P. 1
Pengaruh Music Terhadap Tanaman

Pengaruh Music Terhadap Tanaman

|Views: 818|Likes:
Published by Andri Adi Mustika
kti smp
kti smp

More info:

Published by: Andri Adi Mustika on Aug 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2014

pdf

text

original

Sebuah pemodelan Agro-Teknologi gelombang-: Sebuah respon TANAMAN BERBAGAI PADA GAYA MUSIK Hudaini Hasbi) * Kuliah

staf Agric.Faculty, Universitas Muhammadiyah Jember ABSTRAK Dalam proyek ini, kami mempelajari efek dari energi suara pada pertumbuhan tanaman. Kami ingin menyelidiki efek musik pada tanaman dan menentukan apakah cocok hipotesis kami bahwa energi suara mempromosikan pertumbuhan tanaman. Kami melaksanakan percobaan dengan menundukkan berbagai tanaman untuk dua jenis musik, dan membandingkan hasilnya dengan satu set tanaman kontrol. Dari hasil ini, kami dapat menyimpulkan bahwa, terlepas dari jenis musik, dengan volume yang lebih besar dari musik, pertumbuhan yang lebih diamati pada tanaman. Misalnya, persentase kenaikan luas daun tanaman Zea mays merupakan yang tertinggi bagi mereka yang terkena keras musik, dengan orang-orang yang terkena musik klasik yang menunjukkan peningkatan 91,6% dan mereka yang terkena logam berat, meningkat 86,2%. Hal yang sama diamati pada kenaikan% berat segar. Selanjutnya, musik keras tampaknya memiliki efek positif terhadap perkecambahan. Hal ini terutama terjadi di ginjal kacang, di mana benih tersebut terkena musik keras berkecambah lebih cepat dan memiliki perkecambahan% dari 60%, dibandingkan dengan 23% perkecambahan pada tanaman kontrol. PENDAHULUAN Studi telah dilakukan pada penggunaan musik untuk meningkatkan hasil dan kualitas tanaman pada tanaman seperti tanaman tomat (Hou dan Mooneyham, 1999), barley (Spillane, 1991), dan sayuran (Xiao Hai, 1990). Ini bidang ilmu yang dikenal sebagai biologi akustik, dimana tanaman yang terkena gelombang suara atau musik dalam rangka meningkatkan hasil dan kualitas tanaman, dan masih dalam masa pertumbuhan. Tidak banyak belajar dilakukan di daerah ini, karena ada kurangnya instrumen yang tepat mengukur respon dari tanaman serta kurangnya teori-teori ilmiah terbukti dalam wilayah studi ini. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hou et al (1994) untuk menetapkan fakta bahwa tanaman menanggapi rangsangan suara eksternal. Hasil awal yang menunjukkan bahwa gelombang suara memang meningkatkan kualitas tanaman, seperti tomat, lobak, jamur dan bit. Dalam percobaan kami, kami memutuskan untuk mempelajari efek dari dua jenis musik, sepotong keroncong klasik dan sepotong logam berat pada berbagai parameter pertumbuhan tanaman, seperti bobot segar tanaman, luas daun, panjang tanaman, serta konsentrasi klorofil. Hal ini dilakukan pada tanaman jagung, Zea mays. (Lihat Bagian 1) Kami mempelajari perkecambahan juga, pada jagung, kacang hijau, kacang, dan benih padi. Hal ini dilakukan dengan potongan klasik (lihat Bagian 2). Kami juga melakukan pemodelan A AgroTeknologi gelombang-:

Suara Orang Mengaji Membuat Pertumbuhan Tanaman Lebih Pesat Yogyakarta, CyberNews. Kehidupan dan kesejahteraan manusia tidak dapat terpisahkan dari dunia agronomi/tumbuhan. Menurut para ahli, ada alternatif lain untuk mendukung proses pertumbuhan suatu tanaman, selain dengan pemberian pupuk seperti pemberian musik atau suara yang menenangkan, seperti musik klasik ternyata memiliki pengaruh terhadap kecepatan pertumbuhan tanaman kacang hijau. Secara praktis, teknologi itu dikemudian hari dikembangkan dan dikenal dengan sebutan 'Sonic Bloom'. 'Treatment' mengkolaborasi pemberian nutrisi khusus dengan unit penghasil suara untuk memacu pertumbuhan tanaman. Dengan frekuensi tertentu yang secara alami mirip kicauan burung, 'sonic bloom' mampu menstimulasi stomata untuk memperbesar diameter lubangnya. Lubang stomata berfungsi sebagai jalur keluar masuk oksigen, karbon dioksida dan air yang dibutuhkan dalam proses respirasi maupun fotosintesis. Terkait itu, Shinta Ignaya Langsari, Elta Tresna Utami, Mei Liza Fitriani dan Rovi Wahyuni mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY membuat penelitian untuk membuktikan bahwa perbedaan pengaruh suara dan jenis musik dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman kacang hijau. Menurut Shinta, Jumat (22/1), penelitian difokuskan pada frekuensi suara dan masing-masing jenis musik. Menggunakan suara orang mengaji surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, dan surat Yaa Siin. Musik klasiknya terdiri atasi 'Green Sleeves', 'Romeo & Juliet', dan 'Balamb Garden'. Langgam Jawanya terdiri atas 'Ladrang Pariwisata', 'Ladrang Wahyu', dan 'Sekar Tengahan Candrawilasita'. Sedangkan untuk musik dangdut terdiri atas 'Syahdu', 'Bulan Bintang', dan 'Piano'. Penelitian itu dilakukan selama 4 hari untuk masing-masing musik. Waktu diperdengarkan setiap musik, pagi hari pukul 07.00 - 11.00 WIB dan sore hari pukul 14.00 - 18.00 WIB dengan cara meletakkan kapas potong basah dalam cawan petri dimana diletakkan biji kacang hijau di atasnya dan ditetesi air. Hasilnya, menurut Elta, didapatkan bahwa biji kacang hijau yang dikecambahkan dengan diperdengarkan suara orang mengaji mengalami pertumbuhan yang cepat, sehingga kondisinya paling tinggi. Setelah dilakukan analisis bunyi pada suara dan musik-musik tersebut dihasilkan bahwa suara orang yang mengaji mempunyai frekuensi tertinggi.

banyak benih memiliki Giberelin dalam konsentrasi tinggi.salah satu sifat makhluk hidup adalah memberi tanggapan terhadap gelombang suara dan gelombang cahaya. Prilaku makhluk hidup dapat diamati dengan memberikan perlakuan tertentu pada individu atau sekelompok makhluk tersebut sehingga mampu terdeteksi gejala atau prilaku makhluk tersebut ketika diberikan suatu perlakuan khusus.) Ade Narsa 11306141014 PENDIDIKAN FISIKA 2011 UNIVERSITAS YOGYAKARTA BAB I Pendahuluan 1.Dalam penelitian ini tanaman yang digunakan adalah kacang hijau yang merupakan tanaman yang mengalami masa perkecambahan dan pertumbuhan setelah perkecambahan berlangsung lebih signifikan. Pemanfaatan efek gelombang suara sekarang dapat dipakai untuk meningkatkan produksi tanaman yang lebih di kenal dengan istilah Sonic Bloom. Makhluk hidup mengalami perkembangan dan pertumbuhan.Penelitian yang dilakukan oleh dosen Universitas Yogyakarta menujukan bahwa Suara Garengpung (Dundubia manifera) termanipulasi mampu meningkatkan produksi kacang Dieng sehingga lebih berat. Apakah yang terjadi pada Kacang Hijau yang diberikan gelombang suara? 2. 1.Pengaruh Suara Alam termanipulasi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L. Giberelin mempunyai pengaruh dalam pemanjangan dan perkecambahan(Campbell.Prilaku yang menunjukan sikap atau adaptasi makhluk hidup terhadap suatu perlakuan dari lingkungan sekitarnya merupakan prilaku makhluk hidup. Hal ini memudahkan untuk mengamati prilaku suatu tanaman tertentu. Masalah-masalah tersebut adalah sebagai berikut. sehingga waktu yang dibutukan untuk mengamati perilaku Tumbuhan ketika diberikan perlakuan berupa gelombang suara relatif singkat . Di Indonesia sendiri telah ada penelitian yang mengarah pada pemanfaatan gelombang suara bunyi untuk peningkatan produksi tanaman. Pada masa Perkecambahan. Manakah di antara tanaman tersebut yang memiliki pertumbuhan paling baik? .Selain itu gelombang suara diberikan dalam frekuensi dan bentuk termanipulasi lain untuk tanaman yang berbeda. 1.2 Rumusan Masalah Ada beberapa masalah yang akan dibahas penelitian ini.1 Latar Belakang Makhluk Hidup mampu menerima rangsangan dari lingkungannya.-: 385). Teknologi Sonic bloom memanfaatkan gelombang suara alami dengan frekuensi tinggi yang mampu merangsang stomata tetap terbuka sehingga meningkatkan efisiensi penyerapan pupuk yang sangat berguna bagi tanaman dan meningkatkan efisiensi fotosintesis serta hasil akhir fososintesis sehingga meningkatkan jumlah produksi . Teknologi ini pertama diciptakan oleh Dan Carlson dari Amerika dan mulai disebarkan secara komersial pada tahun 1980.

3 Tujuan Penelitian Ada beberapa tujuan penelitian.Tanaman Kacang Hijau memiliki banyak nama popular di berbagai Negara.1 Pengertian Kacang adalah tumbuhan anggota genus Phaseolus. BAB II Landasan Teori 2. 1. Tanaman ini akan di tanam dari bibit. jumlah atau keadan daun diameter batang. Media tanam yang dipakai adalah tanah d e n g a n j e n i s ya n g s a m a u n t u k s e t i a p t a n a m a n . Bagi petani Kacang Hijau dapat menggunakan referensi penelitian ini untuk meningkatkan cara bertani yang menggunakan rekayasa teknologi dalam kesehariannya dan ini. Klasifikasi Kingdom Subkingdom Super Divisi Divisi Kelas Sub Kelas Ordo Famili Genus Spesies: : Plantae (Tumbuhan) : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) : Spermatophyta (Menghasilkan biji) :Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) : Rosidae : Fabales : Fabaceae (suku polong-polongan) : Phaseolus Phaseolus radiatus L. .Selain itu dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tanaman dalam pemanfaatannya dengan gelombang suara. 1. Parameter yang digunakan dalam mengamati pertumbuhan kacang hijau adalah pertambahan panjang. Untuk mengetahui pertumbuhan tanaman mana yang paling bagus. kemudian diputar ulang.di Filipina disebut Balatong dan di China disebut chi xiao dou. Suara Gelombang air yang dipakai adalah rekaman dari air pancuran yang direkam. E m p a t k e l o m p o k tanaman dalam pot itu akan mendengarkan gelombang suara air dengan jarak berbeda selama 15 menit setiap pagi dan sore hari.1.4 Manfaat Penelitian 1. Tujuan penelitian tersebut adalah sebagai berikut. .dalam tata nama ilmiah Kacang Hijau mempunyai klasifikasi sebagai berikut. 1.1.Kacang Hijau 2. Untuk mengetahui pengaruh gelombang suara alam terhadap pertumbuhan Kacang hijau 2. Praktikan memakai tanaman Kacang hijau.1. Sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih baik dari segi kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan. Bagi Peneliti dapat memperluas wawasan keilmuan dalam bidang pemanfaatan teknologi gelombang suara yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman. 2.5 Batasan Masalah Dalam percobaan ini.

.2 Suara :Kacang Ruji. gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air. sampai ke gendang telinga manusia.stomata tumbuhan akan terbuka. Ketika suara dengan frekuensi tertentu dimainkan pada tumbuhan. yaitu getaran di udara atau medium lain.Tumbuh merupakan suatu proses yang kompleks yang melibatkan banyak factor yaitu faktor dalam dan faktor luar.Faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu kadar air dan udara dalam tanah.(Ari. Suara di atas 20 kHz disebut ultrasonik dan di bawah 20 Hz disebut infrasonik 2.pembentukan protoplasma baru.1995:47).Walaupun tumbuhan tidak memiliki telinga untuk mendengarkan seperti halnya hewan dan manusia.Faktor dalam pertumbuhan missal asimilasi. gas. Batas frekuensi bunyi yang dapat didengar oleh telinga manusia kira-kira dari 20 Hz sampai 20 kHz pada amplitudo umum dengan berbagai variasi dalam kurva responsnya.2005) Pertumbuhan dan perkembangan tanaman merupakan proses yang penting dalam kehidupan dan berlangsung secara terus menerus sepanjang daur hidup.2010).3 Pengaruh suara terhadap pertumbuhan tanaman Suara mempengaruhi semua makhluk hidup. Manusia mendengar bunyi saat gelombang bunyi.2. tetapi suara murni secara teoritis dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dalam Hertz (Hz) dan amplitudo atau kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel.tetapi telah dibuktikan bahwa stomata pada tumbuhan merespon adanya suara(Jberry.kelembaban udara.termasuk tumbuhan. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair.1 pengertian Bunyi Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Jadi.1978 dalam Salisbury dan Ross.peningkatan dalam ukuran dan berat hasil tumbuhan. padat.Kerabat dekat 2.intensitas cahaya.Kacang Emas dan Buncis 2.Terbukanya stomata akan menyebabkan penyerapan pupuk yang lebbih efisien dari pada tumbuhan tanpa suara (musik). batu bara.Penyerapan pupuk yang baik diikuti dengan tumbuh kembang tanaman yang lebih baik sehingga menyebabkan tumbuhan yang didengarkan musik berkembang lebih baik. Kebanyakan suara adalah merupakan gabungan berbagai sinyal.tanah serta ketersediaan mineral(Sutarmi. atau udara.

3.Berapa rata-rata pertambahan panjang.1 Rancangan Penelitian Pada penelitian ini dimulai pada Bulan November 2011.BAB III Metodologi Penelitian 3.3.Berapa pertambahan tinggi tiap hari dari tiap pot .terminal dan suara rekaman.wadah . 3. Alat-dan Bahan yang digunakan adalah Speaker computer.5 Teknik Analisis Data Analisis analisis data akan dilakukaan secara kulitatif dan kuantitatif. Setiap pot terdiri dari empat benih Kacang Hijau.3. Praktikan menanam Benih Kacang Hijau pada empat Pot yang sudah di tandai.00 WIB.2 Daftar Pertanyaan Observasi .Setelah diperoleh data semuanya .Tanah yan dimasukan kedalam pot tidak perlu di campur pupuk .speaker computer dan mp3 untuk memberikan suaranya. sedangkan untuk sampel suara alam adalah rekaman air pancuran yang di modifikasi 3.langkah selanjutnya menghitung perubahan secara mtematis kemudian hasilnya di takikan 3.pagi jam 06.kemudian penggaris lurus untuk mengukur tinggi kacang hijau setiap hari.penggaris.dengan masing-masing wadah empat kacang hijau.Berapa perubahan diameter batang kacang hijau .2 Populasi dan Sampel Populasi tanaman adalah enam belas Kacang hijau yang di masukan kedalam empat wadah .4 Pengumpulan Data Pengambilan data dilakukan setiap hari.3 Instrumen Penelitian 3.Bahan yang digunakan berupa benih kacang hijau yang sudah direndam terlebih dahulu agar tidak lama tumbuhnya. 3.1 alat dan Bahan Alat dan di gunakan dalam kegiatan ini adalah empat pot dari plastik yang sudah dilubangi.45 dan untuk sore jam 17.Praktikan mengambil data dengan cara mengukur langsung tinggi pohon kacang hijau dengan penggaris secara hati-hati.Kacang hijau yang digunakan sudah di kecambahkan terlebih dahulu.Bagaimana dan berapa daun tiap pohon .kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pengukuran diameter batang kacang hijau dengan mengunakan penggaris juga dan menghitung jumlah daun serta kelainan yang terjadi pada tumbuhan tersebut.Secara kuantitatif pratikan membanding pertambahan panjang dan diameter batang kacang hijau yang diberikan perlakuan berupa suara air dengan kacang hijau yang dibiarkan tanpa perlakuan sebagai .

musik telah menjadi bagian hidup seseorang. Apakah yang terjadi pada tumbuhan yang mendengarkan m usik klasik. s epert i tumbuhan? Apakah saat t um buhan m endengarkan m usik. Bahkan. musik akan diputarkan pada tanaman cabai selama masa pertumbuhannya 1. emosi kita pun juga dapat dipengaruhi oleh musik. Tiga kelompok cabai itu akan mendengar tiga jenis lagu dari jenis yang berbeda. k a m i m e l a k u k a n s e b u a h penelitian terhadap tanaman cabai merah keriting. . kita mendengarkan musik begitu pula ketika kita sedang sedih. Pendahuluan 1. musik menjadi teman ketika sedang belajar dan menjadikan musik sebagai teman tidur.4 Manfaat Penelitian 1.1 Latar Belakang Pada zaman sekarang. U n t u k m e n g e t a h u i p e n g a r u h m u s i k k l a s i k . kita pasti mendengarkan musik. Bahkan. Tanamancabai ini akan kami kelom pokkan menjadi tiga kelompok yang terdiri dari enam tanaman cabai. Di rumah. Bahkan. r o c k d a n d a n g d u t t e r h a d a p tanaman cabai merah keriting 2. tumbuhan juga dapat merasakan manfaat dari musik itu? U n t u k m e n j a w a b p e r t a n y a a n p e r t a n y a a n i t u . Bahkan.dengan melihat bagus tidaknya daun yang terbentuk atau ada-tidaknya gangguan yang dapat mengganggu pertumbuhan kacang hijau tersebut. Dengan adanya pengetahuan tersebut. para petani dapat memanfaatkannya d a l a m p r o s e s m e n a n a m c a b a i s e h i n g g a m e n g h a s i l k a n c a b a i d e n g a n kualitas yang baik dengan waktu yang lebih singkat. bagi sebagian dari kita.tanaman control. Namun. Di saat kita sedang senang. pusat p u s a t perbelanjaan pun memutar lagu sepanjang hari agar tercipta suasana yang nyaman.3 Tujuan Penelitian Ada beberapa tujuan penelitian. 1. Setiaphari. M as al ah -masalah tersebut adalah sebagai berikut. musik sebaliknya mempengaruhi perasaan kita. Di sekolah. Di mana pun kita berada. maka kita dapat mengetahui musik dengan jenis tertentu memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. apakah musik juga mempengaruhi kehidupan makhluk hi dup l ain. bagi beberapa orang. 1. kita selalu mendengarkan musik. tanpa sadar pun kita dapat melompat-lompat dan ikut bergembira dan ketika kita mendengar lagu sedih. setiap hari diputarkan lagu -lagu rohani. Untuk mengetahui pertumbuhan tanaman mana yang paling bagus. Setiap hari. Ketika kita mendengarkan lagu bersemangat. Keterangan di atas menunjukkan bahwa musik sangat berpengaruh dalam hidup manusia.1Bagi petani cabai merah keriting Dengan adanya penelitian ini. rock dan dangdut? 2.4.Cara kuanlitatif . kita pun dapat ikut terbawa suasana dan merasakan lagu itu. Musik begitu saja mengalir dalam hidup kira. kita dapat memutar lagu dari MP3. Tujuan penelitian tersebut adalah sebagai berikut. 1. Hidup kita sangat dipengaruhi oleh musik.2 Rumusan Masalah Ada bebe rapa m asal ah yang akan di bahas dal am kar ya t ul is ini. M a n a k a h d i a n t a r a t a n a m a n t e r s e b u t y a n g m e m i l i k i p e r t u m b u h a n p a l i n g baik? 1. Kami memilih tanaman cabai ini karena tanaman ini lebih cepat tumbuh dibandingkan tanaman lainnya.

1PengertianCabai adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum . 2010:13).2 Tanaman cabai yang mendengarkan musik klasik mengalami pertumbuhan yang paling baik. misalnya lombok.rawit. Batasan Masalah Dalam percobaan ini.6 Hipotesis Menurut kami. pada umumnya cabai disebut sebagai pepper atau chili . Musik rock yang dipakai adalah Canon in D rock. Di Indonesia. 1. mengkreng. Pertumbuhan dilihat dari bertumbuhnya bibit cabai merah keriting sampai tumbuhan berbuah. penamaan cabai pun bermacam-macam. Sedangkan nama chilidigunakan unutk menyebut cabai pedas seperti cabai rawit. 1.1.2Bagi para kolektor tanaman Dari hasil penelitian ini. para kolektor tanaman akan mengetahui p e r a n m u s i k d a l a m p e r t u m b u h a n t a n a m a n s e h i n g g a m e r e k a d a p a t memanfaatkan musik itu dalam menghasilkan tanaman yang unggul dan berkualitas. tanaman cabai termasuk dalam genus Capsicum . Tiga kelompok tanaman itu akan mendengarkan tiga jenis musik yang berbeda selama tiga jam per hari.Tanaman ini akan kita tanam dari bibit. Sedangkan pertumbuhan tanaman yang mendengarkan musik jenis dangdut berada diantara pertumbuhan tanaman cabai yang mendengarkan musik klasik dan rock. 1.6. Tananaman cabai memiliki banyak nama popular di berbagai negara. Namun. cabai manis. Dari pertumbuhan tersebutakan diteliti ketinggian tanaman. kami memakai tanaman cabai merah keriting.Dalam tata nama ilmiah.4. banyak daun dan buah yang dihasilkan. dan cengek (Warisno.6. 2. Nama pepper umumnya digunakan untuk menyebut berbagai jenis cabai besar seperti cabai besar. Jenis musik yang dipakai adalah jenis musik intrumental (tanpa lirik lagu) yang bernuansa gembira kecuali musik klasik. Musik klasik yang dipakaia dalah Jay Chou-Secret. Media tanam yang dipakai adalah tanahdan kompas dengan jenis yang sama untuk setiap tanaman.1 Tanaman cabai yang mendengarkan musik klasik memiliki perkembangan tumbuh yang lebih baik dan tanaman yang mendengarkanmusik rock mengalami pertumbuhan yang kurang baik.1 Cabai2. atau paprika. Musik dangdut yang dipakai adalah Sule-Sussi.1.

Pemilihan MediaS e t e l a h m e m p e r s i a p k a n a l a t d a n b a h a n y a n g d i p e r l u k a n . 1 . tanaman cabai dapat langsunhg ditanam. J i k a ca b ai r awi t da n ca b ai b es ar digunakan sebagai bumbu masakan. U ku ra n ca b ai i n i l eb i h be sa r da ri p ad a ca ba i la i n ny a dengan panjang mencapai 15 cm dan diameternya mencapai 8cm. Pupuk yang digunakan sebaiknyaadalah pupuk yang cepat larut dan mudah tersedia bagi tanaman.Cabaiini berukuran kecil dan rasanya pedas karena kandungan minyak atsirinya yang sangat tinggi. M as ing m a si n g d a ri media ini memiliki kelebihan dan kekekurangan masing-masing. (cabai besar) Capsicum frutescens L (cabai rawit/ cabai kecil). buahnya berwarna hijau tua dan saat telah menjadi tua. Jika tanah yang dipakai adalah tanah lepung b e r p a s i r . pupuk daun. Ketika sudah tua.2. 3 P e n a n a m a n C a b a i d a l a m p o t Menurut Warisno (2010: 74-80).1. Olehk a r e n a i t u . Saat muda. buah cabai besar berwarna hijau tua.Cabai RawitCabai rawit di dunia internasional dikenal sebagai hot chili. dengan klasifikasi sebagai berikut. S i s t e m N o n Hidroponik Media yang digunakan unutuk sistem non hidroponik adalah c a m p u r a n t a n a h .Kingdom: PlantaeDivisi: MagnoliophytaKelas: MagnoliopsidaSub kelas: AsteridaeOrdo: SolanalesFamili:Solanaceae Genus:CapsicumSpecies: Capsicum annuum L.2 . te rle b ih da h ul u m e lak uk a n p e r s i a p a n a l a t d a n b a h a n y a n g a k a n d i g u n a k a n d a l a m membudidayakan tanaman cabai dalam pot.w ar na ny a be ru b a h me nj a d i m er ah . P e m u p u k a n D a l a m p e n a n a m a n t a n a m a n c a b a i . C a b a i B e s a r Cabai besar berukuran lebih panjang dibandingkan dengan cabairawit.2. p e m u p u k a n m e m e g a n g peranan yang sangat penting. Persiapan AwalSe be lum m e l ak uk a n pe na na m an . cabai lonceng dijadikan sebagaisayuran karena rasanya tidak pedas bahkan mendekati manis. cabai rawit putih dan cabai rawit hijau adalah contoh cabai rawit.langkah penanamancabai dalam pot dijelaskan sebagai berikut. p e n g g u n a n a n p u p u k y a n g s u k a r l a r u t . yaitu: cabai rawit.2 . Hal ini disebabkan karena jika hanyadengan melaluli media. dim as ukk a n ke d a lam po t y an gt el ah d i p e rs ia pk an . pupuk sintesis. warnanya berubah menjadi merahm e nya la .1. jumlah unsur hara sangat terbatas sehingga perlu ditambah melalui pemupukan. P e ng is i an m ed i a pad a p o t j a ng a n te r l a lu p e nu h nam u n d i si sa ka n 5 cm pa da ba g ia n at as po t u nt uk p em bu an g an a ir k e t i k a t e r j a d i p e n y i r a m a n y a n g b e r l e b i h a n .2Jenis-jenis cabaiMenurut Warisno (2010:20-22).1. selanjutnya menentukan media tanam yang akan digunakan. cabai besar dan cabai lonceng (paprika). dan pot. langkah. p e n a m b a h a n p a s i r d a p a t d i t i a d a k a n s e h i n g g a perbandingan tanah dengan pupuk organik menjadi 3:1. cabai di kelompokkan menjadi 3kelompok besar. S e t e l a h m e d i a s i a p . bibitcabai. ca b ai m er a h keriting dan cabai hijau.3 . ar a ng se k am da n s er b uk ge r g aj i . S i s t e m H i d r o p o n i k Media tanam yang digunakan unutk sistem ini antara lain pas i r . Penanaman dapat dilakukande n ga n m e n g g u n aka n be n i h a ta u bi b it . Pengisian Media dan PenanamanM ed i a y an g te la h d ite ntu k an . P a p r i k a C a b a i i ni d i nam a ka n ca ba i lo n ce n g k ar en a be n t uk ny a y an gs ep ert i lo n ce n g. p a s i r . Bi l a m e ng g u nka n be n i h. Cabai rawit kecil.. Co nto h c a ba i bes ar a da l ah c ab a i m e ra h be sa r. Padawaktu muda. b . Alat dan bahan yangdiperlukan adalah pupuk organik.4 . Media tanam untuk budidaya cabai di luar lahan dibedakan menjadi dua sistem yaitu sistem hidroponik dan sistem non hidroponik. d a n p u p u k o r g a n i k d e n g a n perbandingan 2:1:1. Panjang cabai ini sekitar 10-15 cm.a .3. sebaiknya pot ditempatkan di tempat teduh selama beberapa waktu.

2 J e n i s .j e n i s M u s i k Dalam penelitian ini. Biasanya musik klasik digolongkanm e la lu i per io d i sa si te rt en tu . musik rock mempunyai tiga chords. nama-nama besar seperti Bach. bilah u j a n t u r u n .B e n t u k m u s i k i n i b e r a k a r d a r i musik Melayup a d a t a h u n 1 9 4 0 .2 .3 . Ak ar ny a ber as al d a ri r hy t hm a n d b l u es . Dalam bentuk murninya. M u s i k D a n g d u t D an g d ut m er u pak a n s a l a h s atu da ri genresenimusik yang berkembang diIndonesia. m ul ai d ar i pe rio d e kl a s ik .un s ur m us ik India (t er ut am a da r i pe n gg u n aa n tabla) d a n Arab( p a d a c e n g k o k d a n harmonisasi).a n . degung. Mozart. tanaman juga membutuhkana i r . Perubahan arus politik Indonesia di akhir tahun 1960anm e m b u k a m a s u k n y a p e n g a r u h m u s i k b a r a t y a n g k u a t d e n g a n masuknya penggunaangitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. dangdut sangatterbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain. Penggolongan yang kita kenal sekarang dilakukan semata-mata untuk mempermudah. mulai dari keroncong. P e ny ir am a n t a nam a n c a b a i dalam pot harus dilakukan secara rutin setidaknya 1 kali dalam sehari.2 . rock.a n s e r t a berbagai pengaruh lainnya. pop. dan romantik. tanaman akan mengalami kematian atau pertumbuhannyaya ng t er ham ba t k ar e n a kek u ra n ga n ai r . da n pe n g g u na a n ba ck be at y a ng me no njo l pa da r hy thm section dengangi t a r b ass dandrum.s e p e r t i S P . 1 P e n g e r t i a n Musik adalah bunyiyang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah. gunakan pupuk NPK dengan kandungan unsur hara makro yang sudah lengkap. hingga opera. lokasi. terutama untuk kepentingan akademis (Dhani.musik countryd a r i t a h u n 4 0 d a n 5 0 . string kuartet. p e n y i r a m a n d a p a t d i k u r a n g i a t a u t i d a k d i p e r l u k a n . musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya. Di dalam pot. akar tanaman cabai tidak dapat tumbuhterlalu jauh untuk mencari air bila di dalam media tidak terdapat air. budaya dan selera seseorang. Namun p a d a kenyataannya. Pada era in. Selanjutnya.2 . rokoko. 2 . 2 M u s i k 2 . termasuk musik rakyat (folk music). bahkanhouse music. jazzdanmusik klasik . 2 . para komposer klasik sendiri tidak pernahm e n g g o l o n g g o l o n g k a n j e n i s k o m p o s i s i y a n g m e r e k a u b a h . M u s i k K l a s i k M us ik k la s ik ad al a h ko m po s is i m us ik ya n g l a hi r da r i b u day a Eropa sekitar tahun 1750-1825. D a l a m e v o l u s i m e n u j u b e n t u k k o n tem po r e r seka r an g m as u k pe n ga r uh u n s ur . Bunyi khas dari musik rock berasal darigitar listrik ataugitar akustik . Sebagai gantinya.1 . atau Haydn melahirkan karya -karyanya yang berupasonata.3 6 sebaiknya tidak digunakan. 2010).S e jak ta h u n 1 9 7 0 -a n d an g d u t bo leh di kat a k an te la h m at a n g d al am bentuknya yang kontemporer. jenis musik yang dipakai adalah musik klasik. simfoni.Penyebutan nama dangdut merupakanonomatopedari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) yangkhas dan didominasi oleh bunyi .musik rock dan musik dangdut. d a n kibor sepertiorganatau piano. P e n y i r a m a n Selain membutuhkan unsur hara. 5 . 2003).Banyaknya air yang disiramkan kurang lebih 200-500cc. b ak cbe at ya n g ko ns is te n da n m e nco l o k da n m e lo di y an g m e n ar ik (Fathur.langgam. terutama pada tanaman yang diletakkan di luar rumah. suatu karya seni dengan segenapunsur pokok dan pendukungnya. konserto solo. Definisi sejatitentang musik juga bermacam-macam: bunyi/kesan terhadap sesuatuyang ditangkap oleh indera pendengar. gambus.Akiba tnya. segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau lebih dan disajikan sebagai musik. Namun. di ik ut i o le h barok. Sebagai musik populer. K e b u t u h a n a i r t a n a m a n h a r u s d i p e n u h i s e c a r a r u t i n d e n g a n penyiraman. M u s i k R o c k Musik rock adalahgenre musik populer yang mulai diketahuis ec a r a um u m p ad a pe rten g a h a n ta h un 5 0 a n .

Tanaman-tanaman yang mendengarkan nada-nada yang konstan selama 8 j a m s e h a r i m a t i d a l a m w a k t u 1 4 h a r i s e d a n g k a n t a n a m a n y a n g didengarkan musik secara terputus-putus tumbuh sangat subur dan sehat b a hka n le b ih d ar i ta n am a n. bibit cabai yang telah dikeringkan dan alat pemutar musik. Halin i d ib uk tik a n o l e h p ene l it ia n ya n g d il ak uk an o le h D o ro t h y Ret a ll a ck . yaitu: irama. pupuk kompos.Melodi adalah serangkaian nada dalam waktu. Setelah itu. bibit cabai yang telah dikeringkan ditaruh di atas tanah tersebut. Nama ini sebetulnyaadalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk musik melayu yang sangat populer di kalangan masyarakatkelas pekerja saat itu. 2010:11). 2010). Pertama-tama.1 Rancangan Penelitian Pada tanggal 6 November 2010.dang dan ndut .Ketika musik dengan frekuensi tertentu dimainkan padatumbuhan. melodi. M u s i k tersebutharuslah musik yang teraturan. 2005). panjang.2. Lalu. kami memulai penelitian ini.3Unsur-unsur Musik Musik terdiri dari tiga elemen utama. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendirian. Kami akan menanam sebanyak 18 buah pot tanaman cabai yang dikelompokkan menjadi tiga kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari enam pot tanaman cabai. danharmoni. 2010). pemberian musik secara terputus-putus selama 3 jams e t i a p h a r i m e m b e r i p e n g a r u h y a n g l e b i h b a i k p a d a t u m b u h a n dibandingkan dengan pemberian musik secara konstan selama 8 jam.Selain itu. Ketika irama danmelodi digabung dan dimainkan secara teratur dan benar saat itulah akandihasilkan bunyi yang harmoni (Sri Ety. Terbukanya stomata akanmenyebabkan penyerapan pupuk yang lebih efisien daripada tumbuhan ta n pa d im a i n k a n m u s i k.(Jberry.2. P e nyer a pan p up uk ya n g ba ik d ii k ut i d e ng a nt u m b u h k e m b a n g t a n a m a n y a n g l e b i h b a i k s e h i n g g a m e n y e b a b k a n tumbuhan yang didengarkan musik berkembang lebih baik.telah dibuktikan bahwa stomata pada tumbuhan merespon adanya musik. Irama adalah pengaturan suara dalam suatu waktu.2. Melodidifokuskan sebagai materi musik yang dapat didengar. kami mencampurkan tanah dan kompos. Pertumbuhan cabai akan diamati dan dicatat perkembangannya setiap hari. Alat dan bahan yang dipakai adalah 18 buah pot. 2010).4Pengaruh Musik pada TanamanMusik tidak hanya mempengaruhi manusia tetapi jugamempengaruhi makhluk hidup lain. .2. (Ari. pendek dan temponya. (Dede. yaitu tumbuhan. Masing-masing dari kelompok tersebut akan didengarkan musik selama tiga jam setiap hari. tanah.ta nam an ya n g ti d a k di pe r de ng ark a n m u s i k sama sekali. adanya penelitian bahwa tanaman akan berkembangl e b i h b a i k b i l a d i p e r d e n g a r k a n m u s i k y a n g s e l a r a s . yaitu tanpa iringan ataudapat merupakan bagian dari rangkaianakorddalam waktu. namun. BAB III Metodologi Penelitian 3.Selain itu. tertib dan harmonis sehingga d a p a t menciptakan keadaan yang stabil dan nyaman sehinnga tumbuhan dapat bertumbuh dengan baik. (Amelia Hill. stomata tumbuhan akan terbuka. Pot-pot tersebut dipisahkan menjadi tiga kelompok dan diberi perawatan yang sama. kami memasukkan campuran tanah-kompos ke masing-masing pot. Walaupun tumbuhantidak memiliki telinga dan mendengarkan musik seperti manusia.

Hal ini serupa dengan dasar teori pada bab dua yang mengatakan bahwa frekuensi musik yang sesuai pada tanamanakan memberikan dampak yang positif. Namun. 2 D a f t a r P e r t a n y a a n O b s e r v a s i . 9-11 November.8 N o v e m b e r . f r e k u e n s i m u s i k k l a s i k m e n g h a s i l k a n f r e k u e n s i y a n g dibutuhkan stomata pada cabai merah keriting untuk terbuka.3.B a g a i m a n a w a r n a d a n r a s a b u a h y a n g d i h a s i l k a n p a d a t a n g g a l 6 . 18-20 November. Musik dangdut dan musik rock juga memiliki frekuensi getaran masing-masing.3 . 15-17 November.1 Alat dan bahan Alat dan bahan yang dipakai adalah 18 buah pot.2Populasi dan Sampel Populasi tanaman adalah tanaman cabai sedangkan sampel yang dipakai adalah tanaman cabai merah keriting sebanyak delapan belas buah tanaman. pupuk dan bibit digunakan untuk menanam tanaman cabai.Berapa ketinggian t a n a m a n c a b a i p a d a t a n g g a l 6 . 18-20 November. Terbukanya stomata menyebabkan penyerapan unsur hara dan pupuk lebih efektif sehingga tumbuhan cabai merah keriting dapat berkembang dengan baik. D at a a ka n dibandingkan dan dicari perbedaan pertumbuhan tanaman cabai merah keritingantara jenis musik klasik. 4 P e n g u m p u l a n D a t a P en u li s m e n gum p ul ka n d a t a de n ga n ca ra m el a k uka n o bs erv as i pa d a tanaman cabai yang didengarkan musik selama tiga jam setiap hari selama 21ha ri . tanah.8 November. Data tersebut akan d is aj ik a n d a lam b e nt uk t ab el be rd as ar ka n ti ap je n is m us ik nya . mp3 player dan penggaris. 18-20 November. bibit cabai merah keriting. 24-26 November?. pupuk kompos. dasar . 9 . Bahkan. 21-23 November.B e r a p a j u m l a h d a u n y a n g d i h a s i l k a n t i a p t a n a m a n p a d a t a n g g a l 6 . 9-11 November. 15-17 November.Sedangkan. 3. 15-17 November. data tersebutakan dimasukkan dalam daftar pertanyaan observasi. 21-23 November.1 1 November. Pot. 24-26 November?3 . 24-26 November?. 21-23 November. pada musik rock. tanah. 4. 12-14 November.Populasi musik adalah semua jenis musik sedangkan sample musik yang digunakan adalah musik jenis klasik. menghitung jumlah daun. 2426 November?.3 Instrumen Penelitian 3. frekuensi getaran yang dihasilkan oleh musik dangdut dan musik rock kurang sesuai dengan tanaman cabai merah keriting sehingga pertumbuhan cabai menjadi lambat dan mengalami gangguan dalam pertumbuhannya. 12-14 November. tumbuhan mengalami peningkatan tinggi yang relatif kecil bahkan pada pot kedua mengalami kematian. 9-11 November.3.Berapa banyak jumlah buah yang dihasilkan tiap tanaman pada tanggal 6-8 November. 3 . H a s i l penelitian tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan cabai yang mendengarkan musik klasik dan musik dangdut mangalami peningkatan tinggi yang cukup baik. rock dan dangdut. Data pengamatan akan dikaitkandengan teori dan dicari kesesuaiannya dengan dasar teori pada bab dua.8 November. D a l a m h a l i n i . menghitung banyak buah danmengamati warna buah yang dihasilkan. Mp3 player berfungsi sebagai alat pemutar musik dan penggaris digunakan untuk mengukur ketinggian tanaman 3 . 18-20 November. 15-17 November. 21-23 November. mengamati warna daun. Selain itu. P e ng um p ul a n dat r a di am b i l de n ga n ca ra m e ng uk u r t i n g g i t a nam a n .2 Pembahasan Hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan hipotesa kami. rock dan dangdut. 12-14 November. tanaman cabai yang didengarkan musik rock pun mengalami kematian. 12-14 November. Setelah data diperoleh. 5 T e k n i k A n a l i s i s D a t a Data yang diambil akan dianalisis secara kualitatif.

Ety. Musik klasik y a ng ter at u r . Dengan keselarasan harmoni yang dimiliki musik klasik menyebabkan musik klasik menciptakan keadaan stabil dan nyaman pada tumbuhan.dhani.dangdut dan rock. ( http://www.com/content/does-music-affect-plant-growth-a282993 . Seni Musik untuk SMP/MTs.diakses 26 November 2010 )Jberry.suite101.org/2003/09/musik-klasik/ . Musik Klasik (online). Kami juga menyarankan agar tanaman tidak diperdengarkan musik rock karena setiap tanaman memiliki kecenderungan tidak menyukai musik keras yang berfrekuensi sangat tinggi.1 Kesimpulan Tanaman cabai merah keriting yang telah diteliti selama tiga minggumengalami pertumbuhan yang berbeda-beda sebagai respon terhadap musik klasik. Peluang Usaha & Budidaya Cabai.Penelitian ini menjawab rumusan masalah yang telah dibuat yaitu bahwa t a n a m a n c a b a i m e r a h k e r i t i n g y a n g m e n d e n g a r k a n m u s i k k l a s i k m e n g a l a m i perkembangan tumbuh yang paling baik.org/advanced-marijuana-cultivation/294405-influence-music-plants. melodi dan harmoni. yaitu melodi dan harmoninya.2003. Ini disebabkan jenis tanaman yang berbeda akan menyukai jenis musik yang berbeda pula. 2010.teori juga menegaskan musik yang selaras menyebabkan tanaman berkembang lebih baik. kami menganjurkansebaiknya petani mencoba terlebih dahulu jenis musik yang sesuai untuk tumbuhanyang akan ditanam.2010. Musik klasik memiliki komponen suara atau beragam alat musik yang tergabung di dalamnya sehingga unsur ritme dan melodi selaras dan menghasilkan harmoni yang indah.5.( http://www. .rollitup. Jakarta: Swadayana Murni.Influence of Music on Plants. Musik klasik memiliki perpaduan unsur musik yang baik dengan menggabungkan ketiga komponen dasar yaitu ritme.2 SaranBila para petani ingin memanfaatkan musik agar menghasilkan tanaman yang bertumbuh dengan cepat sehingga menjadi lebih produktif. Pada tanaman cabai merah kerting yang mendengar musik klasik mengalami pertumbuhan paling cepat di antara tanaman lainnya.Dhani. Dahana.tumbuhan yang mendengar musik rock mengalami pertumbuhan paling lambat dan bahkan mengalami kematian. diakses 20 November 2010)Hill. Jakarta: PT GramediaPustaka Utama. Sedangkan bunyi khas dari musik rock berasal dari gitar listrik dan penggunaan bake beat yang sangat menonjol pada rhythm section. 2010. t ert i b d an h ar m o n is m e ng h as il ka n pe rt um bu h an y a n g b aik p a da tanaman. Amelia.html . ( http://blog. Sri. Beat pada musik rock sangat dominan sehingga menutupi komponen lainya. Di dalam musik yang sehat terjadi keseimbangan antara tiga komponen tersebut.Does Music Affect Plant Growth?. BAB VSimpulan dan Saran 5. Daftar pustaka Warisno.2010. Sedangkan.

Ini periode waktu melahirkan revolusi dalam semua bidang. berada pada risiko tinggi untuk masalah jantung.wikipedia. termasuk manusia. atau tanaman. terutama ganja (Cannabis Sativa). sensitivitas suara baik merupakan faktor risiko atau dapat digunakan sebagai risiko Indikator untuk masalah jantung (Heinonen-Guzejev). Dalam kasus lain. diakses 26 November 2010) PENDAHULUAN Hal ini sering mengatakan bahwa pemuda 60-an dan 70-an terutama tertarik dalam tiga hal: seks.( http://hiburan. Departemen Umum Kesehatan di Helsinki. dan jumlah paparan kebisingan.Dangdut (online). Dalam kasus ini. yang ketika lingkungan mendorong pertumbuhan yang tidak dapat mendukung. 2010. dan rock and roll. Hal ini dapat memiliki jangka panjang efek pada lingkungan dunia. dan telah mengalami lebih banyak suara daripada yang lain. Ditemukan bahwa wanita yang kebisingan sensitif. bahwa Anda dapat tumbuh. Mereka kemudian membandingkan noise sensitivitas.kompasiana. Liyana. pekerjaan berisik.2010. suara yang diinginkan dan berpotensi menguntungkan. ( http://id. diakses 26 November 2010 )Susanti. Dengan demikian. Misalnya. yang disebut Page 2 sebagai polusi suara. Orang-orang percaya bahwa musik dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. suara secara efektif dapat meningkatkan jumlah ganja. tapi setelah . Finlandia menerbitkan sebuah studi pada tahun 2006 yang berjudul "Asosiasi Kebisingan Sensitivitas dengan Gagal Jantung Koroner dan Kematian Kardiovaskular antara Finlandia Dewasa. dan beberapa perusahaan bahkan menggunakan sistem pertumbuhan yang menggabungkan suara untuk mencoba untuk meningkatkan pertumbuhan (High Times). jenis kelamin.com/musik/2010/11/03/perpaduan-unsur-musik-%E2%86%92-strukturlagu/ . narkoba. Oleh karena itu.org/wiki/Dangdut . bisa membuat efek sangat mirip dengan eutrofikasi. "Studi ini menyelidiki setiap pasangan kembar identik di Finlandia lahir pada tahun 1958 dengan kedua kembar yang hidup pada tahun 1967. atau lingkungan. Ada juga kelompok baru orang yang percaya dua kepentingan ini bisa dikombinasikan. seperti rumah berisik (dekat industri seperti rel kereta api). Perpaduan Unsur Musik → Struktur Lagu (online). Telah dihipotesiskan bahwa suara meningkatkan pertumbuhan tanaman.diakses 20 November 2010)Wikipedia. Ini tidak terdengar seperti banyak. Mereka menerima kuesioner yang membantu mereka menentukan tingkat sensitivitas noise subjek itu serta memperkirakan jumlah kebisingan mereka telah mengalami selama hidup mereka. Ada banyak penelitian yang berkaitan dengan suara dan pertumbuhan dan kesehatan tumbuhan dan hewan. efek yang tidak diinginkan dari suara pada tanaman. dan hobi berisik. Sebagai contoh.

energi mekanik dalam bentuk varians tekanan dalam elastis media. sehingga memungkinkan untuk membuat undang-undang yang membatasi polusi suara khusus dan dengan lebih efek. pusing dan mual penyebab. Itu mungkin mengapa ini adalah salah satu yang paling berbahaya. Namun. Tanaman yang lebih besar dan lebih banyak dan hewan membutuhkan nutrisi lebih untuk bertahan hidup.bertahun-tahun kebisingan dari segala sesuatu dari musik ke leafblowers untuk mobil dengan kereta bawah tanah. Kemudian. dan menyebabkan jenis lain berbagai kerusakan pada tubuh manusia. seperti makanan. yang paling penting adalah panjang gelombang. Gambar untuk menunjukkan yang tepat panjang gelombang pada setiap gelombang yang diberikan. . polusi suara adalah salah satu dari yang paling dibicarakan. Suara ditandai oleh banyak faktor. dan tidak akan karnivora yang memakannya. Ini variasi tekanan merambat sebagai gelombang dari sumber bergetar. nitrogen. dll Hal ini akan menyebabkan hewan makan dari tanaman. Ada juga spekulasi tentang bahaya polusi suara terhadap lingkungan. periode. hewan yang memakan tanaman ini tidak akan memiliki cukup untuk makan. dan membandingkannya dengan kemungkinan efek pada manusia. Penelitian ini hipotesis bahwa frekuensi yang lebih tinggi akan mempengaruhi Kemampuan tanaman untuk menjalankan fungsi mereka. karena tanaman tidak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. sehingga pertumbuhan yang lebih besar. Panjang gelombang yang digambarkan sebagai jarak antara 2 puncak (Blair School of Music). Suara perjalanan dalam bentuk dari gelombang bervariasi. kecepatan. "(Blair School of Music). ditafsirkan oleh manusia sebagai. Page 3 Background research Dasar-dasar tes ini memerlukan pengetahuan dasar dari kedua suara dan tanaman. dan frekuensi. Suara didefinisikan sebagai ". amplitudo. Hal ini dapat menyebabkan apa pun dari tumbuhan mati terhadap kepunahan lokal bahkan massa. Jika lebih yang diketahui tentang efek dari polusi suara. dan untuk mengetahui berapa banyak kebisingan berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Apa yang kita bisa mendengar dan biasanya berhubungan dengan "suara" kata adalah persepsi kita tentang gelombang ini melalui telinga kita. ada pasokan terbatas nutrisi. Hal ini juga bisa disebabkan oleh ledakan lokal yang terbatas dalam pasokan nutrisi. dan berapa frekuensi. itu akan mungkin untuk mengetahui efek noise persis bagaimana lingkungan. bagaimanapun.. tunggal yang solid terdengar. Dari berbagai sumber pencemaran dan bahaya lingkungan. Ini memiliki kekuatan untuk merusak pendengaran. mungkin ada signifikan pertumbuhan tanaman. Panjang gelombang adalah panjang gelombang di antara dua suara. satu cara untuk belajar ini adalah untuk melihat bagaimana suara mempengaruhi tanaman.. Ini pada dasarnya adalah semacam gelombang getaran yang mengganggu masih peduli.

Gambar di bawah ini menunjukkan panjang gelombang dibandingkan dengan amplitudo (Blair Sekolah Musik). Page 4 Kecepatan suara menggambarkan kecepatan di mana gelombang suara bergerak melalui materi. Tanaman berinteraksi dengan dunia luar mereka melalui sel epidermis. Namun. dan berbagai faktor lainnya. Oleh karena itu. udara permukaan tanah. dan berbagai faktor lainnya. Hal ini digambarkan sebagai puncak dari puncak. umumnya dinyatakan dalam hal kecepatan melalui kering. sedangkan periode adalah waktu (Truax). Oleh karena itu."). yang kontrak dan memperluas pori-pori seperti. Yang di bawah ini menunjukkan batang. Oleh karena itu. Ada juga koleksi sel dalam penghalang ini yang membentuk sebagian besar dari daun. seperti cahaya ("Speed Of Sound. itu gambar ke kiri menunjukkan gelombang dengan frekuensi yang berbeda-beda. kecuali panjang gelombang dinyatakan sebagai kejauhan. Page 5 Kecepatan suara menggambarkan kecepatan di mana gelombang suara bergerak melalui materi. .Periode secara umum didefinisikan sebagai jumlah waktu sesuatu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu siklus. "T" adalah suhu udara dalam ° celsius. kecepatan dan panjang gelombang kedua pergi ke membentuk frekuensi. Namun.6 m / s / C) * T. yang relatif rendah dibandingkan dengan gelombang lainnya. aproximated oleh v = 331 m / s + (0. Frekuensi mirip dengan panjang gelombang. penggunaan standar periode. Pengukuran akhir suara adalah frekuensi. Ini ditunjukkan di kedua gambar ke kanan. rumah ini kloroplas dan melakukan fungsi kimia utama tanaman. Ini adalah sekelompok sel yang membentuk penghalang luar ke pabrik. dan satu di atas menunjukkan daun. perubahan ini didasarkan pada jenis materi. perubahan ini didasarkan pada jenis materi. Ini akan penting dalam tes ini untuk menjaga amplitudo benar-benar stabil. Ini pada dasarnya adalah jumlah kali gelombang terjadi di daerah lebih dari jumlah tertentu waktu. Oleh karena itu. kecepatan suara pada suhu ini adalah 34 meter / detik. udara permukaan tanah. sekitar 750 mph. umumnya dinyatakan dalam hal kecepatan melalui kering. Amplitudo adalah gangguan maksimum gelombang memiliki dari netralitas. Dalam suara itu pada dasarnya hal yang sama seperti panjang gelombang. Hal ini sama dengan kecepatan dibagi dengan panjang gelombang. dan kecepatan. Frekuensi adalah fungsi dari dua. Gas dipertukarkan melalui celah-celah dalam sel.

menyirami tanaman dan menyalakan suara. atau pada 1140hz akan "1 1140hz".aproximated oleh v = 331 m / s + (0. dan variabel dapat dengan mudah dikontrol. Yang di bawah ini menunjukkan batang. Oleh karena itu. Ini adalah sekelompok sel yang membentuk penghalang luar ke pabrik. Ini ditunjukkan di kedua gambar ke kanan. Setiap tanaman memiliki sumber cahaya yang sama. 2 tanaman. Pengukuran akhir suara adalah frekuensi. Empat dari mereka juga berisi iBook Mac. dan memiliki 2 percobaan dari percobaan total. Kami juga mengambil foto dari . rumah ini kloroplas dan melakukan fungsi kimia utama tanaman. sekitar 750 mph. yang kontrak dan memperluas pori-pori seperti. dan untuk kasus-kasus seperti frekuensi. Namun. seperti cahaya ("Speed Of Sound. yang tidak memiliki bermain suara di dalamnya. karena kami berlari percobaan dua kali. Frekuensi mirip dengan panjang gelombang. serta dikontrol untuk variabel lainnya. penggunaan standar periode. Wadah lain adalah kontrol. itu gambar ke kiri menunjukkan gelombang dengan frekuensi yang berbeda-beda.6 m / s / C) * T. kami melakukan percobaan di lantai 7 persiapan kamar. Tanaman berinteraksi dengan dunia luar mereka melalui sel epidermis."). kita akan mengacu pada ini sebagai tanaman (plant 1. Oleh karena itu. Page 6 Selanjutnya kita menempatkan tanaman di lima terpisah kedap suara kontainer. Ada juga koleksi sel dalam penghalang ini yang membentuk sebagian besar dari daun. Jadi. yang akan bertindak sebagai semacam tiga percobaan. tanaman 3). Tes berlari selama dua minggu. Setiap kasus benar-benar memiliki tiga pabrik. tanaman 1 pada kontrol akan "Kontrol 1". "T" adalah suhu udara dalam ° celsius. kecepatan suara pada suhu ini adalah 34 meter / detik. kecepatan dan panjang gelombang kedua pergi ke membentuk frekuensi. dan satu di atas menunjukkan daun. di Selain itu. Gas dipertukarkan melalui celah-celah dalam sel. dan kecepatan. karena mereka semua berada di yang sama dengan lokasi yang sama paparan sinar matahari. Hal ini sama dengan kecepatan dibagi dengan panjang gelombang. Setiap hari di 11:20 kami mengukur tanaman di centemeters. di mana kami bermain suara (kami tidak benar-benar memiliki tanaman memakai headphone). Frekuensi adalah fungsi dari dua. Ini pada dasarnya adalah jumlah kali gelombang terjadi di daerah lebih dari jumlah tertentu waktu. yang relatif rendah dibandingkan dengan gelombang lainnya. di mana itu tidak sering terganggu.

ada beberapa masalah . Itu tidak selalu membuktikan atau menyangkal hipotesis saya. Hal ini karena salah satu alasan tanaman mati begitu cepat dalam sidang pertama adalah dari akar terlalu panas dan terbakar. dan kemudian diuji masing-masing. Page 7 Untuk percobaan 2 kami mengubah posisi tank. Namun. Sebaliknya itu menunjukkan bahwa hal itu tidak sesederhana mengatakan bahwa tinggi frekuensi yang lebih baik bagi tanaman. atau diartikan sebagai. Hal ini juga menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman tidak memiliki persamaan langsung kesehatan. dan semua tanaman mati sangat cepat. dan tidak terlalu mendukung dirinya sendiri. Page 8 KESIMPULAN Data menunjukkan beberapa hal yang berbeda. untuk memastikan bahwa masing-masing adalah benar-benar kedap suara. menyusut.5 jam. di suatu tempat sekitar 2400 Hz. ini Data sangat tidak konklusif. dalam hal ini tampaknya membuat tanaman lebih mampu juga mempertahankan dirinya. saya ditafsirkan bahwa tidak memiliki koneksi langsung ke pertumbuhan. Sebagian besar kasus tumbuh lebih cepat di awal. Kami kemudian mematikan iBooks untuk mengisi ulang untuk hari berikutnya. dan 3440hz. Kami juga mengubah jumlah waktu mereka terkena terdengar. karena tingkat pertumbuhan dalam kondisi tertentu tertentu sangat bervariasi. Pada pukul 3:20 kami dimatikan suara. Hal terakhir ini menunjukkan adalah cara peningkatan produksi RNA dapat membantu tanaman. itu Ada kemungkinan bahwa RNA membantu regenerasi sel-sel pada tingkat yang lebih bahkan. 1140hz. penurunan tinggi bisa disebabkan. dari samping. membantu tanaman menggantikan kehilangan sel. Kami juga mengambil gambar dari masing-masing tanaman. Sebaliknya. jadi kami mulai percobaan pukul 12:15. Kami juga mengubah watt dari lampu growlight dari 75-50. 2440hz. ada berbagai sehat frekuensi. Masing-masing subjek terkena suara yang berbeda. layu. atau layu. Gambar 1 menunjukkan pertumbuhan rata-rata untuk tiga pabrik yang berbeda selama persidangan 1. Seperti yang dinyatakan sebelumnya. dengan waktu paparan 2. Selain itu.masing-masing tanaman untuk digunakan nanti. menambahkan informasi semua untuk kami tabel data. Sebaliknya. memiliki alat bantu frekuensi suara dalam produksi RNA pada tanaman (Xiujuan et al. layu atau pembusukan. pengukuran 0 menunjukkan tanaman mati. menunjukkan mereka tidak sehat. Sebuah pabrik dianggap mati ketika telah kehilangan semua warna hijau. Juga. 2-3). tapi dengan cepat mendapat cokelat dan kering. Frekuensi dari gelombang suara adalah 440Hz. dan berakhir pukul 2:45. HASIL Dalam grafik.

yang mungkin telah karena kematian pabrik pertama. setelah pabrik itu meninggal. dan tinggi tanaman kedua yang lebih besar menunjukkan dirinya dalam data. dalam sidang ini kondisi yang paling hanya memiliki dua pabrik. Memiliki kuat . Yang pertama adalah bahwa sampai sepuluh hari.dengan percobaan. Jadi. di membuat grafik ini kita rata-rata tiga tanaman dalam kondisi masing-masing. Gambar 1 menunjukkan pertumbuhan rata-rata untuk tiga pabrik yang berbeda selama persidangan 2. seperti 440Hz sekitar 3 hari (garis merah pada gambar di kanan) salah satu dari dua tanaman itu sekarat.440 Hz suara. di sidang ini. ketika kita membuat grafik asli. dalam grafik untuk diadili 2 saya termasuk data di mana hanya satu tanaman tetap hidup. Tidak ada tanaman yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pertumbuhan mendadak. Namun. Kami diukur hanya tiga yang pertama. Page 9 Informasi ini tidak memberi kita cukup untuk menganalisis. tanaman yang ditanam di nampan dari 6. ini adalah pasti yang sehat dari semua tanaman. Pengamatan kedua adalah bahwa ada tanaman lain yang tidak Page 10 termasuk dalam data. tebal kokoh. Ini menunjukkan pertumbuhan yang konsisten dari sekitar 1 cm selama periode sembilan hari. Dalam kasus ini. yang lebih pendek dari rata-rata terus terlalu tinggi. rata-rata hanya pabrik kedua. serta batang. Namun. yang menunjukkan representasi yang lebih akurat dari hasil eksperimen. Hal ini menjelaskan situasi di mana garis pada grafik yang rendah dan kemudian naik lagi. menurunkan rata-rata. ketika sudah meninggal semalam. daun yang kuat. yang mampu menghidupi diri sendiri. tanaman ini adalah cukup sehat. ada dua pengamatan yang tidak diungkapkan oleh grafik 2. Seperti yang terlihat pada gambar di sebelah kanan. jadi kami mulai sidang baru. Ini menyesatkan. Selain itu. dan warna hijau terang. Maksud saya itu lebar. hanya agar kita tidak memiliki data terlalu banyak. Namun. Namun. karena pada saat ini tanaman yang tersisa adalah cukup sehat. tapi setelah itu meninggal rata-rata dikembalikan kembali ke rekan yang sehat. tapi berubah (lihat metode untuk perubahan). ada satu tanaman yang menunjukkan kesehatan dan pertumbuhan konstan. Karena itu. Perhatikan bahwa sementara 440 Hz adalah hanya satu yang punya masa pertumbuhan yang signifikan. Tapi. tanaman tambahan yang terkena 2440 Hz adalah sebenarnya hanya satu untuk bertahan hidup setelah sepuluh hari. dan memiliki Baru-baru ini berkembang menjadi sangat besar. dalam kasus ini. karena tidak semua kemangi telah benarbenar tumbuh. dan tampaknya menunjukkan bahwa tanaman semua meninggal sangat cepat. dan merupakan tanaman yang hidup terpanjang. kami menghitung tanaman sebagai mati ketika hanya tersisa satu tanaman. sebagian besar kasus memiliki setidaknya satu tanaman mati cukup cepat. Ini adalah tanaman di bawah 2. ketika ada dua pabrik. Oleh karena itu. Sebelumnya. gelap dalam daun dan ringan di batang. Hal ini dapat memberikan ide yang lebih baik dari hasil saya.

Satu masalah utama dengan percobaan kami. Kami tidak memiliki ruang itu. adalah bahwa hal itu tidak bisa benar-benar akurat karena peralatan yang terbatas dan ruang. efek suara manusia cara berpikir dan merasa. termasuk bagaimana hal itu mempengaruhi manusia dengan cara lain daripada hanya tubuh. seperti mengalahkan atau pulsa. untuk tujuan pengujian efek suara dan mendapatkan gambaran umum tentang hasil. atau irama dalam musik. Seperti yang tercantum dalam "Berkelanjutan Soundscapes: Kebisingan Kebijakan dan Pengalaman Perkotaan ". Lingkungan dimediasi melalui semua indera kita. meskipun. rock klasik..) Suara adalah penting dalam cara lain daripada hanya berkontribusi terhadap lingkungan. ada begitu banyak untuk belajar tentang suara... klasik. dan warna hijau yang besar. namun lebih perhatian dibayar untuk pengalaman visual . Ada begitu banyak kita tidak tahu tentang jiwa manusia. dan tes itu tidak benar-benar akurat. bagaimana suara termasuk dalam hukum kita atau budaya? . Akan lebih akurat jika kita memiliki ruang besar di mana kita bisa menyiapkan lima kontainer-benar kedap suara. atau sesuai dengan kualitas mereka emosional atau afektif (estetika). dan bagaimana kita bisa menilai bahwa terdengar pengalaman . Satu berpikir untuk dipertimbangkan mungkin bagaimana musik mempengaruhi manusia.. emosional. (Adams. atau bahkan berbagai jenis musik (misalnya Metal.batang. Ini adalah bukti bahwa ini adalah optimal frekuensi untuk kesehatan tanaman. jazz. Beberapa penyelidikan lebih ilmiah mungkin bertanya bagaimana aspek yang berbeda dari musik Efek tanaman. 2385-2386) Dengan kata lain. meskipun. rap.. mereka dapat diklasifikasikan sesuai dengan fungsinya? Page 11 dan makna. Misalnya. Misalnya. speed metal . volume. Namun. masingmasing dengan lingkungan sintetik sepenuhnya akurat dari yang kita bisa mengendalikan dan menjaga konstan setiap aspek. dan politik. sosial. daun besar. Karena itu.. penelitian ini hanya goresan permukaan topik kebisingan. punk. percobaan bekerja seperti itu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->