P. 1
Unsur-pembentuk-Negara

Unsur-pembentuk-Negara

|Views: 7|Likes:
coba
coba

More info:

Published by: Zaenal Radiatsa Aditya on Aug 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

07/29/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

Unsur pembentuk Negara

1. Wilayah/ Daerah
1) Daratan Wilayah daratan ada di permukaan bumi dalam batas-batas tertentu dan di dalam tanahdi bawah permukaan bumi. Artinya, semua kekayaan alam yang terkandung di dalam bumi dalam batas-batas negara adalah hak sepenuhnya negara pemilik wilayah. 2) Lautan Lautan yang merupakan wilayah suatu negara disebut laut teritorial negara itu, sedangkan menyatakan bahwa laut tidak ada pemiliknya, sehingga dapat diambil/ dimiliki oleh setiap laut di luarnya disebut laut terbuka (laut bebas, mare liberum).

2. Rakyat
Rakyat adalah sekelompok manusia yang memiliki suatu kebudayaan yang sama, misalnya memiliki kesamaan bahasa dan adat istiadat. Sedangkan Beberapa pandangan tentang pengertian bangsa: Rakyat merupakan unsur terpenting dalam negara karena manusialah yang berkepentingan agar organisasi negara dapat berjalan dengan baik. Rakyat suatu negara dibedakan antara: a) penduduk dan bukan penduduk; b) warga negara dan bukan warga negara.

3. Pemerintah yang berdaulat
Pemerintah yang berdaulat berarti pemerintah yang memegang kekuasaan tertinggi di dalam negaranya dan tidak berada di bawah kekuasaan pemerintah negara lain. Maka, dikatakan bahwa pemerintah yang berdaulat itu berkuasa ke dalam dan ke luar: 1. Kekuasaan ke dalam, berarti bahwa kekuasaan pemerintah itu dihormati dan ditaati oleh seluruh rakyat dalam negara itu; 2. Kekuasaan ke luar, berarti bahwa kekuasaan pemerintah itu dihormati dan diakui oleh negara-negara lain. Kedaulatan ke dalam adalah kekuasaan tertinggi di dalam negara untuk mengatur fungsinya. Kedaulatan ke luar adalah kekuasaan tertinggi untuk mengatur pemerintahan serta memelihara keutuhan wilayah dan kesatuan bangsa (yang selayaknya dihormati oleh bangsa dan negara lain pula), hak atau wewenang mengatur diri sendiri tanpa pengaruh dan campur tangan asing.

4. Pengakuan oleh negara lain
Pengakuan oleh negara lain didasarkan pada hukum internasional. Pengakuan itu bersifat deklaratif/ evidenter, bukan konstitutif. Proklamasi kemerdekaan Amerika Serikat dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 1776, namun Inggris (yang pernah berkuasa di wilayah AS) baru mengakui kemerdekaan negara itu pada tahun 1783. Adanya pengakuan dari negara lain menjadi tanda bahwa suatu negara baru yang telah memenuhi persyaratan konstitutif diterima sebagai anggota baru dalam pergaulan antarnegara. Dipandang dari sudut hukum internasional, faktor pengakuan sangat penting, yaitu untuk:

a. dan tidak lebih dari 1/2 anggota DPR. DPD. Masa jabatan anggota MPR dalam satu periode adalah lima tahun. ada nama-nama lembaga negara yang baru. Salah satu dari perubahan tersebut adalah amandemen terhadap UUD 1945. maka kekuasaan MPR. 1. Apa saja lembaga-lembaga negara menurut UUD 1945 hasil amandemen? Adalah perubahan-perubahan itu terjadi? Mari kita lihat uraiannya. Anggota DPR secara otomatis juga menjadi anggota MPR. Mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar. ada pula DPRD. Amandemen artinya perubahan. Amandemen Sejak memasuki era reformasi. b. c. Adakah perbedaannya? Ada. yakni DPR berkedudukan di ibu kota. a. Sementara itu DPRD berkedudukan di provinsi dan kabupaten/kota. DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Kedudukan DPR sebagai lembaga negara diatur dalam Bab VII pasal 19 UU 1945 hasil amandemen.Menurut Oppenheimer. Jumlah anggota DPR menurut ketentuan ada 550 orang. berasal dari partai politik yang dipilih melalui Pemilu setiap lima tahun sekali. anggota MPR terdiri seluruh anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan DPD (Dewan Perwakilan Daerah) yang dipilih rakyat melalui Pemilu. Dengan amandemen terhadap UUD 1945 itu. Keanggotaan DPR seperti sudah disinggung di depan. MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) MPR adalah majelis (tertinggi) yang merupakan penjelmaan dari seluruh rakyat Indonesia. Hingga sekarang UUD 1945 sudah empat kali mengalami amandemen. Siapa yang mengamandemen UUD 1945 itu? Tidak lain adalah sidang MPR. Siapa saja anggota MPR? Menurut UUD 1945 hasil amandemen. Selain DPR. kewenangankewenangan MPR baru muncul ketika semua anggota-anggotanya berkumpul dan bersidang (dalam majelis). Sidang MPR ini paling sedikit sekali dalam lima tahun. Melantik presiden dan/wakil presiden. Karena merupakan sebuah majelis. DPR. 23 Tahun 2003 tentang susunan dan kedudukan MPR. Menurut UUD 1945 hasil amandemen wewenang MPR adalah sebagai berikut. negara Indonesia memang banyak mengalami perkembangan-perkembangan baru. Ketentuan tentang keanggotaan MPR ini diatur dalam UU No. pengakuan oleh negara lain terhadap berdirinya suatu negara semata-mata merupakan syarat konstitutif untuk menjadi an international person. dan DPRD. Tugas/Wewenang dan Hak-hak DPR Secara umum tugas/wewenang DPR memegang kekuasaan legislatif. Memberhentikan presiden dan wakil presiden dalam masa jabatannya menurut Undang-Undang Dasar. Sedang anggota DPD di setiap provinsi ada 4 orang. 2. lembaga-lembaga negara juga mengalami beberapa perkembangan. Sebagai contoh. artinya .

anggota-anggota DPR juga memiliki hak-hak penting (Pasal 20A UUD 1945). Hak-hak yang dimaksud adalah sebagaimana berikut. Selain tugas/kewenangan tadi. 2) Fungsi anggaran. Lebih jelasnya tentang tugas/wewenang DPR terdapat dalam 3 fungsi penting sebagai berikut. yakni DPR mengawasi jalannya pemerintahannya. 5) Hak Budget Yakni hak untuk mengajukan RAPBN (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). yakni DPR sebagai pemegang kekuasaan menetapkan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang diajukan Presiden. .sebagai pemegang kekuasaan membentuk undang-undang (pasal 20 A UUD 1945). 1) Fungsi legislatif. PKn Kelas 6 SD/MI 77 4) Hak Amandemen Yakni hak untuk menilai atau mengadakan perubahan atas RUU (Rancangan Undang-Undang). 1) Hak Interpelasi Yakni hak untuk meminta keterangan kepada presiden. 3) Fungsi pengawasan. yakni DPR sebagai pembuat undang-undang bersama presiden. 2) Hak Angket Yakni hak untuk mengadakan penyelidikan atas suatu kebijakan pemerintah/ presiden. 3) Hak Inisiatif Yakni hak untuk mengajukan rancangan undang-undang kepada pemerintah/ presiden.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->