“The Curse Of Beauty” “Indah Hanaco”

Analisis Novel

Nama : Anisa Firdayanti Kelas : XI IPS 2

000.Identitas Buku Judul Pengarang Penerbit Tahun terbit Tebal atau jumlah halaman Ukuran dimensi Harga : The Curse Of Beauty : Indah Hanaco : Rumah Kreasi : 2012 : vi + 306 halaman : 13 x 19 cm : Rp.45.00 .

Di kencan-kencan berikutnya. Sebagai teman yang selalu mengerti. sampai pada berganti pasangan. Orangtuanya tetap membiayai kuliahnya dan tentu segala keperluan hidup Leala. Saat itu juga ia memutuskan hubungannya dengan pria itu. Tidak terkecuali bagi Leala. disaat itu hadir Irvin. pacarnya. Pekerjaan sampingannya diluar SPG adalah…. Irvin juga mengakui bahwa dirinya jatuh cinta pada Leala. Beruntung. Serta kehangatan diantara setiap anggota keluarga selalu membuatnya ingin pulang ke rumah. Kencan awal tidak masalah.Menanjak pada melihat tontonan berupa hubungan intim berlainan jenis pada sebuah “akuarium kaca”. Kimi berusaha mengubah kesedihan Leala.. Kali ini Leala benar-benar hancur. Sekali terjebak tak akan bisa lepas. Levi mulai memperlihatkan wajah aslinya. Ia yang bersikap moralis di awal masa remajanya sekarang telah berubah. Pelan-pelan ia masuk ke dalam kehangatan sebuah cinta. Ternyata Leala tidak bertepuk sebelah tangan. Ia masih mencari cinta yang membuat kepalanya tertidur dengan nyaman diatasnya. Awalnya Leala enggan. Leala jatuh ke dalam pesona Irvin. Akhir hubungan mereka tak membuahkan senyum di bibir Leala. Sampai suatu ketika. Tetapi senyum pria itu seperti jebakan. . Sudah kepalang basah. Jadilah hari-hari mereka selanjutnya diwarnai dengan penawaran-penawaran produk. Leala memutuskan untuk keluar dari rumah dan kos dengan sahabatnya. Orangtuanya memutuskan bercerai. Sebuah kehangatan yang lama tidak ia rasakan. Ia merasa muak dengan kedua orantuanya.Sinopsis Apakah anda berharap cinta selalu indah? Jawabannya pasti “Tidak!” jika Leala yang menjawab. Keenan. mulai dari yang paling biasa: Striptease. Kimi mengenalkannya pada dunia SPG. Meradang telinganya mendengar permintaan Keenan. tetapi Leala lebih jujur mengakui: Pelacur. Pria itu bernama Levi.Masalah rupanya masih ingin menyapa. Yang terakhir ini membuat Leala muak. dia berada dalam keadaan buruk. Tanpa perlu memikirkan sebanyak dua kali. Levi mencegatnya dan berusaha membawanya masuk ke dalam mobil miliknya. Levi mengajak Leala mendatangi hiburan-hiburan berbau seks. Berada. Salah satu pria yang dianggap sesuai olehnya dikenalkan pada Leala. Keluarga adalah ekstasinya. Ia segera memutuskan hubungan mereka.Levi tidak menyerah untuk kembali mendapatkan Leala. Leala mulai berkencan. Segala sesuatu yang indah memang selalu diharapkan oleh setiap insan.Kupu -kupu malam. Tetapi dia memutuskan untuk mulai hidup mandiri. Ia berusaha mencari-carikan pacar. Mempunyai orangtua yang mencintainya. Irvin akan menikah dengan tunangannya. Lelaki itu menyelamatkan bahkan mengantarkannya pulang ke Bogor. Saat pulang dari peluncuran produk di Jakarta. mencoba merayunya agar mereka menyewa sebuah vila agar mereka dapat berduaan. Kimi. berhubungan badan di kolam terbuka berbusa.

Umumnya. Kehidupan yang jujur dan terbuka. sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam sehari-hari. dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut. Menganalisis karya sastra adalah mengurai sebuah karya atas unsur-unsur pembentukannya yaitu berupa unsur-unsur intrinsiknya. cinta. Kata novel berasal dari bahasa Italia novella yang berarti “sebuah kisah. dimana ada konflik keluarga. . Novel ini memiliki ide cerita yang sangat menarik dan mempunyai pesan moral maupun sosial yang bagus bagi pembacanya. Tujuan utama menganalisis karya sastra (novel) adalah untuk dapat memahami secara lebih baik karya sastra yang bersangkutan. Novel ini menceritakan tentang sebuah petualangan hidup yang mengakibatkan kekecewaan yang tak tertahankan pada berbagai kehidupan. sepotong berita”. Novel “The Curse Of Beauty” adalah salah satu novel dari karya Indah Hanaco. Novel lebih panjang dan lebih kompleks dari cerpen dan tidak dibatasi keterbatasan struktual dan metrikal sandiwara atau sajak. bahkan persahabatan yang membuat hidup seseorang menjadi sangat tegar. Pendahuluan Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dalam naratif. Isi pesan dari novel ini mengajarkan kita untuk menghargai arti dari sebuah kehidupan yang penuh dengan liku-liku. biasanya dalam bentuk cerita.A. disamping utnuk membantu menjelaskan pembaca yang kurang dapat memahami karya itu.

2) : ”Kimi adalah sahabat terdekat yang kumiliki” (Hal..93) : “… namanya Martin” (Hal. Penokohan Leala : . Memilih jalan nista karena kekecewaan yang tak tertahankan pada berbagai kepahitan. Malam ini aja.113) : “… Milie tampil sangat cantik dengan rok mini dan blus…” (Hal.80) : “Kami diminta memanggilnya dengan sebutan Mbak Zoe” (Hal.122) : “Alicia mengenakan terusan…” (Hal..65) : ”Namanya Ruben Sjuman…” (Hal. Levi” (Hal.41) Keenan : .139) : “Irvin” (Hal. Kamu boleh sebutkan berapa angkamu. Ngerayu cewek muda.” (Hal.122) : “Terakhir adalah Reiko yang tidak kalah menawan. A. Kimi : - Terbuka: “Aku udah nggak tahan lagi.50) : ”Papa mau jelasin sesuatu” (Hal.89) : ”Istri Ruben ternyata sudah pulang!” (Hal.2) : ”Hai Keenan” (Hal.Peduli: “aku merasa Noura seperti adik kandungku sendiri..178) Papa : - Lelaki hidung belang: “Papaku sama aja kayak lelaki hidu ng belang lainnya. 1.192) . Aku ingin cerita ke kamu sejak tahun lalu.1.Tapi aku merasakan apa yang Noura rasakan”(hal.227) C. Unsur intrinsik novel 2. Mama cuma melakukan hal-hal yang dulu nggak Mama lakuin.Perusak: “Aku juga ingin kamu temani. nggak peduli kalo ada aku di depannya.” (Hal. Tokoh Leala Keenan Kimi Mama Papa Ruben Istri Ruben Martin Mbak Zoe Millie Alicia Reiko Levi Irvin : “Hai.216) Mama : .136).” (Hal. Tema Tema yang diangkat dari novel The Curse Of Beauty mengisahkan tentang kehidupan seorang calon pengacara yang kemudian memilih menjadi SPG plus-plus. Lea!“ (Hal. B.6) : ”Mama lagi telepon siapa? Papa? Mesra banget” (Hal.122) : “Kenalin Lea. ini temanku.Egois: “Mama nggak berubah.” (Hal.” (Hal.

Gaya bahasa yang digunakan pada novel The Curse Of Beauty ini. Alur Alur yang digunakan adalah alur maju.Perhatian: ”Lalu untuk apa kamu kuliah selama ini? Apa nggak sayang dengan ilmu dan waktu yang udah terbuang selama ini?“ (Hal. Lalu konflik muncul ketika Leala ingin serius menjalani suatu hubungan dengan Keenan lelaki yang selalu ia banggakan. Jadi. Matahari pun minder ngelihat dirimu.219) D.120) 3. Kemudian konflik mereda ketika Leala telah memiliki kekasih baru yang memberi Leala setumpuk materi dan petualangan permainan cinta.182) Levi: Irvin: Boros: “… dan tidak tahu lagi cara menghabiskan uangnya? Entahlah.” (Hal. Setelah itu terjadi antiklimaks pada saat Leala diselamatkan oleh Irvin dari tragedi penculikan Leala oleh Keenan. G. karena sang pengarang menggambarkan latar-latarnya di Bandung. Bogor. Akhirnya klimaksnya yaitu saat kedua orang tua Leala bercerai dan mengakibatkan Leala terpaksa hidup mandiri dan memilih menjadi SPG plus-plus. ternyata Keenan hanya ingin berbagi kenikmatan dunia saja dengannya. F. 4. menggunakan gaya bahasa hiperbola. yaitu dimulai dari pengenalan siapa saja para tokoh. . “Kamu udah cantik. E.Mbak Zoe: . yaitu alur yang diceritanya dari awal cerita sampai akhir.” (Hal.168) - Baik hati: “Aku takjub dan kehilangan suara ketika menyaksikan lelaki itu melepas sepatuku dengan hati-hati. dari urutannya dapat disimpulkan bahwa alur yang digunakan adalah alur maju.hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana cara pengisahannya yang menggunakan kata “ aku” dalam novel tersebut. karena dapat dilihat dari urutan ceritanya. Gaya Bahasa Gaya bahasa adalah bahasa yang digunakan pengarang dalam bercerita. Sudut Pandang Sudut pandang yang digunakan pengarang adalah sudut pandang orang pertama. Latar Latar novel The Curse Of Beauty berada di wilayah Indonesia.” (Hal. Puncak.

Takdir tuhan berada diujung usaha manusia.” (Hal. berserahlah kepada tuhan.6) 3.220) 2. Unsur ekstrinsik novel A.2. (Hal. Amanat Semua rencana yang dijalankan manusia tidak akan berdaya apa – apa terhadap rencana tuhan.182) 1.217) . 4. membuka bagasi mobilnya dan kembali dengan sebuah kotak P3K. Nilai kemanusiaan “Apa yang kamu lakukan? suara seorang lelaki terdengar. (Hal. B. Ketika kita dalam keadaan memilih. Aku merasa lega sekali. Nilai pendidikan “Lalu untuk apa kamu kuliah selama ini? Apa nggak sayang dengan ilmu dan waktu yang udah terbuang selama ini?“ (Hal. Nilai – nilai yang terkandung Nilai sosial Lelaki itu menghilang sejenak. Nilai persahabatan Kimi adalah sahabat terdekat yang aku miliki. Bersabarlah dalam menghadapi segala cobaan. Hendaknya dapat saling tolong menolong terhadap sesama umat manusia.

Kelima yaitu latar/setting. Antara lain seperti Leala (cewek yang keras kepala. . Levi (cowok kaya. Si pengarang menggunakan kata “Aku” dalam bercerita. Hal tersebut terlihat adanya pengenalan tokoh. Kehidupan yang dijalani oleh Leala ternyata cukup berat. dll. Ketujuh yaitu amanat. Keempat yaitu sudut pandang. Kedua yaitu alur. dalam novel ini banyak tokoh dan sifat/karakter yang berbeda-beda dan beranekaragam. antiklimaks yang diceritakan pengarang. bebas dan setia).C. dan kampus. konflik. Yang maksudnya adalah Leala adalah sosok wanita yang cantik. Ketiga yaitu tokoh dan penokohan. Kimi (cewek mandiri dan cantik). Bogor. Keenam yaitu gaya bahasa. gaya bahasa yang digunakan pada novel ini menggunakan gaya bahasa hiperbola “Kamu udah cantik. Matahari pun minder ngelihat dirimu. novel ini banyak menggunakan latar/setting yang berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan khususnya di daerah Indonesia (Puncak. Keenan (cowok yang tipe perusak wanita dan playboy). Penutup Kesimpulan Unsur-unsur intrinsik yang terdapat pada novel “The Curse Of Beauty” terdiri atas 7 unsur. novel Kupu Kupu Salju ini mempunyai amanat yang sangat bagus yaitu tantangan kehidupan yang di buktikan dengan perjalanan menetukan pilihan untuk masa depan. Yang pertama adalah tema.”. Irvin (cowok baik hati dan penolong). tidak tetap pendirian dan pendendam). novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama. alur yang digunakan pada novel ini adalah alur maju. novel ini bertemakan tentang sebuah kehidupan. klimaks.

2012. Bahasa Indonesia 2. dkk. Jakarta: Erlangga. The Curse Of Beauty. Pelita Penuntun Belajar Kreatif.Retno. Malang: Rumah Kreasi. Panduan Belajar Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Indah. 2007. Suryanto. Winarni. Handiyani. 2010. dkk. Bandung: Grafindo Media Pratama. Depok: CV Arya Duta. Alex.Daftar Pustaka Hanaco. . 2012. dkk.