HAK ASASI MANUSIA

Ni Putu Dewi Astiniari A.A Istri Intan Pratiwi A.A Amrita Yadnya Dewi Ni Putu Yuni Crisnayanti I Km Resa Pradana I Made Kusuma Patmawan I Gst Agus Diva Pradifta Ida Bagus Putu Surya Diputra I Putu Wibi Wichaksana I Made Mai Noval

.................................................3Tujuan Penulisan ...............................................2 Hak Asasi Manusia Pada Tataran Global ..................... 1 1................................................ 3 BAB II PEMBAHASAN .................................. 8 BAB III PENUTUP 3................1 Kesimpulan ...................................3 Daftar Pustaka …………………………………………………………………………………………………………11 ........................................................10 3.... 3 1.............................. i DAFTAR ISI ......................... ii BAB I PENDAHULUAN ........................................2 Rumusan Masalah ....................................................1 Latar Belakang ............................................................................................. 6 2......................................3 Macam-macam Hak Asasi Manusia ................. 1 1.......................... 3 2........................................................................2 Saran ..............................................Daftar Isi KATA PENGANTAR ...............................................................................................................................................................................................................................1 Pengertian Hak Asasi Manusia ................. ........................................................................................... 4 2...........................10 3.........................................................................................

Cantih Om Ubud . didapatkan dari beberapa buku yang membahas tentang materi yang berkaitan dan juga melalui media internet . untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak. karena atas Asung Kertha Wara NugrahanNya lah makalah yang berjudul “Pengertian Ham“ ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Kami juga menyadari bahwa isi makalah ini masih banyak kekurangan. Kami sebagai penyusun makalah ini. 31 Juli 2013 i Tim Penyusun . sangat berterima kasih kepada penyedia sumber walau tidak dapat secara langsung untuk mengucapkannya.KATA PENGANTAR Om Swastyastu Puja dan Puji Syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa. Semoga makalah yang kami buat ini dapat bermamfaat dan berguna untuk para pembaca. Cantih. Adapun sumber-sumber dalam pembuatan makalah ini. Om Cantih.

dan dilindungi. Masalah HAM adalah sesuatu hal yang sering kali dibicarakan dan dibahas terutama dalam era reformasi ini. Jangan sampai kita melakukan pelanggaran HAM terhadap orang lain dalam usaha perolehan atau pemenuhan HAM pada diri kita sendiri. Perlu diingat bahwa dalam hal pemenuhan hak.1 Latar Belakang Masalah Hak merupakan unsur normatif yang melekat pada diri setiap manusia yang dalam penerapannya berada pada ruang lingkup hak persamaan dan hak kebebasan yang terkait dengan interaksinya antara individu atau dengan instansi. dijaga. dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia menjadi kewajiban dan tangung jawab bersama antara individu. hakikat Hak Asasi Manusia sendiri adalah merupakan upaya menjaga keselamatan eksistensi manusia secara utuh melalui aksi keseimbangan antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan umum. Hak juga merupakan sesuatu yang harus diperoleh. Begitu juga upaya menghormati. HAM lebih dijunjung tinggi dan lebih diperhatikan dalam era reformasi dari pada era sebelum reformasi. Secara teoritis Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri manusia yang bersifat kodrati dan fundamental sebagai suatu anugerah Tuhan yang harus dihormati. Dalam hal ini penulis merasa tertarik untuk membuat makalah tentang HAM.BAB I PENDAHULUAN 1. melindungi. kita hidup tidak sendiri dan kita hidup bersosialisasi dengan orang lain. pemeritah (Aparatur Pemerintahan baik Sipil maupun Militer). dan negara. 1 . Maka dengan ini penulis mengambil judul “Hak Asasi Manusia”.

dan bangsa. tidak seorangpun mempunyai hak untuk membatasi atau melanggar hak orang lain. pandangan politik atau asal usul sosial. yaitu : a. dapat ditarik kesimpulan tentang beberapa sisi pokok hakikat Hak Asasi Manusia. b. ras. dibeli ataupun di warisi. c. HAM berlaku untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin. HAM adalah bagian dari manusia secara otomatis. HAM tidak bisa dilanggar. HAM tidak perlu diberikan. etnis. agama.Berdasarkan beberapa rumusan Hak Asasi Manusia di atas. . Orang tetap mempunyai HAM walaupun sebuah negara membuat hukum yang tidak melindungi atau melanggar HAM.

pengembangan diri tentang pengertian HAM. pemahaman . 2.3 Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah Hak Asasi Manusia ( hak keadilan ) yaitu : 1. Sebagai proses pembelajaran . 3 .2 1.2 Rumusan Masalah Dalam makalah ini penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut:   Apa pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) ? Penjelasan Hak Asasi Manusia (HAM) pada tataran Global ? 1. Memenuhi tugas yang diberikan pada mata kuliah pendidikan kewarganegaraan .

akan menjadi sangat salah untuk mengidentikan atau menyamakan antara HAM dengan hak-hak yang dimiliki warga negara. 4 .1 Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) HAM adalah hak-hak dasar yang melekat pada diri manusia. utamanya terkait pemenuhan HAM pribadipribadi yang ada di dalam jurisdiksinya. tanpa kecuali.tanpa hak-hak itu manusia tidak dapat hidup layak sebagai manusia. sepanjang ia bisa disebut sebagai manusia. Sebagai konsekuensinya. misal. Dalam pasal 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM disebutkan bahwa “Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati. pemerintah dan setiap orang.BAB II ISI 2. hukum. pada tataran tertentu memiliki tanggung jawab. negara-negara tidak bisa berkelit untuk tidak melindungi HAM yang bukan warga negaranya. dalam Deklarasi Kemerdekaan Amerika atau Deklarasi Perancis.Menurut John Locke HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. pada tataran tertentu. selama menyangkut persoalan HAM setiap negara. maka HAM yang kita kenal sekarang adalah sesuatu yang sangat berbeda dengan yang hak-hak yang sebelumnya termuat. Oleh karenanya. dan dilindungi oleh negara. HAM dimiliki oleh siapa saja. demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia”. HAM yang dirujuk sekarang adalah seperangkat hak yang dikembangkan oleh PBB sejak berakhirnya perang dunia II yang tidak mengenal berbagai batasanbatasan kenegaraan. termasuk orang asing sekalipun. Dalam kaitannya dengan itu. dijunjung tinggi. Dengan kata lain.

keamanan. kebebasan. b. peran komunitas Internasional sangat pokok dalam perlindungan HAM karena sifat dan watak HAM itu sendiri yang merupakan mekanisme pertahanan dan perlindungan individu terhadap kekuasaan negara yang sangat rentan untuk disalahgunakan. melindungi. Malahan. pemeritah (Aparatur Pemerintahan baik Sipil maupun Militer). serta d.Alasan di atas pula yang menyebabkan HAM bagian integral dari kajian dalam disiplin ilmu hukum Internasional. sebagaimana telah sering dibuktikan sejarah umat manusia sendiri.dan negara. Ruang lingkup HAM meliputi: a. Hak pribadi: hak-hak persamaan hidup. 5 . Begitu juga upaya menghormati. Hakikat Hak Asasi Manusia sendiri adalah merupakan upaya menjaga keselamatan eksistensi manusia secara utuh melalui aksi keseimbangan antara kepentingan perseorangan dengan kepentingan umum. dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia menjadi kewajiban dan tangung jawab bersama antara individu. Oleh karenannya bukan sesuatu yang kontroversial bila komunitas Internasional memiliki kepedulian serius dan nyata terhadap isu HAM di tingkat domestik. dan lain-lain. Hak-hak berkenaan dengan masalah ekonomi dan sosial. Hak milik pribadi dan kelompok sosial tempat seseorang berada. Kebebasan sipil dan politik untuk dapat ikut serta dalam pemerintahan. c.

2. terdapat beberapa konsep utama mengenai HAM . ras. agama. 2) Ingin mendirikan federasi rakyat yang bebas. HAM berlaku untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin.Berdasarkan beberapa rumusan Hak Asasi Manusia di atas. dapat ditarik kesimpulan tentang beberapa sisi pokok hakikat Hak Asasi Manusia. pandangan politik atau asal usul sosial. dan bangsa.2 Hak Asasi Manusia (HAM) pada tataran Global Sebelum konsep HAM diritifikasi PBB. HAM adalah bagian dari manusia secara otomatis. etnis. 3) Filosofi dasar: hak asasi tertanam pada diri individu manusia. yaitu : a. dibeli ataupun di warisi. Orang tetap mempunyai HAM walaupun sebuah negara membuat hukum yang tidak melindungi atau melanggar HAM. c. b. Ham menurut konsep Negara-negara Barat 1) Ingin meninggalkan konsep Negara yang mutlak. tidak seorangpun mempunyai hak untuk membatasi atau melanggar hak orang lain.yaitu: a. 4) Hak asasi lebih dulu ada daripada tatanan Negara 6 . HAM tidak perlu diberikan. HAM tidak bisa dilanggar.

HAM menurut konsep PBB.Individu tunduk kepada kepala adat yang menyangkut tugas dan kewajiban sebagai anggota masyarakat. d. HAM menurut konsep bangsa-bangsa Asia dan Afrika : 1. c. Universal Decralation of Human Rights menyatakan bahwa setiap orang mempunyai:  Hak untuk hidup  Kemerdekaan dan keamanan badan  Hak untuk diakui kepribadiannya menurut hukum  Hak untuk mendapat jaminan hukum dalam perkara pidana  7 . 3) Negara berhak membatasi Hak Asasi Manusia apabila situasi menghendaki.b. Konsep HAM ini dibidani oleh sebuah komisi PBB yang dipimpin oleh Elenor Roosevelt dan secara resmi disebut “ Universal Decralation of Human Rights”. artinya penghormatan utama terhadap kepala keluarga 3.Tidak boleh bertentangan ajaran agama sesuai dengan kodratnya.Masyarakat sebagai keluarga besar. HAM menurut konsep sosialis : 1) Hak asasi hilang dari individu dan terintegrasi dalam masyarakat 2) Hak asasi tidak ada sebelum Negara ada. 2.

3 Macam – Macam Hak Asasi Manusia a) Hak asasi pribadi / personal Right • Hak kebebasan untuk bergerak. dan menjalankan agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing 8 . 2. memeluk. Hak untuk masuk dan keluar wilayah suatu Negara  Hak untuk mendapat hak milik atas benda  Hak untuk bebas mengutarakan pikiran dan perasaan  Hak untuk bebas memeluk agama  Hak untuk mendapat pekerjaan  Hak untuk berdagang  Hak untuk mendapatkan pendidikan  Hak untuk turut serta dalam gerakan kebudayaan masyarakat  Hak untuk menikmati kesenian dan turut serta dalam kemajuan keilmuan. bepergian dan berpindah-pndah tempat • Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat • Hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan • Hak kebebasan untuk memilih.

b) Hak asasi politik / Political Right • Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan • Hak ikut serta dalam kegiatan pemerintahan • Hak membuat dan mendirikan parpol / partai politik dan organisasi politik lainnya • Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi c) Hak azasi hukum / Legal Equality Right • Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan • Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil / pns • Hak mendapat layanan dan perlindungan hokum d) Hak azasi Ekonomi / Property Rigths • Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli • Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak • Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa. dll • Hak kebebasan untuk memiliki susuatu • Hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak e) Hak Asasi Peradilan / Procedural Rights • Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan • Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan. f) Hak asasi sosial budaya / Social Culture Right • Hak menentukan. penangkapan. hutang-piutang. penahanan dan penyelidikan di mata hukum. memilih dan mendapatkan pendidikan • Hak mendapatkan pengajaran • Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat 9 .

3. Dan jangan sampai pula HAM kita dilanggar dan dinjak-injak oleh orang lain.1 Kesimpulan HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh manusia sesuai dengan kiprahnya.2 Saran-saran Sebagai makhluk sosial kita harus mampu mempertahankan dan memperjuangkan HAM kita sendiri. 10 . pengadilan HAM menempuh proses pengadilan melalui hukum acara peradilan HAM sebagaimana terdapat dalam Undang-Undang pengadilan HAM. Setiap individu mempunyai keinginan agar HAM-nya terpenuhi.BAB III PENUTUP 3. tapi satu hal yang perlu kita ingat bahwa Jangan pernah melanggar atau menindas HAM orang lain. dimana setiap bentuk pelanggaran HAM baik yang dilakukan oleh seseorang.Jadi dalam menjaga HAM kita harus mampu menyelaraskan dan mengimbangi antara HAM kita dengan orang lain. kelompok atau suatu instansi atau bahkan suatu Negara akan diadili dalam pelaksanaan peradilan HAM. Di samping itu kita juga harus bisa menghormati dan menjaga HAM orang lain jangan sampai kita melakukan pelanggaran HAM.Dalam kehidupan bernegara HAM diatur dan dilindungi oleh perundangundangan RI.

blogspot.wordpress.eonheart94.proz.com www.com www.wikipedia.oeebudhi.com www.blogspot.blogspot.com 11 .makalahmanjannai.unknown-mboh.com www.anggaiest.3.nurhidayahaia.blogspot.com www.bundaazka123.com www.blogspot.com www.3 Daftar Pustaka www.com www.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful