ARTIKEL

WIRAUSAHA SUKSES
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Pelajaran .

Disusun Oleh : Kelas :

PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA DINAS PENDIDIKAN

SMP NEGERI 19 KOTA TASIKMALAYA
Jln. Leuwidahu telp.(0265) 7080555 Kecamatan Indihiang 2012/2013

beliau menemukan sistem penjualan yang jauh lebih efektif. dalam satu tahun bapak Mochamad Taufiq ini mulai bisa mengumpulkan modal. beliau rela bekerja 24 jam penuh demi memenuhi permintaan Dari modal yang ia kumpulkan dalam setahun inilah. Dari omset ini. Seperti sayur tanpa garam. Dari cara baru ini. Rasanya mustahil ya? Saya juga pas baca nggak percaya. . beliau sudah mampu merekrut 25 karyawan. Tapi karena kondisi keluarga. Padahal modal awalnya hanya 20 ribu rupiah. Ide bisnis kreatif ini beliau dapat ketika melihat warna-warna keramik waktu itu cenderung suram dan makin lama makin pudar. Mulai dari usaha penjualan. Beliau berulang kali menghadapi banyak rintangan. Lama-kelamaan. beliau merekrut karyawan hanya tiga orang. lalu dia cat sendiri.Kisah Wirausaha Sukses Bermodal Hanya 20 Ribu Rupiah !! Siapa sangka wirausaha sukses ini kini berjaya dengan omset ratusan juta perbulan. mecari toko yang bersedia menjadi penampung hingga persoalan dengan pemerintah daerah. Munculah ide mencari pewarna keramik yang bisa memberi warna lebih kuat dan tahan lama alias awet. Pada saat itu modalnya hanya 20 ribu saja. beliau memilih menjadi supplier 5 buah toko besar di kawasan pusat keramik Purwakarta. Setelah mengamati cat pada kendaraan. beliau iseng mencobanya pada keramik dan ternyata hasilnya jauh lebih bagus. Kaget… Makanya saya muat ulang disini. yaitu memakai cat kendaraan untuk menghasilkan pewarnaan yang jauh lebih tajam dan lebih menarik. Awalnya. Saking pengennya mengumpulkan modal yang banyak. Anda bisa hitung kan berapa keuntungan beliau dalam satu bulan? Saat ini. Tapi yang namanya usaha pasti bukannya tanpa kendala. Beliau memulai usaha keramik pada tahun 1990. Dari modal sekecil itu. biar bisa jadi inspirasi bisnis bagi Anda Namanya Bapak Mochamad Taufiq. Sebenarnya beberapa tahun yang lalu usaha beliau lebih besar dari sekarang. Ternyata sedikit demi sedikit produk keramik beliau mulai mendapatkan banyak peminat. beliau terpaksa menjual 2 pabriknya. beliau bisa menghasilkan omset 150 juta rupiah. beliau benar-benar menjadi seorang wirausaha sukses di kota Purwakarta. Kemudian beliau berhasil membuka pasar hingga ke Kalimantan dan Sumatra sekaligus. beliau menawarkan produknya ke konsumen. Beliau menciptakan positioning yang cukup inovatif di jamannya. Awalnya beliau hanya membeli keramik jadi dari produsen yang ada. Saat itu beliau sudah memiliki 4 buah pabrik. Daripada menjualnya langsung dan capek untuk promo kesana kesini. Kebutuhan bahan bakunya hingga 2 ton tanah liat dalam sebulan. Dalam satu bulan. Ternyata ini bukan ide buruk. Usaha penjualan langsung pun beliau hentikan. Kemudian. beliau mulai full untuk menjajaki dunia keramik dengan memproduksi keramik buatannya sendiri. beliau bisa mendapatkan margin dari harga jual produk setidaknya 30%.

. beliau pernah mendapat beberapa tindakan pemerasan.Beberapa waktu lalu sempat usaha beliau terbentur dengan masalah tuduhan pengerusakan lingkungan. repot ya… Tapi itulah pengusaha. bagi Anda yang baru memulai bisnis dan menemui ribuan masalah. Pantang mundur dan menyerah walau rintangan menghadang. Tapi setelah beberapa kali pembicaraan dan perbaikan sistem produksinya. Saya berharap semoga kisah wirausaha sukses ini bisa menginspirasi Anda untuk melahirkan ide-ide bisnis yang bisa membuat Anda bisa menjadi Mochamad Taufiq – Mochamad Taufiq berikutnya. So. Terus berinovasi dan berusaha keras. Yang lebih parah. Wah. jangan pernah berhenti. usaha beliau kembali mendapat lampu hijau.

Dengan bahan baku yang dipasok dari langganan rutinnya. Semakin tua usia seseorang maka tingkat produktivitasnya akan semakin menurun. nenek yang memiliki 16 cucu tersebut masih semangat mengontrol dan mengawasi proses produksi hingga proses pemasaran aneka cake & bakery miliknya. yang kini masih aktif memproduksi aneka cake & bakery. Brontokusuman Mergangsan Yogyakarta. lama-lama saya berinisiatif untuk menjual roti-roti tersebut di pasar. Cake & bakeryMeskipun berasal dari keluarga pengusaha batik. Wafronah Basir (78). tidak sedikit pula pelanggan yang datang langsung ke rumah beliau untuk memesan beragam cake & bakery untuk keperluan hajatan . Basir dengan logat jawanya yang khas. Basir memutuskan untuk mendirikan usaha produksi cake & bakery di rumahnya Karangkajen MG 3/297.Basir begitu beliau disapa menuturkan awal mula membangun usaha pembuatan cake & bakery berawal dari hobi. “Saya termasuk orang yang hobinya memasak dan membuat roti. Hj. dengan menggunakan Barokah Cake & Bakery sebagai nama usahanya. Basir mulai menekuni dan rutin memproduksi beragam roti mulai pada tahun 1980. tiga buah jenis roti mampu mereka produksi. Pasar Sentul.” jelas Hj. Di usianya yang sudah lanjut. dan Pasar Demangan. Pasar Legi. Barokah Cake & Bakery rutin memproduksi minimal 20 kg bahan baku roti setiap harinya. Dibantu tiga orang tenaga produksi. dan Roti Kenari. Ditemui di rumahnya Sabtu (26/3). Pasar Kotagede.” terang Hj. Hj. karena responnya bagus maka keterusan sampai sekarang. produk Barokah Cake & Bakery saat ini sudah banyak beredar di beberapa pasar di wilayah Jogja. Namun anggapan tersebut ternyata tidak berlaku bagi Hj. Selain itu. Setelah itu.Kisah Sukses Dapur Cokelat 31 Maret 2011 Banyak orang yang beranggapan jika usia banyak mempengaruhi produktivitas seseorang dalam berkreasi dan menghasilkan produk usaha. “Produk kami pasarkan di Pasar Kranggan. namun karena dorongan hobi dan kegemarannya memproduksi kue. yaitu Roti Boi. Basir tentang awal mulanya menggeluti dunia roti. Roti Pisang. Hj. Dan saat ini.

Dengan dibantu suami dan salah seorang putranya. jika seperti itu maka roti-roti tersebut saya berikan kepada tetangga sekitar maupun jamaah sholat di masjid. apalagi bahan bakunya juga mudah didapat karena rumah kami sebelahan dengan Pasar TelBerawal dari kegemarannya terhadap cokelat sejak kecil. jadi bahan bakunya juga mudah untuk memproduksi criping telo. sehingga mereka merasa betah dan tak segan untuk kembali lagi ke Dapur Cokelat.maupun untuk acara keluarga. ternyata membuat Ermey tertarik untuk menjalankan bisnis coklat.1. Ia membuat suasana di dalam outlet seperti halnya ruangan dapur.700. namun criping telo tersebut saat ini sudah dipasarkan di 44 toko camilan dan oleh-oleh yang ada di sekitaran kota Jogja. Berawal dari hobinya sedari kecil yang “doyan” makan coklat. Basir berniat untuk meningkatkan kapasitas produksi criping dengan menggunakan mesin modern.1.00 per bungkusnya. saat ini Hj. “Criping telo ternyata memiliki prospek yang sangat bagus.00-Rp. lengkap dengan furniture kitchen set serta perabot rumah tangga lainnya yang sering ditemui di rumah para konsumen. Sebelum meraih kesuksesannya seperti sekarang ini. Basir juga berujar jika saat ini beliau mulai berinovasi dengan membuat produk keripik singkong (criping telo). Meskipun termasuk produk keluaran terbaru. dulunya Ermey memulai bisnis kue dan permen coklat dengan menerima pesanan di rumah. Atas alasan itulah. namun Ermey yang akrab dipanggil Eyi ini aktif mempromosikan produknya ke . “Kadang hasilnya memang tidak sempurna bentuknya.Basir juga mengaku jika dalam proses produksi roti-rotinya tersebut tidak jarang menghasilkan bentuk yang tidak sempurna. Basir mengaku bisa memperoleh laba bersih sekitar 3 juta rupiah per bulannya. “Rumah saya ini dekat dengan pasar telo karangkajen.200. Kegiatan tersebut dimulainya sejak tahun 1994 ketika Ia masih berstatus sebagai mahasiswa. Pengusaha roti Hj.” kata Hj. Basir sambil menunjuk masjid yang ada di dekat rumahnya. Basir. ternyata mengantarkan Ermey Trisniarty menuju puncak kesuksesan. Dengan mengusung nama “Dapur Cokelat” Ermey mencoba menawarkan sebuah konsep yang unik bagi para penggemar makanan manis ini. Hj. Hj. Dengan harga berkisar Rp.” imbuh Hj. usahanya tersebut beliau beri nama Barokah Cake & Bakery. Meskipun saat itu bisnisnya baru skala rumahan. dengan maksud bisa memberikan ketentraman (barokah) bagi dirinya dan orang lain. Inilah yang memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumennya. Kegemarannya yang besar terhadap coklat. membuat wanita kelahiran Jakarta 2 Mei 1975 ini memutuskan untuk membuka bisnis coklat di tahun 2001. Usaha membuat kueDitemani salah seorang cucunya.

Mulai dari yang sederhana. Ermey menggandeng dua rekannya untuk membuka toko coklat yang berbeda dari toko lainnya. hingga pesanan pun mulai berdatangan setiap harinya. Berkat keunikan dekorasi toko yang ditampilkan serta kualitas rasa cokelat yang ditawarkan Ermey. Sekian dulu kilas profil pengusaha sukses untuk pekan ini. Jakarta Selatan dan membeli peralatan masak yang diperlukan untuk bisnis cokelatnya. akhirnya dibangunlah sebuah toko cokelat dengan konsep dapur yang sangat homy. Kondisi inilah yang mendorong mantan karyawati hotel ini mulai menggeluti bisnis cokelatnya dengan serius. karena konsep yang ditawarkan memberikan kesan nyaman kepada setiap pengunjungnya. mereka menyewa sebuah tempat di jalan KH Ahmad Dahlan. dan satu outlet di jalan Biliton Surabaya. Tebet.cokelat Setelah resign dari sebuah hotel yang ada di Jakarta. Kompleks GreenVille. dan selamat berkarya.berbagai teman dan kerabat dekatnya. mengingat peluang pasar di bisnis ini masih sangat bagus. Dan ternyata strategi tersebut berhasil. Kelapa Gading. Salam Sukses! . Sesuai ide yang telah mereka sepakati. mulai dari hobi Anda. Seperti di daerah Menteng. Tak heran jika bisnis ini dengan mudahnya menarik minat para konsumen. kini dapur cokelat telah berkembang pesat dan dengan sistem kemitraan kini cabangnya sudah tersebar di sekitar Jakarta dan Surabaya. semoga kisah sukses Dapur Cokelat tersebut bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi inspirasi bisnis Anda. Bisa dipastikan omset yang diterima Ermey pun kini bisa melebihi modal usaha yang pernah dikeluarkannya sepuluh tahun silam. Dengan modal patungan sebesar Rp 75 juta untuk setiap orangnya.

Sebelum sukses membangun bisnis waralaba Jamur Kriuk. Namun pengalaman buruk itu justru semakin melecut pria kelahiran 4 April 1982 ini untuk mendalami ilmu berbisnis. Toni melamutkan kuliah di Jakarta hingga meraih gelar magister manajemen. Fatoni pun berjualan beras agar dapat membayar ongkos indekos. Karena tidak memiliki pekerjaan. Fatoni berusaha mencari informasi lengkap tentang peluang usaha makanan dari . makanan Jamur kriuk ini mampu mendatangkan limpahan rupiah buat Fatoni. Fatoni sempat melamar ke perusahaan otomotif dan perbankan. Saat itu Fatoni sempat meratapi kegagalannya itu. Di kampung. Guna mewujudkan impian bisnisnya itu. untuk melanjutkan sekolah.pasan. Pemilik CV Manggala Karya Abadi (MKA) di Purwokerto. ini sejak kecil sudah mendambakan memiliki usaha yang bisa mempekerjakan orang lain. Saat membantu bisnis keluarga istrinya itulah Fatoni mendapatkan inspirasi untuk berbisnis makanan. Ketika itu. saat masih duduk di bangku SMA. senang. perusahaan patungan bidang konstruksi dan penerbitan bersama sahabatnya. Fatoni pun memulai lembaran baru dalam hidupnya. Merasa ilmunya sudah mumpuni. Tapi ia juga tidak mau berlama-lama larut didalam kesedihan. Gagal mencari pekerjaan di Jakarta. Mungkin anda masih memandang sebelah tangan makanan yang satu ini. Tapi usaha itu tidaklah lama. Lita Desita Permatasari. Menjadi wirausaha sukses adalah cita-cita Fatoni. Namun. Bahkan ia pernah merasakan pahitnya menjadi pengangguran walaupun sudah mencoba mencari pekerjaan di Jakarta. "Berasnya diambil namun tidak dibayar. Jawa Tengah. Dengan sang isteri. jodoh saya ternyata datang.Kisah Sukses Wirausaha Jamur Kriuk Fatoni adalah seorang contoh wirausaha sukses yang menekuni bisnis jamur kriuk. Begitu lulus SMA. Fatoni sempat menemui kegagalan berbisnis konstruksidan penerbitan. Fatoni terpaksa gulung tikar karena ditipu teman kosnya sendiri hingga modal dagangnya pun melayang. Apalagi mertua dan istrinya mahir memasak." kenang Fatoni. Tapi sayang. Demi mengejar cita-cita ini." ujarnya. Walaupun tidak memiliki penghasilan tetap. Lantaran kiriman dari orangtua juga pas . Fatoni telah gagal membangun bisnis konstruksi dan penerbitan. namun dua perusahaan itu tak memberinya kesempatan. Fatoni harus indekos di Cilacap. "Pelanggan saya adalah para tetangga kos." kata wirausaha waralaba Jamur Kriuk ini. Fatoni membuka . Fatoni juga tak sungkan berjualan beras. Tetapi Ibukota tak mampu memberi harapan masa depan untuk Fatoni. Lita Desita Permatasari. Fatoni pun terpaksa mudik ke rumah orangtuanya di Purwokerto. Ketika itu. Tapi pintu sukses bagi Fatoni terbuka usai memperistri gadis idamannya. Fatoni mengisi hari-harinya membantu usaha mertua berbisnis rumah makan. usaha ini gagal. Fatoni juga tak memiliki pekerjaan tapi dia tetap percaya diri menikahi gadis impiannya. Fatoni berusaha bangkit kembali dengan mencoba mencari pekerjaan di Jakarta.

panjang lebar. kami langsung membuka usaha jamur ini. Setelah konsep bisnis selesai. Berkat pergaulan Fatoni yang luwes." cerita Fatoni. tapi selalu lewat diskusi dulu. para terwaralaba pun berdatangan. inilah menu yang pas untuk usaha saya." ujar Fatoni. Fatoni mulai bereksperimen. menambahkan. jamur goreng itu laris manis. Namun. Dan temyata. dia tak kesulitan menjaring investor untuk mengembangkan bisnis. isteri Fatoni. kira-kira makanan apa yang bisa dijual dan laris manis sehingga dengan gampang bisa diwaralabakan. Saya pikir. Ini sering disalahgunakan. dia tidak mau ambil keputusan sendiri. dia bersama suaminya tidak memerlukan waktu lama untuk mengeksekusi wirausaha jamur kriuk itu." terang Lita Temyata." kata lita Lita menilai kesuksesan suaminya itu tidak lepas dari kerja keras mereka setelah hidup bersama "Sebagai kepala keluarga. Lita juga menyadari kelemahan sang suami yang mudah percaya kepada orang lain. Fatoni memang sosok yang mudah bergaul. jamur goreng dengan aneka rasa ini memang enak bila jamur digoreng kering dan garing renyah. Itulah sebabnya. perhitungan Fatoni benar." ungkap Lita . Mereka ingin berbisnis jamur goreng yang kemudian diberi nama Jamur Kriuk im Dalam pandangan sang istri.berbagai lileratur. Dia meminta sang isteri untuk membuat jamur goreng namun dengan aneka varian rasa. temyata dia setuju. Lita Desita. "Konsep ini saya diskusikan dengan istri. Fatoni menemukan konsep bisnis waralaba. Fatoni masih bingung. "Kebetulan ketika itu isteri saya memasak jamur goreng dan rasanya enak. Dari situlah. Setelah konsepnya matang dan produknya sudah ada.

ukmkecil.com/wirausaha/kisah-sukses-wirausaha-jamur-kriuk .Sumber : .dokterbisnis.net/2013/06/01/kisah-wirausaha-sukses-bermodal-hanya-20ribu-rupiah/ http://wirausaha.com/index.desamodern.php/web/artikel/detail/3 http://www.http://www.