P. 1
Makalah Alam Jagat Raya

Makalah Alam Jagat Raya

|Views: 887|Likes:
Published by Kandidus Oktavian
makalah dalam jagat
makalah dalam jagat

More info:

Published by: Kandidus Oktavian on Aug 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Tata surya kita sendiri dan matahari sebagai pusatnya dan dikelilingi sembilan planet dan benda-benda angkasa lainnya. Kesembilan planet tersebut adalah merkurius, venus, mars, yupiter, saturnus, uranus, neptunus, dan pluto. Jagat raya merupakan ruang yang luas dan segala zat serta energi yang ada didalamnya. Sejarah jagat raya dimulai pertama kali ketika manusia mengenal ilmu perbintangan. Sejak zaman dahulu manusia berusaha ingin tahu tentang jagat raya baik mengenai ukuran, bentuk, isi, sifat, maupun jarak benda-benda langit yang satu dengan yang lainnya. Dari inilah muncul ilmu astronomi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang benda-benda angkasa.

galaksi-galaksi dan bintang yang telah terbentuk akan meredup kemudian memampat didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan massa ekspansi (mengembang) yang disebabkan oleh adanya reaksi inti hidrogen. Jagat Raya adalah istilah lain dari alam semesta. . kabut. Di Jagat Raya terdapat bermilyar bintang.planet. Ketika terjadi ledakan besar. bagian-bagian dari massa tersebut berserakan dan terpental menjauhi pusat dari ledakan. B. a. / yang disebut Cosmos sesungguhnya adalah sebuah ruang tempat segenap benda langit berada.galaksi. Selanjutnya. bagian-bagian yang terpental tersebut membentuk kelompok-kelompok yang dikenal sebagai galaksi-galaksi dalam sistem tata surya. Setelah tahap memampat. komet. Tahap ini diperkirakan berlangsung selama 30 miliar tahun. Teori Mengembang dan Memampat (The Oscillating Theory) Teori ini dikenal pula dengan nama teori ekspansi dan konstraksi. TEORI PEMBENTUKAN JAGAT RAYA Beberapa teori tentang terjadinya jagad raya adalah sebagai berikut. Teori Ledakan Besar (The Big Bang Theory) Menurut Teori Ledakan Besar. maka tahap berikutnya adalah tahap mengembang dan kemudian pada akhirnya memampat lagi. Dalam ilmu astronomi (ilmu yang mempelajari ihwal bintang) Jagat Raya. PENGERTIAN JAGAT RAYA. dan gas. termasuk bumi tempat manusia hidup.BAB II PEMBAHASAN A.benda langit lain seperti debu. serta meteor. Selain itu. Setelah miliaran tahun kemudian. jagat raya berawal dari adanya suatu massa yang sangat besar dengan berat jenis yang besar pula dan mengalami ledakan yang sangat dahsyat karena adanya reaksi pada inti massa. di Jagat Raya juga terdapat benda . semesta. Pada tahap ini terbentuklah galaksi. planet . b.

Teori nebula lainnya yang berkembang dikemukakan oleh seorang astronom berkebangsaan Prancis bernama Pierre Simon de Laplace yang hidup antara 1749–1827. sedangkan bola gas asal menjadi matahari. tata surya berasal dari bola gas yang bersuhu tinggi dan berputar sangat cepat. 2) Teori Awan Debu (van Weizsaecker) Von Weizsaecker (1945) dan G.C. Menurut Laplace. Adanya ketidakteraturan dalam awan tersebut menyebabkan terjadinya penyusutan karena gaya tarik menarik dan gerakan perputaran yang sangat cepat dan teratur sehingga terbentuklah piringan seperti cakram. sedangkan yang kecil terbentuk di sekitarnya. Ahli astronomi lainnya yang mengemukakan teori . Menurut Kant.beda. maka terlepaslah bagianbagian dari bola gas tersebut dalam ukuran dan jangka waktu yang berbeda. yaitu gas atau kabut tipis yang sangat luas dan bersuhu tinggi berputar sangat lambat. Inti massa yang terbesar terbentuk di tengah. Bagian-bagian yang terlepas tersebut berputar dan pada akhirnya mendingin membentuk planet-planet. Oleh karena perputaran yang terjadi sangat cepat. Perputaran yang lambat tersebut menyebabkan terbentuknya konsentrasi materi yang memiliki berat jenis tinggi yang disebut inti massa pada beberapa tempat yang berbeda. Akibat terjadinya proses pendinginan inti-inti massa yang lebih kecil maka berubahlah menjadi planet-planet.P. sedangkan bagian pinggirnya berubah bentuk menjadi planet-planet. tata surya berasal dari nebula. TEORI PEMBENTUKAN TATA SURYA 1) Teori Nebulae (Kant dan Leplace) Teori Nebula kali pertama dikemukakan oleh seorang filsuf berkebangsaan Jerman yang bernama Immanuel Kant yang hidup antara tahun 1724–1804. Inti cakram yang menggelembung kemudian menjadi matahari. Kuiper (1950) mengemukakan pendapat bahwa tata surya berasal dari awan yang sangat luas yang terdiri dari debu dan gas (hidrogen dan helium). sedangkan yang paling besar masih tetap dalam keadaan pijar dan bersuhu tinggi disebut matahari.

maka kepingan-kepingan yang lain bergerak mengitari bintang itu dan menjadi planetplanet. Lama kelamaan mendingin dan membentuk bulatan-bulatan yang disebut planet. Tata Surya terdiri atas satu Matahari. dan delapan planet termasuk planet Bumi. serta benda langit lain yang mengelilinginya. Sedangkan bintang yang tidak meledak menjadi matahari. Teori Bintang Kembar 5) Teori ini hampir sama dengan teori planetesimal. ANGGOTA JAGAT RAYA 1. Dahulu matahari mungkin merupakan bintang kembar.awan debu antara lain F. sebuah Tata Surya terdiri dari satu matahari dan semua benda langit yang beredar mengelilinginya. Planetplanet dan anggota lainnya terbentuk karena adanya bagian dari matahari yang tertarik dan terlepas oleh adanya pengaruh gravitasi bintang yang melintas ke dekat matahari.planet yang beredar mengelilingi matahari. Bagian yang terlepas itu berbentuk seperti cerutu panjang (bagian tengah besar dan kedua ujungnya mengecil) yang terus berputar mengelilingi matahari. 3) Teori Planetesimal (Moulton dan Chamberlin) Moulton dan Chamberlain (1900) mengemukakan pendapat bahwa tata surya berasal dari adanya bahan-bahan padat kecil yang disebut planetesimal yang mengelilingi inti berwujud gas dan bersuhu tinggi. 4) Teori Pasang-Surut (Jeans dan Jeffreys) Astronom Jeans dan Jeffreys (1917) mengemukakan pendapat bahwa tata surya pada awalnya hanya terdiri dari matahari tanpa memiliki anggota. sedangkan matahari kita adalah salah satu bintang yang berada di dalam Bimasakti. sedangkan inti massa yang bersifat gas dan bersuhu tinggi membentuk matahari. Galaksi Galaksi terdiri atas berjuta-juta bintang. Menurutnya tata surya berawal dari matahari yang berputar dengan cepat dengan piringan gas di sekelilingnya yang kemudian membentuk planet. Gabungan dari bahan-bahan padat kecil itu kemudian membentuk planet-planet. kemudian bintang yang satu meledak menjadi kepingan-kepingan. 2. Matahari merupakan pusat dari tata surya. Jadi. Matahari mempunyai sejumlah anggota dan membentuk suatu susunan yang disebut Tata Surya. Planet . Karena ada pengaruh gaya gravitasi bintang.L Whippel dari Amerika Serikat dan Hannes Alven dari Swedia. E.

yang terdiri atas Merkurius dan Venus. b) VENUS Venus adalah planet kedua setelah Merkurius. dan Neptunus. Jarak Venus dengan matahari adalah 108.8 hari dan waktu rotasinya juga selama 88. yaitu planet dalam dan planet luar. Demikian juga jarak dengan matahari dan waktu yang dipergunakan untuk mengelilingi matahari. Garis tengah planet ini kurang lebih 12. d) MARS Planet Mars mempunyai garis tengah kurang lebih 6.000 kilometer (IS·A = 159.8 hari.7 hari dan waktu rotasinya selama 225 hari atau kurang lebih 7. Dari sembilan planet yang dikenal manusia.Di dalam Tata Surya terdapat dua jenis planet berdasarkan letak lintasannya. Planet Bumi mempunyai lapisan atmosfer yang di dalamnya banyak mengandung unsurunsur kimia yang banyak dibutuhkan oleh makhluk hidup. Planet-planet luar adalah planet-planet yang lintasannya mengelilingi Matahari lebih besar daripada jari-jari lintasan Bumi di saat mengelilingi Matahari. Garis tengah planet ini kurang lebih 4. Peredaran Bulan mengelilingi Bumi dan sekaligus juga mengelilingi matahari. Planet-planet dalam adalah planetplanet yang lintasannya di antara Bumi dan Matahari. Waktu yang digunakan untuk mengelilingi matahari kurang lebih 697 haridengan rotasi selama 24 jam 37 menit. Planet ini adalah planet yang paling terang di antara planet yang lain karena jaraknya yang relatif dekat dengan planet Bumi.5 bulan. Bulan berotasi dan juga melakukan revolusi mengelilingi Bumi selama 27 3 1 hari sampai 29 3 1 hari. Uranus. Jarak Merkurius dengan matahari adalah 57. yang terdiri atas Mars.792 kilometer.205 kilometer dan besarnya hampir sama dengan Bumi.000 km).210.000 km. Planet Bumilah yang banyak dihuni makhluk hidup.847 kilometer waktu yang dipergunakan untuk mengelilingi matahari adalah 88.910. Bumi mengelilingi matahari membutuhkan waktu 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik. Planet-planet yang mengelilingi matahari mempunyai ukuran yang berbeda-beda. c) BUMI DAN BULAN Bumi merupakan planet ketiga dalam Tata Surya. Planet Mars mempunyai sejumlah air dan oksigen . Waktu yang diperlukan untuk mengelilingi matahari adalah 224. Yupiter. Bumi selalu diikuti Bulan sebagai satelit bumi selama mengelilingi matahari. yaitu 365hari 5 jam 48 menit 46 detik atau sama dengan Satu Tahun Tropik.000. Jarak bumi dengan matahari oleh para ahli Astronomi dinamakan satu satuan Astronomi atau sama dengan 159. a) MERKURIUS Merkurius adalah planet yang terdekat dengan matahari dan juga paling kecil di antara semua planet.000 km. tetapi atas dasar kesepakatan ahli astronomi mengacupada periode antara pertemuan matahari dengan bintang Aries. Bumi berputar pada porosnya membutuhkan waktu 23 jam 56 menit atau sama dengan Satu Hari Bintang. Saturnus.

300. Waktu yang digunakan untuk mengelilingi matahari kurang lebih 84 tahun dengan waktu rotasi 369 hari. Planet ini mempunyai dua buah satelit. di antaranya memiliki cincin. NH3. f) SATURNUS Planet Saturnus ditemukan pada abad ke-18 setelah planet Uranus. Ganymade (satelit terbesar hampir sebesar bumi). terdiri atas tiga bagian yang konsentris. Diameternya lebih dari 130. Penemuan terakhir menunjukkan satelitnya lebih banyak lagi. unsurunsurnya mengandung butiran es dan sangat halus. antara lain 85% Hidrogen dan 15% Helium. atmosfernya hampir tidak berotasi (sangat lambat).000 kilometer. yaitu 10 jam sekali putaran. e) YUPITER Yupiter adalah planet terbesar dalam sistem Tata Surya kita.demikian juga pergantian musim. yaitu terdiri atas unsur-unsur amonia. dan Calistio.940.000 kilometer. Campuran yang lain sedikit sekali berupa CH4. Empat dari satelit itu adalah Io. Lebar cincin sekitar 275. Waktu yang digunakan untuk mengelilingi matahari kurang lebih 29–30 tahun. Hal ini menimbulkan dugaan adanya pergantian musim di sana.750 kilometer. Sekalipun berukuran sangat besar kepadatan planet ini sangat rendah karena sebagian besar terdiri atas unsur-unsur ringan. gelang berbentuk khas (dusky ring).000. Planet ini nomor 3 paling terang di antara ke sembilan planet.000 kilometer. Mulanya planet ini dinamakan Gregorium Titus (sebagai penghargaan kepada Raja Georgia III). dan planet ini memiliki 9 buah satelit. Saturnus mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan planet lain. Garis tengah planet ini 19. Planet ini mempunyai keistimewaan. Kedua satelit ini ditemukan oleh Hall pada tahun 1877. Uranus mempunyai keistimewaan bahwa sumbunya terletak . sekali berotasi memerlukan waktu 387 hari. Europa. Jarak Yupiter dengan Matahari adalah 778. Jarak antara Saturnus dan Matahari adalah 1. yaitu tudung es kutub yang luasnya tidak selalu tetap. Saturnus mempunyai 10 satelit yang mengelilinginya. yaitu 14 buah. Tebal cincin Saturnus kurang lebih antara 10 sampai 100 meter saja. Warnanya hijau mendekati kecokelatan sehingga menunjukkan adanya flora dandaerah gurun. Rotasi Yupiter terhadap matahari paling cepat. yaitu adanya unsur kimia yang terkandung di dalam sangat rendah. bahkan di sana juga terdapat polar icecaps. yaitu Dcimos (satelit luar) dan Phobos (satelit dalam). g) URANUS Planet Uranus baru ditemukan pada tahun 1781 oleh William Herschel di Inggris yang semula disangka komet. para astronom menyebutnya Planet Herschel. Cassini gelang yang paling terang adalah gelang bagian dalam.427. dan bagian luar. Jarak Mars dengan Matahari adalah 227. kemudian oleh Boscho disebut dengan Uranus.000 kilometer. Mars mempunyai dua satelit. Yupiter mempunyai banyak satelit. Akan tetapi. massanya lebih kurang 3 2 massa seluruh anggota Tata Surya yang di luar matahari. yaitu bagian dalam.000 km. dan lainnya. Saturnus mempunyai atmosfer yang hampir sama dengan Yupiter.

dan debu panjang yang sering dapat dilihat dengan mata telanjang. Jarak Uranus dengan Matahari adalah 2.000 kilometer. h) NEPTUNUS Planet Neptunus ditemukan oleh Bonvard pada tahun 1821 di Paris. Susunan atmosfernya terdiri atas metana. dan berevolusi bersama planet mengelilingi matahari. b. Jika dilihat dari bentuknya Neptunus merupakan saudara kembar Uranus.840. Komet tua yang bahan volatilesnya telah habis karena panas matahari sering dikategorikan sebagai asteroid. Prancis. Komet Komet adalah badan Tata Surya kecil yang biasanya hanya berukuran beberapa kilometer dan terbuat dari es volatil.sebidang dengan bidang revolusinya. yaitu berputar pada porosnya. Saat sebuah komet memasuki Tata Surya bagian dalam dan mendekati matahari menyebabkan permukaan esnya bersumblimasi dan berionisasi yang menghasilkan koma. berputar mengelilingi matahari. 5. Waktu yang digunakan untuk mengelilingi matahari kurang lebih 164.79 tahun. 3. terutama besarnya. kemudian bersama-sama dengan planet. Satelit buatan Satelit buatan adalah pesawat kendaraan ruang angkasa masuk ke orbit bumi. Satelit ada dua maoam yaitu : a. Badan-badan ini memiliki eksentrisitas orbit tinggi. Satelit melakukan tiga gerakan. berputar pada porosnya. Planet ini mempunyai lima satelit. Sebagian komet berorbit hiperbolik mungkin berasal dari luar Tata Surya tetapi menentukan jalur orbitnya secara pasti sangatlah sulit. Komet berperioda pendek memiliki kelangsungan orbit kurang dari dua ratus tahun. Secara umum. berevolusi mengelilingi planet. ekor gas. baik yang berawak maupun yang tidak berawak. Banyak kelompok komet. Dari lima satelit ini ada dua satelit besar yang diberi nama Tritondan Nereid.863. sedangkan komet berperioda panjang seperti Hale-bopp. Satelit alamiah Satelit alamiah sudah ada dalam tata surya dan bukan batan manusia. 4. sedangkan rotasinya 15 jam. Asteroid . beredar mengelilingi planet.000 kilometer. perihelionnya terletak di planet-planet bagian dalam dan letak aphelionnya lebih jauh dari Pluto. Garis tengahnya kurang lebih 53. Sedangkan komet berperioda panjang memiliki orbit yang berlangsung ribuan tahun. Radiusnya sekitar 4 kali radius bumi. seperti Kreutz Sungrazers terbentuk dari pecahan sebuah induk tunggal. satelit Stelit adalah anggota tata surya yang ukurannya lebih kegil daripada planet. berasal dari Awan Oort. Komet berperioda pendek dipercaya berasal dari Sabuk Kuiper.

Perkembangan teleskop diimbangi dengan perkembangan perhitungan benda-benda langit dan hubungan satu dengan yang lainnya. venus. Asteroid terbentuk pada awal terbentuk pada awal terbentuknya tata surya terdapat gukup partikel di antara Mars dan Jupiter yang membentuk batu-batu berkelompok. bumi. Berdasarkan materi yang terkandung di dalamnya. yaitu Hipotesis Nebula. Hipotesis Kondensasi. Objek-objek tersebut termasuk sembilan buah planet yaitu. dan jutaan benda langit (meteor. materi ekor komet yang tergeger. Dari mulai mengetahui perkembangan planet-planet hingga puncaknya adalah penemuan UB 313 yang ternyata juga mempunyai satelit. neptunus dan pluto yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips. BAB II dikemukakan oleh beberapa ahli. meteorit di bedakan menjadi dua yaitu : a. Meteor adalah benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi yang pada saat menembus atmosfer terbakar sehingga timbul nyala yang terlihat dari bumi. 6. meteorit batu : terdiri 10% besi dan nikel dan lainnya berupa silikon. saturnus. Asteroid berasal dari planet yang terletak di antara Mars dan Jupiter meledak karena efek gaya ganggu Jupiter dan membentuk asteroid-asteroid. Ada dua teori asal mula asteroid : a. yupiter. Meteorit adalah meteor yang jatuh ke permukaan bumi. uranus. Hipotesis Pasang Surut Bintang. dan Hipotesis Bintang Kembar. mars. Meteorid. komet) lainnya. b. merkurius. Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Sejarah penemuan Tata surya di awali dengan dilihatnya planet-planet dengan mata telanjang hingga ditemukannya alat untuk mengamati benda langit lebih jelas yaitu Teleskop dari Galileo.Asteroid adalah benda-benda angkasa yang berada dalam serbuk asteroid. yakni daerah antara orbit Mars dan Jupiter. atau pecahan benda langit lain. meteorit besi : terdiri 90% zat besi dan 10% nikel b. Meteor. Dan Meteorit Meteorid adalah benda-benda padat yang bertebaran di angkasa yang berasal dari pecahahan asteroid. . asteroid. Hipotesis Planetisimal.

com/doc/39081106/PENGERTIAN-JAGAD-RAYA Hartono.html http://themahir.com/2011/09/jagat-raya-dan-tata-surya.com/2011/09/anggota-tata-surya-jagat-raya. Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah.html .scribd.Pusat Perbukuan. 2009.blogspot.blogspot.DAFTAR PUSTAKA http://geosmaten.html http://www. Jakarta http://geografiana2006.blogspot.Geografi 1 Jelajah Bumi dan Alam Semesta : untuk Kelas X.com/2010/11/anggota-jagat-raya. Departemen Pendidikan Nasional.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->