BAB 2

DATA DAN ANALISA

2.1 Data dan Literatur Menurut Yongky Safanayong (2006:4), Penelitian, teori dan metoda dibutuhkan keseimbangan yang sifatnya kuantitatif dan kualitatif. Walau desain cenderung bersifat kualitatif, desainjuga dapat meliputi aspek-aspek kuantitatif. Kedua aktifitas bisa berperan signifikan dalam mengungkapkan masalah dan koneksi dalam mengungkapkan permasalahan, koneksi dalam penciptaan, evaluasi dan pemahaman bentuk serta pesan pesannya. Pekeijaan desain yang baik memerlukan penyelidikan dan penelitian, penelitian memerlukan rencana tertentu berdasarkan pemyataan yangjelas tentang suatu masalah dari mana proses pencarian solusi itu berlangsung. Data dan informasi yang digunakan untuk mendukung proyek tugas akhir ini berasal dari berbagai sumber, yaitu : • Studi Pustaka : Buku dan artikel dari media cetak maupun elektronik. • Wawancara/Interview dari narasumber yang terpercaya dan pihak-pihak terkait: Pihak keluarga besar Gesang di Solo, Bpk. Yani effendi (keponakan); pihak yang memproduksi album Gesang, PT. GNP (PT.Gema nada Pertiwi) Ibu Sufeni Susilo (Marketing Manager}, penulis biografi Gesang Bpk. Izharry Agoesjaya Moenzir, Ketua Umum Yayasan Gesang Bpk. Didit B. Prakoso, para: pecinta keroncong. • Kuisioner kepada target market.

2.1.1 Musik Keroncong

Menurut Wikipedia.org, keroncong merupakan nama dari instrumen musik sejenis ukulele dan juga sebagai nama dari jenis musik khas Indonesia yang menggunakan instrumen musik keroncong, flute, dan seorang penyanyi wanita.

2.1.1.1 Sejarah musik keroncong di Indonesia Akar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yang dikenal sebagaifado yang diperkenalkan oleh para pelaut dan budak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke

5

musik ini disebut moresco (sebuah tarian asal Spanyol, seperti polka agak lamban ritmenya), di mana salah satu lagu oleh Kusbini disusun kembali kini dikenal dengan nama Kr. Muritsku, yang diiringi oleh alat musik dawai. Musik keroncong yang berasal dari Tugu disebut keroncong Tugu. Dalam perkembangannya, masuk sejumlah unsur tradisional Nusantara, seperti penggunaan seruling dan beberapa komponen gamelan. Pada sekitar abad ke-19 bentuk musik campuran ini sudah populer di banyak tempat di Nusantara, bahkan hingga ke Semenanjung Malaya. Masa keemasan ini berlanjut hingga sekitar tahun 1960-an, hingga sekarang musik keroncong masih tetap dimainkan dan dinikmati o1eh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

2.1.1.2 Perkembangan musik keroncong Setelah mengalami evolusi yang panjang sejak kedatangan orang Portugis di Indonesia tahun 1522 dan pemnkiman para budak di daerah Kampung Tugu tahun 1661, dan ini merupakan masa evolusi awal musik keroncong yang panjang hampir dua abad lamanya (1661-1880), namun belum memperlihatkan identitas keroncong yang sebenamya dengan suara crong-crong-crong, sehingga boleh dikatakan musik keroncong belum lahirtahun 1661-1880. Dan akhimya musik keroncong menga1ami masa evolusi pendek terakhir sejak tahun 1880 hingga kini, dengan tiga tahap perkembangan terakhir yang sudah berlangsung dan satu perkiraan perkembangan barn (keroncong millennium). Empat tahap masa perkembangan tersebut adalah : • Masa tempo doeloe (1880-1920) • Masa keroncong abadi (1920-1960) • Masa keroncong modem (1960-2000) • Masa keroncong millenium (2000-kini)

2.1.1.3 Alat musik keroncong Dalam bentuknya yang paling awal, moresco diiringi oleh musik dawai, seperti biola, ukulele, serta selo. Perkusi juga kadang-kadang dipakai. Set orkes semacam ini masih dipakai oleh keroncong Tugu, bentuk keroncong yang masih dimainkan oleh komunitas keturunan budak Portugis dari Ambon yang tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara, yang kemudian berkembang ke arah selatan di Kemayoran dan Gambir oleh orang Betawi berbaur dengan musik Tanjidor di tahun 1880-1920. Tahun 19201960 pusat perkembangan pindah ke Solo, dan beradaptasi dengan irama yarig lebih

5

lambat sesuai sifat orang Jawa.

6

Pem-"pribumi"-an keroncong menjadikannya seni campuran, dengan alat-alat musik seperti : • • • • • Sitar India Rehab Suling bambu Gendang, kenong, dan saron sebagai satu set gamelan Gong.

Saat ini alat musik yang dipakai dalam orkes keroncong mencakup : • • • • • • • Ukulelecuk Ukulelecak Gitar akustik sebagai gitar melodi, dimainkan dengan gaya kontrapuntis (anti melodi); Biola Flute (mengantikan Suling Bambu) Selo; betot menggantikan gendang Kontrabas (menggantikan Gong)

Penjaga irama dipegang oleh ukulele dan bas. Gitar yang kontrapuntis dan selo yang ritmis mengatur peralihan akord. Biola berfungsi sebagai penuntun melodi, sekaligus hiasanlomamen bawah. Flute mengisi hiasan atas, yang melayang-layang mengisi ruang melodi yang kosong. Bentuk keroncong yang dicampur dengan musik populer sekarang menggunakan organ tunggal serta synthesizer untuk mengiringi lagu keroncong.

2.1.1.4 Jenis mnsik keroncong Musik keroncong lebih condong pada: progresi akord dan jenis alat yang digunakan. Sejak pertengahan abad ke-20 telah dikenal paling tidak tiga macam keroncong, yang dapat dikenali dari pola progresi akordnya yaitu, keroncong asli, langgam, dan stambul. Bagi pemusik yang sudah memahami alumya, mengiringi lagu-lagu keroncong sebenamya tidaklah susah, sebab cukup menyesuaikan pola yang berlaku. Pengembangan dilakukan dengan menjaga konsistensi pola tersebut. Selain itu, terdapat pula bentuk-bentuk campuran serta adaptasi.

2.1.1.5 Tokoh-tokoh musik keroncong di Indonesia

Ismail Marzuki Nama aslinya Ismail. Lahir di Kwitang. Jakarta . Marzuki adalah nama orang tuanya.

da1am lagu-lagu bertema peijuangan sekalipun. kamus Awalnya ia adalah anak band beraliran musik punk. Mengembara dari satu tempat ke tempat lain. Keroncong Hikayat 1001 Malam (1937). Mosterd yang berayah Belanda dan beribu dari Jawa Timur yang dibesarkan di Sumatera Utara itu pernah belajar balet klasik di Royal Conservatory. ia memainkan musik sebagai kesenangan pribadi saja. Beberapa karyanya yang terkenal." menandai awal keterlibatannya secara serius pada dunia musik. Rayuan Pulau Kelapa (1944). tak berapa lama ia dan beberapa anak muda mendirikan Sarekat Krontjong (SK). Sambi! menenteng biolanya. misalnya: Keroncong Serenata (1935). Gerard Mosterd Kegamangan eksistensi Mosterd yang blasteran itu juga masih mewamai karya ini. dari satu pelukanjenis musik ke jenis lainnya. saxophone.masyarakat bawah yang diformulasikan dalam sentuhan musik romantis penuh cinta. Tak ada kesan gerak yang cenderung "menjawa" atau sebaliknya. Menyusul. Rose/ani (1936). terbukti dengan koleksi piringan hitamnya yang sangat banyak. Den Haag. rata-rata berupa lagu Prancis dan Italia yang berirama rumba. Semuanya demi memuaskan keinginan. tahun 1936 menjadi anggota perkumpulan musik Lief Java. dan masih banyak lagi hingga mencapai lebih dari 200 lagu. Bahkan. Terang Bulan (1938). dan harmonium pompa. Als 't Meis is in de tropen.7 Ketertarikan terhadap musik sudah terlihat sejak masa kanak-kanak. Kesenangannya pada keroncong. dia juga akrab dengan komunitas kesenian Gugum Gumbira sampai Sardono W Kusumo. samba. Mosterd memang tak berkesan mencari titik temu atau sintesa gerak Barat-Timur. Setidaknya keroncong muncul dalam dua karya Mosterd yang digelar di Jakarta. Ismail Marzuki membuat komposisi lagu untuk pertama kalinya dengan judul "0 Sarinah. Ciri khas karyanya adalah kedekatan dengan alam dan lingkungan. wama romantis itu tetap kental. serta kehidupan . Pada 1994. mendorong Imam mendirikan beberapa orkes. Belum lama ini dia memunculkan Keroncong Moritsku. . bersama kawan-kawannya di Gelanggang Seni Sastra dan Film (GSSTF) Unpad. Ketika Rindu Order vakum pada 1998. Als de Ovehedeen. Pada 1931. Titik temu antara Eropa dan Asia itu boleh jadi adalah keroncong. Bandaneira. Rindu Malam (1939). Imam D. dengan spesialisasi gitar. dan tango. Dia membiarkan dua Jatar belakang kultural itu berinteraksi secara natural. ia mendirikan Orkes Keroncong Rindu Order. Namun.

8 Andjar Any Lahir di Jawa Timur pada 1936.050 lagu. telah menciptakan 1. jumlah yang fantastis sehingga namanya tercatat dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia. Anjar Any dikenal sebagai seniman keroncong yang memopulerkan langgam Jawa dan membuka pintu .

Namanya melambung saat memopulerkan lagu "Walang Kekek". Suwe Ora Jamu. Mus Mulyadi pun melakukan rekaman bersama penyanyi keroncong laiunya yakni Waljinah. Othok-othok Unine Tekek. Waljinah Lahir di Solo. terlebih lagi melakukan improvisasi dalam menyanyi. Sembari belajar. Sundari Soekotjo Lahir di Jakarta. Beberapa di antaranya merupakan album bersama dan album rohani. Mojokerto.9 kreativitas lahimya langgam dari etnik lain di Nusantara. sebuah kumpulan musik keroncong di Surabaya. Jawa Timur ini. Kusbini mengikuti pendidikan musik Apollo di Malang. Salah satu lagunya yang populer adalah "Yen Ing Tawang Ono Lintang". . membuatuya terkenal dengan cengkoknya yang khas. Mus Mulyadi telah membuat kurang lebih 80 album keroncong. Merasa belum puas dengan pengetahuan musik yang didapatuya secara otodidak. lagu yang fenomenal karena mengkritik politikus di awal Orde Baru. 7 November 1945. GethukLindri. Kusbini terus tampil sebagai penyanyi keroncong dan pemain biola pada siaran Nirom dan Cirvo di Surabaya. Waldjinah menerima anugrah seni dari yayasan musik Hanjaringrat di Solo. Warung Pojok. Jawa Tengah. Dia juga yang menulis lagu "Jangkrik Genggong". Rudjak U/ek. MusMulyadi Mus Mulyadi. adalah sumbangan tak temilai bagi khazanah musik tanah air. Waldjinah adalah penyanyi keroncong wanita. memulai kariemya bersamaJong Indisce Stryken Tokkel Orkest (Jitso).Tahun 2002. karena mampu menggabungkan titilaras slendro dan pelog dengan musik diatonik dalam keroncong.Ia bisa melakukan perubahan tangga nada hingga enam tangga nada. Lagu-lagunya yang terkenal di antaranya: Ande-ande lumut. 14 April 1965. Kusbini Seniman kelahiran 1 Januari 1910 di Desa Kemlagi. pria kelahiran Surabaya in!telah malang melintang di dunia musik keroncong. tertarik dengan musik keroncong sejak masih kecil. Tukang Pijet dan Tetanen. Waldjinah memimpin Orkes Keroncong Bintang Surakarta dan terus mempeijuangkan eksisitensi musik klasik ini di tengah serbuan budaya industri. Kemampuaunya dalam olah vokal. menyusul suksesnya menjuarai Bintang Radio Indonesia tahun 1965.

Sundari Soekotjo terkenal dengan suaranya yang bening dan mampu menyanyikan . dan runner up pada ajang Juara Bintang Radio dan TV kategori Keroncong Dewasa Wanita 1979.10 Sundari Soekotjo terpilih sebagai finalis pada Festival Keroncong Remaja 1978.

1. 20 Mei 2010 : Sekolah Muhammadiyah Solo (I929) 2.2. Jawa Tengah. 2. Tahun 2002.11 penyanyi istana sejak zaman Presiden Soeharto.2 Gesang Martohartono Gambarl Nama Lahir Wafat Pendidikan : Gesang Martohartono :Solo. GNP. Sundari Soekotjo kembali menyapa penggemar dengan merilis album keroncong asli beijudul Ingkar Janji dengan garapan musik Orkes Keroncong Puspa Kirana pimpinan Acep Djamaludin. setelah lama tidak mengeluarkan album. Habibie. di bawah label PT.1 Kehidupan . Ia pun menerima Keroncong Award 2002 dari Yayasan Bina Suci dan Radio Republik Indonesia dan meraih penghargaan khusus di ajang AMISharp Award 6. hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Jawa Tengah. I Oktober 1917 :Solo.1.

Karena pengabdiannya dalam musik keroncong. . karena menjadi pemangsa yang ganas. Asal muasal sebutan "Buaya Keroncong" untuk Gesang berkisar pada lagu ciptaannya. "Bengawan Solo". Gesang dijuluki "Buaya Keroncong" oleh insan keroncong Indonesia. Reptil terbesar itu di habitanya nyaris tak terkalahkan. Pengandaian semacam itulah yang mendasari mengapa Gesang disebut sebagai "Buaya Keroncong". Seperti diketahui.12 Salah satu tokoh Indonesia yang memiliki kontribusi cukup besar dalam membesarkan musik keroncong adalah Gesang. sebutan untuk pakar musik keroncong. buaya memiliki habitat di rawa dan sungai. Bengawan Solo adalah nama sungai yang berada di wilayah Surakarta.

Semasa mudimya. dimana ada lagu yang betjudul "Sapu Tangan" yang terinspirasi dari sang kekasih. mereka tidak dikaruniai seorangpun anak. Karena krisis ekonomi mereka memutuskan untuk bercerai pada tahun I 96 I. Namun hubungan itu tidak beijalan lama karena tidak ada restu dari keluarga. ia hanya mahir memainkan suling bambu. Dia tidak . Gesang muda memiliki kekasih hati yang bemama Sri Melati. Dilahirkan pada tanggal I Oktober 1917 dengan nama Sutadi. Gesang merupakan sosok pribadi yang sangat bermoral dan sederhana. Gesang segera meminta kepada salah seorang pemain orkes keroncong Kernbang kacang untuk dimainkan pada gitar atau piano. Gesang Mahartono. Sampai meninggal dunia pun Gesang tidak pemah berumah tangga Iagi. Setelah Isniyem meninggal dunia. Gesang kemudian menikah dengan seorang gadis pengagumnya yang bemama Walinah.10 Lagu "Bengawan Solo" terutama sangat disukai oleh masyarakat Tiongkok dan Jepang. seorang juragan batik yang cukup terkenal di Solo pada masa itu. ia juga diundang ke Jepang untuk menghadiri pesta musim dingin di Sapporo selama satu minggu. Dengan lagu Bengawan Solo. namun royalti itu gagal cair dikarenakan tidak turut sertanya Indonesia dalam Konvensi Hak Cipta International di Jenewa. Selama 20 tahun menikah. Martodihardjo menikah untuk ketiga kalinya dengan Ismirah tetapi tidak memiliki keturunan. sehingga ia sempat berkunjung ke Tiongkok dan Korea Utara bersama Misi Kesenian Indonesia pada tahun 1963. meninggal ketika ia baru berusia 5 tahun. Kemudian ayahnya menikah Iagi dengan Isniyem hingga memiliki 6 keturunan. Ayahnya bemama Martodihardjo. karena sering sakit-sakitan. lbu kandungnya Sumidah. namanya diganti menjadi Gesang yang artinya 'hidup'. Gesang sendiri hanya sempat mendapat pendidikan formal di Sekolah Rakyat Ongko Loro sampai kelas 5 SD. begitu pula ia pemah diundang ke Singapura. Gesang adalah penyanyi pada orkes keroncong "Kembang Kacang" pimpinan Supinah. Di orkes inilah bakat gesang sebagai penyanyi dan pencipta lagu berkembang. kemudian berturut-turut pada tahun 1988. Terakhir pada tahun 1996 ia mendapatkan kehormatan untuk tampil dalam acara khusus untuk dirinya "Malam Bengawan Solo". selama 2 malam berturut-turut di kota Shanghai Tiongkok. 1990. Pada tahun 1941. Gesang dikabarkan banyak sekali memperoleh imbalan dan royalti yang tersimpan di Jepang selama 30 tahun bemilai hampir 1 milyar rupiah. 1991 dan 1994 mendapatkan undangan untuk memperkenalkan musik keroncong di Jepang. Gesang mengaku bahwa ia kurang menguasai teori musik.Setiap lagu baru yang dihasilkannya. adalah putra kelima dari Martodihmjo.

pemah mempuyai impian yang muluk-muluk. Baginya apa yang telah didapat merupakan kenikmatan tersendiri yang tidak pemah disesali. Sejak masih muda Gesang selalu setia kepada seni. Pada masa itu Gesang tidak memiliki pekerjaan tetap. ia hanya menjadi . dan kesetiaannya itulah yang merupakan salah satu penyebab perpisahan dengan istrinya.

Karena sumber penghasilan dari rumah dan tokonya yang ada di Tirtonadi sudah digadaikan dan dijual untuk kebutuhan hidup selagi masih berumah tangga.ekali aktif mendapatkan penghargaan dan berbagai royalti dari karya-karyanya. Sungguh tragis. Sinar Bulan. Bengawan Solo (1940). ia lebih banyak beristirahat dirumah orang tuanya Kem1ayan.2. Tirtonadi (1942). Kehidupan Gesang penuh dengan derita. kehidupan komponisnya sangatjauh dari nasib ciptaannya. Orkes Keroncong Kembang kacang. Gesangjuga diwacanakan menjadi Pahlawan nasional karena jasanya di bidang kebudyaan. Gesang yang sudah sangat tua sering sakit-sakitan. Jembatan merah (1943). Tidak ada penghargaan. dan perhatian. Ia hidup miskin. royalti. Ibu Ngainah inilah yang dengan tulus menemani dimasa-masa sulit Gesang. 2. Diumur 65 tahun Gesang tak punya istri. Jenazah Gesang di makamkan dengan upacara militer. Sapu Tangan (1941). Banyak karya Gesang yang diproduksi dalam bentuk album meskipun dinyanyikan dengan penyanyi lain dan dalam versi yang berbeda namun Gesang tetap mendapatkan royalti tersebut.2 Lagu Ciptaan Si Piatu (1938).1. Solo ditemani adik tirinya Toyib dan beberapa keponakannya. Monte Carlo dan Bintang Surabaya. GNP juga mengelola royalti karya Gesang. Pandan Wangi . PT. Banyak pejabat maupun artis artis dan tokoh-tokoh nasional berdatangan ke rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir. itupun dengan honor yang kecil sekali. Hingga pada akhimya seorangjumalis memuat kisah kehidupan Gesang dalam sebuah surat kabar. menumpang hidup dirumah bekas pembantunya Ibu Ngainah. Selain itu Gesang juga sering diundang dalam berbagai konser musik keroncong. Kondisi kesehatannya semakin parah hingga pada akhimya Gesang dilarikan kerumah sakit dan meninggal dunia tanggal 20 Mei 2010 pada usia 92 tahun. tidak memungkinkan untuk melakukan aktifitas seperti biasanya. Gesang tidak memiliki tempat tinggal. anak. Selain itu juga beberapa penggemar Gesang dari jepang. Orkes keroncong yang pemah di ikuti Gesang antara lain. Pada usia 85 tahun ia mendapatkan rekor MURI karena masih mampu merekam suaranya untuk sebuah album yang diproduksi oleh PT. Kemudian berita itu sampai kepada pejabat setempat yang memberinya penghargaan tingkat nasional dan hadiah rumah di perumnas Palur Jawa Tengah. Gema Nada Pertiwi meskipun suaranya tidak lagi bagus karena faktor usia. setelah ia bercerai dengan Walinah. tempat tinggal bahkan uang. Dimasa tuanya Gesang justru sering s. Suasana Desa (1939). Roda Dunia (1939). disamping fenomenalnya lagu "Bengawan Solo" yang terkenal dan dinyanyikan dimana-mana.11 satu ke tempat pementasan di kota lain.

Pilih Tanding (1960). Kecewa (1950). Sandang Pangan (1960). Nawala (1955).(1949). . Pinter (1960). Pangling (1955). Payungan (1960). Janji Rukun (1960). Nemahi (1955).

12 Tembok Besar (I963). Ngimpi (1967). Seta Ohasi (I988). GNP Jumlah Lagu: 12 5. 2002 Keroncong Asli Gesang (2002) Produksi: PT. Borobudur (I965).3 Rekaman Album CD No. Nusul (I973). GNP Jumlah Lagu : I 0 3. Ali Ali (1970). Tersenyum (I965). GNP Jumlah Lagu : I 0 2. 2007 Tribute To Gesang (Maestro ofKeroncong Composer bengawan Solo) Produksi: PT. 2005 The Colorful ofBengawan Solo Produksi : PT.2. Rahayu (I 965). Caping Gunung (1973). Kenya Sa/a (I973). Kalung Mutiara (1973). 2. Tanda Tangan (I965). 1988 Album Emas Keroncong Gesang Produksi: PT. Kau Selalu Di hatiku (1972). Pamitan (1971). Andheng-Andheng (I965). Tlingsigan (I 965). Dongengan (1972). GNP Jumlah Lagu: 14 (Full Bengawan Solo) . Luntur (1971). Tahun Judu!Album Cover Album 1. Kacu-kacu (I973). Ngelam Lami (1967). Ora Menangi (I996).1.

GambarS .

1. GNP Jumlah Lagu : I 2 (Full Instrument) 7. 2010 70th Anniversary ofBengawan Solo Produksi : PT. 1995 55th Anniversary ofBengawan Solo part 2 Produksi : PT. GNP Jumlah Lagu : 10 8.13 6.4 Penghargaan • Piagam dari Komando Wilayah Pertahanan II (1976). .2. GNP Jumlah Lagu: 12 (Full Bengawan Solo) *Dan album lainnya dalam berbagai versi. 1995 55th Anniversary ofBengawan Solo part I Produksi: PT. • Piagam Hadiah Seni dari Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI (1977 ). 1999 Instrumental Campursari Karya Gesang Produksi: PT. GNP Jumlah Lagu : 9 9. sumber: PT. Tabell : Daftar album musik Gesang yang telah di produksi (Diurutkan berdasarkan album terlaris. Gema Nada Pertiwi) 2.

. • Hadiah mmah Perumnas Palur dari Gubemur Jawa Tengah(l979). • Piagam Penghargaan dari OISCA International Indonesia (1978).• Penghargaan TVRI stasiun Yogyakarta (1978).

Penghargaan Walikota Surakarta. Dalam rangka Fespic Games N (1986). biasanya dicantumkan nama grup atau musisi. . nama anggota grup. dan kredit bagi mereka yang telah membantu dalam komposisi dan bidang teknis. dan goresan-goresan lainnya. Jepang (1992). judul album.2 Sejarah Awal Di awal abad ke-20. saat lagu masih direkam ke dalam bentuk piringan hitam vinyl.3 Kemasan Album 2.1. Di cover bagian depan. Lalu di sisi · 'punggung' dari cover album dapat ditemukan nomor katalog. Piagam Penghargan Membina melestarikan dan Mengembangkan Seni Musik Keroncong Sebagai Penyanyi dan Pencipta Lagu dari Menteri Pariwisata Seni dan Budaya Republik Indonesia (1999) 2.3. Penghargaan PWI HUT XXXIX dan HUT VI Museum Pers Nasional (1985}. cover album diciptakan hanya untuk melindungi piringan dari debu.1. nama grup atau musisi.3. Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden RI (1992). Bintang penghargaan dari Kaisar Akihito. Bagian ini berguna bila ingin menemukan sebuah album saat album tersebut diposisikan beijajar dalam sebuah rak dengan album album lainnya. cover album muncul dengan wajah yang polos. Pada awalnya. label rekaman. dan tanggal. cover album dulu tidak seperti yang kita lihat saat ini. cover album juga bisa berarti kantung yang berfungsi sebagai pelindung dari sebuah piringan. dan penghargaan apa saja yang telah diraih oleh grup atau musisi tersebut. hanya mencantumkan informasi informasi dasar dari sebuah album. dapat ditemukan daftar lagu yang ada di album tersebut beserta durasi dari tiap lagu. Piagam Tanda Penghargaan Budaya Bhakti Upapradana (1990).14 • • • • • • • • Pendirian Taman Gesang didekat sungai Bengawan Solo oleh sebuah lembaga yang didirikan untuk Gesang di Jepang (1983). judul album. Sebutan ini bisa berarti kertas yang dicetak untuk menyampul kemasan album berisi piringan berukuran 10 inci dan 12 inci. 2. Sedangkan di cover bagian belakang.1 Cover Album Cover album adalah bagian depan dari sebuah kemasan produk rekaman suara komersial (album).1. kotoran. album berisi compact disc atau kaset.

di pertengahan abad ke-20. judul . baik artis rekaman maupun label rekamannya mulai memproduksi album dengan cover yang menunjukkan foto dari si artis rekaman.Perkembangan Namun seiring berkembangnya kreativitas dari para pelaku di industri musik.

Steinweiss menghasilkan album cover pertamanya dalam album yang berjudul "Smash Songs by Rodgers & Hart. the Imperial Orchestra directed by Richard Rodgers". dan juga untuk menunjukkan segi artistik dari sebuah album dan mewakili suasana dari album tersebut. yang kemudian terjual 800% lebih baik dibandingkan edisi sebelumnya dengan desain yang polos. tapi juga untuk menyampaikan atau mengkomunikasikan visi dan identitas yang dikehendaki oleh artis rekaman maupun label rekamannya. Steinweiss dengan kreatif menirukan garis melingkar berwama merah dari piringan rekamannya dan memadukannya dengan fotografi. seorang graphic designer. Ia juga menciptakan cover album untuk album koleksi lagu-lagu Beethoven.15 tidak hanya berfungsi untuk melindungi piringan di dalamnya. Desain Modern . Gambar 10: Album cover modern pertama yang diciptakan oleh Alex Steinweiss untuk perusahaan rekaman Columbia (1939} Walaupun begitu. definisi cover album sebagai salah satu bentuk seni bermula saat perusahaan rekaman Columbia mempekerjakan Alex Steinweis. Steinweiss memunculkan ide untuk mengganti label standar dari cover album dengan karya seni yang orisinil. Ia pun diakui merupakan orang yang memperkenalkan desain kemasan album modern yang . sebagai art director pertamanya.5=1. Pada tahun 1939.

MasaKini Seiring berjalannya waktu. Kesuksesannya pun diikuti oleh graphic designer lainnya. Desain cover album pun dengan cepat rnenjadi bagian yang fundamental bagi produksi sebuah album untuk dapat mengkomunikasikan maksud dan makna dari lagu lagu di dalamnya. cover album pun menjadi sama krusialnya dengan video klip. ukuran kanvas yang digunakan untuk cover album mulai .masih berlaku sampai saat ini. serta lagu itu sendiri. Mereka pun ikut mendesain album cover artis rekaman dan mendapat sorotan dari publik dalam waktu singkat. dan proses pembuatannya pun juga tidak singkat karena membutuhkan kesepakatan dari seorang graphic designer dan juga artis rekaman atau label rekamannya.

>atan pun muncul di kalangan para desainer dan pelakn lainnya di industri musik tentang masa depan dari album cover dan format-format lain sedang dikembangkan oleh berbagai pihak untuk memberikan solusi bagi cover album yang dirasa akan surut perlahan-lahan. yaitu visualisasi bagi rekaman digital yang dapat diunduh dari internet atau gambar dengan format tertentu yang berdampingan dengan suatu rekaman atau album. template sangat beragam dan biasanya digunakan sesuai dengan spesifikasi produk yang akan dipasarkan tergantung dari jumlah CD. 2. yang biasa disebut sebagai thumbnail image. cover album pun muncul dalam bentuk yang baru. Ia bisa muncul dalam wujud seperti jaket yang membungkus piringan atau compact disc. Dengan semakin berkembangnya teknologi. plastik. kertas cardboard yang dicetak. Perdel. Berikut adalahjenis-jenis bentuk kemasan album: CD Pmkaging Tcmpla!es Jew dcas e .3 Bentuk Bentuk cover album bisa bermacam-macam. harga jual.3. ukuran.1. jewel case.16 seperti yang umum ada di pasaran saat ini. Bahan yang digunakanjuga beragam seperti hardboard pack. Begitu juga dengan template kemasan/packaging nya. dsb. konsep yang ditawarkan dan karakteristik bahan. yang biasa disebut dengan album art. dan saat ini juga dalam bentuk visualisasi rekaman digital bagi file yang diunduh dari internet.

!Miiid Qrd WilllH Gambar 11: Berbagai macam template kemasan album CD -· lgipad( UnlPK Spider .i'' Coni ' Cake. 'lil'lJOi.. box O!Qitray Clam Shell D D lil · --wnii..x: DVO .?fo SingleP.

Selain itu.4 Masa Depan Album Di zaman di mana semakin banyak hal dikonversi ke dalam bentuk digital. Namun. Beberapa desainer mengatakan bahwa album cover suatu saat akan mati karena semakin banyaknya bentuk rekaman dalam bentuk digital tersebut. Hal ini disebabkan karena compact disk menawarkan sesuatu yang formatformat lain tidak miliki. lalu kaset. Masa depan album cover bergantung pada format digital apa yang akan dikembangkan. Bila melihat sejarahnya. mulai memperdebatkan kelangsungan hidup dari cover album. sehingga cover album tersebut memiliki nilai sejarah dan keunikan tersendiri. dan nilai-nilai sosial. Walaupun rekaman digital t rsebut mengikutsertakan gambar visual atau thumbnail image. di sisi lain. para desainer sedang bekeija untuk mengangkat kembali album cover sebagai bentuk seni. yaitu koneksi pribadi. cover album rekaman compact disk mempengaruhi aspek-aspek kehidupan seperti mode. Mereka bereksperimen dengan berbagai sarana atau tools baru dan memikirkan ide-ide untuk menciptakan ulang cover album di era digital. dari rekaman vinyl. Oleh karena itu. terutama kalangan para desainer. maka standar baru untuk memainkan rekaman dan cover album digital pun akan muncul suatu saat nanti. yang bisa didapatkan dari internet dengan mudah. lalu compact disc. Pemyataan ini didukung dengan adanya solusi digital dalarn bentuk iTunes LP yang diperkenalkan Apple pada September 2009 untuk cover album yang interaktif. memang cover album selalu mengalami kompresi secara berkala. tapi juga bisa dirasakan secara emosional menjadi salah satu media hubungan yang paling dekat antara musisi dan para penggemarnya. Bila format-format baru ini terus dikembangkan.3. Kedudukan cover album pun tidak akan mati karena benda ini selain bisa menjadi barang koleksi. . yaitu bentuk digital.1. seringkali visualisasi teisebut menghilang saat rekaman musik diunduh. desainer juga mengatakan bahwa cover album masih akan terns bertahan karena kebutuhan para grup atau musisi dan juga label rekaman untuk mewujudkan visi kieatif dan menunjukkan identitas diri mereka serta mewakili dan mendukung karya musik mereka.17 2. masih banyak orang dari kalangan tertentu yang Iebih menyukai cover album dalarn ukuran yang diperuntukan untuk rekaman compact disk. sampai akhimya ke bentuk yang lebih kecil dan lebih sirnpellagi. Pengguna iTunes dapat melihat Jirik dan karya seni dalam sebuah album atau rekaman dan berpindah-pindah di antaranya melalui komputer dan iPod. gaya hidup. beberapa kalangan.

Bedoyo No. Kemlayan. .1. 5.4.1 Dengan Keluarga Besar Gesang.2. Bpk. Yani Effendi Gesang Martohartono menghabiskan masa tuanya di Jl.1.4 Data Hasil Wawancara dan Survey 2.

secara garis besar hasilnya adalah PT. penulis bertemu dengan seorang keponakannya yang juga merupakan anak dari Pak Toyib yaitu Yani Effendi. 2. Sebelum Gesang meninggal dunia. GNP. banyak para pejabat. dan apa adanya. Ibu Sufeni Susilo Setelah melakukan wawancara langsung dengan Ibu Sufeni Susilo yang menjabat sebagai Marketing Manager PT. Kebanyakan pasar mereka adalah orang-orang tua dan beberapa pejabat kedutaan besar Republik Indonesia di negara lain yang rindu akan musik-musik tanah air.4. GNP tidak hanya di Jawa dan Indonesia tetapi di Juar Indonesia juga seperti Jepang. Saat penulis melakukan survey kesana.Namun setelah Gesang meninggal dunia. semua aktifitasnya sangat sederhana. Target pasar PT. artis lokal. hingga penggemarnya yang berasal dari luar negeri sering berkunjung kerumahnya. Gesang juga Jebih senang menaiki motor Honda tuanya. Sebelum meninggal dunia ia tinggal bersama adik tirinya yang bernama Toyib serta beberapa keponakannya. Mereka prihatin dengan keadaan saat ini yang mana musik-musik daerah kurang diminati oleh generasi saat ini. Belanda. Suriname. Gema nada Pertiwi. namun hal itu tidak membuat ia Jupa diri. Gesangjuga hobi memelihara burung. GNP merupakan salah satu anggota ASIRI (Asosiasi Indursri Rekaman Indonesia). itupun hanya sesekali saja. Ia lebih suka hidup dengan tenang tanpa ambisi apapun. Meskipun ia seorang komponis besar.18 Martodihardjo. dan China. Hasil dari karyanya selama ini disimpan di empat rekening bank.2 Dengan PT.1. menangkap capung dan mendengarkan radio. GNP akan terus berkomitmen dan konsisten dalam .juangan. dan mereka ingin wasiat Gesang sebelum meninggal dunia agar masyarakat Indonesia bisa menghargai karya komponis nasional dan agar musik keroncongjangan sampai mati. alat musik kegemarannya adalah suling bambu. Ditambah dengan maraknya musik-musik bajakan yang hadir dimasyarakat sejak dulu. Meskipun dimasa tuanya Gesang mendapatkan banyak penghargaan dan royalti atas karya ciptaannya. Namun PT. Harapan keluarga Gesang adalah bagaimana agar masyarakat Indonesia tidak dengan mudah melupakan Gesang.Adapun yang berkunjung adalah anak-anak muda yang sedang melakukan penelitian. Berikut garis besar basil dari wawancara dengan beliau : Gesang merupakan orang yang jujur. sederhana. label record yang memiliki positioning memproduksi lagu-lagu tradisional dan Jagu-Jagu daerah atau lagu peJ. Gesang lebih senang menghabiskan waktunya dengan bermain musik. ia hanya mahir memainkan suling tersebut. hal tersebut sudah jarang sekali.

menjaga dan melestarikan Jagu-lagu tradisional maupun daerah dalam bentuk album fisik dengan alasan bahwa album fisik memiliki value tersendiri yang kemasannya bisa dirasakan. .

2. yayasan ini sedang berupaya mencari dana untuk mendirikan 'Museum Gesang' di kota Solo yang bisa dibilang akan menjadi Taman Ismail Marzukinya Solo. sangat bermoral. tidak lagi menarik. Setelah wawancara dengan beliau. namun ketika ditanya mereka kurang kenai dan mengetahui sosok pencipta !ago tersebut yaitu Gesang. IzHarry A. Beliau banyak bercerita tentang pengalamannya sebelum dan setelah mengenal sang maestro keroncong Gesang. Namun sayangoya pada cetakan pertama yang diterbitkan oleh Gramedia sebanyak 3000 eksemplar hanya laku kurang dari 1000 eksemplar. · Beliau merasa aneh ketika kurang Iebih 20 atau 15 tahun yang Ialu banyak orangorang. beliau bercerita banyak tentang hubungannya dengan Gesang. setelah itu buku tersebut kurang laku dan tidak termasuk kategori best seller.Gesang selalu dilupakan.19 2. menghargai karya seniman-seniman hebat agar tidak sama nasibnya seperti Gesang.4.Hal ini menunjukkan bahwa seorang Gesang memanglah tidak dipedulikan oleh masyarakat. Gesang merupakan sosok orang tua jaman dahulu yang tidak punya daya jual. · Beliau nienilai kepribadian Gesang adalah sosok yang sederhana. Tujuan utamanya adalah untuk senantiasa melestarikan karyakarya cipta Gesang agar dikenal oleh generasi kedepannya.1. . visi. Secara garis besar.untuk menulis buku tentang Gesang agar masyarakat tahu siapa Gesang. Didit bagus Praksoso Didit Bagos Prakoso merupakan keponakan dari Gesang yang menjadi ketua umum Yayasan Gesang.3 Dengan Penulis buku biografi Gesang. Beliau mengongkapkan kalupun ada yang membelinya itupun hanya segelintir orang saja dan hanya laris di satu bulan pertama sejak meninggalnya Gesang.4. Bpk. Beliau juga seorang penulis buku yang salah satu buku best seller-nya adalah buku 'Bukan Testimoni Susno' yang cukup kontroversial. dan penyiar radio. hidupnya penuh dengan duka dan buku biografi seharusnya bisa menginspirasi.M Pak IzHarry Agoesjaya Moenzir dikenal juga sebagai wartawan. kolumnis. misi dan kegiatan-kegiatan Yayasan Gesang.1.4 Dengan ketua Yayasan Gesang. Hal inilah yang mendorong beliau. Bpk. khususnya generasi saat ini yang tidak mengenal Gesang. pembawa acara televisi. pejabat pemerintahan yang beliau kenai sering menyanyikan !ago bengawan solo.

artis atail pejabat Indonesia.Kegiatan yang dilakukan biasanya adalah menyelenggarakan konser keroncong dengan bentuk penggalangan dana dengan mengondang tokoh-tokoh. Selain itu juga Yayasan ini mengelola segala yang berkaitan dengan perizinan penggunaan karya cipta atas nama Gesang (event!konser) agar bisa mendapatkan royalti .

Data Basil Kuisioner No. 2.5 Basil Survey Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. kuisioner adalah alat riset/survey yang terdiri atas serangkaian pertanyaan tertulis. Apakah anda Ya IIIII 1111 {12) 24% . CD asli 16%.1. Responden cenderung memilih media mendengarkan musik yang langsung/mudah diakses seperti siaran radio atau televisi. Sedangkan angket merupakan daftar pertanyaan tertulis mengenai masalah tertentu dengan ruang untuk jawaban bagi setiap pertanyaan. Kuisioner dan angket merupakan salah satu metode pengumpulan data melalui pendekatan kuantitatif. 1.4. Kuisioner ini dilakukan kepada 50 orang responden sesuai dengan target audience. televisi 26%. bertujuan mendapatkan tanggapan dari kelompok orang terpilih melalui wawancara pribadi atau melalui daftar pertanyaan.20 2. Pertanyaan Jawaban Ya Tidak Responden IIIII IIIII IIIll IIIII IllII IIIll Ill % 66% 34% Apakah anda suka musik keroncong? (33) IIIII IIIII IIIII II (17) Kesimpulan : Sebagian besar responden menyukai jenis musik keroncong 66%. Hal ini menunjukan bahwa sebenarnya musik keroncong masih digemari dikalangan masyarakat Indonesia saat ini. CD bajakan 8%. MP318%. Dari mana biasanya·anda mendengarkan musik keroncong? TV II IIIII Ill II II III II III II 111 1 Ill {13) 26% 32% 18% 16% 8% Radio MP3 CD Asli CD bajakan IIIII IIIII I (16) 1111 {9) Ill (8) (4) Kesimpulan : Responden paling sering mendengarkan musik keroncong melalui media radio 32%. 3.

memiliki album CD keroncong asli? Tidak IIIII IIIII IIIII IIIII IIIII IIIII IIIII 76% .

dan isinya yang lengkap. IIIII I (6) 16% 46% 6% 4% 12% . dan lainnya yang mungkin dari daktor harga14%. Hal ini menunjukkan lemahnya penjualan album keroncong khususnya bagi target audience yang dituju (responden). masih kalah dibandingkan yang menjawab belum yaitu 48%. sebagian besar Iainnya tidak memiliki. bagus 34%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa alasan responden dalam membeli album musik. 5. Apa yang membuat anda rela untuk membeli album CD asli? Musiknya bagus Kemasannya menarik lsinya lengkap lainnya IIIII IIIII IIIII II (17) IIIII IIIII IIIII (15) IIIII IIIII I (11) IIIII II (7) 34% 30% 22% 14% Kesimpulan :Alasan responden dalam membeli album CD adalah karena musiknya . kemudian kemasannya yang menarik. kemasannya menarik 30%. isinya lengkap 22%. Menurut anda siapakah tokoh musik keroncong yang berpengaruh diIndonesia? Ismail Marzuki Gesang Andjar Any MusMulyadi Walldjinah IIIII Ill (8) IIIII IIIII IIIII IIIII Ill (23) Ill (3) II (2) . apakah album album-album keroncong sudah diproduksidenga n Sudah Belum TidakTahu IIIII Ill I (8) 16 % 48% 36% IIIII IIIII IIIII IIIII 1111 (24) IIIII IIIII IIIII Ill (18) Kesimpulan : Responden yang menjawab bahwa album keroncong saat ini sudah diproduksi dengan baik sebanyak 16%. dan yang tidak tabu menahu 18%. Apabila disimpulkan bisajadi bahwa album-album keroncong yang ada saat ini memang kurang menarik bagi responden. Menurut anda. 4. 6. yang pertama adalah musiknya dia suka.21 Kesimpulan : Hanya 24% responden yang memiliki CD keroncong asli.

SundariSoekotjo Ill (3) 6% .

Gesang memang merupakan tokoh yang fenomenal bagi masyarakat Indonesia. Apakah anda tahu sejarah kehidupan Gesang? Ya Tidak IIIll IllII IIIll IllII IllII Ill (28) IIIll IllII IIIll IIIll II (22) 56% 48% Kesimpulan : Sebagian responden 56% tabu biografi Gesang. 7 dan 8 adalah responden cukup mengetabui biografi Gesang. IIIII (5) - 10 % Kesimpulan :Gesang merupakan tokoh yang paling banyak diketabui oleh responden sebagai tokoh yang paling berpengaruh dalam hidang keroncong 46%. 8. disusul Ismail Marzuki. 9. dan Koran 8%. 44% lainnya tidak mengetabui. Didi kempot dan lainnya. televisi 14%. Apakah anda tertarik untuk mengetahui biografi dan latar belakang terciptanya karya Gesang? Ya IIIII IIIII IIIII IIIII IIIII IIIII IIIII IIIII I (41) 82% Tidak IIIII 1111 (9) 18% .22 Didi Kempot lainnya . Waldjinab. Dari mana anda tahu sejarah kehidupan Gesang? Internet Koran Buku/Majalah Televisi IIIII IIIII IIIII Ill (33) 1111 (4) 66% 8% 12% 14% IIIII I (6) IIIII II (7) Kesimpulan : Responden tabu biografi Gesang melalui internet 66%. mereka mendapatkan informasi melalui internet yang informasinya belum tentu detail dan benar. buku/majalab 12%. Kesimpulan dari no. hampir setiap orang mengetabuinya lewat lagunya 'Bengawan Solo'. 7.

Kesimpulan : Sebagian besar responden tertarik untuk lebih mengetabui sejarab dan .

10. 26% tidak tahu. GNP (Gema Nada Pertiwi) Gambar12: Logo PT Gema Nada Pertiwi Gema Nada Pertiwi adalah rekaman musik berbasis di Jakarta dan berlokasi di Jl. Kebon .2. 28% lainnya menyatakan sudah.2 Data Pendukung 2.1 PT. Menurut anda apakah masyarakat Indonesia sudah menghargaida n melestarikan karya lagu Gesang? Tidak tahu IIIII IIIII Ill (13) 26% Belurn IIIII IIIII IIIII IIIII Ill {23) 46% Sudah IIIII IIIII 1111 {14) 28% Kesimpulan : 46% responden menyatakan bahwa masyarakat Indonesia masih belum menghargai karya komponis nasional Gesang. Tabel2 Basil Survey 2.23 tentang Gesang itu sendiri.

dan media digital. disc video digital. Maphar. video compact disc. compact disc audio.Jeruk X:V No 13. Jakarta Barat 11160.Tamansari. . Perusahaan ini hanya memproduksi dan mendistribusikan musik asli dan resmi di berbagai media seperti kaset.

2. dan album musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.41 Perusahaan ini didirikan pad a 22 Juni I 970 dengan nama Hins Collections dan bergabung dengan enam perusahaan rekaman Iokai Iainnya untuk membentuk PT. Gema Nada Pertiwi. gamelan. Perina Utama Indonesia. . Perina Utama Indonesia. Panbers. seperti Gesang. Penerbit Karya Musik Pertiwi Perusahaan ini merupakan perusahaan penerbitan musik yang mengelola dan merupakan hak dari komposer musik dan penulis Iagu. suling. Idris Sardi. Gema Nada Pertiwi telah mernproduksi ratusan judul musik tradisional Indonesia dan musik daerah seperti keroncong.1. Dan satu unit khusus. Duta Nada Persada Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam mendistribusikan lagu klasik dan musik tradisional dalam format optical disc.2. degung. Mus Mulyadi. Gema Nada Pertiwi memiliki tiga perusahaan lain di bidang musik: 1. Sundari Soekotjo. lagu-lagu pop Indonesia. Pada tahun I 982 mulai fokus dalam musik tradisional Indonesia dan dipisahkan dari PT. PT. lagu anak-anak. Kecapi. musik dunia. Hins Collection menjadi perseroan terbatas dan berubah nama menjadi PT. perusahaan memiliki visi untuk melestarikan dan mengernbangkan musik tradisional Indonesia dan musik daerah dengan memproduksinya dalam rekaman berkualitas . PT. PT. PT. dan lagu-lagu bahasa Cina. Gema Nada Pertiwi yang mulai fokus pada Musik tradisional Indonesia dan musik daerah. PT. 2.Sejak saat itu PT.1Visi dan rnisi Setelah menjadi sebuah perusahaan terbatas pada tahun 1985. PT. Waldjinah. Menyadari kekayaan dan keanekaragaman warisan musik Indonesia.Gema Nada Pertiwi juga memproduksi lagu-lagu nasional dan patriotik Indonesia. GNP Enterprise. Sambasunda. Toto Salmon. Farid Hardja. Cakrawala Musik Nusantara Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam memproduksi video musik dan mendistribusikan rekaman dalam format optical disc. Selain itu. Tuti Maryati. Selama beberapa tahun PT Gema Nada Pertiwi telah mencatat banyak seniman Indonesia.Pada tanggal24 Mei th I 985. Broery Marantika. gong dan angklung Bali. 3. yang mengelola GNP sebagai delegasi Seni pertunjukan di Indonesia dan luar negeri.

Elly Kasim. . Ujang Suryana. Kak Nunuk. Endang Sukandar. Rachmat Kartolo . Didi Kempot. Harry Roesli. Abdul Adjib. Martin Mailoa. Harry & lin. Lidya Lau. Anthony S Band. dan banyak lagi.42 Eddy Silitonga.

sticker. Merupakan tahap penyempumaan terhadap suara-suara yang telah di rekam dengan penggabungan dan menyeimbangkan sound-sound yang terpisah. Selanjutnya di-pack dengan memasukkan slip PPN dalam kemasan CD. Mastering. Video klip akan ditayangkan pertama kali (premier) pada saat launching album. cakram CD. dan merchandise lainnya. dengan mempertimbangkan image grup musik yang sedang di keijakan.43 2. koran. proses rekaman dalam studio. Recording. 3. Mixing. Packaging. baik cover album. logo. hingga layout. 4. baik dari majalah.2 Proses Manufaktur 1. merupakan proses persiapan dan mentransfer rekaman audio dari CD yang berisi basil mixing untuk disimpan dalam perangkat penyimpan data (master). 6. font. proses recording ini dapat dilakukan dalam studio rekaman. Pembicaraan mengenai konsep desain.2. yaitu proses awal mengenai proyek album yang akan dikeijakan. video klip merupakan hal penting saat ini untuk mendukung program promosi agar dapat dikenalluas oleh audiens. Setelah semua desain selesai kemudian dicetak dan diperbanyak.1. Pembuatan cover/kemasan dilakukan melalui brainstorming terlebih dahulu antara produser. 2. proses ini dilakukan setelah semua item selesai dicetak. 5. Launching album ini digelar dengan membuat acara di sebuah tempat seperti balai/sanggar kebudayaan yang memiliki kapasitas yang cukup !eluasa untuk perform dan menampung penonton. pemilihan lagu andalan hingga strategi promo. desainer grafis dan artis. Proses pembuatan video klip biasanya dilakukan ketika proses rekaman telah selesai dan album sedang diproduksi. 7. Pembuatan Video klip. Pembuatan cover/kemasan album. kaos. Dari desain cover kemudian dibuat beberapa item pendukung promo. 8. infotainment TV hingga situs web internet. seperti poster. Format master saat ini sudah dapat menggunakan digital master. Cetak cover. dan CD Case. untuk kemudian . baik dari fotografi. 9. tabloid. banner. Sampai disini album selesai diproduksi dan saatnya dilaunching. Dalam acara ini juga mengundang para wartawan dari berbagai media dan infotainment. mengenai konsep album. Launching. Planning.

hingga quiz dan doorprize. Selain itu juga tidak ketinggalan turut menghadirkan pengamat dan ktitikus musik. Acara tersebut meliputi live performance. premiere video clip. press conference. interview. .44 dipublikasikan.

Promosi juga harus didukung oleh manajemen artis yang kuat. dan yang akan menjadi ketuanya adalah seorang keponakanGesang yang bemama DiditBagus Prakoso. GNP sangat memperhitungkan strategi promosi yang efektif dan kuat. untuk itu sangat penting sekali setiap grup band dan penyanyi mempunyai manajemen yang solid. (Sumber: PT. Tujuan dari berdirinya Yayasan Gesang ini dalah untuk melestarikan karya-karya milik Gesang serta melindungi hak ekonomi dari Gesang. Untuk itu PT.2 Yayasan Gesang di Indonesia Gambar 13: Logo Yayasan Gesang Pengusaha dan budayawan Setiawan Djody beserta sejumlah tokoh lainnya mendirikan Yayasan Gesang. Promo dilakukan melalui berbagai media seperti TV. Arswendo Atmowiloto dan Krisnina Maharani (istri Akbar Tanjung).Memperkenalkan kepada . Mereka ini akan berperan sebagai pembina. radio. Tokoh lainnya yang terlibat dalam pendirian yayasan ini antara IainTitiek Puspa.45 I I. promosi merupakan bagian terpenting dalam industri musik dan hiburan. Promosi. GNP) 2. Waljinah.2. hingga internet.Kegiatan yang biasa dilakukan yayasan tersebut adalah membuat konser-konser keroncong.

Saat ini yayasan Gesangakanmembeli tanah seluas I 0 hektar di tepian Sungai Bengawan Solo yang akan dijadikan Gesang Center.46 generasi muda mengenai bagaimana Bapak Gesang berkarya dan karya tersebut mereka angkat. Tempat tersebut diibaratkan sebagai Taman Ismail Marzuki (TIM) nya Solo.Juga dijadikan motivasi bagi generasi muda untuk kedepannya. · .

Yokohama yg diketuai oleh Ny. dan sebagian anggota tetap.· Mereka berasal dari Pulau Shikoku. Yokoyama Kazue (55 tahun). Pulau Shikoku.Dari amplop berisi uang yen hinga lukisan.Setiap tahun anggota rombongan berganti-ganti.3 Yayasan Peduli Gesang. ada juga yang menari. 2.4 HAMKRI (Himpunan Artis Keroncong Indonesia) . mereka juga membawa cenderamata buat Gesang. Yang sebenamya ia hanya melanjutkan mendiang Hirano Widodo. Yokohamadan tiba sehari sebelumnya.2.47 2.Lagu Bengawan Solo sangat dicintai oleh masyarakat Jepang. salah seorang warga Jepang (tinggal di Klaten) pengagum Gesang yang sudah meninggal dunia.Selain mesti membeli tiket pesawat terbang pergi pulang dan mengeluarkan biaya akomodasi. dari Jepang (Perhimpunan Dana gesang) Yayasan Peduli Gesang (YPG) wadah sejumlah warga Jepang yang memiliki penghormatan khusus pada Gesang. karena pada masa perang dahulu sudah mengagumi lagu Bengawan Solo.2. Bahkan ada yang sengaja datang ke Solo untuk bisa bemyanyi (bermain piano}bersama Gesang. dan mereka menghimpun dana untuk membantu kehidupan Gesang. Mereka datang berombongan dari Jepang-asal Tokyo. Mereka menempuhjarak ribuan kilometer hanya untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Gesang. karena dalam liriknya menggambarkan keramahan rakyat Indonesia terhadap masyarakat Jepang. Sebagian dari mereka adalah orang Jepang yang berusia di atas 80 tahun.

. seperti. Said Reksohadiprodjo (tokoh Tanman Siswa). 84. tokoh Pendidikan. dengan pengesahan Menteri Kehakimari tertanggal 16 September 1976. Kebudayaan dan dari TNI-AD.Pendirian HAMKRI dipelopori oeh Bapak R. No: Y. Soediro (tokoh '45}.48 Gambar 14: LogoHAMKRI Himpunan Artis Musik Keroncong (HAMKRI} didirikan pada tanggal 13 Juni 1975. Ibu .A. diantaranya M. tambahan Berita Negara RI tanggall9 Oktober 1976 No.5/430/ll jo. Maladi (Mantan Menpora) dan tokohtokoh nasional dari berbagai Jatar belakang.

Sejak didirikannya. organisasi inipun nyaris mati suri. Visi Menjadikan keroncong sebagai Musik Nasional dan tuan rumah di negeri sendiri. Kemudian kegiatan lainnya adalah menerbitkan bulletin keroncong pertama di . Program kerja utama Festival Keroncong Nasional. Dan merupakan yang terbesar pada saat ini. hak Paten Musik Keroncong.HAMKRI menyelenggarakan Muktamar Nasional. Save Indonesian heritage" hal ini untuk mensosialisasikan musik keroncong di berbagai kesempatan seperti Event keroncong dan lain-lain. 2.28 Tujuan didirikannya HAMKRI adalah dalam rangka pembianaan. pengembangan dan peningkatan mutu seni musik keroncong demi membangun martabat keroncong sehingga dapat diabdikan kepada pembangunan nasional mewujudkan masyarakat adil dan makmur bedasarkan Pancasila. Misi Berpartisipasi dalam pembangunan seni budaya nelalui keroncong.2. mendorong DPD dan DPC untuk membina setidak-tidaknya 1 satu) grup keroncong generasi muda/usia sekolah di wilayahnya. mental dan spiritual.Sampai pada akhimya muncul kembali semangat beberapa pengurusnya untuk kembali merevitalisasi serta merestruturisasi HAMKRI untuk dapat menjadi sebuah organisasi yang ideal dalam mencapai cita citanya. Berawal dari keinginan yang begitu kuat untuk mengangkat citra musik keroncong yang semakin meredup. menyebarkan nilai nilai luhur bangsa Indonesia kepada segenap lapisan masyarakat Indonesia dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap keroncong. menjadi musik yang kembali diminati oleh banyak orang dan dari banyak kalangan. mendirikan "Rumah Keroncong" (Pusat Keroncong Nasional). Sertifikasi Juri. setelah 34 tahun sejak berdirinya. Maladi yang juga sebagai motor sekaligus tokoh sentral HAMKRI. HAMKRI mengalami pasang surut.5 Keroncong Cyber Keroncong Cyber adalah komunitas pecinta keroncong maya yang terbentuk pada tahun 2006. Kegiatan-kegiatan Keroncong Cyber meliputi pembuatan kaos yang bertuliskan "Play Music Keroncong. khususnya di bidang kultural. keijasama dengan Kedutaan Besar Asing dan Pusatpusat kebudayaan. bahkan ketika sepeninggal Ketua Umum Bapak R.

Keroncong cyber juga sering terlibat dalam pementasan musi keroncong diberbagai daerah.Indonesia dan juga di dunia yaitu 'Buletin Tjroeng'dengan tujuan yang sama untuk mensosialisasikan musik keroncong. .

Visi dan Misi Menjadikan keroncong menjadi musik dunia yang memberi kontribusi untuk bangsa. yang kompeten. Munifa Prijadi (KC Surabaya). netral. putra Alm. meski demikian YPKjuga menciptakan dalam media cetak yaitu Buletin Tjroeng buletin keroncong satu-satunya di dunia adalah buah karya Komunitas Keroncong Cyber (KC) yang paling fenomena!. tjroeng terbit setiap dua bulan sekali. . mulai dari musiknya. dan pemainnya seperti kejayaan di era tahun 60-an. dan punya keterkaitan dengan keroncong ataupun kebudayaan. Iambat Iaun semakin banyak banyak pula orang yang tertarik untuk berlangganan.2.29 Keroncong Cyber berharap dimasa yang akan datang keroncong bisa menjadi musik yang digemari oleh banyak orang. 2.Widaryanto. Seiring bertambahnya usia tjroeng.YPK Tjroeng berlokasi di Waroeng Keboen Bogor. Buletin Tjroeng didistribusikan ke beberapa kota besar di Indonesia. YPK menggunakan milis ataupun media elektronik untuk saling berbagi tentang keroncong. seorang budayawan dan juga pengajar. Wiratmo (KC Bandung). penyanyinya. Dan nyatanya nama tjroeng pun telah dikenal luas di kalangan pelaku dan penikmat keroncong. Melalui iuran swadaya anggota KC dan juga atas sumbangan donatur yang peduli keroncong. dan Adi B. bahkan hingga mai:tca negara seperti Malaysia dan Belanda.KC merasa perlu ada pendiri dari Iuar KC.6 YPK (Yayasan Pecinta Keroncong) 'Tjroeng' Gambar 15: Logo Yayasan Pecinta Keroncong Didirikan oleh perkumpulan KC (Keroncong Cyber) yang di dominasi oleh pecinta7 pecinta keroncong.Andjar Any dan FX.Maka dipilihlah Andriyono Kilat Adhi.Tiga relawan pendirinya adalah Imam Soeseno (KC Bogor).

Didalam kemasan album ini akan diproduksi dalam satu paket termasuk 4 CD semua lagu Gesang dan juga berisikan informasi/publikasi tentang sejarahlbiografi Gesang yang disertai dengan Jatar belakang terciptanya lagu dengan pendekatan visual yang Iebih kreatif. 2.000 Kemasan luar 4 fold CD wallet 4CD 4 CD sleeve 4 booklet Jirik Buku Biografi 2. Penerbit Musik Pertiwi :Satu paket album musik dalam bentuk Compact Disc (CD) Yang disertai buku biografi dengan sejarah kehidupan dan Jatar belakang terciptanya lagu (Jirik) : Rp 200. media elektronik dan koleksi penulis) :PT.4 Data Pembanding Penulis telah melakukan riset.2 Spesifikasi Album Berikut ini adalah rencana rancangan album keroncong Gesang Naskah : Izharry A. ekslusif dan kontemporer.000. berbagai sumber dan Iiteratur Penyelenggara : PT. 250.30 2.3.Gema Nada Pertiwi Desainer :Yoggi Ardy Darmawan Fotografi : Dokumentasi Gesang Penerbit Spesifikasi Harga Kerangka album (koleksi yayasan Gesang. koleksi keluarga Gesang. berbeda dengan album-album keroncong kebanyakan.1 Karakteristik Album Album ini akan ditampilkan berbeda dari album-album keroncong kebanyakan. Iiteratur buku.M.3. .3 Produk 2. dan kesimpulan yang didapat adalah sangat jarang ditemukannya album musik keroncong yang didalamnya mencakup sejarah kehidupan dan Jatar belakang diciptakan lagu dari sang penyanyi/tokoh terkait.Rp. Maka dalam hal ini pembanding akan memberikan contoh-contoh literatur dari album-album musik yang .

Keroncong Asli Parade Bintang Keroncong. Keroncong Asli Mus Mulyadi (2 volume). Keroncong Asli Sundari Soekotjo. dsb. Keroncong Asli Toto Salmon. .ada saat ini diantaranya seperti. Keroncong Pop. Keroncong Asli Tuti Maryati. Keroncong Pilihan dari Masa ke Masa.

GNP .54 Gambar 16: Katalog album-album keroncong produksi PT.

82.1 Demografi Primer 8eks : Jaki-laki dan perempuan Usia : 30 --40 tahun Pendidikan :8I. wiraswasta.4 Psikografis Personality : I. kritis dan bertanggungjawab Behaviour: I. Cenderung memiliki sifat tenang dan penyabar 4. Kelas sosial : B. Suka browsing internet untuk sekedar mencari informasi dan juga memiliki account di social network.5. Suka pergi tamasya ke tempat wisata untuk refreshing sendiri atau bersama keluarga 2.55 2. bekeija. wiraswasta.3 Geografi Tempat tinggal : kota-kota besar (provinsi) 2. 8uka mengumpulkan barang-barang aneh dan unik untuk dikoleksi dari berbagai daerah yang pernah dikunjungi 3.5 Target Audience 2. Peduli terhadap isu /nilai sosial dan kebudayaan 5. B+. Bersikap dewasa 3. Menilliki r sa cinta tanah air 2.5. Memiliki hobi bermain musik dan mendengarkan musik . A 2. bekeija.5. 8uka membaca buku dan koran disaat-saat waktu senggang 5.2 Demografi Sekunder 8eks : laki-laki dan perempuan Usia : 40 tahun keatas Pendidikan :81. B+. A 2. Kelas sosial : B. 82. 4.5. Pekeija keras.

pameran.56 6. konser. dan Jain-Jain) . teater. Suka mendukung dan aktif di event yang berkaitan dengan kebudayaan (festival. tarian. 8uka membeli album musik 7.

2. Memiliki kendaraan pribadi.2 Weakness I. Album-albumnya diproduksi dengan kemasan terasa lemah. bisasa saja dan sama dengan album-album musik kebanyakan. seadanya dan cenderung kurang menarik. ketinggalan zaman. 3. beliau berpesan agar keroncongjangan sampai mati dalam apapun bentuknya sehingga para pecinta/musisi/penyanyi keroncong belomba-lomba untuk melestarikan keroncong dengan berbagai cara termasuk membeli album aslinya. Senang menyapa orang-orang disekitamya 10. semakin dilupakan oleh generasi saat ini. 2. Gesang cenderung dikenal tradisional.6 Analisa SWOT 2. Album ini akan menampilkan citra Gesang sebagai sang maestro atau legenda keroncong Indonesia. Gesang sudah meninggal dunia. . terkadang juga naik angkutan umum 2. Karya-karyanya populer hingga luar Indonesia dan telah di teijemahkan dalam beberapa bahasa.6. Selain semua lagu karya Gesang yang ditawarkan dalam album ini juga memuat sejarah kehidupanlbiografi dan Jatar belakang terciptanya lagu agar target audience dapat lebih mengenal musisinya dan lebih mamahami bagaimana karya tersebut dibuat. Minat datang pada sebuah seminar kebudayaan 11. Gesang adalah seorang seniman yang fenomenal. musisi keroncong yang sangat berpengaruh pada perkembangan keroncong tanah air. Pakaian yang dimiliki cenderung lebih mementingkan model tapi juga lebih kepada estetika/kerapihan 2. Hanya segelintir orang saja yang menyukai karya musik Gesang. 3.6. 2.57 9. dan konvensional. Sebelum beliau meninggal dunia.1 Strenght I. Memiliki handphone yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan 3. Minat dan suka dengan musik keroncong Lifestyle: 1.

58 2.6.3 Opportunity I. setidaknya mereka tahu Gesang. menjadi lagu yang dikenal banyak orang. Bengawan Solo. .

7.34 2. di banding musik keroncong Gesang yang terkesan kampungan dan ketinggalan zaman. 5. . 2. Musik di Indonesia saat ini memiliki ciri khas yang hampir sama satu sama lain. 6. Hadimya musik bajakan di mana-mana seperti penjualan kaset/CD bajakan. Sejak Gesang meninggal dunia. Gesang menjadi bahan pembicaraan mediamedia sehingga mulai dikenal generasi saat ini dan memiliki banyak penggemar didalam maupun luar negeri. Mulai masuknya kurikulum ekstra kulikuler keroncong melalui pendidikan sekolah sekolah. 3. dan unduhan di Internet. 2. Tumbuhnya orkes-orkes keroncong di Indonesia dan tampil secara ekslusif di berbagai tempat dan acara . Komunitas pecinta keroncong yang tumbuh di berbagai tempat.6. Memiliki yayasan yang menaungi Jegalitas dan royalti karya cipta Gesang. sehingga pangsa pasar cenderung memilih musik pop major label dengan tema cinta. 4. Sejarah Gesang yang sangat inspiratifhingga menjadi Jatar belakang tercipnyanya Jagu sehingga Jagu ciptaannya memiliki nilai tersendiri yang berbeda dari Jagu-lagu keroncong kebanyakan.4 Treatment I.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful