P. 1
Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukan Kepribadian

Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukan Kepribadian

5.0

|Views: 33,628|Likes:
Published by Wahyudin

More info:

Published by: Wahyudin on Jun 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

SOSIALISASI SEBAGAI PROSES PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN

Oleh Dra. Handayani

PENGERTIAN SOSIALISASI
Adalah proses mempelajari, menghayati, dan menanamkan suatu nilai, norma, peran, pola perilaku yang diperlukan individu-individu untuk dapat berpartisipasi yang efektif dalam kehidupan masyarakat.

MEDIA SOSIALISASI
1. 2. 3. 4. 5. 6.
Keluarga Teman sepermainan Sekolah Tempat pekerjaan Masyarakat umum Media massa

PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN
Pengertian kepribadian : Kepribadian pada hakikatnya merupakan gambaran sikap dan perilaku manusia secara umum yang tercermin dari ucapan dan perbuatannya.

PROSES PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN
1. Aliran Konvergensi, kepribadian
merupakan hasil perpaduan antara pembawaan (faktor internal) dengan pengalaman (faktor eksternal). 2. Aliran nativisme, kepribadian ditentukan oleh faktor pembawaan. 3. Aliran empirisme (tabularasa), kepribadian ditentukan oleh pengalaman dan lingkungannya

MENURUT JUNG, KEPRIBADIAN MENURUT FUNGSINYA ADA 4 :
1. Kepribadian rasional, yaitu kepribadian yang 2. 3. 4.
dipengaruhi oleh akal pikiran sehat. Kepribadian intuitif, yaitu kepribadian yang dipengaruhi oleh firasat atau perasaan kirakira. Kepribadian emosional, kepribadian yang dipengaruhi oleh perasaan. Kepribadian sensitif, kepribadian yang dipengaruhi oleh panca indera sehinggacepat bereaksi.

MENURUT JUNG KEPRIBADIAN BERDASARKAN REAKSINYA TERHADAP LINGKUNGAN
1. Kepribadian ekstrovert, yaitu kepribadian
yang terbuka, berorientasi keluar. 2. Kepribadian introvert, yaitu kepribadian yang tertutup dan berorientasi pada diri sendiri. 3. Kepribadian ambivert, yaitu kepribadian campuran.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN
1. 2. 3. 4. 5.
Warisan biologis (pembawaan) Lingkungan fisik Lingkungan budaya Pengalaman kelompok Pengalaman pribadi yang unik

EVALUASI
1. 2.
Jelaskan pengertian sosialisasi ! Mengapa keluarga disebut sebagai media sosialisasi yang pertama dan utama ? 3. Proses sosialisasi yang berjalan tidak sempurna dapat membentuk kepribadian menyimpang. Jelaskan mengapa demikian ! 4. Jelaskan pengaruh kebudayaan terhadap pembentuk kepribadian ! 5. Sebutkan macam-macam media sosialisasi ! 6. Sebutkan contoh pengaruh teman sepermainan terhadap pembentukan kepribadian ! 7. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian ! 8. Apa sebabnya kepribadian setiap orang tidak sama ? 9. Jelaskan perbedaan teori empirisme dan nativisme ! 10. Berikan contoh cara mengembangkan kepribadian !

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->