P. 1
PENGENALAN KOMPUTER 2

PENGENALAN KOMPUTER 2

4.67

|Views: 13,761|Likes:
Published by padiya68

More info:

Published by: padiya68 on Jun 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

BAB I PENGENALAN KOMPUTER A. Pengertian dan Sistem Kerja Komputer. Kata “ komputer” berasal dari bahasa Inggris “ to compute”, yang berarti menghitung. Sedangkan “ computer” berarti alat penghitung. Kemudian kata computer tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi komputer. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki, komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori, dan menampilkan hasil hasil berupa informasi. Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer memiliki tiga sifat, yaitu : a. Bekerja dengan menggunakan tenaga listrik (elektronik) b. Bekerja berdasarkan program Program adalah rangkaian perintah yang dibuat menuasia dan dapat dimengerti opleh komputer. Programlah yang memberi komando (koordinasi) pada setiap komponen dalam komputer untuk mengerjakan sesuatu dan mengatur keselarasan (integrasi) kerja antara satu komponen dengan komponen yang lainnya. c. Bekerja dalam satu sistem yang dapat digambarkan dalam diagram berikut ini :

Input
(masukan berupa data)

Proses Dalam Memori

Output
(hasil berupa informasi)

1. Disk drive 2. Keyboard 3. Mouse 4. Lihgt pen 5. Scanner 6. Kamera diGital.

CPU

1. Monitor 2. Printer 3. Disk drive 4. LCD Proyektor . 5. Speaker

B. Keuntungan dan Kerugian Komputer. Keuntungan Komputer : 1. Dapat mengerjakan pekrjaan dengan cepat dan tepat. 2. Komputer tidak kenal lelah. 3. Dapat menyimpan data dan membaca kembali untuk diolah kembali. 4. Dapat mengolah dan menyimpan data dalam jumlah yang besar . 5. Dan masih banyak lagi kellebihan yang lain.

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 1 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

2

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Kerugian Komputer. 1. Membutuhkan operator yang cakap agar dapat mengolah dan memberikan informasi yang tepat. 2. Untuk membuat atau menyusun program komputer paling tidak kita harus belajar bahasa pemrograman. 3. Komputer sangat peka terhadap perubahan tegangan listrik sehingga sering data hilang jika terjadi perubahan tegangan listrik. 4. Membutuhkan tempat menyimpan data khusus (disket dan hard disk), tetapi sarana penyimpan data tersebut mudah sekali rusak sehingga memerlukan perawatan khusus. C. Sejarah Komputer. Rancangan komputer elektronik dibuat pertama kali oleh John Atanasoff dari Amerika Serikat pada tahun 1942 dan terus berkembang hingga sekarang. Periodisasi perkembangan komputer dapat digambarkan sebagai berikut : 1. Komputer Generasi Pertama (1945 – 1959) Pada tahun 1945, John Mauchly dan J. Presper dari Universitas Pennsyvania USA, membangun unit komputer elektronik yang diberi nama ENIAC. Beratnya mencapai 18 ton dan tersusun dari sekitar 18.000 tabung hampa. Mesin ini mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik, yang bila dikerjakan manusia yang ahlipun dibutuhkan waktu 10 jam. 2. Komputer Generasi kedua. Komponen utama menyusun komputer generasi kedua adalah transistor. Komponen ini lebih unggul segalanya dari pada tabung hampa dan memiliki harga yang lebih murah. Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 3 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

3. Komputer Generasi Ketiga Funsi transistor sebagai komponen utama diganti oleh IC (Integrated Circuits) atau rangkaian terpadu. Sekeping IC (chip) yang terbuat dari bahan silikon dapat menggantikan kerja beberapa transistor, diode dan resistor sekaligus. Ukuran fisiknya makin kecil, namun kecepatan dan ketepatannya lebih tinggi, kapasitasnya lebih besar. 4. Komputer Generasi Keempat (1970 – sekarang). Komponen utama penyusun komputer generasi ini adalah VLSI (Very Large Scale), yaitu IC yang ditingkatkan kemampuannya hingga ratusan ribu kali dan ukuran fisiknya makin kecil. 5. Komputer Generasi Kelima. Sampai saat ini para pakar komputer di negara seperti USA dan Jepang sedang merancang komputer yang dapat berpikir dan bertindak sendiri. Komponen utamanya adalah AI (Artficial Inteligence) atau kepandaian buatan. Komputer ini diharapkan dapat menentukan sikap sendiri jika menerima data, hendak dijadikan apa data itu adalah kehendaknya sendiri. D. Jenis-jenis Komputer. Jenis-jenis komputer dapat dibedakan berdasarkan : 1. Ukuran Fisik Komputer. Menurut ukuran fisik komputer , komputer dapat dibedakan menjadi :

4

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

a. Room Computer, berukuran ruangan. b. Desktop Computer, brukuran satu meja. c. Notebook Computer, berukuran tas sampai ukuran saku. 2. Tipe Processor. Menurut tipe processor yang digunakan komputer dapat dibedakan menjadi : a. PC XT (Personel Computer Extended Technology) Kapasitas datanya mulai dari hanya 64 kilobyte hingga 1 mega byte dan dengan kecepatan proses mulai dari 4,7 sampai 12 megahertz. Jenis processor yang digunakan adalah seri 8080, 8086, dan 8088. Komputer ini merupakan komputer jenis lama dan sekarang tidak diproduksi lagi. b. PC AT (personel Computer Advanced Technology). Komputer ini merupakan komputer jenis baru sebagai pengembangan dari PC XT yang mulai ditinggalkan oleh para pemakai komputer. Komputer PC AT mulai masuk pasaran pada awal tahun 90-an. Kapasitasnya berkisar dari 1 megabyte sampai 4 Gigabyte, sedang kecepatan prosesnya 16 meghertz ke atas dan processornya menggunakan seri 80286, 80386, 80486, dan seterusnya. Dari sini dapat kita lihat betapa komputer ini lebih canggih dibandingkan dengan generasi sebelumnya. 3. Kemampuan Kerja. Berdasarkan kemapuan kerjanya komputer dapat dibedakan menjadi: Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 5 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 6

a. Komputer Mikro (Micro Computer). Komputer ini menggunakan hanya satu processor (alat pemroses data) saja untuk melakukan beberapa proses sekaligus. Karenanya komputer ini meiliki kemampuan yang terbatas sehingga dipakai hanya oleh satu orang saja (sering disebut PC = Perseonel Computer). b. Komputer Mini (Mini Computer). Komputer ini dilengkapi beberapa processor dan dengan kemampuannya yang lebih tinggi, komputer ini dapat digunakan oleh puluhan hingga ratusan pemakai sekaligus. Tiap pemakai dihunungkan ke sebuah komputer mini sebagai pusat (terminal). c. Sistem Jaringan (Mainframe) Hampir sama dengan komputer mini, tetapi lebih besar lagi. Komputer ini memiliki ratusan hingga ribuan terminal, dimana terminal-terminal itu dapat dihubungkan ke berbagai negara. Pada umumnya komputer yang kita pakai adalah komputer PC (Personel Computer) atau dengan istilah “ Single User” (Komputer Pribadi). Namun demikian tidak menutup kemungkinan pada perusahaan-perusahaan besar baik di Perbankan, Super Market, dan kantor-kantor Pemerintah maupun Swasta yang berhubungan dengan orang banyak, sudah menggunakan sistem kompter jaringan atau dengan istilah lain “ Multy User”.

BAB II Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK KOMPUTER Komputer adalah salah satu hasil (produk) teknologi informasi dan komunikasi yang paling populer saat ini. Tentu Anda sering melihat seperangkat komputer, baik yang ada di perkantoran, di toko, di sekolah atau di rumah Anda. Pada bagian ini akan dibahas bahwa komputer itu terdiri dari berbagai komponen yang masing-masing mempunyai fungsi sendiri. Perhatikan gambar berikut :

Ada 3 (tiga) komponen utama dalam sistem kerja komputer , yaitu : 1. Perangkat Keras (Hardware) 2. Perangkat Lunak (Software) 3. Manusia (Brainware).

A. Perangkat Keras (Hardware). Hardware adalah segala peralatan komputer yang dapat dilihat dan dipegang (bersifat fisik). Hardware komputer terdiri dari 4 (empat) macam , yaitu : 1. Peralatan Masukan (Input Device) Peralatan masukan adalah peralatan yang berfungsi untuk menerima dan yang diberikan oleh manusia atau perlatan lainnya dan mengirimkan data tersebut dalam bentuk digital kepada komputer. Beberapa peralatan masukan yang umum digunakan adalah : a. Keyboard (papan ketik) b. Mouse c. Scanner d. Kamera Digital. Berikut ini penjelasan dari masing-masing peralatan masukan tersebut. a. Keyboard. Keyboard adalah peralatan masukkan yang meiliki tombol-tombol dengan tanda-tanda di atasnya. Jika tombol tersebut ditekan, akan menghasilkan suatu kode karakter tertentu seperti huruf, angka, tanda baca, dan karakter-karakter khusus lainnya. b. Mouse. Mouse adalah alat masukan yang berfungsi untuk mengatur letak kursor dengan cara digerkkan oleh tangan, bentuknya mirip seekor tikus. c. Scanner Scanner adalah alat masukan yang berfungsi untuk memasukkan teks atau gambar dengan cara menscan atau mengcopy, alat ini mirip dengan mesin fotocoy. 8 Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 7 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

d. Kamera Digital Kamera digital adalah alat masukan yang berfungsi untuk memasukan gambar-gambar foto ke dalam komputer. 2. Peralatan Pemroses. Di dalam kotak (casing) komputer terdapat dua bagian peralatan pemroses, yaitu : a. Central Processing Unit (CPU) atau Unit Pemroses Utama. Bagian ini seola-olah menjadi otak dari komputer. Disebut demikian karena di dalam CPU inilah segala kegiatan proses dilaksanakan berdasarkan program. CPU dapat dibagi atas dua bagian , yaitu ; 1). Unit Hitung dan logika (Arithmatic and Logical Unit) : berfungsi mela kukan operasi matematik dan logika. 2). Unit Kontrol (Control Unit): berfungsi mengontrol kegiatan unit yang lain. b. Memory Induk (Main Memory) Memori adalah unit/peralatan yang dipergunakan untuk menyimpan data, perintah (Program) serta hasil proses yang telah masuk dan telah dikerjakan oleh komputer. Satuan ukuran yang menggambarkan besarnya memori komputer adalah byte. 1 byte = 1 karakter = 1 huruf atau 1 angka. Berikut ini susunan satuan memori : 1 byte = 1 karakter ( 1 nagka atau 1 huruf) 1 kilobyte = 1024 byte 1 megabyte = 1024 kilobyte 1 gigabyte = 1024 megabyte Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 9 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 10

Memori induk terdiri dari : 1). RAM (Random Acces Memory) RAM adalah memori yang bisa dibaca dan ditulis. Data yang dibaca atau ditulis ke disket dan data yang kita masukkan melelui keyboard akan disimpan di dalam RAM. Sifat-sifat data yang ada dalam RAM adalah : a). Dimasukkan oleh pemakai komputer. b). Tidak permanen atau tetap, artinya data yang dimasukkan bisa diubah dan bila listrik mati atau terputus maka data tersebut akan hilang. 2). ROM (Read Only Memory) ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca saja. Penulisan data ke dalam ROM dilakukan oleh pabrik pembuat komputer, sehingga sifatnya permanen atau tetap ada meskipun aliran listrik terputus. Ada jenis ROM yang tidak dapat dihapus datanya, tetapi ada juga ROM yang dapat dihapus dengan menggunakan sinar ultraviolet. 3. Peralatan output. Untuk dapat menampilkan data, dibutuhkan perangkat output yaitu : a. Layar (Monitor/Screen). Monitor berfungsi sebagai alat keluaran saja, karena monitor hanya diguankan untuk menampilkan pesan dan data hasil pengolahan. Layar monitor terdiri dari susunan berjuta-juta titik cahaya (pixel). Intensitas cahaya dan warna setiap pixel dikendalikan oleh CPU. Pabrik menyediakan monitor dari berbagai jenis. Dalam hal warna dikenal monitor warna dan monitor satu Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

wanra (monocrom). Untuk monitor warna tersedia mulai dari hanya 4 warna sampai ribuan warna dengan tingkat ketelitian gambar (resolusi) yang berbeda-beda. Makin tinggi resolusi layar, makin halus tampilannya. Adapun jenis-jenis layar adalah sebagai berikut : MDA : dengan hanya 2 warna CGA : dengan 16 warna EGA : dengan 64 warna VGA : dengan 256 warna Super VGA: dengan 256 warna, tetapi hanya lebih halus dan lebih jelas. b. Printer. Printer berfungsi sebagai alat keluaran cetakan saja, karena printer hanya digunakan untuk menrima data dari komputer. Data-data yang diterimanya akan diterjemahkan menjadi tulisan dan gambar yang tercetak di kertas. Bila ditinjau dari cara printer mencetak pada kertas maka dikenal jenis-jenis printer : 1). Printer pukulan (impact) dimana terdapat jarumjarum yang meukul pita, misalnya printer dot. 2). Printer on impact yaitu printer yang menggunakan sistem sinar laser, sistem semprot, dan lain-lain. 4. Peralatan Penyimpan Data. Ketika kita mengetik naskah (data), maka data tersebut akan disimpan pada Main Memory (RAM). Karena kapasitas penyimpanan Main Memory yang ada pada komputer sangat terbatas, dan sifat penyimpanannya

sementara saja (tidak permanen), maka diperlukan peralatan penyimpanan yang sifatnya permanen atau tetap. Peralatan penyimpanan tersebut antara lain : a. Peralatan Penyimpan Magnetik 1). Disket (Floppy Disk) Floppy Disk adalah alat untuk merekam informasi secara magnetik yang bersifat lentur, dan berbentuk lingkaran serta datar. Disk ini dibagi dalam beberapa jalur berbetnuk lingkaran sepusat. Jalur dibagi lagi dalam beberapa sektor. Disk disegel dalam tutup pelimdung berbentuk bujur sangkar yang dilapisi bahan lunak untuk membersihkan perpuatarannya. Tutup ini mempunyai beberapa bagian yang terbuka dan celah-celah untuk menyesuaikannya pada disk drive. Disamping itu disk juga dilengkapi dengan kemampuan pengaksesan data Lubang baca Lubang indeks

Write protect Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 11 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 12

Lubang penggerak disket

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Bagian-bagian disket adalah sebagai berikut : a) Write Protect : bila bagian ini ditutup dengan stiker, maka disket dalam keadaan terproteksi, artinya data terlindung dari pengubahan, sehingga data hanya bisa dibaca saja. b) Lubang Penggerak Dsiket : berfungsi untuk menggerakkan disket. c) Lubang Indeks : menentukan posisi awal pembacaan atau penyimpanan data d) Lubang Baca dan Tulis : tempat untuk membaca atau penulisan data. Jenis-jensi disket ada bebarapa macam : 1) Berdasarkan ukurannya, disket dibagi menjadi 2 yaitu : a) Disket dengan ukuran 5 ¼ inchi b) Disket dengan ukuran 3 ½ inchi. 2) Berdasarkan daya tampungnya, disket dibagi menjadi 2 yaitu : a) Disket HD (High Density) b) Disket DD (Double Density) Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut : Struktur Data Jumlah Track Sektor perTrack 5¼ inchi DD 40 9 5¼ inchi HD 80 15 3½ inchi DD 80 9 3½ inchi HD 80 18

Karakter per-Sektor Jumlah Sektor Daya Menyimpan Data

512 720 360 KB

512 2400 1,2 MB

512 1400 720 KB

512 2880 1,44 MB

2). Hard Disk. Hard Disk merupakan pengembangan dari dsiket. Bentuknya kaku sebab terbuat dari bahan besi tebal berlapis magnit. Kapasitas Hard Disk sangat besar mulai dari 10 MB sampai dengan 1,2 GB atau lebih besar lagi. Secara ekonomis hard disk memang lebih mahal dibanding disket, namun keuntungannya proses pembacaan dan penulisan data jauh lebih cepat dibandingkan dengan disket. Lebih-lebih saat ini makin banyak program yang membutuhkan cepat untuk bekerja. Cara Merawat Disket/Hard Disk. Oleh karena dsiket/hard disk mudah sekali rusak dengan berbagai macam sebab, maka perlu perawatan yang baik, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain : a). Jangan sampai tertekuk. b). Jangan sampai terkena besi magnit c). Jangan sampai terkena suhu tinggi d). Jangan sampai terkenan udara lembab e). Jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung 14 Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 13 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

f). Jangan memegang/tergores pada bagian yaang terbuka. g). Jangan sering diformat h). Disket sebaiknya disimpan pada kotak khusus. b.. Peralatan Penyimpan Optik. Peralatan penyimpan optik ini juga berupa piringan (disc) dan sering disebut dengan CD (Compact Disc). Alat ini bekerja menyimpan data dengan menggunakan bantuan sinar laser. Sinar laser akan membaca dan menuliskan data pada piringan. Alat untuk membaca CD disebut CD Drive. Macam-macam CD (Compact Disc) 1) CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) Data yang ada pada CD-ROM hanya bisa dibaca saja tetapi tidak bisa ditulis. Dengan CD-ROM hanya bisa untuk membaca tetapi tidak bisa untuk merekam data. 2) CD-R (Compact Disc Recordable). CD-R adalah alat penyimpan yang hanya bisa menyimpan data sekali saja, sehingga data yang sudah tersimpan tidak bisa diubah lagi. CD-R biasa digunakan untuk menyimpan lagu, gambar dan sebagainya. 3) CD-RW (Compact Disc Rewritable). CD-RW adalah alat penyimpan yang bisa menyimpan data berkali-kali, dan yang telah ada bisa diubah-uabh lagi. Fungsi CD-RW sama dengan disket, namun CDRW mempunyai kapasitas yang lebih besar dibanding disket. Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 15 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Cara merawat CD. Seperti halnya disket CD-pun mudah rusak, oleh karena itu diperlukan perawatan yang baik, yaitu : a) Priringan CD jangan sampai tergores. b) CD sebaiknya disimpan ditempat yang kering. c) CD sebaiknya dilindungi dengan memasukkannya ke dalam kotak CD atau plastik. c.. Peralatan Penyimpan Elektronik. Alat penyimpan elektronik adalah suatu alat penyimpan yang mampu menyimpan data secara elektronik. Cara kerjanya seperti kerja memori utama (RAM) yang membantu CPU dalam mengolah data. Beberapa contoh alat penyimpan jenis ini adalah USB Flash Disk, Smart Card, dan memory Card. 1) USB Flash Disk. USB Flash Disk berbentuk seperti pena, yang biasa dicolokkan pada komputer. Alat ini juga populer dengan nama pen disk. 2) Smart Card. Contoh SmardtCard adalh kartu telepon prabayar. Dengan kartu ini, kita bisa berkomunikasi setelah memasukkann kartu yang mengadnung chip tersebut ke dalam kotak telepon. 3) Memory Card (Kartu Memori). Memory card biasa digunakan pada perangkat komputer PDA atau kamera digital. B. Perangkat Lunak (Software). Perangkat Lunak (Software) adalah kumpulan data serta instruksi yang memberi sifat “hidup” pada komputer. Mesin 16 Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatannya tanpa adanya software. Melalui software inilah kita bisa meminta komputer untuk menghitung, menggambar, mengeluarkan suara dan lain-lain. Dengan demikian sifat software adalah perangkat yang tidak dapat dipegang secara fisik, hanya bisa dirasakan manfaatnya. Software berupa program-prgram yang berfungsi mengatur kerja hardware. Ada 4 kelompok dalam software : 1. Sistem Operasi (Operating System). Operating System adalah software yang sifatnya sangat mendasar dan bertujuan mengendalikan agar rangkaian elektronik (hardware) bisa bekerja serta mampu melakukan fungsi-fungsi tertentu, misalnya membooting komputer, mengolah disket ( seperti memformat disket dan lainlainnya). Software yang tergolong dalam Operating System antara lain : a). MSDOS (Microsoft Disk Operating System). b).PCDOS (Personal Computer Disk Operating System) Kedua software ini biasa disebut dengan istilah “DOS” saja. c). Microsoft Windows d). Linux 2. Alat Bantu (Utility). Utility bertugas sebagai “pembantu” kerja sistem operasi. Dengan alat bantu ini maka apa yang dapat dikerjakan sistem operasi dapat ditingkatkan kualitas hasilnya, kecepatannya, ketepatannya dan keindahan tampilannya. Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 17 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 18

Software yang tergolong Utility antara lain: PC Tools, Norton Utility. 3. Bahasa Pemrogram (Programing Language). Bahasa Pemrograman adalah software yang memungkinkan pemakai komputer berkomunikasi langsung dengan hardware, antara komputer dengan peralatannya , atau antara komputer dengan komputer lainnya. Seperti halnya bahasa manusia (Bahasa Indonesia, Bahsa Inggris, dan lainlain), bahasa pemrograman memiliki kosa kata dan aturan penggunaannya tertentu. Komunikasi antara manusia dengan komputer (melalui bahasa pemrograman) diwujudkan dalam bentuk urutan-urutan perintah yang disebtu PROGRAM. Contoh software dalam bahasa pemrograman antara lain : a). Bahasa BASIC. b). Bahasa PASCAL. c). Bahasa FORTRAN d). Bahasa COBOL, dan lain-lain. 4. Program Aplikasi (Aplication Program). Program Aplikasi adalah software yang dibuat oleh perusahaan pembuat software (Software House). Dengan demikian kelompok ini menyediakan program-program yang siap pakai. Program Aplikasi digunakan untuk keperluan-keperluan yang sifatnya umum. Program Aplikasi ini terdiri dari beberapa macam paket program, antara lain : a. Program Pengolah Kata diantaranya adalah : 1). Wordstar (WS) 2). Microsofr Word (MS-Word). Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

3). AmyPro 4). Chiwriter b. Program Pengolah Angka (Spread Sheet) di anataranya adalah : 1). Lotus 123 2). Quatro 3). Supercall 4). Microsft Excel (MS Excel). c. Perogram DataBase, dianataranya adalah : 1). dBase 2). dBase III Plus 3). Fisual dBase 4). Microsoft Acces (MS-Acces). d. Program Citra (Desain Grafis), diantaranya adalah : 1). Corel Draw 2). Page Maker 3). Photo Shop e. Program presentasi/Animasi, diantaranya adalah : 1). Animator 2). Macromedia Flash 3). Microsoft Powerpoint (MS-Powerpoint) f. Program Pengolah Gambar , diantaranya adalah : 1). AutoCad 2). Viso Architecture g. Akses internet, diantaranya adalah : 1). Internet Explorer 2). Microsoft Outlook 3). Yahoo 4). Google, dan lain-lain.

C. Manusia (Brainware). Manusia mempunyai tugas yang berbeda-beda pada komputer, ada yang bertugas sebagai perancang, pemrogram, dan ada yang sebagai pemakai. Menurut tugasnya manusia dapat dikelompokkan menjadi : 1. System Analyst dan Gesign (Perancang dan Penganalisis). System analyst ini bertugas merancang atau menganlisis sistem baru atau sistem yang sudah ada untuk diperbaiki. Untuk software yang akan dibuat. System Analyst dan Design akan memberikan rincian mengenai rancangan program yaitu mengenai data yang harus dibaca, proses pengolahan dan informasi yang hasru diberikan. Bagian-bagian dari program-program tersebut diselesaikan oleh programmer , setelah selesai baru System Analyst dan Design menggabungkan seluruh bagian program tersebut dan memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan rancangan. 2. Programmer. Programmer adalah orang yang membuat program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan System Analyst dan Design. Program yang dibuat dapat merupakan program paket keseluruhan, atau hanya bagian-bagian kecil dari suatu rencana program yang besar, dan programmer juga bertanggungjawab terhadap uji coba program yang dibuatnya untuk memastikan bahwa program tersebut telah sesuai dengan spesifikasi yang telah diberikan oleh System Analyst dan Design.

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 19 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

20

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

3. Operator. Operator adalah orang yang menjalankan program. Seorang operator tidak perlu pusing merancang sistem maupun cara-cara membuat program, sebab ia hanya bertugas untuk memasukkan data ke dalam program yang telah dibuat oleh Programmer. 4. Teknisi (Computer Angineering). Teknisi adalah orang yang bertugas mealakukan perawatan dan perbaikan hardware komputer yang mengalami kerusakan.

BAB III OPERASI DASAR KOMPUTER A. Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa, agar komputer dapat digunakan, maka komputer harus sudah tersambung dengan arus listrik. Karena komputer sangat sensiftif terhadap perubahan tegangan listrik, maka sebelum komputer disambungkan ke stopkontak terlebih dahulu komputer dihubungkan ke stabilizer (alat untuk menstabilkan tegangan listrik). Oleh karena itu prosedur pertama mengoperasikan komputer adalah mencolokkan kabel power stabilizer ke stopkontak (arus) listrik. 1. Menghidupkan Komputer. Langkah-langkah menghidupkan komputer adalah sebagai berikut : a. Nyalakan stabilizer. b. Nyalakan CPU c. Nyalakan Monitor, tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan Windows sebagai berikut:

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 21 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

22

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

2. Mematikan Komputer. Langkah-langkah mematikan komputer adalah sebagai berikut : a. Klik tombol Start pada sudut kiri bawah monitor.

b. Klik tombol Turn Off Computer/Shut Down c. Klik tombol Turn Off/Shut Down, tunggu sebentar sampai hilang tampilan monitor. d. Matikan tombol Power CPU. e. Matikan tombol Power Stabilizer. f. Cabut sambugan kabel dari stopkontak. g. B. Mengenal Sistem Operasi Windows. Pada saat komputer dinyalakan yang paling pertama kali bekerja adalah operating system (sistem operasi). Operating System adalah suatu kelompok program (software) yang bertugas/berfungsi mengontrol dan mengendalikan semua fungsi-fungsi dari software-software yang lain. Beberapa tugas sistem operasi antara lain: memasukkan/mengeluarkan program/data, mencari dan memperbaiki kesalahan, Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 23 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 24

menunjukkan tempat penyimpanan memori, dan melaporkan keadaan sistem. Umumnya sistem operasi disertakan bersama-sama dengan perangkat keras oleh pabrik pembuatnya. Dengan adanya sistem operasi maka manusia dapat berkomunikasi dengan komputer. Tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tidak bisa apa-apa. Sama seperti tape recorder tanpa kaset, atau radio tanpa adanya siaran. Jika kita memakai program komputer , apakah itu Ms-Word, Excel atau main game sekalipun, harus selalu diawali dengan memanggil SYSTEM. Setalah itu baru komputer menyerahkan pengawasan kepada Operating System yang kita gunakan. Kemampuan suatu sistem komputer tergantung kepada jenis dan kemampuan operating system yang digunakan. Sesuai dengan perkembangan program (software), operating system terdiri dari beberapa jenis, diantaranya : 1. PC DOS (Personal Computer Disk Operating System). PC-DOS ini diproduksi oleh IBM (International Business Mechine). 2. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) MS-DOS ini diproduksi oleh Microsoft Corporatian Sesuai dengan namanya kedua sistem operasi diatas disimpan/ditempatkan dalam sebuah Disk. 3. Microsoft Windows. Microsoft Windows adalah operating system terbaru dan termahal, serta tercanggih dan hingga saat ini operating system yang paling banyak digunakan adalah Windows. Setiap jenis operating system pasti mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut dikenal dengan istilah Release, yaitu perkembangan yang terletak pada penyempurnaan setiap program-programnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Pembangunan operating system dinamakan SYSGEN (System Generation) yang dilakukan bersama-sama oleh pihak pabrik komputer dan user (pemakai). Operating System terdiri dari 2 (dua) komponen, yaitu : 1. Control Program, yang berfungsi/ bertugas mengontrol dan mengendalikan pelaksanaan dari processing program, mengontrol lokasi dalam memori, mengatur data dan isntruksi (perintah), menempatkan dan mencari data, serta mengatur jadwal pengolahan. 2. Processing Program, yaitu kumpulan program yang disediakan untuk mengolah instruksi-instruksi atau program yang diberikan kepada komputer melalui control program. C. Mengenal Desktop.. Desktop adalah tampilan layar background (dasar belakang icon-icn) pembuka Windows. Desktop Icon

Keterangan: Icon adalah simbol atau gambar-gambar kecil yang mewakili suatu program aplikasi pada Windows. Taskbar adalah suatu kotak yang berisi informasi tentang program sedang digunakan dan file yang sedang aktif. D. Mengenal Start dan Menu Start. adalah pilihan utama untuk memulai mengoperasikan Windows. Menu adalah daftar pilihan perintah aplikasi Windows yang tampak dilayar monitor. Untuk menampilkan menu Start arahkan pointer (penunjuk) Mouse pada posisi kotak Start dan klik satu kali, maka akan muncul tampilan Menu Start sebagai berikut :

Tombol Start Taskbar

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 25 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

26

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Isi dari Menu Start tidak selalu sama antara komputer yang satu komputer yang lain. Namun secara umum tampilan/isi dari menu start adalah sebagai berikut : Program berisi daftar pilihan program aplikasi. Documents berisi file-file yang tersimpan di dalam memori. Settings berisi programprogram untuk mengubah tampilan Windows. Search berisi program untuk mencari dan mengaktifkan file. Help and Support berisi program bantuan/kamus dari sistem Windows. Run untuk mengaktifkan file. Shut Down untuk mengakhiri penggunaan Windows.

Muncul tampilan sebagai berikut :
Baris Judul

Baris Menu Toolbar Folder Sub Folder

E. Mengelola Folder. Folder adalah salah satu obyek yang dapat berisi program atau beberapa dokumen. Folder digunakan untuk menata informasi. Pada DOS folder disebut dengan istilah direktori. Untuk menampilkan daftar folder klik kanan pada tombol Start, kemudian klik Explore.

File

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 27 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

28

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Keterangan gambar : Baris judul : Judul Widnows Explore Baris Menu : Berisi menu-menu utama Toolbar : Berisi icon-icon yang mewakili suatu program/perintah Folder : Tempat sub folder atau sejumlah file yang sejenis Sub Folder : Bagian dari folder yang berisi sejumlah file yang sejenis File : Kumpulan data/naskah/dokumen. a. Menampilkan dan menutup isi Folder/Sub Folder. Dalam susunan Folder terdapat tanda 1). berarti isi dari folder/sub folder beleum ditampilakn, untuk menampilkan isinya klik satu kali tanda tersebut. 2). bararti isi dari folder/sub folder sudah ditampilkan, untuk menyembunyikan isi folder/sub folder klik satu kali tanda tersebut. Silahkan Anda coba !. b. Mengubah Tampilan Windows Explore. Klik View pada tampilan Windows Explore, muncul kotak dialog sebagai berikut :

Toolbars : untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar. Sattus Bar : untuk menampilkan status( berisi jumlah file/sub folder dalam satu folder yang terbua). Explorer Bar : untuk mengubah tampilan/susunan folder. Titles : untuk menampilkan daftar file dalam bentuk judul saja. Icons : untuk menampilkan daftar file dalam bentuk icon. List : untuk menampilkan daftar file secara vertikal. Details : untuk menampilkan daftar file secara rinci lengkap yang meliputi nama file, ukuran file, type file dan tanggal pembuatannya

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda mengubah tampilan Windows Explore.

coba untuk

1. Membuat Folder. Tujuan membuat Folder adalah untuk mengelompokkan file-file agar file yang satu tidak tercampur dengan file yang lain, sehingga dalam pengelolaan atau manajemen file teratur rapi dan terkumpul pada kelompoknya masingmasing. Langkah-langkah membuat folder adalah sebagai berikut : 1. Buka Windows Explorer. 2. Klik My Document 3. Klik File, pilih New, Pilih/Klik Folder, seperti berikut ini : 30 Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 29 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

4. Muncul kotak kuning bertuliskan New Folder, gantilah tulisan New Folder dengan tulisan DOKUMEN 5. Tekan tombol Enter. Sekarang kita sudah mempunyai folder baru bernama DOKUMEN. 2. Membuat Sub Folder. Langkah-langkah membuat Sub Folder adalah sebagai berikut : a. Buka Windows Explorer. b. Klik My Document c. Klik DOKUMEN d. Klik File, pilih New, Pilih/Klik Folder, seperti berikut ini :

e. Muncul kotak kuning bertuliskan New Folder, gantilah tulisan New Folder dengan tulisan NASKAH f. Tekan tombol Enter. Sekarang kita sudah mempunyai sub folder bernama NASKAH. Hasilnya sebahai berikut :

My Document

Folder DOKUMEN

Sub Folder NASKAH

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 31 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

32

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

3. Mengganti Nama Folder/Sub Folder. Langkah-langkah mengganti nama Folder/Sub Folder adalah sebagai berikut : a. Buka Windows Explorer. b. Klik My Document c. Klik nama folder DOKUMEN d. Klik File, pilih Rename, muncul kotak pada nama folder DOKUMEN. e. Ganti nama DOKUMEN dengan nama BERKAS. f. Tekan tombol Enter. g. Klik nama Sub Folder NASKAH. h. Klik File, pilih Rename, muncul kotak pada nama Sub Folder NASKAH. i. Ganti nama NASKAH dengan nama SURAT. j. Tekan tombol Enter. Hasilnya sebagai berikut;

a. b. c. d.

Buka Windows Explorer. Klik My Document Klik nama folder BERKAS. Klik File, pilih Delete, muncul kotak dialog berikut ini

e. Klik Yes. Hasilnya sebagai berikut :
Folder BERKAS ada lagi. Karena SURAT berada folder BERKAS Folder SURAT terhapus sudah tidak Sub Folder di dalam maka Sub pun ikut

Nama Folder dan Sub Folder sudah berganti

4.. Menghapus Nama Folder/Sub Folder. Langkah-langkah menghapus nama Folder/Sub Folder adalah sebagai berikut : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 33 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 34

Jadi hati-hati kalau ingin mengapus Folder lihat dulu apakah ada file-file yang penting dalam folder tersebut, jika ada selamatkan dulu file tersebut dengan dicopy ke folder lain. Baru folder tersebut dihapus.

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Sebagai latihan buatlah susunan folder seperti berikut ini : Sub Folder KELULUSAN sudah pindah dari Folder KESISWAAN ke Folder PENGAJARAN

5.. Memindahkan Folder/Sub Folder. Misalkan kita akan memindahkan sub folder KELULUSAN dari Folder KESISWAAN ke Folder PENGAJARAN. Langkah-langkahnya sebgai berikut : 1. Klik Sub Folder KELULUSAN 2. Klik Edit 3. Pilih/klik Cut. 4. Klik Folder PENGAJARAN. 5. Klik Edit 6. Klik Paste. 7. Klik tanda pada folder PENGAJARAN, hasilnya sebagai berikut : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 35 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 36

6. Mengcopy Folder/Sub Folder. Misalkan kita akan mengcopy sub folder KELULUSAN dari Folder PENGAJARAN ke Folder KESISWAAN Langkah-langkahnya sebgai berikut : a. Klik Sub Folder KELULUSAN b. Klik Edit c. Pilih/klik Copy. d. Klik Folder KESISWAAN. e. Klik Edit f. Klik Paste. g. Klik tanda pada folder KESISWAAN, hasilnya sebagai berikut :

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Sub Folder KELULUSAN sudah ada pada Folder KESISWAAN dan pada Folder PENGAJARAN masih tetap ada Sub Folder KELULUSAN

Jika Anda mengetik lima dokumen, maka akan ada lima file MS-Word. Jika Anda membuat sepuluh dokumen , maka akan ada sepuluh file MS-Word. Karena banyaknya file yang ada di dalam sebuah komputer, maka file-file tersebut perlu dikelola. Pada pembasan ini akan diuraikan cara mengelola file, misalnya menyalin, menghapus, mengganti nama, dan menyimpan di tempat tertentu. 1. Meyimpan File Buka Program MS-Word, kemudian buatlah naskah sebagai berikut :

MENGENAL MICROSOFT WORD
Microsoft Word adalah sautu program pengolah kata yang dirancang untuk memudahkan Anda bekerja membuat dokumen. Berkat fasilitas dan kemampuan yang dimilikinya, program ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan dokumen profesional, dalam tempo yang singkat. Tampilan dokumen yang dihasilkan Word setara dengan dokumen yang dihasilkan program desktop publishing. Hal ini dimungkinkan karena Word bekerja di bawah lingkungan Windows yang mampu menyajikan tampilan WYSIWYG (What You See is What You Get); apa yang yang Anda lihat di layar, itulah yang Anda dapatkan di pencetakan. Berbagai otomatisasi pekerjaan dapat Anda temukan pada program ini. Mulai dari perbaikan kesalahan ketik sampai dengan sistem pengaturan dokumen. Bahkan 38 Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

F. Mengelola File Kerja komputer pada dasarnya adalah melakukan pengolahan data. Hasil pengolahan data yang berupa informasi atau data yang lain akan disimpan dalam media penyimpan, seperti hard disk, disket , CD, atau flash disk. Data atau informasi yang tersimpan tersebut pada umumnya disebut sebuah file. Misalkan Anda telah mengetik sebuah surat dengan menggunakan program MS-Word, maka hasil ketikan tersebut disebut file MS-Word., dan lain sebagainya. Program komputer banyak ragamnya, maka file-file yang ada bisa bermacam-macam jenisnya dan berjumlah banyak. Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 37 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

untuk dokumen yang umum dan sering digunakan di dunia bisnis dan perkantoran, Word menyediakan fasilitas wizard yang akan membimbing Anda langkah demi langkah sampai dengan terciptanya sebuah dokumen standar. Simpanlah Naskah tersebut dengan cara : 1. Klik File pada Menu Bar. 2. Klik Save As, muncul kotak dialog Save As : BAB IV SETTING PERIFERAL Periferal adalah suatu alat, biasanya alat untuk masukkan/keluaran, seperti alat penyimpan, alat pencetak yang tersambung dengan komputer yamg mengontrolnya. Yamg termasuk periferal antara lain monitor, printer, disk drive, terminal dan sebagainya. Setting periferal adalah suatu kegiatan untuk mengecek dan menyiapkan semua perangkat/alat yang tersambung dengan komputer agar berfungsi dengan baik. A. Setting Printer. Langkah-langkah untuk melakukan setting Printer adalah sebagai berikut : 1. Klik Start., muncul kotak dialog sebagai berikut :

3. Pada kotak Save in, buka tanda panah ke bawah. 4. Klik My Document, kemudian Klik Folder ADMINISTRASI 5. Pada kotak File Name tuliskan nama naksah terbut yakni PENGENALAN MS-WORD. 6. Klik Save.

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 39 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

40

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

3. Klik Add Printer, muncul kotak dialog berikut :

4. Klik Next, muncul tampilan berikut : 2. Pilih/klik Printers and Faxes, muncul kotak dialog sebagai berikut :

5. Klik Next, muncul tampilan berikut :

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 41 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

42

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

tipe atau model printer yang digunakan misalnya Epson LX-300+, kemudian klik Next, muncul tampilan berikut :

6. Klik LPT1: (Recommendation Printer Port), pada kotak pilihan Use the following port. Kemudian klik Next, muncul kotak dialog berikut :

8. Klik Yes, kemudian klik Next, muncul tampilan berikut :

9. Klik Next, muncul tampilan berikut : 7. Pada kotak Manufacturer pilih merek printer yang digunakan misalnya Epson, dan pada kotak Printers, pilih Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 43 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id 44 Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

10. Klik Finish. Maka printer Epson LX-300+ sudah siap dipakai untuk mencetak naskah. B. Setting Monitor Ada beberapa macam setting monitor yang dapat dilakukan , yaitu : 1. Setting Background (Latar Belakang gambar Desktop). Setting Background dilakukan untuk mengubah tampilan Background pada Desktop. Langkah-langkahnya sebagai berikut : a. Klik Start b. Klik Control Panel, dilayar muncul tampilan berikut :

c. Klik dua kali pada Display, muncul tampilan berikut

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 45 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

46

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

d. Klik Desktop. e. Pilih salah satu Background yang diinginkan pada kotak daftar pilihan Background. f. Klik tombol Apply, maka dilayar akan terlihat tampilan Background yang kita pilih tadi. 2. Setting Resolusi. Seeting Resolusi dilakukan untuk mengatur agar tampilan gambar dilayar monitor lebih tajam dengan kualitas gambar yang bagus. Langkah-langkahnya sebagai berikut : a. Klik Start. b. Klik Control Panel. c. Klik dua kali Display d. Klik tombol Setting, muncul layar berikut ini :

e. Pilih salah satu setting Resolusi pada kotak daftar isian Color Quality. f. Klik tombol Apply, untuk menutup kotak dialog. 3. Setting Screen Saver. Setting Screen Saver dilakukan untuk mengubah tampilan layar saat komputer tidak dipakai, maka secara otomatis layar akan berubah gambar, dan tampilan gambar akan berhenti dan kembali ke tampilan semula jika kita menggerakan mouse atau menekan sembarang tombol pada keyboard. Langkah-langkahnya sebagai berikut : G. Klik Start. H. Klik Control Panel. 48 Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 47 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

I. J.

Klik dua kali pada Disply. Klik pada pilihan Screen Saver, muncul tampilan berikut :

3. Klik dua kali Regional dan Language, muncul tampilan berikut :

K.

Klik tanda panah ke bawah pada kotak Screen Saver dan klik/pilih salah satu setting Screen Saver yang diinginkan. L. Klik tombol Apply. C. Setting Regional. Setting Regional and Language dilakukan untuk mengatur/menentukan wilayah dan bahasa yang digunakan dalam komputer. Langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Klik Start. 2. Klik Control Panel, muncul tampilan berikut :

4. Klik tombol Regional Option, dan pilihlah Setting Indonesia pada daftar , kemudian klik Apply.

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 49 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

50

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

D..Setting Date and Time. Setting Date and Time dilakukan untuk mengatur tanggal dan waktu yang berlaku pada komputer. Langkah-langkahnya sebagai berikut : 1. Klik Start. 2. Klik Control Panel, muncul tampilan berikut :

4. Klik Date & Time 5. Pada kotak Date aturlah Bulan dan Tahun sesaui saat ini dengan menekan tombol panah ke atas atau ke bawah.. 6. Pada kotak Time, sesuaikan Jam dengan Jam pada saat ini dengan menekan tombol panah ke atas atau ke bawah. 7. Klik Apply lalu OK.

3. Klik dua klai Date and Time, muncul tampilan berikut :

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA 51 Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

52

Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA Oleh : Padiya,S.Pd. E-mail : padiya68@yahoo.co.id

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->