MATEMATIKA KELAS VIII

“Garis-garis Pada Segitiga” “Lingkaran”

Nama : Dian Ramadhani NIS : 6256

Kelas : VIII6

SMP NEGERI 1WATANSOPPENG T. A. 2005/2006

PENDAHULUAN
Portofolio ini mencakup pekerjaan siswa yang sudah diformat sebelumnya oleh guru dan didalamnya termuat tugas tugas yang dikerjakan secara berkelompok maupun individu. Diharapkan setelah mengerjakan portofolio ini, siswa telah mencapai indikator hasil belajar. Adapun isi dari portofolio adalah sebagai berikut:    Tugas-tugas Belajar Siswa Lembar Partisipasi yang ditulis oleh siswa Refleksi terhadap materi yang dipelajari

4. Tentukan proyeksi garis KM terhadap garis KL ! Berapa panjang proyeksi garis KM terhadap garis KL ! Bagaimana caramu menentukan jawaban pada nomor (2) ! Dapatkah kamu menentukan lagi proyeksi suatu garis terhadap garis lain pada ∆KLM tersebut? . Kerjakan secara berkelompok 2. Petunjuk 1. Tulis Nama dan NIS anggota kelompok serta Kelas pada lembar jawaban Anda. pada gambar di bawah ini ! K 5 cm L 4 cm 1. 3.(Soal Pemahaman) Tujuan: Siswa dapat menemukan rumus panjang proyeksi pada segitiga siku-siku. 2. Soal Perhatikan ∆KLM siku-siku di L.

(Soal Pemecahan Masalah) Tujuan: Siswa dapat menerapkan rumus panjang proyeksi dalam memecahkan masalah. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal 1. Tentukan nilai x ! . kemudian berlayar ke arah utara sejauh x km menuju tempat A. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Sebuah perahu berlayar ke arah timur sejauh 63 km. Jika menuju titik A melalui jarak terdekat. Jika panjang proyeksi tangga dengan posisi demikian pada lantai 42 dm. perahu tersebut hanya menumpuh jarak 105 km. Sebuah tangga bersandar pada tembok dengan ketinggian 40 dm dari lantai. 2. tentukan panjang tangga tersebut. Tulis Nama. 2. Petunjuk 1.

dan c ! 6.(Soal Pemahaman) Tujuan: Siswa dapat menemukan rumus panjang proyeksi segitiga sembarang. Tentukan panjang CD pada ∆ADC ! 4. Nyatakan x (panjang AD) dengan a. BC = a. Kerjakan secara berkelompok 2. Tentukan panjang CD pada ∆BDC ! 5. Tentukan proyeksi garis AC terhadap garis AB ! 2. Soal Perhatikan gambar segitiga berikut ini ! C b a A x D c B Pada gambar di atas di atas diketahui panjang AB = c. Tulis Nama dan NIS anggota kelompok serta Kelas pada lembar jawaban Anda. b.AD = x 1. Petunjuk 1. Tentukan proyeksi garis AC terhadap garis AD ! 3. Kesimpulan apa yang dapat kalian peroleh dari jawaban 1-5 ! . AC = b.

Kemudian salin dan lengkapilah tabel berikut ini ! 1. Kerjakan secara berkelompok 2.(Soal Pemahaman) Tujuan: Siswa dapat menyelidiki rumus tinggi segitiga. Soal Perhatikan gambar segitiga berikut ! (ii) (iii) Gunakan penggaris untuk mengukur panjang sisi-sisi dan tinggi setiap segitiga di atas. Petunjuk 1. Gambar (i) . Tulis Nama dan NIS anggota kelompok serta Kelas pada lembar jawaban Anda.

apakah tb = BD ? b 2 a s ( s − a )( s − b )( s − c ) . apakah hasilnya sama ? d. jawablah pertanyaan berikut ini ! 4. Gambar (ii) a …cm B …cm c …cm s= a+b+c 2 2 s ( s − a )( s − b )( s − c ) b … cm … cm Panjang BD … cm 3. Sebutkan tinggi segitiga . Sebutkan tinggi segitiga b. Bandingkan hasil yang kamu peroleh pada kolom 6 dan kolom 7.a …cm B …cm c …cm s= a+b+c 2 2 a s ( s − a )( s − b )( s − c ) … cm … cm Panjang AD … cm 2. Gambar (iii) a. apakah hasilnya sama ? d. Sebutkan sisi yang tegak lurus dengan tinggi segitiga c. Bandingkan hasil yang kamu peroleh pada kolom 6 dan kolom 7. Sebutkan tinggi segitiga b. Jika tb = 2 s ( s − a )( s − b )( s − c ) . Jika ta = 5. Gambar (i) a. apakah ta = AD ? 6. Gambar (iii) a …cm B …cm c …cm s= a+b+c 2 2 s ( s − a )( s − b )( s − c ) c … cm … cm Panjang CD … cm Berdasarkan hasil pengukuran kelompokmu. Sebutkan sisi yang tegak lurus dengan tinggi segitiga c. Gambar (ii) a.

Sebutkan sisi yang tegak lurus dengan tinggi segitiga c. apakah tc = CD ? c 7. Bandingkan hasil yang kamu peroleh pada kolom 6 dan kolom 7. apa yang dapat kmu simpulkan (Soal Komputasi) . Berdasarkan hasil percobaanmu. Jika tc = 2 s ( s − a )( s − b )( s − c ) .b. apakah hasilnya sama ? d.

Hitunglah luas segitiga ABC pada soal nomor 1. (Soal Pemecahan Masalah) . Hitunglah tinggi suatu segitiga ABC.Tujuan: Siswa dapat menghitung tinggi dan luas segitiga sembarang. Petunjuk 1. serta panjang sisi lainnya masing-masing BC = 3 cm dan AC = 5 cm. Soal 1. Tulis Nama. jika diketahui panjang sisi alas AB = 4 cm. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah. 2. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. 2.

NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Jika keliling segitiga adalah 81 cm. Panjang sisi-sisi suatu segitiga adalah 2a cm. 2. tentukan luas segitiga tersebut. Tentukanlah luas segitiga tersebut. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal 1. 3a cm. 2. Diketahui keliling segitiga ABC adalah 27 cm.Tujuan: Siswa dapat menerapkan rumus luas segitiga dalam menyelesaikan soal/ memecahkan masalah. (Soal Keterampilan Matematika) Tujuan: Siswa dapat menghitung tinggi segitiga sembarang dengan mengukur langsung . Tulis Nama. dan 4a cm. Petunjuk 1.

2. dan AC = 6 cm. Tulis Nama. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal Pada segitiga ABC. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. diketahui panjang sisi AB = 7 cm. BC = 5 cm.Petunjuk 1. Dengan cara mengukur langsung. tentukan tinggi AD dan CE ! (Soal Keterampilan Matematika) Tujuan: Siswa dapat melukis garis berat suatu segitiga Petunjuk .

2.Tulis Nama. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Siswa dapat menghitung panjang garis berat pada segitiga dengan rumus. . Soal Lukislah garis berat segitiga berikut ini. Siswa dapat menentukan titik berat segitiga. sertakan dengan langkah-langkahnya ! R P Q (Soal Komputasi) Tujuan: 1.

π . tentukanlah : C 8 10 A 6 D 6 B b. Soal 1. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda.Petunjuk Tulis Nama. Perhatikan segitiga ABC di bawah ini. Kerjakan secara berkelompok. Letak titik berat dihitug dari titik C ! (Soal Pemahaman) Tujuan: Siswa dapat menentukan nilai Petunjuk 1. Panjang garis berat CD ! b.

2. ukurlah bekas liptan tersebut. Sediakan penggaris. 5. f. Dengan menggunakan mistar.Ukur diameter benda berbentuk lingkaran yang telah kamu sediakan dengan cara :    Jiplak lingkaran alas benda pada selembar kertas Lingkaran hasil jiplakan digunting sekelilingnya Lingkaran hasil jiplakan dilipat secara simetris. Objek 1.Salin tabel berikut ini untuk mencatat hasil pengukuranmu. Untuk mengetahui pendekatan d K d Diameter (d) Keliling (K) . dan beberapa benda yang berbentuk lingkaran 2. Ulangi percobaanmu dengan benda lain yang kamu sediakan. hasil ini pengukuran keliling lingkaran benda berbentuk lingkaran tersebut. e. Bandingkan hasil yang kalian peroleh dengan yang diperoleh kelompok lain ! Apa yang dapat kalian simpulkan tentang nilai digunakan untuk menyatakan nila K ? Huruf Yunani yang d K adalah π . c. d. a. jangan lupa untuk memberi tanda pada tempat pertemuan ujung dan pangkalnya. tali. b. Tulis Nama dan NIS anggota kelompok serta Kelas pada lembar jawaban Anda. Catat hasil yang kalian peroleh pada tabel. 3. 3. bekas lipatan kertas merupakan diameter lingkaran. 4. Ukur panjang talinya. Lilitkan tali mengelilingi benda. 2. Soal 1. Bagi keliling benda dengan diameternya.

lingkaran luar suatu segitiga serta dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga. Petunjuk . Apakah nilai π di (Soal Keterampilan Matematika) Tujuan: Siswa dapat melukis lingkaran dalam.terhadap nilai K kalkulator sama dengan nilai yang kamu hitung ? d π. kalian dapat menggunakan kalkulator.

Petunjuk 1. Lukislah lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga berikut ini. Jika panjang AB = 6 cm. Tulis Nama. Tulis Nama dan NIS anggota kelompok serta Kelas pada lembar jawaban Anda. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal 1. panjang jari-jari lingkaran dalam segitiga ABC b. C A B 2. 2. dan AC = 4 cm. . 2. (Soal Pemahaman) Tujuan: Siswa dapat menurunkan rumus luas lingkaran. BC = 8 cm. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Tentukanlah : a. Kerjakan secara berkelompok.1. Panjang jari-jari lingkaran luar segitiga ABC.

Misalkan r satuan yang menyatakan jari-jari lingkaran. (Soal Komputasi) Tujuan: Siswa dapat menghitung keliling dan lus bidang lingkaran Petunjuk 1. tentukan panjang dan lebarnya.Soal 1. Bagi lingkaran tersebut menjadi 16 bagian yang sama dengan cara membuat sudut pusat lingkaran sebesar 22. c. tentukanlah rumus untuk mencari luas lingkaran.  Susun bagian-bagian itu sehingga berbentuk persegi panjang. busur lingkaran. gunting. 3. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. a. Sediakan karton. Lukislah sebuah lingkaran b. Tentukan rumus luas persegi panjang. 2. Dari persegi panjang yang terbentuk. 2. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal Hitunglah keliling dan luas bangun pada gambar di bawah ini : 1. maka:  arsir daerah setengah lingkaran  gunting tiap-tiap bagian lingkaran itu. penggaris. Tulis Nama. dan pensil. c. B 28 cm A O . b. Dengan menggunakan rumus luas persegi panjang tersebut.5° dengan bantuan busur derajat seperti tampak pada gambar (a). a.

B 2. A 8m 8m O .

14 . Petunjuk 1. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Panjang jarum menitan sebuah jam dinding 14 cm. Sebuah taman berbentuk lingkaran dengan dengan garis tengah 30 meter.Berapa lama jarum menitan berputar jika panjang lintasan jika panjang lintasan yang dilalui ujung jarum menitan 220 cm. Tulis Nama. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal 1. 2. Jika hitunglah luas jalan tersebut. Disekeliling taman dibuat jalan kecil yang lebarnya 2 meter. π = 3.(Soal Pemecahan Masalah) Tujuan: Siswa dapat menerapkan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan masalah. 2.

Berbandingan luas antara dua buah lingkaran adalah 36 : 49. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal 1. Hitunglah selisih luas dan perbandingan luas lingkaran yang berjari-jari 4 cm dan 6 cm. Tulis Nama. selisih kelilingnya .(Soal Komputasi) Tujuan: Siswa dapat menghitung besarnya perbandingan luas jika ukuran jari-jari berubah Petunjuk 1. perbandingan kelilingnya b. Tentukan a. 2. 2.

NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Tulis Nama. Luas tembereng RQ . Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal Q Perhatikan gambar di samping ! Jika ∠POQ = 120°. Petunjuk 1.(Soal Komputasi) Tujuan: Siswa dapat menghitung panjang busur. dan panjang busur PQ = 1200 p 600 O R 12 cm. 2. ∠QOR = 60°. Luas juring POQ 4. Luas Juring ROQ 3. luas juring dan luas tembereng. Panjang busur QR 2. Hitunglah : 1.

Tulis Nama. R Pada gambar di samping. Hitunglah besar ∠P. PQ adalah garis tengah (diameter). Panjang jari-jari OP adalah 5 cm dan panjang SQ = 3 cm. O Q . NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. 2. PQ merupakan diameter. P O S Q 2.(Soal Pemecahan Masalah) Tujuan: Siswa dapat menggunakan sifat-sifat sudut pusat dan sudut keliling dalam memecahkan masalah Petunjuk 1. Tentukanlah panjang PR. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal 1. P 3x° R Pada gambar di samping.

42° B . Petunjuk 1. ∠AOB.(Soal Komputasi) Tujuan: Siswa dapat menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama. C O A Pada gambar di samping. NIS dan Kelas pada lembar jawaban Anda. Kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah Soal 1. besar ∠OAB = 42°. dan ∠ACB. Tulis Nama. 2. Hitunglah besar ∠OBA.

.

.

.

.

.

TERHADAP MATERI PELAJARAN .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.