8/4/2010

ETIKA SITUASI vs ALKITAB
Rev. Ignatius Bagoes Seta
Presbyterian Church of Australia

PENGERTIAN ETIKA SITUASI

“Etika Situasi, berbeda dari etika yang lain, adalah sebuah etika pengambilan keputusan – lebih bersifat praktis dan bukannya seperti melihat rumus dalam sebuah daftar manual buku-buku aturan.”
Fletcher J, ‘Situation Ethics: The New Morality (Library of Theological Ethics)’, (p.52), Westminster John Knox Press, 1997

ETIKA SITUASI vs ALKITAB

1

org.” Fletcher J. Westminster John Knox Press.” Situation Ethics: Four Working Principles http://www.45).htm ETIKA SITUASI vs ALKITAB 2 . dalam menghadapi pergumulan dilema moral. ‘Situation Ethics: The New Morality (Library of Theological Ethics)’.8/4/2010 ETIKA SITUASI “Dalam Situasisme Kristiani kriteria tertinggi adalah ‘kasih agape’. (p. ‘Siapa yang butuh bantuan?’. tanpa memutlakkan yang relatif.uk/AS%20Subjects/Ethics/situation _ethics_fwp. Kasih tersebut merelatifkan yang mutlak. Sang Legalist akan menanyakan.faithnet. 1997 ETIKA SITUASI vs ALKITAB ETIKA SITUASI “Oleh karena itu. “Apa ada aturan untuk ini?’ sementara Si Situasionis akan bertanya.

Apakah Yesus mendukung Etika Situasi Situasi? ? 6:1 Pada suatu hari Sabat.“ Lukas 6:1-5 3 . padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?" 6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat. ketika Yesus berjalan di ladang gandum. Etika Situasi adalah adalah… … • Etika Situasi menganjurkan bahwa tidak boleh ada pemerintahan absolut atas benar ataupun salah. Semua aktivitas manusia ditentukan oleh situasi saat itu. sementara mereka menggisarnya dengan tangannya.8/4/2010 Secara Ringkas. lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya. 6:2 Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" 6:3 Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud. 6:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian. Ringkas. yang seharusnya dituntun oleh kasih semata. muridmurid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya. ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar.

” Titus 1:2 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB 4 . • Pemahaman ini sangat penting. • Mereka yang menyandang nama Allah wajib menghidupi teladan Allah.8/4/2010 PEMAHAMAN ALKITAB TENTANG MENCURI PANDANGAN ALLAH TENTANG DUSTA • Allah tidak berdusta sebagai Ia Penguasa. “berdasarkan pengharapan akan hidup yang kekal yang sebelum permulaan zaman sudah dijanjikan oleh Allah yang tidak berdusta.

. tujuh perkara yang menjadi kekejian bagi hati-Nya: mata sombong.” Amsal 6:16-19 LAI • Allah membenci pemberian informasi yang hanya setengah-setengah saja. • Jika Allah sedemikian benci terhadap dusta. Agape … “Rejoiceth not in iniquity. hati yang membuat rencanarencana yang jahat. seorang saksi dusta yang menyembur-nyemburkan kebohongan dan yang menimbulkan pertengkaran saudara. bahkan.8/4/2010 PANDANGAN ALLAH TENTANG DUSTA “Enam perkara ini yang dibenci TUHAN. • Allah membenci dusta. khususnya dalam kesaksian.” 1 Cor 13:6 KJV ETIKA SITUASI vs ALKITAB 5 . but rejoiceth in the truth. mengapa kita sering menyebut namaNya dengan sembarangan? PANDANGAN ALLAH TENTANG DUSTA • Agape is the greatest of moral characteristics. • It can only be pure when it is based in the truth. kaki yang segera lari menuju kejahatan. tangan yang menumpahkan darah orang yang tidak bersalah. lidah dusta.

karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan. nabi mereka sendiri.8/4/2010 BERBAGAI ASPEK DUSTA DUSTA ITU BIASA. 1:12 Seorang dari kalangan mereka." 1:13 Kesaksian itu benar.” Titus 1:10-13 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB 6 . pernah berkata: "Dasar orang Kreta pembohong. TETAPI BUKAN KEBENARAN 1:11 Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya. binatang buas. pelahap yang malas. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman.

8/4/2010 DUSTA BUKAN KARAKTER ORANG PERCAYA “Dan mengenakan manusia baru.” 1 Timotius 4:1-2 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB 7 .” Efesus 4:24-25 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB DUSTA ADALAH SEBUAH PENIPUAN PADA NURANI “Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian. yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. ada orang yang akan murtad lalu mengikuti rohroh penyesat dan ajaran setan-setan oleh tipu daya pendustapendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.. Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain. karena kita adalah sesama anggota.

8/4/2010 PENGEMBANGAN DUSTA DALAM KESEHARIAN KITA PENGEMBANGAN DUSTA “Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah. maka ia adalah pendusta. tidak mungkin mengasihi Allah. karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya." dan ia membenci saudaranya. yang tidak dilihatnya?” 1 Yohanes 4:20 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB 8 .

tidak percaya Anak-Nya. ia mempunyai di dalam dirinya. tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya. karena ia akan kesaksian yang diberikan Allah tentang 1 Yohanes 5:10 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB 9 .8/4/2010 PENGEMBANGAN DUSTA “Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia. ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. barangsiapa tidak percaya ia membuat Dia menjadi pendusta.” percaya kepada Anak Allah.” 1 Yohanes 2:4 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB PENGEMBANGAN DUSTA “Barangsiapa kesaksian itu kepada Allah.

tetapi kemudian ia menjadi isteriku. mereka akan berkata: Itu isterinya. Jadi mereka akan membunuh aku dan membiarkan engkau hidup. Apabila orang Mesir melihat engkau. hanya bukan anak ibuku. 10 . bahwa engkau adikku. isterinya: "Memang aku tahu. anak ayahku. Katakanlah (aku memohon).” • Abram tidak memandang hal itu sebagai dusta ketika mengaku Sarai sebagai saudaranya.” Kejadian 12:11-13 LAI Kejadian 20:12 LAI “Lagipula ia benar-benar saudaraku. dan aku dibiarkan hidup oleh sebab engkau. bahwa engkau adalah seorang perempuan yang cantik parasnya. berkatalah ia kepada Sarai. supaya aku diperlakukan mereka dengan baik karena engkau.8/4/2010 DAPATKAN DUSTA DIBENARKAN? DAPATKAH DUSTA DIBENARKAN? (Abraham) “Pada waktu ia akan masuk ke Mesir.

8/4/2010 DAPATKAH DUSTA DIBENARKAN? (Rahab) Rahab) “Tetapi perempuan itu telah membawa dan menyembunyikan kedua orang itu. lalu Aku akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kauperbuat. ke mana orang-orang itu pergi. Kemudian undanglah Isai ke upacara pengorbanan itu." Tetapi Samuel berkata: "Bagaimana mungkin aku pergi? Jika Saul mendengarnya. Dia mengorbankan dirinya demi menyelamatkan bangsa Israel. 11 . Aku mengutus engkau kepada Isai. tetapi aku tidak tahu dari mana mereka. namun apa yang dikatakan dan dilakukan Samuel itu tepat dan benar." Firman TUHAN: "Bawalah see\kor lembu muda dan katakan: Aku datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN.” Yosua 2:4-6 LAI • • • • Rahab jelas berdusta kepada orang sebangsanya demi melindungi mata-mata Israel. Peristiwa ini tidak mengijinkan untuk melakukan segala seuatu atas nama cinta. ia akan membunuh aku. (Agape) DAPATKAH DUSTA DIBENARKAN? (Samuel) “Berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Berapa lama lagi engkau berdukacita karena Saul? Bukankah ia telah Kutolak sebagai raja atas Israel? Isilah tabung tandukmu dengan minyak dan pergilah. orang Betlehem itu. Tindakan Samuel tetap tidak bisa dikatakan menyetujui dusta. Berkatalah ia: "Memang. tentulah kamu dapat menyusul mereka. Rahab bukan orang Israel dan pasti belum memiliki pemahaman yang utuh tentang YHWH dalam posisi ini. maka keluarlah orang-orang itu. orangorang itu telah datang kepadaku. Urapilah bagi-Ku orang yang akan Kusebut kepadam. aku tidak tahu. dan ketika pintu gerbang hendak ditutup menjelang malam. yang ditebarkan di atas sotoh itu. sebab di antara anak-anaknya telah Kupilih seorang raja bagi-Ku.” 1 Samuel 16:1-3 LAI • • Meski tindakan Samuel dapat dikategorikan dusta terhadap Saul. Segeralah kejar mereka." Tetapi perempuan itu telah menyuruh keduanya naik ke sotoh rumah dan menyembunyikan mereka di bawah timbunan batang rami.

8/4/2010 TIDAK ADA DASAR PEMBENARAN DOSA ETIKA SITUASI TIDAK PERNAH DIBENARKAN! Skenario: • Corrie ten Beum ETIKA SITUASI vs ALKITAB 12 .

” Yosua 9:19-20 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB ETIKA SITUASI TIDAK PERNAH DIBENARKAN! “TUHAN. siapa yang boleh menumpang dalam kemah-Mu? Siapa yang boleh diam di gunung-Mu yang kudus? Yaitu dia yang berlaku tidak bercela.” Mazmur 15:1-2.Beginilah akan kita perlakukan mereka: membiarkan mereka hidup.8/4/2010 ETIKA SITUASI TIDAK PERNAH DIBENARKAN! “Berkatalah pemimpin-pemimpin itu kepada seluruh umat: "Kami telah bersumpah kepada mereka demi TUHAN.4 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB 13 . supaya kita jangan tertimpa murka karena sumpah yang telah kita ikrarkan itu kepada mereka. oleh sebab itu kita tidak dapat mengusik mereka. Allah Israel. yang melakukan apa yang adil dan yang mengatakan kebenaran dengan segenap hatinya.

ETIKA SITUASI vs ALKITAB 14 . jangan dalam perselisihan dan iri hati. seperti pada siang hari. jangan dalam percabulan dan hawa nafsu. jangan dalam pesta pora dan kemabukan.8/4/2010 NAFSU ‘DAGING’ TIDAK MENGHINDARKAN DIRI DARI KEINGINAN UNTUK MENGHAKIMI JANGAN MENJEBAK DIRI! Roma 13:13-14 LAI Marilah kita hidup dengan sopan. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

orang-orang sundal. pencuri. pemabuk. penyembah berhala. tukang-tukang sihir. Wahyu 21:8 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB 15 . kamu telah dikuduskan. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan. Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. orang berzinah. banci. orang pemburit. penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta. orang-orang yang tidak percaya. orang kikir. orang-orang keji. orang-orang pembunuh. mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang. kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.” 1 Korintus 6:9-11 LAI ETIKA SITUASI vs ALKITAB PENGHAKIMAN ALLAH ATAS PENDUSTA! “Tetapi orang-orang penakut. inilah kematian yang kedua. pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul.8/4/2010 JANGAN DIPERDAYA ETIKA SITUASI! “Atau tidak tahukah kamu.