P. 1
BIOLOGI TERAPAN 1

BIOLOGI TERAPAN 1

|Views: 40|Likes:
Published by Yuweni Parjono

More info:

Published by: Yuweni Parjono on Aug 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/12/2014

pdf

text

original

BIOLOGI TERAPAN LAPORAN PEMBUATAN TAPE

Kelas XI IPA 1 Nama Kelompok : Agnes Devina (02) Nirwan Setiawan (23) Nindy Putri Ayu (24) Selvia Parjono (30) Stevan Wilfredo (35) Willy (38) SMA XAVERIUS 3 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2012-2013

teknos (teknologi = penerapan) dan logos (ilmu). . dapat dikategorikan sebagai bentuk fermentasi. sebagai contoh produksi insulin. Pengertian Fermentasi Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Beberapa contoh hasil fermentasi adalah etanol. Pengertian Tape Tape merupakan makanan tradisional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Generasi pertama adalah bioteknologi sederhana yaitu penggunaan mikroba yang masih secara tradisional dalam produksi makanan dan tanaman ataupun pengawetan makanan. proses biologis untuk meningkatkan potensi organisme maupun menghasilkan produk dan jasa bagi kepentingan manusia. asam laktat. sebagai contoh produkasi antibiotic dan hormon. Generasi ketiga adalah proses dalam keadaan tidak steril. Generasi kedua adalah proses berlangsung dalam keadaan tidak steril. anggur dan minuman beralkohol lainnya. terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal. Mucor chlamidosporus dan Endomycopsis fibuligera. akan tetapi. sebagai contoh yaitu pembuatan tempe. fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik. Bioteknologi adalah cabang biologi yang mempelajari pemanfaatan prinsip ilmiah dan rekayasa terhadap organisme. Respirasi anaerobik dalam otot mamalia selama kerja yang keras (yang tidak memiliki akseptor elektron eksternal). Gula adalah bahan yang umum dalam fermentasi. cuka. Ragi dikenal sebagai bahan yang umum digunakan dalam fermentasi untuk menghasilkan etanol dalam bir. Tape ini dibuat dengan cara difermentasikan selama 2-3 hari. Pendahuluan Dasar Teori Bioteknologi berasal dari kata latin yaitu bio (hidup). dengan bantuan bakteri saccharomyces cerivisiae. Secara umum. Generasi keempat adalah generasi bioteknologi baru. terutama orang sunda. tape. dan lain-lain.PEMBUATAN TAPE I. dan hidrogen. sebagai contoh pembuatan kompos dan produksi bahan kimia. Akan tetapi beberapa komponen lain dapat juga dihasilkan dari fermentasi seperti asam butirat dan aseton.

direbus atau dikukus supaya tetap padat. Panci 3. kemudian dikuliti.30-11. 2. Waktu Kegiatan Waktu 6 Oktober 2012 Pkl 09. kemudian ditaburkan pada singkong yang telah matang hingga rata. Air 1. kemudian pada pangkal dari ujung dipotong. Singkong dicuci bersih. Ragi/khamir 3. Singkong yang telah dikuliti. Plastik/koran bekas Cara Kerja : 1. Setelah matang diangkat dan didinginkan sementara. Biologi Kelas XI IPA 1 II. Pisau 4. Tujuannya agar ketika menjadi tape tidak lembek atau berair.Tujuan dan Manfaat Kegiatan Tujuan dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan tentang aplikasi bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari. Singkong 2. Metodologi Alat dan Bahan Alat : : Bahan : 1. Daun pisang 6. Kompor 2.00 WIB 8 Oktober 2012 Kegiatan Proses pembuatan tape Pengamatan tape yang telah jadi Tempat Lab. hancurkan ragi tape sampai halus. 3. . Baskom 5. Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui proses fermentasi pada pembuatan tape ketan.

warna tempe yang dibuat adalah kuning. No. jadi sesuai dengan fenomena "Pasteur Effect" maka produksi alkohol menjadi lebih banyak. tapi setelah direbus dan didinginkan di udara terbuka. Hasil Parameter Warna Rasa Tekstur Bau Keterangan Kuning (warna asal singkong) Manis dan sedikit asam Lembek Bau khas tape dan ada sedikit bau alkohol b. Warna kuning berasal dari warna singkong sebelum dijadikan tape. tetap berwarna kuning. Oleh karena itu. Keadaan tape dari rasa Telah tertulis pada tabel hasil pengamatan. peramlah singkong ke dalam baskom yang dialasi daun pisang. Kemudian tutup daun pisang dengan rapat selama 2 hari 2 malam. . rasa tape yang dibuat adalah manis dan sedikit asam. tape singkong (peuyeum) akan lebih banyak kandungan alkoholnya bila dibuat dengan cara ditumpuk. 3. Sebenarnya warna singkong yang asli adalah putih.4. ragi (Saccharomyces cereviceae) mengeluarkan enzim yang dapat memecah karbohidrat pada singkong menjadi gula yang lebih sederhana. Setelah diberi ragi. rasa manis dihasilkan dari pembuatan tape. singkong berubah menguning. dan setelah difermentasikan menjadi tape. tape terasa manis apabila sudah matang walaupun tanpa diberi gula sebelumnya. Pembahasan Keadaan tape dari warna Telah tertulis pada tabel hasil pengamatan. dengan cara ini kondisi lebih bersifat anaerobik. 4. Sehingga membuatnya terasa sedikit asam. 1. III. 2. Ini disebabkan. Hasil dan Pembahasan a.

sedangkan bau alkohol didapat dari mikroorganisme Chlamydomucor oryzae. jamur tersebut akan merubah glukosa menjadi alkohol.- Keadaan tempe dari tekstur Telah tertulis pada tabel hasil pengamatan. 3. Kesimpulan Kesimpulan yang didapat dari kegiatan ini adalah : 1. Mucor sp. salah satunya adalah untuk menghangatkan tubuh.. sehingga singkong akan menjadi lunak. Pada setiap proses fermentasi. IV. endomycopsis fibulegera. berarti seluruh mikroorganisme yang terlibat dalam pembuatan tape. Bau khas tape didapat dari hasil proses fermentasi. Rhizopus oryzae. yang pada saat proses fermentasi menghasilkan reaksi kimia sebagai berikut : C6H12O6 2C5H2OH + 2CO2 + 2 ATP Dijabarkan sebagai berikut : Gula alkohol (etanol) + Karbon dioksida + energi Dari reaksi di atas. - Keadaan tempe dari bau Telah tertulis pada tabel hasil pengamatan. Tape merupakan makanan tradisional yang enak dan bisa dibuat oleh siapa saja. menghasilkan alkohol. tekstur tape adalah lembek. walaupun hanya sedikit. . maka jamur (ragi) biasanya akan menghasilkan alkohol. Hal ini disebabkan oleh jamur ragi akan memakan glukosa yang ada di dalam singkong sebagai makanan untuk pertumbuhannya. tape setelah difermentasi ada sedikit bau alkohol. Saccharomyces verdomanii. Tape memiliki banyak manfaat.Candida sp. Saccharomyces cerevicae. 2. Oleh sebab itu. bau tape adalah bau khas tape dan ada sedikit bau alkohol. karena mengandung alkohol .

kompasiana.google.id/2010/07/29/7-manfaat-wortel-untuk-kesehatan-dan-kecantikan http://id.com aufikfrezee.umm.blogspot.com/2012/04/laporan-praktikum-biologi-bioteknologi.DAFTAR PUSTAKA www.student.html LAMPIRAN Singkong yang telah dibersihkan kemudian direbus dan ditiriskan Singkong diberi ragi yang telah dihaluskan .com/agrobisnis/2011/12/27/laporan-pembuatan-tapai-singkong/ http://phie-phiediaries.multiply.com/journal/item/68?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem http://ekonomi.ac.scribd.com/doc/39161257/Fermentasi-Tape/ http://jumiartiagus.

Singkong yang telah diberi ragi.Singkong yang telah diberi ragi. kemudian ditutup dengan daun pisang rapat-rapat. . dan siap difermentasikan. Singkong yang telah difermentasikan selama 2 hari 2 malam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->