KRIONIKA DAN PENCARIAN AKAN KEABADIAN HIDUP MENURUT SUDUT PANDANG ISLAM

MAKALAH Untuk Memenuhi Tugas Matakuliah Dasar – Dasar Sains yang dibina oleh Bapak Sumardji Adikusumo

Disusun oleh: Mar’atus Sholihah (100321400895) Kelas C / Off C

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM JURUSAN FISIKA April, 2011

Hal itu dapat dihindari jika hanya orang-orang . Seharusnya kesalahpamahaman tentang krionika akibat tidak benarnya berita yang beredar tidak perlu terjadi. Hal itu ditandai dengan penemuan berbagai teknologi baru. sekarang mulai diwujudkan keberadaannya. bisa dikatakan bahwa krionika adalah suatu teknologi untuk menghidupkan kembali manusia yang telah meninggal menurut hukum. ada yang mengkontroversikan antara krionika dan agama. Atau. Namun. Sehingga mengakibatkan timbulnya berbagai kontroversi tentang krionika di berbagai penjuru dunia. justru tidak memberikan informasi secara benar kepada pendengarnya. Teknologi mempermudah dan membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. banyaknya berita yang beredar. Hukum termodinamika I dan II diterapkan dalam proses krionika beserta alat-alat yang digunakan.BAB I PENDAHULUAN A. Prinsip kerja krionika adalah sesorang yang selamat setelah tenggelam dalam lubang air es selama berjam-jam lamanya. Contohnya adalah krionika. Tahun 2011 teknologi mengalami perkembangan yang pesat. Ilmu yang mempelajari krionika disebut kriogenika. Krionika telah banyak menyedot perhatian manusia sejak pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 1960. Banyak teknologi yang dahulunya hanya dianggap sebagai khayalan belaka. Tujuan dilakukannya krionika adalah untuk mempertahankan kehidupan seseorang yang tak lagi dapat dibantu dengan obat biasa dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali dengan maksud tertentu. Bahkan. Krionika adalah teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia yang telah mati menurut hukum dengan menggunakan suhu rendah. yang semakin mempermudah kehidupan manusia. yang dahulunya hanya dianggap sebagai cerita sains fiktif dalam filmfilm layar lebar. yaitu kronika dianggap melawan takdir yang telah ditulisakan Tuhan. Ada yang pro dan kontra terhadap krionika. Hal itu diperburuk dengan pendapat para otoris yang berpengetahuan rendah. Latar Belakang Kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari teknologi. Krionika menggunakan disiplin ilmu fisika dalam penerapannya.

Apakah krionika itu? Apakah manfaat krionika bagi manusia? Peralatan apa saja yang digunakan dalam proses krionika? Bagaimana prosedur pelaksanaan krionika? Bagaimana Islam memandang kematian? Apakah krionika bertentangan dengan agama Islam? C. 1. maka penulis mengangkat judul “Krionika dan Pencarian akan Keabadian Hidup menurut Sudut Pandang Islam” dalam penulisan makalah ini. 5. Seharusnya. Mengetahui kematian dalam pandangan Islam. Cara yang digunakan adalah menghidupkannya kembali pada masa mendatang. 4. 1. 6. 3. 4. Dengan tujuan untuk memberi penjelasan kepada pembaca tentang krionika. karena dengan krionika. beserta hubungan antara krionika dan teoremateorema yang ada dalam fisika. 6. masyarakat yang mengidap penyakit serius dan belum ditemukan obatnya dapat diselamatkan. Mengetahui manfaat krionika bagi manusia. Tujuan Penelitian Tujuan penelitian dalam penulisan makalah yang berjudul ”Krionika dan Pencarian akan Keabadian Hidup menurut Sudut Pandang Islam” dirumuskan sebagai berikut. Mengetahui prosedur pelaksanaan krionika. B. di saat obat penyakit yang diidap telah ditemukan. 2. Rumusan Masalah Rumusan masalah dalam penulisan makalah yang berjudul ”Krionika dan Pencarian akan Keabadian Hidup menurut Sudut Pandang Islam” dapat dirumuskan sebagai berikut. dapat . Mengetahui kebenaran apakah krionika bertentangan dengan agama Islam.yang berkompeten yaitu kriobiologis (sebutan bagi para ilmuwan di bidang krionika) saja yang memberikan informasi tentang krionika. 3. Mengetahui definisi krionika. Mengetahui peralatan yang digunakan dalam proses krionika. Berdasar pada penjelasan dan paparan di atas. 2. dengan ditemukannya krionika dapat menggembirakan masyarakat dunia. 5.

Kriobiologis adalah sebutan bagi para ilmuwan di bidang krionika. Sedangkan. Pengertian krionika sendiri adalah teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali (Foster. “Prinsip kerja krionika adalah mencegah kematian dengan memelihara struktur sel otak. Hal ini menyebabkan banyak orang mengganggap krionika hanyalah sience fiction belaka. Sedangkan. Krionika hanya dapat dilakukan pada seseorang yang telah meninggal menurut hukum. 2004:198). Mereka selamat dan dapat bertahan hidup karena air es menyebabkan raga dalam keadaan “mati suri”. Seseorang dikatakan meninggal menurut hukum apabila jantungnya telah berhenti berdetak. . krionika merupakan praktek spekulatif yang menggunakan suhu rendah untuk mempertahankan kehidupan seseorang yang tak lagi dapat dibantu dengan obat biasa. Karena meninggal menurut medis berarti seseorang telah berhenti seluruh aktivitas otaknya. untuk menjalankan suatu proses krionika seseorang harus meninggal menurut hukum bukan meninggal menurut medis. menurut Alcor (suatu perusahaan yang bergerak di bidang krionika). Kriogenika merupakan ilmu yang mempelajari krionika. sehingga pemulihan tubuh termasuk pemulihan ingatan dan kepribadian tetap mungkin dilakukan dengan bantuan teknologi canggih” (Foster. Peristiwa itu memperlambat metabolisme tubuh dan fungsi otak mereka sampai pada titik di mana mereka hampir tidak membutuhkan oksigen. Teknologi yang mendasari krionika adalah peristiwa ketika seseorang selamat saat jatuh ke dalam danau es dan terendam selama hampir satu jam. Pengertian Krionika Krionika merupakan suatu teknik pengobatan penyakit modern dengan cara menghidupkan kembali seseorang yang telah dinyatakan meninggal meunurut hukum. 2004:198). Tujuan dilakukannya krionika adalah membantu manusia menembus batas ruang dan waktu guna dihidupkan kembali dalam suatu waktu dengan tujuan tertentu.BAB II PEMBAHASAN A. Krionika pernah menjadi ide utama dalam berbagai film besutan luar negeri diantaranya adalah “Vanilla Sky” (2010) dan “Sleeper” (1973). Karena melakukan krionika pada manusia yang masih hidup dilarang dan illegal.

org. Seseorang yang tertarik untuk melakukannya dapat mengunjungi situs www. untuk dihidupkan kembali di masa depan saat teknologi pengobatan sudah dapat menyembuhkan penyakit itu. Karena. pada awal abad ke-21 lebih dari 60 ilmuwan telah menandatangani Surat Terbuka yang mendukung dasar ilmiah krionika. Proses ini mengikuti hukum Boyle. Sedangkan di bidang fisika. peralatan yang digunakan dalam krionika juga menggunakan prinsip termodinamika. berfungsi sebagai tempat penyimpanan tubuh pasien. Pada dasarnya Bigfoot Dewar menerapkan prinsip kerja kalor dapat dipaksa mengalir dari benda dingin ke benda panas dengan melakukan usaha pada sistem. Alcor memungut biaya sekitar $150. krionika adalah suatu teknologi yang bermanfaat untuk membantu manusia dalam menembus batas ruang dan waktu. B. 2006:142). biologi. banyak didirikan perusahaan komersial yang menawarkan jasa krionika. dan fisika. prusahaan terbesar adalah “Alcor”. Alcor didirikan pada tahun 1980. Ilmu itu adalah kimia. Di bidang biologi dan kimia krionika menggunakan “heparin” guna mencegah pembekuan sel otak. Seseorang yang diawetkan dalam krionika dikatakan berada dalam keadaan “suspensi krionika”. Krionika pertama kali dipromosikan pada tahun 1960-an. Krionika dapat menghidupkan kembali manusia yang telah dinyatakan meninggal secara hukum. Pada saat tubuh pasien dalam proses penyimpanan digunakanlah proses isotermal. Dengan kata lain. Sehingga manusia tidak harus merasakan kesakitan terus menerus. Dan. Hal itu sesuai dengan hukum proses isotermal.Dalam penerapannya krionika memakai berbagai disiplin ilmu.alcor. . pada saat mereka hidup belum ditemukan cara mengobati penyakit serius yang mereka idap. Bigfoot Dewar menggunakan hukum II termodinamika (prinsip kerja pada mesin pendingin). karena penyakit serius yang mereka derita belum ditemukan penawarnya. krionika menggunakan “prinsip termodinamika”. orang-orang yang mengidap penyakit serius dan tak terobatilah yang akan dihidupkan pada suatu saat mendatang dengan tujuan untuk pengobatan.000 per orang untuk melakukan suspensi krionika. Manfaat Krionika bagi Manusia Penemuan teknologi mutakhir di bidang kesehatan ini memberi manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Selain itu. yaitu PV=konstan” (Kanginan. yaitu tidak terjadi perubahan temperatur dan volum. Pada umunya. Pada tahun 2010.

Solusi ATP dikembangkan pada tahun 1980-an. telah teruji dan terbukti dalam penelitian inovatif. filter. 3. . Peralatan dalam Krionika Proses pelaksanaan krionika membutuhkan berbagai peralatan. yang berfungsi untuk mempermudah proses. Heparin merupakan obat anti koagulen terkuat. 2. beberapa alat yang dipergunakan dalam krionika menggunakan prinsip termodinamika yang ada pada disiplin ilmu fisika. Thomas Pack Thomas Pack adalah sebuah tas siaga untuki para kriobiologis. Thomas Pack berisi obat-obatan yang berguna untuk mencegah pembekuan darah dan menghambat cedera iskemik (kerusakan seluler yang terjadi akibat dari terhambatnya sirkulasi darah). ATP (Air Transportable Perfusion) ATP berisi pompa dan penukar panas. Heparin Heparin adalah obat terpenting yang harus selalu ada dalam Thomas Pack. 4. Obatobatan itu dipertahankan dalam keadaan dingin sampai akhirnya digunakan. Berikut beberapa peralatan yang digunakan dalam suspensi krionika yang digunakan oleh Alcor adalah : 1. dan komponen lainnya. penukar panas. Yang berfungsi untuk mencegah pembekuan darah. mengganti darah pasien dan menyediakan dukungan metabolik selama transportasi ke ruang operasi krionika. Dan. digunakan dalam perjalanan menuju ruang operasi krionika. yang terprogram pada interval tertentu selama pasien diangkut menuju ruang operasi krionika. ATP berfungsi untuk membersihkan sistem peredaran darah pasien. Dua Log R Dua Log R merupakan pencatat suhu otomatis.C. Dalam tutup ATP terdapat sebuah paket berisi tabung steril biru. agar darah tetap lancar mengalir guna melakukan proses prefusi krionika.

Tidak lupa tubing.5. tekanan. Alat ini berfungsi untuk mengurangi suhu seluruh tubuh pasien setelah perfusi krioprotektive. Perforator digunakan selama operasi krionika untuk membuat dua lubang kecil (masing-masing lubang berasal dari belahan otak yang berbeda) sehingga permukaan otak dapat diamati selama perfusi krionika. 7. Perfusion Equipment Peralatan perfusi (Perfusion Equipment). Diantaranya adalah empat pompa roller medis yang berada di dasarnya. terdapat pula sebuah komputer yang menampilkan catatan suhu. dan waduk cair juga ada dalam peralatan perfusi ini. Yang bertujuan untuk memperoleh izin vitrifikasi volume yang lebih besar di tingkat pendinginan lebih rendah dari sebelumnya. Supercool X1000 Ice Blocker telah ditunjukkan dalam sebuah pameran penelitian. Selain itu. berfungsi untuk mengendalikan peralatan dan memantau proses perfusi krioprotektive di ruang operasi krionika. 8. dengan cara merendam pasien . dan data konsentrasi pasien. Perfotrator Salah satu instrumen alat bedah saraf standar yang digunakan adalah sebuah perforator. Cooldown Area Cooldown Area adalah sebuah kotak segi empat besar berdinding tebal yang mengandung tiga lapisan insulasi busa Trymer Dow. berfungsi untuk mengkontrol tekanan dan aliran darah. Peralatan perfusi merupakan gabungan dari beberapa alat. terdapat empat refraktometer yang bertugas untuk memantau perubahan konsentrasi krioprotektan. Supercool X-1000 Ice Blocker Supercool X-1000 Ice Blocker berfungsi untuk mencegah pembentukan es selama vitrifikasi. Dan. Alat itu dirancang khusus untuk menembus tengkorak tanpa merugikan otak. penukar panas. 6. filter.

pasien dibungkus dengan plastik pelindung dan diikat dengan kawat tandumesh. yang harus diisi ulang secara berkala. Bigfoot Dewar Bigfoot Dewar merupakan wadah vakum terisolasi yang selalu berisi nitrogen cair. Neuro Cooldown Equipment berfungsi untuk mengisi ulang Bigfoot Dewar yang setiap harinya berkurang sebanyak 15 liter karena penguapan. Setiap Bigfoot Dewar dapat menampung seluruh tubuh dari empat pasie. Sekitar 15 liter nitrogen cair per hari menguap dari Bigfoot Dewar. Dengan menggunakan prinsip kerja alat pendingin. Yang berfungsi untuk menjaga dan merawat tubuh pasien.di minyak silikon lalu didinginkan dengan es kering. Pasien dijaga pada suhu stabil -196 °Celcius. 10. 9. Proses Krionika . Pada dasarnya mesin pendingin menerapkan prinsip kerja kalor dapat dipaksa mengalir dari benda dingin ke benda panas dengan melakukan usaha pada sistem (Foster. dan tidak membutuhkan listrik. D. direndam dalam nitrogen cair. dan pompa minyak bersirkulasi melalui palung berisi potongan besar es kering (karbon dioksida beku) yang suhu -79 °Celcius. 2004:197). Sebuah tutup terisolasi ditempatkan di atas bak mandi. Neuro Cooldown Equipment Neuro Cooldown Equipment diprogram secara berkala untuk menginjeksikan nitrogen cair ke dalam Bigfoot Dewar. yang bernama Sir James Dewar. Bigfoot Dewar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan tubuh manusia yang berada dalam keadaan suspensi krionika. yang terbuat dari baja stainles. Jadi. Dinamakan Bigfoot Dewar untuk mengahargai sang penemu. kemudian diturunkan ke dalam minyak. Penggunaan Bigfoot Dewar berdasar pada prinsip termodinamika II yang ada pada fisika. atau sepuluh neuropatients pada setiap ruang yang seharusnya dapat dihuni oleh seluruh tubuh pasien. Setelah bak mandi telah terisi.

Setelah itu. pasien distabilkan tubuhnya. secara teoritis orang itu dapat dibangkitkan kembali di masa depan. Dokter proses bedah pembekuan menghubungkan pembuluh darah utama ke sirkuit perfusi. 2006:198). “Mati menurut hukum mengandung pengertian seseorang yang mati karena jantungnya telah berhenti berdetak. Hal itu dilakukan guna mempertahankan fungsi sel otak pasien. Berikut ini beberapa tahapan dalam melakukan krionika : 1. Pasien Ditempatkan pada MARC dalam Ambulance Selama perjalanan menuju ruang operasi. Sedangkan.Krionika baru dapat dilakukan di saat pasien telah meninggal. Titik akses pilihan vaskular . Karena. Penjemputan Di saat jantung pasien tidak berdetak lagi dan dokter menyatakan bahwa pasien telah meninggal secara hukum. Cryoprotective Perfusion Di ruang operasi dilakukan. Karena melakukan krionika kepada orang yang masih hidup adalah ilegal. 2. Sehingga. maka tim krionika akan menjemput pasien dan membawanya ke ruang operasi krionika dengan krionika. Maka dari itu. Untuk menjalankan proses krionika seseorang harus berada di antara fase kematian menurut hukum dan kematian total. Dengan cara memasok oksigen dan darah ke otak pasien dalam jumlah yang cukup. krionika berusaha untuk mengawetkan fungsi sel otak yang tetap bekerja. Seseorang yang diawetkan sedemikian rupa dikatakan berada dalam keadaan suspensi krionika. krionika. tubuh pasien dibungkus es dan disuntikkan heparin (sejenis antikoagulan/anti pembekuan darah) untuk mencegah terjadinya pembekuan darah selama perjalanan menuju ruang operasi krionika. itu peralatan Tim medis dilengkapi seperti Thomas Pack yang berisi obat-obatan dan juga HLR. mati secara total diartikan sebagai seluruh fungsi sel otak pasien telah berhenti bekerja” (Foster. Kegiatan ini dilakukan dengan bantuan HLR. pasien harus terlebih dahulu dinyatakan mati menurut hukum. bukan mati secara total.

Yang memungkinkan verifikasi perfusi otak dengan suntikan pewarna. yang diakses oleh operasi toraks (sternotomy median). menunjukkan bahwa penghalang darah-otak telah diganggu.adalah arkus aorta dan daun telinga kanan jantung. dan pengamatan respon osmotik otak. Sekelompok ahli bedah mengakses pembuluh darah pasien Staf ahli mempersiapkan Perfusi krioprotektan untuk vitrifikasi Dalam tahap ini seluruh air yang ada pada sel-sel tubuh pasien dibuang dan diganti dengan suatu campuran yang bernama krioprotektan. Cedera otak membengkak. Ruang operasi krionika Status otak secara visual dipantau melalui dua lubang kecil di tengkorak dibuat dengan menggunakan alat bedah saraf standar (14 mm Codman perforator). Solusi itu telah secara khusus divalidasi untuk pelestarian . Krioprotektan merupakan campuran bahan kimia yang dikembangkan oleh kriobiologis untuk mengawetkan organ cangkokkan dalam jangka waktu lama. yang berfungsi untuk mencegah pembekuan. Sebuah otak yang sehat sedikit ditarik dari tengkorak dalam menanggapi perfusi krioprotektan. cedera ini sering terlihat pada pasien yang menderita lama serangan jantung yang tidak diobati.

pada akhirnya pasien akan membatu (mencapai keadaan bebas es stabil). pasien didinginkan di bawah kontrol komputer dengan menggunakan gas nitrogen pada suhu dekat -125 °C. Alih-alih membeku. Tujuannya adalah untuk mendinginkan semua bagian tubuh pasien dibawah -124 °C (suhu transisi kaca) secepat mungkin untuk menghindari terbentuknya es. Hal ini membutuhkan sekitar tiga jam. pasien didinginkan dalam wadah berrisi es kering Setelah vitrifikasi selesai. Bigfoot Dewars memerlukan pengisian ulang setiap beberapa minggu. pasien ditempatkan dalam wadah alumunium Pasien dimonitor dengan sensitif instrumen crackphone selama periode pendinginan yang lama untuk mendeteksi rekah peristiwa yang cenderung terjadi ketika objek besar yang didinginkan di bawah temperatur transisi kaca. Dalam jaringan sejumlah kecil sisa air tidak dapat membeku. 3. Nitrogen cair . Pada akhir perfusi. Nitrogen cair berada di ruang vakum. jaringan berubah menjadi kaca saat mereka didinginkan pada suhu kriogenik. yang disebut Bigfoot Dewars. Pasien ini kemudian didinginkan lebih lanjut untuk -196 °C selama sekitar dua minggu. Pendinginan Setelah perfusion cryoprotective. Dalam kamar operasi Alcor. Long Term Care Saat ini pasien disimpan dalam nitrogen cair pada suhu -196°C. krioprotektan hadir pada konsentrasi sekitar 60%.struktur otak. 4.

Kematian dalam agama Islam mempunyai peranan yang sangat besar dalam memantapkan akidah serta menumbuhkembangkan semangat pengabdian. dan tidak akan mempersiapkan diri menghadapinya. Dapat dikatakan bahwa inti ajakan para Nabi dan Rasul setelah kewajiban percaya kepada Tuhan adalah kewajiban percaya akan adanya hidup setelah kematian. Tubuh pasien disimpan dalam suatu kondisi yang dijaga suhunya agar selalu tetap konstan. Al-Qur’an menyebut al-hayat ad-dunya (kehidupan yang rendah). Dari al-Qur’an dapat ditemukan bahwa kehidupan yang dijelaskannya bermacam-macam dan bertingkat-tingkat. berulang kali ditekankannya bahwa ada kehidupan di dunia ini dan ada kehidupan kehidupan yang pertama sebagai di akhirat. Proses Long Term Care menggunakan prinsip termodinamika I dalam penerapannya. dan malaikat. . agama Islam menganjurkan manusia untuk berpikir tentang kematian. Kematian pertama dialami oleh manusia sebelum kelahirannya Tepatnya sebelum Allah menghembuskan ruh kehidupan kepadanya. manusia tidak akan berpikir tentang apa sesudah mati." atau "antonim dari hidup". Ada kehidupan tumbuh-tumbuhan. sehingga otak pasien masih terendam dalam nitrogen cair. Karena itu.digunakan karena murah dan dapat didapatkan. melainkan dua kali. Tubuh pasien disimpan dengan posisi kepala di bawah sebagai antisipasi terjadi kebocoran Bigfoot Dewars. Proses ini mengikuti hukum Boyle. Seperti sabda Rasulullah :“Perbanyaklah mengingat pemutus segala kenikmatan duniawi (kematian)”. Hal itu sesuai dengan proses isotermal. dimana selanjutnya ia akan memperoleh kehidupan dengan segala macam kenikmatan atau berbagai ragam siksa dan kenistaan. Dalam pandangan Al-Quran kematian tidak hanya terjadi sekali. sampai ke tingkat tertinggi yaitu kehidupan Yang Maha Hidup dan Pemberi Kehidupan. jin. yaitu PV=konstan” Pasien ditempatkan di Bigfoot Dewar E. Di sisi lain. Pandangan Agama Islam tentang Kematian Kematian oleh sebagian ulama didefinisikan sebagai "ketiadaan hidup. “Proses isotermal adalah proses perubahan sistem pada suhu dan volum tetap. binatang. kematian kedua saat ia meninggalkan dunia fana. Kematian adalah awal dari sebuah perjalanan panjang dalam evolusi manusia. Agama Islam merupakan agama samawi yang mengajarkan bahwa ada kehidupan sesudah kematian. Sedangkan. Tanpa kematian.

Istilah-istilah itu sebagai salah satu isyarat betapa al-Qur’an menilai kematian sebagai jalan menuju perpindahan ke sebuah tempat. al-wafat (wafat). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda. antara lain. Dalam Surah al-Baqarah ayat 28. Pada Surah at-Taubah/ 9: 38 juga dijelaskan:                                       Artinya : “Hai orang-orang yang beriman.tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir”. Allah berfirman: .” Ada beberapa istilah yang digunakan al-Qur’an untuk menunjukkan kematian ini. kalau mereka mengetahui”. Allah berfirman dalam Surah al-Zumar/ 39: 42 sebagai berikut:                                     Artinya : “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya. dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun”. Maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan. Apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: "Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah" kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit. dan keadaan yang lebih mulia dan baik dibanding dengan kehidupan dunia. Dijelaskan pula dalam Surah al-Nisa’/ 4: 77 bahwa:                      Artinya : Katakanlah: "Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa. imsak (menahan).sedangkan yang kedua dinamainya al-hayawan (kehidupan yang sempurna). Bukankah kematian adalah wafat yang berarti kesempurnaan serta imsak yang berarti menahan (di sisi-Nya)? Al-Qur’an juga menjelaskan bahwa kematian untuk menguraikan nikmat-nikmat-Nya kepada manusia. Allah berfirman dalam Surah al-Ankabut/ 29: 64 sebagai berikut:                          Artinya : “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main.

pada dasarnya sebagai manusia bisa kita hanya bisa berharap semoga kelak suatu saat nanti akan ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut. kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali. Bukan berarti manusia tidak boleh melakukan suspensi krionika. hendaknya kita bisa menerimanya dengan sabar dan ikhlas. Apabila kita telah dituliskan untuk meninggal dalam suatu penyakit yang belum ditemukan obatnya. . Mungkin suspensi krionika dapat dihalalkan pelaksanaannya apabila memiliki tujuan yang jelas yaitu demi kebaikan. ditakutkan akan terjadinya penyalahgunaan anggota tubuh manusia yang berada dalam proses suspensi krionika yang berbuntut pada hal-hal negatif.                 Artinya : “Mengapa kamu kafir kepada Allah. Karena. Karena belum ada suatu hukum Islam yang menjelaskan tentang kebolehan pelaksanaan suspensi krionika. APAKAH KRIONIKA MENENTANG TAKDIR KEMATIAN MANUSIA? Apakah krionika menentang takdir kematian manusia yang telah ditetapkan oleh Allah SWT? Apakah krionika dianggap sebagai suatu dosa besar karena dianggap mempermainkan hidup dan mati seorang manusia? Apakah sang Kriobiologis (ilmuwan di bidang krionika) dapat dianggap sebagai Tuhan. lalu Allah menghidupkan kamu. Sampai sekarang belum ada suatu keputusan yang jelas dari Lembaga Islam baik di dunia maupun di Indonesia. Padahal kamu tadinya mati. Hendaknya hal tersebut menjadi suatu cambukan keras bagi umat manusia dalam menemukan obat-obat penyakit yang belum ditemukan. tentang status hukum pelaksanaan krionika bagi umat Islam. Pada dasarnya. sebagai seorang manusia hendaknya kita menerima segala sesuatu yang telah dituliskan oleh Sang Khalik kepada kita. kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?”. Namun. Hal ini dimungkinkan karena minimnya pengetahuan khalayak umum tentang krionika dan belum banyaknya umat muslim yang ingin melakukan suspensi krionika dikarenakan biayanya yang mahal. Karena kita bukanlah Tuhan yang dengan mudah memberi dan mencabut nyawa seseorang. karena mampu menghidupkan kembali seseorang yang telah meninggal? Semua pertanyaan ini tentunya menggelayuti pikiran setiap manusia. F.

Prinsip termodinamika I yang berupa proses isotermal digunakan dalam proses penyimpanan tubuh pasien. prinsip termodinamika II yang berupa penerapan mesin pendingin digunakan dalam pembuatan alat Bigfoot Dewar. seperti kimia. Saran . Di bidang fisika. pendinginan. krionika menggunakan prinsip termodinamika I dan II. untuk proses personifikasi menggunakan empat tahap. sehingga pemulihan tubuh. Peralatan yang diguanakan dalam proses krionika adalah Neuro Cooldown Equipment. ingatan. Dalam penerapannya krionika memakai berbagai disiplin ilmu. Cooldown Area. Krionika bermanfaat untuk menghidupkan kembali seseorang yang telah meninggal akibat suatu penyakit yang serius di masa mendatang. Perfusion Equipment. Tahap-tahap itu adalah penjemputan. Supercool X-1000 Ice Blocker. Heparin.BAB III PENUTUP A. biologi. Bigfoot Dewar. dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali demi suatu tujuan tertentu. Dua Log R. dan Long Term Care B. dan Thomas Pack. Prinsip kerja krionika adalah memelihara struktur sel. Cryoprotective Perfusion. Krionika adalah teknik spekulatif yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah. Sedangkan. di saat teknologi pengobatan telah ditemukan. Perfotrator. dan fisika. Dan. Simpulan Ilmu yang mempelajari krionika disebut kriogenika. dan kepribadian tetap mungkin dilakukan. ATP (Air Transportable Perfusion).

org/AtWork/p2facility. (Online).html. Alcor. (Online). Bertujuan agar tidak mengakibatkan kontroversi yang berkepanjangan. diakses pada 15 April 2011). Prosedur Krionika.Mengingat betapa pentingnya manfaat dari krionika. Alcor.alcor.html.alcor.org/AtWork/p1field.alcor. diakses pada 15 April 2011). 2010.html. diakses pada 15 April 2011). 2010. (Online).org/AtWork/index.org/procedurs. . Fasilitas Krionika. DAFTAR RUJUKAN Alcor.alcor. apalagi sampai menyeret urusan agama.org/AboutCryonics/index.alcor.html.html. (http://www. Alcor. Pengertian Krionika. maka diharapkan kepada para masyarakat luas terutama mahasiswa tuntuk menggunakannya demi kepentingankepentingan positif saja. 2010. Peralatan Krionika. diakses pada 15 April 2011). (http://www. 2010. Hendaknya setiap berita yang beredar tentang krionika diselidiki terlebih dahulu kebenarannya. (http://www. Alcor. diakses pada 15 April 2011). (Online). (http://www. (Online). (http://www. Cara Kerja Krionika. 2010.