MANUSIA DAN PERADABAN A PENGERTIAN

Di kalangan para ahli sampai saat ini sering terjadi perbedaan pendapat mengenai kedua istilah ( kebudayaan & peradaban ) yang sering dicampuradukkan itu bahkan pendapat di antara para ahli kadang-kadang bertentangan satu sama lain: ; Bierens De Hann. Mempertentangkan pengertian kebudayaan dan peradaban sebagai berikut, peradaban adalah seluruh kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan teknik. Jadi peradaban adalah bidang kehidupan untuk kegunaan yang praktis, sedangkan kebudayaan ialah sesuatu yang berasal dari hasrat dan gairah yang lebih dan murni yang berada diatas tujuan yang praktis hubungan kemasyarakatannya. Oswald Spengl (1880-1936) kebudayaan ialah wujud dari seluruh kehidupan adat, industrial filsafat dan sebagainya, peradaban ialah kebudayaan yang sudah tidak tumbuh lagi sudah mati. Prof. Dr. Koentjaraningrat, peradaban ialah bagian-bagian kebudayaan yang halus dan indah seperti kesenian.

;

;

Masyarakat telah mencapai tahap kebudayaan tertentu dan telah maju berarti masyarakat tersebut telah mencapai tingkat peradaban tinggi yang bercirikan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan lain-lain. Peradaban merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan bagian-bagian atau unsur kebudayaan yang dianggap halus, indah, dan maju. Misalnya perekmbangan kesenian, IPTEK, kepandaian manusia, dan sebagainya di mana tiap bangsa di dunia memiliki karakter kebudayaan yang khas maka tak heran bila sebuah negara hanya unggul IPTEK-nya saja atau keseniannya saja misalnya. Konsep peradaban tidak lain adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang tercermin dalam tingkat intelektual, keindahan, teknologi, spiritual yang terlihat pada masyarakat. Kebudayaan merupakan kelanjutan yang bertahap ke arah yang semakin kompleks. Di mana unsur-unsur kebudayaan terintegrasi menjadi satu sistem budaya dan memiliki keterkaitan antara ketujuh unsur kebudayaan universal yaitu sistem teknologi, peralatan, sistem mata pencaharian, organisme, sosial, religi, dan bahasa. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pengertian peradaban. Peradapan menurut Fairchild, dkk. (1980:41) dalam Nursyid (1996:67): Civilization is cultural development; distinctly human attributes and attainment and attainment of particular society. In ordinary usage, the term implies a fairly high stage on the cultural evolutionary scale. Reference is made to “civilized peoples”. More accurate usage world refer to more highly civilized peoples, the determinative characteristics being intellectual, aesthetic, technological, and spiritual attainments.

ilmu pengetahuan. teknologi dan seni yang telah maju. keindahan. B HAKIKAT HIDUP MANUSIA Manusia dlam kehidupannya memiliki tiga fungsi. masyarakat tersebut dapat dikatakan telah mengalami proses perubahan sosial yang berarti. gerak tubuh. maju. Karena kebudayaan itu sendiri diperoleh manusia dari proses belajar pada lingkungan juga hasil pengamatan langsung. dan spiritual tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya. kepandaian menulis. dan sebagainya. Hal yang terakhir adalah sama dengan istilah Inggris civilization. senin rupa. . seni bangunan. organisasi kenegaraan. Untuk lebih jelasnya. Dengan demikian. Kebudayaan itu dapat diterima dengan tiga bentuk: . teknologi. sehingga taraf kehidupannya makin komples. . dan sitem kengaraan. berarti telah mengalami evolusi kebudayaan yang lamaa dan bermakna sampai pada tahap tertentu yang lama dan bermakna sampai pada tahap tertentu yang diakui tingkat Iptek dan unsur-unsur budaya lainnya. dapat dilihat pendapat Koentjaraningrat (1990: 182) dalam Nursyid (1996: 67) sebagai berikut: Di samping istilah “ kebudayaan” ada pula istilah “peradaban”. Melalui pengamtan hidup saat menghadapi lingkungan Melalui pengalaman hidup sebagai mahluk sosial Melalui komubikasi simbolis (benda. yang telah mencapai ilmu pengetahuan. yang biasanya dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus. sebagai individu harus memenuhi segala kebutuhan pribadinya dan sebagai mahluk sosial-budaya harus hidup berdampingan dengan orang lain dalam kehidupan yang selaras dan saling membantu. dan indah. peradaban adalah merupakan tahpan tertentu dari kebudayaan masyarakat tertentu pula. ilmu pengetahuan. Taraf kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu tercermin pada pendukungnya yang dikatakan sebagai beradab atau mencapai peradaban yang tinggi. peristiwa dan lain lagi yang tahu sejenis). sebagai mahluk Tuhan. seperti misalnya: kesenian. adat sopan santun pergaulan. peradaban tidak lain adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang dicirikan oleh taraf intelektual. tubuh. Yang saling berkaitan di mana kepada Tuhan memiliki kewajiban untuk mengabdi pada Tuhan. Suatu masyarakat yang telah mencapai tahapan peradaban tertentu. . Dengan demikian. Istilah “peradaban” sering juga dipakai untuk menyebutkan suatu kebudayaan yang mempunyai sistem teknologi. individu dan sosial-budaya. dan masyarakat kota yang maju dan kompleks. Atau dengan kata lain telah memasuki tahapan atau tingkatan peradabaan tertentu. Sebagai mahluk sosial manusia akan hidup bersama dengan manusia lain yang akan melahirkan suatu bentuk kebudayaan.Dengan demikian.

Penemuan yang paling penting adalah kemajuan dan kepandaian becocok tanam di samping penemuan teknologi baru. Gordyn Chillde. Mesopotamia 3000-500 SM dan daerah Peru Amerika Latin 2500-500 SM. dan pantangan. ahli arkeolog. Berisi aturan yang berisi kewajiban. Terwujud dan tersalurkan lewat perilaku manusia. artinya segala sesuatu yang terdapat dalam manusia akan ada dan ditentikan dari budayanya. diikuti oleh daerah Mesir 50002400 SM. . peradaban maju pertamatama muncul di daerah Mesopotamia sekitar 8000-4000 SM. . Diperlukan manusia yang diwujudkan lewat tingkah laku. Cina Utara 2500-300 SM. . Perbedaan kebudayaan dengan peradaban adalah dua hal yang paling mudah untuk dijawab. tindakan yang diterima atau tidak. Herkovits: cultural determinism. Sudah ada sejak lahirnya generasi dan tetap ada tetap ada setelah pengganti mati. V. . larangan. Dua orang antropolog Melville J.Karena tiap kebudayaan berbeda namun pada dasarnya memiliki hakikat yang sama. berdasarkan bukti arkeolog. yaitu: .