P. 1
Dampak Dan Upaya Mengatasi Ledakan Penduduk

Dampak Dan Upaya Mengatasi Ledakan Penduduk

|Views: 75|Likes:
Published by Farid Al Azam

More info:

Published by: Farid Al Azam on Aug 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2013

pdf

text

original

DAMPAK DAN UPAYA MENGATASI LEDAKAN PENDUDUK

RIZAL RAMDHANI M.HASBY SULTHON M.RIFKI FAUZAN

Tingkat kesehatan masyarakat yang baik 4.Pengertian Ledakan Penduduk Suatu keadaan kependudukan yang memperhatikan pertumbuhan yang melonjak naik dalam jangka waktu yang relatif singkat. ledakan penduduk biasanya terjadi di negaranegara yang sedang berkembang seperti Indonesia Adapaun penyebab ledakan penduduk antara lain: 1.Angka kematian(mortalitas) yang rendah 3.Ekonomi berkembang sehingga kesejahteraan masyarakat naik 5.Ajaran agama yang melarang bunuh diri .Angka kelahiran(natalitas) yang tinggi 2.Kondisi keamanan stabil 7.Tingkat pendidikan penduduk yang rendah 6.

Terhadap udara dan air bersih Di kota-kota besar yang padat penduduknya maka padat pula aktivitas nya.makin banyak udara bersih yang dibutuhkan.padahal makin padat penduduk.misalnya makin banyak kendaraan bermotor yang membuang sisa pembakaran ke udara.untuk mengatasinya maka perlu dibuat taman kota sebagai paruparu kota. padahal hutan adalah paru-paru dunia.Dampak dari ledakan penduduk 1.berkurang nya luas areal hutan yang merupakan tempat cadangan air bersih makin mengurangi ketersediaan air bersih .tempat untuk udara bersih. Di beberapa kota air sungai merupakan bahan baku PAM. Berkurang nya luas areal hutan yang banyak dijadikan pemukiman oleh manusia.

manusia membuka hutan untuk lahan pertanian.Di beberapa daerah.lahan pertanian telah berubah menjadi lahan pemukiman karena rumah juga merupakan suatu kebutuhan pokok manusia.Terhadap kebutuhan pangan dan ketersediaan lahan Makanan adalah kebutuhan primer manusia. Manusia memerlukan lahan untuk pemukiman dan pertanian.Makin banyak penduduk.makin luas lahan pemukiman yang dibutuhkan.Untuk memenuhi kebutuhan pangan. .bahaya kelaparan dapat mengancam manusia.Makin banyak manusia makin banyak juga makanan yang harus dihasilkan.Apila produksi pangan tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk.tanpa makanan manusia tidak bisa hidup.2.masalah pangan mulai muncul setelah pertumbuhan penduduk bertambah sangat cepat.

melainkan perusahaan pemilik hutan.misalnya Brazil dan Indonesia.dan berkurangnya keanekaragaman hayati.berkurangnya luas areal hutan maka makin sedikit akar tumbuhan yang menahan air hujan.banjir dan tanah longsor yang merupakan faktor alam sebagian juga diesebabkan oleh manusia Untuk membuka lahan manusia membuka hutan.3.erosi dan tanah longsor terjadi dan membawa lapisan tanah yang subur.yang menebang hutntidak sesuai aturan . Kerusakan hutan tidak hanya disebabkan oleh penduduk yang berpindah-pindah.hutan hujan tropis di dunia semakan berkurang.penebangan hutan yang tidak terkendali berdampak negatif terhadap lingkungan.Terhadap kerusakan lingkungan Manusia adalah faktor utama penyebab kerusakan lingkungan.akibatnya banjir bandang.

Fasilitas kesehatan yang tidak lengkap dan memadai 2.Bencana alam 5.Melakukan transmigrasi agar persebaran penduduk merata 9.Banyaknya wabah penyakit 7.Terjadinya peperangan 6.Upaya Pengendalian Dan Pengatasan Ledakan Penduduk Salah satunya dengan Pro Mortalitas.Melaksanakan pendidikan kependudukan di sekolah-sekolah dan di masyarakat luar .Penyuluhan kesejahteraan penduduk 3.Kandungan gizi makanan yang rendah 4. antara lain: 1.Melaksanakan program keluarga berencana 8.

TERIMA KASIH WASSALAM .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->