Penerapan Venturimeter

Oleh: Novinda Amalia Shalihah Kelas/No.Absen: XI IPA 5/27 Tahun Ajaran: 2012-2013

.Pengertian “Venturimeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur kelajuan alur suatu cairan”.

Demikian pula sebaliknya.Menurut prinsip Bernoulli. Ini dikenal dengan julukan efek Venturi dan menujukkan secara kuantitatif bahwa jika laju aliran fluida tinggi. jika kelajuan fluida bertambah. dan minyak. propana cair. . Jadi tekanan fluida di bagian pipa yang sempit lebih kecil tetapi laju aliran fluida lebih besar. jika laju aliran fluida rendah maka tekanan fluida menjadi besar. Venturimeter biasanya digunakan dalam aplikasi pipa untuk menentukan aliran cairan seperti air. maka tekanan fluida menjadi kecil. maka tekanan fluida tersebut menjadi kecil.

Klasifikasi Venturimeter Venturimeter Venturimeter tanpa manometer Venturimeter dengan manometer .

laju cairan meningkat. jika laju cairan meningkat. Menurut prinsip Bernoulli. maka tekanan cairan menjadi kecil. Jadi tekanan zat cair pada penampang besar lebih besar dari tekanan zat cair pada penampang kecil (P1 > P2). Amati gambar di atas.Venturimeter tanpa manometer Mengapa air didalamnya cenderung naik ke pipa kecil ? Hal itu membuktikan bahwa adanya kapilaritas yang terjadi didalam venturimeter. Ketika zat cair melewati bagian pipa yang penampangnya kecil (A2). . Sebaliknya v2 > v1 Sekarang kita lihat persamaan yang digunakan untuk menentukan laju aliran zat cair pada pipa di atas.

Bagaimana cara menghitung kelajuan cairan dalam pipa? .

Menghitung kelajuan cairan dalam pipa memakai venturimeter tanpa manometer .

Pada daerah (2). Kecepatan aliran Alat ukur venturi (venturimeter) dipasang zat cair di dalam dalam suatu pipa aliran untuk mengukur pipa dapat diukur laju aliran suatu zat cair. . Suatu zat cair dengan persamaan. dengan massa jenis ρ mengalir melalui sebuah pipa dengan luas penampang A1 pada daerah (1). luas penampang mengecil menjadi A2.Menghitung kelajuan cairan dalam pipa memakai manometer Suatu tabung manometer (pipa U) berisi zat cair lain (raksa) dengan massa jenis ρ’ dipasang pada pipa. Perhatikan Gambar A.

Venturimeter dengan manometer .

44 m/s .Contoh Soal Pipa venturi meter yang memiliki luas penampang masing-masing 8 × 10–2 m2 dan 5 × 10–3 m2 digunakan untuk mengukur kelajuan air. dan g = 10 m/s2.2 m dan g = 10 m/s2. v = 0. Jika beda ketinggian air raksa di dalam kedua manometer adalah 0.600 kg/m3). tentukanlah kelajuan air tersebut ( ρ raksa = 13.2 m. A2 = 8 × 10–3 m2. Jawab Diketahui: A1 = 8 × 10–2 m2. h = 0.

TERIMA KASIH .

com/2010/02/sebel umnya-kita-sudah-belajar-mengenai.blogspot.KONTEN/edukasi.web.Sumber • http://tauriesna.html .id/materi/sma/fisikakelas-xi/penerapan-hukum-bernoulli/ • http://soerya.html • http://budisma.Ber noulli/materi05.id/AuP/eDU.net/SMA/Fisika/Asas.surabaya.go.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful