mereka. POSTV memiliki segmen pemirsa yang sangat spesifik sehingga menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan produk dan layanan yang dimiliki oleh perusahaan pengiklan. Penasaran? Ya, datang ke KantorPos terdekat!

Edisi Edis isii 438 8 2012
CTK. CT TK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MM M-M M /20 2 MR/201 MR CTK. 1.78/MMM-MR/2012

9

TRIBUN
air terjun itu jatuh dengan derasnya, rasanya ingin menceburkan diri namun dinginnya air mengurungkan niat kami. Setelah melihat pemandangan mandangan yang menakjubkan tadi, kami pun dikejutkan kembali dengan panorama air terjun panas (kandang andang batu) yang terletak sekitar 5,3 KM dari Cibodas. Namun kami harus berhati-hatii ketika melewati jalur ini, karena na selain sempit dan licin ada juga ga lereng curam yang dialiri air panas. anas Sehingga disarankan untuk memakai sepatu, karena air panasnya akan terasa sekali kalau kita menggunakan sandal. Jalur berikutnya kami akan melewati Kandang Badak yang terletak sekitar 7,8 KM dari Cibodas pada ketinggian 2.2220 mdpl. Tempat ini biasanya dipakai untuk beristirahat dan berkemah. Setelah melewati kandang badak kami pun melanjutkan perjalanan menuju puncak, medan yang ditawarkannya pun membuat kami patah semangat karena jalur yang menanjak hingga mencapai kemiringan sekitar 70 derajat. Namun karena dorongan dari salah satu tim Sahabat Pena, kami pun akhirnya melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Gede. Menuju Puncak Keindahan Beberapa jam kemudian, akhirnya kami pun sampai di puncak. Perasaan saat itu campur aduk ketika kami sampai di atas puncak. Rasa haru, puas, dan senang bukan main ketika kami akhirnya bisa menaklukan Gunung Gede ini. Cuacanya sangat dingin hingga menusuk ke tulang-tulang namun semuanya (lagi-lagi) telah tergantikan, ketika kami melihat pemandangan matahari terbit dengan background (latar) langit biru disertai awan yang menggumpal di sisi kanan-kiri- tengah dan hamparan kota Cianjur-SukabumiBogor dapat terlihat jelas dari ketinggian. Selain itu, kami pun dapat melihat langsung tiga kawah yang masih aktif di kawasan Puncak Gunung gede tersebut yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Atraksi geologi ini menarik perhatian kami dan para pendaki lainnya. Berkalikali rasa syukur ini tidak dapat berhenti di ucapkan, lukisan yang telah di ukir tuhan ini sungguh indah luar biasa. S Setelah satu jam menikmati pemandangan dan berfoto-foto, lalu p kami kembali melanjutkan perjalanan k

OLIMPIADE
limpiade London 2012 baru aja beres nih sob! Event olahraga rutin yang mempertandingkan Negara-negara ini menyajikan banyak cerita seperti Opening Ceremony yang spektakuler, rekor dunia baru, wanita pertama dalam kontingen Arab Saudi, 2 medali untuk Indonesia dan Amerika Serikat yang keluar sebagai juara umumnya.

Dari Kuno Sampai Modern
Berita baik juga datang dari atlet kita nih sob! 2 atlet angkat besi kita, Om Triyatno dan Om Eko Yuli Irawan, berhasil merebut medali masing masing perak dan perunggu. Di akhir kompetisi, Amerika Serikat lah yang keluar sebagai juara umum, dengan koleksi 46 emas 29 perak 29 perunggu.

O

banyak cerita, mulai dari 2 akhwat asal Arab Saudi, Wojdan Shaherkani dan Sarah Attar yang merupakan pejudo p p dan sprinter ini adalah wanita pertama

9,7 KM yang dapat menghabiskan waktu sekitar 5-10 jam untuk sampai di puncak Gunung Gede. Sedangkan jika kami melewati jalur Gunung Putri, dapat menghabiskan waktu sekitar 4-7 jam untuk sampai di puncak. Selain itu, jalur yang di tempuh lebih berat karena medannya yang vertikal sehingga harus memanjat terlebih dahulu. Perjalan yang panjang membuat kami kelelahan, setiap beberapa menit pasti ada yang bilang “STOP! Kita istirahat dulu ya?’’. Udah ga heran kalau diantara kami dikit-dikit istirahat, maklum lah ini pendakian perdana kami sehingga istirahat merupakan kenikmatan yang luar biasa. Namun rasa lelah itu selalu tergantikan oleh kejutan-kejutan alam yang membuat kami bersyukur tiada henti atas nikmat tuhan yang telah menciptakan panorama alam yang indah ini. Saat itu kami melewati Telaga Biru, seperti danau namun kecil berukuran lima hektar yang berada di ketinggian 1.575 mdpl. Terletak sekitar 1,5 KM dari pintu masuk Cibodas, yang unik dari danau ini adalah airnya selalu tampak biru karena ditutupi oleh ganggang biru. Lalu sekitar 2,8 KM dari Cibodas, kami juga dapat melihat air terjun Cibeureum yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Cantik bukan main ketika melihat

menuju Alun-alun Surya Kencana. gga mencapai Dataran yang luasnya hingga 50 hektar ini berada di ketinggian 2.750 mdpl dengan jarak 11,8 KM dari Cibodas. Kawasan ini juga dapat dijadikan tempat berkemah oleh para pendaki. Sekitar satu jam menuruni Gunung Gede, tibalah kami di Alun-alun Surya Kencana. Sambil menikmati pemandangan, kami pun melepas lelah duduk di antara rumput yang bergoyang tertiup angin. Sepanjang mata memandang terhampar bunga abadi (edelweiss) di pinggiran Alunalun Surya Kencana. Namun sayang, dalam pendakian kali ini ada satu pemandangan yang terlewatkan, yaitu saat mekarnya bunga edelweiss. Namun bukan menjadi alasan untuk tidak berfoto, kami pun tetap mengabadikan moment diantara padang bunga abadi (edelweiss) itu dengan tawa ceria. Akhirnya kami pun memutuskan untuk bermalam disini dan kembali pulang esok harinya dengan melewati jalur Cibodas. Nah tunggu apalagi, kalau sobat suka mendaki, Gunung Gede ini bisa jadi salah satu alternatif yang menarik untuk berpetualang. Jadi kapan rencananya sobat akan mendaki Gunung Gede? Ditunggu yaa ceritanya... (Destari)

yang mewakili Arab Saudi dalam Olimpiade sampai rekor dunia baru yang terpecahkan oleh Usain Bolt, pelari asal Jamaika dan Michael Phelps, perenang asal a as a Amerika. e a Y p kal ala a s ob bat t di rumah r ma ah sempet sem mpet mp Yup, kalau sobat nonton Opening Ceremony alias upacara pembukaan dari Olimpiade London 2012 kemarin pasti ga ada yang ga setuju kalau itu keren banget! Bertemakan sejarah kehidupan Inggris Raya dari abad pertengahan, proyek ini menghabiskan dana 400 Miliar Rupiah. Arena pertandingannya juga punya
10
Edisi 438 2012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Tapi ini cuma intermezzo kok. Ada benang panjang yang terbentang dari ratusan bahkan ribuan tahun sebelum sekarang tentang event olahraga terbesar dan tertua di dunia ini. Yuk kita bahas sama-sama.

Edisi 438 2012 Ed E dis isi 43 4 38 2 20 012 12
CTK. 1.78/MMM-MR/2012

27 2 7

WISATA

Sejarah

Olimpiade
Untuk mewujudkan ambisinya, Ia mendirikan komite olimpiade internasional (International Olympic Comitee/IOC). Pada kongres pertama IOC Juni 1894 di Universitas Sorbonne Perancis, terjadi kesepakatan jika akan ada Olimpiade berskala Internasional dibawah kuasa IOC pada tahun 1896 dengan Athena, Yunani sebagai tuan rumah nya. Pada kenyataannya Olimpiade pertama ini disambut baik oleh seluruh bangsa di dunia. Sejak itulah era olimpiade modern dimulai. Banyak kejadian yang tak terlupakan mengiringi perjalanan 116 tahun jalannya Olimpiade. Mulai dari cerita inspiratif tentang semangat para atlet membela dan membawa harum nama bangsa sampai intrik politik yang memang tidak bisa dilepaskan dari sebuah event eve v nt yang menghadirkan meng ghad negara-negara n ga ne g ra r -neg e ara dari da ari berbagai berb baga suku, ras, agama dan ideologi. Tetapi itulah seni i nya. Olimpiade telah memperlihatkan memperliha bagaimana semangat mengharumkan meng nama bangsa g dan negara g telah te meredam ego eg go tiap kekuatan di dunia yang ya memang selalu sela se lalu ada dan da kemudian mereka bersatu dalam am sebuah sebu bendera bergambar berg be rgam amba bar r 5 lingkaran yang ya saling berkait yang merepresentasikan mer erepresent tas a 5 benua yang saling salin ing g terikat t yang y menggambarkan bahwa telah ba ahw h a olimpiade olim m menjadi m njadi sebuah usaha me a yang g massiv dalam da d ala am konsentrasi nya sebagai seba a alat pemersatu pe peme eme m rsatu dunia. Buat sobat Bu uat at s o at yang ob kebetulan kebetu ke tula tula lan an lagi lagi la meniti m ni me n ti karir i sebagai seb bag a ai atlet, atle at et, t, berlatih ber ber erla lati la tih yang tih ya ang n sungguh sungguh sungguh yaa y a supaya bisa ikut ya mengharumkan m ngharumkan nama me Indonesia. Untuk sobat In ndo do donesia. lainnya la ain nnya udah siapin snack? sna ack? Minuman? Bendera? Ben ndera? Yup! Selamat datang data di sebuah sebu uah event olahraga yang membawa misi misi mulia mulia pemersatu dunia bertajuk Olimpiade! tahun Ollim O impiade! Mereka akan kembali kem 2016 dii Rio de Janeiro, Brazil! 20 20 016 16 d Braz (SMM)

Pesona
Gede
Halooo! kali ini tim Sahabat Pena akan mengajak sobat jalan-jalan ke tempat objek wisata Gunung Gede-Pangrango. Ayoo siapa diantara sobat yang suka mendaki? Salah satu gunung yang wajib di datengin nih oleh sobat semua, karena pesona alamnya yang indaaah banget. Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini terletak di wilayah Jawa Barat perbatasan Sukabumi-Bogor. Nah pada tahun 1980, Taman Nasional ini merupakan salah satu dari lima taman yang di tetapkan di Indonesia karena pesona alamnya yang khas sehingga menarik minat para peneliti sejak dulu hingga saat ini loh sobat. Jadi penasaran nih gimana cantiknya alam di Gede-Pangrango, hihi..
26 2 6
Edisi 438 2012 Ed E diis si 4 43 38 20 2 012 12

Gunung
Perjalanan yang Mengejutkan O, iya sobat Gunung Gede-Pangrango ini memiliki dua puncak, yaitu puncak Gede dengan ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang terletak di Gunung Gede dan puncak Mandalawangi yang terletak di Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 mdpl. Akhir tahun lalu tim Sahabat Pena memutuskan untuk pergi mendaki melalui jalur Cibodas dibandingkan jalur Gunung Putri, karena kami bisa menikmati panorama alam, satwa dan beberapa tempat mengagumkan seperti Telaga Biru, air terjun Cibeureum, dan air terjun panas (Kandang Batu). Sepanjang jalan menuju pos Kandang Badak kami juga dapat menikmati aliran air jernih. Apalagi jika kami sudah kelelahan, air yang jernih dan bersih itu pun terasa segar saat membasuhi kulit. Melalui jalur Cibodas, jarak yang ditempuh sekitar

Olimpiade dalam bentuk yang sederhana konon pertama kali diselenggarakan oleh Bangsa Yunani kuno pada tahun 776 SM. Pada masa itu ada event olahraga yang diadakan di

Sayangnya olimpiade kuno ini harus punah ketika Bangsa Romawi dipimpin Kaisarnya, Theodosius, menaklukan Yunani di abad ke 3 SM dan memerintahkan agar seluruh budaya Yunani Kuno harus dihapuskan. Setelah berabad-abad lamanya, perlahan kebudayaan ini kembali muncul. Terbukti dengan adanya event serupa pada abad pertengahan di beberapa Negara. Di Prancis ada L'Olympiade de la République, sebuah festival olahraga nasional yang diadakan pada tahun 1796 sampai 1798 selama masa Revolusi Perancis. Lalu pada tahun 1862 di tanah Inggris Raya, tepatnya kota Liverpool, ada Grand Olympic Festival, sebuah festival olahraga yang diikuti oleh atlet amatir. Olimpiade modern dengan skala internasional dicetuskan pada tahun 1890 oleh seorang sejarahwan asal Perancis, Baron Pierre de Coubertin. Dia terinspirasi untuk menyelenggarakan suatu ajang olimpiade yang berskala internasional.

Pangrango
sebuah gunung yang bernama Gunung Olimpus. Acara tersebut bertujuan untuk menghormati dewa tertinggi Bangsa Yunani Kuno, Dewa Zeus. Pesertanya pun berdatangan dari penjuru negeri dan mereka semua berlabel orang terkuat di daerahnya masing masing. Event ini juga merupakan salah satu event yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh bangsa Yunani. Kenapa? Karena pada saat ini lah Bangsa Yunani merasa sebagai satu kesatuan. Konon dulu sering terjadi perang saudara antar Bangsa Yunani. Tetapi, pada event olimpiade lah mereka yang bertikai melakukan gencatan senjata dan kesepakatan damai. Wuiihh…

Edisi 438 2012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012

11

INFO SAHABAT
yang harus di bawa di luggage bins, dan meminta penumpang untuk mengikuti prosedur keamanan pesawat. yang menyenangkan. Jika sobat menyukai petualangan, pramugari bisa menjadi suatu pilihan profesi yang menarik sobat. Selain

PELATIHAN CREATIVE WRITING

penumpang pesawat t dan d siap i siaga i dalam d l keadaan darurat. Pramugari melakukan tugas rutinnya yaitu pelayanan penumpang sobat, seperti menyediakan makanan dan minuman di pesawat, dan memenuhi kebutuhan individual para penumpangnya. Pramugari juga akan memastikan tempat duduk penumpangnya, menyeleksi barang

Banyak yang tidak tahu sobat, kalau untuk menjadi seorang pramugari itu tidak mudah. Para pramugari dilatih untuk memadamkan api, memberikan P3K, mengatasi teroris, menjinakkan bom, berenang di laut, masuk ke hutan, dan mengetahui benar prosedur penyelamatan. Semua itu adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pramugari sobat. Bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun, nyawa penumpang adalah tanggung jawab dari pramugari. Menjadi seorang pramugari memang tidak mudah sobat, tapi juga merupakan pekerjaan

mendapatkan gaji yang besar, pramugari juga mendapat uang terbang yang dihitung perjam terbang, fasilitas transit menginap di hotel berbintang, dapat tiket gratis dan kesempatan wisata gratis tanpa biaya dan akomodasi, bisa kenal banyak orang, dan bisa banyak koneksi, dapat pengalaman seru dan belajar banyak keahlian yang belum tentu bisa didapatkan di profesi lain sobat.

Setelah kemarin kita berkunjung ke SMAN 1 Lembang, sekarang giliran sobat kita di Cibiru yang menjadi tuan rumah pelaksanaan pelatihan Creative Writing. Pelaksanaan pelatihan kali ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 31 Juli – 1 Agustus 2012. Adapun tempat pelaksanaanya yaitu di SMP Juara Bandung, Komplek Taman Cipadung Indah, Cibiru, Kota Bandung.

Di SMP Juara Bandung P

Sekolah Penerbangan
biasanya sudah memiliki mitra kerja dengan maskapai penerbangan sobat. Biasaya setelah lulus dari sekolah penerbangan ini, para pramugari bisa langsung praktek kerja di lapangan (PKL)/magang selama kurang lebih empat bulan. Baru dinyatakan resmi sebagai pramugari setelah mendapatkan sertifikat oleh pihak yang berwenang dan ikut kursus yang diselenggarakan pihak maskapai penerbangan di mana mereka akan mengudara nantinya. Para pramugari harus mengikuti sekolah khusus penerbangan dulu sobat sebelum terjun ke masyarakat. Lama pendidikannya sekitar 3 sampai 6 bulan sobat. Tergantung kebijakan dari manajemen sekolah masing-masing sobat. Ada dua jurusan di sekolah penerbangan ini sobat, yaitu jurusan pramugari, untuk menjadi awak kabin pesawat, dan jurusan staf penerbangan yang pekerjaannya nanti melayani transaksi jual-beli tiket bandara. Sekolah-sekolah penerbangan Pramugari terdiri dari beberapa jenis, sobat. Pramugari domestic (wilayah cakupannya nusantara), pramugari internasional (biasanya rutenya melanglangbuana keluar negeri. Pramugarinya harus siap untuk ditempatkan di luar negeri), dan pramugari haji (rute yang dilalui adalah rute orang naik haji. Biasanya mereka memakai jilbab). Beberapa sekolah pramugari yang ada di Indonesia: • Pendidikan staf penerbangan & pramugari (PSPP)-Lampung • Sekolah Pramugari Caraka Nusantara Semesta • Sekolah pramugarii Sekar Gegani Indonesia

Persyaratan menjadi Pramugari umumnya seperti berikut sobat:
1. Tinggi badan minimal 160 cm (wanita). 165 cm (Laki-laki) seimbang dengan berat badan. 2. Umur 17-28 tahun (untuk Pramugari junior/lulusan baru), 40 tahun atau lebih (untuk Pramugari senior) 3. Pendidikan Terakhir SMA/SMK/ Diploma. (diperuntukkan untuk Pramugari Domestik/Haji) 4. Tidak buta huruf/warna dan berkacamata dan berkawat gigi. Untuk yang minus boleh memakai lensa kontak biasanya. 5. Belum menikah 6. Penampilan menarik (bersih dan rapi) 7. Kemampuan harus bisa berbahasa inggris, 8. Lebih bagus lagi kalau ditunjang kemampuan bahasa lain seperti Mandarin,Jepang, dsb. bisa jadi kamu sering di transfer ke rute Internasional. 9. Bisa Berenang 10. Ramah dan Komunikatif.

ihak sekolah sangat antusias menyambut program ini, mereka pula yang mengkoordinir para peserta yang berasal dari siswa-siswi kelas VII dan IX SMP Juara Bandung, sehingga total jumlah peserta sebanyak 68 orang yang terdiri dari 56 siswa ditambah 12 Guru Pendamping. PT Pos Indonesia (Persero) selaku penyelenggara program berusaha secara optimal mengambil peran besar dalam upaya pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karenanya pelatihan bagi para remaja SLTP dan SLTA ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan melalui program kerja Komunikasi Korporat dalam rangka membina para generasi muda di seluruh Indonesia.

12

Edisi 438 8 2012 20 012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Edisi 438 2012

25

PROFESI OFESI

Disamping itu, program ini juga dimaksudkan untuk mengoptimalisasi peran Majalah Sahabat Pena yang dimiliki oleh Pos Indonesia melalui pembentukan Kelompok Pembaca Sahabat Pena (KPSP) di seluruh Indonesia serta mendorong generasi muda untuk dapat secara kreatif memanfaatkan majalah ini sebagai media pembelajaran. Hari pertama pelatihan, di awal acara peserta terlebih dahulu diajak untuk mengenal lebih jauh tentang PT Pos Indonesia (Persero) yang selanjutnya disambung dengan pengenalan Majalah Sahabat Pena. Materi tersebut disampaikan oleh Bambang Dwi Purwanto selaku Vice President Komunikasi Korporat PT Pos Indonesia (Persero) dan Dra. Leni Prestiani. Adapun yang menjadi instruktur dalam pelatihan ini merupakan para pakar di bidangnya masing-masing, mulai dari materi Menulis Kreatif dan Pengenalan Filateli (Drs. Mahpudi, MT), Menulis Artikel (Drs. Erwan Juhara, MM), Menulis Cerpen (M. Irfan Hidayatullah, M.Hum) hingga materi Menulis Puisi

(Drs. Teddy Tardiana). Umumnya, para instruktur ini menggunakan metode ceramah yang dipadukan dengan diskusi, simulasi, games, dan praktek penulisan. Tentunya metode-metode tersebut dibumbui pula dengan tekhnik dan gaya masing-masing instruktur, sehingga materi demi materi yang disuguhkan lebih menarik dan bervariasi. Di hari kedua pelatihan, peserta diajak berkunjung ke Kantorpos Ujung Berung. Disini, semua peserta diajak untuk menyaksikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Kantorpos

secara langsung sekaligus mendapat penjelasan secara rinci tentang semua layanan yang disediakan, mulai dari kegiatan di front office, hingga back office. Setelah memperhatikan dengan seksama, para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya kepada petugas Pos, sehingga mereka menjadi lebih paham mengenai keberadaan Kantorpos di lingkungannya. Sebelum acara ditutup secara resmi, panitia memilih tiga orang peserta terbaik. Setelah menerima cinderamata y yang sangat menarik dari P Indonesia, mereka Pos m memberikan komentar dan k kesan-kesannya selama m mengikuti kegiatan pelatihan i Ketiganya merasakan ini. b bahwa kegiatan ini sungguh l biasa bagi mereka, luar b bukan saja ilmu m menulis yang d didapatkan dari p instruktur, tapi para j juga pengalaman, s suasana k kebersamaan d perhatian dan y yang cukup b besar dari pihak Pos Indonesia selaku penyelenggara pelatihan.
Edisi 438 2012

menantang
24
Edisi 438 2012

Profesi yang

Sobat, apa kabar? Hum, masa liburan yang panjang sudah berlalu ya. Bagaimana liburannya? Mudik ke mana sobat? Naik apa? Bis? Kereta api? Atau pesawat?

ah, kali ini tim sahabat pena akan membagi cerita tentang profesi yang berhubungan dengan pesawat. Dia adalah pramugari. Pramugari (untuk perempuan) atau pramugara (untuk laki-laki) adalah staf/karyawan perusahaan angkutan umum, baik darat, udara, maupun laut, yang tugasnya melayani penumpang dan menjaga keselamatan penumpang, selama dalam perjalanan. Namun saat ini, pramugari lebih dikenal sebagai staf yang bertugas di angkutan udara sobat. Selama perjalanan di pesawat, para pramugari bersama awak kabin bertugas untuk menjaga keselematan para penumpang di pesawat dan melayani kebutuhan penumpangnya, atau biasa disebut serving, sedangkan pilot dan para teknisi memperhatikan aspek-aspek teknis penerbangan. Tanggung jawab para pramugari adalah terhadap keselamatan

N

13

CTK. 1.78/MMM-MR/2012

CTK. 1.78/MMM-MR/2012

SAHABAT KITA

Aroma Klimaks
oleh Sri Yuliani

ANDRIANA
Bukan Artis Heboh sesaat
Raisa memang tak bisa jauh-jauh dari jejaring sosial bernama Youtube. Buktinya, sebelum digaet oleh labelnya Universal Music Indonesia, gadis cantik itu lebih dulu dikenal lewat sejumlah videonya yang di-upload di Youtube. Raisa kembali membuat kejutan di panggung Java Soulnations Festival 2012 di Istora Senayan, Jakarta, dengan sing along bersama ribuan orang di Youtube pada tanggal 30 September 2012. Untuk rekor tersebut, Raisa dianugerahi Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI)!

Sensasi yang tidak pernah bisa ku hempaskan berdenyar di selubung kulit, mengusik melalui pori-pori mengantarkan aroma klimaks mengaliri sekujur melalui detak jantung

betapa indahnya masih menyalinkan keinginan mengulangi kembali li kehadirannya, bersanding desahan cemara dan pinus hijau yang bergerombol tertata nyaman, diselingi mesranya angin mengajak dahan-dahannya ya menari, berirama tatap berpantul kerinduan berajut tapak-tapak mengingin jejak kembali terulang merekam nuansa, berlatar Sinabung yang kemarin pernah muntahkan lahar, kini masih menyelipkan misteri nan menakjubkan berselimut kabut, awan-awan bergumpal berpadu langit biru menyebar seluasnya membiarkan jiwa lepas melayang menjadi manusia merdeka berdenyut keajaiban sebait keberadaanNya melantun rilis-rilis sunyi masih sensasi, merasuki kerinduan yang tak sanggup ku luruhkan ketika jarak dan waktu masih ku coretkan agenda menjadi ada, bersama sempurna sensasi mengalirkan hawa pegunungan meski sedari masa ini iklim telah berikrar pijar sang surya engkau tetap membiarkan aku menikmati puncak klimaks pada cumbuan yang bersantun rona sisinya, milik raga jiwa yang bercengkrama khas bukit, Gundaling, Berastagi 15 April 2012

UNTUK TEMAN SEBANGKU
Oleh: NBK

NOKTAH RINDU

Sobat… Dalam balutan putih abu itu Kita nikmati bersama Peliknya rumus fisika dan hangatnya mie ayam tatkala jeda Berpelangi kita di ketinggian Gunung Galuh Meniti asa dan cita Demi harapan di masa depan Dua dekade berselang Angin enggan berkabar Saat waktu menghapus jejakmu Aku sudah tiarap harap Kala sang gagak lewat berucap Dirimu sudah kembali Dirimu telah abadi Sobat, Kutitipkan hadiah untukmu Kutitipkan lewat malaikat sehabis shalat Sejumput doa dan surah Al Fatihah Terimalah… Karena hanya itu hadiah dariku Semoga kau bahagia di kehidupan abadimu (Bandung 15 Mei 2012, Untuk Ade Homis, teman sebangkuku di SMA Negeri 1 Ciamis)

A

Semua orang pasti sepakat, Raisa yang bernama lengkap Raisa Andriana, tidak hanya cantik tapi juga memiliki suara keren. Untuk terjun ke industri musik atau dunia hiburan pada umumnya, sosok seperti Raisa inilah yang dianggap paling pas. Namun secara profesional, Raisa lebih mengutamakan kemampuannya dalam berolah vokal. Akhir bulan September lalu misalnya, Raisa dipercaya menjadi salah satu penghibur dalam acara Java Soulnations. Acara ini adalah perhelatan tahunan yang menyandingkan artis luar negeri dan artis penyanyi lokal. Raisa adalah salah satu di antara yang tampil. Dibanding penyanyi lain, kehadiran Raisa betul-betul menarik perhatian malam itu. Pasalnya, di hari ketiga atau hari terakhir penyelenggaraan acara tersebut, Raisa tampil membawakan beberapa nomor di antaranya “Terjebak

yo kita ikuti kisah si cantik Raisa.

14

Edisi 438 2012
CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 CTK. CTK. CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012

Edisi 438 2012 Ed disii 43 4 38 20 012

2 23

PUISI
Puisi-Puisi karya : Cepi Hudaya Firdaus,S.Pd Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Handayani 2 Pameungpeuk Kabupaten Bandung
Nostalgia”, Genie in The Bottle”, “Dynamo”, dan single perdananya “Serba Salah”. Lalu apa yang menarik setelah itu? Justru di bagian inilah penonton semakin antusias ingin menyaksikan penampilan Raisa. Itulah saat dimana Raisa menghadirkan suasana nasionalisme ke atas panggung dengan menyanyikan lagu “Padamu Negeri.” Jauh hari sebelum lagi ini dinyanyikan Raisa, panitia Java Soulnations telah mengumpulkan rekaman video dari mereka yang ingin “sing along” bersama Raisa menyanyikan lagu “Padamu Negeri”. Caranya, peserta memposting video nyanyiannya lewat Youtube. Hingga saat gga hari terakhir tera Raisa akan kan naik panggung, panggun terkumpul 2.287 7 video rekaman. Maka, Ma Raisa pun Kusbini un menyanyikan lagu karya k tu bersama ribuan orang ora tadi yang itu terpasang di layar m monitor besar. Namun Namun, k ketika Raisa melantunkan lagu tersebut bersama dengan mereka yang tela telah meng-upload rekaman mereka di Y Youtube, seluruh penonton ikut be bernyanyi. Untuk ide krteatifnya tersebut, Raisa dianugerahi rekor Paduan Suara Rekaman Digital Terbanyak dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rasia tercatat sebagai pemegang MURI dengan nomor 5.610. “Aku selalu merasa, anak-anak muda itu selalu diasosiasikan dengan hal-hal negatif. Masa anak umur 19 tahun, umur 16 tahun bunuh orang. Dari sinilah aku berpikir untuk mengembalikan soul negeri kita. Kita buat gerakan nyanyi bareng ‘Bagimu Negeri’. Dan aku dibantu banyak teman,” ujar Raisa kepada media, termasuk wartawan Sahabat Pena seusai acara. Raisa memang spesial. Sejak kehadiran pertamanya di blantika musik Tanah Air, gadis ini sudah mencuri perhatian banyak orang lewat kebiasaannya meng-upload rekaman nyanyiannya di Youtube. “Lagu “Serba Salah” yang diupload pertama kali, dilihat ribuan orang. Suara Raisa yang kental dengan warna R&B, memang menarik. Wajahnya yang cantik, ikut mempermudah Raisa menjadi idola baru. Tak perlu menunggu lama, dengan bantuan Asta Andoko (RAN), Ramdhan Handy (Soulvibe), dan Adrianto Ario Seno (Soulvibe), Nada Oka, Raisa pun dibawa masuk label Universal Music Indonesia. Tahun 2011, Raisa pun menelurkan album perdananya yang diberi judul “Raisa Self Tittled”.

PELAJAR

Berjalan selangkah demi selangkah Walau hujan mengguyur bumi Semangatmu tetap membara Maju….terus….maju…terus… Pantang mundur bagimu

Katakan satu kata untukku Ku ingin kau selalu disampingku Berikan aku kesempatan untuk selalu menemanimu Menunggu sesuatu yang seakan tak tentu Berharap waktu ini berlalu cepat Menunggu sesuatu yang tepat Inginkan satu saja yang ku dapat Terlalu lama bagiku menunggu Mungkin semua akan datang perlahan.

MENUNGGU

Walaupun matahari membakar bumi

Raihlah cita-citamu setinggi langit Walau tantangan menghadang Walau cobaan menghujam Kita pacu prestasi bersama Maju…terus…maju…terus…

Dalam satu tugas dan satu tujuan Walau menguras pikiran dan tenaga Maju…terus…maju…terus…. Kita pacu prestasi bersama

Banyak yang menganggap aku meraih popularitas lewat Youtube
Pada awalnya iya. Aku memanfaatkan media sosial tersebut untuk menunjukkan karyaku. Tapi aku bukan artis Youtube yang heboh sesaat,” kata Raisa yang masih mahasiswi Marketing Binus International University ini serius. Menurut Raisa, saat ini banyak cara bagi orang untuk terkenal. Di antaranya lewat jejaring-jejaring sosial. Namun sebagai penyanyi, Raisa tidak ingin menonjolkan sisi sensasi dari pemanfaatan media tersebut. Ia ingin menunjukkan kepada khalayak apa yang bisa dilakukan dengan bernyanyi. Respon positif yang diterima lewat banyaknya viewer dan dukungan di video-video yang dipasang di Youtube, memberikannya keyakinan, bahwa pilihannya di dunia musik tak salah. “Nyanyi sudah jadi bagian hidupku. Aku mau orang melihat aku dari karya yang aku hasilkan, bukan hal lain,” lanjut penggemar Brian McKnight itu.

Demi masa depan yang cemerlang….. RINDU SAHABAT R Salam rindu buatmu disana Walaupun kini kau jauh namun tetap selalu di hati Sekarang esok dan nanti Perpisahan ini hanya sementara saja Pasti akan datang waktu buat bersama lagi Kita lepaskan rindu yang terpendam lama Bergandengan tangan seiring seirama

Sejak berusia 3 tahun, Raisa sudah menunjukkan bakat besarnya sebagai penyanyi. Uniknya, Raisa bukan menyanyikan lagu-lagu anak-anak, melainkan lagu-lagu pop Barat yang tengah mendunia saat itu. Sebut saja lagu-lagu soundtrack film seperti “A Whole New World”, “Beauty and The Beast”, dan beberapa nomor lainya dari Mariah Carey, Whitney Houston, Stevie Wonder dan Alicia Keys. Siapa mengira, saat ini Raisa sudah melambung menjadi salah satu diva di industry musik Tanah Air. Suaranya yang merdu ditunjang wajah cantik dan laku yang santun, membuat Raisa mudah menjadi idola siapa saja. Dalam sejumlah kesempatan, pelantun tembang “Apalah Arti Menunggu” itu tampil berduet dengan sejumlah penyanyi cowok papan atas seperti Marcell. Afgan, dan Ello. Apakah Raisa tengah dekat dengan seorang cowok? “Semua cewek pasti sama saja, nyari pacar yang baik, pintar juga mengerti apa yang dimaui di masa depan. Dan yang paling penting adalah seagama,” kata Raisa yang masih belum memiliki tambatan hati dan ingin fokus dulu ke karier nyanyinya. (fif)
Edisi 438 2012

22

Edisi 438 2012
CTK. CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 CTK.

15

ALBUM SAHABAT

BIODATA KPSP LEMB ANG

Kebebasan dalam Pendidikan
Sekolah pada umumnya terlihat kaku karena lebih menekankan pada aspek intelektual, akademik dan pelajaran sebagai tolak ukur utama mutu pendidikan. Hal ini yang mendorong pendirian SAB sebagai bentuk antithesis (perlawanan) terhadap kondisi pendidikan sekarang. SAB lebih menekankan pada learning of experience (belajar dari pengalaman). Seperti pada mottonya yaitu “sekolah terindah dalam hidupku. Belajar, bermain, dan n berpetualang.” berp rp SAB Menggunakan media me edi dia alam al sebagai sumber belajar muridmuridnya. mu uri ridnya

Pelajaran leadership (kepemimpinan) dan entrepreneurship (kewirausahaan) pun diterapkan di sini. Leadership mengajarkan muridnya untuk lebih mandiri. Entrepreneurship mengajarkan para siswanya untuk bisa mandiri secara finansial. Murid-murid SAB terbiasa mencari penghasilan dengan berdagang di sekolah. Mereka boleh berdagang di semua waktu termasuk ketika pelajaran tengah berlangsung. Barang yang diperjualbelikan pun bebas selama barang tersebut halal. Tidak mengherankan jika anak-anak kelas 4 dan 5 yang sudah bisa berpenghasilan sendiri. Hal unik lainnya adalah diajarkannya beberapa permainan tradisional di Indonesia kepada murid-murid SAB. Permainan itu dijadikan sarana untuk melatih kerja sama. Hebatnya, murid-murid harus membuat sendiri s se ndii mainan yang ingin mereka mainkan. nd Misalnya kalau ingin main perahu-perahuan Misa Mi s l mereka mere me re membuat sendiri perahunya dari pelepah p pe lep le p pisang atau dari batang bambu. Dengan D De ng demikian mereka lebih menghargai mainannya. m ma in ina na

( Kelompok Pembaca Sahabat Pena )
Sobat, Pelatihan Creative Writing untuk daerah Bandung Barat, telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lembang pada tanggal 13 - 14 Juni 2012. Berikut ini biodata para peserta p Pembaca Sahabat Pena Lembang pelatihan yang juga merupakan kelompok

Nama : Gerbra Gelica Rinaldi TTL : Bandung/07 Januari 1995 Alamat : Jl.SESKO AU No.113 RT.02/08 Belakang 48 Kec.Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Menulis Karya Sastra, Bernyanyi Cita-cita : Reporter, Sastrawan

N Nama : Hannan H Zakiiya Z kii TTL : Subang/31 Maret 1995 Alamat : Jl.Kol.Masturi No.64 Desa Jambudipa Kec. Cisarua Kab.Bandung Barat Sekolah : SMAN 1 Cisarua Hobby : Menulis dan bikin konsep Cita-cita : Sutradara, Jurnalis, Penulis dan Aktor Kesan dan Pesan: Seru dan asik sekali, banyak ilmu dan motivasi yang didapat. Semoga event seperti ini menjadi kegiatan rutin.

Nama : TTL : Alamat : Sekolah : Hobby :

Fauziah Nur Achmad Bandung/12 Mei 1996 Barulaksana SMAN 1 Lembang Membaca artikel dan novel Cita-cita : Pengusaha dan Penulis

Oh ya, ya a prestasi lainnya Muhammad Yahya Harlan siswa SMP Sekolah Alam Bandung ini telah menciptakan situs jejaring sosial bernama SalingSapa.com. Bahkan situs ini menjadi penantang situs jejaring sosial Facebook yang telah mendunia. Gimana keren banget kan sobat ? dua jempol deh buat Sekolah Alam Bandung ini. Menurut Eko, sekolah alam ini tidak pernah mengunggulkan dalam hal prestasi-prestasi karena lebih menekankan pada aspek tradisi ilmiah dari pada prestasi est stas asii ilmiah as i mi il m ah atau ata tau u prestasi akademik. “Walaupun upun up un kita kit ita a juga j ga ju ikut, tapi bagi saya itu bukan kan n suatu sua s uatu t hal tu hal yang yan y ang g

Kesan dan Pesan: Sangat menarik, dan pelatihan ini menambah pengetahuan akan dunia tulis dan menumbuhkan jiwa penulis. Semoga acara ini menginspirasi jiwa-jiwa penulis yang belum berkembang.

Kesan dan Pesan : Menambah wawasan kepada peserta pelatihan dan juga memberikan semangat dan motivasi.

SMA Mekarwangi
Nama TTL Alamat : Eni Lusi : Bandung/20 desember 1996 : Kp.Pagersari RT.02/08 Desa Pagerwangi Kec.Lembang Sekolah : SMA Mekarwangi Hobby : Membaca Cita-cita : Polwan Kesan dan Pesan: Acara ini membuat saya menjadi lebih tahu tentang menulis kreatif juga membuat cerpen. Latihan ini harus lebih sering diadakan agar lebih banyak lagi orang yang tahu. Nama : Neng Malasari TTL : Bandung/28 Juni 1995 Alamat : Kp.Sindangwaas RT.02/02 Desa Mekarwangi Kec. Lembang Sekolah : SMA Mekarwangi Hobby : Membaca buku Cita-cita : Guru Kesan dan Pesan: Dengan adanya pelatihan ini saya menjadi lebih tahu tentang pentingnya menulis dan asyiknya menulis Nama : Julaeni TTL : Bandung/09 Desember 1994 Alamat : Kp.Bunisari RT.01/06 Desa Mekarwangi Kec.Lembang Sekolah : SMA Mekarwangi Hobby : Membaca Buku Cita-cita : Guru Kesan dan Pesan : Dengan adanya acara ini saya menjadi lebih tahu tentang Kantor Pos dan pentingnya menulis.

SAB dibangun n pada pad ada d tahun ta n 2001 dengan tujuan ingin mencari men enca ncari ar model pendidikan terbaik sebagai b i basis b i keberlangsungan tegaknya suatu bangsa. SAB mengajarkan muridnya untuk belajar menghargai alam dengan cara mengenal lingkungannya terlebih dahulu.

Cara asyik Belajar di SAB
Kira-kira apa ya manfaatnya belajar di sekolah alam itu Sob? Menurut Eko Kurnianto, Direktur Pengembangan Sekolah Alam Bandung, bersekolah di SAB membuat siswa-siswanya lebih sehat. Keberadaan SAB di ruangan terbuka yang penuh dengan pepohonan menyediakan oksigen yang berlimpah ruah. Sobat harus tahu selain nutrisi, otak juga membutuhkan pasokan oksigen yang cukup untuk bekerja secara maksimal. Manfaat lainnya adalah para murid lebih berbahagia karena cara belajar SAB sangat menyenangkan (fun learning). Dan yang terakhir adalah tujuan dari semua sekolah yaitu pintar dan cerdas. Ada yang menarik dan unik dari cara belajar SAB ini. Metode yang pengajaran yang digunakan adalah praktek di lapangan secara langsung.

Kalau Ka Kala lau u di tanya soal prestasi, wiiih engga kalah kala ka lah h pinter deh sama sekolah lain. Biarpun sekolah s se k l ini baru berdiri 11 tahun, namun ko prestasi yang mereka raih sangat membanggakan sobat. Beberapa prestasi SAB yaitu, juara 1 Menulis Dalam Rangka Penyelamatan Boscha tingkat Jawa Barat, juara 1 Kreasi Majalah Dinding Sekolah tingkat gka at Kota Kota Bandung, juara 1 panjat dinding din ing g putra put a putr pu tingkat Jawa Barat, juara 2 Olimpiade Olim Ol im mpiad ade Sains SD tingkat Kota Bandung, ung, dan a pembicara terbaik dalam debat ba at SD D tingkat g Kota Bandung. g

SMA Negeri 1 Lembang
Nama : Tania Anggraeni Rinjani TTL : Bandung, 05 Agustus 1995 Alamat : Jl.Jayagiri RT.01/13 No.46 Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Menulis Cita-cita : Dosen PKn, Jurnalis dan Penulis Kesan dan Pesan :Menulis itu ibadah, komunikasi, berbagi dan menyenangkan Nama : Sofian Abdul Aziz TTL : Bandung/15 April 1995 Alamat : Jl.Cijeruk RT.02/05 Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Editing Grafis Cita-cita : Sutradara, Visual Effect Kesan dan Pesan : Seru, menambah wawasan tentang menulis. Nama : Lovely Oktapiani TTL : Bandung/14 Oktober 1994 Alamat : Kp.Pasirwangi RT.01/10 Desa Gudang Kahuripan Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Menulis Pengalamanpengalaman Cita-cita : Guru, Penulis Kesan dan Pesan : Kesuksesan berada di tangan orang-orang yang terampil

membanggakan. Karena me emb m tradisi trad adis ad isii itu lebih, jadi bagaimana orang itu is terus berusaha walaupun dia pernah juara. Kalo prestasi biasanya kalo udah juara satu, ya udah selesai,” lanjut Eko. Saat ini SAB baru menyediakan tiga jjenjang pendidikan yaitu TK, SD, SMP. Namun yayasan SAB berencana untuk mengembangkan sampai ke tingkat SMA bahkan hingga Perguruan tinggi. Semoga dengan adanya Sekolah Alam ini dapat menjadi pengaruh positif bagi pendidikan Indonesia terutama untuk pendidikan yang ada di daerah pelosok-pelosok tanah air. (destari)
Edisi Ed dis isii 43 438 38 20 2012 12 2

16

Edisi 438 2012
CTK. CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012 C CT CTK. 1.7 1.78/MMM-MR/2012 78/MM M M-MR M-MR R/20 /201 2 2

21 21

SOSIAL
Nama : Shelyna Fauziah S. TTL : Bandung/20 Nopember 1994 Alamat : Kampung Sukahaji No.24 A RT.02/02 Desa Jayagiri Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca Novel dan cerpen Cita-cita : Dosen dan penulis Kesan dan Pesan : Seru, transfer ilmu tiada henti. Semoga lebih sering megadakan pelatihan ini. Nama : Adithya Muhammad Somawijaya TTL : Bandung/09 Maret 1996 Alamat : Jl.Laksana No.B 20/8 BTN PUSDIK-AJEN Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Menyanyi dan Fotografi Cita-cita : Editor majalah, Desain Interior, Penyanyi Kesan dan Pesan : Peserta mendapatkan ilmu yang sangat berguna. Suasana harus lebih mengasikan dan lebih banyak materi tentang menulis. Nama : Dian Eka Wulandari TTL : Kuningan/18 September 1995 Alamat : Jl.Batureok RT.02/08 No.7 Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Mendengarkan musik, membaca, menulis Cita-cita : Pengusaha, Dokter dan Penulis Kesan dan Pesan : Senang, menambah wawasan dan ilmu tentang penulis. Untuk kedepannya, sering-sering ada kunjungan pelatihan seperti ini karena banyak manfaatnya.

Nama : Meiliza Ambarsari Soetiman TTL : Bandung/05 Mei 1995 Alamat : Jl.Dr.Setiabudhi Atas KM.11,3 RT.01/01 No.19 Desa Cihideung Gudang Kahuripan Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Dance, nyanyi, mengarang, dan menulis puisi Cita-cita : Akuntan, Jurnalis Kesan dan Pesan: Senang dapat menambah wawasan dan pengalaman, beruntung sekali mendapatkan tips-tips yang berguna untuk saya

Nama : TTL : Alamat : Sekolah : Hobby : Cita-cita :

Dina Rosdiana Bandung/11 Januari 1996 Kp.Pagermaneuh SMAN 1 Lembang Membaca buku Dokter dan Polwan

Nama : Tanti Sopiah N. TTL : Bandung/24 Pebruari 1996 Alamat : Kp.Andir, Desa Gudang Kahuripan RT.01/06 Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca buku, menulis dan mendengarkan musik Cita-cita : Dokter Kesan dan Pesan : Pelatihannya seru, menambah banyak pengetahuan serta dapat melatih kemampuan peserta terutama dalam menulis. Semoga saja pelatihan seperti ini lebih banyak berkembang lagi.

Kesan dan Pesan : Menurut saya acara ini ramai, menarik dan menyenangkan serta sangat bermanfaat bagi saya khususnya.

Sekolah Alam
Sensasi sambil Berpetualang

Nama : Tsany Nurfajriani TTL : Bandung/12 Nopember 1995 Alamat : Kp.Bewak No.132 RT.04/03 Desa Jayagiri Kec.Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca Novel Cita-cita : Penyiar radio, pembawa acara berita

Nama : Sonia Alamsyah TTL : Bandung/30 Juni 1996 Alamat : Kp.Bewak RT.04/03 Desa Jayagiri Kec. Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca Novel Cita-cita : Dokter

Nama : Amirush Shaffa Fauzia TTL : Bandung/12 Mei 1996 Alamat : Jl.Barulaksana No.181 RT.05/14 Jayagiri Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Menulis, Blogging, fotografi Cita-cita : Dokter, penulis

Kesan dan Pesan : “Tepat waktu setiap waktu”

Kesan dan Pesan:Sangat menyenangkan, lebih bisa menambah banyak teman dan pengetahuan

Kesan dan Pesan: Usefull banget, thanks Pos Indonesia

Belajar

Kali ini Sahabat Pena mengajak sobat untuk mengenal lebih dekat dengan Sekolah Alam Bandung (SAB). Dari namanya saja, sobat pasti tahu dari kota mana sekolah itu berasal. SAB terletak di jl. Dago Pojok, Tanggulan Cikalapa II No.4 RT 04 RW 03 Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Bandung.

Nama : Saida Maharani Siradjudin TTL : Bandung/31 Januari 1997 Alamat : Jl.Kayu Ambon No.32 Lembang RT.01/12 Kab.Bandung Barat Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Baca Novel Cita-cita : Dokter, penulis

Nama : Ariska Sopiani TTL : Bandung/26 Maret 1996 Alamat : Jl.Wadana I No.158 RT.03/01 Desa Jayagiri Lembang, Bandung Barat Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Mendengarkan lagu Cita-cita : Dokter Kesan dan Pesan : Semoga pelatihan yang saya ikuti ini dapat bermanfaat bagi saya maupun orang lain baik sekarang maupun masa depan Nama : Diyafani Agustiadini TTL : Bandung/09 Agustus 1996 Alamat : Jl.Tangkuban Parahu Kp.Ciburial RT.03/04 Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca Novel, Browsing Cita-cita : Dokter Kesan dan Pesan : Sangat menarik dan tentunya menyenangkan dan memberikan banyak pengetahuan yang asalnya tidak tahu menjadi tahu

Nama : Watini TTL : Bandung/30 Maret 1996 Alamat : Jl.Tangkuban Parahu Kp.Cikarembi No.32 RT.01/07 Desa Cikidang Lembang Kab. Bandung Barat Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca dan mendengarkan musik Cita-cita : Menjadi orang yang berguna dan sukses Kesan dan Pesan: Menulis dapat menjadi hal yang mulia, dengan menulis kita bisa membuat sejarah, menginspirasi orang lain dan membuat kehidupan. Nama : Hanani Fauziatunisa TTL : Bandung/23 Oktober 1995 Alamat : Gg.Minatu No.77 RT.01/02 Desa Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Baca karangan non-fiksi Cita-cita : Psikolog Kesan dan Pesan :Rame, bisa nambah ilmu, dan trainernya baik dan seru. Semoga pelatihan ini semakin berkembang.

Kesan dan Pesan : Semoga pelatihan ini bisa menjadi bekal saya untuk menggapai cita-cita dan bermanfaat bagi kehidupan saya. Nama : Dian Wulan Sari TTL : Bandung/31 Desember 1996 Alamat : Jl.Gunung Putri Kp.Pondok Buahbatu RT.04/09 Jayagiri Kec.Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Nonton film, baca buku Cita-cita : S.Fam Kesan dan Pesan : Acara ini sangat bagus, menyenangkan dan menambah wawasan banyak hal menarik untuk diikuti dalam acara ini. Pokoknya gak nyesel deh ikutan acara pelatihan ini.

20

Edis Edisi si 43 438 8 20 2012 12
C CTK. CTK 1 1.7 1.78/MMM-MR/2012 78/MM MM-MR M-MR/201 M-M /2012 /201 2 CTK. CTK. 1.78/MMM-MR/2012 1.78/MMM-MR/2012

Edisi 438 2012

17

RESENSI
Nama : TTL : Alamat : Sekolah : Hobby : Ani Rahayu Bandung/04 Juni 1995 Kp.Cihideung RT.02/04 SMAN 1 Lembang Menggambar, mendengarkan musik Cita-cita : Penterjemah Bahasa Jepang Kesan dan Pesan : Rame, seru, jadi lebih tahu caracara membuat karya tulis yang benar dan mengenal lebih jauh akan Pos Indonesia. Nama : Yana Muhamadinah TTL : Bukit Kemuning (Lampung Utara) /09 Maret 1997 Alamat : Kp.Manoko RT.01/03 Desa CIkahuripan Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca, main Cita-cita : Ahli Nuklir, Astronomi Kesan dan Pesan : Seru Nama : Nisa Yunita Rohmawati TTL : Bandung/27 Juni 1996 Alamat : Kp.Andir RT.04/05 Desa Gudang Kahuripan Lembang Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Baca Al-qur’an, membaca karangan non-fiksi, menyanyi Cita-cita : Guru Kesan dan Pesan: Seru. Jangan takut untuk mencoba.

Nama : Rani Suryani TTL : Bandung/03 Juni 1996 Alamat : Pagerwangi Lembang, Cibulakan RT.01/05 Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Membaca dan menulis Cita-cita : Penulis, perawat Kesan dan Pesan: Setelah mengikuti pelatihan ini saya menjadi sangat senang karena banyak ilmu dan manfaat yang dapat saya ambil. Dari pelatihan ini pula dapat membangkitkan saya untuk tidak berputus asa. Terus berjuang untuk hal yang positif.

Nama : Wulansari TTL : Bandung/05 Nopember 1995 Alamat : Kp.Cihideung RT.02/08 Kec Parongpong Sekolah : SMAN 1 Lembang Hobby : Menulis diary, berorganisasi, mendengarkan lagu, membaca novel Cita-cita : Guru Bahasa Jepang dan penulis naskah Kesan dan Pesan : Mengikuti pelatihan ini asik dan ramai, tentunya menambah pengalaman serta yang terpenting meluaskan wawasan dan pengetahuan. Pokoknya gak nyesel deh. “Penulis sukses, vKreatif yes”

Sang ratu yang tahu akan keberadaan sang putri di pesta dansa langsung memberi perintah untuk menghentikan pesta dansa itu. Sang ratu menangkap putri kemudian menyuruh pengawalnya untuk membunuh putri di tengah hutan. Pengawal yang tak tega itu kemudian menyeret sang putri kehutan dan meninggalkannya di sana. Lalu mengambil beberapa potong roti dan daging untuk dimasukkan ke dalam bungkusan yang kemudian diakuinya sebagai potongan hati sang putri. Ratu yang percaya kemudian mempersiapkan pesta pernikahannya dengan pangeran yang sudah ia beri sihir. Saat sang ratu meminta pendapat dari mirror tentang kecantikannya, ia merasa kesal. Karena ternyata sang putri masih hidup dan tinggal bersama para kurcaci. Ia berencana mengirimkan sihir kepada para kurcaci dan sang putri. Berhasilkah sihir sang ratu menghancurkan sang putri? Apakah pangeran mau menikah dengan ratu? Lalu di mana makan apel beracunnya? Hum. Sobat penasaran ya, untuk mengobati rasa penasaran sobat. Silahkan nonton sendiri ya filmya… huhu Film yang disutradarai oleh keturunan India, Tarsemh singh ini, memang tidak meninggalkan kekhasan film-film india sobat. Coba tebak, di dalam film ini juga ada adegan menyanyi dan menari seperti film india kebanyakan. Lily Collin yang berperan sebagai Snow Whitelah yang berperan penting dalam adegan itu. Namun, banyak yang menyayangkan

SMK Budi Raksa
Nama : Dian Ratna Sari TTL : Bandung/08 April 1995 Alamat : Kp.Kebon Hui RT.03/03 Desa Cigugur Girang Kec.Parongpong Sekolah : SMK Budi Raksa Hobby : Menonton, membaca Cita-cita : Guru Kesan dan Pesan : Selama mengikuti kegiatan ini merasa senang dan banyak ilmu yang didapat. Lebih dekat dengan audiens. Nama : Tuti Herawati TTL : Bandung/18 Januari 1996 Alamat : Jl.Terusan Sersan Bajuri No.46 RT.01/11 Desa Cihideung Kec. Parongpong Sekolah : SMK Budi Raksa Hobby : Membaca Cita-cita : Guru Kesan dan Pesan : Suatu kegiatan yang menambah pengetahuan dan menambah kreatifitas serta memberikan motivasi positif bagi peserta

Sutradara Aktor/aktris

Rilis

: Tarsemh Singh : Julia Robert (Ratu), Lily Collins (Snow White), Nathan Lane (Brighton/Ajudan Ratu), Armie Hammer (Pangeran Alcott). : 2012

dan hanya putrilah orang yang bisa menyelamatkan rakyatnya. Diam-diam dengan penyamaran yang apik, sang putri pergi keluar istana dan melihat sendiri bahwa saat ini rakyatnya sudah menjadi sangat miskin. Sangat berbeda dengan kehidupan di kerajaan yang mewah. Sang putri bergegas kembali ke istana. Dalam perjalanan ia menemukan dua orang lelaki yang tengah tergantung di tengah hutan. Akhirnya iapun menolongnya. Sesampainya di istana, sang putri dimarahi habis-habisan oleh sang ratu karena ia sudah melanggar peraturannya. Ia mencoba mengikuti pesta dansa untuk meminta pertolongan dari seorang pangeran yang akan datang ke istana itu. Ketika ia mengikuti pesta dansa tahulah ia bahwa ternyata sang pangeran itu adalah orang yang ditolongnya tadi sewaktu berada di hutan.

SMA Negeri 1 Cisarua
Nama : Anisa Gustiana Nur Maidah TTL : Bandung/23 Agustus 1995 Alamat : Jl.Kol.Masturi RT.04/10 No.24 Kec.Parongpong Kab.Bandung Barat Sekolah : SMAN 1 Cisarua Hobby : Baca Novel, Menulis Novel Cita-cita : Hakim, Guru, Penulis Kesan dan Pesan : Asik banget pelatihannya gak bikin ngantuk atau boring, aku jadi tahu banyak tentang sastra dan juga Kantor Pos. Pokoknya Penulis “sukses”, Kreatif “yes” Nama : Hannan Zakiyya TTL : Subang/31 Maret 1995 Alamat : Jl.Kol.Masturi No.64 Desa Jambudipa Kec. Cisarua Kab.Bandung Barat Sekolah : SMAN 1 Cisarua Hobby : Menulis dan bikin konsep Cita-cita : Sutradara, Jurnalis, Penulis dan Aktor Kesan dan Pesan : Seru dan asik sekali, banyak ilmu dan motivasi yang didapat. Semoga event seperti ini menjadi kegiatan rutin. Nama : Sindanita Yulianty TTL : Sumedang/01 Juli 1995 Alamat : Graha Bukit Raya I, E3/65 Cilame Ngamprah Sekolah : SMAN 1 Cisarua Hobby : Mendengarkan music dan membaca Cita-cita : Guru, Seniman Kesan dan Pesan : Sebuah kegiatan yang menarik dan member banyak sekali ilmu bagi saya, terimakasih Pos Indonesia.

Hai sobat. Apa kabar? Hum, kali ini tim sahabat pena ingin mereview sebuah film yang berjudul Mirror Mirror. Jangan salah sangka dulu sobat, film ini bukan film hantu kok. Melainkan film anak-anak yang diadaptasi dari kisah putri salju. Film ini memang diadaptasi dari kisah putri salju sobat, tapi jalan ceritanya tidak sepenuhnya sama persis. Diawali dari kisah putri salju yang dikurung di menara. Sang putri dianggap sebagai seorang perusak. Padahal sang ratu mengurung sang putri agar ia bisa dengan leluasa mengusai kota. Namun pada suatu hari, sang putri melanggar peraturan sang ratu, ia keluar dari menara tempat ia disembunyikan dan menemui sang ratu. Sang ratu marah dan memerintahkannya untuk kembali ke menara. Saat kembali ia bertemu dengan salah seorang juru masak di istana itu, yang menyampaikan bahwa saat ini rakyatnya sengsara

SMK Bina Wisata Lembang
Nama : Abdul Ridwan Rochman TTL : Bandung/28 Juli 1996 Alamat : Ciloa RT.02/02 No.22 Lebaksari Kec. Ngamprah Padalarang Sekolah : SMAN 1 Cisarua Hobby : Foto-foto, Browsing, bermain games Cita-cita : Fotografer, Arsitek, Pengusaha Kesan dan Pesan : Seru dan nyaman. Adakan lagi kegiatan ini dengan menghadirkan cerpenis, puisitis, dan novelis. Nama : Siti Anih Nurhaeni TTL : Bandung/17 Juni 1996 Alamat : Jl.Raya Lembang KM.11,8 Kp. Cihideung RT.01/02 Desa Gudang Kahuripan Kab.Bandung Barat Sekolah : SMK Bina Wisata Lembang Hobby : Berenang, Membaca Cita-cita : Guru Kesan dan Pesan: Kegiatan ini sangat berkesan karena dengan kegiatan ini menambah wawasan saya mengenai banyak hal yang sebelumnya tidak saya ketahui

adegan ini sobat, karena ceritanya menjadi anti klimaks. Walau begitu, film ini cukup menghibur dan memberikan warna baru di dalam industri perfilman dunia. (Ly)
19

18

Edisi si 438 2012 2
CTK. 1.78/MMM-MR/2012 CTK. 1.78/MMM-MR/2012

Edisi 438 2012

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->