P. 1
Cara Khusyuk Ketika Shalat

Cara Khusyuk Ketika Shalat

|Views: 2|Likes:
Published by Rhadit Hermansyah

More info:

Published by: Rhadit Hermansyah on Aug 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2014

pdf

text

original

Cara Khusyuk Ketika Shalat.

1. Iqomah itu sendiri merupakan tanda bagi kita untuk mempersiapkan agar lebih baik dalam melaksanakan sholat. Ingatlah saat Rasulullah berkata pada Bilal Radhiallahu 'Anhu, “Mari kita nikmati akan kenyamanan dalam sholat.” 2. Ketika anda berdiri menghadap Kiblat ingatlah hal-hal berikut : a. Mungkin itu merupakan sholat terakhir anda dalam hidup. Tidak ada garansi untuk hidup lebih lama untuk melaksanakan shalat berikutnya. b. Anda berdiri diantara tangan Allah, Tuhan dunia. Bagaimana anda masih disibukkan dengan hal lainnya? c. Malaikat kematian sedang mengejar anda. 3. Jangan lupa melakukan Isti‟azah. Hal tersebut akan menghindarkan anda dari bisikan-bisikan setan. 4. Fokuskan mata anda pada tempat sujud. Hal ini akan membantu anda untuk lebih berkonsentrasi. 5. Ketika membaca Al-Fatihah, cobalah untuk mendengar respon dari Allah kepada anda setelah membaca setiap ayatnya. (ketika anda mengucapkan, “Alhamdulillahi Rabbil „alamin) Allah akan merespon : “Hamba-Ku memuji-Ku.” dan lain sebagainya. Perasaan berbicara kepada Allah ini akan meletakkanmu pada mood (suasana hati) yang baik akan khusyu‟. 6. Memperindah bacaan Al-Qur‟an akan berdampak positif pada hati anda. 7. Bacalah Al-Qur‟an dengan perlahan dan usahakan untuk memahami artinya secara mendalam. 8. Direkomendasikan untuk mengganti Surah-surah yang anda baca dari waktu ke waktu untuk mengindari seperti mesin dalam membacanya. 9. Alternatif antara sunah otentik yang beragam seperti membaca do‟ado‟a pembuka yang berbeda di setiap sholat.

10. Tidak diragukan lagi, memahami Bahasa Arab akan membantu anda fokus dalam memahami artinya. 11. Berinteraksilah dengan setiap ayat yang dibaca : a. Jika anda mendengar ayat tentang Allah, besarkanlah nama-Nya dengan perkataan “Subhanallah”. b. Jika anda mendengar ayat tentang neraka, katakanlah “A‟uuthu billahi mina-n-naar”. c. Jika anda mendengar perintah untuk beristigfar, maka beristighfarlah. d. Jika anda mendengar ayat yang memerintahkan untuk bertasbih, maka bertasbihlah. 12. Interaksi-interaksi ini akan sangat membantu anda untuk tetap fokus. 13. Saat anda bersujud, ingatlah bahwa posisi ini akan membawa anda lebih dekat kepada Allah. Gunakan kesempatan tersebut untuk berdo‟a. Investasikan saat-saat tersebut untuk membaca do‟a.

Cara Agar Khusyuk Setelah Shalat.
a. Saat melakukan tasliim, beristighfarlah kepada Allah seperti saat anda melakukannya selama sholat. b. Saat anda memuji Allah, berterimakasihlah pada-Nya dari lubuk hati anda bahwa anda mengalami pengalaman akan sholat yang indah di dalam hati anda. Membiasakan hal ini akan membuat anda lebih siap dalam melakukan sholat berikutnya, karena anda akan selalu ingin fokus dalam sholat. c. Satu kesempurnaan akan membawa pada kesempurnaan yang lain. Jika sekali seseorang melaksanakan sholat dengan sempurna, maka kemudian dia akan menjadikan dirinya termotivasi untuk melanjutkannya dalam level yang sama

Caranya sangat sederhana. Setiap kali ada pikiran yang melintas langsung hati saya mengatakan "JANGAN DIPIKIRKAN", itu tidak penting. Ternyata langsung saja pikiran yang melintas itu hilang. Itu saya lakukan setiap kali ada pikiran yang datang. Setelah itu, saya mengatakan lagi "BICARALAH". Dengan mengatakan hal itu dalam hati ternyata saya langsung teringat kalau sedang bicara pada Allah. Jadi, cukup lakukan 2 langkah itu saat ada pikiran yang melintas: "JANGAN DIPIKIRKAN" dan "BICARALAH".

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->