BORLAND C

++

By Harly Yoga P

. dan menulis program aplikasi. Program aplikasi ini juga sering digunakan untuk membuat tool kit. Borland C++ banyak digunakan karena mempunyai beberapa kelebihan yaitu diantaranya dapat digunakan untuk membuat code yang compact. efisien tanpa mengorbankan readability. Selain itu. Borland C++ merupakan suatu aplikasi yang menggunakan bahasa C yang banyak digunakan untuk proses pembuatan program – program computer seperti system operasi.BAB I DASAR TEORI Laporan berikut adalah melaporkan tentang pengenalan input dan output pada ”Borland C++” dalam struktur pemrograman program computer. pemrograman yang berkaitan dengan perangkat keras. Borland C++ juga lebih simple dalam proses pembuatan program.

%o = membaca sebuah bilangan octal f. %d = membaca sebuah bilangan bulat (integer) d. %u = membaca sebuah bilangan tak bertanda    fungsi gets ( ) digunakan untuk memasukkan data bertipe karakter dan tidak dapat digunakan untuk memasukkan data numeric dan tidak memerlukan penentu format. Fungsi getchar ( ) digunakan untuk membaca data yang bertipe karakter Perbedaan antara getch ( ) dengan getce ( ) adalah apabila getche ( ) menampilkan dua kali dan getch ( ) hanya sekali. clrscr(). %x = membaca sebuah bilangan heksadesimal. %e = membaca sebuah bilangan pecahan (real) e. %c = membaca sebuah karakter b. } Output : . karakter dan string secara terformat. %i. %f. printf("masukkan nama anda : "). input : #include <stdio.  Fungsi scanf ( ) digunakan untuk menginput data berupa data numerik. Berikut adalah kode penentu format : a. Contoh program beserta outputnya : 1.h> #include <conio. gets(nama).h> main() { char nama[20]. g.BAB II PEMBAHASAN A. berikut adalah bagian – bagian yang dilaporkan. nama). nama anda adalah %s". printf("Hello. INPUT (MEMASUKKAN DATA) Berdasarkan praktikum kedua tentang input dan output. %s = membaca sebuah string c. getche().

&nilai). kita perlu untuk memahami terlebih dahulu hal – hal sebagai berikut :    Fungsi printf ( ) digunakan untuk menampilkan semua jenis data numeric dan karakter. printf("jumlah = %d\n". printf("masukkan sebuah bilangan pecahan:"). scanf("%d". printf("nim = %s\n".&jumlah). input : #include<stdio. } Output : B.h> main() { int jumlah. Fungsi puts ( ) digunakan untuk menampilkan data string dan secara otomatis akan diakhiri oleh perpindahan baris. printf("masukkan nim anda:"). printf("huruf = %c\n". float nilai. printf("masukkan sebuah karakter :").nilai). scanf("\n%c". scanf("\n%s". printf("\nNilai variabel yang anda masukkan adalah :\n").&nim).jumlah).nim[10]. printf("nilai = %f\n".&huruf). scanf("%f".nim). char huruf. printf("masukkan sebuah bilangan bulat:"). getche().h> #include<conio. clrscr().2. Fungsi putchar ( ) digunakan untuk menampilkan sebuah karakter .huruf). OUTPUT (MENAMPILKAN DATA) Dalam menampilkan data.

Menampilkan data bilangan intejer dan string Input : #include <stdio. getch (). } Output : . Menampilkan data berupa bilangan pecahan : Input : #include <stdio. } Output : b. char nama[20]. clrscr (). nilai). puts ("masukkan nilai anda : "). printf ("apakah anda telah puas mendapat nilai %6. &umur).h> #include <conio. umur). &nilai). //tipe data string printf ("umur anda : %d \n". scanf ("%f". nama).2f".h> main () { int umur. gets (nama). printf ("anda memperoleh nilai %5. nilai). scanf ("%d". clrscr (). //tipe data integer getch (). puts ("masukkan umur : "). printf ("nama anda : %s \n". puts ("masukkan nama : ").Berikut adalah contoh program beserta outputnya : a.h> main () { float nilai.h> #include <conio.4f ?".

printf("%f celcius adalah %f fahrenheit\n".fahrenheit). scanf ("%f".&celcius).kelvin. printf("masukkan jari-jari lingkaran : "). keliling. luas. clrscr().2%f\n". scanf("%f". clrscr(). reamur = 0.celcius. printf("keliling = 5.luas).8*celcius + 32.fahrenheit.reamur.h> #define pi 3.c.keliling). kelvin = celcius + 273.kelvin). printf("Masukkan nilai celcius ?"). printf("luas = 7. fahrenheit = 1.celcius.8*celcius.2%f\n". printf("%f celcius adalah %f kelvin\n". Program hitung luas lingkaran dengan input keyboard Input : #include <stdio.141593 main() { float jejari. getche(). printf("%f celcius adalah %f reamur\n". } .2%f\n".reamur). } Output : setelah kita masukkan jari – jari maka akan tampil output sebagai berikut : d. & jejari). Latihan membuat program perhitungan perbandingan suhu : Input : #include<stdio.h> #include<conio. getche().h> main() { float celcius. "keliling = 2 * pi * jejari". "luas = 0. printf("data lingkaran \n"). printf("jari-jari = 5.celcius.h> #include <conio.jejari).5 * pi * jejari* jejari". clrscr().

Output : setelah kita masukkan derajat. Maka kita akan memperoleh tampilan output sebagai berikut : .

Program aplikasi ini juga sering digunakan untuk membuat tool kit. kita harus menambahkan perintah #include <conio. . pemrograman yang berkaitan dengan perangkat keras.BAB III KESIMPULAN Borland C++ merupakan suatu aplikasi yang menggunakan bahasa C yang banyak digunakan untuk proses pembuatan program – program computer seperti system operasi. penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam penggunaan program Borland C++.h> karena perintah tersebut adalah rumus / kamus dari clrscr ( ) dan getche ( ) apabila tidak kita gunakan maka tidak akan berjalan. dan menulis program aplikasi. Berdasarkan praktik yang telah dilakukan.