P. 1
Sifat Fizik Alkana Dan Alkena

Sifat Fizik Alkana Dan Alkena

|Views: 230|Likes:
Published by Tan Cheng Rui

More info:

Published by: Tan Cheng Rui on Aug 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2015

pdf

text

original

Sifat Fizik Alkana dan Alkena

Alkana dan alkena mempunyai sifat fizik yang sama. Kedua-dua alkana dan alkena :
Terdiri daripada hidrogen dan karbon sahaja , iaitu merupakan hidrokarbon. Diperoleh daripada petroleum dan gas asli. Tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik Alkana dan alkena dalam bentuk cecair adalah kurang tumpat daripada air. Bersifat neutral.

Semakin besar saiz molekul alkana atau alkena , semakin :
tumpat alkana/alkena itu ( kerana jisim semakin bertambah.) tinggi takat lebur dan takat didih alkana/alkena ( kerana daya tarikan antara molekul bertambah) rapat molekul-molekul alkana/alkena dan ia bertukar daripada keadaan gas kepada cecair dan seterusnya kepada pepejal.

Sifat Kimia Alkana dan Alkena

Alkana dan Alkena mempunyai sifat kimia yang berbeza.
Alkana Formula molekulnya ialah CnH Merupakan hidrokarbon tepu Alkena Formula molekulnya ialah CnH2n Merupakan hidrokarbon tak tepu

2n+2

Tidak bertindakbalas dengan air Melunturkan warna perang air bromin atau larutan kalium manganat (VII) berasid bromin atau melunturkan warna ungu larutan kalium manganat (VII) berasid Kurang reaktif kerana Sangat reaktif kerana ada ikatan

atom-atomnya terikat antara satu ganda dua sama lain dengan kuat. Bertindakbalas dengan gas klorin Bertindakbalas dengan gas klorin dalam cahaya Menghasilkan sedikit jelaga apabila terbakar. (kerana peratus karbon dalam molekul kurang) tanpa kehadiran cahaya Menghasilkan lebih banyak jelaga apabila terbakar. (kerana peratus karbon dalam molekul lebih tinggi.)

Kedua-dua alkana dan alkena terbakar dalam oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida dan air.

ALKANA Keluarga sebatian karbon yang pertama yang kita akan bincangkan ialah alkana : Dalam keluarga ini ciri-cirinya ialah: 1. Siri homolog : alkana 2. Hidrokarbon tepu 3. Mempunyai ikatan tunggal 4. Formula am : CnH2n+2 (n = 1,2,3……) # Keluarga alkana mempunya 10 orang ahli utama iaitu nama manja berdasarkan kedudukan anak dalam keluarga dan akan di bin kan dengan "ana", DNA ditulis berdasarkan formula am bergantung pada kedudukan anak dalam keluarga : Jadi.... disimpulkan bagi keluarga alkana :

SIFAT FIZIK = SIFAT FIZIKAL YANG DAPAT DISUKAT Sifat fizik ahli keluarga alkana berubah apabila : semakin bertambah kedudukan anak = bilangan atom karbon sifat fiziknya juga berubah....

.Kurang aktif secara kimia kerana sebatian hidrokarbon tepu.SIFAT KIMIA = DNA ahli keluarga alkana SAMA sifat kimianya SAMA iaitu : .3 jenis tindak balas kimia ahli keluarga alkana : .

.

. Malah. bahan styrene dan benzin yang terdapat dalam polisterina boleh membawa kesan buruk kepada alam sekitar melalui penipisan lapisan ozon dan ia tidak boleh dikitar semula. hidung dan tekak. kelemahan otot. Sebagai contoh.kajian membuktikan bahawa polisterina mengandungi bahan kimia yang boleh menyebabkan kanser dan ia mengambil masa 500 tahun untuk reput dan kemudiaannya akan bertukar menjadi toksik. kesan pada sistem saraf seperti kemurungan. loya dan gatal mata. tahap tumpuan yang rendah. Ia juga banyak mendatangkan kesan buruk kepada kita dan mendatangkan risiko tinggi yang boleh menganggu kesihatan.

Ini kerana kajian menunjukkan penggunaan botol dan pembungkus plastik polyvinyl chloride (PVC) berulang kali akan m endedahkan penggunanya terhadap unsur kimia seperti „vinyl cloride monomer‟ (VCM) dan „phthalates‟. sebenarnya boleh mengundang maut. beg plastik makanan diperbuat daripada polyethylene (PE) dan PE tidak mengandungi VCM. .05mg/kg tidak sesuai dimakan kerana boleh mendatangkan kesan mudarat pada kesihatan.” katanya. Maka tidak hairanlah styrene berkemungkinan menyebabkan kanser kepada manusia. Jadi penggunaannya tidak menyebabkan barah.” katanya. VCM dikenalpasti mengandungi karsinogen yang boleh menyebabkan barah. Peraturan mengenai pembungkus dan bekas makanan daripada PVC terkandung di dalam Akta Makanan 1983 dan Peraturan Makanan 1985. Dr Jamal berkata. “Jika peraturan ini tidak dipatuhi. namun masih tidak sesuai digunakan berulang-ulang. namun ia boleh mengganggu fungsi hormon manusia. berkata botol plastik air mineral atau minuman ringan hanya boleh digunakan semula sekali atau dua sebelum dibuang. “Pembungkus makanan daripada bahan PVC sepatutnya tidak boleh mengandungi lebih daripada satu miligram per kilogram (mg/kg) VCM. Kecenderungan negara ini menggunakan botol air mineral plastik secara berulang kali untuk menjimatkan kos. Phthalates disyaki boleh meniru hormon manusia. namun memanaskannya boleh mengeluarkan „phthalates‟. ia boleh mendatangkan kesan negatif kepada pengguna.Kajian juga menunjukkan haiwan yang memakan kandungan styrene yang tinggi dalam jangka masa panjang mengalami kerosakkan hati. Penggunaan secara berulang boleh menyebabkan kadmium di dalamnya terhakis dan mencemarkan makanan atau minuman. Prof Dr Jamal Hisham Hashim. Fakulti Perubatan. tetapi ia tidak menyebabkan barah. Selain VCM dan phthalates. bekas plastik mengandungi bahan logam berbahaya seperti kadmium yang digunakan sebagai „plastisizer‟ iaitu untuk meningkatkan kualiti plastik supaya warnanya cerah dan tidak kekuningan biarpun lama digunakan. buah pinggang dan paru-paru. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Pensyarah Kesihatan Persekitaran di Jabatan Kesihatan Masyarakat. botol minuman diperbuat daripada polyethylene terephthalate (PET) selamat digunakan dalam keadaan biasa. Katanya. “Makanan yang dibungkus dengan PVC dan dicemari VCM melebihi 0.

Dr Jamal berkata. tetapi kajian mendapati ia mengandungi bahan unsur karsinogen. ia masuk ke saluran pernafasan dan pencernaan. bekal ke pejabat atau untuk beriadah. kurang pengetahuan dan kesedaran menyebabkan banyak lagi amalan rakyat negara ini mendedahkan mereka kepada pelbagai penyakit kronik. sila rujuk kepada Bahagian Kawalan Mutu Kementerian Ke sihatan. Ketua Pegawai Eksekutif Alam Flora Sdn Bhd.“Namun tidak ramai menyedarinya kerana kesedaran terhadap penggunaan barangan plastik untuk pembungkusan atau menyimpan makanan atau air masih rendah. . penggunaan kertas akhbar dan majalah. penggunaan botol plastik mengundang bahaya lain seperti jangkitan kuman kerana bakteria boleh membiak berikutan bahan itu sukar dicuci bersih dan melekat daki. Jika dibasuh berulang kali. “Kertas akhbar dan majalah mengandungi timah hitam melebihi had dibenarkan. bekas menyimpan makanan serta bahan pembungkus jenis stirofon atau polisterin yang disifatkannya pembunuh senyap. Mohamed Siraj Razack.” katanya. selain bekas makanan diperbuat daripada stirofom atau polisterin.” katanya. Pengarah Komunikasi Fomca yang juga Timbalan Ketua Sidang Pengarang Buletin Pengguna. otak.” katanya.” katanya. “Bahan berasaskan plastik itu boleh digunakan sekali dua saja. ramai menjadikan botol itu sebagai bekas minuman anak ke sekolah. berkata pihaknya mengetengahkan bahaya penggunaan botol plastik berulang kali kerana ramai menggunakan botol air mineral sebagai bekas minuman di dalam peti sejuk. Sedangkan botol berkenaan hanya boleh digunakan sekali atau dua atau paling lama seminggu sebelum perlu dibuang. saraf dan tulang. “Jika ragu-ragu mengenai jenis plastik yang boleh digunakan secara berulang untuk menyimpan makanan. Ini cukup berbahaya dan tidak boleh dijadikan pembungkus makanan. Mohd Yusof Abdul Rahman. juga boleh mengakibatkan tersebarnya logam ke dalam tubuh. Kenyataan Dr Jamal mengesahkan laporan Buletin Pengguna mengenai bahaya penyalahgunaan botol plastik serta bekas makanan diperbuat daripada stirofom dan polisterin. “Lebih berbahaya. Buletin itu diterbitkan Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ehwal Pengguna (KPDNHEP) dengan kerjasama Gabungan Persatuan Pengguna Malaysia (Fomca). hati. Mohd Yusof berkata. “Bahan pembungkus stirofom dan polisterin pula kini cukup popular. Apabila timah hitam ini ada dalam tubuh. turut memberi amaran mengenai bahaya penggunaan botol plastik. seterusnya sistem peredaran darah sebelum tersebar ke bahagian lain seperti ginjal. Katanya.

gunakan bahan dibuat khusus untuk digunakan berulang kali.” katanya. Mohamed Siraj berkata.” katanya. kepanasan makanan atau minuman yang disimpan dalam bekas plastik tertentu juga boleh menghasilkan bahan kimia yang memudaratkan kesihatan. “Bekas plastik terbabit sepatutnya dikitar semula untuk dijadikan barangan berasaskan plastik lain yang tiada kaitan dengan makanan.” katanya. Mohamad Siraj berkata. semua barangan plastik diterima oleh pusat kitar semula. misalnya amalan minum teh tarik bungkus. “Teh tarik seeloknya diminum menggunakan cawan kerana wap yang keluar daripada plastik pembungkus yang bercampur dengan teh boleh menyebabkan tindak balas kimia. Sehubungan itu. untuk menyimpan makanan atau minuman. bahan kimia dalam bekas plastik mudah terhasil apabila terkena cahaya matahari. misalnya botol mineral bagi mengisi air minuman yang ditinggalkan dalam kereta.bahagian dalamnya terhakis dan mengeluarkan bahan kimia yang memudaratkan kesihatan. “Sebaiknya. “Kari panas dibungkus menggunakan bahan plastik juga amalan tidak baik da n kesannya sama seperti teh tarik bungkus. misalnya termos atau jenis plastik tahan panas dan khusus untuk menyimpan makanan. Bekas polistirena punca barah? SEBAHAGIAN daripada bekas polistirena yang digunakan . kesedaran terhadap bahaya penggunaan bekas plastik secara berulang akan mengalihkan perhatian pengguna untuk mengitar semula barangan terbabit dalam menjaga alam sekitar. Mohamed Siraj berkata.

sampah sarap dan pelepasan gas hijau ke udara. ‘‘Organ-organ dalam badan manusia akan menerima kesan secara tidak langsung terutamanya kepada sistem pencernaan dan turut boleh melibatkan darah serta hati. Selain ia mengambil masa kira-kira 500 tahun untuk lupus. bahan itu juga dikatakan turut menjadi agen kanser.’’ katanya kepada Utusan Malaysia. biarpun belum ada kajian mendalam mengenai tahap bahaya bahan itu namun stirena yang berasal dari phemynl memang boleh memberi masalah kepada sistem kesihatan.untuk membungkus makanan dan sebagai pinggan makanan. Persatuan Pengguna Pulau Pinang (CAP) turut mendedahkan bahawa bekas polistirena memberikan ancaman kepada kesihatan dan alam sekitar ternyata memerlukan perhatian daripada banyak pihak. Wartawan Utusan Malaysia. Prof. Ketua Pusat Penyelidik Alam Sekitar Universiti Teknologi Mara (UiTM). ISU pencemaran alam sekitar seharusnya tidak boleh dipandang remeh oleh generasi pada hari ini kerana bumi yang didiami kita pada hari ini semakin tenat dengan longgokan sisa-sisa domestik.’’ jelasnya. ‘‘Walaupun tiada kajian. namun kewujudan stirena ini tetap ada dalam bekas makanan malah bertambah bahaya jika sumber makanan atau minuman yang digunakan berasid. . Selain itu bekas berwarna putih yang sering digunakan untuk mengisi makanan itu juga memberikan kesan buruk kepada alam sekitar kerana ia tidak boleh diuraikan secara semula jadi. Bahan-bahan buangan yang sukat dilupuskan secara semulajadi seperti polistirena sepatutnya dikurangkan penggunaan atau tidak digunakan langsung. ‘‘Bukan sekadar kepada kesihatan malah turut memberi kesan buruk kepada alam sekitar kerana ia mengambil masa selama beratus-ratus tahun untuk terurai. beliau mengharapkan penggunaan bekas polistirena ini diharamkan seperti yang dilakukan oleh kebanyakan negara-negara maju. sel darah dan hati. Penggunaan bekas polistirena cukup popular di negara ini kerana ia kelihatan bersih dan ringan serta mudah digunakan. KUALA LUMPUR 1 Mei – Penggunaan bekas polistirena perlu diharamkan kerana bahan stirena yang terdapat di dalamnya boleh menyebabkan barah pada organ dalaman manusia terutama sistem pencernaan. Ku Halim Ku Hamid berkata. MUHAMMAD DAYNE AZMIN cuba mengupas isu ini dari pelbagai perspektif dari aspek alam sekitar dan kesihatan di samping cuba mencari alternatif menggantikan penggunaan bekas makanan polistirena ini. Oleh itu.

Agensi Penyelidikan Kanser Antarabangsa (IARC). ‘‘Dengan amalan ini.htm#ixzz2bplKaUdA © Utusan Melayu (M) Bhd Polistirena Sebabkan Kanser Polistirena Sebabkan Kanser . CAP berharap orang ramai dapat mengubah trend dengan membawa bekas sendiri semasa membeli makanan daripada penjaja.Ini kerana bahan stirena yang terdapat dalam ppolistirena boleh menjadi agen penyebab kanser apabila ia meresap masuk ke dalam makanan. ‘‘Mutagen mungkin akan menyumbang risiko kanser dan merosakkan sistem pembiakan. Presiden Cpolistirena biasanya mengandungi sedikit sisa stirena kerana proses pembuatannya tidak 100 peratus berkesan. Pertubuhan Kesihatan Sedunia (WHO). Menurutnya lagi.’’ jelasnya.utusan.com.’’ katanya lagi. pengeluaran polistirena juga membabitkan penggunaan benzena iaitu bahan karsinogen yang dikaitkan dengan leukemia. terdapat kajian mendapati bahawa polistirena dalam plastik yang digunakan untuk makanan mengandungi sehingga 80 bahagian persejuta (bps) benzena. Beliau seterusnya berkata. ‘‘Stirena yang meresap dalam makanan itu akhirnya akan masuk ke dalam badan dan bakal menjejaskan kesihatan manusia. telah mengkelaskan stirena sebagai bahan karsinogen Kumpulan 2B iaitu agen penyebab kanser. ‘‘Terdapat dua cara stirena ini boleh menyerap masuk ke dalam makanan jika bekas makanan itu masih baru disebabkan ia belum sebati manakala yang lama mudah terurai akibat panas dan pancaran matahari. Artikel Penuh: http://www. ‘‘Di Britain.’’ ujarnya.’’ jelasnya di dalam satu kenyataan akhbar kepada Utusan Malaysia.my/utusan/info.asp?y=2009&dt=0502&pub=Utusan_Malaysia&sec=L aporan_Khas&pg=lk_03. Sehubungan itu. ia dapat mengelakkan orang ramai daripada terdedah kepada bahan-bahan penyebab kanser yang terdapat di dalam bekas makanan polistirena. ‘‘Kesan buruk stirena ini akan menyebabkan mutagen yang boleh memberi perubahan genetik.

2 di Malaysia. Baru-baru ini Tuanku menitahkan. Jika ramai yang tidak tahu. Angka pesakit kanser semakin meningkat. Tuanku Syed Faizuddin Putra Jamalullail. Ini merupakan hasrat peringkat tertinggi yang mahukan rakyat di negara ini sihat dan tidak terkena pelbagai penyakit yang disebabkan oleh bahan-bahan daripada polistirena. 11 juta dewasa dan kanak-kanak menghidap kanser dan 6 juta darinya mati akibat kanser di seluruh dunia. institusi pengajian tinggi dan sekolah turut mengambil langkah serupa demi kebaikan kesihatan. Jadi sekarang barulah kita sedar. Malah. baginda juga berharap jabatan dan agensi kerajaan. Selain itu. baginda turut mencadangkan agar digantikan dengan plastik yang boleh terurai secara biologi termasuk bungkusan kertas yang lebih mudah dilupuskan. semua majlis baginda tidak menggunakan apa-apa bahan yang diperbuat daripada polistirena. mana datangnya pelbagai penyakit tersebut yang kini semakin menular di kalangan penduduk negara ini. Kanser merupakan pembunuh No. . polistirena sebenarnya mampu menyebabkan kerosakan sistem pembiakan manusia selain ia juga menjadi antara penyebab kanser dan leukemia. Kanser boleh dihidap oleh sesiapa tidak kira bangsa dan status.Kali ini saya nak menjunjung kasih kepada Raja Muda Perlis. Mengikut laporan Majlis Kanser nasional (Makna).

Dr. Bekas putih ni tak kira siapa. telah mengkelaskan stirena (yang merupakan bahan membuat polistirena) sebagai bahan karsinogen Kumpulan 2B iaitu agen penyebab kanser. bahan stirena yang berasal daripada phemynl memang boleh memberi masalah ke pada sistem kesihatan di mana organ-organ dalam badan manusia akan menerima kesan secara tidak langsung terutamanya kepada sistem pencernaan yang turut melibatkan darah serta hati. dua-dua dia nak rosakkan. Ku Halim Ku Hamid berkata. Agensi Penyelidikan Kanser Antarabangsa (IARC).000 rakyat Malaysia dilaporkan mengidap penyakit kanser setiap tahun. Pertubuhan Kesihatan Sedunia (WHO). Statistik ini sangat membimbangkan kerana tiga dari empat pesakit kanser gagal diselamatkan atau sembuh. . Fakulti Kejuteraan Kimia Universiti Teknologi Mara (UiTM). Ketua Pusat Penyelidik Alam Sekitar. Adakah kita masih tidak sedar akan hal ini? Polisterina merupakan pembunuh senyap di kalangan manusia dan ia juga mampu memusnahkan alam sekitar. terdapat kajian mendapati bahawa polistirena dalam plastik yang digunakan untuk makanan mengandungi sehingga 80 bahagian persejuta (bps) benzena.Di Malaysia. Prof. alam dan manusia. 45. Di Britain pula.

Sepatutnya kerajaan perlu bersikap terbuka dan proaktif dalam mengekang situasi ini. dah banyak syarikat di negara ini brjaya mereka bentuk bekas makanan baru menggantikan polistirena. dah lama. dengan segera. ya SEGERA! Memang peniaga mampu mengaut keuntungan berlebihan jika . saya merasakan ia perlu dilakukan. Kerajaan sepatutnya tidak perlu 'merelakan' kehidupan manusia terjejas hanya disebabkan mahu memberikan keutungan lebih kepada peniaga. dan ia digunakan secara meluas seolah-olah tidak dirasakan merbahaya kepada alam. Ia bukan baru. Walaupun ia sedikti mahala berbanding polistirena yang amat-amat murah. pada pendapat saya ia merupakan jalan untuk menyelamatkan alam dan manusia dalam tempoh yang lama. kerajaan tidak dilihat serius dalam mengekang hal ini daripada berleluasa. Jika perlu harga makanan dinaikkan jika menggunakan bekas makanan yang selamat ini.Jika kita lihat sekarang di mana-mana ada sahaja bekas berwarna putih ini digunakan. Namun usaha itu dilihat tidak berjaya dan semkain malap sehinggalah muncul kembali desakan titah Tuanku Syed Faizuddin Putra baru-baru ini. Seingat saya. Malah.

Kita sebenarnya mempunyai pilihan. Universiti Islam Antarabangsa (UIA) juga telah mengorak langkah menggunakan bekas mesra alam yang dikenali sebagai biopak di mana mereka juga mengenakan tambahan 20 sen kepada pengguna. mereka memberikan alternatif kepada warga pelajarnya sama ada mahu memilih untuk menggunakan bekas sendiri atau bekas makanan mesra alam. bagi mereka yang tidak mahu membayar lebih 20 sen. . Mereka berjaya mengharamkan penggunaan bekas polistirena melalui kempen Tapau-Mania. Lihat apa yang telah dilakukan oleh Universiti Sains Malaysia (USM) pada tahun 2009. Melalui kempen Tapau-Mania itu. Jadi.bekas makanan polistirena digunakan kerana harganya jauh lebih murah. mereka akan membawa bekas makanan sendiri dan ini sedikit sebanyak mampu menghapuskan penggunaan bekas polistirena. Universiti Malaysia Terengganu pun begitu melalui Program Bumi Hijau dan UMT Bans White Coffin.

. Perlis baru-baru ini. Semua ni bersangkut paut dengan kehidupan kita. Mohamed Idris menunjukkan bekas makanan dan minuman yang diperbuat dari polistirena .Saya juga sebelum ini degil dan membiarkan penggunaan bekas digunakan dengan sewenang-wenangnya. Pilihan di tangan kita. Kenapa kita nak perjudikan nyawa keluarga kita dengan hanya beberapa sen? Fikirkanlah. Tuanku Syed Faizuddin Putra Jamalullail dan Raja Puan Muda Perlis merasmikan Program Percambahan Minda sempena Kempen Kesedaran Kesihatan Banteras Aedes dan Boikot Polisterin di Istana Arau. namun selapa cuba membawa bekas makanan sendiri ketika membeli juadah berbuka. terasa satu kepuasan di dalam diri ini.UTUSAN/Faizal Abu Hassan Prof. S .UTUSAN/ Azlan Bahrum Presiden CAP. Kita boleh boikot mana-mana penjual yang masih menggunakan bahan polistirena ini. . Madya Tengku SifzizulTengku Muhammad (dua dari kiri) bersama warga Universiti Malaysia Terengganu (UMT) bersepakat tidak menggunakan polistIrena di Program Bumi Hijau dan UMT Bans White Coffin di UMT. M.

Banyak keunggulan pada styrofoam yang akan sangat menguntungkan bagi para penjual makanan seperti tidak mudah bocor.13-0. SIFAT Ketahanan kerja pada suhu rendah (dingin) : Jelek Kuat Tensile 256 (j/12) : 0. keranda putih. Polistirena merupakan salah satu polimer yang ditemukan pada sekitar tahun 1930. dibuat melalui proses polimerisasi adisi dengan cara suspensi.9-110 Muai termal ASTM 696 (mm C x 10) : 6-8 Titik leleh (lunak 0C) : 82-103 .34 Modulus elastisitas tegangan ASTM D747 (MNm x 10-4 ) : 27. Bahkan kita tidak dapat dalam satu hari saja tidak menggunakan bahan polimer sintetik.4-41. Stirena merupakan cairan yang tidak berwarna menyerupai minyak dengan bau seperti benzena dan memiliki rumus kimia C6H5CH=CH2 atau ditulis sebagai C8H8. praktis dan ringan sudah pasti lebih disukai sebagai pembungkus makanan mereka. pembunuh senyap yang tidak diketahui ramai POLISTIRENA (STYROFOAM) 01. - UTUSAN/Sazali Che Din Polistirena.48 chemisty of unja No comments Styrofoam yang memiliki nama lain polystyrene.menyebabkan pengguna mendapat penyakit kanser. Begitu Styrofoam diciptakan pun langsung marak digunakan di Indonesia.4 Kuat kompresif ASTM D696 (MNm) : 74. Stirena dapat diperoleh dari sumber alam yaitu petroleum. begitu banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupannya sehari hari. A.

45 B. CONTOH POLISTIRENA Salah satu jenis polistirena yang cukup populer di kalangan masyarakat produsen maupun konsumen adalah polistirena foam. Polistirena foam begitu banyak dimanfaatkan dalam kehidupan. Polistirena foam dihasilkan dari campuran 90-95% polistirena dan 5-10% gas seperti n-butana atau n-pentana.1 Kalor jenis (kph) (Kg) : 1.9-118 Tetapan elektrik ASTM 150 (10 Hz) : 2. dan terdapat ruang antar butiran yang berisi udara yang tidak dapat menghantar panas sehingga hal ini membuatnya menjadi insulator panas yang sangat baik.4-3.04-1. Dengan reaksinya sebagai berikut : 1. Tahap Pembentukan Ikatan Silang Reaksi Degradasi Polistirena dengan Dikumil Peroksida C. tetapi tidak dapat dengan mudah direcycle sehingga pengolahan limbahnya harus dilakukan secara benar agar tidak merugikan lingkungan. Pemanfaatan polistirena bekas untuk bahan aditif dalam pembuatan aspal . Polistirena foam merupakan bahan plastik yang memiliki sifat khusus dengan struktur yang tersusun dari butiran dengan kerapatan rendah.5 Kuat fexural ASTM D790 (mnM) : 83.1 Elongasi tegangan ASTM 638 (%) : 1. Oleh pembuatnya Styrofoam dimaksudkan untuk digunakan sebagai insulator pada bahan konstruksi bangunan. Polistirena foam dikenal luas dengan istilah styrofoam yang seringkali digunakan secara tidak tepat oleh publik karena sebenarnya styrofoam merupakan nama dagang yang telah dipatenkan oleh perusahaan Dow Chemical. REAKSI-REAKSI Degradasi Polistirena Dengan Inisiator Dikumil Peroksida Polistirena yang ditambahkan dengan dikumil peroksida akan terjadi pemutusan rantai polistirena dan pembentukan ikatan silang pada polistirena.0-2. Polistirena foam dibuat dari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanan dan suhu tertentu. mempunyai bobot ringan. Tahap Inisiasi 3.Berat jenis ASTMd 792 : 1. selanjutnya dilakukan pemanasan untuk melunakkan resin dan menguapkan sisa blowing agent. Tahap Pemutusan Rantai 4.3-1. Tahap Dekomposisi 2.

Polistirena murni yang transparan bisa dibuat menjadi beraneka warna melalui proses compounding. keras dengan fleksibilitas yang terbatas yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam produk dengan detil yang bagus. baskom. mempunyai bobot ringan. Polistirena foam yang dihasilkan dari percampuran 90-95% polistirena dan 5-10% gas-gas tertentu seperti n-butana atau n-pentana. CARA PEMBUATAN Secara laboratorium dapat dibuat melalui dehidrogenasi etil benzene. Sedangkan monomer polistirena foam merupakan bahan plastik yang memiliki sifat tertentu atau khusus dengan struktur yang tersusun dari beberapa butiran dengan kerapatan rendah. Polistirena jenis ini dikenal dengan nama High Impact Polystyrene (HIPS). Polistirena banyak dipakai dalam produk-produk elektronik sebagai casing. Penambahan karet pada saat polimerisasi dapat meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan kejut.l: sapu. a. gantungan baju. Polistirena foam yang dibuat dari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanan-tekanan dan suhu tertentu. BAHAYA Dibalik semua keunggulan styrofoam itu dapat menimbulkan kerugian yang sangat . ember. Dahulu. yaitu dengan melewatkan etilena melalui cairan benzena dengantekanan yang cukup dan aluminiumklorida sebagai katalisnya.Reaksi yang terjadi sebagai berikut : Polistirena padat murni adalah sebuah plastik tak berwarna. blowing agent yang digunakan adalah berupa senyawa CFC (Freon). kabinet dan komponen-komponen lainya. Setelah perang dunia II sudah banyak pengolahan stirena menjadi polistirena dan kopolimernya secara komersial.polimer merupakan salah satu cara meminimalisir limbah tersebut. Polistirena yang dibuat dari monomer stirena dilakukan melalui proses polimerisasi. F. kini yang digunakan adalah blowing agent yang lebih ramah lingkungan. Pada suhu sekitar 6000C stirena disuling dengan cara destilasi maka didapatkan polistirena. Etil benzena didehidrogenasi menjadi stirena dengan melewatkannya melalui katalis oksida aktif. E. KEGUNAAN/KELEBIHAN Stirena pertama kali diproduksi secara komersil pada tahun 1930 sebelum terjadi perang dunia ke-II dan memegang peranan penting dalam perkembangan kimia polimer. sisir. D. selanjutnya dilakukan pemanasan untuk melunakkan resin yang ada serta ikut menguapkan sisa-sisa blowing merupakan insulator-insulator yang baik. dan terdapat di dalam ruang-ruang antar butiran yang berisi udara minuman-minuman beralkohol atau bersifat asam juga meningkatkan laju migrasi. karena golongan senyawa ini dapat merusak lapisan ozon oleh karnanya saat ini tidak dipergunakan lagi. Peralatan rumah tangga yang terbuat dari polistirena.

seperti kelelahan. Uap panas dari makanan akan memicu rekasi kimia ini terjadi lebih cepat. Akibatnya bisa muncul gejala saraf. Lalu styrene pada penelitian di New Jersey ditemukan 75% ASI (air susu ibu) terkontaminasi styrene. Bila sampah styrofoam yang mengalir ke arah laut maka sudah tentu biota laut akan terganggu ekosistemnya karena styrofoam akan bereaksi dengan air laut dan menyebabkan biota laut terganggu kehidupannya. sulit tidur. STYROFOM PLASTIK BUSA BERBAHAYA . jepang dan masih banyak lagi. Bila ditinjau dari faktor alam atau lingkungan sudah kita semua tahu kalau styrofoam sangat berbahaya karena bila sampahnya terus menumpuk dan tidak ada upaya untuk mendaur maka akan dapat menimbulkan timbunan sampah yang sulit unutk diurai. salah satunya adalah dengan melapisi styrofoam dengan plastik transparan. H. Dampak yang lainnya adalah bagi kesehatan manusia. Sebenarnya hal ini akan menambah jumlah reaksi zat kimia yang terjadi pada pengemasan makanan bertambah banyak. Jadi antisipasi yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bahaya syrofoam bagi kesehatan kita adlah dengan membawa sendiri wadah yang akan kita gunakan untuk membungkus makanan dan segeralah pindahkan makanan yang sudah dibungkus dengan styrofoam kedalam wadah yang lebih aman sepeti piring kaca atau mangkuk kaca. G. jadi langkah ini dianggap kurang cocok untuk mengurangi bahaya styrofoam. Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa styrene bisa bermigrasi ke janin melalui plasenta pada ibu-ibu yang sedang mengandung. dan anemia. Hal ini terjadi akibat si ibu menggunakan wadah styrofoam saat mengonsumsi makanan. dan styrene akan bereaksi dengan cepat begitu makanan dimasukkan kedalam styrofoam. Setelah itu kumpulkan bahan pembungkus makanan styrofoam ini agar nantinya dapa di daur ulang. carsinoge akan lebih berbahaya bila pemakai wadah styrofoam atau plastik digunakan berulang ulang karena carsinogen mudah larut. Terpapar dalam jangka panjang. tentu akan menyebabkan penumpukan styrene dalam tubuh. misalnya saja zat benzen yang bila sudah bereaksi dan masuk kedalam tubuh dan masuk kedalam jaringan darah dan terakumulasi selama bertahun tahun akan menimbulkan kerusakan pada sum sum tulang belakang.merugikan bagi manusia dan alam. menimbulkan anemia dan bahkan mengurangi produksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mengankut saripati makana dan oksigen ke seluruh tunuh. Banyak sudah negara yang mengeluarkan peraturan untuk tidak menggunakan styrofoam contohnya kanada. korea. carsinogen. PENCEGAHAN Sebenarnya banyak pencegaham yang dilakukan para pedagang atau penjual makanan . Bila jumlah sel darah merah kita semakin berkurang akibat dari reaksi styrofoam ini maka tubuh kita akan mengalmai beberapa gejala yang kurang wajar. Lalu zat yang tidak kalah bahayanaya adalah carsinogen yang dapat mengakibatkan kanker. gelisah. Walaupun faktanya sudah banyak pengrajin yang menggunakan styrofoam sebagai bahan utamanya untuk diolah lebih lanjut tetapi jumlah sampah styrofoam tetap saja masih meningkat setiap harinya. karena plastik juga bahan yang berbahaya untuk pembungkus makanan. kandungan yang terdapat pada styrofoam seperti benzen.

polipropilena. Untuk menghasilkan plastik mentah . plastik sintetis berbahan dasar polimer organik ditemukan oleh Leo H. Tak ketinggalan pada 1935 tim peneliti Perusahaan Du Pont menemukan nilon. yang kini dikenal sebagai bahan dasar pita film dan foto. Ringkasnya. etilena. sampai kantung plastik. seorang ilmuwan AS. Sebagai suatu bahan. Perbedaan kombinasi jenis dan jumlah polimer serta bahan tambahan (aditif) inilah yang membedakan karakter dan jenis plastik yang dihasilkan. Styrofoam hanya salah satu dari puluhan. propilena. Disusul penemuan jenis plastik lain oleh berbagai pihak. sisir. Yang dianggap berhasil mengembangkannya secara komersial adalah John W. sisir. bahan penyusunnya bersifat racun sehingga bisa mencemari makanan atau minuman. stirena. gantungan baju. Untuk membentuk plastik. Bahan ini oleh Perusahaan Eastman Kodak pada tahun 1884 dikembangkan menjadi pita seluloid. Mulai dari sikat gigi. maupun pelumas. Perkembangan plastik sendiri dimulai sejak akhir abad IX. Orang awam memang sulit membedakan berjenis-jenis plastik. Baekland. polistirena. Pada tahun 1930-an. ember.PLASTIK busa yang lazim dipakai sebagai tatakan kemasan bahan pangan dan pelindung barang elektronik . teknologi plastik berkembang pula dengan pesat. dan kamper. Hyatt. Ia mudah dibentuk menjadi serat. Apalagi kalau hidangan itu dikemas panas-panas! Bahan ini disinyalir bisa merangsang tumbuhnya sel tumor dan kanker serta potensial mengakibatkan cacat lahir. Diantaranya polivinil klorida. diberi nama sesuai monomernya setelah ditambahi kata "poli". bahkan ratusan jenis plastik. yang dianggap terpenting dan paling . Padahal. yang dikenal sebagai polimer dan merupakan bahan dasar utama plastik. Baik sebagai pengisi. Gelas Styrofoam Lantas. pewarna. akrilida. bagaimana kita bisa membedakan berbagai jenis plastik? Bergantung pada bahan dasarnya.dikenal sebagai resin . meskipun barang ini begitu gampang ditemukan di sekitar kita. lembaran. Pada tahun 1968 John berhasil menciptakan bahan pembuat bola biliar. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1909. dan beberapa jenis lain.polimer ini ditambah dengan berbagai bahan kimia lain. yang secara umum disebut monomer. dan pengisi kerah baju dari campuran serat(selulosa). maupun padatan. Misalnya akrilik . formaldehida. setelah teori makromolekuler yang mampu menjelaskan susunan molekul polimer berkembang. Tahukah Anda kalau benda-benda ini terbuat dari bahan plastik yang berbeda-beda? Plastik merupakan hasil proses pencampuran bahan kimia organik yang berasal dari minyak bumi. Masing-masing memiliki karakter dan kegunaan berbeda-beda. peliat. monomer-monomer ini diproses menjadi menjadi rantai-rantai panjang yang disebut polimer. kabinet. Semua sebutan itu merupakan istilah umum dari berjenis-jenis plastik yang berbeda bahan dasarnya. Monomer plastik yang paling banyak dikenal saat ini diantaranya vinil klorida . plastik memang memiliki keistimewaan. harganya pun relatif murah.belakangan makin sering digunakan untuk wadah makanan dan minuman. sampai plastik busa atau styrofoam yang diprotes itu. Selain kuat dan awet. plastik adalah campuran polimer dengan beberapa bahan tambahan. peralatan dapur. teflon. batu bara atau gas alam. melamin. Keluarga besar plastik ini memang sangat banyak anggotanya. tutup kaset. formika. Dari sekian jenis. asam nitrat. pelentur. saran. Hasil penggabungan monomer. polietilena.

ditambahkan juga zat plasticiser. Warnanya putih susu dan ringan. Beberapa jenis tumor kulit hewan juga ditemukan akibat stirena. karena monomer bersifat toksik. Butadiena sebagai bahan penguat. juga bersifat mutagenik (mampu mengubah gen) dan potensial karsinogen (merangsang tumbuhnya sel kanker). panci. sebenarnya adalah polyvinilidene cloride (PVDC). Selain itu . Pada yang pertama adalah kemungkinan terjadinya perpindahan aliasmigrasi monomer-monomer stirena kemasan plastik busa ke dalam makanan atau minuman yang ada didalamnya. yang merupakan plastik sangat ringan. Bagaimana dengan styrofoam? Istilah teknis styrofoam adalah foamed polyesterene (FPS). nama teknisnya adalah polytetrafluorethylene (TFE). Dalam proses peniupan ini digunakan gas chlorofluorocarbon (CFC). maupun DOP atau BHT . Persoalannya. dan murah. plastik juga memiliki sebutan teknis yang baku. yang merupakan bahan dasar styrofoam. seperti yang bisa kita lihat sekarang ini: plastik busa dalam berbagai bentuk dan penggunaan. Bahan dasarnya adalah polistirena. seperti dioktilptalat (DOP). untuk membentuk struktur sel. Hasilnya. Penambahan butadiena inilah yang menyebabkan polistirena tidak jernih lagi dan berubah warna menjadi putih susu. butil hidroksi toluena (BHT). menurut berbagai penelitian yang dilakukan sejak 1930-an. untuk meningkatkan kelenturannya. ya. Migrasi zat racun Lalu dimana duduk persoalannya hingga pemakaian styrofoam diprotes banyak kalangan? Ada dua masalah. Untuk menambah kekuatannya dicampurkan senyawa butadiena yang merupakan karet sintetis. mengakibatkan perubahan genetik pada mikroba. Pada plastik busa risikonya bahkan lebih besar lagi. yang salah satu tahapnya adalah peniupan. punya nama teknis polyamide (PA). Vinil klorida dan vinil sianida. selain untuk kantung plastik. Kita tahu nilon banyak digunakan dalam bentuk serat. Teflon sekarang dipakai sebagai pelapis peralatan dapur. Polyethylene (PE) banyak dipakai untuk peralatan rumah tangga seperti ember. Plastik saran. untuk tekstil dan benang. Yang penting adalah akibatnya. misalnya. banyak dipakai untuk kantung. Selain nama dagang. Akrilonitril menimbulkan tumor dan cacat lahir pada tikus. atau n-butil stearat. bukan sekedar terjadinya migrasi monomer ini. kaku. Stirena. Sedangkan istilah foamed berasal dari proses pembuatannya.banyak digunakan saat ini ada sekitar 25 jenis. Pertama pada bahan untuk membuat plastik busa itu sendiri dan kedua adalah pemakaian gas CFC dalam proses pembuatannya. Misalnya teflon. kelemahannya adalah sifatnya yang rapuh. tembus cahaya. karena bahan aditif yang dipakai pun diketahui berbahaya. Hanya saja. dengan penyingkatan bahan dasar polimernya. Sedangkan nilon. kursi.

jumlah komposisi masing-masing bahan plastik. polimer dan aditifnya. Belakangan diketahui. Di Eropa migrasi plasticiser yang diizinkan maksimum adalah 60 mg/kg makanan. seperti telur. mengapa belakangan styrofoam justru banyak dipakai sebagai pengemas makanan? Jawabannya tentunya sudah jelas. Pengemas harus memenuhi syarat maksimum jumlah migrasi yang diizinkan. Sifatnya tidak beracun. Gas buatan yang dikembangkan oleh Perusahaan General Motors pada tahun 1930-an ini semula dikenal sangat baik. Pemakaiannya menjadi begitu luas terutama untuk pengisi alat pendingin. sebagaimana telah dijelaskan. Sifatnya akumulatif dan dalam jangka panjang baru timbul akibatnya. Karena adanya risiko berbahaya itu. proses pembuatannya melibatkan gas CFC. lemak. meskipun semuanya merujuk pada standar internasional dari badan PBB. Begitu juga dengan plasticiser yang digunakandalamplastik.130 tahun. dan makin tinggi suhunya. dan sebagainya. Apalagi bila makanan atau minuman itu banyak mengandung lemak atau minyak. yang kita kenal dengan merek dagang freon.karena begitu stabilnya . segala jenis pengemas plastik yang terbuat dari vinil klorida (PVC) dilarang digunakan untuk mengemas susu ataupun olahannya dan juga minuman ringan bergas CO2. misalnya. dan untuk gas pendorong pada aerosol seperti hairspray. maka di negara-negara maju dibuat berbagai peraturan mengenai zat pembuat bahan pengemas. parfum. efek racun itu tidaklah langsung terlihat. maupun asam. obat nyamuk semprot. keduanya karsinogenik. seperti barang elektronik.sebagai plasticiser. Selain faktor-faktor di atas. sebagai masalah kedua. Selain itu. Setiap negara memiliki ketetapan yang agak berbeda. Makin lama makanan atau minuman kontak dengan permukaan plastik. Hingga sering melenakan perhatian kita terhadap bahayanya. karena bahayanya. Kecuali untuk bahan mentah. Di Amerikat Serikat. terutama yang dipakai untuk makanan dan minuman. Itu pun biasanya cuma terbatas sebagai tatakan. sampai bisa . juga mempengaruhi besar kecilnya migrasi. Yang pasti. Selain itu. tidak mudah terbakar dan sangat stabil. Celakanya.1 mg/kg. Plastik jenis ini di negara maju makin tidak populer. Penggunaan styrofoam yang paling lazim adalah untuk bahan pelindung dan penahan getaran bagi barang-barang yang fragile. Jenis polimer dan bahan aditif yang boleh digunakan pun dibatasi. bisa mengacu pada Codex. CFC .baru terurai sekitar 65 . alkohol. daging. Banjir dumping Lalu. Sementara negara-negara yang belum memiliki ketentuan seperti halnyaIndonesia. mencapai lapisan ozon di atmosfer . yaitu Codex Alimentarus Comission. baik monomernya (stirena) maupun aditif utama styrofoam (DOP dan butadiena) sama-sama mudah bermigrasi dan berbahaya. Migrasi itu sendiri dapat terjadi karena monomer-monomer plastik. khususnya stirena . juga digunakan sebagai bahan peniup pada pembuatanstyrofoam. migrasi zat racun dalam plastik akan makin meningkat. Inggris menetapkan batas migrasi vinil klorida dalam makanan maksimum 0. Suatu penelitian lain juga menunjukkan DOP merusak testis hewan percobaan dan menimbulkan kemandulan. Waktu pendadahan dan suhu juga mempengaruhi. Gas ini akan melayang di udara. Demikian pula migrasi monomernya dibatasi secara ketat. sayur atau buah. larut dalam air. Bagaimana dengan yang terjadi pada styrofoam? Pemakaian styrofoam untuk mengemas makanan sebenarnya tidak lazim.

tidak mau menanggung risiko. Ada beberapa hal yang bisa dilihat dari dari kulitas perekat campuran adalah kemurnian dasar dari base. yang disebut efek rumah kaca. Tapi. kelestarian lingkungan. ranting. Antara lain ditegaskan: seluruh produksi CFC harus dihentikan pada tahun 1995. ada empat hal yang juga berkaitan dengan karakteristik perekat. sementara dinegara berkembang justru makin digunakan. mintalah pedagang menggantinya dengan yangnon-stryrofoam. pada tahun 1987 negara-negara industri bersepakat lewat Protokol Montreal. Sehingga timbullah kanker kulit. pemakaian dan produksi styrofoam di negeri kita jelas-jelas merupakan tindakan kurang baik. karena makin tinggi ekstensi makin rendah kualitasnya) dan resin solid perekat campuran.menjebolkan lapisan ozon. karena itu. Relokasi industri yang kedaluwarsa ini ke negara lain yang kurang maju menjadi satu-satunya cara untuk meniadakan semua risiko itu. Ini akibat dumping. Penyuluhan kehutanan pada dasarnya merupakan wadah menyampaikan infomasi yang akurat kepada sasaran. Baik terhadap keamanan konsumen. Kayu dengan diameter diatas 60 cm. Adapun bobot pratikum ini adalah 1 SKS. kesepakatan ini pun direvisi pada tahun 1990 di London dengan isi lebih ketat. Untuk itu pemanfaatan kayu diharapkan optimal dengan memanfaatkan kulit. Sinar ultraviolet dari matahari akan terus menembus bumi. Ini berarti semua teknologi atau produksi yang menggunakan CFC akan segera menjadi kadaluwarsa! Jadi mudah dimengerti. Selain hal tersebut. Untuk membuat suatu produk yang terlihat seperti kayu solid maka diperlukanlah upaya menyatukan bagian tersebut yang dikenal dengan perekatan. fungsi formulasi perekat adalah untuk mengetahui mutu dan kualitas campuran untuk membantu proses penyiapan perekat campuran. yakni proses pematangan (hardening mechanism). kalau Anda membeli makanan atau minuman berwadah styrofoam. yang masyarakatnya sudah maju. percepatan . tingkat ekstensi (kadar jumlah ekstender yang diberikan terhadap resin.kelanggengan bisnis mereka. POLISTIRENA PENDAHULUAN Latar Belakang Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang dilaksankan di departemen Kehutanan yang memiliki penilaian tersendiri. Inilah yang menjadi latar belakang bagi para peneliti dan mahasiswa yang bergerak dibidang kehutanan mengeluarkan ide baru untuk mencetuskan alternatif agar manusia tetap dapat mempergunakan kayu. Maka dari itu. Karena itu. Akibat jebolnya lapisan ozon suhu bumi meningkat. Perekat kayu merupakan campuran dari beberapa komponen yang secara kimia aktif bersifat interen dan bervariasi dalam proporsi terhadap perekat dasar. untuk mengendalikan pemakaian gas CFC hanya sampai 50%-nya pada tahun 2000. Bahaya yang ditimbulkannya sudah sangat mengkhawatirkan umat manusia. pada saat ini termasuk dalam kategori langka. dan -tentu saja. Negara-negara industri. cabang. sortimen kecil bahkan serbuk. mengapa di negara maju plastik busa makin tidak populer.

dan ikatan hidrogen adalah suatu gaya dwikutub khusus yang meliputi gaya tarik yang kuat antara atom hidrogen bermuatan positif dengan elektron negatif dan muatan lain. Adhesi spesifik melibatkan interaksi antara permukaan yang datar dan rata dengan perekat. Polivinil kloroda (PVC). dan foam (busa/buih). Tujuan Adapun tujuan dari kegiatan yang berjudul Pembuatan Perekat Polistirena ini adalah untuk mengetahui manfaat dari limbah stryofoam dan reaksi yang terjadi jika dibuat sebagai perekat dengan campuran bensin dengan perbandiangan yang sama dan menerapkan teori penyuluhan yang didapat ke lapangan. 2003). Interaksi yang terjadi bisa berupa ikatan kimia. Polipropilen (PP). Pangan yang beredar saat ini praktis tidak lepas dari penggunaan kemasan dengan berbagai maksud. TINJAUAN PUSTAKA Styrofoam Styrofoam berasal dari kata styrene (zat kimia bahan dasar). Kemasan plastik dapat digunakan karena beberapa keunggulan dan keuntungannya. Pembentukan polystyrene dari styrene (monomer) kemudian Dihembuskan udara kedalam polystyrene dengan menggunakan CFC (Cloro Fluro Carbon) sebagai blowing agent.pematangan (speed of solidification). Polikarbonat (PC) dan melamin. salah satu jenis yang cukup populer di kalangan masyarakat produsen maupun konsumen adalah polistirena terutama polistirena foam. tahap pematangan (stage of solidification) dan sifat-sifat solid atau solid properties (Rinawati. Polistirena (PS). lemak. selain untuk melindungi kualitas pangan juga dimaksudkan untuk promosi. Polietilen (PE). karena kandungan di dalam nya 95% udara dan 5% Styrene. gaya London gaya tarik lemah dari non polar. 1999). Sifat styrene dapat larut dalam panas. Saat ini teori spesifik berkembang menjadi teori adsobsi (Packham. 2008). alkohol/aseton. Bentuknya sangat ringan. dan susu. Styrofoam adalah nama dagang yang telah dipatenkan oleh perusahaan Dow Chemical. gaya London dan ikatan hidogen. 2005). Oleh pembuatnya stryofoam dimaksudkan untuk digunakan sebagai insulator pada bahan konstruksi bangunan. Manfaat Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mampu menyampaikan informasi didepan umum. vitamin A (Toluene). Ikatan hidrogen cukup penting dalam ikatan permukaan (inter facial) dari kutub perekat polimer untuk hemiselulosa dan selulosa yang memiliki banyak gugus hidroksil (Vick. bukan sebagai kemasan pangan (Badan POM RI. Kemasan plastik tersebut terbuat dari beberapa polimer yaitu Polietilen teraflatat (PET). Itulah sebabnya jangan gunakan styrofoam untuk wadah makanan atau minuman yang dapat melarutkan . bagi pelajar agar mampu berinovasi memanfaatkan limbah. Gaya tarik menarik fisik terdiri dari tiga gaya intermolekul yang memegang peranan penting dalam formasi ikatan antara perekat polimer dengan struktur molekul kayu. Diantara kemasan plastik tersebut. Ikatan van der walls terdiri dari gaya dwikutub (polar). adsobsi atau hanya pembasahan atau wetting. yaitu ikatan van der walls.

. (multipleks) atau papan buatan lainnya biasanya cukup tipis namun berkualitas baik terutama dari sisi estetika dan keindahan. Bensin diperoleh dengan cara penyulingan bertingkat minyak bumi dengan proses pemecahan (cracking) fraksi-fraksi berat minyak dan gas bumi secara sintesis dengan jalan polimerisasi atau alkanisasi hidrokarbon kecil. Bensin Bensin merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan untuk kendaraan bermotor dan generator. Arah serat dan jenis permukaan vinir yang diperlukan mempengaruhi metode penyayatan kayu menjadi vinir (Tsoumis. dan tidak ada mikroorganisme yang dapat menguraikannya (Environment Loves Community. Bensin sering disebut gasolin atau premium. Gambar 2. sedangkan minyak diesel atau solar digunakan sebagai bahan bakar mesin dan motor diesel. terdiri atas sekitar 25 jenis hidrokarbon (HC) yang mendukung 6 sampai 9 atom karbon setiap molekulnya. selain sampahnya yang memakan ruangan. Misalnya premium berangka oktan 88. Vinir digunakan untuk lapisan akhir sebuah plywood. 2008). Gambar 1. Styrene merupakan zat kimia yang bersifat neurotoxic (menyerang syaraf). anti beku dan zat penawar logam (Nugroho. Ke dalam bensin juga sering ditambah anti oksidan untuk mencegah oksidasi atau ditambah zat-zat anti karat. Sifat bensin bermacam-macam sesuai dengan jenis hidrokarbon yang membentuknya. lapisan yang selama ini melindungi kita dari sinar ultraviolet cahaya matahari.styrene. Stryofoam CFC yang digunakan untuk pembuatan styrofoam pada saat lepas ke udara clorinnya akan merusak lapisan ozon. dan hal ini mengakibatkan kerusakan pada saraf termasuk pada otak manusia (Environment Loves Community. 2008). 2005). Hal ini dapat mengakibatkan styrene yang larut mengkontaminasi makanan atau minuman dapat termakan oleh kita sehingga tanpa di sadari styrene masuk ke dalam tubuh kita. Seiring dengan waktu terjadi akumulasi styrene dalam tubuh. Ketebalanpun bervariasi tergantung dari fungsi dan pemakaiannya. dan super TT berangka oktan 98. 1991). adalah bahan bakar yang umumnya digunakan untuk kendaraan bermotor. Bensin danRumus Kimianya Vinir Vinir merupakan lembaran tipis kayu yang dihasilkan melalui beberapa proses mesin. pertamax 94. Dengan rusak dan bolongnya lapisan ozon mengakibatkan sinar ultraviolet langsung masuk ke bumi dan mengenai tubuh kita. Limbah styrofoam merupakan sampah yang sangat sulit penanggulanganya. Kualitas penyalaan bensin dinyatakan dengan bilangan oktan ( octan number). juga styrene dan CFC nya yang membahayakan.

Derajat polimerisasi tergantung pada kondisi polimerisasi. vinir Polistiren Stiren merupakan suatu senyawa organik dengan rumus molekul C6H5CH=CH2. suatu wadah yang didalamnya terdapat stiren yang akan dipolimerisasi (biasanya dengan menggunakan poroksida sebagai oksidator) diaduk hingga campuran reaksi terkonsentrasi menjadi polimer akibat adanya proses pencampuran yang baik. mempunyai bobot ringan. Tahan terhadap asam. basa dan zat pengarat (korosif) lainnya. penutup dan barang pencetak (Ruhendi. Polimerisasi polistiren menjadi rantai panjang berlangsung pada ikatan rangkap karbon viniliknya. Keterekatan (Glubility) . blowing agent yang digunakan adalah berupa senyawa CFC (Freon). dkk. sebagian besar polistiren digunakan dengan polimerisasi suspensi atau dengan polimerisasi massa. Polistirena yang dibuat dari monomer stirena dilakukan melalui proses polimerisasi. sinar matahari atau katalis. Walaupun polimerisasi larutan atau imulsi biasanya digunakan. kini yang digunakan adalah blowing agent yang lebih ramah lingkungan. 2007). Sedangkan monomer polistirena foam merupakan bahan plastik yang memiliki sifat tertentu atau khusus dengan struktur yang tersusun dari beberapa butiran dengan kerapatan rendah.Gambar 3. Pembuatan dan Sifat Polistirena Polistirena foam yang dihasilkan dari percampuran 90-95% polistirena dan 5-10% gas-gas tertentu seperti n-butana atau n-pentana. Polistirena foam yang dibuat dari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanan-tekanan dan suhu tertentu. dan terdapat di dalam ruang-ruang antar butiran yang berisi udara minuman-minuman beralkohol atau bersifat asam juga meningkatkan laju migrasi (Badan POM RI. Tetapi mudah larut dalam mempengaruhi kekuatan polimer terhadap panas. larutan tersebut mengandung sekitar 30% polimer dengan kekentalan yang sesuai untuk diolah lebih lanjut (Jamal. Pada temperatur ruang. polistiren secara normal merupakan padatan termoplastik. Dahulu. Polistirena atau polifinil etana dapat dipolimerkan dengan panas. Polistirena merupakan termoplastis yang bening kecuali ditambahkan pewarna dan pengesi dan dapat dilinakkan pada suhu + 100 derajat celsius. Umumnya. selanjutnya dilakukan pemanasan untuk melunakkan resin yang ada serta ikut menguapkan sisa-sisa blowing merupakan insulator-insulator yang baik. Polimerisasi stiren dimulai dengan proses yang disebut prepolimerizer. Banyak digunakan untuk membuat lembaran. Polimer yang sangat tinggi dapat dihasilkan dengan menekan suhu di atas sedikit ruang. akan tetapi pada temperatur tinggi. polistiren dapat meleleh. 2007). 2008). karena golongan senyawa ini dapat merusak lapisan ozon oleh karnanya saat ini tidak dipergunakan lagi. Gugus vinil yang terdapat pada stiren menjadikan stiren dapat mengalami reaksi adisi kontinu membentuk suatu polimer polistiren.

LCD sebagai proyektor informasi 6. 3. Salah satu cara untuk meminimalkan pengaruh ini adalah dengan membersihkan permukaan yang akan direkat dengan thiner sebelum direkat (Ruhedi. perlakuan pengawetan. Alat dan Bahan Adapun alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah: 1. dkk. METODE PRAKTIKUM Waktu dan Tempat Kegiatan Penyuluhan Kehutanan yang berjudul Pembuatan Perekat Polistirena dilaksanakan pada hari Jumat. Bensin sebagai bahan campuran dengan styrofoam sebagai perekat. Medan. 2007). Vinir berukuran 35 cm x 35 cm sebagai sirekat yang akan direkatkan. 4. terutama perekat berpelarut air. ketahanan terhadap api serta kestabilan dimensi mempengaruhi keterekatan yang biasanya pengaruh yang ditimbulkan adalh negatif. distribusi cairan di seluruh potongan kayu. Aluminium foil sebagai alat penutup botol kemasan. Laptop sebagai alat penyaji informasi Adapun bahan yang digunakan adalah: 1. 4 Desember 2009 pada pukul 15. Dimasukkan styrofoam kedalam gelas ukur sedikit demi sedikit. Prosedur 1. Dihancurkan styrofoam sampai berbentuk serpihan.Keterekatan adalah suatu kemampuan kayu untuk melekat dengan menggunakan perekat. Banyak kayu mempunyai kandungan lilin alami atau minyak yang cenderung menolak jenis minyak tertentu.30 sampai dengan selesai di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Medan. Kadar air. 3. Styrofoam sebagai bahan perekat. kesetabilan bentuk dan ukuran. . Jurusan Konstruksi Bangunan. 2. Pengaduk kaca sebagai alat pengaduk campuran styrofoam dengan bensin. 2. Botol kemasan sebagai tempat kemasan perekat 5. Gelas ukur sebagai wadah pencampuran stryofoam dengan bensin. Tipe ekstraktif tertentu yang terkandung dalam kayu dari beberapa jenis mungkin melemahkan kekuatan ikatan dari perekat. 2.

5. Dimasukkan bensin ke dalam gelas ukur berseling dengan styrofoam secara bertahap dengan rasio perbandingan yang sama.5 gr (35cm x 35cm)) : 10. 4.3. Keterangan: Bobot labur perekat : 401.5 gr/ m2 Jadi bahan yang digunakan baik untuk styrofoan dan bensin dapat dihitung sebagai berikut: Bobot bahan = (410.29 gr = 50gr Metode Penyuluhan Metode yang digunakan adalah metode pendekatan tatap muka antara penyuluh dengan sasaran suluh. Dioleskan perekat ke atas vinir secara single dan double spreed. HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil Pelaksanaan . yaitu melalui demostrasi cara dan hasil. Diaduk secara merata.000 cm2 = 50.

Keseganan peserta bertanya kepada penyuluh diawalnya Pembahasan Perekat Pada dasarnya polystirena tidak bewarna atau bening. Tetapi mudah larut dan mempengaruhi kekuatan polimer terhadap panas. Perekat ini merupakan perekat yang sifatnya thermoplastic. Latar belakang pemilihan Styrofoam sebagai base perekat adalah karena Styrofoam terdiri dari 95% udara dan 5 % styrene. Perekat Polistirena dan Aplikasi Perekat Polistirena dengan Vinir Kendala Adapun kendala yang tim penyuluh hadapi adalah: 1. namun karena penambahan Styrofoam maka perekat ini tidak bewarna bening lagi. Medan pada pukul 15. Hal ini sesuai dengan literatur Environment Loves Community (2008) yang menyatakan bahwa Styrofoam berasal dari kata styrene (zat kimia atau bahan dasar). Gambar 4. Dan dapat dilunakkan pada suhu + 100 derajat celcius. basa dan zat pengarat atau korosif. Banyak digunakan untuk membuat lembaran penutup. Jurusan Konstruksi Bangunan. 95% udara dan 5 % styrene. lembaran pencetak. Pembentukan polystyrene dari styrene (monomer) kemudian dihembuskan udara kedalam styrofoam dengan menggunakan CFC (Chloro Flour Carbon) sebagai blowing agent.Pelaksanaan kegiatan ini diadakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Medan. Tahan terhadap asam.30 WIB. Derajat polimerisasinya tergantung kepada kondisi polimernya. Bensin merupakan solvent yang memiliki bilangan okta yang sangat panjang. Matinya instalasi listrik 2. Hal ini sesuai dengan literature Nugroho (2005) yang . yakni terdiri dari 25 jenis hidrokarbon yang dapat membantu base menjadi lebih encer. Peserta yang hadir merupakan peserta kelas X (sepuluh) dengan jumlah 28 orang (nama terlampir). Kegitan berlangsung dengan tenang yang didukung dengan antusias peserta yang bertanya kepada penyuluh walaupun tampak adanya keseganan. Akibat pelepasan udara di dalam Styrofoam. (Foto kegiatan terlampir) Adapun hasil dari praktikum yang berjudul Pembuatan Perekat Polistirena adalah berupa gambar sebagai berikut. dimana styrene merupakan bagian dari perekat ini. Kemudian styrene tersebut ditambahkan dengan bensin agar foamnya hilang. Hal ini sesuai dengan literature Ruhendi (2007) yang menyatakan bahwa polysterena merupakan termoplastis bening (kecuali ditambahkan pewarna/pengisi). dan foam (busa atau buih) bentuknya sangat ringan serta kandungan di dalamnya. Waktu yang terlalu petang 3.

Gaya tarik yang terjadi adalah vanderwalls dan ikatan hydrogen. Dimana pihak sekolah tidak ingin mengganggu proses belajar mngajar. Hal ini sesuai dengan literature Tsoumis (1991) yang menyatakan menurut teori adhesi spesifik. factor utama adhesi adalah gaya tarik molekul dalam ikatan vanderwalls dan ikatan ikatan hydrogen (antara kayu dan perekat).menyatakan bahwa umumnya bensin terdiri atas sekitar 25 jenis hidrokarbon (HC) yang mendukung 6-9 atau karbon setiap molekulnya yang diperoleh dengan cara penyulingan bertingkat dengan proses pemisahan fraksi-fraksi berat dengan jalan polimerisasi. KESIMPULAN DAN SARAN . Ikatan hydrogen terjadi karena adanya atom H pada kayu dan polystyrene dan O pada kayu yang menjadikan adanya adhesi. Sedangkan gaya vanderwalls terjadi. Kegitan Penyuluhan Untuk mengatasi kebosanan peserta tim penyuluh langsung mempraktekkan kegiatan dihadapan peserta dan mengajak para peserta aktif dengan menghitung bobotnya. Waktu yang sulit. oleh karena itu solusi diambil pada sore hari dengan tujuan kenyamanan bersama. kayu dengan perekat mengalami gaya tarik molekul. Dalam teori adhesi. dikarenakan adanya perbedaan jadwal kegiatan antara tim dengan sasaran. Keaktifan peserta bertanya mulai timbul ketika seorang siswa penasaran mengenai perekat ini. Bukan hanya itu tim juga membeikan sampel kepada sasaran secara langsung. Untuk menghindari kebosanan penyuluh hanya memberikan informasi dengan durasi 50 menit. namun dalam konteks yang sangat lemah.

karena tidak dapat diuraikan sama sekali. dengan adanya peralatan yang lengkap dan tampa gangguan yang dibarengai dengan demonstrasi cara lebih menarik minat sasaran suluh. riset terkini membuktikan bahwa styrofoam diragukan keamanannya. Saran Sebelum menyuluh hendaknya penyuluh menyiapkan segala perangkat kegiatan yang meliputi materi dan mental penyuluh. syrofoam juga turut ambil bagian sebagai bahan pencemaran lingkungan yangharus segera dieliminasi. Selain itu. menghasilkan limbah yang tidak sedikit.sehingga dikategorikan sebagai penghasil limbah berbahaya ke-5terbesar di dunia oleh EPA (Enviromental Protection Agency).Styrofoam yang dibuat dari kopolimer styren ini menjadi pilihan bisnis pangan karena mampu mencegah kebocoran dan tetapmempertahankan bentuknya saat dipegang. Styrofoam juga terbukti tidak ramah lingkungan. biaya murah. bahantersebut juga mampu mempertahankan panas dan dingin tetapitetap nyaman dipegang. Pada umumnya peserta lebih tertarik dengan sistem demonstrasi.com/2010/02/polistirena.Kesimpulan Penyuluhan kehutanan akan lebih efektif bila durasi menyuluh tidak terlalu bertele-tele dan teoritis.blogspot. baik pada kesehatan danlingkungan maka harus segera dicari alternative agarpenggunaannya segera dihentikan sama sekali. Read more: http://juliusthh07. 1. Namun. Demonstrasi hasil akan menimbulkan peserta enggan mengadopsi informasi yang diberikan.1 Latar Belakang Bahan pengemas styrofoam atau polystyrene telah menjadisalah satu pilihan yang paling populer dalam bisnis pangan.2 Rumusan Masalah –Apakah definisi Styrofoam dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya? –Bagaimana mekanisme produksi styofoam? . namun mau mendengar apa yang dikeluhkan peserta. Tetapi. lebih aman. Bahkan pada prosesproduksinya sendiri.html#ixzz2bpmWufv3 Cara Pembuatan Sterofoam BAB I PENDAHULUAN 1. Penyuluh hendaknya komunikatif dan tidak bertindak seolah seorang yang serba tahu. terutama bila digunakan sebagaikemasan atau wadah makanan. Selain itu. mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas. Mengingat betapa berbahayanya dampak yang dapatditimbulkan oleh Styrofoam ini. serta ringan. Karena dalammemerangi isu global seperti global warming. Karena mengandung bahan kimia yangberbahaya bagi kesehatan.

–Bagaimana dampak yang ditimbulkan pada lingkungan? –Dampak negative apa saja yang dapat menyerang manusia? –Bagaimana cara mengurangi dampak buruk dari Styrofoam? 1. Bahandasar yang digunakan adalah 90-95% polysterene dan 5-10%gas seperti n-butana atau n-pentana. Namun.relatif tahan bocor dan bisa menjaga suhu makanan dengan baik. serta tidak sedikit pengaruhnya dalam peningkatan Global Warming. apalagi didukung hargas tyrofoa m yang sangat murah. Hal ini menyebabkanpolis tiren kehilangansifat jernihnya dan berubah warna . selanjutnya dilakukan pemanasan untukmelunakkan resin dan me-nguapkan sisa blowing agent.termasuk dalam industri makanan instan. tembus cahaya. Styrofoam seringkali digunakan secara tidak tepat olehpublik karena sebenarnya styrofoam merupakan nama dagangyang telah dipatenkan oleh perusahaan Dow Chemical. ringan. praktis.Inilah yang membuat bahan ini amat disukai dan banyak dipakai. Sytrofoam dibuatdari monomer stirena melalui polimerisasi suspensi pada tekanandan suhu tertentu. Namun bahan inisebenarnya tak kalah berbahaya dengan plastik. bukan untukkemasan pangan.yaitu hanya 1/3 -1/2 kali kertas. rapuh dan murah. Karena sifatnya yang rapuh makapolistiren dicampur sengdan senyawabutadien. 2. Sifat fisikStyrofoa m yang relatif tahan bocor. Polysterene yang bercirikhas ringan. kaku.1 Proses Pembuatan Styrofoam Styrofoam atau foamed polysterene (FPS) yang ringan danpraktis ini masuk dalam kategori jenis plastik. Olehpembuatnya Styrofoam dimaksudkan untuk digunakan sebagaiinsulator pada bahan konstruksi bangunan.ringan.membuatStyrofoam menjadi primadona sebagai pengemasmakanan. Bahanyang lebih dikenal sebagai gabus ini memang praktis. dan dapat menjaga suhu makanan dengan baik.1Tujuan –Untuk mengetahui definisi dari Styrofoam dan bahan kimia yang terkandung di dalamnya –Untuk mengetahui mekanism produksi Styrofoam dan limbah yang dihasilkan –Untuk mengetahui dampak dari penggunaan styrofoam terhadap makhluk hidup dan lingkungan –Untuk mengetahui cara mengurangi pemakaian Styrofoam BAB II PEMBAHASAN Salah satu pengemas makanan yang sering digunakan adalah Styrofoam. styrofoam sebagai bahan pembungkus pangan maupun untuk kebutuhan lain dapat menimbulkan masalah baik dari segi kesehatan maupun lingkungan.

CFC merupakan senyawa gas yang disebut sebagai penyebabtimbulnya lubang ozon diplanet Bumi. sistem imun yang berkurang. Saat benzena termakan.Kadar lemak tinggi Bahankimia yang terkandung dalam styrofoam akanberpindah ke makanan dengan lebih cepat jika kadarlemak (fat) dalam suatu makanan atau minuman makintinggi. walaupun belum 100% ramah lingkungan. sehingga membentuk buih(foam). Karena bahan-bahankimia yang terkadung di dalamnya dapat bermigrasi ke makananyang dikonsumsi manusia. Dan sekarang telahdigunakan blowing agent yang lebih ramah lingkungan. bahkan efek selanjutnya akan timbul anemia.EPA (Environmental Protection Agency) dan beberapa lembagalainnya malah sudah mengategorikan styrofoam sebagai bahankarsinogen karena benzen yang digunakan untuk memprosesbutiran styrene merupakan larutan kimia yang sulit dilumat olehsistem percernaan tidak bisa dikeluarkan melalui feses ataupunurine. masalah yang paling banyakditemui ada pada kelenjar tyroid. Inilah yang bisa memicu munculnya penyakitkanker. khususnya pada Styrofoam yang digunakansebagai wadah atau kemasan makanan.2 Dampak bagi Kesehatan Kandungan Styrofoam dapat berdampak buruk bagikesehatan manusia.atau n butyl stearat. Divisi Keamanan Pangan PemerintahJepang juga mengungkapkan bahwa residu styrofoam dalammakanan sangat berbahaya.Faktor yang mempengaruhi perpindahan zat kimia pada Styrofoam ke dalam makanan. Sehingga menyebabkankelelahan. yaitu suatu penyakit yang terjadiakibat adanya gangguan pada sistem endokrinologi danreproduksi manusia.2008). ditambahkan zat plasticier seperti dioktilptalat(DOP). Kemudian proses pembuatannya ditiup dengan blowing agentyaitu gas chlorofluorocarbon (CFC).Suhu yang tinggi Semakin panas suatu makanan. mempercepat detak jantung sulit tidur. zat juga akan masuk ke sel-sel darah dan lama-lama akan merusak sumsum tulang belakang. Selain kanker. Pada Juli 2001. Penelitian dua tahun kemudianmenyebutkan kandungan styrene sudah mencapai ambang batasyang bisa memunculkan gejala gangguan saraf.menjadi putih susu. Kemudian untuk kelenturannya. Kandungan zat pada proses terakhir inilahmenurut penelitian kimia LIPI dapat memicu timbulnya kankerdan penurunan daya pikir anak. zat ini semakin lama semakin menumpuk danterbalut lemak. Akibatnya. WHO (World Health Organization). badangemetaran. antara lain: 1. sepertiHCFCs. . Plastik busa yang mudah terurai menjadi struktur sel-selkecil merupakan hasil proses peniupan tersebut (Manurung. Hasil survei di AS pada tahun 1986 menunjukkan bahwa100% jaringan lemak orang Amerika mengandung styrene yangberasal dari styrofoam. 2. semakin cepat pula migrasi bahan kimia styrofoam ke dalam makanan. dan mudah gelisah. butil hidroksi toluene (BHT). Residu itu dapat menyebabkanendocrine disrupter (EDC). 2.

Padahal pemerintah telah mengatur dalam UU RI nomor 7 Tahun1996 tentang Perlindungan Pangan. Dimulai dari proses produksi yang menghasilkan limbah yangsangat berbahaya. hilang pendengaran. memang bersifat larut lemakdan alkohol. Karena sifatnya yang tidak bisa diuraikan oleh alamsama sekali dan sulit didaur ulang karena kurangnya fasilitasdaur ulang yang sesuai. Setiap orang yang memproduksi pangan untuk diedarkan. 4.3 Dampak bagi Lingkungan Bagi lingkungan. Monomer stirena jugadapat mengkontaminasi ASI. Padahal.3. disfungsi systemsyaraf pusat (waktu reaksi. Data dari EPA (Environmental ProtectionAgency) limbah hasil pembuatan . bagian keempat mengenaiKemasan Pangan : Pasal 16 1. tidak sedikit restoran cepatsaji yang menyuguhkan kopi panasnya dalam wadah ini Masalah kesehatan yang dapat muncul setelah terpapar jangka panjang antara lain : –Menyebabkan gangguan pada sistem syaraf pusat. Pemerintah menetapkan bahan yang dilarang digunakansebagai kemasan oangan dan tata cara pengemasanpangan tertentu yang diperdagangankan 2. dengangejala seperti sakit kepala. hal ini dibuktikan dalampenelitian di New Jersey yang menyebutkan bahwa 75% dari12 sampel ASI telah terkontaminasi oleh stirena (BPOMRI. Hal inimenjelaskan mengapa dalam jaringan tubuh anak-anakditemukan monomer stirena meskipun anak-anak tersebuttidak pernah terpapar secara langsung.karena alkohol bersifat dapat melintasi plasenta. Styren. styrofoam adalah musuh besar yang palingdihindari. fungsi intelektual). –Monomer stirena dapat masuk ke dalam janin jika kemasanpolistirena digunakan untuk mewadahi pangan beralkohol.dilarang menggunakan bahan apapun sebagai kemasanpangan yang dinyatakan terlarang dan atau yang dapat melepaskan cemaran yang merugikan atau membahayakan kesehatan manusia 2. akurasi dan kecepatanvisiomotor. memori. –Berdasarkan data IARC. Karena itu. letih. stirena termasuk bahan yang diduga dapat menyebabkan kanker pada manusia. –Beberapa penelitian epidemiologik menduga bahwa terdapathubungan antara paparan stirena dan meningkatnya risikoleukemia dan limfoma. bahan dasar styrofoam. depresi. danneurofati periperal.Lama kontak Semakin lama makanan disimpan dalam wadah Styrofoamsemakin besar kemungkinan jumlah zat kimia yangbermigrasi ke dalam makanan. Begitu pun dengankopi yang dicampur krim.Kadar alkohol dan asam yang tinggiBahan alkohol dan asam mempercepat laju perpindahan.Pengemasan pangan yang diedarkan dilakukan melaluitata cara yang dapat menghindarkan terjadinya kerusakandan atau pencemaran 3.2007). wadah dari jenis ini tidak cocok untuktempat susu yang mengandung lemak tinggi.

tidak berasa. Peningkatan kadar gas rumah kaca akan meningkatkanefek rumah kaca yang dapat menyebabkan terjadinyapemanasan global (---.lubang ozon di atas Kutub Selatan semakin lebar. 2. radiasi cahaya ultravioletmencapai permukaan bumi dan menyebabkan kematianorganisme. Pengaruh masing-masing gas rumah kaca terhadapterjadinya efek rumah kaca bergantung pada besarnya kadar gasrumah kaca di atmosfer.2008).2008). Ekosistem laut dan pertanian terganggu daninsiden penyakit kanker kulit meningkat. ganggang di lautan mati. gas ini baru bisa terurai sekitar 65-130 tahun.4 Cara untuk Mengurangi Dampak Buruk Styrofoam . GWP adalah suatu nilai relatifdimana karbon dioksida diberi nilai 1 sebagai standar. Karena itu penggunaangas CFC harus dibatasi atau bahkan dihentikan. Saat ini. Setelah digunakan untuk waktu yang sangat singkat (hanyauntuk menaruh membungkus makanan untuk sementara waktuatau melapisi barang elektronik sampai barang itu dibeli)styrofoam yang sudah diproduksi dalam jumlah banyak itudibiarkan menumpuk dan mencemari lingkungan dan merusakkeseimbangan kehidupan biota laut. Bau pada prosesproduksinya mampu mengganggu pernapasan dan melepaskan57 zat berbahaya ke udara. Kemampuan Gas-gasRumah Kaca dalam penyerapan panas (sinar inframerah) seiringdengan lamanya waktu tinggal di atmosfer dikenal sebagai GWP. CFC adalah salah satu Gas Rumah Kaca. makin tingginilai GWP suatu zat tertentu.Itu berarti bahwa satu molekul zatchlorofluorocarbon mempunyai efek rumah kaca lebih tinggi dari10. waktu tinggal di atmosfer dankemampuan penyerapan energi. sinar ultraviolet yang memasuki bumi semakintinggi intensitasnya. Begitustabilnya. Styrofoam dan Global Warming Sementara itu Cloro Fluoro Carbon (CFC) sebagai bahanpeniup pada pembuatan styrofoam merupakan gas yang tidakberacun dan mudah terbakar serta sangat stabil.Greenhouse Warming Potential. Menurut pengamatan melalui pesawat luar angkasa. Gas CFCdigunakan sebagai gas pengembang karena tidak bereaksi. Dengan kata lain. Kalau tidak ada lapisan ozon. makin efektif pula pengaruhnyaterhadap kenaikan suhu (----.styrofoam ditetapkan sebagailimbah berbahaya ke-5 terbesar di dunia. Gas ini akan melayang di udara mencapai lapisan ozon diatmosfer dan akan terjadi reaksi serta akan menjebol lapisanpelindung bumi serta menimbulkan efek rumah kaca. menyebabkan kanker kulit atau kankerretina mata. makin efektifpula pengaruhnya terhadap kenaikan suhu. Jika lubangozon melebar. Makin panjang waktu tinggal gas di atmosfer. tumbuhan menjadi kerdil. lubangozon sudah meluas sampai tiga kali benua Eropa.terjadi mutasi genetic. yang bila berada diatmosfer menyerap sinar inframerah yang dipantulkan olehbumi.000 molekul karbon dioksida. Zat-zat chlorofluorocarbon. dan tidak berbahaya. tidakberbau. mempunyai nilai GWP lebih tinggi dari 10.000.

100% seratdaur ulang. di Indonesia. dan coating lilin plus air. Kemasan ini dapat terurai dengan sendirinya menjadikarbondioksida dan air bila dikubur dalam tanah. kini bisa diujicobakan di Indonesiamenggunakan bahan baku local yaitu limbah kulit udang dan singkong.Beberapa cara yang telah diusahakan untuk mengurangi dampak buruk dari Styrofoam antara lain : a. membentuknya menjadistyrofoam baru. Ancol akan memberikan waktukurang lebih 6 bulan bagi seluruh restaurant dan kedaimakanan di kawasan Ancol untuk mengganti styrofoamsebagai kemasan makanan mereka menjadi kemasanmakanan berbentuk kertas. Tanpadigunakan kembali hasil daur ulang tadi tidak ada artinya. Salah satu divisi di McSonald‟syaitu The Environmental Defense Waste Reduction Task ForceEnforced McDonald juga sedang berusaha menggantikemasan makanan dengan kemasan yang dapat di daurulang seperti yang berasal kentang. PT Pembangunan Jaya Ancoltelah mendeklarasikan area wisata di pesisir utara Jakarta inisebagai kawasan bebas Styrofoam. Beberapa upaya yang telah dilakukan untuk melakukan antara lain : 1.Melakukan Upaya Prinsip 3R pada Styrofoam Beberapa perusahaan memang mendaur ulangstyrofoam. Selain itu. Sebagai kawasandestinasi wisata kuliner. Saat ini Indoensia .Menghentikan penggunaan Styrofoam Upaya ini telah dilakukan oleh beberapa industrymakanan seperti McDonald‟s pada tahun 1987 yangmenyatakan diri berhenti menggunakan wadah makananyang terbuat dari Styrofoam. Kedua bahan tersebut dipilih lantaran jumlahnya yang sangat banyak tersedia di negeri ini. Sebagai realisasi kawasanrekreasi yang peduli terhadap kesehatan keluarga dankeberlangsungan lingkungan hidup. Dengan keadaan yang seperti ini. dan beralihlah ke styrofoam hasil daur ulang. Indonesia dikenal luas sebagai salah satu Negaraoengekspor udang mentah kupas. maka pencarian alternatif bahanpengemas lain harus menjadi fokus penelitian yang baru. Teknologiterbaru ini.Menciptakan Kemasan Plastic Biodegradable Riset ini dikembangkan oleh Leonardus Adi Wijaya. bidegradable polymer. limestone. b. GlennChandra dan Marcel P. Namun sebenarnya. yang dilakukan hanyamenghancurkan styrofoam lama. Sekitar 12 ribu ton kulitudang kering dihasilkan oleh Indonesia per tahunnyasebagai hasil sampingan ekspor udang mentah kupas. c. Segara dan meraih juara pertamaResearch in Science and Technology Creativity (Ristec)2008 yang diadakan di Universitas Diponegoro.Fokus Pengemas baru yang ramah lingkungan Dengan semakin jelasnya dampak buruk yangditimbulkan styrofoam. yang dapatperlu dilakukan adalah mengurangi pemakaian styrofoambaru.Sedangkan singkong sendiri merupakan tanaman yangsudah merakyat.

Memanfaatkan Limbah Styrofoam sebagai Bahan Bangunan Dengan menganut prinsip 3R yaitu Reduce. rumah yang dibangun denganmenggunakan batako berbahan dasar limbah syrofoamterbukti kokoh dan sofat syrofoam yang menolak airmembuat tanah tidak lembab (Kartika. Sifatnya yang transparan dan kaku menyerupai plasticpada umumnya merupakan nilai tambah tersendiri. Kemasan yang dihasilkan akanmeiliki penampilan transparan dan warna kekuningan. contohnya membuatbatako dari limbah sytofoam.Keuntungan lainnya adalah dapat mengurangi panas . 2. Kemudian. Upaya memanfaatkan limbahini dilakukan oleh Surani. Proses pembuatan plastic ini tidaklah sulit. Proses penggabungannya pun cukup mudah.2008). Menghasilkankemasan yang dapat terurai dengan sifat menyerupaiplastic. dilakukan dengan mengolah limbah kulit udang. kemasan dari PLA dan khitosan ini juga memilikibeberapa kelemahan dan keunggulan masing-masing. Keuntungan dari penggunaan PLA dibandingkankemasan plastic lainnya yaitu sifat biodegradablenya yangdapat terurai di alam. Oleh karena itu. pria yang tinggal di Tipar. Reuse danRecycle. telah diciptakan pula rumah yang berbahandasar Styrofoam. jugadapat digunakan bahan lainnya seperti jagung. kentangdan umbi-umbian lain. dan 10% semen. penggunaan styrofoam dapatmenghemat pasir dan semen. Ltd adalahperusahaan Jepang yang membuat rumah dengan bahandasar Styrofoam ini. Komposisi yang tepat itu 50% styrofoam. Sedangkan untuk pembuata PLAdigunakan bahan baku singkong. Dengan penggunaan bahan ini makabanyak keuntungan yang didapat selain lebih cepat. Terutama. sendok. House Co.Cakung.lalu dicetak. PLA (Poly Lactic Acid)adalah senyawa yang saat ini sedang dikembangkansebagai alternated kemasan plastic konvensional atausebagai kemasan biodegradable.Mencampurkan larutan PLA dalan khitosan secara perlahanagar tercampur merata.Namun. Jadi. limbah syrofoam dapat digunakan untukmenghasil benda lain (Recycle). Dan hasilnya tidak mengecewakan. gelas.dijemur hingga kering.meproduksi kuranglebih 19 juta ton singkong setiap tahungga. menghindaribuangan sampah dan polusi pembakaran styrofoam.kemasan sekunder pembungkus biscuit maupun roti. maksimal satu setengah bulan. mangkuk dll. PLA dapat dicetak dalam bentukseperti tas belanja. Selain singkong.masalah optimalisasi dalam pembuatan PLA. Cobabandingkan dengan Styrofoam yang tidak dapat diuraikansama sekali. yaitu Dome. Caramembuat sederhana yaitu Styrofoam digiling sepertijagung. ringandan murah (setidaknya untuk ukuran orang Jepang). Jakarta Timur dengan niat sederhana. 2009). Masih perlu banyak penelitian lebih lanjut dalamoengambangan kemasan ramah lingkungan. Pembuatankhitosan. dicampur pasir dan ditambah semen. termasukketertarikan pihak industry (Tim Rostrum. kemasan ini dapat digunakan sebagaibahan pembungkus sayuran. Bahan baku PLAbersumber dari bahan yang dapat diperbaharui sertamemiliki kandungan pati yang tinggi. 40%pasir.Setelah terbentuk. Selain itu. penggabungan antara khitosan dan PLAdiharapkan dapat saling melengkapi.

2. antara lain : 1. mulai dari rumah tinggal.mereka ubah dalam bentuk polymer flocculant yangdiigunakan untuk menguraikan styrofoam menjadi air. a. yangbiasa ditemukan di dalam tanah. Dengan begitucampuran ini dapat diuraikan oleh mikroorganisme. Denganmengolah kulit jeruk yang mengandung d-limonene. bar. Mengembangakan teknologi untuk menguraikan sytrofoam Beberapa upaya telah ditemukan untuk menguraikan Styrofoam. Cara ini telah dilakukan oleh seseorang di Inggris yang akan mengikuti kompetesi StopGlobal Warming. dia mengubah sampahmenjadi lebih bermanfaat. Pemanasan tersebutmenghasilkan .Yang pasti mereka yakin cara ini tetaplah ramahlingkungan. Minyak yang merupakan hasil pemanasanstyrofoam pada suhu tinggi itu mencemari tanah karenasulit terdegradasi di alam. Kevin O‟Connor dan koleganya mengubah polystyrenemenjadi minyak melalui pyrolysis. Memanfaatkan sebagai Media Pertumbuhan Jamur Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh global warming Dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan Styrofoam sebagai media untuk menumbuhkan jamur. Irlandia. 3. Atau cara lain yang mereka temukan dengan menggunakan kulit buah jeruk juga. anti gempa dan tidak akanberkarat maupun lapuk dimakan usia dibandingkan denganmenggunakan besi dan kayu. Video mengenai proses pembuatannya dapat dilihat di mushroom grow buddy blog.yangmasuk sehingga dapat meminimalkan penggunaan AC. Styrofoam dapat dimanfaatkan sebagaipelindung tanaman di saat musim dingin denganmemanfaatkan sifatnya sebagai insulator. Rumah yang dibuat berbentuk sebuah kubah (dome)yang dapat dimodifikasi serta diaplikasikan ke segalamacam kebutuhan. Dengan cara ini.sirkulasi udara yang lebih baik. 4.menemukan turunan bakteri Pseudomonas putida. Bubuk polimer inikemudian bisa digunakan sebagai pemurni air dansangat berguna dalam industri semen. Hasil dari campuran tersebut adalahsodium polystyrene sulfonate (PSSNa).Mengembangkan bakteri Pseudomonas putida Para ahli biologi di University of College Dublin. memakan minyak styrenemurni dan mengubahnya menjadi plastik yang ramahlingkungan. karaokebahkan sampai spa (Samudro. Setelah melaluiproses pemisahan dan netralisasi. Yaitu dengan memotong styrofoam hingga kecil-kecil dan campurkandengan chloroform dan asam sulfat dengan suhu 45oCselama 2 jam. Mereka melakukannya dengan tekhnik sulfonasi. cairan tersebut akanberubah menjadi bubuk polimer. Memanfaatkan Styrofoam sebagai Pelindung Tanaman Diluar negeri. Caranya dengan memasukan kulit jeruk bersamaan dengan styrofoam ke dalam blender dan melalui prosesdistilisasi dan kemudian diaduk sampai dengansemuanya bercampur dengan baik.2009).Memanfaatkan Kulit Buah Jeruk untuk Mendissolve Styrofoam Metode ini diupayakan oleh Vici Riyani and AdrienneTrinovia Sulistyo siswa SMA Santa Ursula. yaitu memanaskanplastik turunan minyak bumi dengan suhu 520 derajatCelcius tanpa melibatkan oksigen.

maka dirubah dengan menggunakan popok dari kainkatun.sehingga limbahnya lebih mudah terurai –Membiasakan diri untuk mematikan lampu yang tidakdigunakan. Meski listrik tak mengeluarkan emisi karbon. –Untuk bahan bakar kendaraan roda dua. Selain musnah jika dibakar. plastik jensi ini jugamudah terurai di alam.yaitu toluene. diusahakanmenggunakan bahan bakar pertamax yang mengalamipembakaran lebih sempurna dibandingkan dengan .Pada awalnya. temuan ini membawaharapan baru karena menunjukkan bahwa styrofoam danmolekul polystyrene yang menyusunnya dapat diubahmenjadi ramah lingkungan 2. biasanya menggunakan popok yang sekalipakai. Begitu pula ketika membeli makanan. bakteri menyimpan 1. Usaha yang telahdilakukan antara lain : –Menggunakan pembersih dari kain seperti handuk daripada menggunakan pembersih dari kertas –Untuk peralatan makan selalu menggunakan peralatan yangterbuat dari logam dan bisa digunakan berkali-kali daripadamenggunakan peralatan makan dari plastic –Lebih memilih menggunakan wadah yang terbuat dari gelas dengan tutuo dari kaleng atau logam. Usahakan untuk melihatkandungannya dan memilih deterjen yang bebas fosfat. Danuntuk menguangi dampak global warming tidak hanya focuspada uraian di atas mengenai Styrofoam. –Saat membeli deterjen. –Karena tinggal di daerah dataran tinggi.pembangkit listrik PLN menggunakan bahan baker fosil penyumbang besar emisi. Pseudomonas putida CA-3.cairan yang terdiri atas minyak styrenesebesar lebih dari 80 persen dan sisanya berupa cairanracun lainnya. Cabut charger telp. –Untuk anak bayi. Dalam proses ini. bakteri justru sangat menikmati menu makanbarunya ini dan mengubah 64 gram styrene campuranuntuk menghasilkan sekitar 3 gram bakteri baru. Cara ini juga bermanfaatuntukmenghemat biaya rekening PDAM. Dan hal ini juga menghindariiritasi yang bisa terjadi pada bayi. sehingga dapat dicuci. Namun. mereka berharap bakteri akan memurnikanstyrene dari larutan. Daripada menggunakan wadah yang terbuat dari Styrofoam. genggam dari stopkontak. Namun. Jikatidak digunakan. jangan tinggalkan alat elektronik dalamkeadaan standby. Meskipun demikain.6 gram energiminyak styrene dalam bentuk plastik biodegradable (dapatterurai di alam) yang disebutpolyhydr oxyalkanoate atauPHA. baik pada saat siang maupun malam hari. membuat kami harusselalu memantau jalannya air PDAM dan mewaspadai keranyang dibiarkan terbuka. Para peneliti kemudian memberikan cairan ini kepadasalah satu turunan bakteri.5Think Globaly Act Localy Untuk memerangi global warming harus dilakukan dari dirisendiri dan dari hal yang terkecil. beberapa halkecil sudah mulai saya terapkan di kehidupan sehari-hari. proses biologi yang dilakukan bakterimenghasilkan produk sampingan yang masih beracun. Oleh karena itu.

–Menanam beberapa tumbuhan di halaman rumag. Yelah.. –Berusaha untuk memanfaatkan kertas sebaik-baiknya. –Tidak menggunakan pewangi yang mengandung aeroso –Tidak membiasakan diri merokok.Terutama untuk kertas bekas membuat tugas kuliah. sepertitanaman hias dan tanaman buah yang hasilnya juga dapatdinikmati. bendalah yang paling banyak digunakan. . Karenadengan membakar akan menimbulkan bau yang tidak sedapdan asapnya juga mengganggu pernafasan dan penglihatan.sehingga meminimalisir sampah kertas.BBM. selain berbahayan bagikesehatan asap yang dihasilkan oleh rokok juga sangatberbahaya bagi lingkungan –Lebih memilih membuang sampah ke Tempat PembuanganSampah (TPS) dibandingkan dengan membakarnya.Selain itu.. Tapi tahukah kita keburukan penggunaan? Mungkin ramai yang dah tahu. Yang belum tahu.. jom kita TERJAH... saat membakar sampah juga akan melepaskanzat-zat sampah ke udara yang bisa menambah pencemaranudara POLISTERENE – The 'White Coffin" Siapa yang tak kenal benda ni kan? Kalau kita beli makanan yang di tapau. senang sikit nak tapau berbanding pengunaan surat khabar atau kertas yang berwarna cokelat tu.

Apa itu polisterene sebenarnya? Polystyrene sebenarnya dihasilkan dari petroleum! Kajian membuktikan bahawa polisterina mengandungi bahan kimia yang boleh menyebabkan kanser dan ia mengambil masa 500 tahun untuk reput dan kemudiaannya akan bertukar menjadi toksik. Polystyrene mengandungi Styrene dan Benzene iaitu sejenis carcinogen yang disyaki menyebabkan pelbagai jenis barah dan juga neurotoxic (berbahaya kepada saraf/otak) manusia Bekas makanan/minuman polystyrene akan membebaskan Styrene ini jika diisi dengan makanan atau minuman panas. Bahan styrene dan benzin yang terdapat dalam polisterina boleh membawa kesan buruk kepada alam sekitar melalui penipisan lapisan ozon dan . makanan berasid atau berminyak.

ia tidak boleh dikitar semula. kesan pada sistem saraf seperti kemurungan. loya dan gatal mata. hidung dan tekak. Kajian juga menunjukkan haiwan yang memakan kandungan styrene yang tinggi dalam jangka masa panjang mengalami kerosakkan hati.com/2010/02/polisterene-white-coffin. buah pinggang dan paru-paru. Ia juga banyak mendatangkan kesan buruk kepada kita dan mendatangkan risiko tinggi yang boleh menganggu kesihatan.TcyAWwGi. tahap tumpuan yang rendah.blogspot. puf See more at: http://chekguisza. Maka tidak hairanlah styrene berkemungkinan kepada manusia. Sebagai contoh.html#sthash. kelemahan otot.d menyebabkan kanser .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->