P. 1
Tata Tertib Perpustakaan

Tata Tertib Perpustakaan

|Views: 47|Likes:

More info:

Published by: Fesy Syarchosi Alkautsar on Aug 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/24/2013

pdf

text

original

Hari Kerja

Layanan kunjungan, peminjaman buku dan sirkulasi adalah sesuai dengan hari dan jam buka perpustakaan.

Keanggotaan

Layanan perpustakaan adalah khusus untuk warga sekolah. Klik disini untuk melihat persyaratan menjadi anggota perpustakaan SMA Negeri 1 Cepu.

Kewajiban Anggota
   

Mematuhi segala tata tertib / peraturan yang telah ditentukan. Menjaga kesopanan, ketertiban dan ketenangan dalam ruangan perpustakaan. Memelihara kebersihan, kerapian koleksi maupun ruang perpustakaan. Mengembalikan buku / bahan pustaka yang telah dipinjam sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sanksi-Sanksi
  

Keterlambatan mengembalikan buku dibebani denda Rp. 500,- per hari kecuali bagi anggota yang melapor untuk diperpanjang batas waktu peminjaman. Menghilangkan atau merusakkan buku harus mengganti buku yang sama, sejenis atau sesuai dengan harga buku. Anggota perpustakaan dapat dikeluarkan dari keanggotaan apabila: o Tidak mentaati tata tertib / peraturan yang telah ditentukan. o Terlambat mengembalikan buku lebih dari 1 (satu) bulan. o Habis jangka waktu peminjaman. o Pindah ke sekolah lain.

Jumlah dan Lama Peminjaman
Bagi Siswa

Dapat meminjam sebanyak-banyaknya 1 (satu) buku untuk jangka waktu selama 1 (satu) minggu.

Bagi Staf Pengajar atau Guru

Dapat meminjam sebanyak-banyaknya 4 (empat) buku untuk satu jangka jangka peminjaman 1 (satu) semester.

Bagi Karyawan

Sebanyak-banyaknya 2 (dua) buku untuk satu jangka peminjaman 1(satu) semester.

Setiap hari Senin. setiap hari Senin – Kamis : maks. Peraturan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. 2 buku selama seminggu setiap hari Jum’at -Bagi guru/karyawan. 6 buku selama seminggu : maks. buku dan topi pada rak yang telah disediakan. Koleksi yang tidak boleh dipinjam untuk dibawa pulang: o Buku referensi o Majalah / Surat kabar o Tugas penelitian Koleksi referensi dapat difotokopi dengan syarat meninggalkan kartu identitas. TATA TERTIB PEMINJAMAN PERPUSTAKAAN SMP. Ketentuan Lain-Lain      Setiap pengunjung perpustakaan diwajibkan mengisi buku tamu / daftar hadir. Jumlah dan lama peminjaman : 1. Peminjaman ini berlaku hanya 1 (satu) hari jam kerja. 2. Koleksi Umum -Bagi siswa. jaket. Tidak diperkenankan merokok dan makan/minum didalam perpustakaan.Koleksi Perpustakaan    Koleksi yang dapat dipinjam untuk dibawa pulang adalah buku-buku yang telah disiapkan pada rak-rak buku. Pengunjung perpustakaan harus meninggalkan tas. Kehilangan di perpustakaan bukan tanggung jawab petugas perpustakaan. 4 buku selama seminggu . Peminjam tidak diperkenankan meminjam atas nama orang lain.SMA AL HIKMAH SURABAYA 1.1.Sabtu : maks.

2.1. Bagi guru. 5.3. 14 buku selama satu semester. Saksi dan denda bagi peminjam yang terlambat mengembalikan buku : 5. diatur dalam peraturan tersendiri. Koleksi umum denda 100 per buku/ hari.4.1. Koleksi Khusus Bagi siswa . Diletakkan di kanan dan kiri pintu keluar TATA TERTIB PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN SMP. maks. Koleksi Buku BOS Bagi siswa . 5 buku selama satu semester. II tembusan Wali kelas Surat tagihan III tembusan kepala sekolah 1. 5. Koleksi khusus denda 200 per buku / hari Peminjaman tidak dilayani sebelum denda lunas Menghilangkan/ merusak buku. 2 kali selam belum ada yang pemesanan Pemesan buku dapat dilakukan dengan mengisi form atau melalui komputer.SMA AL HIKMAH SURABAYA .4. 1.3. Bagi yang terlambat mengembalikan diberi : Surat tagihan I. 2 buku selama satu hari.2. 5. 5.5. 4. Koleksi Media Cetak Maksimal jumlahnya1 judul selama satu hari 3. 1. maks. maks. 5. Perpanjangan buku maks.

SETIAP PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN WAJIB MENGISI DAFTAR HADIR 2. 7. mohon diletakkan di atas meja / di letakkan pada tempatnya sesuai dengan nomor panggilnya.1. JAM BUKA PERPUSTAKAAN : Senin . BERMAIN-MAIN DAN MENGOBROL YANG DAPAT MENGGANGGU KETENANGAN SUASANA DI PERPUSTAKAAN .. 5. Kecuali Hari Besar. Mengambil dan menyerahkan “Tanda Batas Buku “ sebagai bukti pengguna bawa bacaan sejak awal masuk. SETIAP PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN TIDAK DIPERKENANKAN MEMBAWA TAS KE DALAM RUANG PERPUSTAKAAN 3. Memasukan sepatu pada tempat.00-17. Mencatat buku tamu (khusus tamu).00 WIB Sabtu : 07. kesopanan dan kebersihan perpustakaan. Menjaga keutuhan dan kebersihan bahan pustaka yang dipinjam / dibaca. 3. 6. Menjaga ketenangan. Meletakkan tas dan jaket pada tempat yang telah disediakan. TATA TERTIB PERPUSTAKAAN 1. SETIAP PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DILARANG MEMBAWA MAKANAN (TERMASUK PERMEN/MANISAN) DAN MINUMAN 4.00-12. 2. 4.Jumat : 07. SETIAP PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DILARANG MEMBUAT KERIBUTAN.00 WIB Libur Semester Tetap Buka. 8. jika tak tertampung dijajar ke samping. Menghargai kebutuhan sesama pemakai perpustakaan Buku yang telah diambil.

MP3 PLAYER. SETIAP PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN DILARANG MEMBUNYIKAN PERALATAN-PERALATAN ELEKTRONIK (HP.5. BAGI PEMINJAM BUKU PERPUSTAKAAN DIPERBOLEHKAN :   MEMINJAM 4 (EMPAT) BUAH BUKU PAKET DALAM 1 (SATU) KALI PEMINJAMAN MEMINJAM 3 (TIGA) BUAH BUKU FIKSI (CERITA) DALAM 1 (SATU) KALI PEMINJAMAN 7. Anggota/pengunjung perpustakaan harus menitipkan tas. Mengisi formulir yang sudah disediakan oleh perpustakaan. Menyerahkan 2 (dua) lembar pas photo berukuran 3×3 dan foto kopi KTP 1 lembar  PERATURAN UMUM 1. map. TV DAN SEJENISNYA) DENGAN SUARA KERAS YANG DAPAT MENGGANGGU KETENANGAN SUASANA DI PERPUSTAKAAN 6. I-Pod. 2. 3. Anggota/pengunjung perpustakaan harus berpakian rapi dan sopan 2. buku pribadi di tempat . RADIO. SETIAP PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN WAJIB MEMATUHI 5 (LIMA) K :      KEBERSIHAN KEAMANAN KETERTIBAN KEINDAHAN KEKELUARGAAN Tata Tertib Perpustakaan PERATURAN DAN TATA TERTIB BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN LAMONGAN  SYARAT KEANGGOTAAN 1. Yang berhak menjadi anggota perpustakaan adalah semua masyarakat Kabupaten Lamongan yang telah mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan.

4. 5. Anggota/pengunjung perpustakaan harus mengisi buku kunjungan yang tersedia Anggota/pengunjung perpustakaan harus menjaga ketenangan.00 – 16. teguran lisan. Perpanjangan waktu pinjam harus membawa buku dan jangka waktu 1 kali selama 2 minggu  PELANGGARAN DAN SANKSI Anggota/pengunjung perpustakaan yang terbukti melanggar peraturan dan tata tertib yang berlaku akan dikenakan sanksi berupa. Bahan pustaka yang telah diambil dari rak agar tetap diletakan di meja baca. hingga dikeluarkan dari keanggotaan perpustakaan.00 – 14. Bagi pengunjung yang ingin mem-foto kopi bahan pustaka diluar area perpustakaan diwajibkan mengisi buku pinjam. 6. dan bahan pustaka dikembalikan pada hari yang sama.30 wib : 08. Setiap anggota perpustakaan berhak meminjam buku sebanyak-banyak 2 eksemplar dengan jangka waktu 2 minggu. meninggalkan kartu anggota/KTP.00 wib : 07.00 wib B. 7. penitipan.3.00 – 14. denda.Jam Layanan Senin – Kamis Jum’at Sabtu – Minggu : 07. ketertiban. 8. Koleksi buku khusus dan referensi hanya untuk dibaca di tempat. selama berada di ruang perpustakaan. Pengunjung tidak dikenai biaya apapun memasuki area perpustakaan  PERATURAN LAYANAN SIRKULASI A. Layanan Sirkulasi 1. skorsing peminjaman. . teguran tertulis. 2.

7.  LARANGAN Anggota/pengunjung perpustakaan dilarang melakukan ha-hal sebagai berikut : 1. diskusi diruang baca dan membuat kegaduhan sehingga mengganggu pengunjung lain. merobek. 3. harus mengganti dengan buku baru yang sama. Anggota/pengunjung yang merusak. atau mencoret-coret bahan pustaka. 2.Berikut ini jenis pelanggaran : 1. NIP.tas dll. menghilangkan. dan membuang sampah sembarangan di perpustakaan 8. Anggota/pengunjung perpustakaan yang terlambat mengembalikan bahan pustaka yang di foto copy dikenakan denda sesuai ketentuan yang diberlakukan 4.) kedalam ruang koleksi perpustakaan Menyimpan barang berharga di rak penitipan tas Membawa senjata tajam dan benda lainnya yang membahayakan keamanan orang lain ke dalam ruangan perpustakaan. SH. MH. Anggota/pengunjung perpustakaan yang terlambat mengembalikan buku-buku(sirkulasi) diberikan sanksi sesuai ketentuan yang diberlakukan 3. akan diatur melalui kebijakan kepala perpustakaan. 4. Berbicara keras. 19600322 198903 1 004 . mencoret.. KEPALA BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KABUPATEN LAMONGAN ttd HURIP TJAHJONO.minum. Adapun pelanggaran yang tidak diatur dalam tata tertib ini. Makan. mengotori buku-buku/koleksi ataupun peralatan di perpustakaan Membawa buku keluar tanpa melalui proses peminjaman Membawa barang pribadi (buku. 6. Memotret / shooting di dalam ruangan perpustakaan. 5. 2. Merusak.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa hal mengenai peraturan yang berlaku di perpustakaan: 1. Jam Layanan: a. jaket. c. Letakkan tas.d. Jumat : 08. Pastikan tidak ada barang Anda yang tertinggal di perpustakaan saat Anda meninggalkan ruang perpustakaan 2. 14. Anda tidak perlu mengembalikannya di tempat semula/rak buku f. Isilah buku pengunjung perpustakaan untuk kepentingan pembuatan statistik pengunjung b. Kamis : 08. d. Kunjungan : a. Letakkan buku/koleksi yang Anda baca ditempat yang disediakan. dan helm Anda di tempat yang telah disediakan.00 s. Peminjaman: a. 15. Dilarang merokok di dalam ruang perpustakaan h. Senin s. Buku : .30 WIB b.Leave a Reply Your email address will not be published. 2012-10-24 10:11 Selamat bergabung di komunitas baca Perpustakaan FISE UNY. dompet dan barang berharga lainnya tidak ditinggalkan didalam tas.d. g. Kami selaku petugas akan mencoba memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya untuk Anda dalam hal penyediaan referensi belajar. Mohon handphone. Periksakan buku yang Anda bawa keluar kepada petugas.d. Jagalah ketenangan dan kebersihan ruang perpustakaan.00 s. Dilarang menyobek atau membuat coretan pada koleksi e.00 WIB 3. Required fields are marked * Name * Email * Website Tata Tertib dan Peraturan Perpustakaan published by adm-perpus on Wed.Bawalah kartu anggota perpustakaan FISE UNY . untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Waktu peminjaman 1 minggu .Maksimal peminjaman 2 eksemplar .. Koran.Keterlambatan dikenai saksi Rp 500.Perpanjangan waktu pinjaman dapat dilakukan 3 kali (@ 1 minggu) . kartu anggota.00/hari/eksemplar .Pastikan buku yang Anda pinjam/kembalikan telah diproses b. hanya dapat dibaca di ruang perpustakaan Isilah kartu skripsi dengan identitas Anda dan tanggal Anda membaca Letakkan koleksi yang selesai And abaca di tempat yang telah tersedia. 4.Maksimal jumlah peminjaman 2 eksemplar buku .Denda Rp 200.Waktu peminjaman 1 hari .Keterlambatan pengembalian akan dikenai sanksi denda . koleksi referensi: . Majalah.Isilah blanko yang disediakan oleh petugas .00/eksemplar/hari c. Bebas Pustaka: . atau kartu identitas lainnya .Bawalah buku yang akan Anda perpanjang . . Skripsi    Koleksi skripsi tidak dapat dipinjamkan.Mngumpulkan 1 softcopy skripsi dengan format yang telah ditentukan dan 1 eksemplar ringkasan skripsi yang telah dijilid.Tinggalkan KTM.Tunjukkan kartu anggota perpustakaan atau kartu mahasiswa untuk memastikan Anda tidak lagi mempunyai tanggungan pinjaman koleksi .Isilah blangko/bon peminjaman .

Anda mangindahkan peraturan tersebut untuk kepentingan bersama. Atas perhatian dan kerja sama yang baik. diucapkan terima kasih. Sumber Informasi: Perpustakaan   .Kami berharap.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->