Asam amino diklasifikasikan ke dalam cara yang berbeda berdasarkan polaritas, struktur, kebutuhan gizi, nasib metabolik, dll

. Umumnya klasifikasi yang digunakan adalah berdasarkan polaritas. Berdasarkan asam amino polaritas digolongkan ke dalam
empat kelompok.

1. Non-polar asam amino
Mereka memiliki jumlah yang sama kelompok amino dan karboksil dan netral. Asam amino ini hidrofobik dan tidak memiliki muatan pada kelompok 'R'. Asam amino dalam kelompok ini adalah alanin, valin, leusin, isoleusin, fenil alanin, glisin, triptofan, metionin dan prolin.

3. sistein. Asam amino dalam kelompok ini adalah . Asam amino polar dengan muatan positif Asam amino Polar dengan muatan positif memiliki kelompok lebih amino dibandingkan dengan kelompok karboksil membuatnya dasar. .serin. arginin dan histidin.2. treonin. Kutub asam amino dengan tanpa biaya Asam amino tidak memiliki biaya apapun pada kelompok 'R'. tirosin. Asam amino. glutamin dan aspargine. Mereka adalah lisin. They are lysine.Asam amino berpartisipasi dalam ikatan hidrogen dari struktur protein. arginine and histidine. yang memiliki muatan positif pada kelompok 'R' ditempatkan dalam kategori ini.

Asam amino polar dengan muatan negatif Asam amino Polar dengan muatan negatif memiliki kelompok lebih karboksil dari kelompok asam amino membuat mereka. .4. yang memiliki muatan negatif pada kelompok 'R' ditempatkan dalam kategori ini. Asam amino.Mereka disebut sebagai asam amino mono-dikarboksilat.Mereka adalah asam aspartat dan asam glutamat.