BUAH-BUAHAN

Buah-buahan yang dihidangkan sebagai makanan penutup (dessert) mempunyai rasa manis. Buah-buahan ini dapat dikelompokkan menjadi : 1. Buah berdaging kenyal atau kaku (hard fruits) 2. Buah berdaging lembut atai lunak (soft fruits) 3. Jeruk (citrus fruits) 4. Buah berbiji jamak (stone fruits).

Buah berdaging kenyal atau kaku 1. Apel Apel yang baik adalan apel yang matang, besar dan tidak ada bagian-bagian yang memar. Apel yang banyak diperdangkan adalah : a. Apel Manalagi b. Apel Malang c. Apel Merah kegunaan Dimakan segar, untuk jus, compoti, dessert. · 2. Pears Buah Pear tumbuh di luar negeri. Buah Pear dapat dibeli dalam kaleng atau dibeli dalam keadaan segar. Bentuknya seperti avocado kulit berwarna kuning dan daging buah berwarna putih. Kegunaan Buah Pear dapat dimakan segar atau setelah dimasak menjadi dessert.

3. Salak Salak yang baik adalah cukup matang, besar dan manis, warna kulit coklat dan tidak ada bagian yang busuk (competes). Salak yang diperdagangkan : a. Salak Bali : berdaging tebal dan manis. b. Salah Madu : rasanya manis seperti madu. c. Salak putin : buahnya besar kurang manis. d. Salak pondok: berdaging tipis, rasanya manis. Kegunaan : Dihidangkan sagar, atau diclan manjadi fruit cocktail, atau fruit compotes.

Warna daging ada yang marah dan ada yang kuning. bulat dan bulat panjang. Bagian luar tidak ada yang mamar atau busuk Kegunaan : Dihidangkan segar untuk breakfast atau dessert. Nangka ` Buan nangka muda. Pisang Pisang adalah tumbuhan·tropis. jenis pisang yang diperdagangkan :   Pisang Hijau Pisang Bali (Kayu Bunga) . buah nangka mampunyai banyak sarat. banyak mengandung gizi dan vitamin. Buah pisang ebaiknya tidak dlsimpan di dalam ruang pendingin (Refrigerator) karena warna kulit pisang dapat berubah menjadi hitam seperti pisang busuk. Nanas yang dipardagangkan : a. basar dan bardaging tebal. 5.4. koktil buah. 2. jus. diolah manjadi jus atau dessert. Pepaya Pepaya muda dapat diolah sebagai sayur dan papaya tua dihidangkan sebagai buah. dan campuran ·ica cream (sharbet). Kegunaan Dapat dihldangkan sagar atau diolah manjadi jam. Nanang Cibinong c. Papaya yang baik adalah cukup tua. Nanas Banten dll. Nanas Palembang b. dan daging buah barsarat agak kasar dan pada kulitnya tampak saparti mata-mata. diolah sabagai sayur dan nangka tua dihidangkan sabagai buah. dll. Bantuk buahnya ada yang . Pisang yang baik adalah pisang yang sudah cukup umur. Kegunaan : Dihidangkan segar. koktail buah. Nanas Daun pada buah nanas tampak saparti mahkota. Bagian buah yang dimakan adalah bagian daging buah yang tebal dan membungkus biji. besar dan tidak ada bagian yang nemar atan busnk. Buah bardaging lembut atau lunak 1.

atau diolah menjadi salad. bahan ice cream/shorbet. friters. 4. Bentuk buah ada yang bulat dan bulat lonjong. dan tidak ada bagian yang memar atau busuk Kegunaan Dihidangkan segar sebagai appelizer. compotes dll. dan dessert. Mangga yang balk adalah mangga yang sudah cukup umur. 3. soup dan Salad. atau diolah manjadi jus. Jenis Mangga :        Mangga Arumanis Mangga Manalagi Mangga Golek Mangga Gedong Mangga Madu Mangga Indramayu Mangga Kweni. memiliki biji yang agak besar di bagian tengah. jam. daging buah barwarna kuning Buah avokat. Mangga Mangga yang terdapat di Indonesia mempunyai banyak jenis. Advokat Buahnya berbentuk bulat lwnjcng. besar dan manis. dll. warna kulit hijau. Advokat yang baik bila sudah cukup umur. Kegunaan : Dibidangkan segar.      Pisang Raja Pisang-Kepit Pisang Susu Pisang Tanduk Pisang Ambon Pisang Emas. . dll Kegunaan: Dihidangkan segar atau·diolah menjadi jus.

5. berkulit tebal dan barwarna waktu Daging buah berjuring-juring berwarna putih. Kegunaan Dihidangkan segar sebagai appetizer atau dessert. Rambutan bergerombol pada satu tangkai. Kiwi (Buah Kiwi didatangkan dari Australia dan new Zealand Bentuk buah Kiwi menyerupmi Sawo.. Semangka Buah Semangka digolongkan menjadi dua kelompok yaitu : a. Semangka hijau (Water Melon) Jenis ini mempunyai warna kulit hijau kehitam-hitaman. Kegunaan Dihidangkan segar sabagai salad atau dipergunakan untuk hiasan kue (dessert) 7. masih banyak mengandung getah Kegunaan Dihidangkan segar atau diolah menjadi salad 6. daging berwarna kuning susu dan biji berwarna coklat muda atau kuning. 9. warna kulit coklat. b. daging buah berwarna merah dan biji berwarna hitam. Buah semangka yang baik bila sudah cukup umur. Sawo Buah Sawo tampak seperti talmr warna kulit coklat dan warna daging coklat tua. dan barukuran besar Kegunaan : Dihidangkan segar 8. Semangka putih (Honey Melon) Jenis ini mempunyai kulit berwarna hijau pupus. Buah rambutan yang muda . Manggis Buah Manggis berbenttuk bulat sebesar bola tenis. tidak ada bagian yang rusak atau busuk. berwarna coklat dan berbulu halus. warna daging buah hijau. dan rasanya manis. Rambutan Buah. kulit seolah-olah mudah pecah. Buah rambutan mempunyai kulit berwarna merah dan rambut-rambut yang tidak kaku. Sawo yang baik bila sudah cukup umur dan besar sawo yang belum cukup umur .

dan koktil buah. Rasa jeruk lemon keout. Jeruk mania yang kulitnya agak sulit dikupas sepexti :     Jeruk Sunkis Jeruk Paras (orange) Jeruk Bali (pamelo) Jeruk Siam (grape fruits) . Kegunaan : Dihidangkan segar atau diclah menjadi fruit salad. semakin tua umur buah rambutan. Jeruk manis yang kulitnya mudah dikupas seperti :    Tangerines Mandarins Jeruk Keprok Jeruk manis dapat dihidangkan segar dan uiuh. lemon filling (dessert) dan untuk hiasan (garnish) . 2. berbentuk lonjong. 4. Adakalanya buah jeruk yang tampak menarik dari luar. di samping neneliti bagian luar seperti warna kulit. bahan ice cream (shorbet). Jeruk ini dipergunakan untuk fruit salad. 3. keadaan kulit dan umur buah. dan sebagai niasam (garnish). jus. Untuk memiliki jeruk yang baik. mengandung air daging sangat sedikit. dan jeruk ini dipergunakan untuk membuat jus. Misalmya untuk jose bahan ice cream (shorbet). Jeruk nipis digunakan untuk memberi aroma (flavouring) disampino· rasa.berwarna hijau dan berubah menjadi merah setelah cukup umur. Semakin merah warna kulit. Jeruk nipgs (lime) Jeruk ini berkulit hi u atau hijau kekuning~kuni¤gam Bentuknya bulat dan rasanya lebih kecut dari jeruk lemon. Buah Jeruk yang banyak dipergunakan adalah : 1. Jeruk Lemon Jeruk ini berkulit kuning. maka perlu diambil ccntoh (sampel) untuk dibelah dan diteliti kandungan air atau sari buahnya. dan mempumyai puting pada ujung buah.

daging buah berwarna putih. dengan sentuhan atau benturan kecil saja. Buah sirsak yang baik adalah cukup umur. masih banyak buah-buahan tropis Indonesia dapat · dihidangkan sebagai buah segar dan diolah menjadi jus atau makanan lainnya. buah sudah mulai memar dan rusak. atau diolah menjadi salad atau jus. kulitnya mulus. Kulitnya berwayna hijau dan hijau kekuning—kuningan. berukuran besar. banyak serat. Dihidangkan segar. dan biji berwarna hitam. Di samping buah yang telah disebutkan di atas. Jambu biji yang baik adalah jambu biji yang cukup umur. Rasa daging buah adalah manis agak kecut. Buah yang demikian tidak baik 1agi‘dinidangkan sebagai buah segar (fresh fruits).Buah berbiji Jamak 1. Penyimpanan Buah segar sangat mudah rusak. Sirsak Buah Sirsak tampak seperti buah mangga besar. Daging buah jambu biji ada yang berwarna merah dan ada yang berwarna putih atau kuning susu. dan memiliki berbagai jenis buah. besar dan tidak ada bagian-bagian yang rusak atau busuk. Jampu Biji Bentuk jambu biji {guava) ada yang bulah dan ada puia yang lonjomg seperti buah avokat. Kegunaan : Untuk aroma ice cream/shorbet dan diolah menjadi jus. Indonesia sangat kaya akan buah. . Jenis Jambu Biji : o Jambu biji delima o Jambu biji gembas o Jambu biji sukun o Jambu biji pipit o Jambu biji manis Kegunaan_. 2. dengan duri buah yang lembut pada permukaannya Warna kulit hijau kekuningan.

c. Buah yang tidak cocok disimpan di ruang pendingin adalah: pisang. Kulit buah yang kehitam-hitaman tidak baik dihidangkan sebagai buah segar. Buah kalengan yang sudah rusak ditandai dengan penampang kaleng yang mengembung. dan leci karena warna . Buah-buahan dalam kaleng dapat. e. dan kaleng asli dibuang. karena buah tidak akan bertambah matang dalam penyimpanan di refrigerator. . Buah kalengan yang sudah dibuka dan tidak habis dipakai. tetapi sebaiknya disimpan pada ruangan pendingin (refrigerator). Buah yang akan disimpan di ruang pendingin (refrigerator) hanyalah buah yang sudah cukup umur.Cara Penyimpanan buah adalah : a. sehingga buah tidak cepat rusak. salak. sehingga buah tidak saling berbenturan. walaupun dagingnya masih sehat dan aman di makan. Buah segar disimpan pada ruang yang sejuk bersuhu 10 15oc. g. dan buah tersebut tidak aman dimakan. Pada sunu ini enzym buah tidak dapati bereaksi. kulitnya dapat berubah menjadi kehitam-hitaman seperti buah busuk. Buah yang berdaging lunak sebaiknya disimpan pada kotak atau kardus khusus untuk buah. Buah-buahan yang sudah dikeringkan agar disimpan di ruangan bersuhu dingin. dan cetap dalam bungkusan. disimpan pada ruangan bersuhu (28OC) dalam kurun waktu singkat. rambutan. b. maka sisanya disimpan di tempat lain yang tidak mudah berkarat. d. f.