Satire adalah puisi yang berisi sindiran/kritik.

Berasal dari bahasa Latin Satura yang berarti sindiran; kecaman tajam terhadap sesuatu fenomena; tidak puas hati satu golongan (ke atas pemimpin yang pura-pura, rasuah, zalim) Contoh: Aku bertanya tetapi pertanyaan-pertanyaanku membentur jidat penyair-penyair salon, yang bersajak tentang anggur dan rembulan, sementara ketidakadilan terjadi di sampingnya, dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan, termangu-mangu dl kaki dewi kesenian. (WS Rendra) Duniamu sungguh menyedihkan Kepalsuan adalah santapanmu Ketidakjujuran akan membahagiakanmu Uang haram merupakan sumber kehiupanmu Cinta akan kau ubah menjadi kebencian Tetes darah akan kau alirkan tanpa henti Isak tangis takkan kau pedulikan Selimut ketakutan akan menutupi langkah kakimu Darah manusia yang tak berdosa Kau hisap perlahan demi perlahan Sekali kau melangkah Ribuan nyawa akan melayang Manusia penghisap darah Bercerminlah pada keluargamu Sadarlah siapa yang kau tindas Bukalah mata hatimu Dengarkanlah suara-Nya

Pesan Pencopet Kepada Pacarnya (sajak satire)
Pesan Pencopet Kepada Pacarnya (sajak satire) Puisi karya: W.S. Rendra Cintamu padaku tak pernah kusangsikan Tapi cinta cuma nomor dua. Nomor satu carilah keselamatan. Hati kita mesti ikhlas.

Berjuang untuk masa depan anakmu. Janganlah tanggung-tanggung menipu lelakimu. Kuraslah hartanya Supaya hidupmu nanti sentosa. biarpun dalam berdusta jadi jangan ragu-ragu Rakyat kecil tak bisa kalah melulu …… …… [Humor] Puisi Kentut Orang jujur adalah orang yang mengaku setelah ia kentut Orang yang tak jujur adalah orang yang setelah kentut kemudian menyalahkan orang lain Orang bodoh adalah orang yang menahan kentut berjam-jam lamanya Orang yang berwawasan adalah orang yang tau kapan waktunya kentut Orang yang misterius adalah orang yang kentut tapi orang lain tidak tau Orang yang suka gugup adalah orang yang menahan kentut ketika sedang kentut Orang yang percaya diri adalah orang yang mengakui bahwa kentutnya harum Orang yang sadis adalah orang yang kentut kemudian di berikan kepada hidung orang lain dengan tangannya Orang yang pemalu adalh orang yang kentutnya tidak bersuara tetapi ia merasa malu sendiri Orang yang sial adalh orang yang kentut bersamman dengan ampasnya Orang yang strategis adalah orang yang suka tertawa terbahak-bahak ketika ia sedang kebtut menutupi suara kentutnya Orang yang bodoh adalah orang yang menarik nafas setelah ia kentut untuk mengganti kentutnya yang baru saja keluar . Sebagai kepala jawatan lelakimu normal. Nomor empat ketegasan. Nomor tiga keuletan. Suka disogok dan suka korupsi Bila itu kau tipu itu sudah jamaknya. Nomor dua keberanian. Lagi pula di masyarakat maling kehormatan cuma gincu yang utama kelicinan. Maling menipu maling itu biasa.

Orang yang pelut adalah orang yang mengeluarkan kentut sedikit demi sedikit hingga bersuara tit tit tit… Orang yang sombong adalh orang yang suka menghisap kentutnya sendiri Orang yang ramah adalah orang yang suka menghisap kentut orang lain Orang yang cupu adalah orang yang kentutnya sambil menundukkan kepala Orang sakti adalah orang yang kentutnya menggunakan tenaga dalam Orang yang pintar adalah orang yang mengetahui khas kentut orang lain ………………………………………….. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful