P. 1
bahan bangunan beserta penjelasannya

bahan bangunan beserta penjelasannya

|Views: 281|Likes:
Published by weafareez

More info:

Published by: weafareez on Aug 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/10/2015

pdf

text

original

Nama : Didik eko prasodjo

BAHAN BANGUNAN BESERTA PENJELASANNYA
Bahan bangunan adalah setiap bahan yang digunakan untuk tujuan konstruksi. Banyak bahan alami, seperti tanah liat, pasir, kayu dan batu, bahkan ranting dan daun telah digunakan untuk membangun bangunan. Selain dari bahan alami, produk buatan banyak digunakan, dan beberapa lagi kurang sintetik. Industri pembuatan bahan bangunan didirikan di banyak negara dan penggunaan bahan-bahan tersebut biasanya dibagi ke dalam perdagangan khusus tertentu, seperti pertukangan, pipa, atap dan pekerjaan isolasi. Acuan ini berhubungan dengan tempat tinggal manusia dan struktur termasuk rumah. Berikut ini saya akan memberikan apa saja bahan bangunan yang diperlukan beserta penjelasannya. Adapun,bahan bangunan terdiri dari : A. Batu-bata : Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah merahan. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan batu bata semakin menurun. Munculnya material-material baru seperti gipsum, bambu yang telah diolah, cenderung lebih dipilih karena memiliki harga lebih murah dan secara arsitektur lebih indah. B. Semen : Semen adalah zat yang digunakan untuk merekat batu, bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya. C. Beton : Dalam konstruksi, beton adalah sebuah bahan bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi aggregat dan pengikat semen. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen Portland, yang terdiri dari agregat mineral (biasanya kerikil dan pasir), semen dan air.Biasanya dipercayai bahwa beton mengering setelah pencampuran dan peletakan. Sebenarnya, beton tidak menjadi padat karena air menguap, tetapi semen berhidrasi, mengelem komponen lainnya bersama dan akhirnya membentuk material seperti-batu. Beton digunakan untuk membuat perkerasan jalan, struktur bangunan, fondasi, jalan, jembatan penyeberangan, struktur parkiran, dasar untuk pagar/gerbang, dan semen dalam bata atau tembok blok. Nama lama untuk beton adalah batu cair.

Bekisting : Bekisting bisa di buat dari kayu . dapat didaur ulang. Tripleks : Plywood atau sering disebut tripleks adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. murah.pada saat pembuatan beton G.bekisting di gunakan untuk mencetak beton sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Plywood bersifat fleksibel. L. .[1] E. Demikian penjelasan dari saya.sebagai pembuat reng pada atap dan masih banyak lagi kegunaannya. K. dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit.sebagai tiang penyangga. Pasir : Pasir digunakan sebagai campuran material pengikat adukan baik beton maupun pemasangan material lainnya. Calbond (lem beton) J. Plywood merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan. Kayu Kayu adalah bahan bangunan yang berasal dari pohon yang mempunyai banyak kegunaan seperti pembuatan dinding. H. atau bengkok. I.Nama : Didik eko prasodjo D.Dengan ini saya mengucapkan terima kasih. Plywood biasanya digunakan untuk menggunakan kayu solid karena lebih tahan retak. Kawat benrat : Kawat benrat digunakan untuk mengikat besi beton. Besi beton : Besi beton di gunakan sebagai penahan gaya tarik pada konstruksi beton F. Paku : Paku adalah sebagai alat perekat antara kayu dengan beton atau dengan material lainnya. dapat dibentuk. susut. Pipa paralone : Yaitu sebagai tempat saluran air dan pembuangan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->