1.

Cara pengolahan nasi yang benar adalah sebagai berikut : a) Cuci beras menggunakan air yang bersih agar tidak bau dan awet, tetapi jangan terlalu bersih. Jangan sampai kandungan nutrisi seperti vitamen B1 dan E menjadi berkurang karena terlalu bersih mencuci. b) Gunakan panci dari bahan yang food grade seperti stainless steel 18/10. Jika panci ada lapisan antilengketnya, pastikan lapisan tersebut masih dalam kondisi yang baik. Lebih baik lagi bila ada insulasi penahan suhu. Proses memasak nasi dapat tetap berlangsung meskipun tidak berada di atas api sehingga memasak nasi sekaligus menghangatkannya dapat dilakukan secara optimal. c) Agar nasi pulen dan lembut, tambahkan dua sendok makan beras ketan putih untuk setiap 1 kg beras. Campur dan cuci kedua jenis beras lalu olah seperti biasa. Aroni beras dengan diaduk sesekali. Agar air tidak tumpah, tambahkan satu sendok makan mentega atau minyak ke dalam air rebusan. d) Dapat juga ditambahkan beberapa tetes air jeruk nipis untuk menambah kekenyalan rasa nasi pada saat dimasak dan agar nasi tidak berbau walaupun sudah dua hari sehingga tidak cepat basi e) Setelah nasi matang, Anda bisa memasukkan beberapa helai daun pandan yang sudah dibersihkan agar aromanya harum. 2. 4 (empat) macam pengolahan nasi yaitu : a. Menanak nasi dengan cara biasa (menggunakan ricecooker) 1. Ambil beras yang sudah dibersihkan (dari kerikil kecil dan kotoran lainnya) 2. Ambil takaran rice cooker anda, kemudian takar sesuai dengan kebutuhan nasi yang anda konsumsi 3. Untuk dimakan 2-3 orang cukup anda ambil 4 takar beras. 4. Kemudian bersihkan beras tersebut dengan air beberapa kali (dipususi=jawa) 5. Masukkan ke panci rich cooker anda 6. Masukkan air secukupnya (biasanya selisih 1-2 takar dari takaran beras, kalau beras 4 takar berarti airnya sekitar 5-6 takar atau lihat tanda di panci anda) 7. Kemudian letakkan panci ke rice cooker anda kemudian tutup dan posisikan pada saklar "cooker" bukan "warm" . colokkan stekernya ke stop kontak listrik. 8. Selesai tinggal menunggu beberapa menit lagi nasi masak yang ditandai dengan posisi saklar (lampu) pindah secara otomatis di posisi "Warm" b. Menanak nasi dengan cara diliwet Langkah-langkah menanak nasi dengan cara diliwet antara lain : - Beras dicuci - Panci dijerangkan - Masukkan beras ke panci - Ditanak sampai masak kurang lebih 1/2 jam Dalam perbandingan air dan beras harus benar, kecuali beras lama menggunakan air lebih banyak. - Untuk membuat nasi yang lunak perbandingan antara beras dan air 1:2 - Untuk membuat nasi yang sedang perbandingan antara air dan beras 1:1,5 - Untuk membuat nasi yang keras perbandingannya antar 1:1 Kebaikan nasi liwet adalah : ~ Zat makanan tidak hilang

Mie jenis ini biasanya digunakan untuk bahan baku dalam pembuatan mie ayam (Astawan. Mie segar umunya dibuat dari tepung terigu jenis keras untuk memudahkan penanganannya.macam pengolahan mie yaitu : a. Mie mentah/mie segar Mie mentah atau mie segar adalah mie yang tidak mengalami proses tanbahan setelah pemotongan dengan kadar air 35%. Langkah-langkah mengukus dalam sablokan : ~ Beras dicuci lalu di kukus setengah matang ~ Beras setengah matang di siram dengan air mendidih sampai terendam dan terserap ~ Dandang di jerangkan samapi airnya mendidih ~ Beras dimasukkan ke dalam dandang jerangkan kurang lebih 1 jam ~ Setelah beras masak di angkat Kebaikan/keuntungan mengukus : ~ Nasi dapat kering dan butiran nasi masih terlihat ~ Kemungkinan hangus kecil ~ Tidak ada kerak Keburukan mengukus : ~ Waktu untuk memasak lama ~ Bahan dan alat untuk memasak banyak d. Memasak nasi dengan cara di tim Langkah-langkahnya : ~ Beras dicuci ~ Beras dimasukkan dalam panci kecil lalu diberi air. Macam. masukkan dalam panci besar yang berair jerangkan kurang lebih 1 jam sampai matamg Yang harus diperhatikan waktu mengetim ~ Panci harus di tutup rapat ~ Air harus setinggi dengan beras yang ada dalam panci yang lain. Kadar airnya dapat mencapai 52% sehingga daya simpannyarelatif . 3.~ Waktu memasak tidak lama ~ Memerlukan bahan bakar hanya sedikit Keburukan nasi liwet adalah : ~ Dapat berkerak ~ Memakai panci yang tebal ~ Harus di masak dalam air mendidih ~ Harus sering di aduk agar tidak tebal keraknya ~ Kalau nasi setengah masak. Sablokan terdiri atas tutup dandang. 2003) b. langsang. hendaknya api di kecilkan c. Menanak nasi dengan cara di kukus Mengukus dapat dalam sablokan atau kukusan. tempat beras dan tempat air. Mie Basah Mie basah adalah mie yang mengalami proses perebusan air mendidih setelah tahap pemotongan dan sebelum dipasarkan.

Kadar air mie instan umunya mencapai 5-8% sehingga memiliki daya simpan yang relatif lama (Astawan. geprek 1 sendok makan air perasan jeruk nipis Garam dan lada secukupnya. Setelah mendidih kemudian masukkan nasi aron. Mie Instan Mie Instan adalah mie yang telah mengalami proses gelatinisasi.2003). Karena sifat kering inilah maka mie mempunyai daya simpan yang relatif panjang dan dalam penanganannya cukup mudah. Tahap-tahap tersebut yaitu pengukusan. 4. Masak nasi di atas api kecil dan terus aduk sampai santan terserap seluruhnya dan agar santan tidak pecah. Didihkan santan. MIE KUAH ACEH Beberapa bahan untuk Pembuatan Mie Kuah Aceh :  500 gram mie kuning basah  1 ekor kepiting  1/4kg udang  750 ml air kaldu  150 gram daging sapi. 2.singkat (40 jam pada suhu kamar). c. Mie kering Mie kering adalah mie mentah yang dikeringkan dengan kadar air antara 8-10%. dan bumbu-bumbu kecuali air jeruk nipis.2003) d. Setelah santan terserap habis kukus nasi hingga matang.1996) Mie instan juga dikenal dengan nama ramen. Angkat dan taburi bawang goreng. sehingga untuk menghidangkannya cukup dengan di rebus dengan air mendidih. Mie kering juga ditambahkan dengan telor segar atau tepung telor. sehingga dipasaran mie ini juga dikenal dengan istilah mie telor (Astawan. Mie instan biasanya mengacu pada produk-produk yang dikukus dan digoreng dalam minyak (stemed & deep fried) (Kim. Kukus beras yang telah dicuci bersih hingga setengah matang. RESEP NASI KUNING Bahan : 800 gram beras yang sudah dicuci bersih kemudian tiriskan 1 liter santan dari 1 butir kelapa Bumbu: 2 sendok mmakan kunyit parut 2 lembar daun salam 2 batang serai. sehingga menjadi beras aron. Pengeringan umumnya dilakukan dengan penjemuran di bawah sinar matahari atau dengan menggunakan oven. Di Indonesia. pembentukan dan pengeringan. Mie ini dibuat dengan penambahan beberapa proses setelah menjadi mie segar. Cara Membuat: 1. 4. potong dadu . 3. mie basah lebih dikenal dengan istilah mie kuning atau mie bakso. Lalau beri air jeruk nipis supaya warna kuning lebih cerah. 5.

 Masukkan seledri/daun bawang. Tak ada lagi susah payah membersihkan wajan yang penuh masakan lengket.  Masukkan daging sapi yang sudah dipotong dadu. garam. 6. daun salam dan merica bubuk. dibuang biji  1 butir kapulaga  2 cm kunyit. diiris tipis  50 gram taoge.Tapi bukan berarti bahan ini aman untuk kesehatan. dan bumbu halus hingga harum. . dan air kaldu lalu aduk rata. Lalu angkat. Bahan-bahan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan itu muncul bila lapisan antilengket mengelupas karena tergores benda tajam atau karena penggunaan yang tidak benar. lalu tambahkan mie dan kecap manis. dipotong-potong  1 batang daun bawang/seledri. tumis bawang merah. Dengan peralatan masak antilengket. bawang putih. Tak ada lagi ikan gosong dan lengket di penggorengan.  Masak hingga daging. aduk dan masak hingga daging berubah warna. Artinya. dibakar  1/4 sdt jintan  1/2 sdt merica bubuk  Garam secukupnya Bahan Pelengkap :  Acar mentimun  Bawang goreng Cara membuat Mie Kuah Aceh  Siapkan margarin/mentega untuk menumis.  Masukkan kubis/kol. 4 siung bawang putih. Misalkan dipanaskan dengan suhu di atas 200 derajat Celsius. Bahan yang awalnya banyak digunakan dalam peralatan militer ini juga menyimpan zat berbahaya.  Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan matang. kepiting dan udang matang  Jika air sudah berkurang dan daging sudah lunak kecilkan api. lebih sedikit kolesterol saat memasak. diiris tipis  1 buah tomat. Studi kesehatan menunjukkan. berikut ini ada tips untuk anda untuk peralatan masak: a. bersihkan  50 gram kubis/kol. tomat dan tauge. kita juga bisa menggunakan lebih sedikit minyak goreng. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli peralatan memasak : Memilih bahan peralatan masak anda juga harus berhati-hati jangan sembarangan karena kitchen equipment yang kita pakai untuk masak bila mengandung bahan kimia beracun dapat mempengeruhi kesehatan anda.  Tambahkan udang. kepiting. Lapisan antilengket Peralatan masak berlapis bahan antilengket adalah penemuan yang sangat menyenangkan bagi para ibu rumah tangga. diiris tipis  4 butir bawang merah. diiris tipis  1 sdm kecap manis  1 lembar daun salam  Margarin/mentega untuk menumis Bumbu Halus:  6 butir bawang merah  5 siung bawang putih  2 buah cabai merah besar. peralatan memasak antilengket bisa melepas bahan kimia seperti perfluoropropionic dan benzena.

jeruk nipis. cadmium. Solusinya. Bahan enamel ini memungkinkan peralatan masak tampil dalam berbagai warna cerah dan motif menarik. Sebaiknya Anda pilih peralatan plastik yang sudah terbukti aman melalui uji kualitas. aroma. Baik bahan mentah maupun matang. 5. Haluskan bahan di bawah ini lalu goreng dengan api sedang hingga benar benar matang lalu simpan dalam tople kedap udara dan di freezer. Meskipun harganya sedikit lebih mahal. saat menggunakan bahan ini Anda harus lebih berhati-hati. Perhatikan label aman untuk kesehatan pada produk plastik. dan sebagainya. c.Bila terjadi goresan pada lapisan berwarna. gula dan kunyit. Menghasilkan hidangan yang bernilai gizi 4. dan warna pada makanan 2. Bahan murahan yang belum tentu aman bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar. bisa menyebabkan terlepasnya ion pada bahan metal. Membantu merangsang kelenjar pencernaan karena bumbu yang di tambahkan pada makanan dapat merangsang usus untuk mencerna makanan menjadi lebih baik. asalkan kesehatan Anda dan keluarga terjamin. Begitu pula jika dipanaskan pada suhu melebihi 100 derajat Celsius. Fungsi bumbu dalam memasak yaitu : 1.          100 gr cabai merah buang biji 100 gr bawang merah 50 gr bawang putih 100 gr tomat 20 gr terasi 100 gr gula pasir 15 gr garam 100 ml minyak goreng untuk memblender 100 gr minyak goreng untuk menumis .Terutama bila Anda menggunakan peralatan plastik yang murah meriah. Meningkatkan selera makan karena pencampuran yang harmonis antara rasa asli dari bahan dan rasa bumbu akan menghasilkan rasa makanan yang enak dan lezat. sambal goreng. Enamel Alat masak berbahan enamel tampilannya sangat menggoda mata. Tapi bahan plastik terdiri dari berbagai macam komponen kimia yang berbahaya. Bumbu Dasar Merah Bumbu dasar merah biasanya di pakai dalam masakan seperti nasi goreng. Tapi bahan perwarna yang digunakan tersebut mengandung zat kimia misalnya mangan. 7. 4 (empat) macam jenis bumbu : a. Beberapa bumbu dapat berfungsi sebagai bahan pengawet makanan seperti asam. Plastik Wadah plastik adalah pilihan praktis untuk menyimpan makanan. Memberi rasa.b. jangan sampai peralatan masak bebahan enamel tergores. 8. 3.

Bumbu Dasar Kuning Bumbu dasar kuning biasanya di pakai dalam masakan seperti soto. semur. rendang. acar. pesmol. Bumbu Dasar Oranye Bumbu dasar oranye biasanya di pakai dalam masakan seperti kari. bumbu ayam goreng. Haluskan bahan di bawah ini lalu goreng dengan api sedang hingga benar benar matang lalu simpan dalam tople kedap udara dan di freezer.                300 gr cabai merah bunag biji 1 sendok teh jintan 1 sendok teh adas manis bubuk 2.5 sendok makan ketumbar bubuk 100 gr kemiri 150 gr bawang putih 500 gr bawang merah 25 gr kunyit 20 gr jahe 20 gr lengkuas 2 sendok teh lada bubuk 5.5 sendok garam 2 sendok teh gula pasir 150 ml minyak untuk memblender 50 ml minyak untuk menumis d. mi goreng. tumisan. terik daging. Haluskan bahan di bawah ini lalu goreng dengan api sedang hingga benar benar matang lalu simpan dalam tople kedap udara dan di freezer.            100 gr kemiri 150 gr bawang putih 500 gr bawang merah 25 gr kunyit 20 gr jahe 20 gr lengkuas 1 sendok makan lada bubuk 2.b. Bumbu Dasar Putih Bumbu dasar putih biasanya di pakai dalam masakan seperti rawon. mi goreng dan oseng oseng.         250 gr bawang merah 100 gr bawang putih 50 gr kemiri 3 cm lengkuas rajang halus 2 sendok teh garam 2 sendok teh gula pasir 100 ml minyak goreng untuk memblender 100 gr minyak goreng untuk menumis c. Haluskan bahan di bawah ini lalu goreng dengan api sedang hingga benar benar matang lalu simpan dalam tople kedap udara dan di freezer.5 gr garam 2 sendok teh gula 150 ml minyak untuk memblender 50 ml minyak untuk menumis . gulai.

RESEP BALADO IKAN (IKAN KAKAP) Bahan dan Bumbu : 1 ekor ikan kakap. masukkan santan dibarengi dengan ayam. RESEP OPOR AYAM Bahan : 1 kg atau 1 ekor ayam minyak goreng secukupnya 2 lembar daun salam 1 batang serai. masukkan daun salam. lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan. potong-potong garam secukupnya air secukupnya 2 sdm air asam/ air jeruk minyak untuk menumis dan menggoreng secukupnya Haluskan : 3 butir bawang merah 1 siung bawang putih 6 buah cabe merah 2 butir kemiri 4 cm kunyit 4 cm lengkuas 1 sdt garam . Kemudian di goreng dalam minyak panas sampai berwarna kekuning-kuningan. angkat dari atas kompor dan siap disajikan bersama dengan lontong atau ketupat 10. Masak terus sampai santan mendidih dan ayam empuk. lalu dipotong menjadi 10 bagian. di memarkan 1 cm lengkuas. lengkuas dan kayu manis. Angkat dan tiriskan. serai.9. • Haluskan semua bumbu sampai halus. • Setelah keluar aromanya. Selanjutnya panaskan 3 sendok makan minyak. bersihkan. dimemarkan 4 cm kayu manis 750 cc santan dari satu butir kelapa Bumbu : 10 butir bawang merah 4 siung bawang putih 1 sendok makan ketumbar 10 butir jintan 1 /2 sendok teh merica bulat 2 cm jahe 2 cm kunyit garam secukupnya Cara Membuat : • Ayam dibersihkan sampai bersih. • Setelah matang.

biarkan hingga 10 menit. masukkan air asam atau air jeruk.Cara membuat balado ikan kakap : Lumuri ikan dengan garam. angkat dan tiriskan. Beri air secukupnya lalu masak hingga mendidih. Angkat dan sajikan. masukkan ikan lalu aduk rata. Tumis bumbu halus hingga harum. Goreng ikan dengan minyak panas di atas api sedang hingga matang. kecilkan api. .

Dalam kondisi baru. warna. Berikut ini beberapa parameter untuk menentukan kualitas telur seblah luar (Lestari dan Utami.dan tidak terdapat bercak atau noda darah (haryoto. ovomucoid. Kualitas telur akan semakin baik .tanda telur segar yang baik adalah bentuk kulinya bagus. Kualitas A memiliki kedalaman ruang udara 0. B. flavoprotein. Sedangkan faktor isi telur memiliki kekentalan putih telur.3 cm. ovoglobulin. Selain itu. 3. kualitas bagian luar tidak menjadi masalah. ovoinhibitor. tekstur. Kondisi kulit telur Kondisi kulit telur dapat dilihat dari tekstur dan kehalusannya. Kualitas isi telur tampa perlakuan khusus tidak dapat dipertahankan dalam waktu yang lama. Tanda. Kualitas kulit telur yang rendah sangat berpengaruh terhadap keawetan telur. 1. Menurut Sudaryani (2003). maka kualitas telur yang harus diperhatikan. lyzozyme.5 cm. Penguapan yang terjadi juga membuat bobot telur menurun dan putih telur juga lebih encer. Ruang udara Telur yang segar memiliki ruang udara yang lebih kecil dibandingkan telur yang sudah lama. Faktor yang menentukan kualitas telur adalah : A . Kerusakan ini biasanya ditandai dengan kocaknya isi telur dan bila dipecah isi tidak menggumpal lagi. Dalam suhu ruang. conalbumin (ovotransferrin). kualitas telur dapat dikelompokkan berdasarkan ukuran kedalaman ruang udaranya. 2009). tidak cacat atau retak. Kualitas AA memiliki kedalaman ruang udara 0. teksturnya baik. 2. bersih. Jenis protein yang terkandung dalam telur yaitu : Protein serabut ovomucin dan protein globular. kualitas telur bagian luar tidak banyak mempengaruhi kualitas bagian dalamnya. Tetapi jika telur tersebutakan disimpan atau diawatkan . Putih telur Putih telur yang bagus adalah yang tebal dan diikat kuat oleh kalaza. b. warnanya bersih. 2. dan avidin. Kualitas pada kulit telur Kualitas telur sebelah luar ditentukan oleh kondisi kulit telurnya. keutuhan. jika telur tersebut dikonsumsi langsung. cukup tebal. Kualitas Telur Kualitas telur ditentukan oleh dua faktor. putih telur harus bebas dari titik daging atau titik darah (Lestari dan Utami. telur akan mengalami kerusakan setelah disimpan selama 2 minggu. Untuk telur kualitas AA. Kerusakan isi telur karena CO2 yang terkandung didalamnya sudah banyak yang keluar sehingga derajat keasaman telur meningkat. Kualitas B memiliki kedalaman ruang udara lebih dari 0.5 cm. Protein yang banyak terdapat antara lain : ovalbumin. Kebersihan kulit telur Kualitas telur semakin baik jika kulit telur dalam keadaan bersih dan tidak ada kotoran apa pun.masuknya mikroba kedalam telur melalui poro. Kuning telur Telur yang segar memiliki kuning telur yang tidak cacat. dan kebersihan kulit. Pembagiannya yaitu : a.1996) 1. didalam kuning telur tidak terdapat bercak daging atau bercak darah.1.pori kulit telur juga akan merusak isi telur. dan tidak terdapat pembuluh darah. 2009). posisi kuning telur ditengah. 2. rongga udara dalam telur kecil.yakni kualitas luarnya berupa kulit cangkang dan isi telur faktor luar meliputi bentuk. dan ada-tidaknya noda-noda pada putih dan kuning telur. c. warna serta posisi kuning telur.

Penambahan susu akan menjadikan omelette lebih lembab dan gurih. Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang. akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Pada pembuatan poached egg (telur rebus tanpa kulit). Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung. Tambahkan dua sendok makan susu tawar cair pada setiap dua butir telur untuk omelette atau orak-arik. bebek. tidak berbenjol-benjol. panas minyak maupun panas basah. yang perlu diperhatikan disini adalah menghindari penggunaan suhu terlalu tinggi dan waktu terlalu lama. seperti ayam. Diperlukan waktu merebus 10-12 menit dihitung dari mulainya telur dimasukan ke dalam air mendidih. dan angsa. Bentuk telur Bentuk telur yang baik adalah proporsional. Definisi Telur Telur adalah sesuatu yang dihasilkan oleh induk hewan untuk melanjutkankelangsungan hidup populasinya. Hal ini karena protein telur akan terkoagulasi dan menjadi keras. seperti: omellete. Pengolahan telur antara putih dan kuning telur dicampur menjadi satu. kalio telur. dan juga tidak terlalu bulat (Lestari dan Utami. misalnya telur penyu. sebagai garnish. 4. Dasar pemasakan telur sebenarnya sangat sederhana. 2009). 3. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan. jangan memecahkan telur langsung ke dalam adonan. macam-macam olahan telur seperti: telur bumbu bali. scramble. Telur matang keras. Pengolahan telur utuh untuk berbagai kegunaan yaitu: sebagai dasar saus. Jangan langsung merebus telur langsung dari kulkas karena telur biasanya akan retak. keluarkan telur dari kulkas dan diamkan 30 menit. dipecah dan rebus dalam air yang diberi bumbu cuka dan garam (poaching) dan panggang (baking). Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging. rebus setengah matang (soft boiling) rebus matang (boiling for shelling). jika dibuahi pejantan sebgai media dan bekaluntuk membesarkan calon anak dan jika dapat dikonsumsi oleh manusia. rebus telur 5-6 menit dihitung dari pertama telur dimasukan di dalam air mendidih. 3. yaitu bagian putih sudah mengeras dan bagian kuning berwarna kuning dan masih lembut. sebagai appetizer. orak-arik dan sebagainya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah telur antara lain:        Sebelum diolah. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat pemasakan telur : Pengolahan telur dapat menggunakan panas kering. telur bumbu rujak. tidak terlalu lonjong. dadar telur dan sebagainya. Jika menghendaki telur setengah matang. mengingat . Diperlukan waktu memasak 8. Telur matang lembut. bagian putih dan kuningnya sudah mengeras. Jika Anda ingin membuat adonan kue. minyak banyak (deep frying). ikan dan susu.menit dihitung dari waktu pertama telur dimasukan ke dalam air mendidih. gunakan telur baru karena kuning telur akan berada di tengah dan putih telurnya tidak menyebar ketika di rebus.jika tekstur kulitnya halus dan keadaan kulit telurnya utuh serta tidak retak (Lestari dan Utami. telur mata sapi. Ini untuk menghindari ternyata telur sudah busuk. 2009). Beberapa metode pengolahan yang sering digunakan adalah:    Metode pengolahan telur utuh: minyak sedikit (shallow fat).

.. Jalankan pisau perlahan-lahan sepanjang fillet ikan dengan posisi pisau yang agak miring ke bawah. sementara tangan yang satunya memegang kulit ikan yang akan dipotong. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan. Keempat: belah fillet ikan Potong bagian tipis perut fillet ikan.......... Selain enak dimakan. Dan tidak berbau busuk. Proses filleting pada ikan : Pertama: buang kepala ikan Letakkan pisau di belakang sirip dada..... Lemak berfungsi sebagai pembungkus otot dan mempertahankan keutuhan daging pada wkatu dipanaskan...... Keempukan daging ditentukan oleh kandungan jaringan ikat... Kandungan lemak (marbling) adalah lemak yang terdapat diantara serabut otot (intramuscular). Kualitas daging unggas yang baik adalah : 1..... daging ikan bila ditekan terasa keras. potong diagonal ke arah bawah melalui tulang. 2.. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang. Warna daging bervariasi tergantung dari jenis hewan secara genetic dan usia... 3. terutama pada bagian perut...... Ciri-ciri ikan yang segar adalah :     Warna kulit terang dan cerah.... 8. buang sirip dan ekor..... Mata jernih menonjol dan cembung Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat... misalkan daging ....... dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi...ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan. sisik masih utuh tidak banyak yang lepas Insang berwarna merah. potong menggunakan pisau sepanjang tulang punggung dengan perlahan-lahan. Kelima: buang kulit ikan Letakkan pisau di ujung ekor diantara kulit dan daging.... buat potongan lurus ke arah bawah melewati daging dan tulang.. sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur. 7. Kedua: buang ekor ikan Letakkan pisau di antara sirip dan ekor. 5. kulit dan daging ikan tidak mudah robek. .... Potong di tulang rusuk untuk memisahkan potongan fillet ikan.... sirip kuat 6... Semakin tua usia hewan susunan jaringan ikat semakin banyak sehingga daging yang dihasilkan semakin liat.... Marbling berpengaruh terhadap cita rasa. Jika ditekan dengan jari daging yang sehat akan memiliki konsistensi kenyal. Balik ikan. Buang kepala ikan. juga lebih cepat dimasak dibanding bagian fillet yang lain dan lebih kaya lemak.. lakukan juga pada sisi yang satunya.. Ketiga : potong ikan Dimulai dari ujung kepala....

Dengan demikian mempengaruhi daya simpan daging tersebut. bau busuk dari dalam telur biasanya dapat tercium dari luarnya. sedangkan telur yang sudah kurang bagus akan mengapung. Karena sangat disayangkan jika telur-telur yang telah kamu masak ternyata ada salah satu atau beberapa yang tidak baik/busuk diantara telur lainnya. Pisahkan dua sayap dari tubuhnya. maka berkemungkinan bahwa telur tersebut sudah kurang bagus. Karena telur yang telah busuk memiliki bau yang tidak sedap. Memotong Unggas Berdasarkan Teknik Olah Stewing a. Telur yang baik tidak akan berbunyi.Coba guncangkan/kocok telur. dan ada sebagian orang bilang. . Biasanya. Potong carcas menjadi 12 potong. b. Rasa dan Aroma dipengaruhi oleh jenis pakan. Teknik memilih telur yang baik adalah : . 9. Daging berkualitas baik mempunyai rasa gurih dan aroma yang sedap. potong paha.sapi potong lebih gelap daripada daging sapi perah. 4. Hal ini untuk lebih memastikan dalam memilih telur yang baik ketika kamu hendak mengolah/memasak telur di rumah dalam jumlah yang banyak. telur yang berbentuk lonjong memiliki kuning telur yang lebih banyak jika di bandingkan dengan telur yang berbentuk agak bulat.Pilihlah telur yang tidak bau. .Rendam di dalam air. Kelembaban: Secara normal daging mempunyai permukaan yang relative kering sehingga dapat menahan pertumbuhan mikroorganisme dari luar.Pilihlah telur yang berbentuk lonjong. potong menyilang carcas dari tulang dada sepanjang tulang rusuk. . daging sapi muda lebih pucat daripada daging sapi dewasa. . persendian kaki. Pisahkan dada dari tulangnya 10. begitupun sebaliknya. Telur yang baik akan tenggelam. sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. c. Jika berbunyi.