P. 1
Reset Printer

Reset Printer

4.6

|Views: 13,883|Likes:
Published by ganesha_yo

More info:

Published by: ganesha_yo on Jun 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

DAFTAR ISI

Katapengantar DaftarIsi Daftar Browsing EPSON Instalasi SSC utilityPenggunaan SSC utility Fungsi reset cartridge Hard ware reseter Workshop Mengatasi Blinking CANON Reparasi tanpa timah dan solder Waste Ink Cara manual Cara manual dan dengan software HAWLETT PACKARD Maintenance Massage Refill (tips refill tinta) HEAD (tipsmembersihkan head ) v vii viii 1 2 3 3 4 5 8 9 9 10 13 20 29 33 37 39

,

VII

Browsing Materi & Software
http //www. cyber-ink.com/member-canon.html http //www.printersiam.com http //www.printersiam. com/data/download, htm http //www.it0577.com/yezmao/i320.exe http //canonhelp.freehttp.com

VIII

EPSON

Penggunaan Reset Epson dengan Software Penanganan Blinking Printer EPSON

Printer Epson Inkjet pada semua tipe, memiliki sensor untuk menghitung berapa jumlah kertas yang telah tercetakdan hal ini akan terus diakumuiasikan hingga mencapai batas yang telah ditetapkan oleh Epson. Apabila batas tersebut telah tercapai maka akan terjadi overload dengan ciri-ciri lempu akan berkedip bergantian (merah-kuning, atau hijau-oranye) kejadian ini disebut dengan Blinking. Sebenarnya Blinking maupun waste ink sebagai counter (penghitung) dimana kegunaan counter ini adalah untuk prepare jangan sampai limbah tinta di dalam printernya melebihi kapasitas busa / padnya (waste pad) sehingga kepenuhan dan luber, kalau sudah luber malah kotor khan .. dan bisa merember ke partyang lain. Kalau Anda memperhatikan modifikasi printer Epson dengan menggunakan tinta infus, selalu dipasang botol kosong dibelakang body printer tersebut. Mengapa ? Hal ini dilakukan agar tidak terjadi blinking dan tinta yang dibuang pada saat petama printer dinyalakan ataupun pada saat proses cleaning tidak memenuhi busa penampungan. Untuk melakukan reset terhadap akumulasi yang dilakukan Epson, dapat dilakukan dengan cara yang mudah dengan menggunakan general tool-nya Epson. Dan ini dapat dilakukan dengan satu software yang dapat menangani beberapa tipe printer Epson berikut ini:

1

Epson Stylus Color 400 s/d 3000, Epson Stylus Pro, C20 s/d

C86,
CX 3100 s/d 6600, Rx420 s/d Rx620, Epson Stylus Photo, EX, R200 - R1800, unsupported Model, juga untuk model lama.

Instalasi SSC Utility
£ Masukkan CD Printer Utility, tunggulah beberapa saat hingga keluartampilan seperti berikut:
» r CANON » E P S O N B H n l d n g / W a s t e f i * S o l u t i o n s . . . . . .

Gambar 1.1 Tampilan shortcut software Service tools. Bila Anda tidak mendapati tampilan seperti gambar 1.1 secara otomatis, maka lakukan dengan cara manual, yaitu buka windows explorer kemudian pada direktori cd rom Anda eksekusilah file Service.exe dengan melakukan2xklik. Klik All Epson Waste Ink Tools Setup setelah muncul dialog box setup, pilihlah Yes, kemudian ikutilah langkah berikutnya dengan memilih persetujuan instalasi dengan memilih "I accept the agreement" kemudian Next hingga Finish.

'-'/

~ns w* rstat S5C tewce USty. Do sw wish so cavjrut'

I Ca 11 '*> j
Gambar 1.2 Dialog Box untuk memulai instalasi

2

Penggunaan SSC Utility
Setelah SSC utility berhasil diinstal akan tampil Icon Printer "SSC Service Utility" pada Desktop, klik dua kali maka akan muncultampilansbb:

Gambar 1.3 Langkah menjalankan SSC Utility

Pada Configuration pastikan Install Printers dan Printer Model sesuai dengan jenis printer yang kita punya. Apabila kita menutup program ini maka akan muncul systray (bergambar printer dibawah) seperti gambar berikut ini:

Gambar 1.4 Systray SSC Utility

Fungsi R e s e t C a r t r i d g e (setelah isi ulang)
Untuk melakukan pengisian ulang pada printer Epson, ataupun setelah Anda melepaskan Cartridge Epson dari printernya maka cartridge harus direset. Resetter pada cartridge Epson dapat dilakukan dengan menggunakan resetter fisik (hardware) atau dapat dilakukan dengan menggunakan software. Berikut langkah untuk melakukan reset cartridge dengan menggunakan SSC Service Utility ver 4.0: C Setelah cartridge diisi ulang kemudian pasanglah printer lalu Buka SSC service utility kemudian pilih tabulasi Configuration, kemudian sesuaikan jenis printeryang digunakan dengan memilih Installed printer dan pilih printer modelnya pada daftar combo. 3

Kemudian pilihlah tabulasi Resetter, lalu secara otamatis SSC service utility akan menyesuaikan jenis cartridge yang sesuai dengan konfigurasi yang Anda pilih sebelumnya. Contoh bila Anda mempunyai Epson Stylus color C45 maka cartridge yang masuk ke dalam list box combo SSC service utility adalah T038Black dan T039Color. Anda dapat melakukan pengecekan chip Cartridge, test kecepatan, kondisi Head print dan melakukan reset chip Cartridge.
SSC Service U t i l i t y 4 . 0 0 4^ Ink monitor .'•' Configuration §i Resetter

m\

Available data toi selected model T039 Color Options Port Chip: Address \3 v jAuto v
V

Write
Check 1

fe] Check chip presence Speed ; Test i

Gambar 1.5 Tampilan untuk melakukan reset cartridge pada Epson

Untuk melakukan reset, pilih jenis cartridge sesuai yang Anda miliki, kemudian pilih cartridge T039Color, lalu klik Write. Ulangi lakukan sebelumnya dengan memilih T038Black lalu klik Write dengan demikian printer Anda telah diresetdandapatdigunakan kembali.

Hardware Resseter
Caranya cukup mudah. Untuk reseternyapun mudah didapat dengan hargaantaraRp. 45.000,-sampaiRp75.000,Langkah-langkah Tempatkan pin reseter pada chip pin cartridge kemudiantunggulah sampai tiga detik maka lampu hijau akan berkedip-kedip. Ini menunjukkan proses reset cartridge telah komplit. 4

Gambar 1.6 proses reset cartridge dengan hardware reseter

Work Shop
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menangani blinking dan membersihkan Waste Pad pada salah satu jenis Printer Epson. Pada workshop kali ini Printer yang kita gunakan adalah Epson Stylus C41SX. Untuk menerapkannya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu membersihkan waste pad / busa penampungan tinta terlebih dahulu kemudian melakukan reset dengan software, ataupun sebaliknya Anda reset dengan software dahulu dan bila sudah dapat berjalan normal baruiah Anda membersihkan Waste Pad-nya.

5

Buka dengan bantuan obeng Pipih (-) Perhatikan juga pin Pengunci yang laii

r-

Bukalah Cassingnya dengan berhati-hati agar penguncinya tidak patah

6

Keluarkan Waste Pad-nya Kemudian bersihkan

Hidrogen Peroksida merupakan Cairan untuk membersihkan tinta, kalau tidak ada gunakan air hangat.

Keringkan Waste Pad-nya Setelah cukup kering pasanglah kembali ke tempat asalnya

•J ( f . ' * n r l «
. . . c a:: J;-:-1 «Jiap«e I. ".!...

*

HBS^SSHI
rear overflow W
C i ,

rc©2M

*

V,

Setelah terpasang tanpa tutup hubungkan Printer dengan PC kemudian jalankan sotfwarenya (ikutilah langkah MENGATASI BLINKING)

Setelah blinking hilang bersihkan karet gigi dan gigi-gigimekanisplastikdapat diberi stumped khusus plastik

Geser head-printnya tidak usah dicabut

Bersihkan karet cleaning Head-nya (jangan sampai hilang)

Gambar 1.6 Proses reset blinking dan finishing

7

Mengatasi Blinking
Klik kanan Icon Printer pada systray, maka akan muncul menu tampilan sbb:

Gambar 1.7 langkah menghilangkan Blinking

Untuk mereset BLINKING pilih Menu Potection Counter, kemudian Sub Menu Reset Protection Counter dan Clear Counter Overflow. Setelah itu matikan printer kemudian hidupkan lagi, maka blinkingnya akan hilang.

8

Wi^

im.

T i p s R e p a r a s i B J C 1 0 0 0 s/d S 2 0 0 S P X
Bukalah casing dari printer dengan hati-hati, karena kebanyakan casing dari canon tipe seri "BJC" hingga" S" tidak menggunakan sekrup melainkan dengan teknologi press. Perhatikan gambar2.1 dibawah ini:

Gambar 2.1 Printer Canon S200SPX yang sedang dibongkar untuk direparasi.

9

Canon sen "BJC" sampai sen "S", mempunyai IC 8 kaki(L46R),tanda titik pada IC menunjukkan kaki pertama. pada BJC 1000 atau 2000, buka printer (tutup atas), buka baud board tanpa melepas kabel-kabelnya, maka akan terlihat IC 8 kaki hitam. Untuk S series IC sudah terlihat pada waktu tutup atas di buka. Gunakan Pinset atau ambil kabel engkel (isi tembaga tunggal). Pada kondisi Printer OFF (terlepas dari kabel power) lalu ternpelkan salah satu ujung kabel ke kaki no. 6 kemudian ternpelkan ujung kabel yang satu lagi ke nomor 2 kira-kira selama tiga hitungan cepat lalu ke nomor 3 dengan tempo kurang lebih sama, kalau masih belum nyala coba ternpelkan ke kaki 1 atau 4, ulangi cara tersebut sampai printer kembali nyala.

Gambar 2.2 melakukan reset/Clear terhadap IC dengan menghubung singkat khaki-kakinya.

Catatan : langkah ini dapat diiakukan bila Anda sudah terbiasa dengan solder dan timah, buka IC (L46R) tunggu beberapa saat lalu pasangkan kembali, printer akan langsung menyala kembali, tanpa harus mengganti IC.

Waste Ink
Jumlah perhitungan akumulasi pengeprinan yang diiakukan Canon sampai pada batas dirinya harus melakukan pesan waste tank error nampaknya sudah memperhitungkan agar busa/pad penampungan tinta buangan tidak sampai

meluber apalagi mengenai main board- printemya. Dengan begitu akan mudah untuk meiakukan perbaikan terhadapnya karena pihak servis cukup meiakukan reset terhadap waste inkcounter-nya. Akan lebih optimal lagi apabila Anda mau meluangkan waktu untuk meiakukan pembersihan terhadap busa / padnya (waste pad) sehingga tinta yang tertampung dapat diDuang dan pad kembali bersih lagi. Untuk membersilikannya lakukan langkah berikut ini: J Printer kondisi OFF tidak terkoneksikan kemanapun, kemudian bukalah cassingnya. Lalu lepaslah mekanis dari cassing bagian bawah. Pada S200 cukup melaepas baut bagian bawah, dan biasanya main board menempel pada mekaniknya.

|[

Geser posisi mekanisnya seperti terlihat pada gambar 2.3.b anda akan dapat menarik Pad yang ada padacassing bawahnya. £ Cucilah dengan Hidrogen Peroksida (H2O2) kirakira kadarnya 30%... Hidrogen P e r o k s i d a merupakan Cairan untuk membersihkan tinta (biasa dikemas dalam botol kemudian ditulis sebagai pembersih head printer). Bila Anda tidak memiliki H2O2 anda dapat memasukkan pad/busa printer tersebut ke air
p a n a s / h a n g a t . H a l ini Gambar 2.3 proses pembersihan Pad /busa dilakukan agar proses penampung tinta. (Ajcararnembuka 0 ~ mekanik dan kasing bagian bawah (B) Pad yang sudah dapat diambil.

11

pembersihannya lebih mudah dan optimal. Keringkan, setelah itu pasang kembali busa/ pad ke tempat asalnya kemudian pasang kembali printer dan siap digunakan. (maaf bila Anda sering lupa maka tandailah setiap langkah membuka bagian printer yang Andalakukan). Catatan: Bila Anda terburu-buru untuk menggunakan Printer tersebut (karena menunggu keringnya busa/pad cukup lama), maka gunakanlah diapers (pempers bayi)" beli eceran juga ada". Dengan menggunakan diapers maka cairan tidak lagi banjir ke mainboard-nya karena bahan gelnya mampu menahan cairan.

Cara Manual
Cabutadaptornya. Tekan dan tahan tomboi POWER. Tancapkan kembali adaptornya. Lepaskan tomboi POWER setelah printer start. Tekan dan tahan FF dan MENU dan tekan tomboi POWER. Lepaskan semua tomboi setelah terdengar suara beep pada printer. Tekan <> Cartridge hingga indicator 1A menyala: Tekan tomboi ONLINE. Tekan tomboi POWER untuk mematikan printer. Cabut kabel printer dan tancapkan kembali.

Canon BJC-50 BJC-55 BJC-80 BJC-85 M40 M70

Cabutlah kabel POWER. Tahan tomboi POWER dan tomboi RESUME. Hubungkan kabel power dengan jala-jala. Lepaskan tomboi setelah printer starts up. Tahan CADTRIDGE dan tomboi RESUME. Tekan tomboi POWER. Lepaskan semua tomboi apabila terdengar bunyi bip dari printer. Tekan Cartride 16 x. Tekan tomboi RESUME. Cabut kabel power.

Canon BJC-210 BJC-240 BJC-250 BJC-255 BJC-265 Canon BJC-4100 BJC-4200 BJC-4300 BJC-4400 BJC-4550 BJC-46 Cabut kabel Powerdari jala-jala Tahan tomboi POWER dan RESUME. Tancapkan kembali kabel Power pada jala-jala Lepaskan kedua tomboi Buka bagian tutup depan printer

13

Tahan CARTRIDGE dan tomboi RESUME kemudian tekan tomboi POWER setelah terdengar bunyi Bip lepaskan semua tomboi yang ditahan Tahan CARTRIDGE sekali kemudian tekan tomboi RESUME.

Canon BJC-600 BJC-600e BJC-610 BJC-620 Lepaskan kabel power dari jala-jala PLN " Tahan tomboi POWER dan tomboi FF dan Print Mode buttons Hubungkan kembali Kabel power pada Jala-jala Lepaskan setelah berbunyi.

Lepaskan Cartridge. Lepaskan kabel Power (jala-jala). Tekan dan tahan tomboi RESUME. Tancapkan kabel power ke jala-jala PLN kemudian lepaskan tomboi RESUME. Tekan tomboi RESUME sekali selama 5 detik dan lepaskan. Tekan dan tahan tomboi RESUME selama 2 detik atau lebih kemudian lepaskan. Tekan dan tahan tomboi RESUME selama 2 detik atau lebih kemudian lepaskan. Cabutiah kabel power dari jala-jala PLN untuk mengeset data.

14

Lepaskan Cartridge Lepaskan kabel Power (jala-jala) Tutup bagian depan akses panel (tutupdepan) Tahan tombol RESUME/RESET dan tancapkan kabel power pada jala-jala Lepaskan tombol RESUME/RESET setelah kabel power terkoneksi dengan jala-jala Tekan tombol RESUME/RESET selama 5 detik dan lepaskan Tekan dan tahan tombol RESUME/RESET selama 2 detik atau lebih kemudian lepaskan Tekan dan tahan tombol RESUME/RESET selama 2 detik atau lebih kemudian lepaskan Cabutlah kabei power dari jala-jala PLN untuk mengeset data.

Canon BJC-3000 BJC-6000 BJC-6100BJC6200 S400 S450 F300 F600 F620 Canon BJC-7000 BJC-7100 BJC-800Q BJ-F800

moo

Matikan Printer Tahan tombol RESUME kemudian tekan dan tahan tombol POWER, hingga suara bip terdengar dari printer Tahan tombol POWER dan lepaskan tombol RESUME Tekan tombol RESUME 2x Jika indicator menyala tetap, tekan tombol RESUME 3x hingga indicator menjadi ORANYE, tekan tombol POWER untuk mengeset data

15

Canon BJC-5000 Matikan Printer Tekan dan tahan tombol RESUME kemudian tekan tombol POWER, indicatorakan mulai berkedip (blinking). Pada saat indicator berkedip, tekan tombol POWER 2x kemudian tunggulah printer berbunyi bip (sebagai tanda printer pada posisi service mode) Apabila indicator tetap menyala HIJAU, tekan tombol RESUME 4x dan indikatorharusORANYE. Tekan tombol POWER untuk mengesetdata Nozzle Print Matikan Printer Tekan tombol POWER hingga printer berbunyi kemudian lepaskan tombol POWER Demonstration Print Pada sasat printer menyala (ON) tekan dan tahan tombol RESUME hingga terdengar melody

Canon BJC-5100 Test Sendiri Switch Printer off. Dan tahan tombol POWER sampai berbunyi sekali Waste Counter Reset Matikan Printer Tekan dan tahan tombol RESUME kemudian tekan tombol POWER, indicator akan mulai berkedip (blinking). Pada saat indicator berkedip, tekan tombol POWER 2x kemudian tunggulah printer berbunyi bip (sebagai tanda printer pada posisi service mode) Apabila indicator tetap menyala HIJAU, tekan tombol RESUME 4x dan indikator hams ORANYE. Tekan tombol POWER untuk mengeset data

16

Untuk melakukan Wastle Ink Counter Reset pada Printer Canon series "S.." secara umum langkah-langkahnya adalah sebagaiberikut: C Matikan (OFF) Printer. £ Tekan dan tahan tombol RESUME, kemudian Tekan dan tahan (jangan dilepaskan) tombol POWER. C Dengan tanpa melepas tombol POWER lepaskan tombol RESUME, kemudfan tekan dan tahan tombol RESUME, lakukan sebanyak 2 kali maka playhead akan bergerak dan printer akan masuk pada service mode. C Tekan tombol RESUME sebanyak 4 kali, dimana penekanan pertama untuk melakukan Service/Factory test printout, including ink sensor check, tekanan kedua untuk EEPROM - Info printout, tekanan ketiga untuk EEPROM Initialization dan yang keempat adalah melakukan reset Wastle Ink Counter. C Tekan tombol POWER untuk menetapkan setting perubahannya dan tekan lagi POWER untuk merestart printer Canon S200 BukaTutup, kemudian keluarkan cartridge-nya Tutup kembali tutup printernya dan copot kabel datanya Tekan dan tahan tombol RESET, lalu masukkan kembali kabel data kedalam soketnya Lepaskan tombol RESET setelah kurang lebih 5 detik, kemudian tekan lagi dan lepaskan kembali Tekan RESET selama 2 detik lalu lepaskan kembali bila belum berhasil ulangi lagi langkah diatas atau gunakan cara mereset IC l_46R-nya

17

Canon $450 Printer

Matikan Printer (OFF) Tahan tombol RESUME kemudian tekan dan tahan tombol POWER, hingga terdengar suara bip sekali dari buzzer Tahan tombol POWER kemudian lepaskan tombol RESUME Tekan RESUME 2x dan lepaskan tombol POWER Jika indicator tetap HIJAU, tekan tombol RESUME 3x, hingga indicator menjadi ORANYE. Tekan Tombol POWER untuk mengeset data tersebut.

Canon, S900, S820, $750,S520r BJ F90Q, F890,F700danF500

Matikan Printer Tekan dan tahan tombol RESUME, kemudian tekan dan tahan tombol POWER. Lepaskan tombol RESUME, kemudian tekan dan lepaskan tombol RESUME 2x (sementara tombol POWER tetap ditahan) hingga mekanik dari printer bergerak. Pada kondisi ini kita sudah berada pada service mode. dalam kondisi ini tombol RESUME merupakan tombol untuk memilih (select) fungsi, sebagai contoh menekan tombol RESUME 4 kali sama halnya dengan memilih fungsi menu clear waste inkcounter. Dan lampu indikator akan menunjukkan perbedaan warna setiap kali kita melakukan pemilihan.

18

Tabel 2.1 Resume 1 2 3 4 5

Fungsi
service/factory test printout, including ink sensor checkl

EEPROM info printout EEPROM initialization Clear the waste-ink counter Printer model setting

Setelah memilih fungsi yang diinginkan tekan tombol POWER. -Dan program printer akan kembali kemenu utama lagi. Kemudian tekan tombol POWER lagi untuk mematikan printer

Gambar 2.4 PIXMA iP3000 dengan refil tinta infus.

Canon $9000, $300, $400,1550, i560, iB50, i860, i865,19100, i PlXMAiP3000' Matikan printer. Tahan tombol RESUME dan tekan tombol POWER. Tahan tombol POWER dan lepaskan tombol RESUME. Tekan tombol RESUME 2x maka indikator HUAU akan berhenti berkedip. Pada saat Lampu indikator (warna HUAU) tidak berkedip tekan tombol RESUME 3x dan indikator akan menjadi Oranye. Tekan tombol POWER (langkah ini akan mengeset data) dan pastikan bahwa printer mati.

19

Cara

Manual General Tool

Canon /255,1350, 1355 Waste Ink Counter Reset Cara Manual 1: C Cabutlah Kabel Power dan Kabel Printer (kabel data USB) € Buka tutup bagian depan printer dengan menahan tombol POWER C Pasanglah kabel POWER (koneksi dengan Jala-jala) Tutuplah tutup bagian depaitprinter kemudian lepaskan tombol Power. Cara Manual 2: C Matikan Printer dan copotlah (disconnect) kabel Printer € Tekan dan tahan tombol POWER, nyalakan printer lndikator(lampu LED) akan berwarna HIJAU € Tekan kemudian lepaskan tombol RESUME, hingga lampu LED menjadi "orange" C Tekan dan lepas tombol RESUME lagi, hingga lampu LED menjadi HIJAU lagi kemudian lepaskan kedua tombol (POWER dan RESUME)
Untuk reset Canon i250,i255,i320J350,i355 General Tool A1600/A1900

Dengan Menggunakan Software Service Tool:

Gambar 2.5 Interface awal General Tools service.

20

Masukkan CD bawaan buku ini, setelah autorun-nya sukses maka akan tampil interface seperti gambar 2.5. Kemudian pilih saja jenis general tool yang sesuai (pada kasus ini pilih Canon i350), Klik command button ke 4. Dapat juga dilakukan dengan Browsing di CD Anda jalankan S e r v i c e . e x e atau langsung e k s e k u s i pada folder Service\i350\gen.exe C Driver hams sudahdi install C Printer hams dalam keadaan service mode (temporary reset) C Untuk mengaktifkan service mode. Tekan power (di printer) Colokan power listrik (lampu akan berwarna hijau) Sambilmenekan power tekan tombol resume (lampu berubah orange) Lepas keduanya (printer akan mati) Nyalakan kembali. (jangan mencabut power listrik) € Jalankan service tool Pilih port Ceklisteeprom clear (restore default/clear waste ink) Klikeepromdump Cabut power listrik, colokan kembali dan nyalakan (printer initial/tunggu sampai lampu tdk berkedip (Sebagian Kasus Printer blinking kembali).
*U»i
AjSflfyAiSGfi TEST 7ooi

US8

PORT

.

JLi

j TEST PAITCIW i j I E S I w r E m u | <" CIEAWNC

r

EEPROU

CLEAR

SCTBESTINAHOM

EEPBOMOUMP Et'p^ioMiWfonMAnoa j

6f rOEWCE »

_

_

: PWK"! HEAD COMMUNICATION
READ SERUM, wiiuafrf BK INK TANK
a a« TANS.

EMQURANCf MODE

:.;•:.;'; T;;rrri-':;>;:::V:

Gambar 2.6 I350tools (i320-i255)

21

UJEH!
Salah penggunaan software akan menyebabkan seri printer berubah dan atau alamat data didalam EEPROM cacat (defect) dengan efek kegagaian inisialisasi pada saat pertama dinyalakan setelah reset dan atau nilai counter tidak valid. Selain software tersebut juga perlu diperhatikan service manual untuk setiap seri untuk market asia. i250/i255/Pixus350i/i350/i355 (Market Asia: i255 & i355) -> GeneralToolA1600/A1900. Banyak yang bermasalah dengan seri i255 yang berubah seri menjadi i350 gara-gara memaksakan menggunakan tool i320 (General Tool A1800). Perlu diketahui bahwa untuk i255 dan i355 ada toolnya sendiri(General Tool A1600/A1900) , bukan tool untuk i320. Kedua software tersebut juga ada sendiri2 untuk Windows 98 dan Windows XP. Untuk mengembalikan ke seri asalnya diperlukan GeneralToolA1600/A1900. Kompensasinya apabila i255 dipaksakan menjadi i350 akan terjadi slip saat mencetak yaitu rolling kertas menjadi kacau dan hasil cetakan menumpuk, ini dikarenakan perbedaan PPM (paper per minute) yaitu kecepatan mencetak antara tipe i255 dan i350 (i355).

Masukkan CD bawaan buku ini, setelah autorun-nya sukses maka akan tampil interface seperti gambar 2.5 . Kemudian pilih saja jenis general tool yang sesuai (pada kasus ini pilih Canon i320), Klik command button ke 3 Dapat juga dilakukan dengan Browsing di CD Anda jalankan Service.exe atau langsung eksekusi pada folder Service\i320\gen.exe 22

Driver harus sudah di install Printer harus dalam keadaan service mode (temporary reset) Untuk mengaktifkan service mode. Tekan power (di printer) Colokan power listrik (lampu akan berwarna hijau) Sambil menekan power tekan tombol resume (lampu berubah orange) Lepas keduanya (printer akan mati) Nyalakan kembali. (jangan.mencabut power listrik) Jalankan service tool Pilih port Pada set destination pilih 1 Semua canon printer akan direset waste ink full dari i225 sampai ip1500. K e t : apabila printer yg di reset type i250 atau i255, maka type printer akan berubah jd i350, jadi harus ganti driver. (Direkomendasikan menggunakan General tool A1600/A1900) Cabut power listrik, colokan kembali dan nyalakan (printer initial/tunggu sampai lampu tdk berkedip (Sebagian Kasus Printer blinking kembali).

A18B0 TEST TOO). TESTPSMT preSTPaTTERNi f" EEP1WM CLEAR

- SETOS1INATI0N tEP-BOM INKIHMAIION

ENDURANCE MODE HEAVRUNI fREQUENCY CLEANING ENDURANCE J CAP WiPPfNGENQURANCel

•INK CONSUMPTION CLEANING A I CLEANING B I CLEANING C I CLEANING D

Gambar 2.7 i320 tools Pixma, Software didownload dari Http://www.it0577.com/yezmao/i320.exe

23

Canon PIXMA iPIOOO

Waste Ink Counter Reset. Cara Manual: Matikan Printer dan cabutlah kabel printer Tekan dan tahan tombol POWER, Nyalakan printer Campu Indikatorakan menjadi HIJAU Tekan dan lepaskan tombol RESUME, lampu indicator akan menjadi orange Tekan dan tahan tombol RSUME kembali hingga lampu indicator menjadi HIJAU Lepaskan kedua Tombol
General Tool T5061 Cara Dengan Software: Masukkan CD bawaan buku ini, setelah autorun-nya sukses maka akan tampil interface seperti gambar 2.5. Kemudian pilih saja jenis general tool yang sesuai (pilih Canon PIXMA iPIOOO), Klik command button ke 5. Dapatjuga dilakukan dengan Browsing di CD Anda jalankan Service.exe atau langsung eksekusi pada folder Service\iP1000\gen.exe

Pilih usb port Centang EEPROM CLEAR pada SET DESTINATION pilih ip1000 Klik test pattern 1 lalu test pattern 3

IBM! TEST lOOt

mm

~-LJi

• f FlflOM ClFMl SET DESTINATION.

:

JPltiM I in ojvtcf. ir
DEVICE »

EtP-HOM INFORMATION

lEATHON] (IffiOUfcXCV

CltaJEMG:::

QM> WIPPING CHOinWKCCl

iNK COHSUM^ION

Gambar 2.7 i1000 Tools Pixma

Waste Ink Counter Reset Cara Manual: Matikan Printer dan cabutlah kabel printer Tekan dan tahan tombol POWER, Nyalakan printer Lampu Indikatorakan menjadi HIJAU Tekan dan lepaskan tombol RESUME, lampu indicator akari menjadi orange Tekan dan tahan tombol RSUME kembali hingga lampu indicator menjadi HIJAU Lepaskan kedua Tombol Cara Dengan Software: General Tool T3164

Masukkan CD bawaan buku ini, setelah autorun-nya sukses maka akan tampil interface seperti gambar 2.5 . Kemudian pilih saja jenis general tool yang sesuai (pilih Canon PIXMA iP1000), Klik command button ke 6. Dapat juga dilakukan dengan Browsing di CD Anda jalankan Service.exe atau langsungeksekusipadafolderService\iP1500\gen.exe

™J

Gambar 2.6 i1500 Tools Pixma

Cara Dengan Software: Pilih port, Pada clear waste ink counter, klik main lalu plater 2b

Saran Penggunaan GUNAKAN WINDOWS XP UNTUK SEMUA TOOL Untuk penggunaan yg mudah hanya gunakan 2 tool saja. I320pixma dan i350tool (Kedua tool ini sudah bisa reset i225 smpai pixma ip1500) Untuk reset i225 supaya tidak berubah menjadi i350, gunakan cara sebagai berikut: Gunakan i320pixmatool, seperti biasa pilih port dan klik angka 1 > printer akan berubah type dan terdetect oleh windows sebagai hardware baru canon i350. (jangan dimatikan apalagi di cabut kabel powemya) panggil i350tool, lalu pilih port dan pada destination klik i255. printer akan berubah kembali menjadi i255. Selesai.

Canon i850, /950, S6Q0

Mulailah dengan keadaan printerOFF Tekan dan tahan RESUME kemudian tekan dan tahan POWER Tepaskan tombol RESUME Tekan RESUME 2x, kemudian lepaskan tombol POWER kemudian indikator HIJAU akan berkedip hingga selesai. Pilih fungsi perintahnya dengan tombol RESUME dan tekan tombol POWER untuk mengeksekusinya.
Tabel 2.2 Resume
0
1

Indikator
HIJAU
ORANYE

Fungsi
Test Print atau Keluar dari Service Mode pada i960
EEPROM info print (plus gnd nozzle diagnostic on i960)

2

HIJAU

EEPROM initialize

3

ORANYE

Reset waste ink counter

Jadi untuk mengatasi waste ink Anda tekan resume 3 x pada langkah ke-5 kemudian tekan Power sekali.

Canon PIXMAiP3000, S9000, S300, $400,1550, i560)i850li860J865,m00,m50,dan 16500

Matikan printer. Tahan tombol resume dan tekan tombol power. Tahan tombol power dan lepaskan tombol resume. Tekan tombol resume 2x , Indicator hijau akan berhenti berkedip. Pada saat lampu indikator (warna hijau) tidak berkedip tekan tombol resume 4x. Tekan tombol power dan pastikan bahwa printer mati.

RESETP2000, IP3000, iP4000, IP5000, IP6000,16100,16500

Matikan Printer dengan menekan tombol power. Tekan dan tahan tombol RESUME Tekan dan tahan tombol POWER Lepaskan tombol resume (tombol POWER masih ditekan) Tekan tombol resume 2 x Head akan bergerak dan lampu tidak blinking Tekan tombol resume 3x Matikan printer dengan menekan tombol power. Apabila tidak OFF tekan kembali tombol power sampai printer mati. Selesai. Ket: Setelah di reset untuk printer iP2000, iP3000, iP4000 waste pad hams dibersihkan dan dikeringkan dulu kemudian dipasangkan kembali. (sebagian kasus printer akan kembali blink bila waste pad tidak dibersihkan). Hatihati membuka dan memasangkan kembali diusahakan tidak ada part mekanis yang bergeser-geser dengan waste pad. 27

RESET MPC190

C Masuk Kemode Service dengan cara menekan Menu Copy, Scan, Copy, Copy € PilihTESTMODE € Pilih[8]PRINTERTESTinTESTMODE C Pilih [3] EEPROM CLEAR € Pilih [0] INK COUNT C Tekan tombol Set C Tekan tombol Stop/Reset £ Kembali ke langkah ke 3 C. Tekan tombol ON/OFFF

28

Printer HP biasanya mengalami Blink setelah diganti-ganti cartridge dan pada satu saat tidak lagi dapat diganti cartrigde walaupun sudah diganti dengan cartridge baru dengan kondisiyang normal. Masaiah blink juga banyak terjadi pada HpA3 yang baru HP 1180cdanHp1220. Reset HP Secara Umum C Masukkan cartridge yang dianggap bagus (printer masih blink). € Matikan printer. C Tekan dan tahan tombol POWER sampai head bergerak lalu lepas. C Apabila cartridge bagus biasanya blink langsung hilang dan printer sudah dapatdigunakan. Reset Hp Lebih Detil (secara Umum) C Buka tutup bagian depan Printer kemudian headcartridge akan parkirditengah.

Gambar 3.1 membuka Tutup HP 3535

29

Ambil cartridge-nya, kemudian perhatikan gambar 3.2. Pertama tutup dengan selotip titik-titik pada cartridge yang ditandai dengan No 1 (beberapa titik yang ditutup dengan selotip tergantung dari tipe cartridge).

Pasang kembali Cartride kemudian tutup kembali tutup printernya dan bila terdapat pesan ada masalah dengan cartride clik saja "OK", biasanya printer tidak lagi ngeblink. Buka kembali Cartridge dan cabut solatip yang menempel di pin-pin " n o 1 " Pasang Solatip pada pin yang ditandai dengan No 2. Setelah dipastikan tidak ada kesalahan dan Anda mengacu pada gambar referensi yang diberikan pasang kembali cartridge akan terjadi proses yang sama dan biasanya printer akan bergetarlebih keras. Ambil kembali cartridge dan lepaskan solatip dari pin cartridge maka cartridge sudah bisa digunakan dan dikenali baru. Pada saat melepas Solatip jangan sampai ada yang tertinggal. Bila langkah ini tidak berhasil. Lakukan dengan cara pada langkah kedua setelah mengisoltip "No1" pasang dan ke printer sampai proses selesai hanya saja saat memasang soltip yang brikutnya( soltip No2) soltip no 1 dibiarkan menempel, berikutnya lakukan seperti langkah diatas.

HP C6656 - C8727, C6657 - C8728 (bercartridge 56-57 dan 27-28)

Walaupun tidak semua jenis printer Hp menggunakan dua angka terakhir dari serinya sebagai jenis dari type cartridge yang digunakan. HP C6656 Menggunakan Cartridge 56 dan 57. Berikut ini akan diterangkan bagaimana melakukan reset terhadap level tinta setelah pengisian cartridge juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah blink pada printer yang menggunakan jenis cartridge 56 dan 57 atau 27 dan 28 '

Gambar 3.3 Cartridge HP 57 Color dan 56 Black

CD E

<S>

C> g

•CD

•• • •
Hp56/27 Contact Grid Hp57/28 Contact Gric

Gambar 3.4 tata letak pin conector

Isi tinta Cartridge Anda dengan tinta kompatibel (refill tinta sesuai mark, HP jangan diisi refill Canon juga sebaliknya) dan usahakan jangan bergantiganti mark. Hal ini dilakukan agar tita dapat bercampur sempurna tanpa adanya reaksi yang tidak diinginkan (cepat menggumpal) dan biasanya tinta refill kompatibel akan dapat bercampur dengan sempurna dengan tinta original, sedangkan tinta kompatibel mark satu dengan mark yang lain kebanyakan tidak dapat dicampurkan. Seperti langkah untuk mereset HP secara umum lakukanlah dengan susunan pin konektor seperti gambar 3.4 31

Lakukan proses reset dengan mengacu pada "Reset HP lebih detil" pada pembahasan sebeiumnya. Kemudian perhatikan letak pin koneksi pada cartridge Anda, posisi pin yangditutupadapadagambarberikutini;

Gambar 3.5 Pin konektor cartridge hitam dan warna Hp seri 9xx

HP Sen C6615,06578

(mmm mmm'i &mm Eam^i ^2|^|62] mum g^fUfeU PP!3^ [54] [64] 0m Bin mm Eiil mm rJZlizl mm 00 m^ mm mm mm sm
Konfigurasi Pin C6615 Konfigurasi Pin C6578

32

Maintenance

Untuk membersihkan iayar LCD dari pesan Mantenance Sen/is, ikutilah langkah langkah sesuai dengan spek Printernya. HP III Si Printers

C Tekan tomboi ONLINE hingga lampupadam C Tekan dan tahan tomboi MENU hingga tampil CONFIG MENU C Tekan tomboi MENU hingga tampil SERVICE ON(menu konfigurasi). C Tekan tomboi +/- untuk merubah tampilan menjadi SERVICE MSG=OFF C Tekan ENTER/RESET MENU untuk mematikan pesan kemudian tekan ONLINE.

HP 4Si Printers

C € C C

Tekan tomboi ONLINE hingga lampu padam. Tekan tomboi MENU hingga tampil CONFIG MENU. Tekan tomboi ITEM hingga tampil SERVICE MSG = ON Tekan tomboi +/- untuk merubah tampilan menj; SERVICE MSG=OFF C Tekan ENTER/RESET MENU untuk mematikan kemudian tekan ONLINE.

HP 5Si Printers

C Tekan tomboi MENU 4x untuk menampilkan CONFIG MENU € Tekan tomboi ITEM hingga tampil SERVICE MSG € Tekan tombolENTER. C Tekan tomboi ONLINE.

33

HP 4000/4050/4100/5000

Matikan printer Tekan dan tahan sisi kiri tombol ITEM dan tombol +/- , hidupkan printer dan tunggulah hingga pada display LCD tampil RESET MAINTENANCE COUNT
HP 4500/4550

Matikan printer Tekan dan tahan CANCEL JOB dan tombof SELECT kemudian hidupkan printer Tunggulah hingga display LCD menjadi blank (kosong) dan tiga buah lampu LED menyala. Tekan sisi kanan dari tombol MENU kemudian tekan tombol SELECT. Anda akan memasuki SERVICE MODE setelah normal testtelahlengkap. Tekan tombol ITEM hingga muncul FUSER MAINTENANCE COUNT Tekan +/- untuk merubah nilai menjadi NOL Tekan SELECT untuk menyimpan konfigurasi Tekan GO maka printer sudah siap digunakan kembali
HP 8000/8100/8150

Tekan tombol MENU hingga LCD display menampilkan pesan CONFIGURATION MENU Tekan tombol ITEM sampai LCD menampilkan SERVICE MESSAGE=ON/OFF Pilih OFF kemudian tekan tombol SELECT untuk Menyimpan (Save). Matikan printer. Tahan tombol - (minus) dan ITEM MINUS pada saat menyalakan kembali printer tahan tombol tersebut smpai LCD m e n g e l u a r k a n R E S E T M A I N T / C O U N T dan lepaskan tombol.

34

HP 9000 Printers

-Matikan printer Tekan dan tahan tombol CHECK. Hidupkan printer Lepaskan tombol CHECK, setelah itu akan muncul SELECT LANGUAGE pada layar LCD (bila belum muncul ulangi lagi langkah dari awal) Tekan panah arah atas hingga muncul dilayar LCD MAINTENANCE KIT, kemudian tekan kembali tombol CHECK maka maintenance kit counter akan direset

HP Color LaserJet 4500/4550 (TRANSFER KIT RESET)

Tekan tombol MENU button hingga tampil RESET MENU Tekan tombol ITEM hingga TRANSFER KIT SELECT IF DONE ditampilkan dilayar LCD. Tekan tombol SELECT.

HP Color LaserJet 4500/4550 (FUSER KIT RESET)

Tekan tombol MENU button hingga tampil RESET MENU Tekan tombol ITEM hingga FUSER KIT SELECT IF DONE ditampilkan dilayar LCD. Tekan tombol SELECT kemudian tekan tombol GO maka printer sudah siapdigunakan.

HP Color LaserJet 4600 (IMAGE TRANSFER KIT (ETB) RESET)

PilihlahmodeNEWTRANSFER KIT Tekan panah bawah untuk memilih YES, kemudian tekan tombol C H E C K untuk m e r e s e t atau masuk ke CONFIGURE DEVICE (dalam menu), pilih RESET kemudian RESETSUPPLIES, pilih NEWTRANSFER KIT

35

HP Color LaserJet 4600 (FUSER KIT RESET)

Pilihlah mode NEW FUSER KIT= Tekan panah bawah untuk memiiih YES, kemudian tekan t o m b o i C H E C K untuk m e r e s e t atau masuk ke CONFIGURE DEVICE (dalam menu), pilih RESET kemudian RESET SUPPLIES, pilih NEW FUSER KIT dan SELECT

HP Color LaserJet 8500/8550 (TRANSFER KIT RESET)

Tekan tomboi MENU sampai muncul diiayar LCD RESET MENU Tekan tomboi ITEM hingga tampil RESET TRANSFER LINE COUNT Tekan tomboi SELECT untuk mereset, kemudian pilih GO dan printersudah siapdigunakan.

HP Color LaserJet 8500/8550 (FUSER KIT RESET)

Tekan tomboi MENU sampai muncul diiayar LCD RESET MENU Tekan tomboi ITEM hingga tampil RESET FUSER LIFE COUNT Tekan tomboi SELECT untuk mereset, kemudian pilih GO dan printer sudah siap digunakan.

36

Refill
Antara Tetes dan Infus Sistem Infus tinta printer sangat popular belakangan ini. Banyak orang tertarik untuk mencoba sistim infus pada printernya karena selain diharapkan bias menghemat kocek, juga bisa rnenghindari repotnya mengisi ulang catridge sendiri. Tetapi walaupun keuntungan memakai system infuse sudah jelas, pamakai dari system infuse itu sendiri hams memperhatikan hal-hal berikut agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal: Sistem Infus tidak cocok bagi mereka yang melakukan aktifitas mencetak sedikit. Tinta yang tidak habis dalam waktu yang cepat (6 bulan) dalam t a n g k i , bisa menimbulkan masalah jika kotor/berdebu, berlumut (berkeringat didalam tangki), dan warna cetaknya bisa punar bila kena cahaya UV (ultra violet) terutama kalau botolnya 100% transparan.

—-— .. <
j; ,:;<::I,..

\

*"

W -

:

•:

'

rw

':W^^0^--'::.•.'/'

Gambar4.1 Refill Tinta

37

Sistem Infus tidak cocok bagi mereka yang sering m e m i n d a h - m i n d a h k a n p r i n t e r n y a , karena bisa menyebabkan tinta tumpah dari botol dan banjir kedalam printer. Sistem Infus lebih praktis dipakai untuk printer Epson dan Canon yang printheadnya lebih permanent dibandingkan dengan printerlain dari HP dan Lexmark. Sistem Infus yang tidak dilengkapi dengan chip generasi terbaru'" (pada printer Epson) berpotensi menyebabkan Waste-ink jadi full, memboroskan tinta dan menyebabkan printer dapat error. Sistem infuse yang baik, tidak akan maksimal gunanya kalau tinta yang digunakan rendah kualitasnya. Mengapa ? sekali kita menggunakan satu jenis tinta yang kompatibel, kemudian satu ketika kita menggunakan tinta kompatibel jenis lain maka memungkinkan tidak terjadinya perpaduan atau berakibat cepat kering sehingga membuat printhead mudah rusak. Jadi gunakan tinta kompatibel yang sejenis saja pilih yang baik dan terjangkau dan jangan ganti ganti merklain.

Tips bersih-bersih head
Jangan Keburu membeli yang baru

Untuk membersihkan head, pada kasus ringan head dapat dibersihkan dengan menggunakan air hangat, dengan cara: C Tuangkan air hangat di dalam mangkuk sedang. C Ambillah head, bila tank ink-nya dapat dilepas, sebaiknya dilepas saja dari cartridge head-nya, masukkan leher headnya sampai mengenai air hangat tadi kernudian goyanglah headnya hingga warna air menjadi warna tinta. £; Bila air sudah keruh maka gantilah iagi dengan air hangat dan ceiupkan Iagi headnya hingga warna air tidak Iagi tercampurtinta. C Bersihkan ujungnya dengan kapas, ingat jangan menekan headnya terlalu kuat. € Pasang kembali ink-tank kedalam cartrigde dan pasang kedalam printer. "Ingat pastikan pin konektor cartridge bersih dan tidak basah karena kecerobohan disisi ini menyebabkan chip IC cartridge akan rusak karena hubung singkat." C Lakukan deep clean / clean pada properti driver softwarenya. Dengan begitu printer akan menyedot tinta pada cartidge kernudian lakukan test pattern Kasus Lebih Berat (cara diatas masih tidak bisa) Cucilah dengan Hidrogen Peroksida (H2O2) kira-kira kadarnya 30%... Hidrogen Peroksida merupakan Cairan untuk membersihkan tinta (biasa dikemas dalam botol kernudian ditulis sebagai pembersih head printer) bila Anda kesulitan mencarinya beli saja Head cleaner dan lakukan langkah diatas hanya pada sebelum menjalankan langkah ke-5 ambil

Sebuah tisue kemudian teteskan H2O2 diatas tissue dan tempeikan kehead printer. Tempatkan pada tempat yang aman dan posisikan tegak berdiri dan biarkan kurang lebih 6jam untuk kasus berat penulis pernah berhasil melakukan dengan tempo waktu 12 jam. Lalu lakukan pembersihan ulang dan lanjutkan ke langkah ke-5 hingga selesai. Bila tidak terjadi kerusakan pada head maka sumbatan pada head akan larut dan cartridge sudah bisa digunakan dan jangan kecewa bila awal awal penggunaan warna hasi.i pengeprinan tidak begitu terang/tajam.

40

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->