wwwwwxw

Panduan Saku CQR
Aljabar I
Faktor Faktorpersekutuan 1 . Temukan persekutuan monomial terbesar dan faktor setiap suku. 2. Bagi polinomial asli untuk mendapatkan faktor kedua. Selisih dua akar 1 . Cari akar pangkat dua suku pertama dan suku kedua. 2. Ekspresikan jawabanmu sebagai perkalian dari penjumlahan dan selisih dari masing-masing kuantitas tersebut. Contoh: x - 9 = (/ + 3)(x- 3). Trinomial 1 . Periksa dan lihat apakah kamu bisa memonomialkan faktomya. 2. Gunakan tanda kurung ganda dan faktorkan komponen suku pertama, kemudian letakkan faktortersebutdi kiri tanda kurung. 3. Faktorkan suku yang terakhirdan letakkan faktor-faktornya di kanan tanda kurung. 4. Untuk menentukan jenis tanda bilangan, dan jenis bilangannya sendiri, mungkin akan dibutuhkan metode coba-coba. Kalikan mean (dalam dengan dalam) dan ekstrem (luar dengan luar), hasil perkalian tersebut harus sama dengan suku tengahnya. Contoh: x + Zx + 2 = (x + 2)(x+ 1).
2 2

Aksioma Pertidaksamaan Aksioma trikotomi: a > b, a = b, atau a < b Aksioma transitif: jika a > b dan b > c, maka a > c Aksioma penjumlahan: jika a > b, maka a + c > b + c Aksioma perkalian positif: jika c > 0, maka a > b jika dan hanya jika, ac > be Aksioma perkalian negatif: jika c < 0, maka a > b jika dan hanya jika, ac < be Memecahkan Persamaan Kuadrat Dengan memfaktorkan, letakkan semua suku pada salah satu sisi tanda sama dengan dan faktorkan. Jadikan setiap faktor sama dengan nol dan selesaikan. Dengan menggunakan rumus kuadratik, masukkan ke dalam rumus. -b±^b
2

-4ac

2a Dengan menyelesaikan yang berpangkat dua: jadikan persamaannya dalam bentuk ( b^ ax +bx=-c (buat sebuah -1 dengan pembagian apabila diperiukan). Tambahkan ^
2 2

pada kedua sisi persamaan agar terbentuk sebuah akar dua yang sempuma di sisi kiri persamaannya. Cari akar pangkat dua dari kedua sisi persamaan dan selesaikan persamaan yang dihasilkan.
Copyright©2001 Jerry Bobrow, Ph.D All rights reserved. Untuk informasi lebih lanjut tentang Wiley, hubungilah 1 - 800 - 762-2974.

Is
I S

TM

PDF Editor

tambahkan pangkat bilangan dasaryang sama: x (x ) = x . maka a = c. jumlahkan atau kurangi suku-suku yang sama. Jawabannya adalah koordinat dari garis yang berpotongan. kamu harus membalikkan arah tanda pertidaksamaan tersebut. bagi setiap suku dengan monomialnya. pastikan kedua persamaan dalam urutan yang menurun (besar ke kecil). Aksioma penjumlahan: jika a = b dan c = d. Terakhir" sering digunakan pada perkalian binomial. Trinomial hanya terdiri atas tiga suku. maka b = a. Persamaannya mungkin perlu dikalikan dengan kelipatan persekutuan terlebih dahulu. Menyelesaikan Sebuah Persamaan 1 . Menyelesaikan Sistem Persamaan Metode Penjumlahan atau Pengurangan: gabungkan persamaan tersebut untuk menghilangkan salah satu peubah. Monomial Monomial adalah pernyataan aljabar yang hanya mengandung satu suku. maka ac = bd. Metode Grafik: buatlah grafik untuk setiap persamaan pada sebuah grafik yang sama. kemudian gunakan cara pembagian panjang (dibagi dengan suku pertama. Metode "Pertama. Luar. Dalam. Aksioma perkalian: jika a = b dan c = d. Metode Substtusi: selesaikan satu persamaan pada salah satu peubah. kalikan. Untuk membagi polinomial dengan monomial. contoh x+y Binomial hanya terdiri atas dua suku. Bagi dengan bilangan yang berada di depan peubah. maka a + c = b + d. Contoh: 3xy + 2xy = 5xy. Untuk membagi monomial. s Polinomial Polinomial adalah pernyataan aljabar dari dua atau lebih suku. kurangi pangkat yang dibagi dengan pangkat pembagi dari x 4 3 7 8 bilangan dasaryang sama: — -X . Jumlahkan atau kurangi monomial hanya dengan suku yang sama. kecuali jika kamu harus mengalikan atau membagi kedua sisi dengan bilangan negatif. Untuk mengalikan monomial. kemudian substitusikan peubah tersebut ke persamaan lainnya. Letakkan peubahnya pada satu sisi dari tanda sama dengan dan bilangan pada sisi satunya. Sederhanakan jika periu. kalikan setiap suku polinomial dengan setiap suku polinomial yang lain. Aksioma transitif: jika a = b dan b = c. 2. 3. Untuk membagi polinomial dengan polinomial. Menyelesaikan Pertidaksamaan Selesaikan dengan cara yang sama seperti persamaan. Untuk menjumlah atau mengurangi polinomial. TM PDF Editor .Panduan Saku CQR Aljabar I Aksioma Persamaan Aksioma refleksif: a = a. Untuk mengalikan dua polinomial. kurangi. turunkan). Aksioma simetris: jika a = b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful