P. 1
Teknik Rahasia Dalam Microsoft Word 2003

Teknik Rahasia Dalam Microsoft Word 2003

|Views: 1,072|Likes:
Published by Abdul Basyir

More info:

Published by: Abdul Basyir on Jun 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/10/2011

pdf

text

original

BAGIAN PERTAMA TEKNIK TERSEMBUNYI DALAM MICROSOFT WORD 2003

1. Menggunakan Fitur Shrink to Fit
Shrink to Fit, ini adalah untuk mengatur ukuran font, supaya ukurannya pas dan dengan fitur ini, Microsoft Word akan membantu mengatasi teks yang berlebihan. Langkah-langkah untuk melakukan itu adalah:  Pilih menu File  Klik Print Preview  Perhatikan tampilan layar ini, dan pilih Shrink to Fit, kemudian klik.

2. Cara Cepat Membuat Kalender
Anda tidak perlu lagi membuat kalender dengan mengetik angka satu persatu, jika Anda mengetik angka satu persatu, itu pun sangat merepotkan sekali dan memakan waktu yang sangat lama, karena Anda akan membuat kalender dalam satu bulan penuh. Dengan Microsoft Word, Anda dapat membuatnya hanya dalam beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Langkah-langkah untuk membuat kalender dalam Microsoft Word 2003:  Klik menu File  Pilih New dan kliklah, sehingga akan muncul Task Pane di samping kanan.  Klik On my computer …., sehingga tampillah layar kotak dialog Templates.

1

Pilih Other Documents, perhatikanlah gambar di atas! Pilihlah Calendar Wizard dan kliklah Kliklah Next Pada kotak dialog, pilihlah model kalender yang ingin Anda gunakan dan kliklah Next.  pada kotak dialog tersebut, tentukanlah arah kertas apakah Potrait atau Landscape, dan juga pilihan untuk menggunakan gambar atau tidak. Kemudian kliklah Next untuk melanjutkannya, sehingga muncul kotak dialog sebagai berikut:    

 pada kotak dialog tersebut, tentukanlah bulan untuk ditampilkan kalender tersebut  setelah menentukan tadi, klik tombol Finish, untuk mengakhirinya.

3. Memanfaatkan Watermark

2

Untuk lebih menarik tampilan dokumen yang Anda buat, Anda bisa membuat sedikit latar belakang/background. Latar belakang/backgraound yang digunakan apa saja, baik berupa gambar, logo, maupun teks yang menarik yang ingin Anda tambahkan dalam dokumen. Meskipun menambahkan latar belakang/background, tidak mengurangi penglihatan teks dalam dokumen yang terdapat di depannya, karena Anda telah membuatnya sebagai Watermark. Langkah-langkah untuk membuat Watermark, sebagai berikut:  Ubahlah tampilan print layout, sebab tampilan yang lain tidak akan bisa ditampilkan watermark. Untuk menampilkan dengan cara: • Pilihlah menu View • Sorot pilihan Print Layout atau • Anda bisa memilih yang ada pojok kiri, perhatikan gambar di bawah ini!

 Untuk membuat Watermark, pilihlah menu Format  Pilihlah Background, dan sorotlah ke arah Printed Watermark, sehingga muncul kotak dialog sebagai berikut:

3

 Dalam kotak dialog tersebut, berilah tanda pilihan checkbox pada Picture Watermark dan tekan tombol Select Picture…  Setelah Anda menemukan gambar atau logo yang ingin Anda jadikan sebagai Watermark, tekan tombol Insert/Enter pada keyboard dan lihat hasil yang ditampilkan pada dokumen Anda  Anda bisa mengubah ukuran gambar Watermark, dengan pilihan Scale, perhatikan gambar di atas!  Jika Anda ingin membaut Watermark berupa teks, Anda bisa melakukannya dengan pilihan Option Text watermark.  Ketik teks pada pilihan Text  Pilihlah jenis Font pada pilihan Font  Tentukanlah ukuran Font pada pilihan Size  Tentukanlah warna pada pilihan Color  Aturlah posisinya pada pilihan Layout  Pilihlah check Semitranparant.

4. Menghilangkan Drawing Canvas
Pada saat Anda membuat sebuah gambar atau menerapkan gambar yang telah disediakan oleh Microsoft Word 2003. Drawing Canvas selalu saja muncul dan hal ini walaupun tidak berpengaruh tetapi sedikit mengganggu pekerjaan. Supaya drawing canvas tidak muncul lagi pada saat Anda membuat gambar seperti lingkaran, garis, kotak dan sebagainya. Perhatikanlah bentuk Drawing Canvas sebagai berikut:

Cara menghilangkan Drawing Canvas tersebut, ikutilah langkah-langkah di bawah ini!  Klik menu Tools  Sorot pilihan Options dan klik.  Pada kotak dialaog, pilihlah tab General dan hilangkan tanda Check pada Automatically create drawing canvas when inserting AutoShapes. Perhatikanlah tampilan layar kotak dialog di bawah ini!

4

 Selanjutnya tekan tombol OK. Setelah Anda mengikuti langkah-langkah tersebut, cobalah untuk membuat sebuah lingkaran, maka drawing canvas yang suka mengganggu tidak muncul lagi.

5. Cara Lain Untuk Paste
Pada saat Anda ingin mengcopy atau mengcut, Anda biasanya dengan menggunakan paste berupa menekan tombol Ctrl + V pada keyboard untuk memindahkan atau menyalin setelah mengcopy atau mengcut. Ada cara lain untuk mempaste pada tombol Insert di keyboard, yaitu dengan cara sebagai berikut:  Klik menu Tools  Pilih Option dan klik, sehingga muncul kotak dialog sebagai berikut:  Pada tab Edit, aktifkan Use the INS key for paste, sebagaimana tampilan layar kotak dialog di bawah ini:

5

 Sekarang gunakanlah Insert untuk mempaste yang ada pada keyboard.

6

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->